KISI-KISI PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMA AL MUNIROH
2. Kurikulum Acuan : K13
3. Mata Pelajaran : SEJARAH
4. Alokasi Waktu : 90 Menit
5. Jenis Ulangan : Ujian
Semester Ganjil
6. Jumlah Soal : 45
7. Kelas/Semester : XII/Ganjil
8. 8.1 Obyektif :
35
8.2 Uraian :
10
NO
|
KOMPENTENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
JENIS SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT SOAL
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1. Menganalisis secara kritis
respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
|
Respon internasional terhadap Proklamasi
kemerdekaan Indonesia
·
Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India, Australia
·
Pengakuan PBB
·
KMB dan sikap Belanda
|
1. Menjelaskan
pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India, Australia
2. Menjelaskan
pengakuan proklamasi kemerdekaan Indonesia dari PBB
3. Menjelaskan tentang
KMB dan sikap Belanda
4. Mengklasifikasi
data dari berbagai sumber pertanyaan respon Internasional terhadap proklamasi
kemerdekaan Indonesia
5. Mengevaluasi dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai respon Internasional
terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
6. Menyajikan hasil
analisis dan evaluasi mengenai respon Internasional terhadap proklamasi
kemerdekaan Indonesia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
|
PG
|
1, 2, 3,
4,5, 6,
7, 8, 9,
10, 11, 12
|
Sedang
|
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
4.1. Menyajikan secara kritis respon
Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain
|
Uraian
|
1, 2, 3, 4
|
Sulit
|
|||
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.2 Mengevaluasi perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan
dampaknya bagi kehidupan manusia
|
Perkembangan IPTEK
dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
·
teknologi luar angkasa
·
teknologi persenjataan
·
teknologi komunikasi dan informasi
·
teknologi transportasi
|
1. Memahami
perkembangan teknologi luar angkasa dan dampaknya bagi kehidupan manusia
2. Memahami
perkembangan teknologi persenjataan dan dampaknya bagi kehidupan manusia
3. Memahami
perkembangan teknologi komunikasi dan informasi beserta dampaknya bagi
kehidupan manusia
4. Memahami
perkembangan teknologi transportasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
5. Mengolah data dari
berbagai sumber terkait pertanyaan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi
dan dampaknya bagi kehidupan manusia
6. Mengevaluasidan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai perkembangan IPTEK
dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
|
PG
|
13,14,15,
16,17,18,
19,20
|
Sedang
|
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
4.2 Menyajikan hasil analisis perkembangan IPTEK dalam era
globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain
|
7. Menyajikan hasil analisis dan evaluasi
mengenai perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi
kehidupan manusia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
|
Uraian
|
7,8,9,10
|
Sulit
|
||
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.3 Menganalisis peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang
Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
|
Peran aktif Bangsa
Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi
global
·
Perkemba-ngan gerakan
Non Blok
·
Perkemba-ngan ASEAN
·
Kerja sama
negara-negara kawasan Utara dan Selatan
·
Masalah Palestina
|
1.
Memahami peran aktif Bangsa
Indonesia pada perkembangan gerakan Non Blok dan dampaknya terhadap politik
dan ekonomi global
2.
Memahami peran aktif
Bangsa Indonesia pada perkembangan ASEAN dan dampaknya terhadap politik dan
ekonomi global
3.
Memahami peran aktif
Bangsa Indonesia dalam kerja sama negara-negara kawasan Utara dan Selatan dan
dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
4.
Memahami peran aktif
Bangsa Indonesia pada masalah Palestina dan dampaknya terhadap politik dan
ekonomi global
5.
Mengolah data dari
berbagai sumber mengenai peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin
dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
6.
Mengevaluasidan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait peran aktif bangsa Indonesia pada masa
Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
|
PG
|
21,22,23,
24,25,26,
27,28,29,
30,31,32,
33,34,35
|
Sedang
|
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
4.3 Merekonstruksi tentang peran aktif bangsa Indonesia pada
masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global dan
menyajikannya dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
|
7.
Merekonstruksi tentang
peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap
politik dan ekonomi global
8.
