KISI-KISI
PENULISAN SOAL
1.
Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK
2.
Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013
3.
Mata Pelajaran : Fiqih
4.
Alokasi Waktu : 90 Menit
5.
Jenis Ulangan : Ujian
Semester Ganjil
6.
Jumlah Soal : 40
7.
Kelas/Semester : XI/Ganjil
8.
8.1 Obyektif : 35
8.2
Uraian : 5
NO
|
KOMPENTENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
JENIS SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT SOAL
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual,
konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab
fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
|
pelaksanaan pengurusan jenazah
|
·
siswa mampu menyebutkan hal yang bukan
dilakukan ketika seseorang sudah dinyatakan positif meninggal dunia
·
siswa mampu menyebutkan hadist tentang
kematian
·
siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah
·
siswa mampu menyebutkan tata cara memandikan
jenazah
·
siswa mampu menyebutkan Air untuk memandikan
jenazah
·
siswa mampu menyebutkan orang yang tidak wajib
dirawat seperti jenazah muslim lainnya
·
siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah
·
siswa mampu menyebutkan kain yang digunakan
untuk mengkafani jenazah
·
siswa mampu menjelaskan cara perawatan bagi
seorang perempuan yang meninggal saat mengerjakan ihram
·
siswa mampu menyebutkan Orang yang mati dalam
peperangan membela Allah SWT
·
siswa mampu menyebutkan tata cara salat
jenazah
·
siswa mampu menyebutkan Hukum salat jenazah
·
siswa mampu menyebutkan syarat sahnya salat
jenazah
·
siswa mampu menyebutkan Posisi imam saat
melaksanakan salat jenazah yang jenazahnya laki-laki
·
siswa mampu menyebutkan jika jenazahnya
perempuan
·
siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
·
siswa mampu menyebutkan Jenazah yang paling
dekat dengan imam ketika mensalati jenazah dalam jumlah banyak
·
siswa mampu menyebutkan takbir yang kedua
·
siswa mampu menyebutkan ketentuan syariat
tentang salat jenazah
·
siswa mampu menyebutkan pernyataan yang benar
·
siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
·
siswa mampu menyebutkan bukan tata cara
menguburkan jenazah
·
siswa mampu menyebutkan hadist
·
siswa mampu menyebutkan tujuan bertakziah
·
siswa mampu menyebutkan bahasa Indonesia
takziah
·
siswa mampu menyebutkan hokum Bertakziah dalam
islam
·
siswa mampu menyebutkan adab-adab bertakziah
·
siswa mampu menyebutkan ziarah secara bahasa
·
siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah
·
siswa mampu menyebutkan alasan ziarah kubur
dilarang oleh Rasulallah SAW
·
siswa mampu menyebutkan etika ziarah kubur
·
siswa mampu menyebutkan tata cara ziarah kubur
·
siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah kubur
·
siswa mampu menyebutkan hadist
·
siswa mampu menyebutkan hadist
·
siswa mampu menjelaskan hal-hal yang sebaiknya
segera dilakukan terhadap jenazah yang baru saja meninggal dunia sebelum
jenazahnya
·
siswa mampu menjelaskan tata cara menguburkan
jenazah
·
siswa mampu menjelaskan persiapan yang
dilakukan sebelum pelaksanaan salat jenazah
·
siswa mampu menjelaskan beberapa perlengkapan
yang harus dipersiapkan untuk mengkafani jenazah
·
siswa mampu menjelaskan posisi urutan dalam
menyalatkan jenazah yang berjumlah banyak dan bercampur jenis kelamin
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
URAIAN
URAIAN
URAIAN
URAIAN
URAIAN
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
1
2
3
4
5
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html
KARTU SOAL
PILIHAN GANDA
SATUAN PENDIDIKAN: SMA/MA/SMK PENYUSUN : LAILATUL
MAJIDA
KELAS/SEMESTER :XI/GANJIL UNIT
KERJA : SMA AL
MUNIROH
MATA PELAJARAN :FIQIH TH.
PELAJARAN : 2019-2020
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hal yang bukan
dilakukan ketika seseorang sudah dinyatakan positif meninggal dunia
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
1
|
D
|
||
Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah
ini :
1)
Memejamkan mata dan mengatupkan mulutnya
2)
Segera menyelesaikan utang si mayat
3)
Apabila berwasiat hendaklah segera
dilaksanakan wasiat tersebut
4)
Menjual semua asset / barang-barang si mayat
5)
Menutup seluruh tubuhnya dengan kain sutra
asli
Dari pernyataan diatas yang bukan
dilakukan ketika seseorang sudah dinyatakan positif meninggal dunia adalah …
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 5
E.
