KISI-KISI
PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMA/MA
2. Mata Pelajaran : Aswaja
3. Jenis Ulangan : Ujian
Tengah Semester Ganjil
4. Kurikulum Acuan :
K13
5. Alokasi Waktu :
90 Menit
6. Jumlah Soal : 40
7. Kelas/Semester :
XI/Ganjil
8. 8.1 Obyektif : 35
8.2 Uraian : 5
NO
|
KOMPENTENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
JENIS SOAL
|
NOMOR SOAL
|
BOBOT SOAL
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif
Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.Memahami
proses muncul dan berkembangnya Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
Mengenal Ahlussunnah wal Jama’ah
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan latar belakang terbentuknya
faham Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
PG
|
1,
2, 3, 4
|
||
2.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Ahlussunnah
Wal Jama’ah menurut NU
|
Uraian
|
1
|
|||||
3.
Peserta didik mampu menguraikan sejarah terbentuknya
firqah-firqah dalam Islam dan asal usul faham Aswaja
|
5,
6, 7, 8, 9, 10, 11
|
||||||
4.
Peserta didik mampu menyebutkan prinsip-prinsip Aswaja
|
12,
13, 14, 15
|
||||||
5.
Peserta didik mampu menjelaskan ajaran Aswaja dalam
bidang aqidah, fiqih, dan tashawuf
|
16,
17, 18
|
||||||
6.
Peserta didik mampu menjelaskan ajaran tashawuf dalam
pandangan Islam
|
19
|
||||||
7.
Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf
dalam pandangan para Ulama’
|
20
|
||||||
8.
Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf
dalam pandangan Imam Al Ghazali
|
Uraian
|
2
|
|||||
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.Memahami
akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah
|
Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah NU
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan penyampaian ajaran
Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus
|
21
|
|||
2.
Peserta didik mampu menjelaskan konsep penyempaian
ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus
|
22
|
||||||
3.
Peserta didik mampu menjelaskan tantangan yang dihadapi
dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
23
|
||||||
4.
Peserta didik mampu menguraikan tantangan yang dihadapi
dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
24
|
||||||
5.
Peserta didik mampu menjelasakan hirarki dalam
penyampaian ajaran Islam
|
Uraian
|
3
|
|||||
6.
Peserta didik mampu menjelasakan strategi NU dalam
melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
25
|
||||||
7.
Peserta didik mampu menyebutkan strategi NU dalam
melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
26
|
||||||
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.Memahami
firqah-firqah yang berkembang dalam
Islam
|
Firqah-firqah yang berkembang dalam Islam
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan latar
belakang timbulnya perbedaan pendapat di kalangan umat Islam
|
27
|
|||
2.
Peserta didik mampu menjelaskan sebab-sebab
dan proses timbulnya firqa-firqah dalam Islam
|
28
|
||||||
3.
Peserta didik mampu menjelaskan arti kata
Firqah
|
29
|
||||||
4.
Peserta didik mampu menyebutkan dan
menjelaskan firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
|
Uraian
|
4
|
|||||
5.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian
Ahlu ‘Adli wat Tauhid yang berkembang pada kaum Mu’tazilah
|
30
|
||||||
6.
Peserta didik mampu menjelaskan metode
berpikir Asy’ariyah dan Maturidiyah
|
31
|
||||||
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
3.1.Memahami
ijtihad dan taqliid beserta batas-batasnya dan sumber hukumnya
|
Ijtihad dan Taqlid beserta batas-batasan dan
sumber hukumnya
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian
ijtihad menurut para tokoh
|
32
|
|||
2.
Peserta didik mampu menyebutkan dasar hukum
ijtihad
|
33,
34
|
||||||
3.
Peserta didik mampu menyebutkan dalil yang
menjelaskan sumber hukum Islam
|
Uraian
|
5
|
|||||
4.
Peserta didik mampu menyebutkan cara ijtihad
dalam masalahyang tidak disebutkan secara harfiyah dalam Al Quran dan Sunnah
|
35
|
Gresik,
0 Comments