KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan
Pendidikan : SMA/MA/SMK
2.
Kurikulum
Acuan : Kurikulum 2012
3.
Mata
Pelajaran : Qurdist
4.
Alokasi
Waktu : 90 Menit
5.
Jenis
Ulangan : Ujian Semester
Ganjil
6.
Jumlah Soal : 40
7.
Kelas/Semester : XII/Ganjil
8.
8.1 Obyektif : 35
8.2 Uraian :
5
NO
|
STANDART KOMPENTENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
JENIS SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT SOAL
|
|
· Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi
·
Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja
·
Memahami
tiga jenis bacaan idgham
|
·
Membaca
QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41,
·
Menjelaskan
arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41,
·
Membiasakan
perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41,
·
Membaca
QS Al Kahfi:29
·
Menjelaskan
QS Al Kahfi:29
·
Membiasakan
perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29
·
Membaca
QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif
·
Membiasakan
perilkau beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al Jumu`ah :9-10
·
Membaca
QS Al Mujadalah:11
·
Menyebutkan
jenis-jenis bacaan idgham
|
·
Q.S.
Al Kafirun
·
Q.S.
Yunus 40-41
·
QS
Al Kahfi:29
·
QS
Al Jumu`ah:9-10
·
QS
Al Mujadalah : 11
·
Macam-macam
bacaan idgham
·
Macam-macam
bacaan MAD
|
·
Siswa
dapat melanjutkan ayat dari surat Al kafirun
·
Siswa
dapat melanjutkan ayat dari surat Yunus 40
·
Siswa
dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
·
Siswa
dapat menjelaskan pola pikir seorang muslim
·
Siswa
dapat menjelaskan perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran islam
·
Siswa
dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29
·
Siswa
dapat menjelaskan arti dari tahdid
·
Siswa
dapat menjelaskan hadist dari abu hurairah
·
Siswa
dapat menjelaskan kewenangan Allah SWT tentang memberi petunjuk kepada mereka
yang kafir
·
Siswa
dapat menjelaskan sikap muslim terhadap pola pikir dan budaya barat
·
Siswa
dapat menjelaskan pengaruh yang merusak dekadensi moral
·
Siswa
dapat menjelaskan upaya untuk menjaga generasi muda terhadap budaya barat
·
Siswa
dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Jumu`ah : 9-10
·
Siswa
dapat menjelaskan QS Al Jumu`ah ayat 9 dianggap mengandung ajaran tentang
etos kerja
·
Siswa
dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Mujadalah :11
·
Siswa
dapat menjelaskan bacaan idgham mutamatsilain
·
Siswa
dapat menjelaskan bacaan idgham mutaqorribain
·
Siswa
dapat menjelaskan bacaan idgham
·
Siswa
dapat membedakan bacaan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil
|
PG
PG
PG
Uraian
PG
PG
PG
Uraian
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Uraian
PG
PG
PG
PG
Uraian
|
1,2,3
4,5
6,7,8,9,10,11,12
1
13
14
15,16,17,18,19
2
20
21
22
23
24
25
26,27,28
3,4
29,30
31,32
33
34,35
5
|
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
SATUAN PENDIDIKAN: SMA/MA/SMK PENYUSUN : LALATUL
MAJIDA
KELAS/SEMESTER : XII / GANJIL UNIT KERJA : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN : QURDIST TH. PELAJARAN : 2019/2020
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Al Kafirun
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kafirun
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
1
|
A
|
||
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ لَا أَعْبُدُ lanjutan
ayat tersebut yang benar adalah … .
a.
مَا تَعْبُدُونَ
b.
تَعْبُدُونَ
c.
وَلَا أَنتُمْ
d.
أَنتُمْ
e.
عَبَدتُّمْ
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Al Kafirun
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kafirun
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
2
|
D
|
||
وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ arti ayat tersebut adalah … .
a.
Katakanlah: Hai orang-orang kafir
b.
Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
c.
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
d.
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e.
Untukmu
agamamu, dan untukkulah, agamaku
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Al Kafirun
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kafirun
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
3
|
C
|
||
لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ arti ayat tersebut adalah … .
a.
