KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan
Pendidikan : SMA 5. Kurikulum
Acuan : K13
2.
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA 6. Alokasi Waktu : 60 Menit
3.
Jenis Ulangan : Penilaian Tengah Semester 7. Jumlah Soal : 20
PG & 5U
4.
Kelas/Semester : X/Genap 8. Penyusun : Miftakhul Ulum, S.Pd.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
1 2. |
3.11
Menganalisis isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks
negosiasi 4.11
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
3.13
Menganalisis isi debat (permasalahan/isu,
sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan) 4.13
Mengembangkan permasalahan/ isu dari
berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat |
-
Menganalisis Teks Negosiasi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian (struktur) Teks Negosiasi |
PG |
1 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian (struktur) Teks Negosiasi |
PG |
2 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian (struktur) Teks Negosiasi |
PG |
3 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
pasangan tuturan dalam teks negosiasi |
PG |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
kalimat persuasif dalam teks Negosiasi |
PG |
5 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
kalimat persuasif dalam teks Negosiasi |
PG |
6 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks negosiasi |
PG |
7 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks negosiasi |
PG |
8 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks negosiasi |
PG |
9 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks negosiasi |
PG |
10 |
|||
-
Berpendapat melalui debat |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Esensi debat |
PG |
11 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
unsur-unsur debat |
PG |
12 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
unsur-unsur debat |
PG |
13 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
unsur-unsur debat |
PG |
14 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
unsur-unsur debat |
PG |
15 |
|||
Peserta didik dapat
Menganalisis
isi debat |
PG |
16 |
|||
Peserta didik dapat
Menganalisis
isi debat |
PG |
17 |
|||
Peserta didik dapat
Menganalisis
tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat |
PG |
18 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
ragam bahasa debat |
PG |
19 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
ragam bahasa debat |
PG |
20 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
makna teks negosiasi |
PG |
1 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
ciri-ciri teks negosiasi |
PG |
2 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi langkah-langkah
menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog |
PG |
3 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi esensi debat |
PG |
4 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga bagian isi
debat |
PG |
5 |
Gresik, 14 Maret
2022
Penyusun
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd
SOAL BAHASA INDONESIA KELAS X
1.
Orientasi dalam
teks negosiasi sama dengan …
a.
Pembuka
b.
Isi
c.
Penutup
d.
Persetujuan
e.
Penawaran
2.
Bacalah kalimat
berikut!
Nasabah : “Tidak bisa
ditambah lagi ya bu? Usaha ini sebenarnya sangat sukses, pesanan ikan lele sari
konsumen ke kami dari seluruh Indonesia.”
Struktur yang
membangun kalimat tersebut adalah …
a.
Orientasi
b.
Penawaran
c.
Pengajuan
d.
Persetujuan
e.
Kesimpulan
3.
Konflik pada
negosiasi biasanya terjadi pada bagian …
a.
Pembelian
b.
Persetujuan
c.
Penawaran
d.
Orientasi
e.
Penutup
4.
Berikut yang
termasuk kalimat yang santun dalam bernegosiasi adalah …
a.
Bapak harus
turuti permintaan kami atau kami akan melakukan mogok kerja mulai sekarang
b.
Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi
kami
c.
Kami sudah lelah
bekerja seperti ini. Gaji yang Anda berikun jauh dari kata layak.
d.
Hanya bapak yang
dapat hidup enak, sedangkan kami, para buruh, hidup serba kekurangan
e.
Seharusnya Anda
paham bahwa gaji yang Anda berikan belum sesuai dengan UMR.
5.
Berikut kata-kata
bersifat persuasif yang sangat memengaruhi keberhasilan negosiasi untuk
menunjukkan kesopanan, kecuali …
a.
Tolong
b.
Silakan
c.
Cobalah
d.
Apakah
e.
Ayo
6.
Bahasa yang
digunakan untuk membujuk dalam teks negosiasi adalah …
a.
Imperatif
b.
Ekspresif
c.
Persuasif
d.
Deklaratif
e.
Imajinatif
Bacalah Teks negosiasi berikut untuk menjawab soal
nomor 7-10!
Kain
sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga
oleh
masyarakat di Negara-negara lain, seperti
Malaysia. Brunei Darussalam, Flipina,
hingga ke nogen Asia Tengah, seperti India,
Pakistan, dan Bangladesh. Bahkan,
masyarakat Negara-negara di kawasan Timur
Tengah, seperti Saudi Arabia, Yaman,
Duba, dan Somalia sangat menggemari kain sarung
untuk digunakan sebagai
pelengkap pakaian sehari-hari.
Kain sarung asal Indonesia, menurut H. Sultoni
(53), sangat digemari oleh orang-orang
Somalia Saudi Arabia, dan Yaman Melihat potensi
pasar kain sarung yang cukup
besar di Kawasan Timur Tengah itu, pada tahun
2005 ia mengekspor kain sarung ke
kawasan tersebut
7.
Ide Pokok pada
paragraf pertama kutipan teks tersebut adalah …
a.
Masyarakat
negara-negara di kawasan Timur Tengah menggemari kain sarung
b.
Malaysia, Brunei
Darussalam, Filipina, hingga Asia Tengah, senang kain sarung.
c.
Kain sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat
Indonesia
d.
Saudi Arabia,
Yaman, Dubai dan Somalia sangat menggemari kain sarung
e.
Kawasan Timur
Tengah menggemari sarung sebagai pelengkap pakaian sehari-hari
8.
Pertanyaan yang
sesuai dengan paragraph tersebut adalah …
a.
Mengapa kain
sarung digemari oleh masyarakat Indonesia dan Kawasan Timur Tengah ?
b.
