CONTOH KISI-KISI DAN KARTU SOAL FIKIH KELAS XI LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN



KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.      Satuan Pendidikan                  : SMA/MA/SMK                                                       
2.      Kurikulum Acuan                   : Kurikulum 2013
3.      Mata Pelajaran                        : Fiqih                                                                         
4.      Alokasi Waktu                        : 90 Menit
5.      Jenis Ulangan                          : Ujian Semester Ganjil                                              
6.      Jumlah Soal                             : 40
7.      Kelas/Semester                        : XI/Ganjil                                                                              
8.      8.1 Obyektif                            : 35                                                                                                                                                                                                                 
8.2 Uraian                               : 5                                           

NO
KOMPENTENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL

Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
pelaksanaan pengurusan jenazah


·         siswa mampu menyebutkan hal yang bukan dilakukan ketika seseorang sudah dinyatakan positif meninggal dunia
·         siswa mampu menyebutkan hadist tentang kematian
·         siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah
·         siswa mampu menyebutkan tata cara memandikan jenazah
·         siswa mampu menyebutkan Air untuk memandikan jenazah
·         siswa mampu menyebutkan orang yang tidak wajib dirawat seperti jenazah muslim lainnya
·         siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah
·         siswa mampu menyebutkan kain yang digunakan untuk mengkafani jenazah
·         siswa mampu menjelaskan cara perawatan bagi seorang perempuan yang meninggal saat mengerjakan ihram
·         siswa mampu menyebutkan Orang yang mati dalam peperangan membela Allah SWT
·         siswa mampu menyebutkan tata cara salat jenazah
·         siswa mampu menyebutkan Hukum salat jenazah
·         siswa mampu menyebutkan syarat sahnya salat jenazah
·         siswa mampu menyebutkan Posisi imam saat melaksanakan salat jenazah yang jenazahnya laki-laki
·         siswa mampu menyebutkan jika jenazahnya perempuan
·         siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
·         siswa mampu menyebutkan Jenazah yang paling dekat dengan imam ketika mensalati jenazah dalam jumlah banyak
·         siswa mampu menyebutkan takbir yang kedua
·         siswa mampu menyebutkan ketentuan syariat tentang salat jenazah
·         siswa mampu menyebutkan pernyataan yang benar
·         siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
·         siswa mampu menyebutkan bukan tata cara menguburkan jenazah
·         siswa mampu menyebutkan hadist
·         siswa mampu menyebutkan tujuan bertakziah
·         siswa mampu menyebutkan bahasa Indonesia takziah
·         siswa mampu menyebutkan hokum Bertakziah dalam islam
·         siswa mampu menyebutkan adab-adab bertakziah
·         siswa mampu menyebutkan ziarah secara bahasa
·         siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah
·         siswa mampu menyebutkan alasan ziarah kubur dilarang oleh Rasulallah SAW
·         siswa mampu menyebutkan etika ziarah kubur
·         siswa mampu menyebutkan tata cara ziarah kubur
·         siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah kubur
·         siswa mampu menyebutkan hadist
·         siswa mampu menyebutkan hadist
·         siswa mampu menjelaskan hal-hal yang sebaiknya segera dilakukan terhadap jenazah yang baru saja meninggal dunia sebelum jenazahnya
·         siswa mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
·         siswa mampu menjelaskan persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan salat jenazah
·         siswa mampu menjelaskan beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk mengkafani jenazah
·         siswa mampu menjelaskan posisi urutan dalam menyalatkan jenazah yang berjumlah banyak dan bercampur jenis kelamin
PG

PG
PG

PG
PG

PG

PG
PG

PG


PG

PG
PG

PG
PG

PG
PG

PG

PG

PG
PG

PG
PG

PG
PG
PG

PG
PG

PG
PG
PG

PG

PG
PG

PG
PG
URAIAN


URAIAN
URAIAN


URAIAN

URAIAN
1

2
3

4
5

6

7
8

9


10

11
12

13
14

15
16

17

18

19
20

21
22

23
24
25

26
27

28
29
30

31

32
33

34
35
1


2
3


4

5



KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :


https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html


                                KARTU SOAL PILIHAN GANDA

SATUAN PENDIDIKAN: SMA/MA/SMK                          PENYUSUN                 : LAILATUL MAJIDA
KELAS/SEMESTER       :XI/GANJIL                       UNIT KERJA                            : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN                     :FIQIH                                               TH. PELAJARAN     : 2019-2020