Katakanlah: Hai orang-orang kafir
b.
Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
c.
Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
d.
Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e.
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang
aku sembah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Yunus
40
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
4
|
C
|
||
..... وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ lanjutan ayat tersebut adalah …
a.
بِالْمُفْسِدِينَ
b.
وَرَبُّكَ أَعْلَمُ
c.
مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
d.
مَنْ لَا يُؤْمِنُ
e.
يُؤْمِنُ بِهِ
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Yunus
40
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
5
|
D
|
||
وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا …. وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ lanjutan
ayat tersebut adalah … .
a. وَلَكُمْ
b. تَعْمَلُونَ
c. فَقُلْ
d. أَعْمَلُ
e. أَعْلَمُ
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS
Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
6
|
C
|
||
Dengan diturunkannya Surat Al kafirun keadaan
orang-orang kafir quraisy semakin kecewa bahkan ganas meneror rasulallah SAW
baik secara fisik maupun psikis. Oleh sebab itu, Rasulallah hijrah ke kota
...
a.
Mekkah
b.
Iran
c.
Madinah
d.
Irak
e.
Palestina
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS
Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
7
|
A
|
||
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang
aku sembah. Ayat yang sesuai pada terjemahan di atas adalah … .
a.
وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
b.
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
c.
لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
d.
وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
e.
وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-qurdist-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sd-2019-plh-vi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sma-2019-sosiologi-x.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-pjok.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-pts-ekonomi-kelas-x-semester-ii.html
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS
Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
8
|
E
|
||
وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut adalah … .
a. Bagiku amal
perbuatanku
b. Bagiku amal
perbuatanku
c. Bagiku amal
perbuatanmu dan bagimu amal perbuatanku
d. Bagimu amal
perbuatanmu
e. Bagiku amal
perbuatanku dan bagimu amal-amal perbuatanmu
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS
Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
9
|
A
|
||
Q.S. Yunus : 40 mengandung kebenaran absolut sehingga
orang-orang kafir quraisy terpecah menjadi dua golongan. Golongan yang
beriman kepada akurasi Al qur`an beserta keotentikannya sebagai kitab suci
yang terkhir disebut sebagai golongan … .
a. مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
b. مَنْ لَا يُؤْمِنُ
c. وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ
d. مِمَّا أَعْمَلُ
e. مِمَّا تَعْمَلُونَ
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS
Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
10
|
D
|
||
Al qur`an mengajarkan suatu sikap yang elegan dalam
menghadapi berbagai perbedaan pendapat, paham, maupun agama. Dalam bahasa
arab sikap tersebut dikenal dengan istilah ... .
a.
Tolong menolong
b.
Kepekaan agama
c.
Kepekaan sosial
d.
Toleransi
e.
Argumentasi
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
ajnuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS
Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
11
|
A
|
||
أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ terjemahan bebas ayat tersebut yang salah adalah … .
a. Anda memilih
cara hidup menurut Al qur`an
b. Anda tidak
usah mengganggu hak kepentingan saya
c. Saya memilih cara hidup menurut ajaran agama yang saya yakini benar
d. Saya tidak mengganggu hak kepentingan anda
e. Anda dan saya memiliki keyakinan yang benar maka saya dan anda jangan
saling menggangu
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS
Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
12
|
A
|
||
وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ ayat tersebut memberikan semacam … agar nabi Muhammad SAW
tidak gundah atau memaksakan kehendak.
