KISI-KISI
PENULISAN SOAL
1.
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
2.
Mata
Pelajaran : Aswaja
3.
Jenis
Ulangan : Ujian
Tengah Semester Ganjil
4.
Kelas/Semester : XI/Ganjil
5.
Kurikulum Acuan :
K13
6.
Alokasi Waktu :
90 Menit
7.
Jumlah Soal :
40
8.
8.1 Obyektif :
35
8.2
Uraian : 5
NO
|
KOMPENTENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
JENIS SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT SOAL
|
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif
Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1. Memahami
proses muncul dan berkembangnya Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
Mengenal Ahlussunnah wal Jama’ah
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan latar belakang terbentuknya
faham Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
PG
|
1,
2, 3, 4
|
|
2.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Ahlussunnah
Wal Jama’ah menurut NU
|
Uraian
|
1
|
|
||||
3.
Peserta didik mampu menguraikan sejarah terbentuknya
firqah-firqah dalam Islam dan asal usul faham Aswaja
|
|
5,
6, 7, 8, 9, 10, 11
|
|
||||
4.
Peserta didik mampu menyebutkan prinsip-prinsip Aswaja
|
|
12,
13, 14, 15
|
|
||||
5.
Peserta didik mampu menjelaskan ajaran Aswaja dalam
bidang aqidah, fiqih, dan tashawuf
|
|
16,
17, 18
|
|
||||
6.
Peserta didik mampu menjelaskan ajaran tashawuf dalam
pandangan Islam
|
|
19
|
|
||||
7.
Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf
dalam pandangan para Ulama’
|
|
20
|
|
||||
|
|
|
|
8.
Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf
dalam pandangan Imam Al Ghazali
|
Uraian
|
2
|
|
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1. Memahami
akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah
|
Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah NU
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan penyampaian ajaran
Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus
|
|
21
|
|
2.
Peserta didik mampu menjelaskan konsep penyempaian
ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus
|
|
22
|
|
||||
3.
Peserta didik mampu menjelaskan tantangan yang dihadapi
dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|
23
|
|
||||
4.
Peserta didik mampu menguraikan tantangan yang dihadapi
dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|
24
|
|
||||
5.
Peserta didik mampu menjelasakan hirarki dalam
penyampaian ajaran Islam
|
Uraian
|
3
|
|
||||
6.
Peserta didik mampu menjelasakan strategi NU dalam
melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|
25
|
|
||||
7.
Peserta didik mampu menyebutkan strategi NU dalam
melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|
26
|
|
||||
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1. Memahami
firqah-firqah yang berkembang dalam
Islam
|
Firqah-firqah yang berkembang dalam Islam
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan latar
belakang timbulnya perbedaan pendapat di kalangan umat Islam
|
|
27
|
|
2.
Peserta didik mampu menjelaskan sebab-sebab
dan proses timbulnya firqa-firqah dalam Islam
|
|
28
|
|
||||
3.
Peserta didik mampu menjelaskan arti kata
Firqah
|
|
29
|
|
||||
4.
Peserta didik mampu menyebutkan dan
menjelaskan firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
|
Uraian
|
4
|
|
||||
5.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian
Ahlu ‘Adli wat Tauhid yang berkembang pada kaum Mu’tazilah
|
|
30
|
|
||||
6.
Peserta didik mampu menjelaskan metode
berpikir Asy’ariyah dan Maturidiyah
|
|
31
|
|
||||
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.
Memahami ijtihad dan taqliid beserta
batas-batasnya dan sumber hukumnya
|
Ijtihad dan Taqlid beserta batas-batasan dan
sumber hukumnya
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian
ijtihad menurut para tokoh
|
|
32
|
|
2.
Peserta didik mampu menyebutkan dasar hukum
ijtihad
|
|
33,
34
|
|
||||
3.
Peserta didik mampu menyebutkan dalil yang
menjelaskan sumber hukum Islam
|
Uraian
|
5
|
|
||||
4.
Peserta didik mampu menyebutkan cara ijtihad
dalam masalahyang tidak disebutkan secara harfiyah dalam Al Quran dan Sunnah
|
|
35
|
|
Gresik,
……………..
Guru Mapel
…………………………………..
1. Segala
sesuatu yang bersumber dari Nabi saw berupa perkataan, perbuatan, penetapan,
tabiat, budi pekerti, atau perjalanan hidupnya baik sebelum diangkat menjadi
Rasul maupun sesudahnya, disebut… .