2 dan 5
`
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist tentang
kematian
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
2
|
E
|
||
“ tidaklah termasuk umat kami orang yang
menangis menampar-nampar pipinya, merobek sakunya, dan meratap-ratap
sebagaimana ratapan orang-orang ….., “ (H.R. Muslim)
A.
Muslim
B.
Muslimin
C.
Bertaqwa
D.
Islam
E.
Jahiliyah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
3
|
D
|
||
Apabila jenazah itu perempuan, hendaklah
dimandikan oleh …. (kecuali)
A.
Perempuan
B.
Suami
C.
Laki-laki mahramnya
D.
Anak-anak kecil
E.
Ibunya
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tata cara memandikan
jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
4
|
C
|
||
Perhatikan
pernyataan dibawah ini :
1) Jenazah
di tempatkan yang terlindungi dari panas matahari
2) Tidak
ada halangan bagi keluarga dan sahabatnya untuk mencium
3) Jenazah
diberi pakain basahan atau kain sarung agar auratnya tidak terbuka
4) Hamparkan
selembar tikar diatas lantai
5) Jenazah
diwudhukan sebagaimana biasa, kemudian disiram dengan air yang dicampur
dengan wangi-wangian
Dari penyataan
diatas yang merupakan tata cara memandikan jenazah adalah …
A. 1
dan 2
B. 2
dan 3
C. 1
dan 3
D. 4
dan 5
E.
2 dan 5
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Air untuk memandikan
jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
5
|
D
|
||
Air untuk memandikan jenazah sebaiknya
air …
A.
Hangat
B.
Es
C.
Laut
D.
Dingin
E.
Embun
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan orang yang tidak wajib
dirawat seperti jenazah muslim lainnya
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
6
|
D
|
||
Berikut ini orang yang tidak wajib
dirawat seperti jenazah muslim lainnya adalah mati karena …
A.
Melahirkan
B.
Tenggelam
C.
Kebakaran
D.
Berperang di jalan Allah SWT
E.
Wabah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan perawatan jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
7
|
A
|
||
Setelah memandikan jenazah, selanjutnya
…. Jenazah.
A.
Mengkafani
B.
Memandikan
C.
Menguburkan
D.
Mensholati
E.
Takziyah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan kain yang digunakan
untuk mengkafani jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
8
|
B
|
||
Kain kafan … helai untuk jenazah
laki-laki sedangkan …. Helai untuk jenazah perempuan dan sesuai dengan ukuran
panjang badannya.
A.
5 dan 3
B.
3 dan 5
C.
5 dan 2
D.
2 dan 5
E.
5 dan 5
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menjelaskan cara perawatan bagi
seorang perempuan yang meninggal saat mengerjakan ihram
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
9
|
E
|
||
Berikut ini cara perawatan bagi seorang
perempuan yang meninggal saat mengerjakan ihram kecuali …
A.
Mengafani
B.
Menguburkan
C.
Mensholati
D.
Memandikan
E.
Memberi wangi-wangian
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Orang yang mati dalam
peperangan membela Allah SWT
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
10
|
D
|
||
Orang yang mati dalam peperangan membela
Allah SWT disebut mati …
A.
Fasik
B.
Kafir
C.
Muslim
D.
Syahid
E.
Ihsan
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tata cara salat
jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
11
|
D
|
||
Berikut ini yang merupakan tata cara salat
jenazah adalah …
A.
Seperti salat fardhu
B.
Dua kali rukuk dan dua kali sujud dalam satu
rakaat
C.
Salat empat rakaat
D.
Empat kali takbir
E.
Salat dua rakaat
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-qurdist-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sd-2019-plh-vi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sma-2019-sosiologi-x.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-pjok.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-pts-ekonomi-kelas-x-semester-ii.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-pts-kimia-x-semester-gasal.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-qurdist-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sd-2019-plh-vi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sma-2019-sosiologi-x.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-pjok.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-pts-ekonomi-kelas-x-semester-ii.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-pts-kimia-x-semester-gasal.html
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Hukum salat jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
12
|
D
|
||
Hukum salat jenazah adalah …
A.
Wajib
B.
Fardhu
C.
Fardhu `ain
D.
Fardhu kifayah
E.
Sunnah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan syarat sahnya salat
jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
13
|
B
|
||
Di bawah ini yang merupakan syarat
sahnya salat jenazah adalah …
A.
