CONTOH KISI-KISI DAN KARTU SOAL AL QURAN HADIST KELAS XII LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN



KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.        Satuan Pendidikan                   : SMA/MA/SMK                                                                     
2.        Kurikulum Acuan                    : Kurikulum 2012
3.        Mata Pelajaran                         : Qurdist                                                                                 
4.        Alokasi Waktu                         : 90 Menit
5.        Jenis Ulangan                           : Ujian Semester Ganjil                                                           
6.        Jumlah Soal                             : 40
7.        Kelas/Semester                        : XII/Ganjil                                                                                                             
8.        8.1 Obyektif                            : 35                                                                                                         
8.2 Uraian                                                : 5                                                           

NO
STANDART KOMPENTENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL

·   Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi
































·          Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja











·          Memahami tiga jenis bacaan idgham







·          Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41,




·          Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41,


·          Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41,


·          Membaca QS Al Kahfi:29


·          Menjelaskan QS Al Kahfi:29

·          Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29









·          Membaca QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif

·          Membiasakan perilkau beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al Jumu`ah :9-10

·          Membaca QS Al Mujadalah:11


·          Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
·          Q.S. Al Kafirun

·          Q.S. Yunus 40-41











·          QS Al Kahfi:29

















·          QS Al Jumu`ah:9-10








·          QS Al Mujadalah : 11

·          Macam-macam bacaan idgham




·          Macam-macam bacaan MAD
·          Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kafirun


·          Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Yunus 40


·          Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41



·          Siswa dapat menjelaskan pola pikir seorang muslim
·          Siswa dapat menjelaskan perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran islam



·          Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29


·          Siswa dapat menjelaskan arti dari tahdid
·          Siswa dapat menjelaskan hadist dari abu hurairah

·          Siswa dapat menjelaskan kewenangan Allah SWT tentang memberi petunjuk kepada mereka yang kafir

·          Siswa dapat menjelaskan sikap muslim terhadap pola pikir dan budaya barat

·          Siswa dapat menjelaskan pengaruh yang merusak dekadensi moral

·          Siswa dapat menjelaskan upaya untuk menjaga generasi muda terhadap budaya barat

·          Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Jumu`ah : 9-10



·          Siswa dapat menjelaskan QS Al Jumu`ah ayat 9 dianggap mengandung ajaran tentang etos kerja



·          Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Mujadalah :11


·          Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham mutamatsilain
·          Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham mutaqorribain
·          Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham


·          Siswa dapat membedakan bacaan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil
PG


PG


PG

Uraian

PG

PG



PG

Uraian
PG
PG


PG


PG


PG


PG


PG





Uraian




PG



PG

PG

PG


Uraian
1,2,3


4,5


6,7,8,9,10,11,12
1

13

14



15,16,17,18,19
2
20
21


22


23


24


25


26,27,28





3,4




29,30



31,32

33

34,35


5




                                                                                                                                                                                                               


                                                                                                                                                                                                               
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

SATUAN PENDIDIKAN: SMA/MA/SMK                          PENYUSUN                 : LALATUL MAJIDA
KELAS/SEMESTER       : XII / GANJIL                   UNIT KERJA                            : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN                     : QURDIST                        TH. PELAJARAN     : 2019/2020

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur


1

1.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Al Kafirun
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kafirun
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
1
A

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ لَا أَعْبُدُ lanjutan ayat tersebut yang benar adalah … .
a.        مَا تَعْبُدُونَ
b.        تَعْبُدُونَ
c.        وَلَا أَنتُمْ
d.        أَنتُمْ
e.        عَبَدتُّمْ









KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur


1

1.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Al Kafirun
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kafirun
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
2
D

وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ arti ayat tersebut adalah … .
a.       Katakanlah: Hai orang-orang kafir
b.       Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
c.         Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
d.       Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e.        Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur


1

1.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Al Kafirun
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kafirun
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
3
C
لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ arti ayat tersebut adalah … .
a.       Katakanlah: Hai orang-orang kafir
b.       Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
c.        Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
d.       Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e.        Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah






KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1
1.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Yunus 40