A. Ahlu
B. Sunnah
C. Al
Jama’ah
D. Thabi’ah
E. Sirah
2. Ahlussunnah
Wal Jama’ah sering disingkat dengan Aswaja atau juga disebut
juga… .
A. Sunni
B. Khawarij
C. Mu’tazilah
D. Jabariyah
E. Qodariyah
3. Alhusunnah
wal Jamaah adalah golongan yang selaras dan sesuai dengan
ajaran Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya. Ciri-ciri mereka yang
dikategorikan Ahlusunnah wal Jamaah adalah mereka yang dalam bidang fiqih
mengikuti paham empat madzab, di bidang tasawuf mengikuti ajaran dari…
A. Imam
Abu al Hasan al Asy’ari
B. Abu
Mansur al Maturidi
C. Imam
Ahmad bin Hanbal dan Imam Malik
D. Syekh
Junaid al Baghdadi dan Imam al Ghazali
E. Imam
Syafi’I dan Imam Malik bin Anas
4. Dalam
kajian ilmu kalam, istilah Alhusunnah wal Jamaah digunakan untuk
membedakannya dari kelompok lain. Imam Murtadlo menyatakan “Apabila disebut
kaum Alhusunnah wal Jamaah , maka yang dimaksud adalah golongan… .
A. Asy’ariyah
dan Maturidiyah
B. Syiah
dan Khawarij
C. Murji’ah
dan
Mu’tazilah
D. Muhammad
bin Abdul Wahab
E. Al
Hudzailiyyah
5. Firqah
dalam Islam yang menolak penggunaan al Ijma’ sebagai sumber hukum
adalah…
A. Mu’tazilah
B. Ahlussunnah
C. Syiah
D. Murji’ah
E. Jabariyah
6. Kelompok
yang mengklaim sebagai para pendukung Ali bin Abi Tholib dan berpendapat bahwa
imamah adalah hak Ali bin Abi Tholib adalah…
A. Ahlussunnah
B. Syiah
C. Khawarij
D. Jabariyah
E. Mu’tazilah
7. Orang-orang
yang menyatakan keluar dari kepemimpinan Ali bin Abi Tholib setelah terjadinya
peristiwa Tahkim disebut…
A. Ahlussunnah
B. Syiah
C. Khawarij
D. Jabariyah
E. Mu’tazilah
8. Perang
Jamal adalah perang antara Sayyidina Ali dengan… .
A. Muawiyah
B. Abu
Musa Al Asy’ari
C. Amr
bin Ash
D. Abu
Qotadah
E. Aisyah
9. Disebut
perang Jamal karena… .
A. Muawiyah
mengendarai unta
B. Muawiyah
mengendarai kuda
C. Aisyah
mengendarai unta
D. Aisyah
mengendarai kuda
E. Amr
bin Ash mengagkat mushaf
10. Perang
Shiffin adalah perang antara Sayyidina Ali dengan… .
A. Abu
Qotadah
B. Aisyah
C. Muawiyah
D. Abu
Musa Al Asy’ari
E. Utsman
bin Affan
11. Hasil
dari tahkim yang diusulkan Amr bin Ash adalah… .
A. Ali
meletakkan jabatan
B. Muawiyah
mengalami kekalahan
C. Abu
Musa Al Asy’ari memenangkan tahkim
D. Amr
bi Ash mengalami kekalahan
E. Ali
memenangkan tahkim
12. Ahlussunnah
Wal Jama’ah memiliki empat prinsip, salah satunya yakni Tasamuh,
yang berarti… .
A. Jalan
tengah
B. Tegak
C. Toleran
D. Seimbang
E. Pertengahan
13. I’tidal
memiliki arti… .
A. Jalan
tengah
B. Tegak
C. Toleran
D. Seimbang
E. Pertengahan
14. Tidak
berat sebelah, dan tidak kelebihan satu unsure atau kekuarangan satu unsure
yang lain, adalah prinsip… .
A. Tawazun
B. I’tidal
C. Tasamuh
D. Taqlid
E. Tawasuth
15. Tawasuth
artinya…
A. Tidak
berat sebelah
B. Tegak
C. Toleran
D. Seimbang
E. Pertengahan
16. Penggalan
QS. Al Fath: 10
يَدُ اللهِ فَوْقَ أيْدِيْهِمْ
Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah
diartikan dengan… .
A.
Dzat Allah
B.
Keridlaan Allah
C.
Pengawasan Allah
D.
Kekuasaan Allah
E.
