CONTOH KISI-KISI DAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS XII IPS LENGKAP DENGAN KUNCI




KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.      Satuan Pendidikan                  : SMA AL MUNIROH                                                         
2.      Kurikulum Acuan                   : K13
3.      Mata Pelajaran                        : SEJARAH                                                                           
4.      Alokasi Waktu                        : 90 Menit
5.      Jenis Ulangan                          : Ujian Semester Ganjil                                                          
6.      Jumlah Soal                             : 45
7.      Kelas/Semester                        : XII/Ganjil                                                                            
8.       8.1 Obyektif                           : 35                                                                                         
 8.2 Uraian                              : 10                                         

NO
KOMPENTENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1.     Menganalisis secara kritis respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
Respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia

·       Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India, Australia
·       Pengakuan PBB
·       KMB dan sikap Belanda
1.     Menjelaskan pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India, Australia
2.     Menjelaskan pengakuan proklamasi kemerdekaan Indonesia dari PBB
3.     Menjelaskan tentang KMB dan sikap Belanda
4.     Mengklasifikasi data dari berbagai sumber pertanyaan respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
5.     Mengevaluasi dan menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia

6.     Menyajikan hasil analisis dan evaluasi mengenai respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
PG
1, 2, 3,
4,5, 6,
7, 8, 9,
10, 11, 12
Sedang

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.1.     Menyajikan secara kritis respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
Uraian
1, 2, 3, 4
Sulit

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.2        Mengevaluasi perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
Perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
·         teknologi luar angkasa
·         teknologi persenjataan
·         teknologi komunikasi dan informasi
·         teknologi transportasi


1.      Memahami perkembangan teknologi luar angkasa dan dampaknya bagi kehidupan manusia
2.      Memahami perkembangan teknologi persenjataan dan dampaknya bagi kehidupan manusia
3.      Memahami perkembangan teknologi komunikasi dan informasi beserta dampaknya bagi kehidupan manusia
4.      Memahami perkembangan teknologi transportasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
5.      Mengolah data dari berbagai sumber terkait pertanyaan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
6.      Mengevaluasidan menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia
PG
13,14,15,
16,17,18,
19,20
Sedang


4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.2    Menyajikan hasil analisis perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
7.     Menyajikan hasil analisis dan evaluasi mengenai perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
Uraian
7,8,9,10
Sulit


3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.3    Menganalisis peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
Peran aktif Bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
·         Perkemba-ngan gerakan Non Blok
·         Perkemba-ngan ASEAN
·         Kerja sama negara-negara kawasan Utara dan Selatan
·         Masalah Palestina
1.      Memahami peran aktif Bangsa Indonesia pada perkembangan gerakan Non Blok dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
2.      Memahami peran aktif Bangsa Indonesia pada perkembangan ASEAN dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
3.      Memahami peran aktif Bangsa Indonesia dalam kerja sama negara-negara kawasan Utara dan Selatan dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
4.      Memahami peran aktif Bangsa Indonesia pada masalah Palestina dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
5.      Mengolah data dari berbagai sumber mengenai peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
6.      Mengevaluasidan menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait  peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
PG
21,22,23,
24,25,26,
27,28,29,
30,31,32,
33,34,35
Sedang


4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
4.3        Merekonstruksi tentang peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global dan menyajikannya dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
7.      Merekonstruksi tentang peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global
8.      Menyajikan hasil rekonstruksi peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
Uraian
5,6
Sulit


KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :

