KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK
2.
Kurikulum Acuan :
K13
3.
Mata Pelajaran : ASWAJA
4.
Alokasi Waktu : 90 Menit
5.
Jenis Ulangan : Ujian Tengah
Semester Ganjil
6.
8. Jumlah Soal : 40
7.
8.1 Obyektif : 35
8.2 Uraian : 5
8.
Kelas/Semestera : X/Ganjil
NO
|
KOMPENTENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
JENIS SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT SOAL
|
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.
Memahami
Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
Strategi
Dakwah Islam Di Indonesia
|
1.
Peserta
didik mampu menguraikan penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di
Indonesia
|
PG
|
1, 2, 3, 4
|
|
|
|
|
2.
Peserta
didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di
Indonesia
|
PG
|
5, 6, 7, 8, 9
|
|
|
|
|
|
3.
Peserta
didik mampu menyebutkan strategi dan upaya pendekatan dakwah Islam Ahlusunnah
Wal Jama’ah di Indonesia
|
Uraian
|
1
|
|
|
|
|
|
4.
Peserta
didik mampu menjelaskan sebuah kaidah yang dijadikan penguat strategi dakwah
Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
Uraian
|
2
|
|
|
|
|
|
|
5.
Peserta
didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di
Indonesia di bidang pemerintahan
|
Uraian
|
3
|
|
|
|
|
6.
Peserta
didik mampu menyebutkan faham keislaman yang berkembang di Indonesia
|
PG
|
10, 11
|
|
|
|
|
|
7.
Peserta
didik mampu membuktikan Ahlusunnah wal Jamaah sebagai faham keagamaan yang
berkembang di Indonesia
|
PG
|
12, 13,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.
Memahami
Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
Peranan
Ulama’ dalam dakwah Islam
|
1.
Peserta
didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
|
PG
|
14, 15, 16, 17, 18,19
|
|
|
|
|
2.
Peserta
didik mampu menguraikan metode dan sarana Ulama dalam dakwah Islam
Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
PG
|
20
|
|
|
|
|
3.
Peserta
didik mampu menyebutkan dan menjelaskan sarana Ulama dalam dakwah Islam
Ahlussunnah Wal Jama’ahdi bidang pendidikan
|
Uraian
|
4
|
|
||
|
|
|
4.
Peserta
didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah
dalam berdakwah
|
|
21, 22, 23, 24, 25
|
|
|
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.
Memahami
Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw.
|
Peringatan
Maulid Nabi Muhammad saw.
|
1.
Peserta
didik mampu menjelaskan pengertian Maulid Nabi
|
PG
|
26, 27
|
|
|
|
|
2.
Peserta
didik mampu menguraikan sejarah dan keabsahan peringatan Maulid Nabi
|
|
28, 29
|
|
|
|
|
|
3.
Peserta
didik mampu menjelaskan dalil-dalil peringatan maulid Nabi Muhammad saw.
|
|
30, 31
|
|
|
|
|
|
4.
Peserta
didik mampu menganalisis hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
|
PG
|
32,
|
|
|
|
|
|
5.
Peserta
didik mampu menyebutkan hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
|
Uraian
|
5
|
|
|
|
|
|
6.
Peserta
didik mampu menjabarkan sikap menghormati Nabi
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
7.
Peserta
didik mampu menjabarkan sikap menghormati Sahabat Nabi
|
|
34
|
|
|
|
|
|
8.
Peserta
didik mampu menjabarkan sikap menghormati Ulama
|
|
35
|
|
Gresik,
Guru Mapel
…………………………
Aswaja 10
1.
Ahlusunnah
Wal jamaah atau yang disingkat Aswaja merupakan istilah yang terdiri dari tiga
suku kata, yaitu Ahlun, as sunnah dan Al Jama’ah. Arti kata Al Jama’ah adalah …
.
A. Jalan
B. Kebersamaan
C. Keluarga
D. Jejak
E. Sejarah
2. Teori
Gujarat berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A. 13
B. 14
C. 15
D. 16
E. 17
3. Teori
Makkah berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9
4. Kerajaan
Islam pertama di Indonesia adalah… .
A. Kerajaan
Samudera Pasai
B. Kesultanan
Demak
C. Kesultanan
Banten
D. Kerajaan
Gowa-Tallo
E. Kerajaan
Bone
5.