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
4
C

..... وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ lanjutan ayat tersebut adalah
a.        بِالْمُفْسِدِينَ
b.        وَرَبُّكَ أَعْلَمُ
c.        مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
d.        مَنْ لَا يُؤْمِنُ
e.        يُؤْمِنُ بِهِ


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41
Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Yunus 40

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
5
D
وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا . وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ lanjutan ayat tersebut adalah … .
a.     وَلَكُمْ
b.    تَعْمَلُونَ
c.     فَقُلْ
d.    أَعْمَلُ
e.     أَعْلَمُ









KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.2
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
6
C

Dengan diturunkannya Surat Al kafirun keadaan orang-orang kafir quraisy semakin kecewa bahkan ganas meneror rasulallah SAW baik secara fisik maupun psikis. Oleh sebab itu, Rasulallah hijrah ke kota ...
a.        Mekkah
b.        Iran
c.        Madinah
d.        Irak
e.        Palestina


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.2
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
7
A
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Ayat yang sesuai pada terjemahan di atas adalah … .
a.       وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ 
b.       قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
c.        لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
d.       وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
e.        وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ





KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-qurdist-xi.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sd-2019-plh-vi.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sma-2019-sosiologi-x.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-pjok.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-pts-ekonomi-kelas-x-semester-ii.html



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.2
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
8
E
وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut adalah … .
a.     Bagiku amal perbuatanku
b.    Bagiku amal perbuatanku
c.     Bagiku amal perbuatanmu dan bagimu amal perbuatanku
d.    Bagimu amal perbuatanmu
e.     Bagiku amal perbuatanku dan bagimu amal-amal perbuatanmu


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.2
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
9
A
Q.S. Yunus : 40 mengandung kebenaran absolut sehingga orang-orang kafir quraisy terpecah menjadi dua golongan. Golongan yang beriman kepada akurasi Al qur`an beserta keotentikannya sebagai kitab suci yang terkhir disebut sebagai golongan … .
a.     مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
b.     مَنْ لَا يُؤْمِنُ
c.     وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ
d.    مِمَّا أَعْمَلُ
e.     مِمَّا تَعْمَلُونَ








KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.2
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
10

D
Al qur`an mengajarkan suatu sikap yang elegan dalam menghadapi berbagai perbedaan pendapat, paham, maupun agama. Dalam bahasa arab sikap tersebut dikenal dengan istilah ... .
a.        Tolong menolong
b.        Kepekaan agama
c.        Kepekaan sosial
d.        Toleransi
e.        Argumentasi



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.2
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
11

A
أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ terjemahan bebas ayat tersebut yang salah adalah .
a.     Anda memilih cara hidup menurut Al qur`an
b.    Anda tidak usah mengganggu hak kepentingan saya
c.     Saya memilih cara hidup menurut ajaran agama yang saya yakini benar
d.    Saya tidak mengganggu hak kepentingan anda
e.     Anda dan saya memiliki keyakinan yang benar maka saya dan anda jangan saling menggangu







KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.2
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi

Kompetisi Dasar : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran : Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
12
A

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ ayat tersebut memberikan semacam … agar nabi Muhammad SAW tidak gundah atau memaksakan kehendak.
a.     Landasan besikap
b.    Landasan berfikir
c.     Landasan bermusyawarah
d.    Landasan berkeyakinan
e.     Landasan berdemokrasi


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur

1

1.3
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran :  Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan pola pikir seorang muslim
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
13
E
Seorang muslim yang benar-benar memahami ajaran agamanya dalam dimensi berbagai jenis budaya harus memiliki pola pikir selektif seperti berikut, kecuali …
a.     Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan aqidah islam harus ditolak dengan memberikan argument yang valid
b.    Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan syariat islam harus diluruskan sehingga menjadi budaya islam
c.     Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan akhlakul karimah maka harus diluruskan dengan budaya islam
d.    Berbagai jenis budaya yang tidak bertentangan dengan aqidah dan syari`ah islam tentu harus dibiarkan dan dimodifikasi kan islam
e.     Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan adat istiadat bangsa Indonesia dengan adat istiadat bangsa Indonesia harus diluruskan dengan budaya islam



