KARTU SOAL PILIHAN GANDA
SATUAN
PENDIDIKAN : SMA/MA/SMK
PENYUSUN : LAILATUL MAJIDA
KELAS/SEMESTER :
XI/GANJIL
UNIT KERJA : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN :
SKI
TH. PELAJARAN : 2019-2020
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan fase perkembangan peradapan Islam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
1
|
B
|
||
Secara garis besar fase
perkembangan peradapan Islam dibagi menjadi ...
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan masa klasik masa umat islam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
2
|
C
|
||
Pada masa klasik masa umat
islam mengalami ...
A. Kemunduran
B. Perkembangan
C. Kejayaan
D. Masa-masa sulit
E. Masa-masa keemasan
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan masa pertengahan masa umat
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
3
|
A
|
||
Sedangkan pada masa
pertengahan masa umat islam mengalami ...
A. Kemunduran
B. Perkembangan
C. Kejayaan
D. Masa-masa sulit
E. Masa-masa keemasan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Periode klasik
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
4
|
D
|
||
Periode klasik terjadi pada
tahun ...
A. 1250-1800 M
B. 1250-1500 M
C. 1700-1800 M
D. 650-1250 M
E. 1800- seterusnya
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan periode pertengahan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
5
|
E
|
||
Dibawah ini yang termasuk
periode pertengahan adalah ...
A. Fase ekspansi
B. Fase integrasi
C. Fase disintegrasi
D. Fase peradapan
E. Fase munculnya tiga kerajaan besar
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Periode modern
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
6
|
A
|
||
Periode modern merupakan
periode kebangkitan islam yang ditandai dengan munculnya ...
A. Para pembaru islam
B. Asimilasi antara bangsa-bangsa
C. Berdirinya bangunan-bangunan
D. Meluasnya wilayah kekuasaan islam
E. Pesatnya ilmu pengetahuan
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Periode pertengahan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
7
|
B
|
||
Periode pertengahan dibagi
menjadi .... fase
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan faktor internal yang mempengaruhi perkembangan
islam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
8
|
E
|
||
Dibawah ini yang bukan
merupakan faktor internal yang mempengaruhi perkembangan islam adalah ...
A. Konsisten dan istiqamah umat kepada ajaran
islam
B. Ajaran islam mendorong umatnya untuk maju
C. Islam sebagai rahmat seluruh alam
D. Islam sebagai agama dakwah
E. Gerakan penerjemah kitab-kitab asing
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan perkembangan islam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
9
|
A
|
||
Meluasnya wilayah kekuasaan
islam dan berdirinya bangunan-bangunan sebagai pusat dakwah islam termasuk
perkembangan islam pada masa ....
A. Daulah Umayyah
B. Daulah Abbasiyah
C. Kejayaan silam
D. Kemunduran islam
E. pertengahan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Fase munculnya tiga kerajaan besar
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
10
|
B
|
||
Fase munculnya tiga kerajaan
besar terjadi pada tahun ....
A. 650-1000 M
B. 1500-1800 M
C. 1700-1800 M
D. 650-1250 M
E. 1000-1250 M
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, ekonomi,
ilmu arsitektur dan militer
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
11
|
B
|
||
Pesatnya perkembangan ilmu
pengetahuan, ekonomi, ilmu arsitektur dan militer termasuk perkembangan islam
pada masa ...
A. Daulah Umayyah
B. Daulah Abbasiyah
C. Kejayaan islam
D. Kemunduran islam
E. pertengahan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan pendiri daulah bani umayyah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
12
|
B
|
||
Daulah umayyah pernah berdiri
dua kali. Adapun pendiri daulah bani umayyah periode pertama adalah ...
A. Abdurrahman ad Dakhil
B. Muawiyah bin Abu Sofyan
C. Khalid bin Walid
D. Ali bin Abi Talib
E. Al mansur
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hikmah mempelajari sejarah islam pada masa
kejayaan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
13
|
C
|
||
Berikut ini merupakan hikmah
mempelajari sejarah islam pada masa kejayaan, kecuali ...
A. Mencintai ilmu pengetahuan
B. Menghilangkan rasa minder untuk belajar dan
sebagai muslim
C. Memiliki semangat juang yang rendah
D. Menjunjung tinggi etika, moral, dan ilmu
pengetahuan
E. Mengeratkan hubungan antar sesama muslim
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Buku yang berjudul Ar Ra`yu Ahlu Al Madinah wa l
Fadilah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
14
|
E
|
||
Buku yang berjudul Ar Ra`yu
Ahlu Al Madinah wa l Fadilah merupakan karya ...
A. Ibnu Rusyd
B. Ibnu Sina
C. Al Khawarizmi
D. Al Gazali
E. Al Farabi
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim yang bernama Ibnu Rusyid
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
15
|
B
|
||
Pada masa kejayaan islam,
banyak lahir tokoh muslim. Salah satu tokoh muslim yang bernama Ibnu Rusyid
meninggal di negara ...
