CONTOH KARTU SOAL SKI KELAS XI LENGKAP DENGAN KUNCI 2019




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

SATUAN PENDIDIKAN     : SMA/MA/SMK                   
PENYUSUN                          : LAILATUL MAJIDA
KELAS/SEMESTER             : XI/GANJIL             
UNIT KERJA                         : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN                        : SKI                          
TH. PELAJARAN                 : 2019-2020


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan fase perkembangan peradapan Islam

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
1
B

Secara garis besar fase perkembangan peradapan Islam dibagi menjadi ...
A.      2
B.      3
C.     4
D.     5
E.      6
















KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan
Indikator : siswa mampu menyebutkan masa klasik masa umat islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
2
C
Pada masa klasik masa umat islam mengalami ...
A.      Kemunduran
B.      Perkembangan
C.     Kejayaan
D.     Masa-masa sulit
E.      Masa-masa keemasan




No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan

Indikator : siswa mampu menyebutkan masa pertengahan masa umat

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
3
A
Sedangkan pada masa pertengahan masa umat islam mengalami ...
A.      Kemunduran
B.      Perkembangan
C.     Kejayaan
D.     Masa-masa sulit
E.      Masa-masa keemasan








KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Periode klasik

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
4
D

Periode klasik terjadi pada tahun ...
A.      1250-1800 M
B.      1250-1500 M
C.     1700-1800 M
D.     650-1250 M
E.      1800- seterusnya



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan periode pertengahan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
5
E
Dibawah ini yang termasuk periode pertengahan adalah ...
A.      Fase ekspansi
B.      Fase integrasi
C.     Fase disintegrasi
D.     Fase peradapan
E.      Fase munculnya tiga kerajaan besar







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Periode modern

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
6
A
Periode modern merupakan periode kebangkitan islam yang ditandai dengan munculnya ...
A.      Para pembaru islam
B.      Asimilasi antara bangsa-bangsa
C.     Berdirinya bangunan-bangunan
D.     Meluasnya wilayah kekuasaan islam
E.      Pesatnya ilmu pengetahuan



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Periode pertengahan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
7
B
Periode pertengahan dibagi menjadi .... fase
A.      1
B.      2
C.     3
D.     4
E.      5








KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan faktor internal yang mempengaruhi perkembangan islam

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
8
E
Dibawah ini yang bukan merupakan faktor internal yang mempengaruhi perkembangan islam adalah ...
A.      Konsisten dan istiqamah umat kepada ajaran islam
B.      Ajaran islam mendorong umatnya untuk maju
C.     Islam sebagai rahmat seluruh alam
D.     Islam sebagai agama dakwah
E.      Gerakan penerjemah kitab-kitab asing



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan perkembangan islam

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
9
A
Meluasnya wilayah kekuasaan islam dan berdirinya bangunan-bangunan sebagai pusat dakwah islam termasuk perkembangan islam pada masa ....
A.      Daulah Umayyah
B.      Daulah Abbasiyah
C.     Kejayaan silam
D.     Kemunduran islam
E.      pertengahan






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Fase munculnya tiga kerajaan besar

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
10
B

Fase munculnya tiga kerajaan besar terjadi pada tahun ....
A.      650-1000 M
B.      1500-1800 M
C.     1700-1800 M
D.     650-1250 M
E.      1000-1250 M



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, ekonomi, ilmu arsitektur dan militer

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
11
B
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, ekonomi, ilmu arsitektur dan militer termasuk perkembangan islam pada masa ...
A.      Daulah Umayyah
B.      Daulah Abbasiyah
C.     Kejayaan islam
D.     Kemunduran islam
E.      pertengahan







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan pendiri daulah bani umayyah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
12
B
Daulah umayyah pernah berdiri dua kali. Adapun pendiri daulah bani umayyah periode pertama adalah ...
A.      Abdurrahman ad Dakhil
B.      Muawiyah bin Abu Sofyan
C.     Khalid bin Walid
D.     Ali bin Abi Talib
E.      Al mansur



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan hikmah mempelajari sejarah islam pada masa kejayaan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
13
C
Berikut ini merupakan hikmah mempelajari sejarah islam pada masa kejayaan, kecuali ...
A.      Mencintai ilmu pengetahuan
B.      Menghilangkan rasa minder untuk belajar dan sebagai muslim
C.     Memiliki semangat juang yang rendah
D.     Menjunjung tinggi etika, moral, dan ilmu pengetahuan
E.      Mengeratkan hubungan antar sesama muslim






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Buku yang berjudul Ar Ra`yu Ahlu Al Madinah wa l Fadilah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
14
E
Buku yang berjudul Ar Ra`yu Ahlu Al Madinah wa l Fadilah merupakan karya ...
A.      Ibnu Rusyd
B.      Ibnu Sina
C.     Al Khawarizmi
D.     Al Gazali
E.      Al Farabi