 
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html

I.         Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !

1.        Anggota Komisi Tiga Negara (KTN) terdiri atas negara ...
a.       Rusia, Australia, Belgia
b.      Australia, Belgia, Amerika Serikat
c.       Amerika Serikat, Cina, Belgia
d.      Indonesia, Malaysia, Belanda
e.       Australia, Belgia, Perancis
2.        Berikut ini salah satu isi Perjanjian Roem-Roijen, kecuali..
a.       angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan ativitas gerilya
b.      pemerintah Indonesia akan menghadiri Konferensi Meja Bundar
c.       pengambil alihan hutang Hindia-Belanda oleh RIS
d.      Pemerintah RI dikembalikan ke Yogyakarta
e.       angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tawanan perang
3.        De Facto berasal darikata fact, yang berarti....
a.       kenyataan yang belum terjadi
b.      kenyataan yang telah terjadi
c.       pengakuan kemerdekaan
d.      pengakuan secara resmi
e.       pengakuan secara tidak resmi
4.        Negara yang paling awal memberikan dukungan atas kemerdekaan Indonesia, adalah ...
a.       Mesir
b.      Vatikan
c.       Palestina
d.      Arab Saudi
e.       Amerika Serikat
5.        Berikut ini adalah negara-negara yang memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia, kecuali ....
a.       Palestina
b.      Mesir
c.       Vatikan
d.      Belanda
e.       India
6.        Negara-negara di Liga Arab secara resmi memberikan dukungan atas kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tangal .....
a.       15 Nopember 1945
b.      16 Nopember 1945
c.       18 Nopember 1945
d.      20 Nopember 1945
e.       25 Nopember 1945
7.        Pengakuan terhadap negara secara resmi, yang sifatnya tetap dan penuh dengan dampak dibukanya hubungan bilateral di tingkat diplomatik dan konsul, disebut .....
a.       de facto
b.      de jure
c.       de facto penuh
d.      de jure bersifat tetap
e.       de jure bersifat penuh
8.        Nama tokoh-tokoh berikut, yang bukan wakil Indonesia dalam perundingan Linggarjati adalah ...
a.       Sutan Sjahrir
b.      Mohammad Roem
c.       Susanto Tirtoprodjo
d.      A.K. Gani
e.       H. Agus Salim
9.        Yang bukan termasuk isi perjanjian Linggarjati adalah pernyatan berikut ....
a.    Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasan meliputi Sumatra, Jawa dan Madura
b.    Belanda harus meninggalkan wilayah Sumatra, Jawa dan Madura paling lambat tanggal 1 Januari 1949
c.    Pihak Indonesia menyetujui dibentuknya negara serikat dengan nama republik
d.      RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda
e.       Uni Indonesia-Belanda diketuai Ratu Belanda
10.    Sebelum KMB dilaksanakan, upaya dilakukan bangsa Indonesia adalah....
a.       mengadakan Konferensi Inter Asia
b.      mengadakan Konferensi Timur Asing
c.       mengadakan musyawarah dengan para senior militer
d.      menyelenggarakan Konferensi Inter Indonesia
e.       menyelenggarakan BFO
11.    Tindakan yang dilakukan PBB terhadap Belanda, sehubungan dengan agresi militernya di Indonesia adalah ....
a.       memanggil kedua belah pihak agar segera menandatangani perjanjian damai
b.      mengeluarkan resolusi pengehentian tembak menembak
c.       menyuarakan untuk tetap menjaga ketertiban
d.      melakukan blokade ekonomi kepada Belanda
e.       mendukung aksi Belanda
12.    Negara netral yang duduk dalam keanggotaan KTN adalah ...
a.       Belgia
b.      Australia
c.       Inggris
d.      Amerika Serikat
e.       India
13.    Cara ilmu pengetahuan diperoleh, disusun menjadi kerangka ilmu pengetahuan, disebut ...
a.       ontologis
b.      epistemologis
c.       aksiologis
d.      etimologis
e.       anilisis
14.    Berikut bidang yang sangat tergantung pada keberadaan satelit ....
a.       transportasi dan informasi
b.      trnsportasi dan hiburan
c.       komunikasi dan perindustrian
d.      informasi dan komunikasi
e.       hiburan dan perindustrian
15.    Wujud dari ilmu pengetahuan adalah ....
a.       teori
b.      praktik
c.       teknologi
d.      pemikiran
e.       logika
16.    Sputnik-1 diluncurkan ke luar angkasa oleh Uni Sovyet pada tanggal ....





