Bahasa
Indonesia XI
1. Identitas buku meliputi sebagai berikut,
kecuali ….
a. Judul buku
b. Harga buku
c. Jumlah halaman
d. Penerbit
e. Pengedit buku
a. Judul buku
b. Harga buku
c. Jumlah halaman
d. Penerbit
e. Pengedit buku
2. Pembuat resensi disebut ….
a. Resentator
b. Resentor
c. Rensensist
d. Rensesiers
e. Peresensi
a. Resentator
b. Resentor
c. Rensensist
d. Rensesiers
e. Peresensi
3. Yang bukan dimaksud dengan kepengarangan dalam
resensi buku adalah ….
a. Tentang diri pengarang buku
b. Perjalanan cinta pengarang
c. Riwayat hidup pengarang
d. Karya-karyanya yang lain
e. Biografi singkat pengarang
a. Tentang diri pengarang buku
b. Perjalanan cinta pengarang
c. Riwayat hidup pengarang
d. Karya-karyanya yang lain
e. Biografi singkat pengarang
4. Tujuan dari resensi novel adalah ….
a. Memberikan informasi kepada khalayak akan kehadiran sesuatu buku
b. Mensugesti khalayak agar membaca buku-buku yang lain
c. Memberitahu khalayak manfaat dari membaca buku
d. Menyebar kekurangan dari suatu buku
e. Memaksa khalayak untuk membaca buku
a. Memberikan informasi kepada khalayak akan kehadiran sesuatu buku
b. Mensugesti khalayak agar membaca buku-buku yang lain
c. Memberitahu khalayak manfaat dari membaca buku
d. Menyebar kekurangan dari suatu buku
e. Memaksa khalayak untuk membaca buku
5. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan dalam
meresensi buku ialah ….
a. Menyunting
b. Menimbang
c. Membahas
d. Mengkritik
e. Mengungkapkan Kembali
a. Menyunting
b. Menimbang
c. Membahas
d. Mengkritik
e. Mengungkapkan Kembali
6. Berikut merupakan kalimat yang mengungkapkan
kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku….
a. Buku ini sangat menarik, banyak sekali gambar-gambar yang menarik. Cerita yang
a. Buku ini sangat menarik, banyak sekali gambar-gambar yang menarik. Cerita yang
disampaikan mudah untuk dimengerti.
b. Penulis
sangat enjoy menggunakan kata-kata yang digunakan dalam membuat novel
sehingga memberi kesan tidak menggurui
c. Kemunculan
buku ini telah memperkaya pengetahuan bisnis khususnya untuk para
pembisnis.
d. Kekuatan
novel ini tidak hanya dari covernya saja yang menarik, isi perlembar dari novel
ini pun sangat menarik sehingga orang yang
membacanya tidak mudah bosan
e. Sayang
sekali banyak sekali kata-kata yang sulit sehingga para pembaca sulit
mengartikan kata.
7. Berikut bukan merupakan langkah-langkah menulis
resensi ….
a. Menentukan jenis buku yang ingin diresensi
b. Menentukan bagian paling menarik dari buku
c. Menyusun iktisar dari buku tersebut
d. Menaksir harga buku
e. Membaca buku hingga halaman terakhir
a. Menentukan jenis buku yang ingin diresensi
b. Menentukan bagian paling menarik dari buku
c. Menyusun iktisar dari buku tersebut
d. Menaksir harga buku
e. Membaca buku hingga halaman terakhir
8. Berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat
resensi film, kecuali ….
a. Mengenali film yang akan diresensi
b. Menandai bagian-bagian yang akan dijadikan sebagai kutipan dalam resensi
c. Menonton film yang akan diresensi dengan cermat
d. Membuat ikhtisar dari film yang akan diresensi
e. Menonton trailer film yang akan diresensi
a. Mengenali film yang akan diresensi
b. Menandai bagian-bagian yang akan dijadikan sebagai kutipan dalam resensi
c. Menonton film yang akan diresensi dengan cermat
d. Membuat ikhtisar dari film yang akan diresensi
e. Menonton trailer film yang akan diresensi
9. Akhir-akhir ini resensi buku juga disebut ….
a. Timbangan buku
b. Pencerita buku
c. Kelemahan/Kelebihan buku
d. Pengenalan buku
e. Pencermatan buku
a. Timbangan buku
b. Pencerita buku
c. Kelemahan/Kelebihan buku
d. Pengenalan buku
e. Pencermatan buku
10.