Niat
B.
Menutup aurat dan menghadap kiblat
C.
Berdiri jika mampu
D.
Membaca surat al fatikha
E.
Membaca salawat nabi
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Posisi imam saat
melaksanakan salat jenazah yang jenazahnya laki-laki
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
14
|
B
|
||
Posisi imam saat melaksanakan salat
jenazah yang jenazahnya laki-laki adalah …
A.
Diarah pusar
B.
Diarah kepala
C.
Lurus kaki
D.
Diarah perut
E.
Lurus paha
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah jika
jenazahnya perempuan
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan jika jenazahnya
perempuan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
15
|
A
|
||
Sedangkan jika jenazahnya perempuan maka
imam …
A.
Berdiri sejajar dengan pinggulnya
B.
Diarah pusar
C.
Diarah kepala
D.
Lurus kaki
E.
Diarah perut
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
16
|
E
|
||
Orang yang hendak melaksanakan salat
jenazah harus memenuhi rukun salat jenazah. Berikut ini yang termasuk rukun
salat jenazah adalah …
A.
Orang islam
B.
Suci dari hadast besar maupun hadast kecil
C.
Menutup aurat
D.
Keadaan jenazah sudah dimandikan dan sudah
dikafani
E.
Membaca doa untuk jenazah setelah takbir yang
ketiga
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan Jenazah yang paling
dekat dengan imam ketika mensalati jenazah dalam jumlah banyak
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
17
|
D
|
||
Jenazah yang paling dekat dengan imam
ketika mensalati jenazah dalam jumlah banyak adalah jenazah …
A.
Anak laki-laki
B.
Wanita
C.
Anak perempuan
D.
Laki-laki dewasa
E.
Bayi
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan takbir yang kedua
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
18
|
B
|
||
Pada saat salat jenazah, takbir yang
kedua membaca ….
A.
Surat al fatikhah
B.
Salawat Nabi
C.
Doa untuk jenazah
D.
Doa untuk orang yang ditinggal
E.
Surat pendek
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan ketentuan syariat
tentang salat jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
19
|
C
|
||
Perhatikan
pernyataan dibawah ini :
1) Seorang
muslim tidak boleh mensalatkan jenazah laki-laki muslim
2) Bila
jenazahnya laki-laki, letak imam berdiri di arah kepala jenazah
3) Laki-laki
muslim tidak boleh mensalatkan jenazah perempuan muslim
4) Bila
jenazahnya wanita maka, letak imam ditengah-tengah jenazah tersebut
5) Salat
jenazah ghaib harus menghadap dimana jenazah itu dimakamkan
Dari
pernyataan diatas, pernyataan yang termasuk kedalam ketentuan syariat tentang
salat jenazah adalah …
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 4
D. 2
dan 5
E.
4 dan 5
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan pernyataan yang benar
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
20
|
E
|
||
Berikut yang merupakan pernyataan yang
benar adalah …
A.
Bila jenazahnya laki-laki, letak imam berdiri
ditengah-tengah jenazah tersebut
B.
Bila jenazahnya wanita maka, letak imam diarah
kepala jenazah
C.
Menutup aurat merupakan rukun salat jenazah
D.
Membaca surat al fatikhah setelah takbir yang
kedua
E.
Letak jenazah diarahkan kiblat orang yang
mensalatkan merupakan syarat sahnya salat jenazah
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
|||
3.1
|
||||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
||||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
||||
Indikator : siswa mampu menyebutkan rukun salat jenazah
|
||||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
||
21
|
B
|
|||
Perhatikan
pernyataan dibawah ini :
1) Membaca
salam
2) Membaca
doa setelah takbir yang keempat untuk jenazah dan orang yang ditinggal
3) Niat
4) Membaca
doa untuk jenazah setelah takbir ketiga
5) Berdiri
jika mampu
6) Membaca
surat al fatikhah setelah takbir yang pertama
7) Membaca
salawat nabi setelah takbir yang kedua
Dari
pernyataan diatas urutkan rukun salat jenazah adalah …
A. 1,2,3,4,5,6,
dan 7
B. 3,5,6,7,4,2,
dan 1
C. 3,5,6,4,1,2,
dan 7
D. 5,4,2,1,6,3,
dan 7
E.
3,5,6,7,2,4, dan 1
|
||||
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan bukan tata cara
menguburkan jenazah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
22
|
C
|
||
Dibawah ini yang bukan tata cara
menguburkan jenazah adalah …
A.
