CONTOH KISI-KISI DAN KARTU SOAL AQIDAH AHLAK KELAS XI LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN



KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.      Satuan Pendidikan                  : SMA/MA/SMK                                                       
2.      Kurikulum Acuan                   : Kurikulum 2013
3.      Mata Pelajaran                        : AQIDAH AKHLAQ                                                          
4.      Alokasi Waktu                        : 90 Menit
5.      Jenis Ulangan                          : UJIAN SEMESTER GANJIL                                
6.      8.    Jumlah Soal                      : 40
8.1 Obyektif                            : 35                                                                                                     
8.2 Uraian                               : 5       
7.      Kelas/Semester                        : XI/GANJIL                                                                                                             

NO
KOMPENTENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL

3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT




















3.2 menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari












3.3 menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah


















3.4 menganalisis perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
·         iman kepada kitab-kitab Allah SWT



















·         pentingnya  memiliki sifat  jujur





·         pentingnya  memiliki sifat  syaja`ah


·         khotbah




·         tabligh



·         dakwah









·         perilaku taat
·         Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para Nabi Nya
·         Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para Nabi Nya
·         Siswa mampu mengidentifikasi Kedudukan kitab-kitab Allah
·         Siswa mampu mengidentifikasi urutan rukun Iman kepada kitab Allah SWT
·         Siswa mampu mengidentifikasi Kitab zabur dalam bahasa arab
·         Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan nama lain Alqur`an
·         Siswa mampu mengidentifikasi Kitab yang menerangkan bahwa nabi Muhammas SAW adalah penutup para nabi dan rasul selain Alqur`an
·         Siswa mampu mengidentifikasi keistimewaan yang dimiliki oleh Alqur`an dibandingkan kitab-kitab terdahulu
·         Siswa mampu mengidentifikasi kedudukan kitab-kitab yang telah diwahyukan Allah SWT
·         Siswa mampu mengidentifikasi wahyu pertama
·         siswa mampu menjelaskan isi pokok Alqur`an
·         siswa mampu mengidentifikasi hikmah perilaku jujur
·         siswa mampu mengidentifikasi ciri orang munafik
·         siswa mampu mengidentifikasi Orang yang tidak jujur
·         siswa mampu mengidentifikasi Jujur dalam perbuatan
·         Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
·         siswa mampu menjelaskan pembagian sifat jujur menurut imam ghazali
·         Siswa mampu mengidentifikasi Landasan umat islam memiliki sikap berani
·         Siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang sikap berani

·         siswa mampu mengidentifikasi syarat rukun khotbah
·         siswa mampu mengidentifikasi sunnah khotbah
·         siswa mampu mengidentifikasi pelaksanaan khotbah
·         siswa mampu menjelaskan perbedaan khotbah, tabligh, dan dakwah
·         siswa mampu mengidentifikasi pengertian tabligh
·         siswa mampu mengidentifikasi etika tabligh
·         siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang tabligh
·         siswa mampu mengidentifikasi istilah da`wah bil hal
·         siswa mampu mengidentifikasi contoh yang baik
·         siswa mampu mengidentifikasi amar ma`ruf 
·         siswa mampu mengidentifikasi contoh da`wah bil qalam
·         siswa mampu mengidentifikasi Cara menyampaikan dakwah yang baik
·         siswa mampu mengidentifikasi Diskusi atau tukar pikiran yang berjalan secara dinamis dan santun serta menghargai pendapat orang lain
·         siswa mampu menjelaskan contoh dakwah bil lisan
·         siswa mampu mengidentifikasi perilaku taat
·         siswa mampu mengidentifikasi perilaku sesuai dengan etos kerja
·         siswa mampu mengidentifikasi menghargai karya orang lain
·         siswa mampu menjelaskan etika dalam bekerja
PG



PG


PG
PG


PG
PG

PG


PG

PG

PG
URAIAN

PG
PG
PG
PG

PG

URAIAN

PG

PG

PG
PG

PG
URAIAN

PG
PG
PG

PG
PG

PG
PG
PG


PG


URAIAN
PG

PG

PG
URAIAN
1



2


3
4


5
6

7


8

9

10
1

11,12
13
14
15

16,17,18

2

19

20

21
22

23
3

24
25
26

27
28

29
30
31


32


4
33

34

35
5







KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-indonesia-x-sem-1-sma-lengkap.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/latihan-soal-sejarah-xi-ipa.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ips-sma-semester-1-lengkap.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-uas-bahasa-indonesia-kelas-xi-sma.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-dan-kunci-sejarah-indonesia-x.html

