KARTU SOAL PILIHAN GANDA
SATUAN PENDIDIKAN : SMA/MA/SMK
PENYUSUN : LAILATUL
MAJIDA
KELAS/SEMESTER :
XII/GANJIL
UNIT KERJA : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN :
SKI
TH. PELAJARAN : 2019-2020
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Teori yang menjelaskan
tentang kedatangan islam dari wilayah Gujarat – india
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
1
|
B
|
||
Teori
yang menjelaskan tentang kedatangan islam dari wilayah Gujarat – india
melalui peran para pedagang india muslim pada sekitar abad ke 13 M adalah
teori ...
A.
Persia
B.
Gujarat
C.
Mesir
D.
Arab
E.
Mekkah
`
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan teori yang menjelaskan
tentang kedatangan islam tiba di Indonesia langsung dari timur tengah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
2
|
E
|
||
Sedangkan
teori yang menjelaskan tentang kedatangan islam tiba di Indonesia langsung
dari timur tengah melalui jasa para pedagang arab pada sekitar abad ke 7 M
adalah teori ...
A.
Persia
B.
Gujarat
C.
Mesir
D.
Arab
E.
Mekkah
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan teori persia bahwa
islam tiba di indonesia melalui peran para pedagang persia
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
3
|
C
|
||
Menurut
teori persia bahwa islam tiba di indonesia melalui peran para pedagang persia
sekitar abad .... M.
A.
11
B.
12
C.
13
D.
7
E.
14
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu
menyebutkan bukan bukti yang mendukung teori mekkah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
4
|
E
|
||
Dibawah
ini yang bukan bukti yang mendukung teori mekkah adalah ...
A.
Menurut sejumlah pakar sejarah dan arkeolog, jauh
sebelum nabi Muhammad SAW menerima wahyu telah terjadi kontak gadang antara
para pedagang cina, nusantara dan arab
B.
Peter Bellwood menemukan bukti-bukti yang
menunjukkan bahwa sebelumabad kelima, beberapa jalur perdagangan utama telah
berkembang menghubungkan kepulauan nusantara dengan cina
C.
Adanya jalur perdagangan utama dari nusantara
D.
Ditemukan perkampungan arab muslim di Barus
E.
Kedatangan islam dari wilayah Gujarat – india
melalui peran para pedagang india
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan nama Seorang Sejarawan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
5
|
A
|
||
Seorang
Sejarawan dalam karyanya the preaching of islam juga menguatkan temuan bahwa
agama islam telah dibawa oleh muballigh islam asal jazirah arab ke nusantara
sejak abad ke 7 adalah bernama ...
A.
T.W. Arnold
B.
Hamka
C.
G.R Tibbet
D.
Peter Bellwood
E.
Claudius Ptolomeus
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan tempat seminar nasional
tentang masuknya islam ke indonesia
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
|
B
|
||
Dalam
seminar nasional tentang masuknya islam ke indonesia di kota .... tahun 1963
bahwa para ahli sejarah menyimpulkan islam masuk ke indonesia pada abad ke 7
M dan langsung dari arab.
A.
Jakarta
B.
Medan
C.
Surabaya
D.
Surakarta
E.
Semarang
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan sarana dalam
penyebarab islam di indonesia
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
7
|
E
|
||
Dibawah
ini yang bukan sarana dalam penyebarab islam di indonesia adalah ...
A.
Perdagangan
B.
Perkawinan
C.
Pendidikan
D.
Kesenian
E.
Peperangan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Saluran islamisasi
melalui kesenian yang paling terkenal
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
8
|
A
|
||
Saluran
islamisasi melalui kesenian yang paling terkenal adalah melalui pertunjukkan
...
A.
Wayang
B.
Band
C.
Shalawat
D.
Tarian
E.
Nyanyian
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Saluran islamisasi
melalui kesenian yang paling terkenal
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
9
|
C
|
||
Tempat
mula-mula masuknya islam di pulau sumatra adalah ...
A.
Pantai selatan sumatra
B.
Pantai utara sumatra
C.
Pantai barat sumatra
D.
Pantai sumatra
E.
Pantai kalimantan
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Ulama yang terkenal
membawa islam ke pariaman
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
10
|
B
|
||
Ulama
yang terkenal membawa islam ke pariaman adalah ...
A.
Abdullah Arif
B.
Syekh Burhanuddin
C.
Aryadillah
D.
Raden Rahmat
E.