Menyajikan hasil
rekonstruksi peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan
dampaknya terhadap politik dan ekonomi global dalam bentuk tulisan dan/atau
media lain
|
Uraian
|
5,6
|
Sulit
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html
I.
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
1.
Anggota Komisi Tiga Negara (KTN) terdiri atas negara
...
a. Rusia,
Australia, Belgia
b. Australia,
Belgia, Amerika Serikat
c. Amerika Serikat,
Cina, Belgia
d. Indonesia,
Malaysia, Belanda
e. Australia,
Belgia, Perancis
2.
Berikut ini salah satu isi Perjanjian Roem-Roijen,
kecuali..
a. angkatan
bersenjata Indonesia akan menghentikan ativitas gerilya
b. pemerintah
Indonesia akan menghadiri Konferensi Meja Bundar
c. pengambil
alihan hutang Hindia-Belanda oleh RIS
d. Pemerintah RI
dikembalikan ke Yogyakarta
e. angkatan
bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan
semua tawanan perang
3.
De Facto berasal darikata fact, yang berarti....
a. kenyataan yang
belum terjadi
b. kenyataan yang
telah terjadi
c. pengakuan
kemerdekaan
d. pengakuan
secara resmi
e. pengakuan secara
tidak resmi
4.
Negara yang paling awal memberikan dukungan atas
kemerdekaan Indonesia, adalah ...
a. Mesir
b. Vatikan
c. Palestina
d. Arab Saudi
e. Amerika Serikat
5.
Berikut ini adalah negara-negara yang memberikan
pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia, kecuali ....
a. Palestina
b. Mesir
c. Vatikan
d. Belanda
e. India
6.
Negara-negara di Liga Arab secara resmi memberikan
dukungan atas kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tangal .....
a. 15 Nopember 1945
b. 16 Nopember 1945
c. 18
Nopember 1945
d. 20 Nopember 1945
e. 25 Nopember 1945
7.
Pengakuan terhadap negara secara resmi, yang
sifatnya tetap dan penuh dengan dampak dibukanya hubungan bilateral di tingkat
diplomatik dan konsul, disebut .....
a. de facto
b. de
jure
c. de facto penuh
d. de jure bersifat
tetap
e. de jure bersifat
penuh
8.
Nama tokoh-tokoh berikut, yang bukan wakil Indonesia
dalam perundingan Linggarjati adalah ...
a. Sutan Sjahrir
b. Mohammad Roem
c. Susanto
Tirtoprodjo
d. A.K. Gani
e. H.
Agus Salim
9.
Yang bukan termasuk isi perjanjian Linggarjati
adalah pernyatan berikut ....
a. Belanda mengakui
secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasan meliputi Sumatra,
Jawa dan Madura
b. Belanda harus
meninggalkan wilayah Sumatra, Jawa dan Madura paling lambat tanggal 1 Januari
1949
c. Pihak
Indonesia menyetujui dibentuknya negara serikat dengan nama republik
d. RIS dan Belanda
akan membentuk Uni Indonesia-Belanda
e. Uni
Indonesia-Belanda diketuai Ratu Belanda
10. Sebelum KMB
dilaksanakan, upaya dilakukan bangsa Indonesia adalah....
a. mengadakan
Konferensi Inter Asia
b. mengadakan
Konferensi Timur Asing
c. mengadakan
musyawarah dengan para senior militer
d. menyelenggarakan
Konferensi Inter Indonesia
e. menyelenggarakan
BFO
11. Tindakan yang
dilakukan PBB terhadap Belanda, sehubungan dengan agresi militernya di
Indonesia adalah ....
a. memanggil kedua
belah pihak agar segera menandatangani perjanjian damai
b. mengeluarkan
resolusi pengehentian tembak menembak
c. menyuarakan
untuk tetap menjaga ketertiban
d. melakukan
blokade ekonomi kepada Belanda
e. mendukung aksi
Belanda
12. Negara netral
yang duduk dalam keanggotaan KTN adalah ...
a. Belgia
b. Australia
c. Inggris
d. Amerika
Serikat
e. India
13. Cara ilmu
pengetahuan diperoleh, disusun menjadi kerangka ilmu pengetahuan, disebut ...
a. ontologis
b. epistemologis
c. aksiologis
d. etimologis
e. anilisis
14. Berikut bidang
yang sangat tergantung pada keberadaan satelit ....
a. transportasi dan
informasi
b. trnsportasi dan
hiburan
c. komunikasi dan
perindustrian
d. informasi
dan komunikasi
e. hiburan dan
perindustrian
15. Wujud dari ilmu
pengetahuan adalah ....
a. teori
b. praktik
c. teknologi
d. pemikiran
e. logika
16.
