CONTOH SOAL DAN KISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS X SMA UJIAN PTS GENAP 2021-2022 LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN

 


KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

1.     Satuan Pendidikan           : SMA                                                                                                                                                                                  5.    Kurikulum Acuan        : K13

2.     Mata Pelajaran                  : BAHASA INDONESIA                                                                                                                                                   6.    Alokasi Waktu              : 60 Menit

3.     Jenis Ulangan                    : Penilaian Tengah Semester                                                                                                                                          7.    Jumlah Soal                   : 20 PG & 5U

4.     Kelas/Semester                                : X/Genap                                                                                                                                                                          8.    Penyusun                       : Miftakhul Ulum, S.Pd.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

3.11     Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi

4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.13     Menganalisis isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan)

4.13     Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat

-   Menganalisis Teks Negosiasi

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian (struktur) Teks Negosiasi

PG

1

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian (struktur) Teks Negosiasi

PG

2

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian (struktur) Teks Negosiasi

PG

3

Peserta didik dapat  mengidentifikasi pasangan tuturan dalam teks negosiasi

PG

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi kalimat persuasif dalam teks Negosiasi

PG

5

Peserta didik dapat  mengidentifikasi kalimat persuasif dalam teks Negosiasi

PG

6

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks negosiasi

PG

7

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks negosiasi

PG

8

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks negosiasi

PG

9

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks negosiasi

PG

10

-   Berpendapat melalui debat

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Esensi debat  

PG

11

Peserta didik dapat  mengidentifikasi unsur-unsur debat

PG

12

Peserta didik dapat  mengidentifikasi unsur-unsur debat

PG

13

Peserta didik dapat  mengidentifikasi unsur-unsur debat

PG

14

Peserta didik dapat  mengidentifikasi unsur-unsur debat

PG

15

Peserta didik dapat  Menganalisis isi debat

PG

16

Peserta didik dapat  Menganalisis isi debat

PG

17

Peserta didik dapat  Menganalisis tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat

PG

18

Peserta didik dapat  mengidentifikasi ragam bahasa debat

PG

19

Peserta didik dapat  mengidentifikasi ragam bahasa debat

PG

20

Peserta didik dapat  mengidentifikasi makna teks negosiasi

PG

1

Peserta didik dapat  mengidentifikasi ciri-ciri teks negosiasi

PG

2

Peserta didik dapat  mengidentifikasi langkah-langkah menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog

PG

3

Peserta didik dapat  mengidentifikasi esensi debat

PG

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi tiga bagian isi debat

PG

5

Gresik, 14 Maret 2022

Penyusun

 

 

 

 

MIFTAKHUL ULUM, S.Pd





              

 

 

 

 

 


SOAL BAHASA INDONESIA KELAS X

1.      Orientasi dalam teks negosiasi sama dengan …

a.      Pembuka

b.      Isi

c.       Penutup

d.      Persetujuan

e.      Penawaran

2.      Bacalah kalimat berikut!

Nasabah : “Tidak bisa ditambah lagi ya bu? Usaha ini sebenarnya sangat sukses, pesanan ikan lele sari konsumen ke kami dari seluruh Indonesia.”

Struktur yang membangun kalimat tersebut adalah …

a.      Orientasi

b.      Penawaran

c.       Pengajuan

d.      Persetujuan

e.      Kesimpulan

3.      Konflik pada negosiasi biasanya terjadi pada bagian …

a.      Pembelian

b.      Persetujuan

c.       Penawaran

d.      Orientasi

e.      Penutup

4.      Berikut yang termasuk kalimat yang santun dalam bernegosiasi adalah …

a.      Bapak harus turuti permintaan kami atau kami akan melakukan mogok kerja mulai sekarang

b.      Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami

c.       Kami sudah lelah bekerja seperti ini. Gaji yang Anda berikun jauh dari kata layak.

d.      Hanya bapak yang dapat hidup enak, sedangkan kami, para buruh, hidup serba kekurangan

e.      Seharusnya Anda paham bahwa gaji yang Anda berikan belum sesuai dengan UMR.