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1

1.3
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran :  Q.S. Yunus 40-41

Indikator : Siswa dapat menjelaskan perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran islam

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
14
C
Meskipun secara tekstual Q.S. Al Kafirun hanya mendoktrin penolakan secara tegas bagi setiap muslimat untuk tidak melakukan kompromi dalam konteks aqidah beribadah, namun dalam surat tersebut tidak ditemukan … terhadap siapapun yang berbeda ajaran dan keyakinan.
a.     Sewenang-wenang
b.    Sebebas-bebasnya
c.     Anarkis
d.    Permusuhan
e.     Peperangan



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1

1.4
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29


Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
15
B
...  وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
a.        مِن رَّبِّكُمْ
b.        وَمَن شَاء
c.        لِلظَّالِمِينَ
d.        وَإِن يَسْتَغِيثُوا 
e.         إِنَّا أَعْتَدْنَا




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1

1.4
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29


Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
16
A
إِنَّا أَعْتَدْنَا  نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا lanjutan ayat tersebut adalah
a.     لِلظَّالِمِينَ 
b.    وَإِن يَسْتَغِيثُوا 
c.     مِن رَّبِّكُمْ
d.    فَلْيَكْفُرْ
e.     وَقُلِ الْحَقُّ


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1

1.4
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29


Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
17
E
وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ arti yang benar pada ayat yang bergaris bawah adalah …
a.     Apabila di hari kiamat
b.    Orang-orang yang zalim
c.     Yang ada di neraka
d.    Kehausan yang luar biasa
e.     Pedihnya api neraka jahanam







KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1

1.4
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29


Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
18
B
Kebenaran datangnya dari Allah SWT. Ayat yang sesuai dengan terjemahan tersebut adalah …
a.        فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
b.        وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ
c.        إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ
d.        يَشْوِي الْوُجُوهَ
e.        وَسَاءتْ مُرْتَفَقًا



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1

1.4
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29


Indikator : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
19
E
وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءتْ مُرْتَفَقً  arti yang benar pada ayat yang bergaris adalalah …
a.        Manusia yang jelek
b.        Minuman seperti besi yang mendidih
c.        Makanan daging yang membahayakan
d.        Manusia yang baik
e.        Tempat istirahat yang jelek




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1

1.5
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Menjelaskan QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29

Indikator : Siswa dapat menjelaskan arti dari tahdid
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
20
D
Dalam tafsir tansformatif Q.S. Al kahfi : 29 merupakan ayat tahdid bagi orang-orang kafir. Tahdid artinya …
a.        Balasan
b.        Peringatan
c.        Siksaan
d.        Ancaman
e.        Penderitaan


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1
1.5
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Menjelaskan QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29

Indikator : Siswa dapat menjelaskan hadist dari abu hurairah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
21
A
Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulallah SAW bersabda: “sesungguhnya kamu nanti pasti akan mengikuti cara hidup orang-orang sebelum kamu”. Arti dari Hadist tersebut menjelaskan kriteria pengaruh pola budaya barat (yahudi dan nasrani) yang paling gencar mereka lakukan adalah penjajahan kultural yang berarti penjajahan …
a.        Pola pikir dan budaya
b.        Budaya dan agama
c.        Aqidah dan akhlaq
d.        Pola pikir dan aqidah
e.        Pola pikir dan akhlak



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1
1.6
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29

Indikator : Siswa dapat menjelaskan kewenangan Allah SWT tentang memberi petunjuk kepada mereka yang kafir


No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
22
B
Memberikan petunjuk kepada mereka yang tetap kafir bukanlah kewenangan kita, bahkan bukan pula kewenangan para Rasul, melainkan semata-mata merupakan  … Allah yang Maha Pemberi Petunjuk.
a.        Pertolongan
b.        Hak prerogatif
c.        Hak dan kewajiban
d.        Hidayah
e.        Tuntunan


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1
1.6
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29

Indikator : Siswa dapat menjelaskan sikap muslim terhadap pola pikir dan budaya barat

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
23
E
Pola pikir dan budaya barat harus kita pilah secara selektif agar tidak terpengaruh pola pokir mereka, kecuali …
a.        Liberalism
b.        Kapitalisme
c.        Materialisme
d.        Sekuleralisme
e.        Humanisme