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah


Indikator : siswa mampu menyebutkan hal yang bukan dilakukan ketika seseorang sudah dinyatakan positif meninggal dunia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
1
D
Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini :
1)       Memejamkan mata dan mengatupkan mulutnya
2)       Segera menyelesaikan utang si mayat
3)       Apabila berwasiat hendaklah segera dilaksanakan wasiat tersebut
4)       Menjual semua asset / barang-barang si mayat
5)       Menutup seluruh tubuhnya dengan kain sutra asli
Dari pernyataan diatas yang bukan dilakukan ketika seseorang sudah dinyatakan positif meninggal dunia adalah …
A.       1 dan 2
B.       1 dan 3
C.       3 dan 4
D.       4 dan 5
E.        2 dan 5

`






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist tentang kematian
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
2
E
“ tidaklah termasuk umat kami orang yang menangis menampar-nampar pipinya, merobek sakunya, dan meratap-ratap sebagaimana ratapan orang-orang ….., “ (H.R. Muslim)
A.       Muslim
B.       Muslimin
C.       Bertaqwa
D.       Islam
E.        Jahiliyah



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
3
D
Apabila jenazah itu perempuan, hendaklah dimandikan oleh …. (kecuali)
A.       Perempuan
B.       Suami
C.       Laki-laki mahramnya
D.       Anak-anak kecil
E.        Ibunya


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan tata cara memandikan jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
4
C
Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1)       Jenazah di tempatkan yang terlindungi dari panas matahari
2)       Tidak ada halangan bagi keluarga dan sahabatnya untuk mencium
3)       Jenazah diberi pakain basahan atau kain sarung agar auratnya tidak terbuka
4)       Hamparkan selembar tikar diatas lantai
5)       Jenazah diwudhukan sebagaimana biasa, kemudian disiram dengan air yang dicampur dengan wangi-wangian
Dari penyataan diatas yang merupakan tata cara memandikan jenazah adalah …
A.       1 dan 2
B.       2 dan 3
C.       1 dan 3
D.       4 dan 5
E.        2 dan 5


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menyebutkan Air untuk memandikan jenazah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
5
D
Air untuk memandikan jenazah sebaiknya air …
A.       Hangat
B.       Es
C.       Laut
D.       Dingin
E.        Embun


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menyebutkan orang yang tidak wajib dirawat seperti jenazah muslim lainnya
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
6
D
Berikut ini orang yang tidak wajib dirawat seperti jenazah muslim lainnya adalah mati karena …
A.       Melahirkan
B.       Tenggelam
C.       Kebakaran
D.       Berperang di jalan Allah SWT
E.        Wabah


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
7
A
Setelah memandikan jenazah, selanjutnya …. Jenazah.
A.       Mengkafani
B.       Memandikan
C.       Menguburkan
D.       Mensholati
E.        Takziyah


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menyebutkan kain yang digunakan untuk mengkafani jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
8
B
Kain kafan … helai untuk jenazah laki-laki sedangkan …. Helai untuk jenazah perempuan dan sesuai dengan ukuran panjang badannya.
A.       5 dan 3
B.       3 dan 5
C.       5 dan 2
D.       2 dan 5
E.        5 dan 5


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menjelaskan cara perawatan bagi seorang perempuan yang meninggal saat mengerjakan ihram
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
9
E
Berikut ini cara perawatan bagi seorang perempuan yang meninggal saat mengerjakan ihram kecuali …
A.       Mengafani
B.       Menguburkan
C.       Mensholati
D.       Memandikan
E.        Memberi wangi-wangian



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan Orang yang mati dalam peperangan membela Allah SWT
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
10
D
Orang yang mati dalam peperangan membela Allah SWT disebut mati …
A.       Fasik
B.       Kafir
C.       Muslim
D.       Syahid
E.        Ihsan


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan tata cara salat jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
11
D
Berikut ini yang merupakan tata cara salat jenazah adalah …
A.       Seperti salat fardhu
B.       Dua kali rukuk dan dua kali sujud dalam satu rakaat
C.       Salat empat rakaat
D.       Empat kali takbir
E.        Salat dua rakaat


KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-qurdist-xi.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sd-2019-plh-vi.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sma-2019-sosiologi-x.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-pjok.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-pts-ekonomi-kelas-x-semester-ii.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-pts-kimia-x-semester-gasal.html




KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan Hukum salat jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
12
D
Hukum salat jenazah adalah …
A.       Wajib
B.       Fardhu
C.       Fardhu `ain
D.       Fardhu kifayah
E.        Sunnah


