KISI-KISI SOAL HOT
SATUAN PENDIDIKAN : SMA AL MUNIROH
KURIKULUM :
2013
MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI
PENYUSUN : Drs. Kuderi Dardak
KELAS/SEMESTER : X IIS
TAPEL :
2018-2019
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
BOBOT SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
2
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
|
3.1. Mengenali dan mengidentifikasi realitas
individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat.
4.1. Mengolah realitas individu, kelompok
dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan
sosial di masyarakat
|
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
|
Ø
Menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan
Ø
Menyebutkan obyek ilmu sosiologi
Ø
Pengertian sosialisasi
Ø
Menjelaskan Tujuan menganalisa gejala social
Ø
Mengidentifikasi ciri-ciri ilmu sosiologi
Ø
Menyebutkan contoh gejala sosialdi masyarkat
Ø
Menyebutkan cara mengatasi disorganissi social
Ø
Menyebutkan gejala realita social
Ø
Menyebutkan manfaat mempelajari sosiologi
Ø
Mengidentifikasi contoh sosialisasi yang tidak sempurna
Ø
Menyebutkan contoh masalah social
Ø
Memberikan dampak masyarakat majemuk
Ø
Mengidentifikasi beberapa contoh gejala sosil
Ø
Mendefinikan perilaku menyimpang
Ø
Mengidentifikasi tanda-tanda masyarkat Indonesia yang majemuk
Ø
Menyebutkan sifat – sifat ilmu sosiologi
Ø
Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu sosiologi
Ø
Menyebutkan upaya mengatasi gejala kemiskinan
Ø
Menyebutkan klasifikasi sikap
seseorang
Ø
Menyebutkan dampak
komuniksi
Ø
Memahami arti assosiasi
Ø
Mengidentifikasi arti alkulturasi
Ø
Mendefinisikan arti kemiskinan
Ø
Mendiskripsikan arti penyimpangan
Ø
Mengidentifikasi cirri – cirri
ilmu sosiologi
Ø
Menyebutkan metode penelitian
Ø
Mendiskripsikan arti interaksi
sosial
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Mudah
Sedang
Mudah
Sulit
Sedang
Sulit
Sedang
Sedang
Sulit
Sedang Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sulit
Sedang
Sulit
Sedang
Sedang
Sulit
Sedang
|
1
2
3
4
5
6,7
8
9
10
11
12,13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28,29
30
|
a.
Kerangka pengetahuan yang sistematis dan teruji, diperoleh dari suatu
penelitian ilmiyah
b.
Kumpulan dari berbagai macam teori
c.
Beberapa pendapat dari para tokoh
d.
Kajian yang harus dituntaskan
e.
Segala sesuatu yang harus dipelajari
2.
Berikut
ini obyek studi sosiologi…..
a.
Pemenuhan kebutuhan hidup manusia
b.
Hubungan antar manusia dan proses kausal
timbulnya antar manusia
c.
Proses pemilihan kepemimpinan
d.
Proses hubungan timbal balik antar manusia
e.
Sesuatu yang harus dikaji di masyarakat
3.
Seorang remaja bergaul dengan sekelompok orang
yang mempunyai kegemaran berkelahi dan menodong. Ia menyerap nilai-nilai dalam
kelompok tersebut sehingga menjadi gemar
berkelahi dan menodong. Gejala social dalam bentuk penyimpangan perilaku
tersebut terjadi karena….
a.
Sosialisasi
tidak sempurna
b.
Perkembangan IPTEK
c.
Mobilisasi social
d.
Maslah social
e.
Kenakalan
4.
Salah satu tujuan menganalisa gejala social
dalam masyarakat adalah…….
a.
Menciptakan
konflik
b.
Meningkatnya kepadatan penduduk
c.
Memahami hubungan social
d.
Mendorong kemiskinan
e.
Mencegah timbulnya masalah social
5.