Raja Goa
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Penyebaran islam di
Kalimantan Timur
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
11
|
D
|
||
Penyebaran
islam di Kalimantan Timur terutama di Kutai, dilakukan oleh ... dan ....
melalui jalur perdagangan.
A.
Abdullah Arif dan Syekh Burhanuddin
B.
Aryadillah dan Raden Rahmat
C.
Abdullah Arif dan Raden Rahmat
D.
Dato` Ri Bandang dan Tuang Tunggang
E.
Dato` Ri Bandang dan Aryadillah
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu
menyebutkan Kerajaan Aceh mencapai masa keemasan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
12
|
C
|
||
Kerajaan
Aceh mencapai masa keemasan pada masa pemerintahan ...
A.
Sultan Muhammad
B.
Sultan Ibrahim
C.
Sultan Iskandar Muda
D.
Sultan Pakubuwono
E.
Sultan Malik Al Shaleh
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu
menyebutkan kesultanan cirebon pecah menjadi 2
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
13
|
C
|
||
Pada
abad ke 17 M terjadi .... sehingga kesultanan cirebon pecah menjadi 2 yaitu
kasepuhan dan kanoman.
A.
Perkawinan
B.
Pemukiman
C.
Perselisihan
D.
Perdebatan
E.
Perjanjian
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Akhir pemerintahan
Sultan Ageng
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
14
|
E
|
||
Akhir
pemerintahan Sultan Ageng ditandai dengan persengketaan dengan putranya
Sultan Haji yang bersekongkol dengan ...
A.
Portugal
B.
Inggris
C.
Persia
D.
Rusia
E.
Belanda
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan kerajaan islam di
Sumatra
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
15
|
A
|
||
Perhatikan
nama-nama kerajaan islam indonesia dibawah ini :
1.
Kerajaan Jeumpa
2.
Kerajaan Pedir
3.
Kerajaan Nunusaku
4.
Kerajaan Sahulahu
Yang
merupakan kerajaan islam di Sumatra adalah ...
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 3
E.
2 dan 4
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan bentuk gerakan
pembaruan islam dibidang pendidikan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
16
|
A
|
||
Dibawah
ini yang bukan merupakan bentuk gerakan pembaruan islam dibidang pendidikan
adalah ...
A.
Ormas
B.
Sekolah Thawalib
C.
Jamiat Khair
D.
Nahdlatul Ulama
E.
Muhammadiyah
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Jamiat Khair
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
17
|
B
|
||
Jamiat
Khair didirikan di ... oleh masyarakat arab indonesia pada tanggal 17 Juli
1905.
A.
Semarang
B.
Jakarta
C.
Surakarta
D.
Medan
E.
Jogjakarta
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Organisasi sosial
kemasyarakatan yang semula bernama Hayatul Qulub
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
18
|
C
|
||
Organisasi
sosial kemasyarakatan yang semula bernama Hayatul Qulub adalah ...
A.
Jamiat Khair
B.
Nahdlatul Ulama
C.
Persyarikatan Ulama
D.
Muhammadiyah
E.
Al Irsyad
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Nahdhatul Ulama
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
19
|
E
|
||
Nahdhatul
Ulama didirikan pada tanggal ....
A.
27 Januari 1926
B.
28 Januari 1926
C.
29 Januari 1926
D.
30 Januari 1926
E.
31 Januari 1926
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.1
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan gerakan pembaruan
islam di bidang politik
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
20
|
D
|
||
Dibawah
ini yang termasuk gerakan pembaruan islam di bidang politik adalah ...
A.
Al Irsyad
B.
Muhammadiyah
C.
Nahdlatul Ulama
D.
Orsospol
E.
Jamiat Khair
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
||
|
3.2
|
|||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
||||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
||||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan awal mula kebangkitan
peradapan islam
|
||||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
||
21
|
C
|
|||
Muhammad
Isa Anshary berpendapat bahwa awal mula kebangkitan peradapan islam dapat
ditelusuri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kegiatan intelektual di
.... dan ....
A.
Banghdad dan Irak
B.
Baghdad dan Iran
C.
Baghdad dan Cordova
D.
Cordova dan Irak
E.
Cordova dan Iran
|
||||
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Islam masuk ke India
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
22
|
C
|
||
Islam
masuk ke India pada abad ...
A.
5 M
B.
6 M
C.
7 M
D.
8 M
E.
9 M
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan termasuk
kerajaan islam di India
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
23
|
A
|
||
Dibawah
ini yang bukan termasuk kerajaan islam di India adalah ...
A.
Kerajaan Rumbati
B.
Kerajaan Sabaktakin
C.
