CONTOH KISI-KISI DAN SOAL UJIAN PAS GASAL SEJARAH INDONESIA KELAS XI LENGKAP DENGAN JAWABANYA

 


KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

1. Satuan Pendidikan : SMA AL MUNIROH 5. Kurikulum Acuan : K13

2. Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia 6. Alokasi Waktu : 60 Menit

3. Jenis Ulangan : Penilaian Akhir  Semester 7.  Jumlah Soal : 25 Pilihan Ganda

4. Kelas/Semester : XI/Gasal

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

BOBOT SOAL

1

3.3 Menganalisis dampak pilitik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa (portugis, Spanyol, belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

 

4.3 Menalar dampak politik budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa (portugis, Spanyol, belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah

-Dampak dalam bidang politik pemerintahan dan ekonomi

 

 

-Dampak dalam bidang sosial, budaya dan pendidikan

 

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang politik pemerintahan

PG

1

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang politik pemerintahan

PG

2

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang ekonomi

PG

3

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang ekonomi

PG

4

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang ekonomi

PG

5

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang sosial

PG

6

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang sosial

PG

7

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang sosial

PG

8

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang budaya

PG

9

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang pendidikan

PG

10

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Dampak dalam bidang pendidikan

PG

11

4

2

3.4 Menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

4.4 Menyajikan langkah-langkah dalam penerapan nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan dan atau media lain

Latar belakang sumpah pemuda

 

 

 

- Sumpah pemuda: tonggak persatuan dan kesatuan

 

- Penguatan Jati Diri Keindonesiaan

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi politik etis

PG

12

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi isi politik etis

PG

13

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi dampak politik etis

PG

14

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi dampak poltik etis bidang politik

PG

15

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi dampak poltik etis bidang sosial

PG

16

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi dampak poltik etis bidang ekonomi

PG

17

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Sumpah pemuda: tonggak persatuan dan kesatuan

PG

18

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Federasi dan “Front Sawo Matang”

PG

19

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Cita-cita Persatuan

PG

20

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Satu Nusa, Satu bangsa, Satu Bahasa

PG

21

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Politik untuk Kesejahteraan dan kejayaan

PG

22

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Pemuda yang berpolitik

PG

23

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Nasionalisme yang revolusioner

PG

24

4

Peserta didik dapat  Mengidentifikasi Volksraad: Wahana Perjuangan

PG

25

4

Gresik, 20 November 2020

Penyusun

 

MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.

 

 

 

 

 SEJARAH INDONESIA KELAS XI

1. Pemerintah belanda berusaha untuk menguasai seluruh wilayah Indonesia. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah belanda antara lain…

a. Melakukan kekerasan kepada pribumi

b. Selalu mencampuri masalah intern kerajaan

c. Mengadu domba para raja

d. Menguasai perdagangan

e. Melakukan ancaman kepada raja

Jawabanya B

2. Sementara itu dalam pelaksanaan pemerintahan dalam negeri terjadi dualisme pemerintahan…

a. Pemerintahan Eropa dan pemerintahan pribumi

b. Pemrintahan batavia dan pribumi

c. Pemerintahan eropa dan tiongkok

d. Pemerintahan eropa dan india

e. Pemrintahan eropa dan portugis

Jawabanya A

3. Arti dari Cultuurstelsel adalah …

a. Kerja rodi

b. Kerja santai

c. Tanam paksa

d. Tanam modal

e. Kerja sampingan

Jawabanya C

4. Kehidupan ekonomi yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sejak kedatangan Belanda mengalami kemerosotan, yang paling utama yaitu…

a. Perdagangan

b. Pertanian

c. Kelautan

d. Persaudaraan

e. pemerintahan

Jawabanya A

5. Liberalisme ekonomi atay yang dikenal dengan politik …

a. Pintu gerbang

b. Pintu tertutup

c. Pintu belanda

d. Pintu terbuka

e. Pintu pelayaran

Jawabanya D

6. Perubahan yang  terjadi dalam bidang sosial sejak munculnya kekuasaan belanda di Indonesia ialah…

a. Terjadinya kerusuhan

b. Terjadinya perdagangan bebas

c. Terjadinya penindasan dan pemerasan

d. Terjadinya hubungan dagang yang baik

e. Terjadinya hubungan timbal balik

Jawabanya C

7. Pada tahun 1927 kolonial belanda menetapkan peraturan ketatanegaraan penggolongan penduduk di Nusantara. Penggolongan tersebut meliputi…

a. Golongan eropa, golongan timur asing, golongan pribumi

b. Golongan ningrat, golongan melayu, golongan kaya

c. Golongan kaya, menengah, dan miskin

d. Golongan karya, golongan ningrat, golongan umum

e. Golongan elit, pribumi dan jelata

Jawabanya A

 

 

 

 

