1.    
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
| NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI PELAJARAN | INDIKATOR | JENIS SOAL | NOMOR SOAL | BOBOT SOAL | 
| 1 | 3.5
  Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasaan, isi informasi berupa
  permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah 4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai
  bahan untuk disajikan dalam ceramah | -  
  Mengelola informasi dalam ceramah | Peserta didik dapat 
  mengidentifikasi
  informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah | PG | 1 | 4 | 
| Peserta didik dapat 
  mengidentifikasi
  informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah | PG | 2 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  mengidentifikasi
  informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah | PG | 3 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  mengidentifikasi
  informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah | PG | 4 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  mengidentifikasi
  informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah | PG | 5 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  mengidentifikasi
  informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah | PG | 6 | 4 | |||
| 3.6 Menganalisis isi, struktur dan
  kebahasaan dalam ceramah 4.6 Mengonstruksi ceramah tentang
  permasalahan actual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan
  struktur yang tepat   | -  
  Menentukan isi dan struktur dan
  kebahasaan dalam teks ceramah  | Peserta didik dapat 
  Menentukan
  isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah | PG | 7 | 4 | |
| Peserta didik dapat 
  Menentukan
  isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah | PG | 8 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  Menentukan
  isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah | PG | 9 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  Menentukan
  isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah | PG | 10 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  Menentukan
  isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah | PG | 11 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  Menentukan
  isi dan struktur dan kebahasaan dalam teks ceramah | PG | 12 | 4 | |||
| 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan
  yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca 4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai
  kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek  | -
  Memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek  | Peserta didik dapat 
  menemukan
  nilai-nilai dalam cerpen | PG | 13 | 4 | |
| Peserta didik dapat 
  menemukan
  nilai-nilai dalam cerpen | PG | 14 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  menemukan
  nilai-nilai dalam cerpen | PG | 15 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  menemukan
  nilai-nilai dalam cerpen | PG | 16 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  menemukan
  nilai-nilai dalam cerpen | PG | 17 | 4 | |||
| -
  Peserta didik dapat  menentukan nilai-nilai
  kehidupan dalam teks cerita pendek | Peserta didik dapat 
  menentukan
  nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek  | PG | 18 | 4 | ||
| Peserta didik dapat 
  menentukan
  nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek | PG | 19 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  menentukan
  nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek | PG | 20 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  menentukan
  nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek | PG | 21 | 4 | |||
| 3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun
  cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek  4.9 mengonstruksi sebuah cerita pendek
  dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen  | -  
  Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen | Peserta didik dapat 
  menentukan
  Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen | PG | 22 | 4 | |
| Peserta didik dapat 
  menentukan
  Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen | PG | 23 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  menentukan
  Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen | PG | 24 | 4 | |||
| Peserta didik dapat 
  menentukan
  Menetukan unsur-unsur pembangun Cerpen | PG | 25 | 4 | 
SOAL BAHASA INDONESIA KELAS XI
1.       Hadirin yang saya hormati; Assalamualaikum Wr. Wb.,; Puji dan
syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan
rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari
Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928
adalah bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa
Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita
renungkan kembali baik-baik mengenai Sumpah Pemuda.
Topik pidato tersebut adalah …
a.       Peringatan sumpah
pemuda
b.     
Mengenang ikrar
para pemuda tahun masa lampau 
c.      
Merenungkan ikrar
sumpah pemuda 
d.     
Pernyataan ikrar
pemuda terjadi pada tahun 1928
e.     
Bertanah air
satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu 
2.      
Tujuan penulisan teks ceramah tersebut adalah
…
a.      
Memberitahukan 
b.     
Mempengaruhi 
c.       Mengajak 
d.     
Menghibur 
e.     
Menginformasikan 
3.       (1)
Hadirin yang bahagia. (2) Seperti yang kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai
asset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3) Pantai
ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan
bukit yang menghijau. (4) keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan ini
termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue
coral). (5) oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya
kita jaga dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.