Liang lahad disunnahkan dibuat sepanjang badan
jenazah
B.
Setelah jenazah diusung dan sampai diliang lahad,
maka masukkan ke dalam lahad dengan miring kekanan dan menghadap kiblat
C.
Tali-tali pengikat jenazah di kain kafan
semuanya diikat
D.
Kemudian ditutup dengan papan atau kayu
E.
Mendoakan dan memohonkan ampunan
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
23
|
A
|
||
“luaskanlah pada bagian …. Dan
luaskanlah juga pada bagian … , ada beberapa kurma baginya di surga”. (H.R
Ahmad dan Abu dawud)
A.
Kepala dan kaki
B.
Kaki dan kepala
C.
Kepala dan tangan
D.
Tangan dan kepala
E.
Kaki dan tangan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tujuan bertakziah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
24
|
E
|
||
Takziah merupakan sesuatu yang
dianjurkan di dalam islam. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan bertakziah
adalah agar …
A.
Keluarga yang ditinggal merasa terhibur
B.
Keluarga yang ditinggal dapat bersabar
C.
Keluarga yang ditinggal dapat tabah
D.
Dapat mendoakan jenazah
E.
Mendapat banyak makanan yang lezat
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan bahasa Indonesia
takziah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
25
|
A
|
||
Dalam bahasa
Indonesia takziah sering juga disebut …
A. Melayat
B. Menasehati
C. Mendorong
D. Menemani
E.
Menghibur
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hokum Bertakziah dalam
islam
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
26
|
D
|
||
Bertakziah dalam islam hukumnya adalah …
A.
Wajib
B.
Haram
C.
Mubah
D.
Sunnah
E.
Makruh
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan adab-adab bertakziah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
27
|
E
|
||
Dibawah ini yang bukan merupakan
adab-adab bertakziah adalah …
A.
Menyampaikan doa untuk kebaikan
B.
Hindarilah pembicaraan yang menambah sedih
keluarga yang ditimpa musibah
C.
Hindarilah canda tawa
D.
Usahakan turut mengantarkan ke pemakaman
sampai selesai
E.
Pakailah pakaian yang cerah dan mewah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan ziarah secara bahasa
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
28
|
D
|
||
Umat islam disunnahkan melakukan ziarah,
ziarah secara bahasa berarti …
A.
Meminta berkah pada kubur
B.
Meminta keselamatan pada orang yang dikubur
C.
Wisata
D.
Mengunjungi kubur
E.
Mengingat kematian
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
29
|
E
|
||
Berikut ini yang merupakan hikmah
ziarah, kecuali …
A.
Mengingat kematian
B.
Dapat bersikap zuhud
C.
Selalu ingin berbuat baik sebagai bekal kelak
D.
Mendoakan si mayat yang muslim
E.
Mendapatkan berkah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan alasan ziarah kubur
dilarang oleh Rasulallah SAW
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
30
|
E
|
||
Pada awalnya ziarah kubur dilarang oleh
Rasulallah SAW karena alasan berikut, kecuali …
A.
Menangis
B.
Bersedih
C.
Meratapi
D.
Memutuskan
E.
Mengingat mati
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan etika ziarah kubur
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
31
|
D
|
||
Dibawah ini yang merupakan etika ziarah
kubur adalah …
A.
Hindarilah pembicaraan yang menambah sedih
keluarga
B.
Hindarilah canda tawa di rumah keluarga yang
ditinggakan
C.
Membuat makanan bagi keluarga
D.
Tidak boleh menduduki kuburan atau nisan
E.
Turut mensolati jenazah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan tata cara ziarah kubur
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
32
|
A
|
||
Sesampainya dipintu kuburan ucapkanlah ….
Sebagaimana yang dianjurkan oleh rasulallah SAW
A.
Salam
B.
Tahmid
C.
Tahlil
D.
Tasbih
E.
Istighfar
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hikmah ziarah kubur
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
33
|
D
|
||
Adapun hikmah ziarah kubur antara lain
dapat besikap zuhud. Zuhud adalah …
A.
Mementingkan keduniawian
B.
Tidak mementingkan kepentingan umum
C.
Acuh tak acuh
D.
Tidak mementingkan keduniawian
E.
Mementingkan keluarga sendiri
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
34
|
D
|
||
“Berziarah kamu ke kubur, karena
sesungguhnya ziarah kubur itu dapat mengingatkan engkau kepada …. “ (H.R.
Muslim)
A.
Kebaikan
B.
Kesalahan
C.