      
KARTU SOAL PILIHAN GANDA

SATUAN PENDIDIKAN        : SMA/MA/SMK             
PENYUSUN                            : LAILATUL MAJIDAH
KELAS/SEMESTER               : XI/GANJIL                    
UNIT KERJA                          : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN                  : AQIDAH AKHLAQ     
TH. PELAJARAN                       : 2019-2020


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para Nabi Nya

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
1
E

Berikut ini yang termasuk perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para Nabi Nya adalah …
    1. Hanya meyakini satu kitab suci saja
    2. Berlomba-lomba untuk mempertahankan kebenaran masing-masing
    3. Selalu menjalankan ajaran semua kitab suci yang diturunkan Allah SWT
    4. Menyeleksi isinya selanjutnya menjalankan yang dianggap mudah untuk diamalkan
    5. Mengimani keberadaan semua kitab suci tetapi hanya menjalankan isi kitab suci yang diyakininya saja













KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi perilaku orang yang beriman kepada kitab suci yang dirturunkan oleh Allah SWT kepada para Nabi Nya

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
2
D
Manusia wajib mengikuti dan mematuhi aturan dan petunjuk Allah SWT yang telah dituangkan dalam Al Qur`an agar ...
A.    Terhindar dari api neraka
B.     Mendapat pahala
C.     Mendapat keberkahan
D.    Kebahagiaan di dunia dan akhirat
E.     Mendapat banyak rezeki



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Kedudukan kitab-kitab Allah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
3
E
Kedudukan kitab-kitab Allah adalah sebagai ...
A.    Penyelamat umat manusia
B.     Penghancur bagi manusia
C.     Kesesatan bagi manusia
D.    Pelindung umat manusia
E.     Petunjuk dan pedoman bagi manusia



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi urutan rukun Iman kepada kitab Allah SWT
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
4
C

Iman kepada kitab Allah SWT termasuk rukun iman ke ...
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Kitab zabur dalam bahasa arab
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
5
D
Kitab zabur dalam bahasa arab dikenal dengan mazmur dan dalam bahasa ibrani disebut …
A.    Thora
B.     Nabin
C.     Biblia
D.    Mizmar
E.     Kethubin





KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan nama lain Alqur`an
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
6
C
Dibawah ini yang bukan nama lain Alqur`an adalah …
A.    Al Huda
B.     Al Furqan
C.     Liturgy
D.    Az Zikr
E.     Asy Syifa`


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Kitab yang menerangkan bahwa nabi Muhammas SAW adalah penutup para nabi dan rasul selain Alqur`an
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
7
C
Kitab yang menerangkan bahwa nabi Muhammas SAW adalah penutup para nabi dan rasul selain Alqur`an adalah kitab …
A.    Zabur
B.     Weda
C.     Injil
D.    Suhuf Ibrahim
E.     Suhuf Musa





KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi keistimewaan yang dimiliki oleh Alqur`an dibandingkan kitab-kitab terdahulu
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
8
A
Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Alqur`an dibandingkan kitab-kitab terdahulu adalah …
A.    Terjaga keasliannya
B.     Tertandingi ole hide-ide orang pintar
C.     Kalah sempurna jika dibandingkan kitab lain
D.    Membuat ngantuk saat membacanya
E.     Kitab dengan tulisan arab


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi kedudukan kitab-kitab yang telah diwahyukan Allah SWT
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
9
E
Berikut ini merupakan kedudukan kitab-kitab yang telah diwahyukan Allah SWT kecuali …
A.    Alat untuk mencapai kebahagiaan di dunia
B.     Pedoman hidup manusia
C.     Alat untuk mencapai kebahagiaan di akhirat
D.    Petunjuk hidup manusia
E.     Sarana untuk mengingkari Allah SWT





KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi wahyu pertama
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
10
B
Rasulallah SAW diangkat menjadi rasul dengan ditandai menerima wahyu pertama adalah …
A.    Al A`la ayat 1-5
B.     Al `Alaq ayat 1-5
C.     Al Maidah ayat 3
D.    Al Muddasir ayat 3
E.     An Nas ayat 1-6