5.      Berikut kata-kata bersifat persuasif yang sangat memengaruhi keberhasilan negosiasi untuk menunjukkan kesopanan, kecuali …

a.      Tolong

b.      Silakan

c.       Cobalah

d.      Apakah

e.      Ayo

6.      Bahasa yang digunakan untuk membujuk dalam teks negosiasi adalah …

a.      Imperatif

b.      Ekspresif

c.       Persuasif

d.      Deklaratif

e.      Imajinatif

 

Bacalah Teks negosiasi berikut untuk menjawab soal nomor 7-10!

Kain sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga oleh
masyarakat di Negara-negara lain, seperti Malaysia. Brunei Darussalam, Flipina,
hingga ke nogen Asia Tengah, seperti India, Pakistan, dan Bangladesh. Bahkan,
masyarakat Negara-negara di kawasan Timur Tengah, seperti Saudi Arabia, Yaman,
Duba, dan Somalia sangat menggemari kain sarung untuk digunakan sebagai
pelengkap pakaian sehari-hari.


Kain sarung asal Indonesia, menurut H. Sultoni (53), sangat digemari oleh orang-orang
Somalia Saudi Arabia, dan Yaman Melihat potensi pasar kain sarung yang cukup
besar di Kawasan Timur Tengah itu, pada tahun 2005 ia mengekspor kain sarung ke
kawasan tersebut

 

7.      Ide Pokok pada paragraf pertama kutipan teks tersebut adalah …

a.      Masyarakat negara-negara di kawasan Timur Tengah menggemari kain sarung

b.      Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, hingga Asia Tengah, senang kain sarung.

c.       Kain sarung ternyata tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia

d.      Saudi Arabia, Yaman, Dubai dan Somalia sangat menggemari kain sarung

e.      Kawasan Timur Tengah menggemari sarung sebagai pelengkap pakaian sehari-hari

8.      Pertanyaan yang sesuai dengan paragraph tersebut adalah …

a.      Mengapa kain sarung digemari oleh masyarakat Indonesia dan Kawasan Timur Tengah ?

b.      Bagaimanakah perkembangan perdagangan kain sarung di kawasan Timur Tengah ?

c.       Bagaimanakah cara mengekspor kain sarung hingga ke Kawasan Timur Tengah ?

d.      Apakah keistimewaan kain sarung buatan Indonesia hingga ke Kawasan Timur Tengah ?

e.      Sampai di negara manakah selain Indonesia, kain sarung digemari oleh konsumenya ?

9.      Kutipan paragraf kedua teks negosiasi tersebut merupakan bagian …

a.      Orientasi

b.      Permintaan

c.       Pemenuhan

d.      Penawaran

e.      Pembelian

10.  Jika diperhatikan dari isinya, teks negosiasi tersebut dapat digolongkan pada jenis tulisan …

a.      Narasi

b.      Deskripsi

c.       Eksposisi

d.      Argumentasi

e.      Persuasi

11.  Proses komunikasi lisan yang dinyatakan dengan bahasa untuk mempertahankan pendapat disebut …

a.      Diskusi

b.      Presentasi

c.       Seminar

d.      Lokakarya

e.      Debat

12.  Berikut yang tidak termasuk unsur-unsur debat adalah …

a.      Topic debat

b.      Tim afirmatif

c.       Tim negatif

d.      Wasit debat

e.      Tim positif

13.  Berikut Orang yang bertugas memimpin jalanya sebuah debat adalah …

a.      Notulen

b.      MC

c.       Peserta

d.      Moderator

e.      Narator

14.  Perhatikan mosi berikut!

Kedisiplinan siswa dapat ditingkatkan melaui beberapa upaya melalui kegiatan ekstrakulikuler misalnya upacara bendera ,latihan baris berbaris,kepramukaan atau paskibra.