8. Istilah kerja tanpa bayaran  dan penuh dengan paksaan adalah …

a. Kerja rodi

b. Kerja lembur

c. Kerja keras

d. Kerja sampingan

e. Kerja nyata

Jawabanya A

9. Pada kehidupan budaya bangsa Indonesia juga mengalami perubahan sejak kedatangan Belanda. Contoh budaya barat yang terjadi di Indonesia adalah …

a. Balap kuda

b. Sedekah bumi

c. Karawitan

d. Minum-minuman keras

e. Adu ayam

Jawabanya D

10. Sistem pendidikan yang berkembang di Indonesia makin banyak, terjadi pada akhir abad…

a. Ke-20

b. Ke-19

c. Ke-18

d. Ke-17

e. Ke-16

Jawabanya B

11. OSVIA adalah contoh sekolah yang didirikan oleh belanda adalah sekolah untuk para calon….

a. Pegawai negeri

b. Dokter

c. TNI

d. Marinir

e. polisis

Jawabanya A

12. Politik etis atau sering disebut dengan politik …

a. Balas dendam

b. Tanam paksa

c. Balas budi

d. Kerja rodi

e. Kerja keras

Jawabanya C

13. Kapitalisme kolonialis mengalami perkembangan sangat pesat pada awal abad  …

a. Ke-21

b. Ke-20

c. Ke-19

d. Ke-18

e. Ke-17

Jawabanya B

14. Dampak yang terlihat nyata pada politik etis adalah…

a. Bidang politik, sosial, ekonomi

b. Bidang agama, suku dan sosial

c. Bidang politik, pemerintahan dan agama

d. Bidang budaya, politik dan ekonomi

e. Bidang agama, budaya dan sosial

Jawabanya A

15. Dampak politik etis pada bidang politik adalah…

a. Lahirnya golongan terpelajar

b. Lahirnya budaya baru yang tidak sesuai

c. Lahirnya peradaban yang tidak beradab

d. Desentralisasi kekuasaan

e. Lahirnya sistem dagang baru

Jawabanya D

 

16. Dampak politik etis pada bidang Sosial adalah…

a. Lahirnya golongan terpelajar, peningkatan jumlah melek huruf

b. Lahirnya budaya baru yang tidak sesuai

c. Lahirnya peradaban yang tidak beradab

d. Desentralisasi kekuasaan

e. Lahirnya sistem dagang baru

Jawabanya A

17. Dampak politik etis pada bidang ekonomi adalah…

a. Lahirnya golongan terpelajar

b. Lahirnya budaya baru yang tidak sesuai

c. Lahirnya peradaban yang tidak beradab

d. Lahirnya sistem kapitalisme modern

e. Lahirnya sistem dagang baru

Jawabanya D

18. Sejarah lahirnya  sumpah pemuda bermula dalam suatu kongres pemuda yang terjadi pada tanggal …

a. 25 Oktober 1928

b. 21 Oktober 1928

c. 28 Oktober 1928

d. 20 Oktober 1928

e. 22 Oktober 1928

Jawabanya C

19. Frons sawo matang dibentuk untuk melawan …

a. Front merah penjajah

b. Front putihnya belanda

c. Front hitamnya belanda

d. Front hijaunya belanda

e. Front kuningnya belanda

Jawabanya B

20. Tri Koro Darmo yang anggotanya terdiri dari pemuda-pemuda jawa yang didirikan pada tahun …

a. 1912

b. 1913

c. 1915

d. 1916

e. 1917

Jawabanya C

21. Dengan semangat sumpah pemuda, pergerakan pemuda sebagai tulang punggung perjuangan bangsa telah menorehkan catatan emas bagi bangsa ini, isi sumpah pemuda yang benar adalah …

a. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersuku,berbahasa,bernegara Indonesia

b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersaudara,berbahasa,bernegara Indonesia

c. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah air,berbangsa,berbahasa Indonesia

d. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersuku,berdarah,bernegara Indonesia

e. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bersuku,berbahasa,berbudaya Indonesia

Jawabanya C

22. Organisasi yang menjadi titik tolak adanya pergerakan nasional adalah …

a. Budi handoko

b. Budi noto

c. Budi utomo

d. Budi yono

e. Budi pekerti

Jawabanya C

23. Jong java, pemuda Indonesia, dan pemuda sumatra (JSB) mengadakan rapat di Jakarta pada tanggal …

a. 26 April 1929

b. 24 April 1929

c. 23 April 1929

d. 22 April 1929

e. 21 April 1929

Jawabanya C

 

24. Soekarno untuk pertama kalinya menjadi terkenal ketika dia menjadi anggota Jong Java Cabang surabaya pada tahun  …

a. 1915

b. 1916

c. 1917

d. 1918

e. 1919

Jawabanya A

25. Volksraad sebagai dewan rakyat yang didirikan pada tahun …

a. 1917

b. 1918

c. 1919

d. 1920

e. 1921

Jawabanya B

 

Post a Comment

0 Comments