CONTOH KARTU SOAL UJIAN SKI KELAS XII LENGKAP DENGAN KUNCI 2019/2020



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

SATUAN PENDIDIKAN     : SMA/MA/SMK                   
PENYUSUN                          : LAILATUL MAJIDA
KELAS/SEMESTER             : XII/GANJIL            
UNIT KERJA                         : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN                        : SKI                          
TH. PELAJARAN                 : 2019-2020


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Teori yang menjelaskan tentang kedatangan islam dari wilayah Gujarat – india

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
1
B
Teori yang menjelaskan tentang kedatangan islam dari wilayah Gujarat – india melalui peran para pedagang india muslim pada sekitar abad ke 13 M adalah teori ...
A.    Persia
B.     Gujarat
C.     Mesir
D.    Arab
E.     Mekkah

`












KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menyebutkan teori yang menjelaskan tentang kedatangan islam tiba di Indonesia langsung dari timur tengah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
2
E
Sedangkan teori yang menjelaskan tentang kedatangan islam tiba di Indonesia langsung dari timur tengah melalui jasa para pedagang arab pada sekitar abad ke 7 M adalah teori ...
A.    Persia
B.     Gujarat
C.     Mesir
D.    Arab
E.     Mekkah



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menyebutkan teori persia bahwa islam tiba di indonesia melalui peran para pedagang persia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
3
C
Menurut teori persia bahwa islam tiba di indonesia melalui peran para pedagang persia sekitar abad .... M.
A.    11
B.     12
C.     13
D.    7
E.     14

                                                   





KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia
Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan bukti yang mendukung teori mekkah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
4
E

Dibawah ini yang bukan bukti yang mendukung teori mekkah adalah ...
A.    Menurut sejumlah pakar sejarah dan arkeolog, jauh sebelum nabi Muhammad SAW menerima wahyu telah terjadi kontak gadang antara para pedagang cina, nusantara dan arab
B.     Peter Bellwood menemukan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa sebelumabad kelima, beberapa jalur perdagangan utama telah berkembang menghubungkan kepulauan nusantara dengan cina
C.     Adanya jalur perdagangan utama dari nusantara
D.    Ditemukan perkampungan arab muslim di Barus
E.     Kedatangan islam dari wilayah Gujarat – india melalui peran para pedagang india



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan nama Seorang Sejarawan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
5
A
Seorang Sejarawan dalam karyanya the preaching of islam juga menguatkan temuan bahwa agama islam telah dibawa oleh muballigh islam asal jazirah arab ke nusantara sejak abad ke 7 adalah bernama ...
A.    T.W. Arnold
B.     Hamka
C.     G.R Tibbet
D.    Peter Bellwood
E.     Claudius Ptolomeus



KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia

Indikator : Siswa mampu menyebutkan tempat seminar nasional tentang masuknya islam ke indonesia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban

B
Dalam seminar nasional tentang masuknya islam ke indonesia di kota .... tahun 1963 bahwa para ahli sejarah menyimpulkan islam masuk ke indonesia pada abad ke 7 M dan langsung dari arab.
A.    Jakarta
B.     Medan
C.     Surabaya
D.    Surakarta
E.     Semarang



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan sarana dalam penyebarab islam di indonesia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
7
E
Dibawah ini yang bukan sarana dalam penyebarab islam di indonesia adalah ...
A.    Perdagangan
B.     Perkawinan
C.     Pendidikan
D.    Kesenian
E.     Peperangan






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Saluran islamisasi melalui kesenian yang paling terkenal

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
8
A
Saluran islamisasi melalui kesenian yang paling terkenal adalah melalui pertunjukkan ...
A.    Wayang
B.     Band
C.     Shalawat
D.    Tarian
E.     Nyanyian



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Saluran islamisasi melalui kesenian yang paling terkenal

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
9
C
Tempat mula-mula masuknya islam di pulau sumatra adalah ...
A.    Pantai selatan sumatra
B.     Pantai utara sumatra
C.     Pantai barat sumatra
D.    Pantai sumatra
E.     Pantai kalimantan







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Ulama yang terkenal membawa islam ke pariaman

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
10
B
Ulama yang terkenal membawa islam ke pariaman adalah ...
A.    Abdullah Arif
B.     Syekh Burhanuddin
C.     Aryadillah
D.    Raden Rahmat
E.     Raja Goa



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Penyebaran islam di Kalimantan Timur

