KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK
2.
Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013
3.
Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAQ
4.
Alokasi Waktu : 90 Menit
5.
Jenis Ulangan :
UJIAN SEMESTER GANJIL
6.
8.
Jumlah Soal : 40
8.1
Obyektif : 35
8.2
Uraian : 5
7.
Kelas/Semester : XI/GANJIL
NO
|
KOMPENTENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
JENIS SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT SOAL
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
3.2 menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan
sehari-hari
3.3 menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
3.4 menganalisis perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan,
dan etos kerja
|
·
iman kepada kitab-kitab Allah SWT
·
pentingnya
memiliki sifat jujur
·
pentingnya
memiliki sifat syaja`ah
·
khotbah
·
tabligh
·
dakwah
·
perilaku taat
|
·
Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang
yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para
Nabi Nya
·
Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang
yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para
Nabi Nya
·
Siswa mampu mengidentifikasi Kedudukan kitab-kitab Allah
·
Siswa mampu mengidentifikasi urutan rukun Iman kepada kitab Allah SWT
·
Siswa mampu mengidentifikasi Kitab zabur dalam
bahasa arab
·
Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan nama
lain Alqur`an
·
Siswa mampu mengidentifikasi Kitab yang
menerangkan bahwa nabi Muhammas SAW adalah penutup para nabi dan rasul selain
Alqur`an
·
Siswa mampu mengidentifikasi keistimewaan yang
dimiliki oleh Alqur`an dibandingkan kitab-kitab terdahulu
·
Siswa mampu mengidentifikasi kedudukan
kitab-kitab yang telah diwahyukan Allah SWT
·
Siswa mampu mengidentifikasi wahyu pertama
·
siswa mampu menjelaskan isi pokok Alqur`an
·
siswa mampu mengidentifikasi hikmah perilaku
jujur
·
siswa mampu mengidentifikasi ciri orang
munafik
·
siswa mampu mengidentifikasi Orang yang tidak
jujur
·
siswa mampu mengidentifikasi Jujur dalam
perbuatan
·
Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
·
siswa mampu menjelaskan pembagian sifat jujur
menurut imam ghazali
·
Siswa mampu mengidentifikasi Landasan umat
islam memiliki sikap berani
·
Siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang
sikap berani
·
siswa mampu mengidentifikasi syarat rukun
khotbah
·
siswa mampu mengidentifikasi sunnah khotbah
·
siswa mampu mengidentifikasi pelaksanaan
khotbah
·
siswa mampu menjelaskan perbedaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
·
siswa mampu mengidentifikasi pengertian
tabligh
·
siswa mampu mengidentifikasi etika tabligh
·
siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang
tabligh
·
siswa mampu mengidentifikasi istilah da`wah bil hal
·
siswa mampu mengidentifikasi contoh yang baik
·
siswa mampu mengidentifikasi amar ma`ruf
·
siswa mampu mengidentifikasi contoh da`wah bil
qalam
·
siswa mampu mengidentifikasi Cara menyampaikan
dakwah yang baik
·
siswa mampu mengidentifikasi Diskusi atau
tukar pikiran yang berjalan secara dinamis dan santun serta menghargai
pendapat orang lain
·
siswa mampu menjelaskan contoh dakwah bil
lisan
·
siswa mampu mengidentifikasi perilaku taat
·
siswa mampu mengidentifikasi perilaku sesuai
dengan etos kerja
·
siswa mampu mengidentifikasi menghargai karya orang lain
·
siswa mampu menjelaskan etika dalam bekerja
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
URAIAN
PG
PG
PG
PG
PG
URAIAN
PG
PG
PG
PG
PG
URAIAN
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
URAIAN
PG
PG
PG
URAIAN
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
11,12
13
14
15
16,17,18
2
19
20
21
22
23
3
24
25
26
27
28
29
30
31
32
4
33
34
35
5
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-indonesia-x-sem-1-sma-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/latihan-soal-sejarah-xi-ipa.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ips-sma-semester-1-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-uas-bahasa-indonesia-kelas-xi-sma.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-dan-kunci-sejarah-indonesia-x.html
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
SATUAN PENDIDIKAN : SMA/MA/SMK
PENYUSUN : LAILATUL MAJIDAH
KELAS/SEMESTER : XI/GANJIL
UNIT KERJA : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN : AQIDAH AKHLAQ
TH. PELAJARAN : 2019-2020
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang
yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para
Nabi Nya
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
1
|
E
|
||
Berikut ini
yang termasuk perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan
oleh Allah SWT kepada para Nabi Nya adalah …
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang
yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para
Nabi Nya
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
2
|
D
|
||
Manusia wajib
mengikuti dan mematuhi aturan dan petunjuk Allah SWT yang telah dituangkan
dalam Al Qur`an agar ...
