CONTOH KISI-KISI DAN SOAL ASWAJA KELAS X LENGKAP DENGAN KUNCI


KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.        Satuan Pendidikan                   : SMA/MA/SMK                                                                   
2.        Kurikulum Acuan                    : K13
3.        Mata Pelajaran                         : ASWAJA                                                                                            
4.        Alokasi Waktu                        : 90 Menit
5.        Jenis Ulangan                          : Ujian Tengah Semester Ganjil                                              
6.        8.    Jumlah Soal                      : 40
7.        8.1 Obyektif                            : 35                                                                                                                                         
8.2 Uraian                               : 5
8.        Kelas/Semestera                      : X/Ganjil                                                                                                                                                                               

NO
KOMPENTENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah

3.1.        Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia

Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
1.        Peserta didik mampu menguraikan penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
PG
1, 2, 3, 4





2.        Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
PG

5, 6, 7, 8, 9




3.        Peserta didik mampu menyebutkan strategi dan upaya pendekatan dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Uraian
1






4.        Peserta didik mampu menjelaskan sebuah kaidah yang dijadikan penguat strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Uraian
2





5.        Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia di bidang pemerintahan
Uraian
3




6.        Peserta didik mampu menyebutkan faham keislaman yang berkembang di Indonesia
PG
10, 11






7.        Peserta didik mampu membuktikan Ahlusunnah wal Jamaah sebagai faham keagamaan yang berkembang di Indonesia


PG
12, 13,








3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah

3.1.           Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
1.        Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
PG
14, 15, 16, 17, 18,19




2.        Peserta didik mampu menguraikan metode dan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah
PG
20








3.        Peserta didik mampu menyebutkan dan menjelaskan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ahdi bidang pendidikan
Uraian
4




4.        Peserta didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah

21, 22, 23, 24, 25


3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.        Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.
1.        Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Maulid Nabi
PG
26, 27




2.        Peserta didik mampu menguraikan sejarah dan keabsahan peringatan Maulid Nabi

28, 29




3.        Peserta didik mampu menjelaskan dalil-dalil peringatan maulid Nabi Muhammad saw.

30, 31




4.        Peserta didik mampu menganalisis hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
PG
32,




5.        Peserta didik mampu menyebutkan hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
Uraian
5




6.        Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Nabi

33







7.        Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Sahabat Nabi


34





8.        Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Ulama

35



Gresik,
Guru Mapel


…………………………

                                                                                