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
11
D
Penyebaran islam di Kalimantan Timur terutama di Kutai, dilakukan oleh ... dan .... melalui jalur perdagangan.
A.    Abdullah Arif dan Syekh Burhanuddin
B.     Aryadillah dan Raden Rahmat
C.     Abdullah Arif dan Raden Rahmat
D.    Dato` Ri Bandang dan Tuang Tunggang
E.     Dato` Ri Bandang dan Aryadillah







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Kerajaan Aceh mencapai masa keemasan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
12
C
Kerajaan Aceh mencapai masa keemasan pada masa pemerintahan ...
A.    Sultan Muhammad
B.     Sultan Ibrahim
C.     Sultan Iskandar Muda
D.    Sultan Pakubuwono
E.     Sultan Malik Al Shaleh



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan kesultanan cirebon pecah menjadi 2

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
13
C
Pada abad ke 17 M terjadi .... sehingga kesultanan cirebon pecah menjadi 2 yaitu kasepuhan dan kanoman.
A.    Perkawinan
B.     Pemukiman
C.     Perselisihan
D.    Perdebatan
E.     Perjanjian


                                                                 





KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Akhir pemerintahan Sultan Ageng

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
14
E
Akhir pemerintahan Sultan Ageng ditandai dengan persengketaan dengan putranya Sultan Haji yang bersekongkol dengan ...
A.    Portugal
B.     Inggris
C.     Persia
D.    Rusia
E.     Belanda



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan kerajaan islam di Sumatra

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
15
A
Perhatikan nama-nama kerajaan islam indonesia dibawah ini :
1.      Kerajaan Jeumpa
2.      Kerajaan Pedir
3.      Kerajaan Nunusaku
4.      Kerajaan Sahulahu
Yang merupakan kerajaan islam di Sumatra adalah ...
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     1 dan 4
D.    2 dan 3
E.     2 dan 4

KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan bentuk gerakan pembaruan islam dibidang pendidikan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
16
A
Dibawah ini yang bukan merupakan bentuk gerakan pembaruan islam dibidang pendidikan adalah ...
A.    Ormas
B.     Sekolah Thawalib
C.     Jamiat Khair
D.    Nahdlatul Ulama
E.     Muhammadiyah



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Jamiat Khair

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
17
B
Jamiat Khair didirikan di ... oleh masyarakat arab indonesia pada tanggal 17 Juli 1905.
A.    Semarang
B.     Jakarta
C.     Surakarta
D.    Medan
E.     Jogjakarta







KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Organisasi sosial kemasyarakatan yang semula bernama Hayatul Qulub

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
18
C
Organisasi sosial kemasyarakatan yang semula bernama Hayatul Qulub adalah ...
A.    Jamiat Khair
B.     Nahdlatul Ulama
C.     Persyarikatan Ulama
D.    Muhammadiyah
E.     Al Irsyad



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Nahdhatul Ulama

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
19
E
Nahdhatul Ulama didirikan pada tanggal ....
A.    27 Januari 1926
B.     28 Januari 1926
C.     29 Januari 1926
D.    30 Januari 1926
E.     31 Januari 1926








KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.1
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Perkembangan Islam di Indonesia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan gerakan pembaruan islam di bidang politik

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
20
D
Dibawah ini yang termasuk gerakan pembaruan islam di bidang politik adalah ...
A.    Al Irsyad
B.     Muhammadiyah
C.     Nahdlatul Ulama
D.    Orsospol
E.     Jamiat Khair



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan awal mula kebangkitan peradapan islam

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
21
C
Muhammad Isa Anshary berpendapat bahwa awal mula kebangkitan peradapan islam dapat ditelusuri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan kegiatan intelektual di .... dan ....
A.    Banghdad dan Irak
B.     Baghdad dan Iran
C.     Baghdad dan Cordova
D.    Cordova dan Irak
E.     Cordova dan Iran


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Islam masuk ke India

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
22
C
Islam masuk ke India pada abad ...
A.    5 M
B.     6 M
C.     7 M
D.    8 M
E.     9 M



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan termasuk kerajaan islam di India

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
23
A
Dibawah ini yang bukan termasuk kerajaan islam di India adalah ...
A.    Kerajaan Rumbati
B.     Kerajaan Sabaktakin
C.     Kerajaan Ghazi
D.    Kerajaan Mamalik
E.     Kerajaan Taglak