Ketetapan Allah
17. Pemikiran
kalam Al Maturidi dengnan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran
kalam aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A. Orang
beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan
kekal di neraka
B. Orang
beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tidak
akan kekal di neraka
C. Orang
beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di
neraka
D. Orang
beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya dan akan
kekal di neraka
E. Orang
beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi
tidak kekal di neraka
18. Pokok-pokok
keyakinan yang berkaitan dengan tauhid dan lain-lain menurut Ahlusunnah wal
Jamaah harus dilandasi oleh dalil dan argumentasi yang qoth’I dari?
A. Alqur’an,
Hadis, urf, Maslahah Mursalah
B. Alqur’an, Hadis, urf, qiyas
C. Alqur’an, Hadis, ijma’, Maslahah Mursalah
D. Alqur’an,
Hadis, ijma’, urf
E. Alqur’an, Hadis, ijma’, qiyas
19. Tashawuf
berasal dari kata “shafaa” yang berarti… .
A. Kotor
B. Bersih
C. Kasar
D. Bulu
E. Suci
20. Maqam
pertama dalam tashawuf menurut kebanyakan ulama ahli tashawuf adalah… .
A. Zuhud
B. Mahabbah
C. Taubah
D. Ridha
E. Tawakkal
21. Setelah
nabi wafat, penyampaian ajaran Islam dilanjutkan oleh… .
A. Tabi’in
B. Tabiit
Tabi’in
C. Jibril
D. Sahabat
E. Ulama
22. Untuk
menyelesaikan masalah yang semakin kompleks setelah keempat imam madzhab wafat
akhirnya ijtihad diteruskan oleh… .
A. Mujatahid
Mustaqil
B. Mujtahid
fil Madzhab
C. Mujtahid
Tarjih
D. Mujtahid
Muntasib
E. Mujtahid
Muthlaq
23. Dalam
rangka melestarikan, meneguhkan, dan mengembangkan Islam Ahlussunnah Wal
Jama’ah, sejak tahun 1926 para Ulama’ dan tokoh Ahlussunnah Wal
Jama’ah mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama… .
A. Ikhwanul
Muslimin
B. Hizbut
Tahrir
C. Nahdlotul
Ulama’
D. Ahmadiyah
Qadiniyah
E. Jama’ah
Tabligh
24. Berikut
adalah cara yang ditempuh dalam
melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah, kecuali... .
A. Menganjurkan penggunaan akal yang
sebebas-bebasnya
B. Mengetahui
hakikat Ahlussunnah Wal
Jama’ah
C. Mengetahui
prinsip-prinsip dasar Ahlussunnah
Wal Jama’ah
D. Mendahulukan Nash daripada Aql
E. Berguru
pada Kiayi Ahlussunnah Wal
Jama’ah
25. Latar
belakang terbentuknya NU adalah untuk mempertahankan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah yang eksistensinya
terancam ketiaka pemerintah Arab Saudi hendak menyatukan dunia Islam dengan
paham… .
A. Mu’tazilah
B. Wahabi
C. Maturidiyah
D. Asy’ariyah
E. Jabariyah
26. Salah
satu strategi NU dalam melestarikan
ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah dengan memberdayakan umat di bidang
pebdidikan yang dijalankan melalui lembaga yang bernama... .
A. Lajnah Falakiyah
B. Lembaga Sosial Mabarrot
C. Lembaga
Dakwah
D. Ikatan
Sarjana NU
E. LP Ma’arif
27. Yang
melatarbelakangi perbedaan pendapat di kalangan umat Islam adalah… .
A. Keserakahan
B. Melenceng
dari Al Qur’an
C. Situasi
politik
D. Sudut
pandang
E. Perpecahan
28. Sebab
terjadinya firqoh dalam Islam adalah… .
A. Situasi
ekonomi yang tidak kondusif
B. Situasi
politik yang terjadi
C. Situasi
perdagangan pada saat itu
D. Pengumpulan
Al Qur’an
E. Munculnya
sekte-sekte
29. Secara
bahasa, firqoh artinya… .
A. Keluarga
B. Golongan
C. Tindakan
D. Perpecahan
E. Politik
30. Apa
pengertian Ahlu ‘Adli wat Tauhid yang berkembang pada kaum Mu’tazilah?
A. Kelompok yang berada di atas kebenaran
B. Kelompok yang selamat
C. Orang-
orang yang mensucikan Allah
D. Kelompok
yang meniadakan
E. Kelompok yang bertauhid dan menegakkan keadilan
1 Comments
Untuk kunci jawabannya mana ya Kak,
ReplyDeleteTerimakasih