 

Pendapat yang baik sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …

a.      Disiplin sangat diperlukan untuk membina mentalitas yang tangguh

b.      Kedisiplinan sebenarnya akan terbentuk langsung secara alami

c.       Melalui kegiatan ekstrakurikuler akan terbina kedisiplinan yang matang dan semangat saling menghargai

d.      Dengan jiwa yang disiplin, maka terbentuklah jiwa yang tangguh

e.      Ekstrakurikuler latihan baris berbaris dapat meningkatkan mentalitas siswa

15.  Mosi debat adalah ….

a.      Tema debat

b.      Argumentasi peserta

c.       Penilaian juri

d.      Peristiwa penting

e.      Pendapat umum

16.  Bacalah teks berikut !

Saya sangat tidak setuju dengan pendapat “bahasa Inggris sebagai bahasa atau alat yang penting di Indonesia”. Anda mengatakan negara termaju menggunakan bahasa Inggris dalam berbicara.

Tek tersebut termasuk bagian …

a.      Afirmasi

b.      Oposisi

c.       Netral

d.      Negatif

e.      Kontra

17.  Bacalah teks berikut!

Ribuan pengendara angkutan darat yang terdiri dari sopir taksi, metromini, bajaj, dan angkot berunjuk rasa pada Senin, 14 Maret di dekat Istana Negara. Mereka menuntut supaya transportasi berbasis aplikasi online segera tutup.

Teks tersebut termasuk …

a.      Pro

b.      Kontra

c.       Afirmasi

d.      Netral

e.      Kesimpulan

18.  Tim yang bertugas untuk menyangga dalam sebuah debat adalah tim …

a.      Mosi

b.      Afirmasi

c.       Netral

d.      Oposisi

e.      Juri

19.  Berikut ini ragam bahasa yang diterima untuk dipakai dalam situasi tidak resmi, kecuali bahasa …

a.      Jawa

b.      Melayu

c.       Indonesia tidak baku

d.      Indonesia baku

e.      Bengkulu

20.  Ragam baku Bahasa Indonesia adalah …

a.      Konsisten menggunakan hokum diterangkan pada pembentukan kata serta menggunakan subjek predikat dalam pembentukan kalimat

b.      Bahasa Indonesia yang tata cara dan tertib bahasa penulisanya mengikuti ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan

c.       Penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai situasinya dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia

d.      Memahami secara baik kaidah bahasa Indonesia dan memehami benar situasai kebahasaan yang dihadapi

e.      Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar karena sesuai dengan fungsi

 

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1.      Apakah yang dimaksud teks Negosiasi !

Jawab :

Teks negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda

2.      Tuliskan ciri-ciri teks Negosiasi !

Jawab :

a.      Menghasilkan kesepakatan (yang saling menguntungkan)

b.      Mengarah pada tujuan yang sama

c.       Memprioritaskan kepentingan bersama

d.      Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian

e.      Mencapai keputusan yang saling menguntungkan

3.      Sebutkan langkah-langkah menyusun teks negosiasi lisan dalam bentuk dialog !

Jawab :

a.      Menentukan tujuan

b.      Menentukan siapa saja pihak yang terlibat

c.       Menentukan konflik

d.      Menentukan solusi dan penawaran

e.      Menentukan model kesepakatan

4.      Apakah yang dimaksud esensi debat !

Jawab :

Mempertemukan dua pendapat berbeda untuk menguji validitas dan rasionalitas masing-masing gagasan

5.      Tuliskan tiga bagian yang merupakan isi dalam debat !

Jawab :

a.      Mosi atau topic permasalahan yang sedang diperdebatkan

b.      Pernyataan sikap ( mendukung atau menolak mosi )

c.       Argument atau pendapat dalam pernyataan sikap

 

 

  

 

 

 

 


Post a Comment

0 Comments