KISI-KISI PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMA AL MUNIROH 5. Kurikulum Acuan : K13
2. Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia 6. Alokasi Waktu : 60 Menit
3. Jenis Ulangan : Penilaian Akhir Semester 7. Jumlah Soal : 25 Pilihan Ganda
4. Kelas/Semester : XI/Gasal
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI PELAJARAN | INDIKATOR | JENIS SOAL | NOMOR SOAL | BOBOT SOAL |
1 | 3.3 Menganalisis dampak pilitik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa (portugis, Spanyol, belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini
4.3 Menalar dampak politik budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa (portugis, Spanyol, belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah | -Dampak dalam bidang politik pemerintahan dan ekonomi
-Dampak dalam bidang sosial, budaya dan pendidikan
| Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang politik pemerintahan | PG | 1 | 4 |
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang politik pemerintahan | PG | 2 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang ekonomi | PG | 3 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang ekonomi | PG | 4 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang ekonomi | PG | 5 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang sosial | PG | 6 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang sosial | PG | 7 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang sosial | PG | 8 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang budaya | PG | 9 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang pendidikan | PG | 10 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Dampak dalam bidang pendidikan | PG | 11 | 4 | |||
2 | 3.4 Menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini 4.4 Menyajikan langkah-langkah dalam penerapan nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan dan atau media lain | - Latar belakang sumpah pemuda
- Sumpah pemuda: tonggak persatuan dan kesatuan
- Penguatan Jati Diri Keindonesiaan | Peserta didik dapat Mengidentifikasi politik etis | PG | 12 | 4 |
Peserta didik dapat Mengidentifikasi isi politik etis | PG | 13 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi dampak politik etis | PG | 14 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi dampak poltik etis bidang politik | PG | 15 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi dampak poltik etis bidang sosial | PG | 16 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi dampak poltik etis bidang ekonomi | PG | 17 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Sumpah pemuda: tonggak persatuan dan kesatuan | PG | 18 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Federasi dan “Front Sawo Matang” | PG | 19 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Cita-cita Persatuan | PG | 20 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Satu Nusa, Satu bangsa, Satu Bahasa | PG | 21 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Politik untuk Kesejahteraan dan kejayaan | PG | 22 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Pemuda yang berpolitik | PG | 23 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Nasionalisme yang revolusioner | PG | 24 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Volksraad: Wahana Perjuangan | PG | 25 | 4 |
Gresik, 20 November 2020
Penyusun
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.
SEJARAH INDONESIA KELAS XI
1. Pemerintah belanda berusaha untuk menguasai seluruh wilayah Indonesia. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah belanda antara lain…
a. Melakukan kekerasan kepada pribumi
b. Selalu mencampuri masalah intern kerajaan
c. Mengadu domba para raja
d. Menguasai perdagangan
e. Melakukan ancaman kepada raja
Jawabanya B
2. Sementara itu dalam pelaksanaan pemerintahan dalam negeri terjadi dualisme pemerintahan…
a. Pemerintahan Eropa dan pemerintahan pribumi
b. Pemrintahan batavia dan pribumi
c. Pemerintahan eropa dan tiongkok
d. Pemerintahan eropa dan india
e. Pemrintahan eropa dan portugis
Jawabanya A
3. Arti dari Cultuurstelsel adalah …
a. Kerja rodi
b. Kerja santai
c. Tanam paksa
d. Tanam modal
e. Kerja sampingan
Jawabanya C
4. Kehidupan ekonomi yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sejak kedatangan Belanda mengalami kemerosotan, yang paling utama yaitu…
a. Perdagangan
b. Pertanian
c. Kelautan
d. Persaudaraan
e. pemerintahan
Jawabanya A
5. Liberalisme ekonomi atay yang dikenal dengan politik …
a. Pintu gerbang
b. Pintu tertutup
c. Pintu belanda
d. Pintu terbuka
e. Pintu pelayaran
Jawabanya D
6. Perubahan yang terjadi dalam bidang sosial sejak munculnya kekuasaan belanda di Indonesia ialah…
a. Terjadinya kerusuhan
b. Terjadinya perdagangan bebas
c. Terjadinya penindasan dan pemerasan
d. Terjadinya hubungan dagang yang baik
e. Terjadinya hubungan timbal balik
Jawabanya C
7. Pada tahun 1927 kolonial belanda menetapkan peraturan ketatanegaraan penggolongan penduduk di Nusantara. Penggolongan tersebut meliputi…
a. Golongan eropa, golongan timur asing, golongan pribumi
b. Golongan ningrat, golongan melayu, golongan kaya
c. Golongan kaya, menengah, dan miskin
d. Golongan karya, golongan ningrat, golongan umum
e. Golongan elit, pribumi dan jelata
Jawabanya A
8. Istilah kerja tanpa bayaran dan penuh dengan paksaan adalah …
a. Kerja rodi
b. Kerja lembur
c. Kerja keras
d. Kerja sampingan
e. Kerja nyata
Jawabanya A
9. Pada kehidupan budaya bangsa Indonesia juga mengalami perubahan sejak kedatangan Belanda. Contoh budaya barat yang terjadi di Indonesia adalah …
