KISI-KISI
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
TAHUN
PELAJARAN 2019-2020
Satuan
Pendidikan : SMA AL-MUNIROH
Jumlah
Soal : PG 30 Butir
Mata
Pelajaran : GEOGRAFI
Jenis
Penilaian : CBT
Kelas/Semester : X IIS / Ganjil
Penyusun :
Guru Mata Pelajaran
Kurikulum
Acuan : K13
Instansi : -
KOMPETENSI INTI/
KOMPETENSI DASAR
|
RUANG LINGKUP MATERI
|
SPESIFIKASI /
INDIKATOR
|
Bentuk Soal
|
Nomor soal
|
3.1
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengertian geografi
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian geografi dari para
ahli
|
PG
|
1
|
Objek studi geografi
|
Siswa dapat mengidentifikasi objek material geografi
|
PG
|
2
|
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi objek formal geografi
|
PG
|
3
|
|
Aspek geografi
|
Siswa dapat mengidentifikasi aspek geografi
|
PG
|
4
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi aspek geografi
|
PG
|
5
|
||
Konsep geografi
|
Siswa dapat menjelaskan konsep Pola geografi
|
PG
|
6
|
|
Siswa dapat menjeleskan konsep Jarak geografi
|
PG
|
7
|
||
Siswa dapat menjeleskan konsep Keterjangkauan geografi
|
PG
|
8
|
||
Siswa dapat menjelaskan konsep Letak geografi
|
PG
|
9
|
||
|
Siswa dapat menjelaskan konsep Interdependensi geografi
|
PG
|
10
|
|
Prinsip geografi
|
Menjeleskan prinsip Intelerasi geografi
|
PG
|
11
|
|
|
Menjeleskan prinsip Persebaran geografi
|
PG
|
12
|
|
Pendekatan geografi
|
Menjeleskan pendekatan ekologi geografi
|
PG
|
13
|
|
|
Menjeleskan pendekatan kompleks wilayahgeografi
|
PG
|
14
|
|
Cabang ilmu geografi
|
Mengidentifikasi manfaat cabang imu geografi
|
PG
|
15
|
|
3.2. Memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi
Geografis (SIG)
|
Pengertian peta
|
Siswa dapat mendeskripsikan pengertian peta dengan
benar
|
PG
|
16
|
Jenis peta
|
Siswa dapat menyebutkan jenis peta berdasarkan skalanya
dengan benar
|
PG
|
17
|
|
|
Siswa dapat mengetahui fungsi symbol garis pada peta
|
PG
|
18
|
|
Komponen peta
|
Siswa dapat membaca skala angka pada peta dengan benar
|
PG
|
19
|
|
Siswa dapat mengetahui komponen legenda pada peta
|
PG
|
20
|
||
|
Siswa dapat mengetahui fungsi huruf italic pada
lattering peta
|
PG
|
21
|
|
Proyeksi peta
|
Siswa dapat menentukan jenis proyeksi yang digambar
pada titik singgung di kutub, equator, atau
antara kutub dan equator dengan tepat
|
PG
|
22
|
|
Prinsip dasar peta dan pemetaan
|
Siswa dapat menentukan besar sudut bearing dengan benar
|
PG
|
23
|
|
Siswa dapat menentukan tahapan
kerja lapangan dalam membuat peta dengan benar
|
PG
|
24
|
||
Jenis citra Pengindraan Jauh dan
interpretasi citra.
|
Siswa dapat menjelaskan manfaat inderaja dalam bidang social dengan benar
|
PG
|
25
|
|
Siswa dapat menyebutkan macam-macam citra foto
berdasarkan spektrum elektromagnetik
|
PG
|
26
|
||
Siswa dapat mengetahui fungsi sensor pada komponen
Penginderaan jauh
|
PG
|
27
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi obyek interpretasi pengindraan jauh
|
PG
|
28
|
||
Komponen SIG
|
Siswa dapat menyebutkan fungsi salah satu komponen SIG
|
PG
|
29
|
|
|
|
Siswa dapat mengetahui jenis komponen perangkat keras
pada SIG
|
PG
|
30
|
Gresik, 18 September 2019
Penyusun,
Guru Mapel Geografi
MUHAMMAD MAHDI, S.Pd.
0 Comments