Yang bukan merupakan
unsur-unsur dalam resensi novel adalah ….
a. Kepengarangan
b. Sinopsis
c. Kelemahan Novel
d. Kelebihan Novel
a. Kepengarangan
b. Sinopsis
c. Kelemahan Novel
d. Kelebihan Novel
e. Tempat pembelian novel
Bacalah penggalan teks drama
berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya!
Tamu : “Assalamualaikum!” (dua orang teman Heni yaitu Siska dan Ika berdiri di luar)
Heni : “Waalaikumsalam. Mari masuk tean-teman!” (sambil membuka pintu)
Siska : “Sedang apa Hen? Kamu baik-baik saja kan?”
Ika : “Iya, kamu rindu kepadamu, lama tidak bertemu!”
Heni : “Ya, beginilah pekerjaanku, teman-teman. Saya harus membantu ibu membuat kue”.
Ibu Heni: “Eeh, ada teman-temannya Heni. Mari, silakan duduk. Kami senang kalian mau menengok kami”.
Ika : “Maaf bu, kedatangan kami untuk menyampaikan surat dari kepala sekolah. Kata beliau, Heni diminta masuk sekolah lagi. Semua biaya sekolah akan dibantu. Lagi pula Heni mendapat biaya pendidikan dari pemerintah daerah”.
Heni : “Terima kasih, teman-teman.” (menerima surat ika, tampak air matanya berlinang-linang.)
Ibu Heni: “Terima kasih, Nak. Persahabatan kalian memang tulus.”
Anak-anak: “Sama-sama, Bu. Kami senang bisa saling membantu.”
11. Tokoh-tokoh yang ada dalam drama tersebut yaitu
….
a. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak.
b. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni
c. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, kepala sekolah
d. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak
e. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni
a. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak.
b. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni
c. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, kepala sekolah
d. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak
e. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni
12. Percakapan drama di atas berlangsung di ….
a. kelas
b. sekolah
c. rumah Heni
d. halaman
e. kantin
a. kelas
b. sekolah
c. rumah Heni
d. halaman
e. kantin
13. Tokoh Ika pada halaman diatas mencerminkan
orang yang ….
a. lembut
b. suka menolong
c. tinggi hati
d. rendah hati
e. sombong
a. lembut
b. suka menolong
c. tinggi hati
d. rendah hati
e. sombong
14. Drama diatas menceritakan tentang ….
a. Heni berhenti sekolah karena tidak mempunyai biaya
b. Siska dan Ika menjenguk Heni yang berhenti sekolah karena tidak mempunyai biaya
c. Siska dan Ika menjenguk dan menyampaikan surat dari kepala sekolah untuk Heni yang
a. Heni berhenti sekolah karena tidak mempunyai biaya
b. Siska dan Ika menjenguk Heni yang berhenti sekolah karena tidak mempunyai biaya
c. Siska dan Ika menjenguk dan menyampaikan surat dari kepala sekolah untuk Heni yang
berhenti sekolah karena tidak mempunyai
biaya
d. Heni dan Ibu Heni bekerja membuat kue
e. Persahabatan kalian yang tulus
e. Persahabatan kalian yang tulus
15. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama
Kak Mimi : (sebelum pelajaran dimulai, Ketua OSIS masuk ke kelas VII) Adik-adik, besok ada acara tukar makanan. Jadi, kalian semua harus bawa makanan sendiri-sendiri. Nantinya akan saling tukar.
Siswa : Hore ….
Amir : ( sambil unjuk jari) Kak, makanannya misalnya apa?
Kak Mimi : Oh, ya. Harus nasi lengkap dengan lauk dan sayuran.
Suasana yang tergambar dalam drama tersebut adalah ….
a. gembira
b. tenang
c. takut
d. seram
e. sedih
Kak Mimi : (sebelum pelajaran dimulai, Ketua OSIS masuk ke kelas VII) Adik-adik, besok ada acara tukar makanan. Jadi, kalian semua harus bawa makanan sendiri-sendiri. Nantinya akan saling tukar.
Siswa : Hore ….