a. Balap kuda
b. Sedekah bumi
c. Karawitan
d. Minum-minuman keras
e. Adu ayam
Jawabanya D
10. Sistem pendidikan yang berkembang di Indonesia makin banyak, terjadi pada akhir abad…
a. Ke-20
b. Ke-19
c. Ke-18
d. Ke-17
e. Ke-16
Jawabanya B
11. OSVIA adalah contoh sekolah yang didirikan oleh belanda adalah sekolah untuk para calon….
a. Pegawai negeri
b. Dokter
c. TNI
d. Marinir
e. polisis
Jawabanya A
12. Politik etis atau sering disebut dengan politik …
a. Balas dendam
b. Tanam paksa
c. Balas budi
d. Kerja rodi
e. Kerja keras
Jawabanya C
13. Kapitalisme kolonialis mengalami perkembangan sangat pesat pada awal abad …
a. Ke-21
b. Ke-20
c. Ke-19
d. Ke-18
e. Ke-17
Jawabanya B
14. Dampak yang terlihat nyata pada politik etis adalah…
a. Bidang politik, sosial, ekonomi
b. Bidang agama, suku dan sosial
c. Bidang politik, pemerintahan dan agama
d. Bidang budaya, politik dan ekonomi
e. Bidang agama, budaya dan sosial
Jawabanya A
15. Dampak politik etis pada bidang politik adalah…
a. Lahirnya golongan terpelajar
b. Lahirnya budaya baru yang tidak sesuai
c. Lahirnya peradaban yang tidak beradab
d. Desentralisasi kekuasaan
e. Lahirnya sistem dagang baru
Jawabanya D
16. Dampak politik etis pada bidang Sosial adalah…
a. Lahirnya golongan terpelajar, peningkatan jumlah melek huruf
b. Lahirnya budaya baru yang tidak sesuai
c. Lahirnya peradaban yang tidak beradab
d. Desentralisasi kekuasaan
e. Lahirnya sistem dagang baru
Jawabanya A
17. Dampak politik etis pada bidang ekonomi adalah…
a. Lahirnya golongan terpelajar
b. Lahirnya budaya baru yang tidak sesuai
c. Lahirnya peradaban yang tidak beradab
d. Lahirnya sistem kapitalisme modern
e. Lahirnya sistem dagang baru
Jawabanya D
18. Sejarah lahirnya sumpah pemuda bermula dalam suatu kongres pemuda yang terjadi pada tanggal …
a. 25 Oktober 1928
b. 21 Oktober 1928
c. 28 Oktober 1928
d. 20 Oktober 1928
e. 22 Oktober 1928
Jawabanya C
19. Frons sawo matang dibentuk untuk melawan …
a. Front merah penjajah
b. Front putihnya belanda
c. Front hitamnya belanda
d. Front hijaunya belanda
e. Front kuningnya belanda
Jawabanya B
20. Tri Koro Darmo yang anggotanya terdiri dari pemuda-pemuda jawa yang didirikan pada tahun …
a. 1912
b. 1913
c. 1915
d. 1916
e. 1917
Jawabanya C
21. Dengan semangat sumpah pemuda, pergerakan pemuda sebagai tulang punggung perjuangan bangsa telah menorehkan catatan emas bagi bangsa ini, isi sumpah pemuda yang benar adalah …
a. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersuku,berbahasa,bernegara Indonesia
b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersaudara,berbahasa,bernegara Indonesia
c. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah air,berbangsa,berbahasa Indonesia
d. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersuku,berdarah,bernegara Indonesia
e. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersuku,berbahasa,berbudaya Indonesia
Jawabanya C
22. Organisasi yang menjadi titik tolak adanya pergerakan nasional adalah …
a. Budi handoko
b. Budi noto
c. Budi utomo
d. Budi yono
e. Budi pekerti
Jawabanya C
23. Jong java, pemuda Indonesia, dan pemuda sumatra (JSB) mengadakan rapat di Jakarta pada tanggal …
a. 26 April 1929
b. 24 April 1929
c. 23 April 1929
d. 22 April 1929
e. 21 April 1929
Jawabanya C
24. Soekarno untuk pertama kalinya menjadi terkenal ketika dia menjadi anggota Jong Java Cabang surabaya pada tahun …
a. 1915
b. 1916
c. 1917
d. 1918
e. 1919
Jawabanya A
25. Volksraad sebagai dewan rakyat yang didirikan pada tahun …
a. 1917
b. 1918
c. 1919
d. 1920
e. 1921
Jawabanya B
0 Comments