contoh KISI-KISI DAN SOAL ASWAJA KELAS XI LENGKAP DENGAN KUNCI



KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.        Satuan Pendidikan                   : SMA/MA                                                                                                              
2.        Mata Pelajaran                         : Aswaja                                                                                                  
3.        Jenis Ulangan                           : Ujian Tengah Semester Ganjil                                                                                               
4.        Kelas/Semester                        : XI/Ganjil               
5.        Kurikulum Acuan                    : K13                      
6.        Alokasi Waktu                         : 90 Menit
7.        Jumlah Soal                             : 40
8.        8.1 Obyektif                            : 35                                                                                                                         
8.2 Uraian                                                  : 5                                                                                                                                         

NO
KOMPENTENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL




3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah

3.1.   Memahami proses muncul dan berkembangnya Ahlussunnah Wal Jama’ah
Mengenal Ahlussunnah wal Jama’ah
1.        Peserta didik mampu menjelaskan latar belakang terbentuknya faham Ahlussunnah Wal Jama’ah
PG
1, 2, 3, 4

2.        Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Ahlussunnah Wal Jama’ah menurut NU
Uraian
1

3.        Peserta didik mampu menguraikan sejarah terbentuknya firqah-firqah dalam Islam dan asal usul faham Aswaja

5, 6, 7, 8, 9, 10, 11

4.        Peserta didik mampu menyebutkan prinsip-prinsip Aswaja

12, 13, 14, 15

5.        Peserta didik mampu menjelaskan ajaran Aswaja dalam bidang aqidah, fiqih, dan tashawuf

16, 17, 18

6.        Peserta didik mampu menjelaskan ajaran tashawuf dalam pandangan Islam

19

7.        Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf dalam pandangan para Ulama’

20





8.        Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf dalam pandangan Imam Al Ghazali
Uraian
2


3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.   Memahami akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah
Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah NU
1.        Peserta didik mampu menjelaskan penyampaian ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus

21

2.        Peserta didik mampu menjelaskan konsep penyempaian ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus

22

3.        Peserta didik mampu menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

23

4.        Peserta didik mampu menguraikan tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

24

5.        Peserta didik mampu menjelasakan hirarki dalam penyampaian ajaran Islam
Uraian
3

6.        Peserta didik mampu menjelasakan strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

25

7.        Peserta didik mampu menyebutkan strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

26


3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.   Memahami firqah-firqah yang berkembang  dalam Islam
Firqah-firqah yang berkembang  dalam Islam
1.        Peserta didik mampu menjelaskan latar belakang timbulnya perbedaan pendapat di kalangan umat Islam

27

2.        Peserta didik mampu menjelaskan sebab-sebab dan proses timbulnya firqa-firqah dalam Islam

28

3.        Peserta didik mampu menjelaskan arti kata Firqah

29

4.        Peserta didik mampu menyebutkan dan menjelaskan firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
Uraian
4

5.        Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Ahlu ‘Adli wat Tauhid yang berkembang pada kaum Mu’tazilah

30

6.        Peserta didik mampu menjelaskan metode berpikir Asy’ariyah dan Maturidiyah

31


3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.   Memahami ijtihad dan taqliid beserta batas-batasnya dan sumber hukumnya
Ijtihad dan Taqlid beserta batas-batasan dan sumber hukumnya
1.        Peserta didik mampu menjelaskan pengertian ijtihad menurut para tokoh

32

2.        Peserta didik mampu menyebutkan dasar hukum ijtihad

33, 34

3.        Peserta didik mampu menyebutkan dalil yang menjelaskan sumber hukum Islam
Uraian
5

4.        Peserta didik mampu menyebutkan cara ijtihad dalam masalahyang tidak disebutkan secara harfiyah dalam Al Quran dan Sunnah

35



                                         Gresik, ……………..
                                     Guru Mapel



                                                   …………………………………..