Cuplikan
ceramah tersebut menjelaskan tentang ….
a.      
Pelestarian dan mengembangkan pantai senggigi
b.      Pantai senggigi merupakan aset wisata di pulau
Lombok
c.      
Keanekaragaman terumbu karang di wilayah
perairan pantai Senggigi.
d.     
Prospek pengembangan objek wisata pantai
senggigi di pulau Lombok
e.     
Pantai senggigi objek wisata pantai di pulau
Lombok
4.      
Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukkan
oleh nomor …
a.      
1
b.     
2
c.      
3
d.     
4
e.      5
5.      
Bagian pokok teks ceramah tersebut ditunjukkan
oleh nomor …
a.      
1
b.      2
c.      
3
d.     
4
e.     
5
6.      
Dalam teks ceramah tersebut yang tidak
termasuk bagian penjelas terdapat pada nomor …
a.       1
b.     
2
c.      
3
d.     
4
e.     
5
7.       Bapak-bapak
dan ibu-ibu yang saya hormati, hanya inilah yang dapat sedikit saya sampaikan .
mudah-mudahan yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua. Sekali lagi, atas
perhatian Bapk-bapak dan Ibu-ibu say mengucapkan terimakasih.
Paragraf
tersebut termasuk …
a.      
Pembuka diskusi 
b.     
Salam pembuka 
c.      
Salam penutup
d.      Penutup ceramah
e.     
Pembuka ceramah
8.       Bacalah
kalimat berikut !
Dengan
melakukan aktifitas yang benar, kekuatan anda akan lebih kuat dan tubuh menjadi
sehat. Hal yang lebih penting juga adalah memilih makanan yang sehat. 
Bagian
tersebut merupakan bagian dari teks ceramah adalah … 
a.       Penegasan kembali 
b.     
Pengenalan isu
c.      
Rangkaian Argumen 
d.     
Pembuka 
e.     
Kesimpulan 
9.      
Bacalah 
teks berikut !
Akhir kata, terima kasih atas kesempatan
diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini,
jika ada salah kata semoga bias dimaafkan. 
Teks tersebut termasuk struktur bagian …
a.      
Pembuka
b.     
Isi
c.       Penutup
d.     
Orientasi 
e.     
Abstraksi 
10.  
Perhatikan kalimat berikut !
Puji syukur kita sanjungkan kehadirat Allah
SWT, karena dengan limpahan karunia-Nya kita bisa berkumpul disini.
Kalimat tersebut termasuk …
a.      
Tema 
b.     
Judul
c.      
Salam pembuka
d.      Ucapan terima kasih
e.     
Pengenalan topic 
11.  
Berikut yang termasuk salam pembuka ditandai
dengan kalimat …
a.       Assalamualaikum 
b.     
Puji syukur kehadirat Allah SWT
c.      
Sholawat serta salam
d.     
Dirasa sangat penting jiwa social tertanam
pada diri kita
e.     
Karena dengan jiwa social 
12.  
Sesuatu yang tidak perlu disebutkan dalam
ceramah adalah …
a.      
Topic
b.     
Tema
c.      
Judul
d.     
Materi
e.      Opini 
13.   Gelap,
hitam pekat, tiada warna, tiada cahaya. Itulah pemandangan yang selalu
menemaniku di setiap hari. Memang tiada mudah terlahir sebagai tunanetra,
terbiasa dengan kegelapan yang mencekam, tanpa celah bagi cahaya masuk. Aku
benci keadaanku ini. Aku benci terlahir seperti ini. Ada banyak hal yang ingin
kulakukan, banyak hal yang ingin kucoba, tetapi kekuranganku ini selalu
menghambatku, selalu menghalangiku dari mencapai apa yang ingin kucapai. 
Cerpen
tersebut bercerita tentang seorang …
a.      
Tunarungu
b.     
Tunaaksara
c.      
Tuna cerdas
d.      Tunanetra
e.     