A. Terhindar dari api neraka
B. Mendapat pahala
C. Mendapat keberkahan
D. Kebahagiaan di dunia dan akhirat
E. Mendapat banyak rezeki
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab
Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Kedudukan kitab-kitab Allah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
3
|
E
|
||
Kedudukan
kitab-kitab Allah adalah sebagai ...
A. Penyelamat umat manusia
B. Penghancur bagi manusia
C. Kesesatan bagi manusia
D. Pelindung umat manusia
E. Petunjuk dan pedoman bagi manusia
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi urutan rukun Iman kepada kitab Allah SWT
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
4
|
C
|
||
Iman kepada
kitab Allah SWT termasuk rukun iman ke ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Kitab zabur dalam
bahasa arab
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
5
|
D
|
||
Kitab zabur dalam bahasa arab dikenal
dengan mazmur dan dalam bahasa ibrani disebut …
A.
Thora
B.
Nabin
C.
Biblia
D.
Mizmar
E.
Kethubin
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan nama
lain Alqur`an
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
6
|
C
|
||
Dibawah ini yang bukan nama lain Alqur`an
adalah …
A.
Al Huda
B.
Al Furqan
C.
Liturgy
D.
Az Zikr
E.
Asy Syifa`
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Kitab yang
menerangkan bahwa nabi Muhammas SAW adalah penutup para nabi dan rasul selain
Alqur`an
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
7
|
C
|
||
Kitab yang menerangkan bahwa nabi
Muhammas SAW adalah penutup para nabi dan rasul selain Alqur`an adalah kitab
…
A.
Zabur
B.
Weda
C.
Injil
D.
Suhuf Ibrahim
E.
Suhuf Musa
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi keistimewaan yang
dimiliki oleh Alqur`an dibandingkan kitab-kitab terdahulu
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
8
|
A
|
||
Salah satu keistimewaan yang dimiliki
oleh Alqur`an dibandingkan kitab-kitab terdahulu adalah …
A.
Terjaga keasliannya
B.
Tertandingi ole hide-ide orang pintar
C.
Kalah sempurna jika dibandingkan kitab lain
D.
Membuat ngantuk saat membacanya
E.
Kitab dengan tulisan arab
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi kedudukan
kitab-kitab yang telah diwahyukan Allah SWT
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
9
|
E
|
||
Berikut ini merupakan kedudukan
kitab-kitab yang telah diwahyukan Allah SWT kecuali …
A.
Alat untuk mencapai kebahagiaan di dunia
B.
Pedoman hidup manusia
C.
Alat untuk mencapai kebahagiaan di akhirat
D.
Petunjuk hidup manusia
E.
Sarana untuk mengingkari Allah SWT
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
|||
Indikator : Siswa mampu
mengidentifikasi wahyu pertama
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
10
|
B
|
||
Rasulallah SAW diangkat menjadi rasul
dengan ditandai menerima wahyu pertama adalah …
A.
Al A`la ayat 1-5
B.
Al `Alaq ayat 1-5
C.
Al Maidah ayat 3
D.
Al Muddasir ayat 3
E.
An Nas ayat 1-6
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat jujur
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi hikmah perilaku
jujur
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
11
|
D
|
||
Perhatikan
pernyatan dibawah ini :
1.
Orang jujur akan mendapatkan banyak teman
2.
Orang jujur akan susah hidupnya
3.
Orang jujur akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat
4.
Orang munafik akan disukai teman di akhirat
5.
Orang jujur akan mendapatkan berkah dimana saja
Pernyataan di
atas yang bukan merupakan hikmah perilaku jujur adalah …
A. 1
dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D. 2
dan 4
E.
3 dan 5
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat jujur
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi hikmah perilaku
jujur
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
12
|
D
|
||
Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa
jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga. Ungkapan tersebut
mengandung arti …
A.
Jujur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari
B.
Jujur membawa kenyamanan dalam berperilaku
C.
Jujur membuar pelakunya selalu gelisah
D.
Jujur membawa keberkahan dalam kehidupan
E.