Aswaja 10
1.      Ahlusunnah Wal jamaah atau yang disingkat Aswaja merupakan istilah yang terdiri dari tiga suku kata, yaitu Ahlun, as sunnah dan Al Jama’ah. Arti kata Al Jama’ah adalah … .
A.    Jalan
B.     Kebersamaan
C.     Keluarga
D.    Jejak
E.     Sejarah
2.      Teori Gujarat berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A.    13
B.     14
C.     15
D.    16
E.     17
3.      Teori Makkah berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A.    5
B.     6
C.     7
D.    8
E.     9
4.      Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah… .
A.    Kerajaan Samudera Pasai
B.     Kesultanan Demak
C.     Kesultanan Banten
D.    Kerajaan Gowa-Tallo
E.     Kerajaan Bone
5.      Dalam cerita Jimat Kalimasodo diungkapkan bahwa setiap orang yang memiliki jimat Kalimasodo niscaya akan selamat hidupya di dunia maupun di akhirat kelak. Jimat Kalimasodo merupakan ungkapan simbolis tentang... .
A.    Allah dan Nabi Muhammad
B.     Alquran dan Shuhuf
C.     Dua Malaikat Penjaga
D.    Dua kalimat syahadat
E.     Dua arah mata angin
6.      Seorang tokoh di bawah ini yang paling mahir dalam pertunjukan wayang adalah… .
A.    Sunan Gresik
B.     Sunan Ampel
C.     Sunan Kalijogo
D.    Sunan Kudus
E.     Sunan Giri
7.      Dalam bidang ekonomi, pada tahap awal yang digunakan dalam proses islamisasi di Indonesia adalah… .
A.    Membangun pondok pesantren
B.     Perdagangan
C.     Pekawinan
D.    Pertunjukan wayang
E.     Pendidikan
8.      Penyebaran agama Islam melalui ajaran tashawuf lebih mudah diterima bangsa Indonesia terutama bagi mereka yang sebelumnya telah memiliki dasar-dasar ajaran kebathinan, apalagi jika dilihat dari sifat dan watak para ahli tashawuf yang lebih kompromistis, telaten, ramah dan penuh kasih sayang. Pendekatan dakwah model ini diperkirakan mulai sejak... .
A.    Abad 12 M
B.     Abad 13 M
C.     Abad 14 M
D.    Abad 15 M
E.     Abad 16 M
9.      Para muballigh Ahlusunnah wal Jama’ah selalu berusaha agar bangsa Indonesia menjadi pemeluk Islam yang sejati tetapi juga tidak kehilangan identitas dan jati diri ke-Indonesia-annya. Sikap ini merupakan implementasi dari sikap… .
A.    Tabarukan
B.     Tawasul
C.     Tasamuh
D.    Tahayyul
E.     Tahilan
10.  Amaliyah keagamaan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Islam Indonesia menurut madzhab Syafi’i, antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali… .
A.    Membaca doa Qunut pada sholat Subuh
B.     Bersalaman setelah selesai sholat
C.     Sholat Idul Fitri dan Idul Adha di Masjid
D.    Tidak membaca Basmalah dalam surat al Fatihah pada Sholat
E.     Mengeraskan bacaan basmalah pada sholat jahriyah
11.  Hadist di bawah ini menjadi dasar hukum tentang... .
عن أنس ابن مالك قال : مَا زَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْنُتُ في الْفَجْرِ حَتّي فَارَقَ الدّنيا
A.    Bersalaman setelah selesai sholat
B.     Mengeraskan bacaan basmalah pada sholat jahriyah
C.     Bilal Jumat menyerahkan tongkat pada khotib
D.    Doa Qunut pada sholat subuh
E.     Sholat Id di masjid
F.      Tabarukan
12.  Di desa Leran Gresik terdapat makam tua yang panjang, adalah makam... .
A.    Fatimah binti Marwan
B.     Fatimah binti Maimun
C.     Fatimah binti Maimun bin Hujatullah
D.    Fatimah binti Maimun bin Habibullah
E.     Fatimah binti Maimun bin Haibatallah
13.  Setiap Mazhab memiliki kitab Fiqih sebagai pedoman dan rujukan. Demikian pula Mazhab Imam Syafi’i. Berikut ini yang termasuk kitab karya Imam Syafi’i adalah... .
A.    Ar Risalah dan Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah
B.      Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Al Umm
C.     Ar Risalah dan Ihya’ Ulumuddin
D.    Ar Risalah dan Al Umm
E.     Al Umm dan Ihya’ Ulumuddin
14.  Di Jawa, penyebaran Agama Islam dilakukan oleh para muballigh profesional yang dikenal dengan...
A.    Wali Songo
B.     Wali Pitu
C.     Wali Telu
D.    Wali Quthub
E.     Wali Abdal