                               

                

1.      Segala sesuatu yang bersumber dari Nabi saw berupa perkataan, perbuatan, penetapan, tabiat, budi pekerti, atau perjalanan hidupnya baik sebelum diangkat menjadi Rasul maupun sesudahnya, disebut… .
A.    Ahlu
B.     Sunnah
C.     Al Jama’ah
D.    Thabi’ah
E.     Sirah
2.      Ahlussunnah Wal Jama’ah sering disingkat dengan Aswaja atau juga disebut juga… .
A.    Sunni
B.     Khawarij
C.     Mu’tazilah
D.    Jabariyah
E.     Qodariyah
3.      Alhusunnah wal Jamaah adalah golongan yang selaras dan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya. Ciri-ciri mereka yang dikategorikan Ahlusunnah wal Jamaah adalah mereka yang dalam bidang fiqih mengikuti paham empat madzab, di bidang tasawuf mengikuti ajaran dari…
A.    Imam Abu al Hasan al Asy’ari
B.     Abu Mansur al Maturidi
C.     Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Malik
D.    Syekh Junaid al Baghdadi dan Imam al Ghazali
E.     Imam Syafi’I dan Imam Malik bin Anas
4.      Dalam kajian ilmu kalam, istilah Alhusunnah wal Jamaah digunakan untuk membedakannya dari kelompok lain. Imam Murtadlo menyatakan “Apabila disebut kaum Alhusunnah wal Jamaah , maka yang dimaksud adalah golongan… .
A.    Asy’ariyah dan Maturidiyah
B.     Syiah dan Khawarij
C.     Murji’ah dan Mu’tazilah
D.    Muhammad bin Abdul Wahab
E.     Al Hudzailiyyah
5.      Firqah dalam Islam yang menolak penggunaan al Ijma’ sebagai sumber hukum adalah…
A.    Mu’tazilah
B.        Ahlussunnah
C.        Syiah
D.    Murji’ah
E.        Jabariyah
6.      Kelompok yang mengklaim sebagai para pendukung Ali bin Abi Tholib dan berpendapat bahwa imamah adalah hak Ali bin Abi Tholib adalah…
A.    Ahlussunnah
B.        Syiah
C.        Khawarij
D.     Jabariyah
E.        Mu’tazilah
7.      Orang-orang yang menyatakan keluar dari kepemimpinan Ali bin Abi Tholib setelah terjadinya peristiwa Tahkim disebut…
A.    Ahlussunnah
B.        Syiah
C.        Khawarij
D.     Jabariyah
E.        Mu’tazilah
8.      Perang Jamal adalah perang antara Sayyidina Ali dengan… .
A.    Muawiyah
B.     Abu Musa Al Asy’ari
C.     Amr bin Ash
D.    Abu Qotadah
E.     Aisyah
9.      Disebut perang Jamal karena… .
A.    Muawiyah mengendarai unta
B.     Muawiyah mengendarai kuda
C.     Aisyah mengendarai unta
D.    Aisyah mengendarai kuda
E.     Amr bin Ash mengagkat mushaf
10.  Perang Shiffin adalah perang antara Sayyidina Ali dengan… .
A.    Abu Qotadah
B.     Aisyah
C.     Muawiyah
D.    Abu Musa Al Asy’ari
E.     Utsman bin Affan
11.  Hasil dari tahkim yang diusulkan Amr bin Ash adalah… .
A.    Ali meletakkan jabatan
B.     Muawiyah mengalami kekalahan
C.     Abu Musa Al Asy’ari memenangkan tahkim
D.    Amr bi Ash mengalami kekalahan
E.     Ali memenangkan tahkim
12.  Ahlussunnah Wal Jama’ah memiliki empat prinsip, salah satunya yakni Tasamuh, yang berarti… .
A.    Jalan tengah
B.     Tegak
C.     Toleran
D.    Seimbang
E.     Pertengahan
13.  I’tidal memiliki arti… .
A.    Jalan tengah
B.     Tegak
C.     Toleran
D.    Seimbang
E.     Pertengahan
14.  Tidak berat sebelah, dan tidak kelebihan satu unsure atau kekuarangan satu unsure yang lain, adalah prinsip… .
A.    Tawazun
B.     I’tidal
C.     Tasamuh
D.    Taqlid
E.     Tawasuth
15.  Tawasuth artinya…
A.    Tidak berat sebelah
B.     Tegak
C.     Toleran
D.    Seimbang
E.     Pertengahan
16.  Penggalan QS. Al Fath: 10
يَدُ اللهِ فَوْقَ أيْدِيْهِمْ
Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah diartikan dengan… .
A.    Dzat Allah
B.     Keridlaan Allah
C.     Pengawasan Allah
D.    Kekuasaan Allah
E.     Ketetapan Allah
17.  Pemikiran kalam Al Maturidi dengnan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran kalam aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A.    Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan kekal di neraka
