KISI KISI PTS 2019 ASWAJA X SEMESTER GANJIL


KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.      Satuan Pendidikan                    : SMA/MA/SMK                                                         
2.    Kurikulum Acuan                    : K13
3.      Mata Pelajaran                          : ASWAJA                                                                   
4.    Alokasi Waktu                          : 90 Menit
5.      Jenis Ulangan                            :Ujian Tengah Semester Ganjil                                   
6.    Jumlah Soal                              : 40
7.      Kelas/Semestera                        : X/Ganjil                                                                                
8.1 Obyektif                                     : 35                                                                                            
8.2 Uraian                                        : 5                                           

NO
KOMPENTENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah

3.1.     Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia

Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
1.      Peserta didik mampu menguraikan penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
PG
1, 2, 3, 4





2.      Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
PG

5, 6, 7, 8, 9




3.      Peserta didik mampu menyebutkan strategi dan upaya pendekatan dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Uraian
1






4.      Peserta didik mampu menjelaskan sebuah kaidah yang dijadikan penguat strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Uraian
2





5.      Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia di bidang pemerintahan
Uraian
3




6.      Peserta didik mampu menyebutkan faham keislaman yang berkembang di Indonesia
PG
10, 11






7.      Peserta didik mampu membuktikan Ahlusunnah wal Jamaah sebagai faham keagamaan yang berkembang di Indonesia


PG
12, 13,








3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah

3.1.        Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
1.      Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
PG
14, 15, 16, 17, 18,19




2.      Peserta didik mampu menguraikan metode dan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah
PG
20








3.      Peserta didik mampu menyebutkan dan menjelaskan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ahdi bidang pendidikan
Uraian
4




4.      Peserta didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah

21, 22, 23, 24, 25


3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.     Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.
  1. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Maulid Nabi
PG
26, 27




  1. Peserta didik mampu menguraikan sejarah dan keabsahan peringatan Maulid Nabi

28, 29




  1. Peserta didik mampu menjelaskan dalil-dalil peringatan maulid Nabi Muhammad saw.

30, 31




  1. Peserta didik mampu menganalisis hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
PG
32,




  1. Peserta didik mampu menyebutkan hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
Uraian
5




  1. Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Nabi

33







  1. Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Sahabat Nabi


34





  1. Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Ulama

35



Gresik,

                                                           


Post a Comment

0 Comments