15.  Ayah Sunan Kalijaga adalah... .
A.    Raden Usman Haji
B.     Raden Sahur Tumenggung Wilotikto
C.     Maulana Ishaq
D.    Sunan Ampel
E.     Sunan Muria
16.  Sunan Muria adalah putera dari... .
A.    Sunan Ampel
B.      Sunan Kudus
C.     Sunan Giri
D.    Sunan Bonang
E.     Sunan Kalijaga
17.  Sunan Bonang dan Sunan Drajat adalah putera Sunan Ampel dari perkawinannya dengan... .
A.    Nyai Ageng Pinatih
B.     Nyai Halimah
C.     Nyai Ageng Manila
D.    Nyai Royyani
E.     Nyai Ageng Nuriyah
18.  Hadrotus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan Santri dari... .
A.    Mbah Kholil Bangkalan
B.     Mbah Manab Lirboyo
C.     Mbah Basyir Jekulo Kudus
D.    Mbah Dalhar Watu Congol Gunung Pring Magelang
E.     Mbah Moen Zubair Rembang
19.  Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal... .
A.    19 Oktober
B.     20 Oktober
C.     21 Oktober
D.    22 Oktober
E.     23 Oktober
20.  Lembaga Pendidikan Islam tertua di Jawa dikenal dengan nama... .
A.    Surau
B.     Dayah
C.     Meunasah
D.    Madrasah
E.     Pesantren
21.  Salah satu di antara pelajaran yang diberikan para Ulama dalam kegiatan berdakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah, yakni berdakwah bil hikmah, artinya... .
A.    Dakwah dengan pitutur yang baik
B.     Dakwah dengan bertukar pikiran
C.     Dakwah dengan perbuatan
D.    Dakwah dengan berdiskusi
E.     Dakwah dengan memberikan keterangan yang tegas dan lugas
22.  Dakwah yang dilakukan dengan kunjungan silaturrohim, menjenguk jamaah yang sakit, melayat, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, merupakan salah satu dakwah dengan cara... .
A.    Mauidhoh hasanah
B.     Jidal
C.     Dakwah bil Hikmah
D.    Dakwah bil Kitabah
E.     Dakwah bil Haal
23.  Dakwah yang dilakukan oleh pengikut Ahlussunnah Wal Jama’ah dewasa ini hendaknya lebih meningkatkan usaha-usaha sosial secara nyata dan tepat sasaran agar dapat mengatasi problema-problema sosial yang dihadapi oleh umat Islam, terutama dalam bidang... .
A.    Pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan
B.     Pementasan dan penayangan media audio-visual
C.     Pameran dan publikasi lukisan
D.    Ceramah di tempat strategis
E.     Ceramah di media Sosial
24.  Salah satu dakwah NU melalui penayangan mediia audio-visual adalah dengan cara membuat siaran TV, yakni... .
A.    INews
B.     MTV
C.     TV9
D.    NetTV
E.     JTV
25.  @nahdlatuloelama adalah akun Instagram resmi PBNU yang dikelola oleh Tim kesekjenan PBNU, website www.nu.or.id dan aplikasi NU Mobile, diciptakan dengan tujuan... .
A.    Menyebarkan Hoax
B.     Aktivitas dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah
C.     Menyemarakkan media sosial
D.    Mendukung parpol tertentu
E.     Menggalang dana korban Tsunami Palu
26.  Kata Maulid atau Milad dalam Bahasa Arab berarti... .
A.    Hari baik
B.     Hari lahir
C.     Hari raya
D.    Hari duka
E.     Hari gembira
27.  Nabi SAW lahir pada tanggal... .
A.    08 Rabiul Awal
B.     09 Rabiul Awal
C.     10 Rabiul Awal
D.    11 Rabiul Awal
E.     12 Rabiul Awal
28.  Dalam kitab Imam Ibnu Katsir dalam kitab Tarikh Al Bidayah wan Nihayah diterangkan bahwa seorang Gubernur Kepala Daerah Ibril mengadakan perayaan maulid nabi besar-besaran. Siapakah nama Gubernur tersebut... .
A.    Husnul Maqoshid
B.     Ibn Khallikan
C.     Muzhaffaruddin Al Kukburi
D.    Sibt Ibnu Jauzi
E.     Imam Al Hafizh Ibnu Dihyah
29.  Karya Imam Suyuthi yang khusus membahas Maulid berjudul… .
A.    Su’ul Maqoshid Fi ‘Amali Maulid
B.     Su’ul Khotimah Fi ‘Amali Maulid
C.     Husnul Khotimah Fi ‘Amali Maulid
D.    Husnul Maqashid Fi ‘Amali Maulid
E.     Husnul Maqashid Fi ‘Amali Bid’ah
30.  Memperingti Maulid Nabi Muhammad saw. merupakan ungkapan rasa senang dan bahagia atas nikmat Allah saw. hal itu merupakan bentuk aplikasi terhadap firman Allah … .
A.    Ali Imron : 12
B.     Muhammad : 17
C.     Hud : 10
D.    Yusuf : 15
             E.   Yunus : 58