Kerajaan Ghazi
D.
Kerajaan Mamalik
E.
Kerajaan Taglak
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Kerajaan Ghazi
mencapai puncak kejayaan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
24
|
E
|
||
Kerajaan
Ghazi mencapai puncak kejayaan pada masa ...
A.
Aliudin Hudain
B.
Muhammad bin Taglak
C.
Firus Syah
D.
Akbar Agung
E.
Muhammad Abdul Muzafar bin Husain Al Ghazi
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Kerajaan Taglak
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
25
|
D
|
||
Kerajaan
Taglak merupakan kerajaan ... di India sebelum datangnya bangsa mongol.
A.
Awal
B.
Tengah
C.
Baru
D.
Terakhir
E.
Lama
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan nama-nama raja
kerajaan Taglak
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
26
|
A
|
||
Dibawah
ini yang bukan nama-nama raja kerajaan Taglak adalah ...
A.
Alaudin
B.
Babur
C.
Humayun
D.
Akbar Agung
E.
Syah Jihan
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Agama islam masuk ke
Afganistan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
27
|
A
|
||
Agama
islam masuk ke Afganistan sejak masa khalifah ....
A.
Umar bin Khattab
B.
Ali bin abu Thalib
C.
Usman bin Affan
D.
Abu Bakar As siddiq
E.
Pada zaman Rasulallah SAW
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan ulama yang terkenal di
Afghanistan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
28
|
D
|
||
Dibawah
ini yang termasuk ulama yang terkenal di Afghanistan adalah ...
A.
Muhammad Zair Syah
B.
Muhammad Daud
C.
Abdu Rabbi Rasul Sayyaf
D.
Ibnu Hibban Al Basti
E.
Akbar Agung
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan usaha Gubernur Amru bin
Ash
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
29
|
C
|
||
Perhatikan
pernyataan-pernyataan dibawah ini :
1.
Kota fushtath dibangun dan dijadikan ibu kota,
sebagai pengganti kota Iskandariyah
2.
Mengembalikan keamanan, dengan menumpas semua
kekacauan, mempersatukan bangsa Kopti dengan bangsa Arab sekalipun berlainan
agama
3.
Mendirikan pabrik-pabrik untuk membuat nuklir
4.
Membuat tempat ukuran air sungai Nil di Halwan
untuk mengetahui pasang surutnya air sungai
5.
Mendirikan masjid
Dari
pertanyaan diatas yang termasuk usaha Gubernur Amru bin Ash untuk memajukan
mesir adalah ...
A.
1 dan 3
B.
2 dan 3
C.
1 dan 2
D.
3 dan 4
E.
3 dan 5
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan organisasinya
mengambil prinsip-prinsip ajaran agama
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
30
|
E
|
||
Elijah
Muhammad dalam organisasinya mengambil prinsip-prinsip ajaran agama islam
tidak membedakan ...
A.
Keturunan
B.
Kekayaan
C.
Budaya
D.
Politik
E.
Warna kulit
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan organisasi World Comunity
of Islam in West
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
31
|
A
|
||
Pada
tanggal ... organisasi World Comunity of Islam in West diganti namanya
menjadi American Muslim Mission (AMM) agar lebih jelas misi organisasi
tersebut sebagai dakwah.
A.
30 April 1980
B.
29 April 1980
C.
28 April 1980
D.
27 April 1980
E.
26 April 1980
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Peranan wanita-wanita
muslim di Spanyol
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
32
|
D
|
||
Peranan
wanita-wanita muslim di Spanyol saat itu tidak hanya mengurus rumah tangga
saja tetapi mereka juga memberikan sumbangan besar di bidang kesusastraan,
diantaranya adalah ...
A.
Sysyah
B.
Hasanah at Tamiyah
C.
Ummul Ula
D.
Nazhun
E.
Ummu Khusnah
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan organisasi islam
yang ada di Inggris
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
33
|
E
|
||
Dibawah
ini yang bukan organisasi islam yang ada di Inggris adalah ...
A.
The islamic Council of Europe
B.
The Union of Moslem Organization
C.
The Asociation of British Moslems
D.
Islamic Fondation dan Moslem Institute
E.
Black Moslems
|
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Tokoh muslim yang
terkenal dibidang kedokteran dan juga ahli dalam bidang filsuf
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
34
|
B
|
||
Tokoh
muslim yang terkenal dibidang kedokteran dan juga ahli dalam bidang filsuf
adalah ...
A.
Ibnu Daud
B.
Ibnu Sina
C.