a. Landasan
besikap
b. Landasan
berfikir
c. Landasan
bermusyawarah
d. Landasan
berkeyakinan
e. Landasan
berdemokrasi
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.3
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi
seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pola pikir seorang
muslim
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
13
|
E
|
||
Seorang muslim yang benar-benar memahami ajaran agamanya
dalam dimensi berbagai jenis budaya harus memiliki pola pikir selektif
seperti berikut, kecuali …
a. Berbagai
jenis budaya yang bertentangan dengan aqidah islam harus ditolak dengan
memberikan argument yang valid
b. Berbagai
jenis budaya yang bertentangan dengan syariat islam harus diluruskan sehingga
menjadi budaya islam
c. Berbagai
jenis budaya yang bertentangan dengan akhlakul karimah maka harus diluruskan
dengan budaya islam
d. Berbagai
jenis budaya yang tidak bertentangan dengan aqidah dan syari`ah islam tentu
harus dibiarkan dan dimodifikasi kan islam
e. Berbagai
jenis budaya yang bertentangan dengan adat istiadat bangsa Indonesia dengan
adat istiadat bangsa Indonesia harus diluruskan dengan budaya islam
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.3
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi
seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
|
|||
Materi Pembelajaran :
Q.S. Yunus 40-41
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan perilaku yang tidak
sesuai dengan ajaran islam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
14
|
C
|
||
Meskipun secara tekstual Q.S. Al Kafirun hanya mendoktrin
penolakan secara tegas bagi setiap muslimat untuk tidak melakukan kompromi
dalam konteks aqidah beribadah, namun dalam surat tersebut tidak ditemukan …
terhadap siapapun yang berbeda ajaran dan keyakinan.
a. Sewenang-wenang
b. Sebebas-bebasnya
c. Anarkis
d. Permusuhan
e. Peperangan
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kahfi:29
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
15
|
B
|
||
... وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
a.
مِن رَّبِّكُمْ
b.
وَمَن شَاء
c.
لِلظَّالِمِينَ
d.
وَإِن يَسْتَغِيثُوا
e.
إِنَّا أَعْتَدْنَا
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kahfi:29
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
16
|
A
|
||
إِنَّا أَعْتَدْنَا …نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا lanjutan ayat tersebut adalah …
a. لِلظَّالِمِينَ
b. وَإِن يَسْتَغِيثُوا
c. مِن رَّبِّكُمْ
d. فَلْيَكْفُرْ
e. وَقُلِ الْحَقُّ
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kahfi:29
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
17
|
E
|
||
وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ arti yang benar pada ayat yang bergaris bawah adalah …
a. Apabila di
hari kiamat
b. Orang-orang
yang zalim
c. Yang ada di
neraka
d. Kehausan
yang luar biasa
e. Pedihnya api
neraka jahanam
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kahfi:29
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
18
|
B
|
||
Kebenaran datangnya dari Allah SWT. Ayat yang sesuai dengan
terjemahan tersebut adalah …
a.
فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
b.
وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ
c.
إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ
d.
يَشْوِي الْوُجُوهَ
e.
وَسَاءتْ مُرْتَفَقًا
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al
kahfi:29
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
19
|
E
|
||
وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءتْ مُرْتَفَقً arti yang
benar pada ayat yang bergaris adalalah …
a.
Manusia yang jelek
b.
Minuman seperti besi yang mendidih
c.
Makanan daging yang membahayakan
d.
Manusia yang baik
e.
Tempat istirahat yang jelek
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.5
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti dari tahdid
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
20
|
D
|
||
Dalam tafsir tansformatif Q.S. Al kahfi : 29 merupakan ayat
tahdid bagi orang-orang kafir. Tahdid artinya …
a.
Balasan
b.
Peringatan
c.
Siksaan
d.
Ancaman
e.
Penderitaan
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
||
1
|
1.5
|
|||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
||||
Kompetisi Dasar : Menjelaskan QS Al Kahfi:29
|
||||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
||||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan hadist dari abu
hurairah
|
||||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
||
21
|
A
|
|||
Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah, ia berkata :
Rasulallah SAW bersabda: “sesungguhnya kamu nanti pasti akan mengikuti cara
hidup orang-orang sebelum kamu”. Arti dari Hadist tersebut menjelaskan
kriteria pengaruh pola budaya barat (yahudi dan nasrani) yang paling gencar
mereka lakukan adalah penjajahan kultural yang berarti penjajahan …
a.
Pola pikir dan budaya
b.
Budaya dan agama
c.
Aqidah dan akhlaq
d.
Pola pikir dan aqidah
e.