Dalam
cerita Jimat Kalimasodo diungkapkan bahwa setiap orang yang memiliki jimat
Kalimasodo niscaya akan selamat hidupya di dunia maupun di akhirat kelak. Jimat
Kalimasodo merupakan ungkapan simbolis tentang... .
A.
Allah
dan Nabi Muhammad
B.
Alquran
dan Shuhuf
C.
Dua
Malaikat Penjaga
D.
Dua
kalimat syahadat
E.
Dua
arah mata angin
6. Seorang
tokoh di bawah ini yang paling mahir dalam pertunjukan wayang adalah… .
A. Sunan
Gresik
B. Sunan
Ampel
C. Sunan
Kalijogo
D. Sunan
Kudus
E. Sunan
Giri
7. Dalam
bidang ekonomi, pada tahap awal yang digunakan dalam proses islamisasi di
Indonesia adalah… .
A. Membangun
pondok pesantren
B. Perdagangan
C. Pekawinan
D. Pertunjukan
wayang
E. Pendidikan
8.
Penyebaran
agama Islam melalui ajaran tashawuf lebih mudah diterima bangsa Indonesia
terutama bagi mereka yang sebelumnya telah memiliki dasar-dasar ajaran
kebathinan, apalagi jika dilihat dari sifat dan watak para ahli tashawuf yang
lebih kompromistis, telaten, ramah dan penuh kasih sayang. Pendekatan dakwah
model ini diperkirakan mulai sejak... .
A.
Abad
12 M
B.
Abad
13 M
C.
Abad
14 M
D.
Abad
15 M
E.
Abad
16 M
9. Para
muballigh Ahlusunnah wal Jama’ah selalu berusaha agar bangsa Indonesia menjadi
pemeluk Islam yang sejati tetapi juga tidak kehilangan identitas dan jati diri
ke-Indonesia-annya. Sikap ini merupakan implementasi dari sikap… .
A. Tabarukan
B. Tawasul
C. Tasamuh
D. Tahayyul
E. Tahilan
10. Amaliyah
keagamaan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Islam Indonesia menurut
madzhab Syafi’i, antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali… .
A. Membaca
doa Qunut pada sholat Subuh
B. Bersalaman
setelah selesai sholat
C. Sholat
Idul Fitri dan Idul Adha di Masjid
D. Tidak
membaca Basmalah dalam surat al Fatihah pada Sholat
E. Mengeraskan
bacaan basmalah pada sholat jahriyah
11. Hadist di bawah ini menjadi dasar hukum tentang... .
عن أنس ابن مالك قال : مَا زَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله
عليه وسلم يَقْنُتُ في الْفَجْرِ حَتّي فَارَقَ الدّنيا
A.
Bersalaman
setelah selesai sholat
B.
Mengeraskan
bacaan basmalah pada sholat jahriyah
C.
Bilal Jumat
menyerahkan tongkat pada khotib
D.
Doa Qunut pada
sholat subuh
E.
Sholat Id di
masjid
F. Tabarukan
12. Di desa Leran Gresik terdapat makam tua yang panjang,
adalah makam... .
A.
Fatimah
binti Marwan
B.
Fatimah
binti Maimun
C.
Fatimah
binti Maimun bin Hujatullah
D.
Fatimah
binti Maimun bin Habibullah
E.
Fatimah
binti Maimun bin Haibatallah
13. Setiap Mazhab memiliki kitab Fiqih sebagai pedoman dan
rujukan. Demikian pula Mazhab Imam Syafi’i. Berikut ini yang termasuk kitab
karya Imam Syafi’i adalah... .
A.
Ar
Risalah dan Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah
B.
Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Al Umm
C.
Ar
Risalah dan Ihya’ Ulumuddin
D.
Ar
Risalah dan Al Umm
E.
Al
Umm dan Ihya’ Ulumuddin
14. Di Jawa, penyebaran Agama Islam dilakukan oleh para
muballigh profesional yang dikenal dengan...
A.
Wali
Songo
B.
Wali
Pitu
C.
Wali
Telu
D.
Wali
Quthub
E.
Wali
Abdal
15. Ayah Sunan Kalijaga adalah... .
A.
Raden
Usman Haji
B.
Raden
Sahur Tumenggung Wilotikto
C.
Maulana
Ishaq
D.
Sunan
Ampel
E.
Sunan
Muria
16. Sunan Muria adalah putera dari... .
A.
Sunan
Ampel
B.