Ilmu pengetahuan sosiologi dikembangkan
berdasarkan hasil pengamatan langsung dilapangan. Pernyataan tersebut
menunjukkan sosiologi bersifat
a.
Empiris
b.
Kumulatif
c.
Teoritis
d.
Nonetis
e.
Metodologis
6.
Penurunan kualitas moral dalam suatu gejala
sosial disebut…..
a.
Kenakalan
b.
Terorisme
c.
Demoralisasi/krisis moral
d.
Disorganisasi
e.
Sosialisasi
7.
Gejala social kemiskinan menimbulkan dampak
berikut ini, kecuali…….
a.
Penurunan angka kejahatan
b.
Penurunan gizi
c.
Munculnya demoralisasi
d.
Demoralisasi
e.
Rendahnya pendidikan
8.
Dalam masyarakat
yang sedang berkembang, seperti di Indonesia untuk mengatasi
disorganisasi sebagai akibat perubahan
terus menerus sangat penting dilakukan. Guna mengatasi disorganisasi perlu
diselenggarkan social……..
a.
Problema
b.
Control Sosial
c.
Change
d.
Planing
e.
Work
9.
Berikut ini yang bukan merupakan konsep-konsep
umum realitas social dalam masyarakat adalah..
a.
Masyarakat
b.
Stuktur sosial
c.
Status dan peran
d.
Lembaga social
e.
Penyimpangan
10.
Berikut ini yang bukan merupakan manfaat
mempelajari sosiologi adalah…
a.
Memahami realitas soaial mengenai keanekaragaman
budaya dan masyarakat
b.
Memahami struktur dan dinamika social dalam
kehidupan masyarakat Indonesia
c.
Menganalisis secara kritis dan menentukan sikap
dalam situasi social yang dihadapi
d.
Menerapkan
sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat
e.
Lebih mahir dalam memahmi ilmu pengetahuan
11.
Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
a.
1, 2, dan 3
b.
2, 3,dan 4
c.
1, dan 2
d.
2 dan 3
e.
3 dan 4
12.
Perubahan social yang mengakibatkan masalah
social dimulai dengan …..
a.
Terciptanya integrasi soaial
b.
Lahirnya golongan menengah
c.
Lahirnya disintegrasi social
d.
Berkrmbangnya krimnalitas
e.
Prtumbuhan
13.
Berikut ini merupakan gejala social yang memicu
masalah social di dalam masyarakat, kecuali…
a.
Perilaku menyimpang
b.
Disintegrasi bangsa
c.
Penyelesaian konflik
d.
Penurunan kualitas moral
e.
Kenakalan remaja
14.
Pengaruh Kemajmukan masyarakat Indonesia dapat
mengakibatkan konflik, apabila…….
a.
Semangat kebangsaan anggota masyarakat lemah
b.
Para pemimpin kurang akomodatif dan responsive
c.
Pendapatan per kapita rendah dan banyak
pengangguran
d.
Moral
masyarakat tidak berdasarkan agama
e.
Banyak tergantung pada kemapuan bangsa lain
15.
Perhatikan contoh gejala social berikut !
a.
1 dan 3
b.
2 dan 3
c.
2 dan 4
d.
3 dan 4
e.
1 dan 4
16.
Suatu perilaku dapat dikatkan menyimpang
apabila……
a.
Tidak bermanfaat bagi kebanyakan orang
b.
Tidak mengikuti pola yang umum di masyarakat
c.
Tidak sesuai dengan norma dan nilai social yang
berlaku
d.
Melampaui
batas kemanusiaan
e.
Tidak disukai oleh teman-temanya
17.
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk atau multicultural.Kemajemukan masyarakat Indonesia ditandai dengan….
a.
Besarnya jumlah penduduk Indonesia
b.
Strategisnya letak wilayah Indonesia
c.
Luasnya wilayah negara Indonesia
d.
Tingginya angka kelahiran dan kematian
e.