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim yang bernama Ibnu Rusyid

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
15
B
Pada masa kejayaan islam, banyak lahir tokoh muslim. Salah satu tokoh muslim yang bernama Ibnu Rusyid meninggal di negara ...
A.      Spanyol
B.      Maroko
C.     Turki
D.     Arab
E.      Yunani






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan mengembangkan ilmu pengetahuan umum

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
16
B
Pada masa kejayaan, umat islam mengembangkan ilmu pengetahuan umum dengan ...
A.      Ijtihad
B.      Mempelajari ilmu filsafat yunani
C.     Membaca
D.     Menolak menjadi pegawai pemerintah
E.      Belajar ke cina


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Seorang dokter muda yang berhasil mengobati pangeran samani

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
17
C
Seorang dokter muda yang berhasil mengobati pangeran samani adalah ...
A.      Ibnu jarir At tabary
B.      Tabib bin Qurra
C.     Ibnu Sina
D.     Ibnu Rusyd
E.      Jabir bin Hayyan










KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim yang menemukan jalan ketiga dari bulan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
18
A
Berikut ini seorang tokoh muslim yang menemukan jalan ketiga dari bulan adalah ...
A.      Abul wafa
B.      Al Fragenius
C.     Al farazi
D.     Tabib bin Qurra
E.      Hurain bin Ishaq



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim dalam bidang matematika

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
19
B
Berikut ini merupakan nama-nama tokoh muslim. Adapun tokoh muslim dalam bidang matematika adalah ...
A.      Ibnu Bajah
B.      Al Khawarizmi
C.     Al Ghazali
D.     Ibnu Jarir At tabary
E.      Abul Wafa






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan faktor yang mempengaruhi kajayaan islam secara eksternal

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
20
C
Berikut ini faktor yang mempengaruhi kajayaan islam secara eksternal adalah ...
A.      Mengembangkan ilmu agama dengan berijtihat
B.      Ajaran islam mendorong umatnya untuk maju
C.     Terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju
D.     Islam sebagai agama dakwah yang mengajarkan keseimbangan dalam menggapai kehidupan duniawi dan akhirat
E.      Melaksanakan isi hadist



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan ilmu pengetahuan yang tidak dikuasi oleh Al Kindi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
21
E
Berikut ilmu pengetahuan yang tidak dikuasi oleh Al Kindi adalah ...
A.      Logika
B.      Astronomi
C.     Kedokteran
D.     Politik
E.      Seni ukir




KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim yang memiliki julukan Hujjatul Islam

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
22
E
Seorang tokoh muslim yang memiliki julukan Hujjatul Islam adalah ...
A.      Ibnu Rusyd
B.      Ibnu Tufail
C.     Ar razi
D.     Ibnu Sina
E.      Al Gazali



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan salah satu karya Ibnu Sina

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
23
B
Berikut ini yang merupakan salah satu karya Ibnu Sina adalah ...
A.      Ihya Ulumud Din
B.      Al qanun fi At Tib
C.     Kitab Bidayat Al Mujtahid
D.     Kuliyat fi At Tib
E.      Tahaful Al Falasifah






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan salah satu filsuf muslim terkenal

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
24
D
Berikut ini yang merupakan salah satu filsuf muslim terkenal adalah ...
A.      Harus Al rasyid
B.      Imam Syafi`i
C.     Al Mansur
D.     Ibnu Rusyd
E.      Jabir bin hayyan



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh muslim dalam bidang kedokteran

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
25
C
Dibawah ini yang bukan merupakan tokoh muslim dalam bidang kedokteran adalah ...
A.      Hurain bin ishaq
B.      Tabib bin Qurra
C.     Ibnu Atiah Al Andalusy
D.     Jabir bin Hayyan
E.      Ar Razi







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Cendekiawan muslim yang menciptakan Astro Lobe

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
26
A
Cendekiawan muslim yang menciptakan Astro Lobe adalah ...
A.      Al Farazi
B.      Al Gattani
C.     Abul Wafa
D.     Al Fargani
E.      Abu Daud


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan tokoh yang ahli dalam bidang seni ukir

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
27
B
Didalam bidang seni ukir terdapat tokoh yang ahli dalam bidang tersebut adalah ...
A.      Badr dan abul wafa
B.      Badr dan Tarif
C.     Tarif dan Al Kindi
D.     Tarif dan Jabir
E.      As Suda dan Tarif








KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan bukan tokoh islam ahli dalam bidang ilmu hadist

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
28
C
Dibawah ini yang bukan tokoh islam ahli dalam bidang ilmu hadist adalah ...
A.      Imam Bukhari
B.      Imam Muslim
C.     Abul Wafa
D.     Ibnu Majah
E.      Abu Daud



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan faktor penyebab kejayaan islam pada masa lalu