A. Spanyol
B. Maroko
C. Turki
D. Arab
E. Yunani
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan mengembangkan ilmu pengetahuan umum
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
16
|
B
|
||
Pada masa kejayaan, umat islam
mengembangkan ilmu pengetahuan umum dengan ...
A. Ijtihad
B. Mempelajari ilmu filsafat yunani
C. Membaca
D. Menolak menjadi pegawai pemerintah
E. Belajar ke cina
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam
pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Seorang dokter muda yang berhasil mengobati
pangeran samani
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
17
|
C
|
||
Seorang dokter muda yang
berhasil mengobati pangeran samani adalah ...
A. Ibnu jarir At tabary
B. Tabib bin Qurra
C. Ibnu Sina
D. Ibnu Rusyd
E. Jabir bin Hayyan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim yang menemukan jalan ketiga dari
bulan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
18
|
A
|
||
Berikut ini seorang tokoh
muslim yang menemukan jalan ketiga dari bulan adalah ...
A. Abul wafa
B. Al Fragenius
C. Al farazi
D. Tabib bin Qurra
E. Hurain bin Ishaq
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim dalam bidang matematika
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
19
|
B
|
||
Berikut ini merupakan
nama-nama tokoh muslim. Adapun tokoh muslim dalam bidang matematika adalah
...
A. Ibnu Bajah
B. Al Khawarizmi
C. Al Ghazali
D. Ibnu Jarir At tabary
E. Abul Wafa
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan faktor yang mempengaruhi kajayaan islam secara
eksternal
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
20
|
C
|
||
Berikut ini faktor yang
mempengaruhi kajayaan islam secara eksternal adalah ...
A. Mengembangkan ilmu agama dengan berijtihat
B. Ajaran islam mendorong umatnya untuk maju
C. Terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dengan
bangsa-bangsa lain yang telah maju
D. Islam sebagai agama dakwah yang mengajarkan
keseimbangan dalam menggapai kehidupan duniawi dan akhirat
E. Melaksanakan isi hadist
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
|
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
||||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
||||
Indikator : siswa mampu menyebutkan ilmu pengetahuan yang tidak dikuasi oleh Al Kindi
|
||||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
||
21
|
E
|
|||
Berikut ilmu pengetahuan yang
tidak dikuasi oleh Al Kindi adalah ...
A. Logika
B. Astronomi
C. Kedokteran
D. Politik
E. Seni ukir
|
||||
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim yang memiliki julukan Hujjatul Islam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
22
|
E
|
||
Seorang tokoh muslim yang
memiliki julukan Hujjatul Islam adalah ...
A. Ibnu Rusyd
B. Ibnu Tufail
C. Ar razi
D. Ibnu Sina
E. Al Gazali
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan salah satu karya Ibnu Sina
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
23
|
B
|
||
Berikut ini yang merupakan
salah satu karya Ibnu Sina adalah ...
A. Ihya Ulumud Din
B. Al qanun fi At Tib
C. Kitab Bidayat Al Mujtahid
D. Kuliyat fi At Tib
E. Tahaful Al Falasifah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan salah satu filsuf muslim terkenal
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
24
|
D
|
||
Berikut ini yang merupakan
salah satu filsuf muslim terkenal adalah ...
A. Harus Al rasyid
B. Imam Syafi`i
C. Al Mansur
D. Ibnu Rusyd
E. Jabir bin hayyan
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim dalam bidang kedokteran
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
25
|
C
|
||
Dibawah ini yang bukan
merupakan tokoh muslim dalam bidang kedokteran adalah ...
A. Hurain bin ishaq
B. Tabib bin Qurra
C. Ibnu Atiah Al Andalusy
D. Jabir bin Hayyan
E. Ar Razi
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Cendekiawan muslim yang menciptakan Astro Lobe
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
26
|
A
|
||
Cendekiawan muslim yang
menciptakan Astro Lobe adalah ...
A. Al Farazi
B. Al Gattani
C. Abul Wafa
D. Al Fargani
E. Abu Daud
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam
pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh yang ahli dalam bidang seni ukir
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
27
|
B
|
||
Didalam bidang seni ukir
terdapat tokoh yang ahli dalam bidang tersebut adalah ...
A. Badr dan abul wafa
B. Badr dan Tarif
C. Tarif dan Al Kindi
D. Tarif dan Jabir
E. As Suda dan Tarif
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan bukan tokoh islam ahli dalam bidang ilmu hadist
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
28
|
C
|
||
Dibawah ini yang bukan tokoh
islam ahli dalam bidang ilmu hadist adalah ...
A. Imam Bukhari
B. Imam Muslim
C. Abul Wafa
D. Ibnu Majah
E. Abu Daud
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan faktor penyebab kejayaan islam pada masa lalu
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
29
|
B
|
||
Dibawah ini yang tidak
termasuk faktor penyebab kejayaan islam pada masa lalu adalah ...