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  jujur
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi hikmah perilaku jujur
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
11
D
Perhatikan pernyatan dibawah ini :
1.      Orang jujur akan mendapatkan banyak teman
2.      Orang jujur akan susah hidupnya
3.      Orang jujur akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat
4.      Orang munafik akan disukai teman di akhirat
5.      Orang jujur akan mendapatkan berkah dimana saja
Pernyataan di atas yang bukan merupakan hikmah perilaku jujur adalah …
A.    1 dan 2
B.     2 dan 3
C.     3 dan 4
D.    2 dan 4
E.     3 dan 5



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  jujur
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi hikmah perilaku jujur
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
12
D
Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu menuntun ke surga. Ungkapan tersebut mengandung arti …
A.    Jujur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari
B.     Jujur membawa kenyamanan dalam berperilaku
C.     Jujur membuar pelakunya selalu gelisah
D.    Jujur membawa keberkahan dalam kehidupan
E.     Jujur penting dijunjung tinggi dalam berperilaku


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  jujur
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi ciri orang munafik
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
13
D
Orang yang tidak jujur atau dusta disebut orang munafik. Salah satu ciri orang munafik adalah …
A.    Jika bekerja ingin diupah
B.     Jika berkata ingin didengar
C.     Jika berbuat ingin dilihat
D.    Jika berjanji tidak ditepati
E.     Jika dipercaya ia amanah







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  jujur
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Orang yang tidak jujur
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
14
D
Orang yang tidak jujur akan cenderung melakukan hal-hal yang buruk, kecuali …
A.    Korupsi
B.     Zalim
C.     Fitnah
D.    Amanah
E.     Gibah


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013



3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  jujur
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Jujur dalam perbuatan
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
15
B
Jujur dalam perbuatan yaitu seimbang antara lahiriyah dan …
A.    Ucapan
B.     Batiniah
C.     Perbuatan
D.    Perkataan
E.     Lisan

KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  syaja`ah
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
16
A
Di dalam islam sikap berani disebut juga dengan …
A.    Syaja`ah
B.     Mujahadah
C.     Qiyadah
D.    Syafaat
E.     Mudarat


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  syaja`ah
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
17
B
Umat Islam harus yakin bahwa Allah SWT akan … hamba Nya yang berani menyampaikan kebenaran.
A.    Meninggalkan
B.     Menolong
C.     Menjatuhkan
D.    Meninggikan
E.     Melemahkan







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  syaja`ah
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi sikap berani
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
18
C
Perilaku yang mencerminkan sikap berani menyampaikan kebenaran adalah …
A.    Menjadi saksi palsu
B.     Menerima upah untuk menutup mulut
C.     Melaporkan teman yang membolos sekolah
D.    Membiarkan teman menyontek saat ujian
E.     Masa bodoh terhadap tindak suap dalam masyarakat


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  syaja`ah
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi Landasan umat islam memiliki sikap berani
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
19
C
Landasan umat islam memiliki sikap berani adalah …
A.    Banyak teman
B.     Dibayar
C.     Benar menurut islam
D.    Benar menurut sebagian orang
E.     Salah








KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran : pentingnya  memiliki sifat  syaja`ah
Indikator : Siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang sikap berani
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
20
B

           “Maka tetaplah kamu pada jalan yang …, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah … beserta kamu dan janganlah kamu ….., sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Hud : 112)
A.    Salah, bertobat, dan melampaui batas
B.     Benar, bertobat dan melampaui batas
C.     Lurus, berhaji dan berfoya-foya
D.    Lurus, berhaji dan ingkar
E.     Benar, berhaji dan ingkar


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : khotbah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi syarat rukun khotbah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
21
A
Perhatikan pernyataan dibawah ini !
1.      Membaca hamdalah
2.      Menbaca syahadatain
3.      Membaca solawat
4.      Berwasiat takwa
5.      Membaca Alqur`an pada salah satu khotbah
6.      Berdoa pada khotbah kedua
Dari pernyataan diatas termasuk …. Khotbah
A.    Rukun                     D. Pahala
B.     Syarat                     E. Mubah
C.     Sunnah

KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : khotbah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi sunnah khotbah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
22
C
Berikut ini yang bukan merupakan sunnah khotbah adalah …
A.    Khatib berdiri ketika khotbah
B.     Khotbah hendaknya jelas
C.     Mengetahui ilmu agama
D.    Tidak terlalu panjang
E.     Menertibkan rukun khotbah


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : khotbah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi pelaksanaan khotbah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
23
D
Berikut ini salat yang tidak terdapat rangkaian khotbah di dalam pelaksanaannya adalah …
A.    Jumat
B.     Idhul fitri
C.     Idhul adha
D.    Tarawih
E.     Istisqa`




KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : tabligh
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi pengertian tabligh
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
24
C
Kegiatan menyampaikan pesan Allah SWT secara lisan kepada satu orang islam atau lebih untuk diketahui dan diamalkan isinya disebut …
A.    Amanah
B.     Siddiq
C.     Tabligh
D.    Fatanah
E.     Sabar


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : Tabligh
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi etika tabligh
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
25
D
Dibawah ini yang bukan etika dalam tabligh adalah …
A.    Bersikap lemah lembut, tidak kasar
B.     Menggunakan bahsa yang mudah dimengerti
C.     Mengutamakan musyawarah
D.    Mengutamakan kepentingan golongan tersendiri
E.     Tidak menghasut orang lain untuk bermusuhan


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : tabligh
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi hadist tentang tabligh
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
26
A

           Rasulallah bersabda: “barang siapa yang melihat kemungkaran, maka ubahlah dengan …., apabila tidak mampu maka ubahlah dengan …, apabila tidak mampu maka dengan …, dan itu selemah-lemahnya iman” (H.R. Muslim)
A.    Tangannya, lisannya, dan hatinya
B.     Lisannya, tangannya, dan hatinya
C.     Hatinya, lisannya, dan tangannya
D.    Perkataan, perbuatan, dan tangannya
E.     Perkataan, tangannya, dan perbuatan


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : dakwah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi istilah da`wah bil hal
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
27
C
Didalam islam terdapat istilah da`wah bil hal yang berarti …
A.    Tulisan
B.     Lisan
C.     Perbuatan
D.    Terang-terangan
E.     Tersembunyi


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : dakwah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi contoh yang baik
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
28
E

           Dakwah dapat pula dilakukan dengan cara memberi contoh yang baik atau …
A.    Da`wah bil qalam
B.     Da`wah bil hal
C.     Da`wah bil lisan
D.    Mauizatul hasanah
E.     Uswatun khasanah


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : dakwah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi amar ma`ruf 
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
29
B
Umat islam diperintahkan untuk amar ma`ruf  yaitu …
A.    Mencegah perbuatan buruk
B.     Memerintahkan berbuat baik
C.     Beribadah sebanyak-banyaknya
D.    Saling menjaga
E.     Meneladani Rasulallah SAW





KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : dakwah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi contoh da`wah bil qalam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
30
D
Berikut ini yang merupakan contoh da`wah bil qalam adalah …
A.    Ceramah
B.     Membantu orang lain
C.     Tausiah
D.    Menulis artikel keislaman
E.     Memberikan contoh yang baik


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : dakwah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Cara menyampaikan dakwah yang baik
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
31
B
Cara menyampaikan dakwah yang baik adalah dengan cara …
A.    Keras
B.     Lemah lembut
C.     Radikal
D.    Berperang
E.     Dasar yang samar



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.3
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis pelaksnaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran : dakwah
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi Diskusi atau tukar pikiran yang berjalan secara dinamis dan santun serta menghargai pendapat orang lain
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
32
E
Diskusi atau tukar pikiran yang berjalan secara dinamis dan santun serta menghargai pendapat orang lain disebut juga dengan dakwah …
A.    Bil hal
B.     Bil qalam
C.     Bil lisan
D.    Mauidhatul khasanah
E.     Mujadalah


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.4
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
Materi Pembelajaran : perilaku taat
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi perilaku taat
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
33
C
Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1.      Berusaha dengan sungguh-sungguh agar tercapai cita-citanya
2.      Suka mengikuti kompetisi yang dilaksanaka sekolah
3.      Menjalankan semua perintah Allah SWT, rasul dan para pemimpin
4.      Berlomba dalam mewujudkan kebersihan dan keindahan
5.      Mengikuti lomba karya ilmiah di sekolah
Dari pernyataan diatas yang termasuk perilaku mulia terkait ketaatan adalah …
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.4
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
Materi Pembelajaran : etos kerja
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi perilaku sesuai dengan etos kerja
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
34
B
Melaksanakan pekerjaan ia selalu memperhatikan sudah benarkah cara-cara yang dilakukan dalam pekerjaannya, jika cara-cara yang dilakukan dalam bekerja tidak dibenarkan oleh agama maka segera ditinggalkan pekerjaannya walaupun menghasilkan banyak uang, pernyataan tersebut mengandung arti ...
A.    Berusaha bekerja selalu mengedepankan sikap jujur
B.     Berusaha dengan cara-cara yang selalu dibenarkan oleh agama
C.     Berusaha mencintai pekerjaannya
D.    Berusaha memulai pekerjaan dengan niat ibadah
E.     Berusaha melakukan amar ma`ruf nahi munkar


