KISI KISI PTS 2019 GEOGRAFI XII SEMESTER GASAL


KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Sataun Pendidikan       : SMA AL-MUNIROH                                                                                        
Jumlah Soal                    : PG 30 Butir
Mata Pelajaran               : GEOGRAFI                                                                                                      
Jenis Penilaian              : CBT
Kelas/Semester              : XII-IIS / Ganjil                                                                                                   
Penyusun                        : TIM MGMP GEOGRAFI
Kurikulum Acuan          : K13                                                                                                                    
Instansi                     :  -
                                         
KOMPETENSI INTI/
KOMPETENSI DASAR
RUANG LINGKUP MATERI
SPESIFIKASI / INDIKATOR
Bentuk Soal
Nomor soal
3.1  Memahami konsep wilayah dan pewilayahan  dalam perencanaan tata ruang wilayah nasional,  provinsi,  dan kabupaten/kota.
KONSEP WILAYAH  DAN TATA RUANG
o   Konsep wilayah dan tata ruang.
o   Pembangunan dan pertumbuhan wilayah.
o   Perencanaan tata ruang nasional, provinsi, dan kabupaten/kota
o   Permasalahan dalam penerapan tata ruang wilayah.
Siswa dapat membedakan wilayah formal dengan wilayah fungsional
Dideskripsikan sebuah daerah, siswa dapat menentukan jenis wilayahnya
Disajikan ilustrasi gambar, siswa dapat menentukan daerah yang termasuk wilayah formal
Disebutkan beberapa peta, siswa dapat menentukan pewilayahan fungsional
Disajikan gambar, siswa dapat memahami konsep dasar teori sektoral
Siswa dapat mendefinisikan pusat pertumbuhan
Disajikan pernyataan, siswa dapat menunjukkan karakteristik wilayah sebagai pusat pertumbuhan
Siswa dapat menjelaskan peranan pusat pertumbuhan terhadap pembangunan
Siswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi perkembangan daerah sekitar terhadap pusat pertumbuhan
Disajikan data nama kota, siswa dapat menentukan kota yang menjadi pusat pertumbuhan
Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan daerah yang lebih cepat erkembangannya
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri daerah/wilayah yang dapat berkembah
Siswa dapat menunjukkan fenomena aglomerasi dari eksistensi sebuah pusat pelayanan
Siswa dapat menentukan tujuan penetapan kawasan strategis nasional
Siswa dapat menyebutkan faktor yang harus diperhatikan dalam pembangunan regional
Siswa dapat menentukan tujuan pemisahan kawasan pemukiman dengan industri pada prinsip pembangunan berkelanjutan
Siswa dapat menyebutkan manfaat perencanaan ruang dalam bidang ekonomi
Disajikan berita koran, siswa dapat menentukan upaya dalam mendukung program yang dimaksud dalam berita
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan daerah yang tepat untuk taman dan ruang terbuka hijau
Siswa dapat menunjukkan spread effect dampak dari pertumbuhan
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan sebab akibat dari permasalahn yang ada dalam gambar
Siswa dapat menunjukkan salah satu kendala penantaan ruang di Indonesia
Siswa dapat menunjukkan dampak multiplier effect
siswa dapat menunjukkan pengaruh negatif interaksi antarwilayah pusat pertumbuhan dari sisi lingkungan fisik
Siswa dapat menunjukkan faktor-faktor penyebab terjadinya backwash effect
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
3.2  Menganalisis struktur keruangan desa dan kota, interaksi desa dan kota serta kaitannya dengan usaha pemerataan pembangunan
INTERAKSI KERUANGAN DESA DAN KOTA
·        Struktur keruangan serta perkembangan desa dan kota.
Siswa mampu menyebutkan unsur-unsur pembentuk desa
Siswa mampu menunjukkan karakter fisik desa
Siswa mampu memberikan contoh potensi nonfisik desa
Siswa mampu mengklasifikasikan desa
Siswa dapat mengklasifikasikan karakteristik desa swakarya
PG
PG
PG
PG
PG
26
27
28
29
30

                                                                                                                                                                                                                                             Gresik, 18 September 2019
                                                                                               Penyusun,
                                                                                               Guru Mapel Geografi


                                                                                               MUHAMMAD MAHDI, S.Pd.

Post a Comment

0 Comments