Sunan Kudus
C.
Sunan
Giri
D.
Sunan
Bonang
E.
Sunan
Kalijaga
17. Sunan Bonang dan Sunan Drajat adalah putera Sunan Ampel dari
perkawinannya dengan... .
A.
Nyai
Ageng Pinatih
B.
Nyai
Halimah
C.
Nyai
Ageng Manila
D.
Nyai
Royyani
E.
Nyai
Ageng Nuriyah
18. Hadrotus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan Santri
dari... .
A.
Mbah
Kholil Bangkalan
B.
Mbah
Manab Lirboyo
C.
Mbah
Basyir Jekulo Kudus
D.
Mbah
Dalhar Watu Congol Gunung Pring Magelang
E.
Mbah
Moen Zubair Rembang
19. Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal... .
A.
19
Oktober
B.
20
Oktober
C.
21
Oktober
D.
22
Oktober
E.
23
Oktober
20. Lembaga Pendidikan Islam tertua di Jawa dikenal dengan
nama... .
A.
Surau
B.
Dayah
C.
Meunasah
D.
Madrasah
E.
Pesantren
21. Salah satu di antara pelajaran yang diberikan para Ulama
dalam kegiatan berdakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah, yakni berdakwah bil hikmah,
artinya... .
A.
Dakwah
dengan pitutur yang baik
B.
Dakwah
dengan bertukar pikiran
C.
Dakwah
dengan perbuatan
D.
Dakwah
dengan berdiskusi
E.
Dakwah
dengan memberikan keterangan yang tegas dan lugas
22. Dakwah yang dilakukan dengan kunjungan silaturrohim,
menjenguk jamaah yang sakit, melayat, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan,
merupakan salah satu dakwah dengan cara... .
A.
Mauidhoh
hasanah
B.
Jidal
C.
Dakwah
bil Hikmah
D.
Dakwah
bil Kitabah
E.
Dakwah
bil Haal
23. Dakwah yang dilakukan oleh pengikut Ahlussunnah Wal
Jama’ah dewasa ini hendaknya lebih meningkatkan usaha-usaha sosial secara nyata
dan tepat sasaran agar dapat mengatasi problema-problema sosial yang dihadapi
oleh umat Islam, terutama dalam bidang... .
A.
Pendidikan,
kesehatan, dan kesejahteraan
B.
Pementasan
dan penayangan media audio-visual
C.
Pameran
dan publikasi lukisan
D.
Ceramah
di tempat strategis
E.
Ceramah
di media Sosial
24. Salah satu dakwah NU melalui penayangan mediia
audio-visual adalah dengan cara membuat siaran TV, yakni... .
A.
INews
B.
MTV
C.
TV9
D.
NetTV
E.
JTV
25. @nahdlatuloelama adalah akun Instagram resmi PBNU yang
dikelola oleh Tim kesekjenan PBNU, website www.nu.or.id dan aplikasi NU Mobile,
diciptakan dengan tujuan... .
A.
Menyebarkan
Hoax
B.
Aktivitas
dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah
C.
Menyemarakkan
media sosial
D.
Mendukung
parpol tertentu
E.
Menggalang
dana korban Tsunami Palu
26. Kata Maulid atau Milad dalam Bahasa Arab berarti... .
A.
Hari
baik
B.
Hari
lahir
C.
Hari
raya
D.
Hari
duka
E.
Hari
gembira
27. Nabi SAW lahir pada tanggal... .
A.
08
Rabiul Awal
B.
09
Rabiul Awal
C.
10
Rabiul Awal
D.
11
Rabiul Awal
E.
12
Rabiul Awal
28. Dalam kitab Imam Ibnu Katsir dalam kitab Tarikh Al
Bidayah wan Nihayah diterangkan bahwa seorang Gubernur Kepala Daerah Ibril
mengadakan perayaan maulid nabi besar-besaran. Siapakah nama Gubernur
tersebut... .
A.
Husnul
Maqoshid
B.
Ibn
Khallikan
C.
Muzhaffaruddin
Al Kukburi
D.
Sibt
Ibnu Jauzi
E.
Imam
Al Hafizh Ibnu Dihyah
29. Karya
Imam Suyuthi yang khusus membahas Maulid berjudul… .