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1
1.6
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29

Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengaruh yang merusak dekadensi moral

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
24
A

Pengaruh yang ngetren saat ini adalah …
·         Perempuan tidak segan-segan berpakaian press body
·         Pergaulan bebas
·         Hubungan tambah mesra tanpa norma-norma agama laki-laki dan perempuan paska tukar cincin/tunangan
·         Merayakan valentine day setiap tanggal 14 februari
·         Saling boncengan laki-laki dan perempuan bukan mahram
·         Laki-laki bertindik dan bertato, perempuan yang rambutnya disemir dan membuka auratnya
Hal tersebut diatas adalah bukti nyata hadist Rasulallah yang menjelaskan pengaruh yang merusak dekadensi moral yang berupa …
a.        Pola pikir dan budaya
b.        Budaya dan agama
c.        Aqidah dan akhlaq
d.        Pola pikir dan aqidah
e.        Pola pikir dan akhlak




KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :


https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
1
1.6
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang anjuran bertoleransi
Kompetisi Dasar : Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al Kahfi:29

Materi Pembelajaran : QS Al Kahfi:29

Indikator : Siswa dapat menjelaskan upaya untuk menjaga generasi muda terhadap budaya barat

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
25
E
Upaya untuk menjaga generasi muda mudi kita pengaruh negative dari budaya dan pola perilaku barat adalah dengan cara berikut, kecuali …
a.        Tegakkan sholat
b.        Rutin baca Alqur`an
c.        Menjalankan perintah Allah dan Rasulnya
d.        Sayangi orang tua dan guru kita
e.        Sayangi orang yang selalu menyayangi kita



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
2
2.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif

Materi Pembelajaran : QS Al Jumu`ah:9-10

Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Jumu`ah : 9-10

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
26
A
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang paling benar dari kata yang bergaris bawah adalah …
a.        Diserukan untuk menunaikan sholat jum`at
b.        Dimuliakan untukmu hari jum`at
c.        Dilipat gandakan pahala di hari jum`at
d.        Diampuni dosa-dosamu di hari jum`at
e.        Diajak beramal sholeh di hari jum`at



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
2
2.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif

Materi Pembelajaran : QS Al Jumu`ah:9-10

Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Jumu`ah : 9-10

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
27
B
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang benar dari ayat yang bergaris bawah adalah …
a.        Meninggalkan aktifitas ketika khutbah jum`at
b.        Menyegerakan dan penuh perhatian menuju masjid guna mendengarkan khutbah dan sholat jum`at
c.        Jalan pelan dan tenang pergi ke masjid di hari jum`at
d.        Meninggalkan dosa dan maksiat dihari jum`at
e.        Bersodaqoh pada hari jum`at agar selamat dunia akhirat



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
2
2.1
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Jumuah:9-10 dan QS Al Mujadalah:11 beserta hadist yang korelatif

Materi Pembelajaran : QS Al Jumu`ah:9-10

Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Jumu`ah : 9-10

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
28
A
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا  ….وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
a.        مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
b.        إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ
c.        مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ
d.        إِنْ كُنْتُمْ 
e.        وَذَرُوا الْبَيْعَ

KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
2
2.3
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja

Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Mujadalah:11

Materi Pembelajaran : QS Al Mujadalah : 11

Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Mujadalah :11

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
29
A

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ  Q.S l Mujadalah ayat 11 menjelaskan tentang etika …
a.        Berkumpul dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
b.        Bermusyawarah dalah suatu majelis (tempat pertemuan)
c.        Berdiskusi dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
d.        Berlapang-lapang dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
e.        Berwasiat taqwallah dalam suatu majelis (tempat pertemuan)

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
2
2.3
Standar Kompetisi : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja
Kompetisi Dasar : Membaca QS Al Mujadalah:11

Materi Pembelajaran : QS Al Mujadalah : 11

Indikator : Siswa dapat mengartikan ayat dari surat QS Al Mujadalah :11

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
30
E

arti ayat yang bergaris bawah adalah …
a.        Duduklah kamu, maka duduklah
b.        Diamlah kamu, maka diamlah
c.        Berdirilah kamu, maka berdirilah
d.        Berlapang-lapanglah dalam majelis
e.        Meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu
وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
3
3.1
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham

Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham

Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham mutamatsilain

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
31
A
Idgham Mutamatsilain adalah apabila ada dua huruf yang sama bertemu, sedang huruf yang pertama … dan yang kedua adalah …
a.        Mati-hidup
b.        Sukun-mati
c.        Mati-mati
d.        Hidup-hidup
e.        Mati-sukun



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
3
3.1
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham

Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham

Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham mutamatsilain

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
32
B
Idgham Mutamatsilain adalah bertemunya dua huruf yang sama selain huruf dibawah ini …
a.        Nun dan nun
b.        Alif lam
c.        Wawu dan wawu
d.        Ta` dan ta`
e.        Mim dan mim




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
3
3.1
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham

Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham

Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham mutaqorribain

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
33
A
Huruf-huruf idgham mutaqoribain yang benar adalah …
a.        بم
b.        بق
c.        قن
d.        لر
e.        د - ظ



No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
3
3.1
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham

Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham

Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
34
C
وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ayat yang bergaris bawah bacaan tajwidnya adalah …
a.        Ikhfa` dan idghom safawi
b.       Gunnah dan ikhfa`
c.       Ikhfa` dan idzhar safawi
d.       Idghom bigunnah dan ikhfa`
e.       Idghom bilagunnah dan mat thobi`i











KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. SK
No. KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur
                                                                         
3
3.1
Standar Kompetisi : Memahami tiga jenis bacaan idgham

Kompetisi Dasar : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
Materi Pembelajaran : Macam-macam bacaan idgham

Indikator : Siswa dapat menjelaskan bacaan idgham

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
35
B
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْع  ayat yang bergaris bawah bacaan tajwidnya adalah …
a.     Idghom bilagunnah
b.    Idghom bigunnah
c.     Ikhfa`
d.    Idzhar
e.     Mat thobi`i


KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-indonesia-x-sem-1-sma-lengkap.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/latihan-soal-sejarah-xi-ipa.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ips-sma-semester-1-lengkap.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-uas-bahasa-indonesia-kelas-xi-sma.html




































KARTU SOAL URAIAN

Standar Kompetisi                : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi
Kompetisi Dasar                   : Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus:40-41
Materi Pembelajaran          : Q.S. Yunus 40-41
Indikator                                : Siswa dapat menjelaskan arti surat Yunus 40-41`
Butir Soal                               : إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا  Siapakah yang dimaksud dalam ungkapan
                                      yang bergaris bawah tersebut ? dan bagaimana nasibnya kelak di akhirat


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

Orang yang menganiaya diri sendiri, enggan menerima kebenaran dan tidak beriman kepada ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW maka kelak nasibnya di akhirat disediakan api neraka yang kelak gejolaknya meliputi mereka dari berbagai sudut laksana sebuah kemah yang meliputi penghuninya, sehingga tidak ada tempat berlindung maupun tempat untuk menyelamatkan diri

6




















Skor Maksimum
6







KARTU SOAL URAIAN

Standar Kompetisi                : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang ajnuran bertoleransi
Kompetisi Dasar                      : Membaca QS Al Kahfi:29
Materi Pembelajaran              : QS Al Kahfi:29
Indikator                                : Siswa dapat melanjutkan ayat dari surat Al kahfi:29
Butir Soal                               : Sebutkan isi kandungan surat Al Kahfi ayat 29 !