Kemungkaran
D.
Kematian
E.
Keberkahan
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XI KURIKULUM 2013
|
||
3.1
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah
|
|||
Materi Pembelajaran : pelaksanaan pengurusan jenazah
|
|||
Indikator : siswa mampu menyebutkan hadist
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
35
|
D
|
||
Allah SWT tidak akan mengubah keadaan
suatu kaum sehingga kaum tersebut …
A.
Mau berdoa kepada Allah SWT
B.
Memohon ampunan kepada Allah SWT
C.
Meminta pertolongan kepada Allah SWT
D.
Mau mengubahnya sendiri
E.
Menjalankan perintah Nya
|
KUNJUNGI JUGA LINK BERIKUT :
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html
KARTU SOAL URAIAN
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-xii-ipa-sma-semester-1-lengkap.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/soal-sejarah-sma-xi-ips-semester-1.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2018/11/sejarah-sma-xi-ipa-semester-gasal.html
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab
fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : Menganalisis
pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran :
pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator :
siswa mampu menjelaskan hal-hal yang sebaiknya segera dilakukan terhadap
jenazah yang baru saja meninggal dunia sebelum jenazahnya
Butir Soal : Sebutkan hal-hal yang sebaiknya
segera dilakukan terhadap jenazah yang baru saja meninggal dunia sebelum
jenazahnya dimandikan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1. Memejamkan mata dan mengatupkan mulutnya
2. Segera menyelesaikan utang si mayat
3. Apabila berwasiat hendaklah segera
dilaksanakan wasiat tersebut
4. Menututp seluruh tubuhnya dengan kain
5. Tidak ada halangan bagi keluarga dan
sahabatnya untuk mencium
|
1
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran :
pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator : siswa mampu
menjelaskan tata cara menguburkan jenazah
Butir Soal : Dalam menggali
liang lahad, hendaknya digali cukup dalam agar tidak tercium bau busuk dan
tidak dapat dibongkar oleh binatang buas. Sebutkan tata cara menguburkan
jenazah !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Liang lahad disunnahkan dibuat
sepanjang badan jenazah
2.
Setelah jenazah diusung sampai di
liang lahad, maka masukkanlah ke dalam liang lahad dengan miring ke kanan dan
menghadap kiblat
3.
Tali-tali pengikat jenazah dikain
kafan semuanya dilepas. Pipi kanan dan ujung kaki ditempelkan pada tanah
4.
Kemudian ditutup dengan papan atau
kayu atau bambu yang disebut dinding ari, kemudian ditimbun tanah sampai
galian lubang lahad itu rata
5.
Mendoakan dan memohonkan ampunan
|
1
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab
fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran :
pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator :
siswa mampu menjelaskan persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan salat
jenazah
Butir Soal : Jelaskan
persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan salat jenazah !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
5
5
|
|
Skor Maksimum
|
10
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran :
pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator :
siswa mampu menjelaskan beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk
mengkafani jenazah
Butir Soal : Sebutkan
beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk mengkafani jenazah !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Kain kafan 3 helai untuk jenazah laki-laki, 5
helai untuk jenazah perempuan dengan ukuran panjang badan
2.
Kapas
3.
Menggunakan wewangian seperti cendana, kasturi
dll
4.
Terhadap orang yang meninggal dalam keadaan
ihram, hendaknya dikafani sebagaimana pakaiannya sewaktu ihram dan tidak
menggunakan wangi-wangian. Sedangkan untuk perempuan tetap dikafani
sebagaimana mestinya, hanya dilarang mengenakan wewangian
5.
Dilarang berlebih-lebihan dalam mengkafani
jenazah
|
1
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah
Materi Pembelajaran :
pelaksanaan pengurusan jenazah
Indikator :
siswa mampu menjelaskan posisi urutan dalam menyalatkan jenazah yang berjumlah
banyak dan bercampur jenis kelamin
Butir Soal : Bagaimana
posisi urutan dalam menyalatkan jenazah yang berjumlah banyak dan bercampur
jenis kelamin?
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
Bila jenazah itu
banyak, maka diletakkan berdampingan dihadapan orang yang menyalatinya,
urutan yang paling dekat dengan imam adalah mayat laki-laki dewasa, sesudah
itu anak-anak kemudian wanita. Tetapi jika mayat itu hanya sejenis, yang
paling dekat dengan imam adalah yang lebih utama (yang lebih mengerti tentang
Dinul Islam)
|
5
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
0 Comments