LEMBAR KUNCI JAWABAN
 

Mata Pelajaran                        : Aswaja         
K e l a s / Semester                  : X / Gasal      
Tingkatan                                : SMA/ MA / SMK    
 

I.       Soal Pilihan Ganda ( Bobot 70 % )
1
B

11
D

21
E

31
D
2
A
12
E
22
E
32
B
3
C
13
D
23
A
33
C
4
A
14
A
24
C
34
A
5
D
15
B
25
B
35
A
6
C
16
E
26
B


7
B
17
C
27
E


8
B
18
A
28
C


9
C
19
D
29
D


10
D
20
E
30
E



Skor Maksimal : 70
 
 



II. Soal Uraian
SOAL NOMOR : 1
URAIAN JAWABAN

SKOR
1.      Pendekatan perdagangan
2.      Pendekatan Seni dan Budaya
3.      Pendekatan politik/pemerintahan
4.      Pendekatan perkawinan
5.      Pendekatan pendidikan
6.      Pendekatan Tashawuf

1
1
1
1
1
1

JUMLAH SKOR MAKSIMAL
6


SOAL NOMOR : 2
URAIAN JAWABAN

SKOR
Para Muballigh senantiasa bertekad memelihara nilai lama yang baik dan mencari nilai baru yang lebih baik.





JUMLAH SKOR MAKSIMAL
5


SOAL NOMOR : 3
URAIAN JAWABAN
SKOR
          
Seorang raja memiliki kekuasaan dan pengaruh yang besar dan memegang peranan penting dalam proses penyebaran agama Islam. Jika raja sebuah kerajaan memeluk Islam, maka rakyatnya kan memeluk Islam juga. Alasannya karena rakyat memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap rajanya. Demi kepentingan politik maka raja akan mengadakan perluasan wilayah kerajaan, yang diikuti dengan penyebaran  agama Islam.






JUMLAH SKOR MAKSIMAL
5


SOAL NOMOR : 4
URAIAN JAWABAN
SKOR
  1. Pondok,
Sebuah pondok pada dasarnya merupakan sebuah asrama pendidikan Islam tradisional di mana para siswanya (santri) tinggal bersama di bawah bimbingan seorang atau lebih guru yang lebih dikenal dengan Kyai
  1. Masjid,
Masjid merupakan elemen yang tak dapat dipisahkan dengan pesantren dan dianggap sebagai tempat yang paling tepat untuk mendidik para santri, terutama dalam praktik ibadah lima waktu, khotbah dan salat Jumat dan pengajaran kitab-kitab Islam klasik.
  1. Kitab Kuning,
Sejak tumbuhnya pesantren, pengajaran kitab-kitab klasik diberikan sebagai upaya untuk meneruskan tujuan utama pesantren yaitu mendidik calon-calon ulama yang setia terhadap paham Islam tradisional. Karena itu kitab-kitab Islam klasik merupakan bagian integral dari nilai dan paham pesantren yang tidak dapat dipisah-pisahkan.
  1. Santri,
Santri merupakan sebutan bagi para siswa yang belajar mendalami agama di pesantren
  1. Kiyai,
Kyai berkedudukan sebagai tokoh sentral dalam tata kehidupan pesantren, sekaligus sebagai pemimpin pesantren

2



2



2





2



2


JUMLAH SKOR MAKSIMAL
10


SOAL NOMOR : 5
URAIAN JAWABAN
SKOR

1.      Untuk meneguhkan keimanan dan keyakinan dalam hati
2.      Agar dapat mengetahui mana yang haq dan mana yang bathil
3.      Untuk memberikan pengajaran kea rah peningkatan amal-amal kebajikan
4.      Sebagai pengingat bagi orang-orang mukmin atas jasa-jasa perjuangan Nabi Muhammad saw.

1
1
1
1

JUMLAH SKOR MAKSIMAL
4


Post a Comment

0 Comments