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR


1) ajaran yg dibawa Nabi Muhammad adalah ajaran yg benar yang datangnya dari Allah
2) Allah memberi kebebasan pada manusia , mau beriman atau mau kafir
3) namun meskipun Allah memberi kebebasan , Allah juga mengancam bagi yg memili kafir , dengan ancaman neraka 
4) minuman yang paling buruk adalah minuman yang disuguhkan Allah kepada penghuni neraka jahannam 


2
2

2

2















Skor Maksimum
8








KARTU SOAL URAIAN

Standar Kompetisi                : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja
Kompetisi Dasar                   : Membiasakan perilkau beretos kerja seperti yang terkandung dalam 
                                                QS Al Jumu`ah :9-10
Materi Pembelajaran              : QS Al Jumu`ah:9-10
Indikator                                : Siswa dapat menjelaskan QS Al Jumu`ah ayat 9 dianggap mengandung
                                                 ajaran tentang etos kerja
Butir Soal                               : Mengapa Q.S. Al Jumu`ah ayat 9 yang secara penuh merupakan ayat                                                     hokum tentang jum`atan, namun oleh tafsir kontemporer dianggap                                                           mengandung ajaran tentang etos kerja. Jelaskan !


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

Pada masa Khalifah Usman bin Affan wilayah Islam semakin luas jumlah umat islam semakin bertambah dan berpencar jauh-jauh. Karena itu agar seluruh kaum laki-laki mukallaf dapat segera berkumpul di Masjid Nabawi maka beliau mengambil kebijakan ijtihad bahwa beberapa saat sebelum adzan jum`at yang dipratikkan pada masa beliau itu hendaknya dikumandangkan pula adzan serupa sebagai tanda akan dimulainya prosesi jum`atan. Kebijakan Khalifah Usman inilah yang banyak dipratikkan di Indonesia, terutama dikalangan warga Nahdhiyin mengamalkan hasil ijtihat seorang sahabat yang sekaligus tergolong Khulafaur rasyidin justru mendapatkan restu dari Nabi Muhammad SAW.



6


















Skor Maksimum
6





KARTU SOAL URAIAN

Standar Kompetisi                : Memahami ayat-ayat Al Qur`an tentang etos kerja
Kompetisi Dasar   : Membiasakan perilkau beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al 
                                      Jumu`ah :9-10
Materi Pembelajaran  : QS Al Jumu`ah:9-10
Indikator                                : Siswa dapat menjelaskan QS Al Jumu`ah ayat 9 dianggap mengandung
                                      ajaran tentang etos kerja
Butir Soal                               : sebutkan alasan hokum yang digunakan Khalifah Usman bin Affan untuk
                                      menambah satu adzan lagi sebelum prosesi jum`atan ! dan atas dasar apa
                                      kita mengamalkannya?


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

Pada masa Khalifah Usman bin Affan wilayah Islam semakin luas jumlah umat islam semakin bertambah dan berpencar jauh-jauh. Karena itu agar seluruh kaum laki-laki mukallaf dapat segera berkumpul di Masjid Nabawi maka beliau mengambil kebijakan ijtihad bahwa beberapa saat sebelum adzan jum`at yang dipratikkan pada masa beliau itu hendaknya dikumandangkan pula adzan serupa sebagai tanda akan dimulainya prosesi jum`atan. Kebijakan Khalifah Usman inilah yang banyak dipratikkan di Indonesia, terutama dikalangan warga Nahdhiyin mengamalkan hasil ijtihat seorang sahabat yang sekaligus tergolong Khulafaur rasyidin justru mendapatkan restu dari Nabi Muhammad SAW.

6









Skor Maksimum
6








KARTU SOAL URAIAN

Standar Kompetisi                : Memahami tiga jenis bacaan idgham
Kompetisi Dasar                    : Menyebutkan jenis-jenis bacaan idgham
Materi Pembelajaran              : Macam-macam bacaan MAD
Indikator                                : Siswa dapat membedakan bacaan mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil
Butir Soal                               : Jelaskan perbedaan Mad wajib muttasil dengan mad jaiz munfasil dan
                                      berikan conntohnya !




PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.       Mad wajib muttasil adalah wajib dibaca panjang sampai 3 alif (6 ketukan) itu terjadi pada huruf mad yang bertemu dengan hamzah dalam satu kata
        Contoh : جَآءَ

2.       Mad jaiz munfasil adalah boleh dibaca panjang 2-3 alif (4-6 ketukan) itu huruf mad dibelakang suatu kata bertemu dengan hamzah di depan kata berikutnya.
Contoh : إِنَّا أَعْتَدْنَا 

2



2

















Skor Maksimum
4



Post a Comment

0 Comments