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan syarat sahnya salat jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
13
B
Di bawah ini yang merupakan syarat sahnya salat jenazah adalah …
A.       Niat
B.       Menutup aurat dan menghadap kiblat
C.       Berdiri jika mampu
D.       Membaca surat al fatikha
E.        Membaca salawat nabi









KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menyebutkan Posisi imam saat melaksanakan salat jenazah yang jenazahnya laki-laki
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
14
B
Posisi imam saat melaksanakan salat jenazah yang jenazahnya laki-laki adalah …
A.       Diarah pusar
B.       Diarah kepala
C.       Lurus kaki
D.       Diarah perut
E.        Lurus paha


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah jika jenazahnya perempuan
Indikator : siswa mampu menyebutkan jika jenazahnya perempuan
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
15
A
Sedangkan jika jenazahnya perempuan maka imam …
A.       Berdiri sejajar dengan pinggulnya
B.       Diarah pusar
C.       Diarah kepala
D.       Lurus kaki
E.        Diarah perut


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
16
E
Orang yang hendak melaksanakan salat jenazah harus memenuhi rukun salat jenazah. Berikut ini yang termasuk rukun salat jenazah adalah …
A.       Orang islam
B.       Suci dari hadast besar maupun hadast kecil
C.       Menutup aurat
D.       Keadaan jenazah sudah dimandikan dan sudah dikafani
E.        Membaca doa untuk jenazah setelah takbir yang ketiga


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan Jenazah yang paling dekat dengan imam ketika mensalati jenazah dalam jumlah banyak
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
17
D
Jenazah yang paling dekat dengan imam ketika mensalati jenazah dalam jumlah banyak adalah jenazah …
A.       Anak laki-laki
B.       Wanita
C.       Anak perempuan
D.       Laki-laki dewasa
E.        Bayi






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan takbir yang kedua
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
18
B
Pada saat salat jenazah, takbir yang kedua membaca ….
A.       Surat al fatikhah
B.       Salawat Nabi
C.       Doa untuk jenazah
D.       Doa untuk orang yang ditinggal
E.        Surat pendek


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan ketentuan syariat tentang salat jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
19
C
Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1)       Seorang muslim tidak boleh mensalatkan jenazah laki-laki muslim
2)       Bila jenazahnya laki-laki, letak imam berdiri di arah kepala jenazah
3)       Laki-laki muslim tidak boleh mensalatkan jenazah perempuan muslim
4)       Bila jenazahnya wanita maka, letak imam ditengah-tengah jenazah tersebut
5)       Salat jenazah ghaib harus menghadap dimana jenazah itu dimakamkan
Dari pernyataan diatas, pernyataan yang termasuk kedalam ketentuan syariat tentang salat jenazah adalah …
A.       1 dan 2
B.       1 dan 3
C.       2 dan 4
D.       2 dan 5
E.        4 dan 5




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan pernyataan yang benar
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
20
E
Berikut yang merupakan pernyataan yang benar adalah …
A.       Bila jenazahnya laki-laki, letak imam berdiri ditengah-tengah jenazah tersebut
B.       Bila jenazahnya wanita maka, letak imam diarah kepala jenazah
C.       Menutup aurat merupakan rukun salat jenazah
D.       Membaca surat al fatikhah setelah takbir yang kedua
E.        Letak jenazah diarahkan kiblat orang yang mensalatkan merupakan syarat sahnya salat jenazah


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
21
B
Perhatikan pernyataan dibawah ini :
1)       Membaca salam
2)       Membaca doa setelah takbir yang keempat untuk jenazah dan orang yang ditinggal
3)       Niat
4)       Membaca doa untuk jenazah setelah takbir ketiga
5)       Berdiri jika mampu
6)       Membaca surat al fatikhah setelah takbir yang pertama
7)       Membaca salawat nabi setelah takbir yang kedua
Dari pernyataan diatas urutkan rukun salat jenazah adalah …
A.       1,2,3,4,5,6, dan 7
B.       3,5,6,7,4,2, dan 1
C.       3,5,6,4,1,2, dan 7
D.       5,4,2,1,6,3, dan 7
E.        3,5,6,7,2,4, dan 1




KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan bukan tata cara menguburkan jenazah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
22
C
Dibawah ini yang bukan tata cara menguburkan jenazah adalah …
A.       Liang lahad disunnahkan dibuat sepanjang badan jenazah
B.       Setelah jenazah diusung dan sampai diliang lahad, maka masukkan ke dalam lahad dengan miring kekanan dan menghadap kiblat
C.       Tali-tali pengikat jenazah di kain kafan semuanya diikat
D.       Kemudian ditutup dengan papan atau kayu
E.        Mendoakan dan memohonkan ampunan