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Kerajaan Ghazi mencapai puncak kejayaan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
24
E
Kerajaan Ghazi mencapai puncak kejayaan pada masa ...
A.    Aliudin Hudain
B.     Muhammad bin Taglak
C.     Firus Syah
D.    Akbar Agung
E.     Muhammad Abdul Muzafar bin Husain Al Ghazi



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Kerajaan Taglak

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
25
D
Kerajaan Taglak merupakan kerajaan ... di India sebelum datangnya bangsa mongol.
A.    Awal
B.     Tengah
C.     Baru
D.    Terakhir
E.     Lama






KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan nama-nama raja kerajaan Taglak

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
26
A
Dibawah ini yang bukan nama-nama raja kerajaan Taglak adalah ...
A.    Alaudin
B.     Babur
C.     Humayun
D.    Akbar Agung
E.     Syah Jihan



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Agama islam masuk ke Afganistan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
27
A
Agama islam masuk ke Afganistan sejak masa khalifah ....
A.    Umar bin Khattab
B.     Ali bin abu Thalib
C.     Usman bin Affan
D.    Abu Bakar As siddiq
E.     Pada zaman Rasulallah SAW








KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
Indikator : Siswa mampu menyebutkan ulama yang terkenal di Afghanistan

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
28
D
Dibawah ini yang termasuk ulama yang terkenal di Afghanistan adalah ...
A.    Muhammad Zair Syah
B.     Muhammad Daud
C.     Abdu Rabbi Rasul Sayyaf
D.    Ibnu Hibban Al Basti
E.     Akbar Agung



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia
Indikator : Siswa mampu menyebutkan usaha Gubernur Amru bin Ash

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
29
C
Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini :
1.      Kota fushtath dibangun dan dijadikan ibu kota, sebagai pengganti kota Iskandariyah
2.      Mengembalikan keamanan, dengan menumpas semua kekacauan, mempersatukan bangsa Kopti dengan bangsa Arab sekalipun berlainan agama
3.      Mendirikan pabrik-pabrik untuk membuat nuklir
4.      Membuat tempat ukuran air sungai Nil di Halwan untuk mengetahui pasang surutnya air sungai
5.      Mendirikan masjid
Dari pertanyaan diatas yang termasuk usaha Gubernur Amru bin Ash untuk memajukan mesir adalah ...
A.    1 dan 3
B.     2 dan 3
C.     1 dan 2
D.    3 dan 4
E.     3 dan 5

KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan organisasinya mengambil prinsip-prinsip ajaran agama

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
30
E
Elijah Muhammad dalam organisasinya mengambil prinsip-prinsip ajaran agama islam tidak membedakan ...
A.    Keturunan
B.     Kekayaan
C.     Budaya
D.    Politik
E.     Warna kulit



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan organisasi World Comunity of Islam in West

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
31
A
Pada tanggal ... organisasi World Comunity of Islam in West diganti namanya menjadi American Muslim Mission (AMM) agar lebih jelas misi organisasi tersebut sebagai dakwah.
A.    30 April 1980
B.     29 April 1980
C.     28 April 1980
D.    27 April 1980
E.     26 April 1980




KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Peranan wanita-wanita muslim di Spanyol

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
32
D
Peranan wanita-wanita muslim di Spanyol saat itu tidak hanya mengurus rumah tangga saja tetapi mereka juga memberikan sumbangan besar di bidang kesusastraan, diantaranya adalah ...
A.    Sysyah
B.     Hasanah at Tamiyah
C.     Ummul Ula
D.    Nazhun
E.     Ummu Khusnah



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan bukan organisasi islam yang ada di Inggris

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
33
E
Dibawah ini yang bukan organisasi islam yang ada di Inggris adalah ...
A.    The islamic Council of Europe
B.     The Union of Moslem Organization
C.     The Asociation of British Moslems
D.    Islamic Fondation dan Moslem Institute
E.     Black Moslems




KARTU SOAL PILIHAN GANDA


No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Tokoh muslim yang terkenal dibidang kedokteran dan juga ahli dalam bidang filsuf
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
34
B
Tokoh muslim yang terkenal dibidang kedokteran dan juga ahli dalam bidang filsuf adalah ...
A.    Ibnu Daud
B.     Ibnu Sina
C.     Ibnu Rusyd
D.    Al Ghazali
E.     Al Farabi