Sputnik-1
diluncurkan ke luar angkasa oleh Uni Sovyet pada tanggal ....
a. 1 September 1956
b. 12 Nopember 1956
c. 25 Januari 1957
d. 4
Oktober 1957
e. 27 Desember 1957
17. Pembuatan
persenjataan strategis yang betujuan untuk menekan pembuatan senjata misil
nuklir untuk kepentingan perang dilakukan melalui persetujuan ...
a. Defence Advance
Research Protect Agency
b. Strategic
Arms Limited Talk I dan II
c. Show of Force
Deterrence Policy Force
d. Pershing 1 dan 2
e. Mutually Assured
Destruction (MAD)
18. Salah satu bom
atom yang dikenal sebagai ”little boy” dijatukan pada tanggal 6 Agustus 1945 di
kota...
a. Hiroshima
b. Nagasaki
c. Nagoya
d. Kobe
e. Tokyo
19. Kejadian yang
menggemparkan dunia tanggal 21 Agustus 1969 di Timur Tengah yang melahirkan
Organisasi Konferensi Islam adalah ...
a. perang Irak
melawan Iran
b. pembakaran
masjid Aqsha
c. disetujuinya
Perjanjian Cam David
d. penyerbuan Irak
ke Kuwait
e. penyerbuan
Israel ke Jalur Gaza
20. Salah satu
faktor yang mendorong timbulnya perang dingin sejak 1949 sampai dengan tahun 1991
adalah.....
a. perlombaan
senjata antara Amerika Serikat dan Uni Soviet
b. gagasan revolusi
Bolshevik yang akan diekspor ke seluruh dunia
c. perluasan
kekuasaan dan pengaruh politik Uni Seviet ke Eropa Timur
d. penemuan dan
penggunaan nuklir oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet
e. kekhawatiran
akan timbulnya perang dunia berikutnya karena perbedaan ideologi
21. Kontribusi
bangsa Indonesia dalam GNB, salah satunya menjadi pemimpin GNB pada tahun....
a. 1961
b. 1987
c. 1991
d. 1992
e. 2005
22. Berikut yang
menjadi dasar pelaksanaan politik luar negeri Indonesia bebas aktif, sesuai
dengan pembukaan UUD 1945terdapat pada alinea .....
a. Pertama dan
kedua
b. Kedua dan ketiga
c. Ketiga dan
keempat
d. Keempat
dan ke satu
e. Kelima dan kedua
23. Yang termasuk
negara satelit Uni Soviet yang terpengauh iklim demokratisasi, adalah ....
a. Polandia,
Hongaria, Cekoslavakia
b. Hongaria,
Cekoslovakia, Yugoslavia
c. Cekoslovakia,
Yugoslavia, Yordania
d. Yugoslavia,
Yordania, Bosnia
e. Polandia, Yordania,
Bosnia
24. Pada masa
konfrontasi, alasan Belanda mengadakan blokade ekonomi terhadap Indonesia
adalah...
a. mencegah
masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia
b. mencegah impor
hasil-hasil perkebunan Belanda dan perusahaan asing lainnya
c. melindungi Belanda
dan bangsa lainnya di Indonesia
d. memicu
inflasi di Indonesia
e. mencegah
kembalinya Jepang ke Indonesia
25. Konferensi
Tingkat Tingga (KTT) Gerakan Non Blok VII pada tanggal 7-12 Maret 1983
dilaksanakan di ....
a. India
b. Kuba
c. Srilanka
d. Zambia
e. Aljazair
26. Dialog yang
dilakukan untuk membahas mengenai kerjasama saling menguntungkan antara
kelompok dari negara maju dan berkembang adalah dialog ....