A. Su’ul
Maqoshid Fi ‘Amali Maulid
B. Su’ul
Khotimah Fi ‘Amali Maulid
C. Husnul
Khotimah Fi ‘Amali Maulid
D. Husnul
Maqashid Fi ‘Amali Maulid
E. Husnul
Maqashid Fi ‘Amali Bid’ah
30. Memperingti
Maulid Nabi Muhammad saw. merupakan ungkapan rasa senang dan bahagia atas
nikmat Allah saw. hal itu merupakan bentuk aplikasi terhadap firman Allah … .
A. Ali
Imron : 12
B. Muhammad
: 17
C. Hud
: 10
D. Yusuf
: 15
E. Yunus : 58
LEMBAR KUNCI JAWABAN
Mata Pelajaran : Aswaja
K e l a s /
Semester : X / Gasal
Tingkatan : SMA/ MA / SMK
I. Soal Pilihan Ganda ( Bobot 70 % )
1
|
B
|
|
11
|
D
|
|
21
|
E
|
|
31
|
D
|
2
|
A
|
12
|
E
|
22
|
E
|
32
|
B
|
|||
3
|
C
|
13
|
D
|
23
|
A
|
33
|
C
|
|||
4
|
A
|
14
|
A
|
24
|
C
|
34
|
A
|
|||
5
|
D
|
15
|
B
|
25
|
B
|
35
|
A
|
|||
6
|
C
|
16
|
E
|
26
|
B
|
|
|
|||
7
|
B
|
17
|
C
|
27
|
E
|
|
|
|||
8
|
B
|
18
|
A
|
28
|
C
|
|
|
|||
9
|
C
|
19
|
D
|
29
|
D
|
|
|
|||
10
|
D
|
20
|
E
|
30
|
E
|
|
|
|
II. Soal
Uraian
SOAL NOMOR : 1
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Pendekatan
perdagangan
2.
Pendekatan
Seni dan Budaya
3.
Pendekatan
politik/pemerintahan
4.
Pendekatan
perkawinan
5.
Pendekatan
pendidikan
6.
Pendekatan
Tashawuf
|
1
1
1
1
1
1
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
6
|
SOAL NOMOR : 2
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Para Muballigh senantiasa bertekad
memelihara nilai lama yang baik dan mencari nilai baru yang lebih baik.
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
5
|
SOAL NOMOR : 3
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Seorang raja memiliki kekuasaan
dan pengaruh yang besar dan memegang peranan penting dalam proses penyebaran
agama Islam. Jika raja sebuah kerajaan memeluk Islam, maka rakyatnya kan memeluk
Islam juga. Alasannya karena rakyat memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap
rajanya. Demi kepentingan politik maka raja akan mengadakan perluasan wilayah
kerajaan, yang diikuti dengan penyebaran
agama Islam.
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
5
|
SOAL NOMOR : 4
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Sebuah pondok pada dasarnya merupakan
sebuah asrama pendidikan Islam tradisional di mana para siswanya (santri)
tinggal bersama di bawah bimbingan seorang atau lebih guru yang lebih dikenal
dengan Kyai
Masjid merupakan elemen yang tak dapat
dipisahkan dengan pesantren dan dianggap sebagai tempat yang paling tepat
untuk mendidik para santri, terutama dalam praktik ibadah lima waktu, khotbah
dan salat Jumat dan pengajaran kitab-kitab Islam klasik.
Sejak tumbuhnya pesantren, pengajaran
kitab-kitab klasik diberikan sebagai upaya untuk meneruskan tujuan utama
pesantren yaitu mendidik calon-calon ulama yang setia terhadap paham Islam
tradisional. Karena itu kitab-kitab Islam klasik merupakan bagian integral
dari nilai dan paham pesantren yang tidak dapat dipisah-pisahkan.
Santri merupakan sebutan bagi para
siswa yang belajar mendalami agama di pesantren
Kyai berkedudukan sebagai tokoh sentral
dalam tata kehidupan pesantren, sekaligus sebagai pemimpin pesantren
|
2
2
2
2
2
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
10
|
SOAL NOMOR : 5
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Untuk meneguhkan keimanan dan
keyakinan dalam hati
2.
Agar dapat mengetahui mana
yang haq dan mana yang bathil
3.
Untuk memberikan pengajaran
kea rah peningkatan amal-amal kebajikan
4.
Sebagai pengingat bagi
orang-orang mukmin atas jasa-jasa perjuangan Nabi Muhammad saw.
|
1
1
1
1
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
4
|
0 Comments