No. KD
Buku Sumber : BUKU PAKET SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI XII KURIKULUM 2013

3.2
Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar : menganalisis peradapan Islam di Dunia
Materi Pembelajaran : peradapan Islam di Dunia


Indikator : Siswa mampu menyebutkan Abdul Rahman al Khazini

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
35
D
Dalam bidang fisika, Abdul Rahman al Khazini menulis kitab yang berjudul ...
A.    Al jamaah wa at Tafriq bi al Hisab al Hindi
B.     Algebra
C.     Al Maqal fi Hisab al Jabr wa al Muqabalah
D.    Mizanul Hikmah
E.     Al Manazir








PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran   : perkembangan Islam di Indonesia
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan tiga teori besar yang dikembangkan oleh Ahmad mansur Suryanegara
Butir Soal                    : Para pakar sejarah berbeda pendapat mengenai sejarah masuknya islam ke Nusantara. Terdapat tiga teori besar yang dikembangkan oleh Ahmad mansur Suryanegara, sebutkan dan jelaskan !


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Teori Gujarat bahwa islam dipercayai datang dari wilayah Gujarat India melalui peran para pedagang India Muslim pada sekitar abad ke 13 M
2.      Teori Mekkah bahwa islam dipercayai masuk tiba di Indonesia dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke 7 M.
3.      Teori Persia bahwa islam masuk ke Indonesia melalui peran para pedagang Persia yang dalam perjalanannya singgah ke Gujarat sebelum ke Nusantara sekitar abad ke 13 M.
2


2


2

Skor Maksimum
6



PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran   : perkembangan Islam di Indonesia
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan kerajaan islam di jawa
Butir Soal                    : Sebutkan 6  kerajaan islam di jawa !


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Kesultanan Cirebon
2.      Kesultanan Demak
3.      Kesultanan Pajang
4.      Kesultanan Banten
5.      Kesultanan Mataram
6.      Kesultanan Jogjakarta
1
1
1
1
1
1

Skor Maksimum
6






PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran   : perkembangan Islam di Indonesia
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan organisasi yang termasuk gerakan pendidikan Butir Soal                     : Gerakan pembaruan di Indonesia merupakan salah satu berkembangnya islam di Indonesia. Secara garis besar ada dua bentuk gerakan pembaruan islam di Indonesia yaitu pendidikan dan politik, sebutkan organisasi yang termasuk gerakan pendidikan !





PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Sekolah Thawalib
2.      Jamiat Khair
3.      Al Irsyad
4.      Persyarikatan Islam
5.      Nahdlatul Ulama (NU)
6.      Muhammadiyah

1
1
1
1
1
1

Skor Maksimum
6





PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis peradapan islam di dunia
Materi Pembelajaran   : peradapan islam di dunia
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan periodesasi menurut Harun Nasution
Butir Soal                    : Ada beberapa jenis pemetaan periode sejarah islam menurut para ahli, salah satunya adalah periodesasi menurut Harun Nasution, sebutkan dan jelaskan !



PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Periode klasik (650-1250M)
a.       Fase ekspansi dan integrasi (650-1000M)
b.      Fase disintegarsi (100-1250M)
2.      Periode pertengahan (1250-1800M)
a.       Fase kemunduran (1250-1500M)
b.      Fase munculnya tiga kerajaan besar (1500-1800M) yang dimulai dengan zaman kemajuan (1500-1700M) dan zaman kemunduran (1700-1800M)
3.      Periode modern (1800-seterusnya)
Periode modern merupakan periode kebangkitan islam yang ditandai dengan munculnya para pembaru islam
2



2



2


Skor Maksimum
6








PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti : 3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetisi Dasar         : menganalisis peradapan islam di dunia
Materi Pembelajaran   : peradapan islam di dunia
Indikator                     : siswa mampu menjelaskan karya-karya Abu Walid Muhammad  bin Rusyd Butir Soal                  : Abu Walid Muhammad  bin Rusyd lahir di Cordova pada tahun 520 H. Dia adalah salah satu ilmuan muslim dalam bidang filsafat, kedokteran dan fikih, sebutkan karya-karyanya !


PEDOMAN PENYEKORAN

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.      Bidayat Al Mujtahid
2.      Kulliyat fi at Tib
3.      Fash al Maqal Fi Ma Bain Al Hikmat Wa asy Syari`at
2
2
2

Skor Maksimum
6


Post a Comment

0 Comments