a.    1 September 1956
b.    12 Nopember 1956
c.    25 Januari 1957
d.   4 Oktober 1957
e.    27 Desember 1957

17.    Pembuatan persenjataan strategis yang betujuan untuk menekan pembuatan senjata misil nuklir untuk kepentingan perang dilakukan melalui persetujuan ...
a.       Defence Advance Research Protect Agency
b.      Strategic Arms Limited Talk I dan II
c.       Show of Force Deterrence Policy Force
d.      Pershing 1 dan 2
e.       Mutually Assured Destruction (MAD)
18.    Salah satu bom atom yang dikenal sebagai ”little boy” dijatukan pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota...
a.       Hiroshima
b.      Nagasaki
c.       Nagoya
d.      Kobe
e.       Tokyo
19.    Kejadian yang menggemparkan dunia tanggal 21 Agustus 1969 di Timur Tengah yang melahirkan Organisasi Konferensi Islam adalah ...
a.       perang Irak melawan Iran
b.      pembakaran masjid Aqsha
c.       disetujuinya Perjanjian Cam David
d.      penyerbuan Irak ke Kuwait
e.       penyerbuan Israel ke Jalur Gaza
20.    Salah satu faktor yang mendorong timbulnya perang dingin sejak 1949 sampai dengan tahun 1991 adalah.....
a.       perlombaan senjata antara Amerika Serikat dan Uni Soviet
b.      gagasan revolusi Bolshevik yang akan diekspor ke seluruh dunia
c.       perluasan kekuasaan dan pengaruh politik Uni Seviet ke Eropa Timur
d.      penemuan dan penggunaan nuklir oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet
e.       kekhawatiran akan timbulnya perang dunia berikutnya karena perbedaan ideologi
21.    Kontribusi bangsa Indonesia dalam GNB, salah satunya menjadi pemimpin GNB pada tahun....
a.       1961
b.      1987
c.       1991
d.      1992
e.       2005
22.    Berikut yang menjadi dasar pelaksanaan politik luar negeri Indonesia bebas aktif, sesuai dengan pembukaan UUD 1945terdapat pada alinea .....
a.       Pertama dan kedua
b.      Kedua dan ketiga
c.       Ketiga dan keempat
d.      Keempat dan ke satu
e.       Kelima dan kedua
23.    Yang termasuk negara satelit Uni Soviet yang terpengauh iklim demokratisasi, adalah ....
a.       Polandia, Hongaria, Cekoslavakia
b.      Hongaria, Cekoslovakia, Yugoslavia
c.       Cekoslovakia, Yugoslavia, Yordania
d.      Yugoslavia, Yordania, Bosnia
e.       Polandia, Yordania, Bosnia
24.    Pada masa konfrontasi, alasan Belanda mengadakan blokade ekonomi terhadap Indonesia adalah...
a.       mencegah masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia
b.      mencegah impor hasil-hasil perkebunan Belanda dan perusahaan asing lainnya
c.       melindungi Belanda dan bangsa lainnya di Indonesia
d.      memicu inflasi di Indonesia
e.       mencegah kembalinya Jepang ke Indonesia
25.    Konferensi Tingkat Tingga (KTT) Gerakan Non Blok VII pada tanggal 7-12 Maret 1983 dilaksanakan di ....
a.       India
b.      Kuba
c.       Srilanka
d.      Zambia
e.       Aljazair
26.    Dialog yang dilakukan untuk membahas mengenai kerjasama saling menguntungkan antara kelompok dari negara maju dan berkembang adalah dialog ....
a.       Utara-Selatan
b.      Selatan-Selatan
c.       Kelompok 77
d.      KTT
e.       GNB
27.    Berikut peranan yang ditunjukkan Indonesia dalam KTT GNB tahun 1992, adalah ....
a.       bertindak sebagai ketua sekaligus tuan rumah
b.      sebagai negara peserta yang pasif