Pola pikir dan akhlak
|
||||
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.6
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi
seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan kewenangan Allah SWT
tentang memberi petunjuk kepada mereka yang kafir
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
22
|
B
|
||
Memberikan petunjuk kepada mereka yang tetap kafir bukanlah
kewenangan kita, bahkan bukan pula kewenangan para Rasul, melainkan
semata-mata merupakan … Allah yang
Maha Pemberi Petunjuk.
a.
Pertolongan
b.
Hak prerogatif
c.
Hak dan kewajiban
d.
Hidayah
e.
Tuntunan
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.6
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi
seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan sikap muslim terhadap
pola pikir dan budaya barat
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
23
|
E
|
||
Pola pikir dan budaya barat harus kita pilah secara
selektif agar tidak terpengaruh pola pokir mereka, kecuali …
a.
Liberalism
b.
Kapitalisme
c.
Materialisme
d.
Sekuleralisme
e.
Humanisme
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.6
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi
seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengaruh yang merusak
dekadensi moral
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
24
|
A
|
||
Pengaruh yang ngetren saat ini adalah …
·
Perempuan tidak segan-segan berpakaian press body
·
Pergaulan bebas
·
Hubungan tambah mesra tanpa norma-norma agama laki-laki dan
perempuan paska tukar cincin/tunangan
·
Merayakan valentine day setiap tanggal 14 februari
·
Saling boncengan laki-laki dan perempuan bukan mahram
·
Laki-laki bertindik dan bertato, perempuan yang rambutnya
disemir dan membuka auratnya
Hal tersebut diatas adalah bukti nyata hadist Rasulallah
yang menjelaskan pengaruh yang merusak dekadensi moral yang berupa …
a.
Pola pikir dan budaya
b.
Budaya dan agama
c.
Aqidah dan akhlaq
d.
Pola pikir dan aqidah
e.
Pola pikir dan akhlak
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
1
|
1.6
|
||
Standar Kompetisi : Memahami
ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
|
|||
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi seperti
terkandung dalam QS Al Kahfi:29
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan upaya untuk menjaga
generasi muda terhadap budaya barat
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
25
|
E
|
||
Upaya untuk menjaga generasi muda mudi kita pengaruh
negative dari budaya dan pola perilaku barat adalah dengan cara berikut,
kecuali …
a.
Tegakkan sholat
b.
Rutin baca Alqur`an
c.
Menjalankan perintah Allah dan Rasulnya
d.
Sayangi orang tua dan guru kita
e.
Sayangi orang yang selalu menyayangi kita
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
etos kerja
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al
Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Jumu`ah:9-10
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al
Jumu`ah : 9-10
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
26
|
A
|
||
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang paling benar dari kata yang bergaris bawah adalah
…
a.
Diserukan untuk menunaikan sholat jum`at
b.
Dimuliakan untukmu hari jum`at
c.
Dilipat gandakan pahala di hari jum`at
d.
Diampuni dosa-dosamu di hari jum`at
e.
Diajak beramal sholeh di hari jum`at
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
etos kerja
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al
Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Jumu`ah:9-10
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al
Jumu`ah : 9-10
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
27
|
B
|
||
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang benar dari ayat yang bergaris bawah adalah …
a.
Meninggalkan aktifitas ketika khutbah jum`at
b.
Menyegerakan dan penuh perhatian menuju masjid guna
mendengarkan khutbah dan sholat jum`at
c.
Jalan pelan dan tenang pergi ke masjid di hari jum`at
d.
Meninggalkan dosa dan maksiat dihari jum`at
e.
Bersodaqoh pada hari jum`at agar selamat dunia akhirat
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
etos kerja
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al
Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Jumu`ah:9-10
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al
Jumu`ah : 9-10
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
28
|
A
|
||
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا ….وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
a.
مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
b.
إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ
c.
مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ
d.
إِنْ كُنْتُمْ
e.
وَذَرُوا الْبَيْعَ
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
2
|
2.3
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
etos kerja
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Mujadalah:11
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Mujadalah : 11
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al
Mujadalah :11
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
29
|
A
|
||
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ Q.S l Mujadalah ayat 11 menjelaskan tentang
etika …
a.
Berkumpul dalam suatu majelis (tempat
pertemuan)
b.
Bermusyawarah dalah suatu majelis
(tempat pertemuan)
c.