Amir : ( sambil unjuk jari) Kak, makanannya misalnya apa?
Kak Mimi : Oh, ya. Harus nasi lengkap dengan lauk dan sayuran.
Suasana yang tergambar dalam drama tersebut adalah ….
a. gembira
b. tenang
c. takut
d. seram
e. sedih
16. Latar tempat kutipan drama tersebut adalah …
a. kantor
b. kelas
c. aula
d. lapangan
e. teras
a. kantor
b. kelas
c. aula
d. lapangan
e. teras
17. (1) Herman : (jadi geli dan ketawa
senang) … Bagaimana sih, kau ini? Jalan sudah cukup peringatanmu, yang aku
maksud dengan perkatanyaku tadi ialah di mana aku dapat membantumu, disekolahmu
atau di perpustakaan kota …
(2) Wiji : di rumahku saja tidak usah jauh-jauh.
(3) Herman : [ …. ] (rasa takut) di rumahmu, aku takut.
(4) Wiji : Takut? Mengapa takut? Oh, … ya rumahku jelek, taka da TV-nya, minumnya air sumur banyak kutunya lagi …. Ya sudah (berlalu)
(2) Wiji : di rumahku saja tidak usah jauh-jauh.
(3) Herman : [ …. ] (rasa takut) di rumahmu, aku takut.
(4) Wiji : Takut? Mengapa takut? Oh, … ya rumahku jelek, taka da TV-nya, minumnya air sumur banyak kutunya lagi …. Ya sudah (berlalu)
(5) Herman : Hee, tunggu dulu, kau
ini bagaimana sih, kok sudah ngambek … aku maksudkan di sekolah atau di
perpustakaan kota karena aku takut ayahmu.
(6) Wiji : (ketawa riang) …. Hiiih, Herman, kau ini pemuda apa sih, bertamu ke rumah orang kok takut?
(6) Wiji : (ketawa riang) …. Hiiih, Herman, kau ini pemuda apa sih, bertamu ke rumah orang kok takut?
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi dialog nomor 3 tersebut adalah ….
a. Wah, saya setuju
b. Ja, … ja, … jangan
c. Tapi sebentar saja
d. Oh, sepertinya cocok
e. Baiklah
a. Wah, saya setuju
b. Ja, … ja, … jangan
c. Tapi sebentar saja
d. Oh, sepertinya cocok
e. Baiklah
18. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama
Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)
Dimi : Ka … ka … kami tidak bawa hp (gugup)
Brilian : Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus : Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95)
Markus : Siap, bos!
Suasana kutipan drama tersebut adalah ….
a. haru
b. tegang
c. sedih
d. seram
e. senang
Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)
Dimi : Ka … ka … kami tidak bawa hp (gugup)
Brilian : Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus : Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95)
Markus : Siap, bos!
Suasana kutipan drama tersebut adalah ….
a. haru
b. tegang
c. sedih
d. seram
e. senang
19. Latar kutipan drama tersebut adalah …
a. gudang
b. garasi
c. kamar
d. rumah
e. dapur
a. gudang
b. garasi
c. kamar
d. rumah
e. dapur
20. Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Maya : Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu : (menarik napas panjang kecewa) Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya : (terkejut dan gugup) Kan masih lama, Ibu.
Ibu : Biaya kursus cukup besar, Maya.
Maya : [ … ]
Ibu : (dengan tersenyum) Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah …
a. Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
b. Maya, kita sekarang lagi kesulitan.
c. Coba kamu mengerti kondisi Ibu.
d. Baiklah Ibu akan beli yang baru.
e. Coba ibu pikirkan dulu.
Maya : Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu : (menarik napas panjang kecewa) Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya : (terkejut dan gugup) Kan masih lama, Ibu.
Ibu : Biaya kursus cukup besar, Maya.
Maya : [ … ]
Ibu : (dengan tersenyum) Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah …
a. Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
b. Maya, kita sekarang lagi kesulitan.
c. Coba kamu mengerti kondisi Ibu.
d. Baiklah Ibu akan beli yang baru.
e. Coba ibu pikirkan dulu.
21. Cermatilah dialog berikut!
Husna : Sakit apa, Mbak?
Astuti : Sakit perut, sudah beberapa hari.