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
29
B
Dibawah ini yang tidak termasuk faktor penyebab kejayaan islam pada masa lalu adalah ...
A.      Semangat untuk menerjemahkan buku-buku berbahasa Yunani yang penuh dengan ilmu pengetahuan
B.      Semangat untuk mempertahankan keyakinan yang bersifat khurafat dan tahayul
C.     Semangat untuk menjalankan perintah Allah SWT
D.     Semangat mengkaji ilmu-ilmu pengetahuan
E.      Semangat menulis dan menemukan ilmu-ilmu yang baru dikembangkan









KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Kuliyat fi At Tib

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
30
D
Kuliyat fi At Tib merupakan kitab yang membahas tentang ...
A.      Hadist
B.      Filsafat
C.     Astronomi
D.     Kedokteran
E.      matematika



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan karya Ibnu Rusyd

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
31
D
Dibawah ini karya Ibnu Rusyd adalah ....
A.      Hujjatul Islam
B.      Asy Syifa`
C.     Al qanun fi At tib
D.     Ihya Ulumuddin
E.      Bidayat Al Mujtahid







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan wafatnya Al ghazali

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
32
A
Al ghazali wafat pada tahun ....
A.      505 H
B.      506 H
C.     507 H
D.     508 H
E.      509 H



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Kitab Tahafu Al falasifah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
33
C
Kitab Tahafu Al falasifah adalah karya dari ...
A.      Ibnu Sina
B.      Al Farabi
C.     Al Ghazali
D.     Ibnu Rusyd
E.      Al Kindi



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan Kitab Bidayat Al Mujtahid

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
34
C
Kitab Bidayat Al Mujtahid membahas tentang ...
A.      Kedokteran
B.      Astronomi
C.     Fikih
D.     Hadist
E.      Filsafat



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran : islam pada masa kejayaan


Indikator : siswa mampu menyebutkan tempat lahirnya Yakub bin Ishaq Al Kindi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
35
D
Yakub bin Ishaq Al Kindi lahir di ....
A.      Damaskus
B.      Maroko
C.     Yunani
D.     Kufah
E.      Arab







PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran   : islam pada masa kejayaan
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan periodesasi sejarah peradapan islam
Butir Soal                    : Jelaskan periodesasi sejarah peradapan islam yang kamu ketahui !



PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Periode klasik (650-1250M)
a.       Fase ekspansi dan integrasi (650-1000M)
b.      Fase disintegarsi (100-1250M)
2.      Periode pertengahan (1250-1800M)
a.       Fase kemunduran (1250-1500M)
b.      Fase munculnya tiga kerajaan besar (1500-1800M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700M) dan zaman kemunduran (1700-1800M)
3.      Periode modern (1800-seterusnya)
Periode modern merupakan periode kebangkitan islam yang ditandai dengan munculnya para pembaru islam
2



2



2
















Skor Maksimum
6



PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran   : islam pada masa kejayaan
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan faktor lain yang mempengaruhi kejayaan islam
Butir Soal                    : Selain faktor internal dan eksternal, juga terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi kejayaan islam, sebutkan !


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

Adanya gerakan ilmiah atau etos keilmuan para ulama pada periode tersebut. Adapaun yang termasuk faktor tersebut adalah
1.      Melaksanakan ajaran Alqur`an secara maksimal
2.      Melaksanakan isi hadist
3.      Mengembangkan ilmu agama dengan berijtihat, ilmu pengetahuan umum dengan mempelajari ilmu filsafat Yunani
4.      Ulama berdiri sendiri serta menolak untuk menjadi pegawai pemerintah


2
2

2
2















Skor Maksimum
8






PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran   : islam pada masa kejayaan
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan kemajuan apa saja yang dicapai Daulah Abbasiyah
Butir Soal                    : Sebutkan kemajuan apa saja yang dicapai Daulah Abbasiyah !


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

Perkembangan islam pada masa Daulah abbasiyah ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan. Kemajuan pada masa tersebut meliputi bidang ilmu pengetahuan, ekonomi, ilmu bangunan (arsitektur)social dan militer

5




















Skor Maksimum
5





PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran   : islam pada masa kejayaan
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan Ilmu apa sajakah yang dikuasi oleh Ibnu Rusyd
Butir Soal                    : Ilmu apa sajakah yang dikuasi oleh Ibnu Rusyd ?



PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

Ibnu Rusyd menguasai ilmu fikih, ilmu kalam, sastra arab, matematika, fisika astronomi, kedokteran dan filsafat
5










Skor Maksimum
5





PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis perkembangan peradapan islam pada masa kejayaan
Materi Pembelajaran   : islam pada masa kejayaan
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan tokoh-tokoh muslim yang ahli dalam ilmu tafsir
Butir Soal                    : Sebutka tokoh-tokoh muslim yang ahli dalam ilmu tafsir !




PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Ibnu Jarir At Tabary
2.      Ibnu Atiah Al Andalusy
3.      As Suda, muqatil bin Sulaiman
4.      Muhammad bin Ishak
2
2
2
2

Skor Maksimum
8


Post a Comment

0 Comments