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
23
A
“luaskanlah pada bagian …. Dan luaskanlah juga pada bagian … , ada beberapa kurma baginya di surga”. (H.R Ahmad dan Abu dawud)
A.       Kepala dan kaki
B.       Kaki dan kepala
C.       Kepala dan tangan
D.       Tangan dan kepala
E.        Kaki dan tangan



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan tujuan bertakziah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
24
E
Takziah merupakan sesuatu yang dianjurkan di dalam islam. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan bertakziah adalah agar …
A.       Keluarga yang ditinggal merasa terhibur
B.       Keluarga yang ditinggal dapat bersabar
C.       Keluarga yang ditinggal dapat tabah
D.       Dapat mendoakan jenazah
E.        Mendapat banyak makanan yang lezat


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah

Indikator : siswa mampu menyebutkan bahasa Indonesia takziah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
25
A
Dalam bahasa Indonesia takziah sering juga disebut …
A.       Melayat
B.       Menasehati
C.       Mendorong
D.       Menemani
E.        Menghibur



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah


Indikator : siswa mampu menyebutkan hokum Bertakziah dalam islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
26
D
Bertakziah dalam islam hukumnya adalah …
A.       Wajib
B.       Haram
C.       Mubah
D.       Sunnah
E.        Makruh


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah


Indikator : siswa mampu menyebutkan adab-adab bertakziah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
27
E
Dibawah ini yang bukan merupakan adab-adab bertakziah adalah …
A.       Menyampaikan doa untuk kebaikan
B.       Hindarilah pembicaraan yang menambah sedih keluarga yang ditimpa musibah
C.       Hindarilah canda tawa
D.       Usahakan turut mengantarkan ke pemakaman sampai selesai
E.        Pakailah pakaian yang cerah dan mewah


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan ziarah secara bahasa
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
28
D
Umat islam disunnahkan melakukan ziarah, ziarah secara bahasa berarti …
A.       Meminta berkah pada kubur
B.       Meminta keselamatan pada orang yang dikubur
C.       Wisata
D.       Mengunjungi kubur
E.        Mengingat kematian



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah


Indikator : siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
29
E
Berikut ini yang merupakan hikmah ziarah, kecuali …
A.       Mengingat kematian
B.       Dapat bersikap zuhud
C.       Selalu ingin berbuat baik sebagai bekal kelak
D.       Mendoakan si mayat yang muslim
E.        Mendapatkan berkah




KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan alasan ziarah kubur dilarang oleh Rasulallah SAW
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
30
E
Pada awalnya ziarah kubur dilarang oleh Rasulallah SAW karena alasan berikut, kecuali …
A.       Menangis
B.       Bersedih
C.       Meratapi
D.       Memutuskan
E.        Mengingat mati


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan etika ziarah kubur
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
31
D
Dibawah ini yang merupakan etika ziarah kubur adalah …
A.       Hindarilah pembicaraan yang menambah sedih keluarga
B.       Hindarilah canda tawa di rumah keluarga yang ditinggakan
C.       Membuat makanan bagi keluarga
D.       Tidak boleh menduduki kuburan atau nisan
E.        Turut mensolati jenazah


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan tata cara ziarah kubur
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
32
A
Sesampainya dipintu kuburan ucapkanlah …. Sebagaimana yang dianjurkan oleh rasulallah SAW
A.       Salam
B.       Tahmid
C.       Tahlil
D.       Tasbih
E.        Istighfar


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah kubur
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
33
D
Adapun hikmah ziarah kubur antara lain dapat besikap zuhud. Zuhud adalah …
A.       Mementingkan keduniawian
B.       Tidak mementingkan kepentingan umum
C.       Acuh tak acuh
D.       Tidak mementingkan keduniawian
E.        Mementingkan keluarga sendiri


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
34
D
“Berziarah kamu ke kubur, karena sesungguhnya ziarah kubur itu dapat mengingatkan engkau kepada …. “ (H.R. Muslim)
A.       Kebaikan
B.       Kesalahan
C.       Kemungkaran
D.       Kematian
E.        Keberkahan


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
35
D
Allah SWT tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga kaum tersebut …
A.       Mau berdoa kepada Allah SWT
B.       Memohon ampunan kepada Allah SWT
C.       Meminta pertolongan kepada Allah SWT
D.       Mau mengubahnya sendiri
E.        Menjalankan perintah Nya

KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :

https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html

https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html


https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html

KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar   : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran          : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator                                : siswa mampu menjelaskan hal-hal yang sebaiknya segera dilakukan terhadap jenazah yang baru saja meninggal dunia sebelum jenazahnya
Butir Soal               : Sebutkan hal-hal yang sebaiknya segera dilakukan terhadap jenazah yang baru saja meninggal dunia sebelum jenazahnya dimandikan !

PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.       Memejamkan mata dan mengatupkan mulutnya
2.       Segera menyelesaikan utang si mayat
3.       Apabila berwasiat hendaklah segera dilaksanakan wasiat tersebut
4.       Menututp seluruh tubuhnya dengan kain
5.       Tidak ada halangan bagi keluarga dan sahabatnya untuk mencium
1
1
1
1
1

Skor Maksimum
5



KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar   : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran          : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator                                : siswa mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
Butir Soal                               : Dalam menggali liang lahad, hendaknya digali cukup dalam agar tidak tercium bau busuk dan tidak dapat dibongkar oleh binatang buas. Sebutkan tata cara menguburkan jenazah !
PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.       Liang lahad disunnahkan dibuat sepanjang badan jenazah
2.       Setelah jenazah diusung sampai di liang lahad, maka masukkanlah ke dalam liang lahad dengan miring ke kanan dan menghadap kiblat
3.       Tali-tali pengikat jenazah dikain kafan semuanya dilepas. Pipi kanan dan ujung kaki ditempelkan pada tanah
4.       Kemudian ditutup dengan papan atau kayu atau bambu yang disebut dinding ari, kemudian ditimbun tanah sampai galian lubang lahad itu rata
5.       Mendoakan dan memohonkan ampunan
1
1

1

1

1


Skor Maksimum
5


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar   : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran          : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator                                : siswa mampu menjelaskan persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan salat jenazah
Butir Soal                               : Jelaskan persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan salat jenazah !




PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

  1. Jenazah hendaknya diletakkan disebelah kiblat orang-orang yang akan menyalatkannya. Jika jenazah tersebut laki-laki maka imam berdiri diarah kepalanya. Sedangkan jika jenazah perempuan maka imam berdiri sejajar dengan pinggulnya.
  2. Bila mayat itu banyak, maka diletakkan berdampingan dihadapan orang yang menyalatinya,
5



5

Skor Maksimum
10


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar   : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran          : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator                                : siswa mampu menjelaskan beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk mengkafani jenazah
Butir Soal                               : Sebutkan beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk mengkafani jenazah !



PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.       Kain kafan 3 helai untuk jenazah laki-laki, 5 helai untuk jenazah perempuan dengan ukuran panjang badan
2.       Kapas
3.       Menggunakan wewangian seperti cendana, kasturi dll
4.       Terhadap orang yang meninggal dalam keadaan ihram, hendaknya dikafani sebagaimana pakaiannya sewaktu ihram dan tidak menggunakan wangi-wangian. Sedangkan untuk perempuan tetap dikafani sebagaimana mestinya, hanya dilarang mengenakan wewangian
5.       Dilarang berlebih-lebihan dalam mengkafani jenazah
1

1
1
1



1

Skor Maksimum
5


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar   : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran          : pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator                                : siswa mampu menjelaskan posisi urutan dalam menyalatkan jenazah yang berjumlah banyak dan bercampur jenis kelamin
Butir Soal                               : Bagaimana posisi urutan dalam menyalatkan jenazah yang berjumlah banyak dan bercampur jenis kelamin?
PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

Bila jenazah itu banyak, maka diletakkan berdampingan dihadapan orang yang menyalatinya, urutan yang paling dekat dengan imam adalah mayat laki-laki dewasa, sesudah itu anak-anak kemudian wanita. Tetapi jika mayat itu hanya sejenis, yang paling dekat dengan imam adalah yang lebih utama (yang lebih mengerti tentang Dinul Islam)
5

Skor Maksimum
5

       KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :


https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-indonesia-x-sem-1-sma-lengkap.html


https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/latihan-soal-sejarah-xi-ipa.html


https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ips-sma-semester-1-lengkap.html


https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-uas-bahasa-indonesia-kelas-xi-sma.html


https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-dan-kunci-sejarah-indonesia-x.html                                                                                                                 


                                                                                                                                                           

Post a Comment

0 Comments