a. Utara-Selatan
b. Selatan-Selatan
c. Kelompok 77
d. KTT
e. GNB
27. Berikut peranan
yang ditunjukkan Indonesia dalam KTT GNB tahun 1992, adalah ....
a. bertindak
sebagai ketua sekaligus tuan rumah
b. sebagai negara
peserta yang pasif
c. mengusulkan
revitalisasi GNB
d. mempelopori
negara anggota untuk menentang Amerika Serikat
e. membubarkan GNB
28. Tujuan Gerakan
Non Blok yang berkaitan dengan hak asasi manusia adalah .....
a. menyelesaikan
persengketaan dengan damai
b. membuat agar
semua segara anggota GNB maju
c. mengusahakan
hubungan antar bangsa secara demokratis
d. mewujudkan
kerjasama negara berkembang dan maju
e. menentang
kolonialisme dan rasionalisme
29. Kepanjangan dari
ASEAN adalah ......
a. Association of
South West Asian Nations
b. Association of
Soot East Asian Nations
c. AssosiasionS of
East Asian Nations
d. AssociationS
of West Asian Nations
e. Association
of South East Asian Nations
30. Organisasi ASEAN
dibentuk di Bangkok yang bertujuan untuk mewujudkan perdamaian dunia khususnya
di kawasan regional pada .......
a. 18 Agustus 1945
b. 11 Nopember 1947
c. 18 Agustus 1961
d. 8
Agustus 1967
e. 8 Agustus 1945
31. Untuk mewujudkan
perdamaian dunia, Indonesia memprakarsai dibentuknya Gerakan Non Blok yang diwakili
.......
a. Ir.
Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Ali
Sastroamidjojo
d. Josep Broz Tito
e. Gamal Abdel
Naser
32. KTT GNB pertama
kali diadakan di ......
a. Jakarta,
Indonesia
b. Bangkok,
Thailand
c. Kuala Lumpur,
Malaysia
d. Beograd,
Yogoslavia
e. Colombo, Sri
Langka
33. Tujuan yang
ingin dicapai ASEAN, yaitu ......
a. membentuk negara
perserikatan
b. meningkatkan
ketahanan militer untuk mencegah intervensi asing
c. meredakan perang
dingin
d. mempersatkan
ideologi negera-negara ASEAN
e. meningkatkan
perdamaian dan stabilitasi regional
34. Berikut beberapa
peran Indonesiadalam ASEAN, kecuali ....
a. sebagai salah
satu pelopor berdirinya ASEAN
b. sebagai tempat
penyelenggaraan KTT ASEAN
c. berperan penting
dalam penyelesaian masalah Kamboja melalui JIM
d. aktif
mengirimkan pasukan perdamaian Kontingen Garuda
e. meluncurkan
gagasan untuk menghargai dan melindungi HAM
35. KTT GNB ke X
pada tanggal 1-6 September 1992 dilaksanakan di .....
a. Beograd,
Yugoslavia
b. Kairo, Mesir
c. Lusaka, Zambia
d. Kuala Lumpur,
Malaysia
e.
Jakarta, Indonesia
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat!!
1.
Perwakilan BFO, perwakilan Belanda dan perwakilan
UNCI pada Konperensi Meja Bundar, masing-masing dipimpin oleh ........
2.
Penandatanganan pengakuan kedaulatan dan penyerahan
kekuasaan Belanda kepada Indonesia dilakukan tanggal
........................... di ....................
3.
Perundingan yang dilaksanakan tanggal 8 Desember
1947, adalah .....
4.
Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia
Serikat (RIS), termasuk isi perjanjian…
5.
Ketua KTT GNB I, adalah ......... dari negara
......................
6.
Ketua dari GNB III adalah ................... berasal
dari negara ......
7.
Warna kuning padi pada simnbol ASEAN mempunyai makna
....
8.
Penemu alat transportasi air bertenaga uap adalah
......
9.
Batan adalah lembaga Iptek yang memfokuskan diri
pada bidang riset….
10. Tokoh
yang dikenal sebagai bapak telivisi adalah ……..
0 Comments