CONTOH SOAL DAN KISI-KISI PAS BAHASA INDONESIA KELAS XI LENGKAP DENGAN KUNCI TAHUN PELAJARAN 2021-2022

 


1.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

BOBOT SOAL

1

 

 

 

 

 

 

 

 

3.5 Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasaan, isi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

 

 

 

 

-   Mengelola informasi dalam ceramah

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

PG

1

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

PG

2

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

PG

3

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

PG

4

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

PG

5

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

PG

6

4

3.6 Menganalisis isi, struktur dan kebahasaan dalam ceramah

4.6 Mengonstruksi ceramah tentang permasalahan actual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat 

 

 

 

 

 

-   Menentukan isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah

 

 

 

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat  Menentukan isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah

PG

7

4

Peserta didik dapat  Menentukan isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah

PG

8

4

Peserta didik dapat  Menentukan isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah

PG

9

4

Peserta didik dapat  Menentukan isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah

PG

10

4

Peserta didik dapat  Menentukan isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah

PG

11

4

Peserta didik dapat  Menentukan isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah

PG

12

4

3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca

4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek

 

 

- Memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek

 

 

 

Peserta didik dapat  menemukan nilai-nilai dalam cerpen

PG

13

4

Peserta didik dapat  menemukan nilai-nilai dalam cerpen

PG

14

4

Peserta didik dapat  menemukan nilai-nilai dalam cerpen

PG

15

4

Peserta didik dapat  menemukan nilai-nilai dalam cerpen

PG

16

4

Peserta didik dapat  menemukan nilai-nilai dalam cerpen

PG

17

4

- Peserta didik dapat  menentukan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

Peserta didik dapat  menentukan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

PG

18

4

Peserta didik dapat  menentukan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

PG

19

4

Peserta didik dapat  menentukan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

PG

20

4

Peserta didik dapat  menentukan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek

PG

21

4

3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek

4.9 mengonstruksi sebuah cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen

 

-   Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen

Peserta didik dapat  menentukan Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen

PG

22

4

Peserta didik dapat  menentukan Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen

PG

23

4

Peserta didik dapat  menentukan Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen

PG

24

4

Peserta didik dapat  menentukan Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen

PG

25

4

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS XI

1.       Hadirin yang saya hormati; Assalamualaikum Wr. Wb.,; Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai Sumpah Pemuda.

Topik pidato tersebut adalah …

a.       Peringatan sumpah pemuda

b.      Mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau

c.       Merenungkan ikrar sumpah pemuda

d.      Pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928

e.      Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu

2.       Tujuan penulisan teks ceramah tersebut adalah …

a.       Memberitahukan

b.      Mempengaruhi

c.       Mengajak

d.      Menghibur

e.      Menginformasikan

3.       (1) Hadirin yang bahagia. (2) Seperti yang kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai asset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3) Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan bukit yang menghijau. (4) keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5) oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan tentang ….

a.       Pelestarian dan mengembangkan pantai senggigi

b.      Pantai senggigi merupakan aset wisata di pulau Lombok

c.       Keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.

d.      Prospek pengembangan objek wisata pantai senggigi di pulau Lombok

e.      Pantai senggigi objek wisata pantai di pulau Lombok

4.       Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukkan oleh nomor …

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

e.      5

5.       Bagian pokok teks ceramah tersebut ditunjukkan oleh nomor …

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

e.      5

6.       Dalam teks ceramah tersebut yang tidak termasuk bagian penjelas terdapat pada nomor …

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

e.      5

7.       Bapak-bapak dan ibu-ibu yang saya hormati, hanya inilah yang dapat sedikit saya sampaikan . mudah-mudahan yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, atas perhatian Bapk-bapak dan Ibu-ibu say mengucapkan terimakasih.

Paragraf tersebut termasuk …

a.       Pembuka diskusi

b.      Salam pembuka

c.       Salam penutup

d.      Penutup ceramah

e.      Pembuka ceramah

8.       Bacalah kalimat berikut !

Dengan melakukan aktifitas yang benar, kekuatan anda akan lebih kuat dan tubuh menjadi sehat. Hal yang lebih penting juga adalah memilih makanan yang sehat.

Bagian tersebut merupakan bagian dari teks ceramah adalah …

a.       Penegasan kembali

b.      Pengenalan isu

c.       Rangkaian Argumen

d.      Pembuka

e.      Kesimpulan

9.       Bacalah  teks berikut !

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bias dimaafkan.

Teks tersebut termasuk struktur bagian …

a.       Pembuka

b.      Isi

c.       Penutup

d.      Orientasi

e.      Abstraksi

10.   Perhatikan kalimat berikut !

Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah SWT, karena dengan limpahan karunia-Nya kita bisa berkumpul disini.