Jujur penting dijunjung tinggi dalam berperilaku
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat jujur
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi ciri orang
munafik
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
13
|
D
|
||
Orang yang tidak jujur atau dusta
disebut orang munafik. Salah satu ciri orang munafik adalah …
A.
Jika bekerja ingin diupah
B.
Jika berkata ingin didengar
C.
Jika berbuat ingin dilihat
D.
Jika berjanji tidak ditepati
E.
Jika dipercaya ia amanah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat jujur
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Orang yang tidak
jujur
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
14
|
D
|
||
Orang yang tidak jujur akan cenderung
melakukan hal-hal yang buruk, kecuali …
A.
Korupsi
B.
Zalim
C.
Fitnah
D.
Amanah
E.
Gibah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat jujur
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Jujur dalam
perbuatan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
15
|
B
|
||
Jujur dalam perbuatan yaitu seimbang
antara lahiriyah dan …
A.
Ucapan
B.
Batiniah
C.
Perbuatan
D.
Perkataan
E.
Lisan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat syaja`ah
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
16
|
A
|
||
Di dalam islam sikap berani disebut juga
dengan …
A.
Syaja`ah
B.
Mujahadah
C.
Qiyadah
D.
Syafaat
E.
Mudarat
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat syaja`ah
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
17
|
B
|
||
Umat Islam harus yakin bahwa Allah SWT
akan … hamba Nya yang berani menyampaikan kebenaran.
A.
Meninggalkan
B.
Menolong
C.
Menjatuhkan
D.
Meninggikan
E.
Melemahkan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat syaja`ah
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
18
|
C
|
||
Perilaku yang mencerminkan sikap berani
menyampaikan kebenaran adalah …
A.
Menjadi saksi palsu
B.
Menerima upah untuk menutup mulut
C.
Melaporkan teman yang membolos sekolah
D.
Membiarkan teman menyontek saat ujian
E.
Masa bodoh terhadap tindak suap dalam masyarakat
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat syaja`ah
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Landasan umat
islam memiliki sikap berani
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
19
|
C
|
||
Landasan umat islam memiliki sikap
berani adalah …
A.
Banyak teman
B.
Dibayar
C.
Benar menurut islam
D.
Benar menurut sebagian orang
E.
Salah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||
Materi Pembelajaran : pentingnya memiliki sifat syaja`ah
|
|||
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang sikap
berani
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
20
|
B
|
||
“Maka tetaplah kamu pada jalan yang
…, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah … beserta
kamu dan janganlah kamu ….., sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu
kerjakan. (Q.S. Hud : 112)
A. Salah,
bertobat, dan melampaui batas
B.
Benar, bertobat dan melampaui batas
C.
Lurus, berhaji dan berfoya-foya
D. Lurus,
berhaji dan ingkar
E.
Benar, berhaji dan ingkar
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|||
3.3
|
||||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
||||
Materi Pembelajaran : khotbah
|
||||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi syarat rukun
khotbah
|
||||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
||
21
|
A
|
|||
Perhatikan
pernyataan dibawah ini !
1.
Membaca hamdalah
2.
Menbaca syahadatain
3.
Membaca solawat
4.
Berwasiat takwa
5.
Membaca Alqur`an pada salah satu khotbah
6.
Berdoa pada khotbah kedua
Dari
pernyataan diatas termasuk …. Khotbah
A. Rukun D. Pahala
B.
Syarat E. Mubah
C.
Sunnah
|
||||
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : khotbah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi sunnah khotbah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
22
|
C
|
||
Berikut ini yang bukan merupakan sunnah
khotbah adalah …
A.
Khatib berdiri ketika khotbah
B.
Khotbah hendaknya jelas
C.
Mengetahui ilmu agama
D.
Tidak terlalu panjang
E.
Menertibkan rukun khotbah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : khotbah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi pelaksanaan
khotbah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
23
|
D
|
||
Berikut ini salat yang tidak terdapat
rangkaian khotbah di dalam pelaksanaannya adalah …
A.
Jumat
B.
Idhul fitri
C.
Idhul adha
D.
Tarawih
E.
Istisqa`
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : tabligh
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi pengertian
tabligh
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
24
|
C
|
||
Kegiatan menyampaikan pesan Allah SWT
secara lisan kepada satu orang islam atau lebih untuk diketahui dan diamalkan
isinya disebut …
A.
Amanah
B.
Siddiq
C.
Tabligh
D.