Banyaknya suku bangsa , agama dan budaya
18.
Hasil Pengamatan secara sosiologis, tidak
bersifat spekulatif. Hal itu
menunjukkan bahwa sosiologi bersifat
a.
Teoritis
b.
Empiris
c.
Sitsematis
d.
Metodologis
e.
Kumulatif
19.
Berikut ini cabang-cabang dari ilmu sosiologi,
kecuali…
a.
Sosiologi keluarga
b.
Sosiologi Pendidikan
c.
Sosiologi Kependudukan
d.
Sosiologi Politik
e.
Sosiologi Ekonomi
20.
Kemiskinan merupakan salah satu gejala
social dalam masyarakat yang dapat
memicu gejala-gejala soaial lainnya seperti kriminalitas dan kejahatan lainnya.
Upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi tingkat kemiskinan,
antara lain dengan cara seperti di bawah ini, kecuali…….
a.
Membuka akses pendidikan dan kesehatan bagi
rakyat miskin
b.
Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah
c.
Menyediakan fasilitas kredit
d.
Menaikkan pajak daerah
e.
Menyediakan lapangan pekerjaan di semua sector
21.
Sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang
dibentuk secara sosial maupun budaya disebut
a.
Gender
b.
Otoritas
c.
Kelas Sosial
d.
Ras
e.
Kelompok social
22.
Hubungan sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat dapat menimbulkan
berbagai dampak baik positif maupun negative yang dapat mempengaruhi kehidupan
masyarakat yang bersangkutan dampak hubungan sosial tersebut adalah……….
a. Terjadinya komunikasi
b. Mempercepat mobiltas
soosial
c. Mempermudah proses
sosialisasi
d. Mempermudah stratifikasi
sosial
e. Terjadinya differensiasi
sosial
23.
Kelompok sosial yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada
persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama disebut
a.
Kelompok assosiasi
b.
Kelompok masyarakat
c.
Kelmpok statis
d.
Kelompok foormal
e.
Kelompok informal
24.
Suatu proses sosial yang timbul apabila ada kelompok masyarakat dengan
latar belakang kebudayaan yang berbeda saling bergaul secara interaktif dalam
jangka waktu yang lama disebut……
a.
Amalgamasi
b.
Akulturasi
c.
Asimilasi
d.
Dominasi
e.
Integrasi
25.
ketika seseorang tidak sanggup memelihara diri sendiri dengan taraf
kehidupan kelompok serta tidak mampu memanfaatkan tenaga mental dan fisiknya
dalam kelompok tersebut disebut
a.
Disorganisasi keluarga
b.
Kemiskinan
c.
Kejahatan
d.
Masalah remaja
e.
Peperangan
26. Perilaku yang oleh sejumlah
besar orang dalam suatu masyarakat dianggap sebagai hal yang tercela dan diluar
batas toleransi
a.
Pengendalian social
b.
Penyimpangan sosial
c.
Mobilitas social
d.
Perubahan social
e.
Sumber masalah sosial
27. Mempelajari sosiologi yang dipersoalkan bukan baik buruknya fakta,
tetapi penjelasan terhadap fakta – fakta sifat demikian disebut………
a.
Empiris
b.
Normatif
c.
Non etis
d.
Teritis
e.
Kumulatif
28.
Mengumpulkan data yang sukar diukur dengan angka atau ukuran matematis,
meskipun kejadian tersebut nyata dalam masyarakat adalah…..
a.
Metoode kuantitatif
b.
Metode rasional
c.
Metode Kualitatif
d.
Metoode fungsional
e.
Metode empiris
29.
Suatu metode yang mengutamakan keadaan nyata dalam masyarakat adalah
a.
Metode empiris
b.
Metode rasional
c.
Metode induktif
d.
Metode deduktif
e.
Metode fungsiona
30.
Perhatikan berikut dibawah ini
a. 1 dan 2
b.
1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
0 Comments