B.     Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
C.     Orang beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
D.    Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya dan akan kekal di neraka
E.     Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi tidak kekal di neraka
18.  Pokok-pokok keyakinan yang berkaitan dengan tauhid dan lain-lain menurut Ahlusunnah wal Jamaah harus dilandasi oleh dalil dan argumentasi yang qoth’I dari?
A.    Alqur’an, Hadis, urf, Maslahah Mursalah
B.       Alqur’an, Hadis, urf, qiyas
C.       Alqur’an, Hadis, ijma’, Maslahah Mursalah
D.    Alqur’an, Hadis, ijma’, urf
E.       Alqur’an, Hadis, ijma’, qiyas
19.  Tashawuf berasal dari kata “shafaa” yang berarti… .
A.    Kotor
B.     Bersih
C.     Kasar
D.    Bulu
E.     Suci
20.  Maqam pertama dalam tashawuf menurut kebanyakan ulama ahli tashawuf adalah… .
A.    Zuhud
B.     Mahabbah
C.     Taubah
D.    Ridha
E.     Tawakkal
21.  Setelah nabi wafat, penyampaian ajaran Islam dilanjutkan oleh… .
A.    Tabi’in
B.     Tabiit Tabi’in
C.     Jibril
D.    Sahabat
E.     Ulama
22.  Untuk menyelesaikan masalah yang semakin kompleks setelah keempat imam madzhab wafat akhirnya ijtihad diteruskan oleh… .
A.    Mujatahid Mustaqil
B.     Mujtahid fil Madzhab
C.     Mujtahid Tarjih
D.    Mujtahid Muntasib
E.     Mujtahid Muthlaq
23.  Dalam rangka melestarikan, meneguhkan, dan mengembangkan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah, sejak tahun 1926 para Ulama’ dan tokoh Ahlussunnah Wal Jama’ah mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama… .
A.    Ikhwanul Muslimin
B.     Hizbut Tahrir
C.     Nahdlotul Ulama’
D.    Ahmadiyah Qadiniyah
E.     Jama’ah Tabligh
24.  Berikut adalah cara yang ditempuh dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah, kecuali... .
A.     Menganjurkan penggunaan akal yang sebebas-bebasnya
B.     Mengetahui hakikat Ahlussunnah Wal Jama’ah
C.     Mengetahui prinsip-prinsip dasar Ahlussunnah Wal Jama’ah
D.    Mendahulukan Nash daripada Aql
E.     Berguru pada Kiayi Ahlussunnah Wal Jama’ah
25.  Latar belakang terbentuknya NU adalah untuk mempertahankan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah yang eksistensinya terancam ketiaka pemerintah Arab Saudi hendak menyatukan dunia Islam dengan paham… .
A.    Mu’tazilah
B.     Wahabi
C.     Maturidiyah
D.    Asy’ariyah
E.     Jabariyah
26.  Salah satu strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah dengan memberdayakan umat di bidang pebdidikan yang dijalankan melalui lembaga yang bernama... .
A.    Lajnah Falakiyah
B.     Lembaga Sosial Mabarrot
C.     Lembaga Dakwah
D.    Ikatan Sarjana NU
E.     LP Ma’arif
27.  Yang melatarbelakangi perbedaan pendapat di kalangan umat Islam adalah… .
A.    Keserakahan
B.     Melenceng dari Al Qur’an
C.     Situasi politik
D.    Sudut pandang
E.     Perpecahan
28.  Sebab terjadinya firqoh dalam Islam adalah… .
A.    Situasi ekonomi yang tidak kondusif
B.     Situasi politik yang terjadi
C.     Situasi perdagangan pada saat itu
D.    Pengumpulan Al Qur’an
E.     Munculnya sekte-sekte
29.  Secara bahasa, firqoh artinya… .
A.    Keluarga
B.     Golongan
C.     Tindakan
D.    Perpecahan
E.     Politik
30.  Apa pengertian Ahlu ‘Adli wat Tauhid yang berkembang pada kaum Mu’tazilah?
A.    Kelompok yang berada di atas kebenaran
B.     Kelompok yang selamat
C.     Orang- orang yang mensucikan Allah
D.    Kelompok yang meniadakan
        E.   Kelompok yang bertauhid dan menegakkan keadilan
                                                                                                                                                                                                               

Post a Comment

1 Comments