KISI-KISI
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
TAHUN
PELAJARAN 2019-2020
Sataun
Pendidikan : SMA AL-MUNIROH
Jumlah
Soal : PG 30 Butir
Mata
Pelajaran : GEOGRAFI
Jenis
Penilaian : CBT
Kelas/Semester : XI IIS / Ganjil
Penyusun : TIM MGMP GEOGRAFI
Kurikulum
Acuan : K13
Instansi : -
KOMPETENSI INTI/
KOMPETENSI DASAR
|
RUANG LINGKUP MATERI
|
SPESIFIKASI /
INDIKATOR
|
Bentuk Soal
|
Nomor soal
|
3.1
Memahami
kondisi wilayah dan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia.
|
POSISI
STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA
·
Letak,
luas, dan batas wilayah Indonesia.
·
Karakteristik
wilayah daratan dan perairan Indonesia.
·
Perkembangan
jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia.
·
Potensi
dan pengelolaan sumber daya kelautan Indonesia.
|
Menjelaskan asal potensi maritim Indonesia
Menjelaskan alasan letak strategis Indonesia
Menentukan batas Asronomis wilayah Indonesia
Menentukan letak geografis wilayah Indonesia
Menentukan batas daratan wilayah Indonesia dengan negara lain
Menganalisa keuntungan letak strategis Indonesia
Menentukan nama lembaga dunia yang mengatur dan mengawasi perdagangan
Menjelaskan ciri khas penduduk dataran tinggi dalam kegiatan ekonomi
Menjelaskan keuntungan masyarakat yang tinggal di daerah tropis
Menjelaskan alasan Indonesia memiliki terumbu karang yang luas
Menjelaskan batas teritorial Indonesia
Menjelaskan permasalahan yang dijumpai di perairan laut Indonesia
Menjelaskan ikan yang dibudidayakan di tambak
Menjelaskan pengaruh letak astronomis terhadap iklim
Menjelaskan pengaruh curah hujan terhadap terbentuknya hutan
Menganalisa manfaat potensi kelautan Indonesia
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
3.2
Menganalisis
sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia berdasarkan karakteristik
ekosistem.
|
FLORA
DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA
·
Karakteristik
bioma di dunia.
·
Faktor-faktor
yang memengaruhi sebaran flora dan fauna.
·
Persebaran
jenis-jenis flora dan fauna di Indonesia dan dunia.
·
Konservasi
flora dan fauna di Indonesia dan dunia.
·
Pemanfaatan
flora dan fauna Indonesia sebagai sumber daya alam.
|
Siswa
dapat menunjukkan contoh komponen penyusun biosfer
Siswa
dapat menyebutkan komponen bioik dan abiotik
Siswa
dapat menjelaskan contoh pernyataan mengenai komponen penyusun bioma
Menentukan
ciri-ciri hutan musim
Siswa
dapa menjelaskan komponen yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna
Menentukan
jenis hutan yang ada pada wilayah peralihan/wallacea
Menentukan
ciri khas fauna region Australis
Memilih
nama-nama suaka margasatwa di pulau Sumatra
Siswa
dapat menganalisis dampak kerusakan flora dan fauna bagi kehidupan
Siswa
dapat menunjukkan cara perlindungan terhadap flora dan fauna
Siswa
dapat memberikan contoh flora dan fauna endemik
Siswa
dapat menyebutkan ciri flora di Indonesia pada wilayah tertentu
Siswa
dapat menyebutkan ciri hutan
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
|
Gresik,
18 September 2019
Penyusun,
Guru Mapel Geografi
MUHAMMAD MAHDI, S.Pd.
0 Comments