Berdiskusi dalam suatu majelis (tempat
pertemuan)
d.
Berlapang-lapang dalam suatu majelis
(tempat pertemuan)
e.
Berwasiat taqwallah dalam suatu
majelis (tempat pertemuan)
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
2
|
2.3
|
||
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang
etos kerja
|
|||
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Mujadalah:11
|
|||
Materi Pembelajaran : QS Al Mujadalah : 11
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al
Mujadalah :11
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
30
|
E
|
||
arti ayat yang bergaris bawah adalah …
a.
Duduklah kamu, maka duduklah
b.
Diamlah kamu, maka diamlah
c.
Berdirilah kamu, maka berdirilah
d.
Berlapang-lapanglah dalam majelis
e.
Meninggikan orang-orang yang beriman
dan berilmu
وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
3
|
3.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham
|
|||
Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
|
|||
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham
mutamatsilain
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
31
|
A
|
||
Idgham Mutamatsilain adalah apabila ada dua huruf yang sama
bertemu, sedang huruf yang pertama … dan yang kedua adalah …
a.
Mati-hidup
b.
Sukun-mati
c.
Mati-mati
d.
Hidup-hidup
e.
Mati-sukun
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU
Jawa Timur
|
|
3
|
3.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham
|
|||
Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
|
|||
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham
mutamatsilain
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
32
|
B
|
||
Idgham Mutamatsilain adalah bertemunya dua huruf yang sama
selain huruf dibawah ini …
a.
Nun dan nun
b.
Alif lam
c.
Wawu dan wawu
d.
Ta` dan ta`
e.
Mim dan mim
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
3
|
3.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham
|
|||
Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
|
|||
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham
mutaqorribain
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
33
|
A
|
||
Huruf-huruf idgham mutaqoribain yang benar adalah …
a.
ب – م
b.
ب – ق
c.
ق – ن
d.
ل – ر
e.
د - ظ
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
3
|
3.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham
|
|||
Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
|
|||
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
34
|
C
|
||
وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ayat yang bergaris bawah bacaan tajwidnya adalah …
a.
Ikhfa` dan idghom safawi
b.
Gunnah dan ikhfa`
c.
Ikhfa` dan idzhar safawi
d.
Idghom bigunnah dan ikhfa`
e.
Idghom bilagunnah dan mat thobi`i
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif
NU Jawa Timur
|
|
3
|
3.1
|
||
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham
|
|||
Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
|
|||
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham
|
|||
Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
35
|
B
|
||
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْع ayat yang bergaris
bawah bacaan tajwidnya adalah …
a.
Idghom bilagunnah
b.
Idghom bigunnah
c.
Ikhfa`
d.
Idzhar
e.
Mat thobi`i
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-indonesia-x-sem-1-sma-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/latihan-soal-sejarah-xi-ipa.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ips-sma-semester-1-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-uas-bahasa-indonesia-kelas-xi-sma.html
KARTU SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al
Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran :
Q.S. Yunus 40-41
Indikator :
Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41`
Butir Soal :
إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا Siapakah yang dimaksud dalam ungkapan
yang
bergaris bawah tersebut ? dan bagaimana nasibnya kelak di akhirat
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Orang yang menganiaya diri sendiri, enggan
menerima kebenaran dan tidak beriman kepada ajaran yang dibawa oleh Nabi
Muhammad SAW maka kelak nasibnya di akhirat disediakan api neraka yang kelak
gejolaknya meliputi mereka dari berbagai sudut laksana sebuah kemah yang
