KISI KISI PTS 2019 SMA ASWAJA XI SEMESTER GASAL


KISI-KISI PENULISAN SOAL

1.     Satuan Pendidikan                    : SMA/MA                                                          
2.     Mata Pelajaran                         :  Aswaja                                                              
3.     Jenis Ulangan                          : Ujian Tengah Semester Ganjil                                                    
4.     Kurikulum Acuan                    : K13
5.     Alokasi Waktu                         : 90 Menit  
6.     Jumlah Soal                             : 40
7.     Kelas/Semester                        : XI/Ganjil  
8.     8.1 Obyektif                             :         35                                                                               
      8.2 Uraian                                :         5                                                                                             

NO
KOMPENTENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR
JENIS SOAL
NOMOR SOAL
BOBOT SOAL




3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah

3.1.Memahami proses muncul dan berkembangnya Ahlussunnah Wal Jama’ah
Mengenal Ahlussunnah wal Jama’ah
1.      Peserta didik mampu menjelaskan latar belakang terbentuknya faham Ahlussunnah Wal Jama’ah
PG
1, 2, 3, 4

2.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Ahlussunnah Wal Jama’ah menurut NU
Uraian
1

3.      Peserta didik mampu menguraikan sejarah terbentuknya firqah-firqah dalam Islam dan asal usul faham Aswaja

5, 6, 7, 8, 9, 10, 11

4.      Peserta didik mampu menyebutkan prinsip-prinsip Aswaja

12, 13, 14, 15

5.      Peserta didik mampu menjelaskan ajaran Aswaja dalam bidang aqidah, fiqih, dan tashawuf

16, 17, 18

6.      Peserta didik mampu menjelaskan ajaran tashawuf dalam pandangan Islam

19

7.      Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf dalam pandangan para Ulama’

20





8.      Peserta didik mampu menyebutkan maqam-maqam tashawuf dalam pandangan Imam Al Ghazali
Uraian
2


3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.Memahami akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nahdliyah
Akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah NU
1.      Peserta didik mampu menjelaskan penyampaian ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus

21

2.      Peserta didik mampu menjelaskan konsep penyempaian ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah an-Nadliyah kepada generasi penerus

22

3.      Peserta didik mampu menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

23

4.      Peserta didik mampu menguraikan tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

24

5.      Peserta didik mampu menjelasakan hirarki dalam penyampaian ajaran Islam
Uraian
3

6.      Peserta didik mampu menjelasakan strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

25

7.      Peserta didik mampu menyebutkan strategi NU dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah

26


3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.Memahami firqah-firqah yang berkembang  dalam Islam
Firqah-firqah yang berkembang  dalam Islam
1.      Peserta didik mampu menjelaskan latar belakang timbulnya perbedaan pendapat di kalangan umat Islam

27

2.      Peserta didik mampu menjelaskan sebab-sebab dan proses timbulnya firqa-firqah dalam Islam

28

3.      Peserta didik mampu menjelaskan arti kata Firqah

29

4.      Peserta didik mampu menyebutkan dan menjelaskan firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
Uraian
4

5.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Ahlu ‘Adli wat Tauhid yang berkembang pada kaum Mu’tazilah

30

6.      Peserta didik mampu menjelaskan metode berpikir Asy’ariyah dan Maturidiyah

31


3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
3.1.Memahami ijtihad dan taqliid beserta batas-batasnya dan sumber hukumnya
Ijtihad dan Taqlid beserta batas-batasan dan sumber hukumnya
1.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian ijtihad menurut para tokoh

32

2.      Peserta didik mampu menyebutkan dasar hukum ijtihad

33, 34

3.      Peserta didik mampu menyebutkan dalil yang menjelaskan sumber hukum Islam
Uraian
5

4.      Peserta didik mampu menyebutkan cara ijtihad dalam masalahyang tidak disebutkan secara harfiyah dalam Al Quran dan Sunnah

35





Gresik,

                                                                                                                                                           


                                                                                                                                                                                                               

Post a Comment

0 Comments