Fatanah
E.
Sabar
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : Tabligh
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi etika tabligh
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
25
|
D
|
||
Dibawah ini yang bukan etika dalam
tabligh adalah …
A.
Bersikap lemah lembut, tidak kasar
B.
Menggunakan bahsa yang mudah dimengerti
C.
Mengutamakan musyawarah
D.
Mengutamakan kepentingan golongan tersendiri
E.
Tidak menghasut orang lain untuk bermusuhan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : tabligh
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang
tabligh
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
26
|
A
|
||
Rasulallah
bersabda: “barang siapa yang melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan ….,
apabila tidak mampu maka ubahlah dengan …, apabila tidak mampu maka dengan …,
dan itu selemah-lemahnya iman” (H.R. Muslim)
A.
Tangannya, lisannya, dan hatinya
B.
Lisannya, tangannya, dan hatinya
C.
Hatinya, lisannya, dan tangannya
D.
Perkataan, perbuatan, dan tangannya
E.
Perkataan, tangannya, dan perbuatan
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : dakwah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi istilah da`wah bil hal
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
27
|
C
|
||
Didalam islam terdapat istilah da`wah bil hal yang berarti …
A.
Tulisan
B.
Lisan
C.
Perbuatan
D.
Terang-terangan
E.
Tersembunyi
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : dakwah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi contoh yang baik
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
28
|
E
|
||
Dakwah
dapat pula dilakukan dengan cara memberi contoh yang baik atau …
A.
Da`wah bil qalam
B.
Da`wah bil hal
C.
Da`wah bil lisan
D.
Mauizatul hasanah
E.
Uswatun khasanah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : dakwah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi amar ma`ruf
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
29
|
B
|
||
Umat islam diperintahkan untuk amar
ma`ruf yaitu …
A.
Mencegah perbuatan buruk
B.
Memerintahkan berbuat baik
C.
Beribadah sebanyak-banyaknya
D.
Saling menjaga
E.
Meneladani Rasulallah SAW
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : dakwah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi contoh da`wah bil
qalam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
30
|
D
|
||
Berikut ini yang merupakan contoh da`wah
bil qalam adalah …
A.
Ceramah
B.
Membantu orang lain
C.
Tausiah
D.
Menulis artikel keislaman
E.
Memberikan contoh yang baik
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh,
dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : dakwah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Cara menyampaikan
dakwah yang baik
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
31
|
B
|
||
Cara menyampaikan dakwah yang baik
adalah dengan cara …
A.
Keras
B.
Lemah lembut
C.
Radikal
D.
Berperang
E.
Dasar yang samar
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.3
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah,
tabligh, dan dakwah
|
|||
Materi Pembelajaran : dakwah
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Diskusi atau tukar
pikiran yang berjalan secara dinamis dan santun serta menghargai pendapat
orang lain
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
32
|
E
|
||
Diskusi atau tukar pikiran yang berjalan
secara dinamis dan santun serta menghargai pendapat orang lain disebut juga
dengan dakwah …
A.
Bil hal
B.
Bil qalam
C.
Bil lisan
D.
Mauidhatul khasanah
E.
Mujadalah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.4
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perilaku taat, kompetisi
dalam kebaikan, dan etos kerja
|
|||
Materi Pembelajaran : perilaku taat
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi perilaku taat
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
33
|
C
|
||
Perhatikan
pernyataan dibawah ini :
1.
Berusaha dengan sungguh-sungguh agar tercapai
cita-citanya
2.
Suka mengikuti kompetisi yang dilaksanaka sekolah
3.
Menjalankan semua perintah Allah SWT, rasul dan para
pemimpin
4.
Berlomba dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan
5.
Mengikuti lomba karya ilmiah di sekolah
Dari
pernyataan diatas yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah …
A. 1
B.
2
C.
3
D. 4
E.
5
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.4
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perilaku taat, kompetisi
dalam kebaikan, dan etos kerja
|
|||
Materi Pembelajaran : etos kerja
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi perilaku sesuai
dengan etos kerja
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
34
|
B
|
||
Melaksanakan
pekerjaan ia selalu memperhatikan sudah benarkah cara-cara yang dilakukan
dalam pekerjaannya, jika cara-cara yang dilakukan dalam bekerja tidak
dibenarkan oleh agama maka segera ditinggalkan pekerjaannya walaupun
menghasilkan banyak uang, pernyataan tersebut mengandung arti ...