A. Semangat untuk menerjemahkan buku-buku
berbahasa Yunani yang penuh dengan ilmu pengetahuan
B. Semangat untuk mempertahankan keyakinan yang
bersifat khurafat dan tahayul
C. Semangat untuk menjalankan perintah Allah SWT
D. Semangat mengkaji ilmu-ilmu pengetahuan
E. Semangat menulis dan menemukan ilmu-ilmu yang
baru dikembangkan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Kuliyat fi At Tib
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
30
|
D
|
||
Kuliyat fi At Tib merupakan
kitab yang membahas tentang ...
A. Hadist
B. Filsafat
C. Astronomi
D. Kedokteran
E. matematika
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan karya Ibnu Rusyd
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
31
|
D
|
||
Dibawah ini karya Ibnu Rusyd
adalah ....
A. Hujjatul Islam
B. Asy Syifa`
C. Al qanun fi At tib
D. Ihya Ulumuddin
E. Bidayat Al Mujtahid
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan wafatnya Al ghazali
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
32
|
A
|
||
Al ghazali wafat pada tahun
....
A. 505 H
B. 506 H
C. 507 H
D. 508 H
E. 509 H
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Kitab Tahafu Al falasifah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
33
|
C
|
||
Kitab Tahafu Al falasifah
adalah karya dari ...
A. Ibnu Sina
B. Al Farabi
C. Al Ghazali
D. Ibnu Rusyd
E. Al Kindi
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Kitab Bidayat Al Mujtahid
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
34
|
C
|
||
Kitab Bidayat Al Mujtahid
membahas tentang ...
A. Kedokteran
B. Astronomi
C. Fikih
D. Hadist
E. Filsafat
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan
islam pada masa kejayaan
|
|||
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tempat lahirnya Yakub bin Ishaq Al Kindi
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
35
|
D
|
||
Yakub bin Ishaq Al Kindi
lahir di ....
A. Damaskus
B. Maroko
C. Yunani
D. Kufah
E. Arab
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran :
islam pada masa kejayaan
Indikator :
siswa mampu menjelaskan periodesasi sejarah peradapan
islam
Butir Soal :
Jelaskan periodesasi sejarah peradapan islam yang
kamu ketahui !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1. Periode klasik (650-1250M)
a. Fase ekspansi dan integrasi (650-1000M)
b. Fase disintegarsi (100-1250M)
2. Periode pertengahan (1250-1800M)
a. Fase kemunduran (1250-1500M)
b. Fase munculnya tiga kerajaan besar
(1500-1800M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700M) dan zaman
kemunduran (1700-1800M)
3. Periode modern (1800-seterusnya)
Periode modern
merupakan periode kebangkitan islam yang ditandai dengan munculnya para
pembaru islam
|
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi
Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
Indikator : siswa mampu menjelaskan faktor lain yang mempengaruhi kejayaan islam
Butir Soal : Selain faktor internal dan eksternal, juga terdapat beberapa faktor lain
yang mempengaruhi kejayaan islam, sebutkan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Adanya gerakan ilmiah atau etos
keilmuan para ulama pada periode tersebut. Adapaun yang termasuk faktor
tersebut adalah
1.
Melaksanakan ajaran Alqur`an secara
maksimal
2.
Melaksanakan isi hadist
3.
Mengembangkan ilmu agama dengan
berijtihat, ilmu pengetahuan umum dengan mempelajari ilmu filsafat Yunani
4. Ulama berdiri sendiri serta menolak untuk menjadi pegawai pemerintah
|
2
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
8
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran :
islam pada masa kejayaan
Indikator :
siswa mampu menjelaskan kemajuan apa saja yang dicapai
Daulah Abbasiyah
Butir Soal : Sebutkan kemajuan apa saja yang dicapai Daulah Abbasiyah !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Perkembangan islam pada
masa Daulah abbasiyah ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan.
Kemajuan pada masa tersebut meliputi bidang ilmu pengetahuan, ekonomi, ilmu
bangunan (arsitektur)social dan militer
|
5
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran :
islam pada masa kejayaan
Indikator :
siswa mampu menjelaskan Ilmu apa sajakah yang dikuasi
oleh Ibnu Rusyd
Butir Soal : Ilmu apa sajakah yang dikuasi oleh Ibnu Rusyd ?
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Ibnu Rusyd menguasai ilmu fikih, ilmu kalam, sastra arab,
matematika, fisika astronomi, kedokteran dan filsafat
|
5
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran :
islam pada masa kejayaan
Indikator :
siswa mampu menjelaskan tokoh-tokoh muslim yang ahli
dalam ilmu tafsir
Butir Soal : Sebutka tokoh-tokoh muslim yang ahli dalam ilmu tafsir !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1. Ibnu Jarir At Tabary
2. Ibnu Atiah Al Andalusy
3. As Suda, muqatil bin Sulaiman
4. Muhammad bin Ishak
|
2
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
8
|
0 Comments