Ibnu Rusyd
D.
Al Ghazali
E.
Al Farabi
|
|
No. KD
|
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN
BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013
|
|
|
3.2
|
||
Kompetisi Inti : 3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|||
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
|
|||
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
|
|||
Indikator : Siswa mampu menyebutkan Abdul Rahman al
Khazini
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
35
|
D
|
||
Dalam
bidang fisika, Abdul Rahman al Khazini menulis kitab yang berjudul ...
A.
Al jamaah wa at Tafriq bi al Hisab al Hindi
B.
Algebra
C.
Al Maqal fi Hisab al Jabr wa al Muqabalah
D.
Mizanul Hikmah
E.
Al Manazir
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran :
perkembangan Islam di Indonesia
Indikator :
siswa mampu menjelaskan tiga teori
besar yang dikembangkan oleh Ahmad mansur Suryanegara
Butir Soal : Para pakar sejarah berbeda pendapat mengenai sejarah masuknya islam ke
Nusantara. Terdapat tiga teori besar yang dikembangkan oleh Ahmad mansur
Suryanegara, sebutkan dan jelaskan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1. Teori Gujarat bahwa islam dipercayai datang
dari wilayah Gujarat India melalui peran para pedagang India Muslim pada
sekitar abad ke 13 M
2. Teori Mekkah bahwa islam dipercayai masuk
tiba di Indonesia dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim
sekitar abad ke 7 M.
3. Teori Persia bahwa islam masuk ke Indonesia
melalui peran para pedagang Persia yang dalam perjalanannya singgah ke
Gujarat sebelum ke Nusantara sekitar abad ke 13 M.
|
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran :
perkembangan Islam di Indonesia
Indikator : siswa mampu menjelaskan kerajaan islam di jawa
Butir Soal :
Sebutkan 6 kerajaan islam di jawa !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1.
Kesultanan Cirebon
2.
Kesultanan Demak
3.
Kesultanan Pajang
4.
Kesultanan Banten
5.
Kesultanan Mataram
6.
Kesultanan Jogjakarta
|
1
1
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab
fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran :
perkembangan Islam di Indonesia
Indikator :
siswa mampu menjelaskan organisasi
yang termasuk gerakan pendidikan Butir Soal : Gerakan pembaruan di Indonesia merupakan
salah satu berkembangnya islam di Indonesia. Secara garis besar ada dua bentuk
gerakan pembaruan islam di Indonesia yaitu pendidikan dan politik, sebutkan
organisasi yang termasuk gerakan pendidikan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1.
Sekolah
Thawalib
2.
Jamiat
Khair
3.
Al
Irsyad
4.
Persyarikatan
Islam
5.
Nahdlatul
Ulama (NU)
6.
Muhammadiyah
|
1
1
1
1
1
1
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis peradapan islam di dunia
Materi Pembelajaran :
peradapan islam di dunia
Indikator :
siswa mampu menjelaskan periodesasi
menurut Harun Nasution
Butir Soal :
Ada beberapa jenis pemetaan periode
sejarah islam menurut para ahli, salah satunya adalah periodesasi menurut Harun
Nasution, sebutkan dan jelaskan !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1. Periode klasik (650-1250M)
a. Fase ekspansi dan integrasi (650-1000M)
b. Fase disintegarsi (100-1250M)
2. Periode pertengahan (1250-1800M)
a. Fase kemunduran (1250-1500M)
b. Fase munculnya tiga kerajaan besar
(1500-1800M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700M) dan zaman
kemunduran (1700-1800M)
3. Periode modern (1800-seterusnya)
Periode modern
merupakan periode kebangkitan islam yang ditandai dengan munculnya para
pembaru islam
|
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU SOAL URAIAN
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
Kompetisi Dasar :
menganalisis peradapan islam di dunia
Materi Pembelajaran :
peradapan islam di dunia
Indikator :
siswa mampu menjelaskan karya-karya Abu Walid Muhammad bin Rusyd Butir
Soal :
Abu Walid Muhammad bin Rusyd lahir di Cordova pada tahun 520 H.
Dia adalah salah satu ilmuan muslim dalam bidang filsafat, kedokteran dan
fikih, sebutkan karya-karyanya !
PEDOMAN PENYEKORAN
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
1. Bidayat Al Mujtahid
2. Kulliyat fi at Tib
3. Fash al Maqal Fi Ma Bain Al Hikmat Wa asy
Syari`at
|
2
2
2
|
|
Skor Maksimum
|
6
|
0 Comments