A. Berusaha bekerja selalu mengedepankan
sikap jujur
B. Berusaha dengan cara-cara yang selalu
dibenarkan oleh agama
C. Berusaha mencintai pekerjaannya
D. Berusaha memulai pekerjaan dengan niat
ibadah
E. Berusaha melakukan amar ma`ruf nahi
munkar
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.4
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perilaku taat, kompetisi
dalam kebaikan, dan etos kerja
|
|||
Materi Pembelajaran : kompetisi dalam kebaikan
|
|||
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi menghargai karya orang lain
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
35
|
B
|
||
Dibawah ini
yang bukan tujuan menghargai karya orang lain adalah ...
A. Memberi semangat kepada orang yang
berkarya
B. Berusaha mencintai pekerjaannya
C. Mempererat tali persaudaraan
D. Menghindari diri dari sikap suka mencela
E. Meningkatkan citra diri bagi orang yang
diberi penghargaan
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKU :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi inti :
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual,
procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran :
iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator :
siswa mampu menjelaskan isi pokok Alqur`an
Butir Soal :
Sebutkan dan jelaskan isi pokok Alqur`an !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1. Akidah yaitu hal-hal yang berkaitan dengan
keyakinan atau iman
2. Ibadah yaitu ibadah mahbah dan ibadah
ghairu mahdah
3. Akhlak yang berisi tentang akhlak seorang
hamba kepada Sang Khaliq, kepada sesame dan kepada alam sekitar
4. Muamalah yaitu hubungan manusia dengan
manusia
5. Kisah yaitu cerita nabi dan rasul,
orang-orang sholeh dan orang-orang yang ingkar
6. Semangat mengembangkan ilmu pengetahuan
|
1
1
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi inti :
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual,
procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran :
pentingnya memiliki sifat jujur
Indikator : siswa mampu menjelaskan
pembagian sifat jujur menurut imam ghazali
Butir Soal : Imam Ghazali membagi sifat
jujur kedalam beberapa kelompok, sebutkan dan jelaskan!
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Jujur dalam berkehendak (niat) :
memotivasi bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati
perintah Allah SWT dan ingin mencapai ridhaNya
2.
Jujur dalam perkataan (lisan):
memberitakan sesuatu dengan realitas yang terjadi
3.
Jujur dalam perbuatan (amaliah):
keseimbangan antara lahiriyah dan batiniah hingga tidaklah berbeda antara
amal lahir dan amal batin
|
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi inti :
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual,
procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis makna khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran :
khotbah
Indikator :
siswa mampu menjelaskan perbedaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Butir Soal : Jelaskan perbedaan
khotbah, tabligh, dan dakwah !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Khotbah
adalah kegiatan ceramah kepada sejumlah orang islam dengan syarat dan rukun
tertentu yang berkaitan langsung dengan keabsahan atau kesunnahan ibadah
2.
Tabligh
adalah kegiatan menyampaikan pesan Allah SWT secara lisan kepada satu orang
islam atau lebih untuk diketahui dan diamalkan isinya.
3.
Dakwah
adalah kegiatan mengajak orang lain, seseorang atau lebih ke jalan Allah SWT,
secara tulisan, lisan, atau perbuatan.
|
3
3
3
|
|
Skor Maksimum
|
9
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi inti :
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual,
procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis makna khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran :
dakwah
Indikator : siswa mampu menjelaskan contoh dakwah bil
lisan
Butir Soal : Sebutkan contoh dakwah bil
lisan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Ceramah
2.
Tausiyah
3.
Mauidhatul khasanah
4.
Membantu orang lain
|
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
4
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi inti :
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual,
procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisi perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, etos kerja
Materi Pembelajaran :
etos kerja
Indikator :
siswa mampu menjelaskan etika dalam bekerja
Butir Soal : Bagi umat Islam dalam berkarya atau
bekerja harus memperhatikan etika Islam, sebutkan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Setiap pekerjaan yang akan dilakukan harus diniati
dalam rangka ibadah kepada Allah SWT
2.
Memulai setiap pekerjaan dengan membaca basmalah agar
pekerjaannya barokah
3.
Berusaha mencintai pekerjaannya
4.
Berusaha dengan cara-cara yang dibenarkan oleh agama
5.
Berusaha bekerja selalu mengedepankan sikap jujur,
adil, amanah dan sopan
|
1
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
0 Comments