Husna : Mbak selalu ke dokter ini? Apa setiap hari juga banyak pasiennya? (sambil melihat beberapa pasien yang menunggu)
Astuti : Setahun saya begitu, setiap hari banyak dikunjungi pasien. Padahal dokter lain juga ada.
Husna : Dokternya punya kelebihan?
Astuti : …..
Husna : O, pantes kalau kalau begitu.
Astuti : Banyak orang yang sembuh ditangani dokter ini.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada dialog tersebut adalah …
a. Ya, anaknya banyak, tujuh orang
b. Setahu saya dia biasa saja
c. Dia dokter yang bertangan dingin
d. Dia punya apotek yang cukup besar
e. Obatnya selalu obat warung saja.
Husna : Sakit apa, Mbak?
Astuti : Sakit perut, sudah beberapa hari.
Husna : Mbak selalu ke dokter ini? Apa setiap hari juga banyak pasiennya? (sambil melihat beberapa pasien yang menunggu)
Astuti : Setahun saya begitu, setiap hari banyak dikunjungi pasien. Padahal dokter lain juga ada.
Husna : Dokternya punya kelebihan?
Astuti : …..
Husna : O, pantes kalau kalau begitu.
Astuti : Banyak orang yang sembuh ditangani dokter ini.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada dialog tersebut adalah …
a. Ya, anaknya banyak, tujuh orang
b. Setahu saya dia biasa saja
c. Dia dokter yang bertangan dingin
d. Dia punya apotek yang cukup besar
e. Obatnya selalu obat warung saja.
22. Tidak seperti biasanya, Anton berpakaian begitu
rapi sore itu keluar dari rumahnya. Terlihat pula ia membawa sesuatu di tasnya.
Langkah kakinya begitu gagah menuju rumah Tika. Di rumah Tika sudah banyak
teman-teman yang datang. Mereka berkumpul di tepi kolam renang. Rupanya Tika
sedang merayakan ulang tahunnya. Begitu melihat Anton, Tika langsung menyambut
penuh keceriaan.
Tika : “Selamat datang, Anton. Aku kira kamu tidak akan datang.”
Tika : “Selamat datang, Anton. Aku kira kamu tidak akan datang.”
Antin : “Untukmu selalu saja
ada waktu luang.” (matanya memandang 17 lilin di tengah kolam renang).
Tika : “Ah, bisa saja kamu. Aku jadi tersanjung.”
Anton : “Tika …. “ (memberikan sesuatu kepada Tika)
Tika : “Terimakasih. Ini pasti sesuatu yang istimewa.”
Latar tempat perayaan ulang tahun Tika adalah ….
a. di rumah Anton
b. di rumah Tika
c. di tepi kolam renang
d. Di tengah kolam renang
e. Di waktu sore hari
Tika : “Ah, bisa saja kamu. Aku jadi tersanjung.”
Anton : “Tika …. “ (memberikan sesuatu kepada Tika)
Tika : “Terimakasih. Ini pasti sesuatu yang istimewa.”
Latar tempat perayaan ulang tahun Tika adalah ….
a. di rumah Anton
b. di rumah Tika
c. di tepi kolam renang
d. Di tengah kolam renang
e. Di waktu sore hari
23. Fenita : Kamu harus menentukan
sikap. Pilih aku atau dia, sekarang juga!
Verri : Beri aku kesempatan sekali lagi ….
Fenita : Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang memutuskan, titik!
Penggalan dialog di atas menunjukkan drama sampai pada bagian ….
a. pemaparan
b. konflik
c. klimaks
d. resolusi
e. penyelesaian
Verri : Beri aku kesempatan sekali lagi ….
Fenita : Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang memutuskan, titik!
Penggalan dialog di atas menunjukkan drama sampai pada bagian ….
a. pemaparan
b. konflik
c. klimaks
d. resolusi
e. penyelesaian
24.
Setilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak
melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Ishak : (Sambil menunjuk keluar) Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita-cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintku.
Ishak : (Sambil menunjuk keluar) Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita-cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintku.
Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas adalah ….
a. pemarah
b. pembual
c. pemberani
d. sombong
e. tidak bertanggung jawab
a. pemarah
b. pembual
c. pemberani
d. sombong
e. tidak bertanggung jawab
25. Gagasan
yang menjalin struktur isi drama adalah …
a. Setting
b. Tokoh
c. Latar
d. Tema
e. Alur
0 Comments