Kalimat tersebut termasuk …

a.       Tema

b.      Judul

c.       Salam pembuka

d.      Ucapan terima kasih

e.      Pengenalan topic

11.   Berikut yang termasuk salam pembuka ditandai dengan kalimat …

a.       Assalamualaikum

b.      Puji syukur kehadirat Allah SWT

c.       Sholawat serta salam

d.      Dirasa sangat penting jiwa social tertanam pada diri kita

e.      Karena dengan jiwa social

12.   Sesuatu yang tidak perlu disebutkan dalam ceramah adalah …

a.       Topic

b.      Tema

c.       Judul

d.      Materi

e.      Opini

13.   Gelap, hitam pekat, tiada warna, tiada cahaya. Itulah pemandangan yang selalu menemaniku di setiap hari. Memang tiada mudah terlahir sebagai tunanetra, terbiasa dengan kegelapan yang mencekam, tanpa celah bagi cahaya masuk. Aku benci keadaanku ini. Aku benci terlahir seperti ini. Ada banyak hal yang ingin kulakukan, banyak hal yang ingin kucoba, tetapi kekuranganku ini selalu menghambatku, selalu menghalangiku dari mencapai apa yang ingin kucapai.

Cerpen tersebut bercerita tentang seorang …

a.       Tunarungu

b.      Tunaaksara

c.       Tuna cerdas

d.      Tunanetra

e.      Tunadaksa

14.   Pengertian tunanetra pada kutipan cerpen tersebut adalah …

a.       Tidak bisa berjalan

b.      Tidak bisa mendengar

c.       Tidak bisa bicara

d.      Tidak bisa melihat

e.      Tidak punya rumah

15.   Nilai yang terkandung dalam teks tersebut adalah nilai …

a.       Moral

b.      Social

c.       Budaya

d.      Pendidikan

e.      Estetika

16.   Nilai yang berhubungan dengan adat istiadat/kebiasaan dalam masyarakat adalah …

a. Moral

b. Social

c. Budaya

d. pendidikan

e. estetika

17.   Nilai yang berhubungan dengan perubahan tingkah laku dari buruk ke baik adalah …

a.       Moral

b.      Social

c.       Budaya

d.      Pendidikan

e.      Estetika

18.   Si kakek berdiri di ambang pintu. Ia sedang menunggu menantunya datang dari pasar membeli kembang. Sudah dari tadi ia berdiri di situ dan menantunya belum juga datang-datang. Sekarang hari jum’at pergi sekira jam delapan dan si kakek akan pergi ke kuburan. Di sebelah utara di atas kaki sebuah bukit, di situ istrinya terbaring di dalam bumi. Itu satu setengah bulan yang lalu sebagai satu permulaan, dan permulaan itu akan berakhir hingga tuhan membangkitkan kembali manusia-manusia dari liang kubur.

Nilai yang terkandung pada kutipan cerpen tersebut  adalah …

a.       Moral

b.      Estetika

c.       Budaya

d.      Agama

e.      Pendidikan

19.   Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen adalah …

a.       Budaya

b.      Amanat

c.       Social

d.      Pendidikan

e.      Moral

20.   Pada kutipan teks tersebut terdapat kalimat “ di situ istrinya terbaring di dalam perut bumi “. Arti dari penggalan kalimat tersebut adalah …

a.       Bertapa

b.      Meninggal

c.       Istirahat

d.      Tidur santai

e.      Menggali tanah

21.   Dari kutipan teks di atas. Apa yang dibeli menantu sang kakek …

a.       Air

b.      Batu

c.       Kayu

d.      Kembang

e.      Baju

22.   Pukul 21.00 saya selesai menuntut ilmu dan kembali menuju tempat istirahat yang berada pada lingkungan sekolah. Memakai baju yang lebih santai dan kembali ke tempat bekerja. Bukan untuk bekerja melainkan melaksanakan tugas tambahan sebagai ganti sya menginap di temapt saya bekerja. Membersihkan dan merapikan kantor. Setelah selesai badan terasa lelah dan tidak kuat untuk memejamkan mata yang sudah sedikit memerah. Dan kemudian saya pun merebahkan badan dan menuju mimpi.

Kutipan cerpen tersebut bercerita mengenai …

a.       Kegiatan pagi hari

b.      Acara sekolah

c.       Kegiatan malam hari

d.      Cerita seorang murid

e.      Pekerjaan

23.   Latar waktu pada kutipan cerpen tersebut adalah

a.       Siang hari

b.      Pagi hari

c.       Sore hari

d.      Malam hari

e.      Dini hari

24.   Latar tempat cerpen tersebut adalah …

a.       Sekolah

b.      Kantor

c.       Pasar

d.      Tempat ibadah

e.      Swalayan

25.   Pesan yang disampaikan pengarang keppada pembaca dinaman …

a.       Amanat

b.      Alur

c.       Tema

d.      Gaya bahasa

e.      Sudut pandang

 


Post a Comment

0 Comments