Tunadaksa 
14.  
Pengertian tunanetra pada kutipan cerpen
tersebut adalah …
a.      
Tidak bisa berjalan
b.     
Tidak bisa mendengar
c.      
Tidak bisa bicara
d.      Tidak bisa melihat
e.     
Tidak punya rumah 
15.  
Nilai yang terkandung dalam teks tersebut
adalah nilai …
a.       Moral 
b.     
Social 
c.      
Budaya 
d.     
Pendidikan 
e.     
Estetika 
16.  
Nilai yang berhubungan dengan adat
istiadat/kebiasaan dalam masyarakat adalah …
a. Moral 
b. Social 
c.
Budaya 
d. pendidikan
e. estetika 
17.  
Nilai yang berhubungan dengan perubahan
tingkah laku dari buruk ke baik adalah …
a.      
Moral
b.     
Social 
c.      
Budaya 
d.      Pendidikan
e.     
Estetika 
18.   Si kakek
berdiri di ambang pintu. Ia sedang menunggu menantunya datang dari pasar
membeli kembang. Sudah dari tadi ia berdiri di situ dan menantunya belum juga
datang-datang. Sekarang hari jum’at pergi sekira jam delapan dan si kakek akan
pergi ke kuburan. Di sebelah utara di atas kaki sebuah bukit, di situ istrinya
terbaring di dalam bumi. Itu satu setengah bulan yang lalu sebagai satu
permulaan, dan permulaan itu akan berakhir hingga tuhan membangkitkan kembali
manusia-manusia dari liang kubur. 
Nilai yang
terkandung pada kutipan cerpen tersebut 
adalah …
a.      
Moral 
b.     
Estetika 
c.      
Budaya 
d.      Agama 
e.     
Pendidikan 
19.  
Berikut yang tidak termasuk nilai-nilai yang
terkandung dalam cerpen adalah …
a.      
Budaya 
b.      Amanat 
c.      
Social 
d.     
Pendidikan 
e.     
Moral 
20.  
Pada kutipan teks tersebut terdapat kalimat “
di situ istrinya terbaring di dalam perut bumi “. Arti dari penggalan kalimat
tersebut adalah …
a.      
Bertapa
b.      Meninggal
c.      
Istirahat
d.     
Tidur santai
e.     
Menggali tanah 
21.  
Dari kutipan teks di atas. Apa yang dibeli
menantu sang kakek …
a.      
Air
b.     
Batu
c.      
Kayu
d.      Kembang
e.     
Baju 
22.   Pukul
21.00 saya selesai menuntut ilmu dan kembali menuju tempat istirahat yang
berada pada lingkungan sekolah. Memakai baju yang lebih santai dan kembali ke
tempat bekerja. Bukan untuk bekerja melainkan melaksanakan tugas tambahan
sebagai ganti sya menginap di temapt saya bekerja. Membersihkan dan merapikan
kantor. Setelah selesai badan terasa lelah dan tidak kuat untuk memejamkan mata
yang sudah sedikit memerah. Dan kemudian saya pun merebahkan badan dan menuju
mimpi.
Kutipan
cerpen tersebut bercerita mengenai …
a.      
Kegiatan pagi hari
b.     
Acara sekolah 
c.       Kegiatan malam hari
d.     
Cerita seorang murid
e.     
Pekerjaan 
23.  
Latar waktu pada kutipan cerpen tersebut
adalah 
a.      
Siang hari
b.     
Pagi hari
c.      
Sore hari
d.      Malam hari
e.     
Dini hari
24.  
Latar tempat cerpen tersebut adalah …
a.       Sekolah 
b.     
Kantor
c.      
Pasar
d.     
Tempat ibadah 
e.     
Swalayan 
25.  
Pesan yang disampaikan pengarang keppada
pembaca dinaman …
a.       Amanat 
b.     
Alur
c.      
Tema
d.     
Gaya bahasa
e.     
Sudut pandang 
 
 
 
0 Comments