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.4
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
Materi Pembelajaran : kompetisi dalam kebaikan
Indikator : siswa mampu mengidentifikasi menghargai karya orang lain
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
35
B
Dibawah ini yang bukan tujuan menghargai karya orang lain adalah ...
A.    Memberi semangat kepada orang yang berkarya
B.     Berusaha mencintai pekerjaannya
C.     Mempererat tali persaudaraan
D.    Menghindari diri dari sikap suka mencela
E.     Meningkatkan citra diri bagi orang yang diberi penghargaan


KUNJUNGI JUGA LINK BERIKU :

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html






KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi inti             : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Materi Pembelajaran   : iman kepada kitab-kitab Allah SWT
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan isi pokok Alqur`an
Butir Soal                    : Sebutkan dan jelaskan isi pokok Alqur`an !



PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Akidah yaitu hal-hal yang berkaitan dengan keyakinan atau iman
2.      Ibadah yaitu ibadah mahbah dan ibadah ghairu mahdah
3.      Akhlak yang berisi tentang akhlak seorang hamba kepada Sang Khaliq, kepada sesame dan kepada alam sekitar
4.      Muamalah yaitu hubungan manusia dengan manusia
5.      Kisah yaitu cerita nabi dan rasul, orang-orang sholeh dan orang-orang yang ingkar
6.      Semangat mengembangkan ilmu pengetahuan
1
1
1
1

1

1

Skor Maksimum
6 aenjelakebaikan    D. PAHALAn






KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi inti             : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis makna syaja`ah, jujur dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pembelajaran  : pentingnya memiliki sifat jujur
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan pembagian sifat jujur menurut imam ghazali
Butir Soal                    : Imam Ghazali membagi sifat jujur kedalam beberapa kelompok, sebutkan dan jelaskan!


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Jujur dalam berkehendak (niat) : memotivasi bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Allah SWT dan ingin mencapai ridhaNya
2.      Jujur dalam perkataan (lisan): memberitakan sesuatu dengan realitas yang terjadi
3.      Jujur dalam perbuatan (amaliah): keseimbangan antara lahiriyah dan batiniah hingga tidaklah berbeda antara amal lahir dan amal batin
2


2

2

Skor Maksimum
6









KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi inti             : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis makna khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran  : khotbah
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan perbedaan khotbah, tabligh, dan dakwah
Butir Soal                    : Jelaskan perbedaan khotbah, tabligh, dan dakwah !





PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Khotbah adalah kegiatan ceramah kepada sejumlah orang islam dengan syarat dan rukun tertentu yang berkaitan langsung dengan keabsahan atau kesunnahan ibadah
2.      Tabligh adalah kegiatan menyampaikan pesan Allah SWT secara lisan kepada satu orang islam atau lebih untuk diketahui dan diamalkan isinya.
3.      Dakwah adalah kegiatan mengajak orang lain, seseorang atau lebih ke jalan Allah SWT, secara tulisan, lisan, atau perbuatan.
3


3


3

Skor Maksimum
9







KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi inti             : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis makna khotbah, tabligh, dan dakwah
Materi Pembelajaran  : dakwah
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan contoh dakwah bil lisan
Butir Soal                    : Sebutkan contoh dakwah bil lisan !



PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Ceramah
2.      Tausiyah
3.      Mauidhatul khasanah
4.      Membantu orang lain
1
1
1
1

Skor Maksimum
4











KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi inti             : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisi perilaku taat, kompetisi dalam kebaikan, etos kerja
Materi Pembelajaran   : etos kerja
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan etika dalam bekerja



PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Setiap pekerjaan yang akan dilakukan harus diniati dalam rangka ibadah kepada Allah SWT
2.      Memulai setiap pekerjaan dengan membaca basmalah agar pekerjaannya barokah
3.      Berusaha mencintai pekerjaannya
4.      Berusaha dengan cara-cara yang dibenarkan oleh agama
5.      Berusaha bekerja selalu mengedepankan sikap jujur, adil, amanah dan sopan


1

1

1
1
1

Skor Maksimum
5


Post a Comment

0 Comments