c.       mengusulkan revitalisasi GNB
d.      mempelopori negara anggota untuk menentang Amerika Serikat
e.       membubarkan GNB
28.    Tujuan Gerakan Non Blok yang berkaitan dengan hak asasi manusia adalah .....
a.       menyelesaikan persengketaan dengan damai
b.      membuat agar semua segara anggota GNB maju
c.       mengusahakan hubungan antar bangsa secara demokratis
d.      mewujudkan kerjasama negara berkembang dan maju
e.       menentang kolonialisme dan rasionalisme
29.    Kepanjangan dari ASEAN adalah ......
a.       Association of South West Asian Nations
b.      Association of Soot East Asian Nations
c.       AssosiasionS of East Asian Nations
d.      AssociationS of  West Asian Nations
e.       Association of South East Asian Nations
30.    Organisasi ASEAN dibentuk di Bangkok yang bertujuan untuk mewujudkan perdamaian dunia khususnya di kawasan regional pada .......
a.       18 Agustus 1945
b.      11 Nopember 1947
c.       18 Agustus 1961
d.      8 Agustus 1967
e.       8 Agustus 1945
31.    Untuk mewujudkan perdamaian dunia, Indonesia memprakarsai dibentuknya Gerakan Non Blok yang diwakili .......
a.       Ir. Soekarno
b.      Moh. Hatta
c.       Ali Sastroamidjojo
d.      Josep Broz Tito
e.       Gamal Abdel Naser
32.    KTT GNB pertama kali diadakan di ......
a.       Jakarta, Indonesia
b.      Bangkok, Thailand
c.       Kuala Lumpur, Malaysia
d.      Beograd, Yogoslavia
e.       Colombo, Sri Langka
33.    Tujuan yang ingin dicapai ASEAN, yaitu ......
a.       membentuk negara perserikatan
b.      meningkatkan ketahanan militer untuk mencegah intervensi asing
c.       meredakan perang dingin
d.      mempersatkan ideologi negera-negara ASEAN
e.       meningkatkan perdamaian dan stabilitasi regional
34.    Berikut beberapa peran Indonesiadalam ASEAN, kecuali ....
a.       sebagai salah satu pelopor berdirinya ASEAN
b.      sebagai tempat penyelenggaraan KTT ASEAN
c.       berperan penting dalam penyelesaian masalah Kamboja melalui JIM
d.      aktif mengirimkan pasukan perdamaian Kontingen Garuda
e.       meluncurkan gagasan untuk menghargai dan melindungi HAM
35.    KTT GNB ke X pada tanggal 1-6 September 1992 dilaksanakan di .....
a.       Beograd, Yugoslavia
b.      Kairo, Mesir
c.       Lusaka, Zambia
d.      Kuala Lumpur, Malaysia
e.       Jakarta, Indonesia


II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!!

1.        Perwakilan BFO, perwakilan Belanda dan perwakilan UNCI pada Konperensi Meja Bundar, masing-masing dipimpin oleh ........
2.        Penandatanganan pengakuan kedaulatan dan penyerahan kekuasaan Belanda kepada Indonesia dilakukan tanggal ........................... di ....................
3.        Perundingan yang dilaksanakan tanggal 8 Desember 1947, adalah .....
4.        Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS), termasuk isi perjanjian…
5.        Ketua KTT GNB I, adalah ......... dari negara ......................
6.        Ketua dari GNB III adalah ................... berasal dari negara ......
7.        Warna kuning padi pada simnbol ASEAN mempunyai makna ....
8.        Penemu alat transportasi air bertenaga uap adalah ......
9.        Batan adalah lembaga Iptek yang memfokuskan diri pada bidang riset….
10.    Tokoh yang dikenal sebagai bapak telivisi adalah ……..






Post a Comment

0 Comments