meliputi penghuninya, sehingga tidak ada tempat berlindung maupun tempat
untuk menyelamatkan diri
|
6
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
KARTU SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membaca
QS Al Kahfi:29
Materi Pembelajaran :
QS Al Kahfi:29
Indikator :
Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29
Butir Soal : Sebutkan isi kandungan surat Al Kahfi ayat 29 !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1) ajaran
yg dibawa Nabi Muhammad adalah ajaran yg benar yang datangnya dari Allah
2) Allah memberi kebebasan pada manusia , mau beriman atau mau kafir 3) namun meskipun Allah memberi kebebasan , Allah juga mengancam bagi yg memili kafir , dengan ancaman neraka 4) minuman yang paling buruk adalah minuman yang disuguhkan Allah kepada penghuni neraka jahannam |
2
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
8
|
KARTU SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja
Kompetisi Dasar : Membiasakan
perilkau beretos kerja seperti yang terkandung dalam
QS Al Jumu`ah
:9-10
Materi Pembelajaran :
QS Al Jumu`ah:9-10
Indikator :
Siswa dapat menjelaskan QS Al Jumu`ah ayat 9 dianggap mengandung
ajaran
tentang etos kerja
Butir Soal : Mengapa Q.S. Al Jumu`ah ayat 9 yang secara penuh
merupakan ayat hokum tentang jum`atan, namun oleh tafsir kontemporer
dianggap mengandung ajaran
tentang etos kerja. Jelaskan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Pada masa Khalifah Usman bin Affan wilayah Islam semakin
luas jumlah umat islam semakin bertambah dan berpencar jauh-jauh. Karena itu
agar seluruh kaum laki-laki mukallaf dapat segera berkumpul di Masjid Nabawi
maka beliau mengambil kebijakan ijtihad bahwa beberapa saat sebelum adzan
jum`at yang dipratikkan pada masa beliau itu hendaknya dikumandangkan pula
adzan serupa sebagai tanda akan dimulainya prosesi jum`atan. Kebijakan
Khalifah Usman inilah yang banyak dipratikkan di Indonesia, terutama
dikalangan warga Nahdhiyin mengamalkan hasil ijtihat seorang sahabat yang
sekaligus tergolong Khulafaur rasyidin justru mendapatkan restu dari Nabi
Muhammad SAW.
|
6
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
KARTU SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja
Kompetisi Dasar : Membiasakan
perilkau beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al
Jumu`ah
:9-10
Materi Pembelajaran :
QS Al Jumu`ah:9-10
Indikator :
Siswa dapat menjelaskan QS Al Jumu`ah ayat 9 dianggap mengandung
ajaran
tentang etos kerja
Butir Soal : sebutkan alasan hokum yang digunakan Khalifah Usman
bin Affan untuk
menambah satu adzan lagi sebelum
prosesi jum`atan ! dan atas dasar apa
kita
mengamalkannya?
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Pada masa Khalifah Usman bin Affan wilayah Islam semakin
luas jumlah umat islam semakin bertambah dan berpencar jauh-jauh. Karena itu
agar seluruh kaum laki-laki mukallaf dapat segera berkumpul di Masjid Nabawi
maka beliau mengambil kebijakan ijtihad bahwa beberapa saat sebelum adzan
jum`at yang dipratikkan pada masa beliau itu hendaknya dikumandangkan pula
adzan serupa sebagai tanda akan dimulainya prosesi jum`atan. Kebijakan
Khalifah Usman inilah yang banyak dipratikkan di Indonesia, terutama
dikalangan warga Nahdhiyin mengamalkan hasil ijtihat seorang sahabat yang
sekaligus tergolong Khulafaur rasyidin justru mendapatkan restu dari Nabi
Muhammad SAW.
|
6
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
KARTU SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Memahami tiga jenis bacaan idgham
Kompetisi Dasar : Menyebutkan
jenis-jenis bacaan idgham
Materi Pembelajaran :
Macam-macam bacaan MAD
Indikator :
Siswa dapat membedakan bacaan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil
Butir Soal : Jelaskan perbedaan Mad wajib muttasil dengan mad jaiz
munfasil dan
berikan
conntohnya !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1.
Mad
wajib muttasil adalah wajib dibaca panjang sampai 3 alif (6 ketukan) itu
terjadi pada huruf mad yang bertemu dengan hamzah dalam satu kata
Contoh : جَآءَ
2.
Mad
jaiz munfasil adalah boleh dibaca panjang 2-3 alif (4-6 ketukan) itu huruf
mad dibelakang suatu kata bertemu dengan hamzah di depan kata berikutnya.
Contoh : إِنَّا أَعْتَدْنَا
|
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
4
|
0 Comments