Bagaimanakah
perkembangan perdagangan kain sarung di kawasan Timur Tengah ?
c.
Bagaimanakah cara
mengekspor kain sarung hingga ke Kawasan Timur Tengah ?
d.
Apakah
keistimewaan kain sarung buatan Indonesia hingga ke Kawasan Timur Tengah ?
e.
Sampai di negara manakah selain Indonesia, kain sarung
digemari oleh konsumenya ?
9.
Kutipan paragraf
kedua teks negosiasi tersebut merupakan bagian …
a.
Orientasi
b.
Permintaan
c.
Pemenuhan
d.
Penawaran
e.
Pembelian
10.
Jika diperhatikan
dari isinya, teks negosiasi tersebut dapat digolongkan pada jenis tulisan …
a.
Narasi
b.
Deskripsi
c.
Eksposisi
d.
Argumentasi
e.
Persuasi
11.
Proses komunikasi
lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat disebut …
a.
Diskusi
b.
Presentasi
c.
Seminar
d.
Lokakarya
e.
Debat
12.
Berikut yang tidak
termasuk unsur-unsur debat adalah …
a.
Topic debat
b.
Tim afirmatif
c.
Tim negatif
d.
Wasit debat
e.
Tim positif
13.
Berikut Orang
yang bertugas memimpin jalanya sebuah debat adalah …
a.
Notulen
b.
MC
c.
Peserta
d.
Moderator
e.
Narator
14.
Perhatikan mosi berikut!
Kedisiplinan siswa dapat ditingkatkan melaui beberapa
upaya melalui kegiatan ekstrakulikuler misalnya upacara bendera
,latihan baris berbaris,kepramukaan atau paskibra.
Pendapat
yang baik sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …
a. Disiplin sangat
diperlukan untuk membina mentalitas yang tangguh
b. Kedisiplinan
sebenarnya akan terbentuk langsung secara alami
c.
Melalui kegiatan
ekstrakurikuler akan terbina kedisiplinan yang matang dan semangat saling
menghargai
d. Dengan jiwa yang
disiplin, maka terbentuklah jiwa yang tangguh
e. Ekstrakurikuler
latihan baris berbaris dapat meningkatkan mentalitas siswa
15.
Mosi debat adalah
….
a.
Tema debat
b.
Argumentasi
peserta
c.
Penilaian juri
d.
Peristiwa penting
e.
Pendapat umum
16.
Bacalah teks
berikut !
Saya sangat tidak
setuju dengan pendapat “bahasa Inggris sebagai bahasa atau alat yang penting di
Indonesia”. Anda mengatakan negara termaju menggunakan bahasa Inggris dalam
berbicara.
Tek tersebut termasuk
bagian …
a.
Afirmasi
b.
Oposisi
c.
Netral
d.
Negatif
e.
Kontra
17.
Bacalah teks
berikut!
Ribuan pengendara
angkutan darat yang terdiri dari sopir taksi, metromini, bajaj, dan angkot
berunjuk rasa pada Senin, 14 Maret di dekat Istana Negara. Mereka menuntut
supaya transportasi berbasis aplikasi online segera tutup.
Teks tersebut termasuk
…
a.
Pro
b.
Kontra
c.
Afirmasi
d.
Netral
e.
Kesimpulan
18.
Tim yang bertugas
untuk menyangga dalam sebuah debat adalah tim …
a.
Mosi
b.
Afirmasi
c.
Netral
d.
Oposisi
e.
Juri
19.
Berikut ini ragam
bahasa yang diterima untuk dipakai dalam situasi tidak resmi, kecuali bahasa …
a.
Jawa
b.
Melayu
c.
Indonesia tidak
baku
d.
Indonesia baku
e.
Bengkulu
20.
Ragam baku Bahasa
Indonesia adalah …
a.
Konsisten
menggunakan hokum diterangkan pada pembentukan kata serta menggunakan subjek
predikat dalam pembentukan kalimat
b.
Bahasa Indonesia yang tata cara dan tertib bahasa
penulisanya mengikuti ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan
c.
Penggunaan bahasa
Indonesia yang sesuai situasinya dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
d.
Memahami secara
baik kaidah bahasa Indonesia dan memehami benar situasai kebahasaan yang
dihadapi
e.
Penggunaan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar karena sesuai dengan fungsi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.
Apakah yang
dimaksud teks Negosiasi !
Jawab :
Teks negosiasi adalah
bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara
pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda
2.
Tuliskan
ciri-ciri teks Negosiasi !
Jawab :
a.
Menghasilkan
kesepakatan (yang saling menguntungkan)
b.
Mengarah pada
tujuan yang sama
c.
Memprioritaskan
kepentingan bersama
d.
Merupakan sarana
untuk mencari penyelesaian
e.
Mencapai
keputusan yang saling menguntungkan
3.
Sebutkan
langkah-langkah menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog !
Jawab :
a.
Menentukan tujuan
b.
Menentukan siapa
saja pihak yang terlibat
c.
Menentukan
konflik
d.
Menentukan solusi
dan penawaran
e.
Menentukan model
kesepakatan
4.
Apakah yang
dimaksud esensi debat !
Jawab :
Mempertemukan dua
pendapat berbeda untuk menguji validitas dan rasionalitas masing-masing gagasan
5.
Tuliskan tiga
bagian yang merupakan isi dalam debat !
Jawab :
a.
Mosi atau topic
permasalahan yang sedang diperdebatkan
b.
Pernyataan sikap
( mendukung atau menolak mosi )
c.
Argument atau
pendapat dalam pernyataan sikap
0 Comments