CONTOH SOAL PAS GASAL BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM MERDEKA DAN KUNCI JAWABAN SERTA KISI-KISI


 

KISI-KISI SOAL

 

1.      Satuan Pendidikan                  : ..................................                                                                                    6.    Kurikulum Acuan                               : Kurikulum 2013

2.      Mata Pelajaran                        : BAHASA INDONESIA                                                                             7.    Alokasi Waktu                                    : 60 Menit

3.      Jenis Ulangan                          : PENILAIAN AHIR SEMESTER                                                               8.    Jumlah Soal pilihan ganda      : 30 PG

4.      Kelas/Semester                        : XI/GANJIL                                                                                                  Jumlah Soal uraian                  : 5 U                                                                                       

 

NO

KOMPENTENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

 

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

 

3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.

 

 

 

 

 

 

3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

 

 

 

 

 

 

3.5 Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah

 

 

 

3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Teks Prosedur.

 

 

Teks Prosedur:

·       struktur;

·       kebahasaan;

·       konjungsi ;

·       jenis kalimat; dan

verba material dan verba tingkah laku.

 

 

 

 

 

 

Teks Eksplanasi:

·       pengertian;

·       isi; dan

kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.

 

 

 

 

Teks Eksplanasi:

·       Struktur;

·       Kebahasaan; dan

·       Konjungsi.

 

 

 Ceramah:

·       unsur-unsur;

·       kebahasaan; dan

·       isi.

Teks ceramah:

·       isi;

·       struktur;

·       kebahasaan; dan

·       teknik orasi ceramah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.    Siswa dapat mengidentfikasi teks prosedur

2.    Siswa dapat mengidentfikasi ciri teks prosedur

3.    Siswa dapat mengidentfikasi teks prosedur

4.      Siswa dapat mengidentfikasi teks prosedur

5.      Siswa dapat mengidentfikasi teks prosedur

6.      Siswa dapat mengidentfikasi struktur teks prosedur

7.      Siswa dapat mengidentfikasi teks prosedur

8.      Siswa dapat mengidentfikasi teks prosedur

9.      Siswa dapat mengidentfikasi konjungsi dalam teks prosedur

10.  Siswa dapat mengidentfikasi ciri teks prosedur

11.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

12.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

13.  Siswa dapat mengidentfikasi konjungsi dalam teks eksplanasi

14.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

15.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

16.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

17.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

18.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

19.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

20.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

21.  Siswa dapat mengidentfikasi topic pidato

22.  Siswa dapat mengidentfikasi teks eksplanasi

23.  Siswa dapat mengidentfikasi Tujuan penulisan teks ceramah

24.  Siswa dapat mengidentfikasi ceramah

25.  Siswa dapat mengidentfikasi ceramah

26.  Siswa dapat mengidentfikasi ceramah

27.  Siswa dapat mengidentfikasi ceramah

28.  Siswa dapat mengidentfikasi ceramah

29.  Siswa dapat mengidentfikasi sifat ceramah

30.  Siswa dapat mengidentfikasi struktur dalam ceramah

1. Siswa dapat mengidentfikasi ciri teks prosedur

2. Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaanya

3. Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun teks ceramah

4. Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur pembangun dalam cerita pendek

5. Siswa dapat membuat cerpen dengan tema “ PENDIDIKAN”

 

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

 

PG

PG

PG

PG

 

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

 

PG

PG

PG

PG

PG

PG

PG

U

U

 

U

 

U

 

U

1

2

3

4

5

6

7

8

9

 

10

11

12

13

 

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

 

24

25

26

27

28

29

30

1

2

 

3

 

4

 

5

 

 

 

 

 Soal PAS BAHASA INDONESIA KELAS XI

1.      Bacalah teks berikut!

 (1) Canting (alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif batik)

(2) Pensil bola
(3) Kain mori putih
(4) Lilin malam
(5) Kompor atau alat pemanas lilin malam
(6) Bahan warna kain

Penggalan teks tersebut termasuk bagian…
a. Tujuan
b. Alat dan bahan
c. Judul
d. Langkah-langkah
e. Penutup

2.      Perhatikan Teks Dibawah ini!

Bungkuslah adonan dengan rapat
Talikan Rafia dengan cara menyilang
Minum Cairan tanpa diaduk!
Teks Tersebut termasuk pada kalimat...
a. Imperatif

b. Rujukan
c. Deklaratif

d. Kiasan
e. Interogatif

3.      Cermatilah teks berikut!

Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak rusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.

 

Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….

a. Cara memanen buah pisang

b. Cara memanfaatkan buah pisang

c. Tanda-tanda buah pisang siap panen

d. Buah pisang sebagai bahan keripik pisang

e. Manfaat buah pisang selain sebagai buah meja

4.      Baca dengan cermat langkah-langkah pembibitan tanaman berikut ini!

1. memilih tempat persemaian

2. membuat bedeng persemaian

3. memberi atap tempat persemaian

4. menyemai benih

5. pemeliharaan bibit

Bagian inti dari langkah pembibitan tanaman adalah....

a. 1, 5, 2
b. 1, 4, 5
c. 2, 4, 5
d. 2, 3, 4
e. 2, 3, 5

 

Bacalah teks prosedur berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!

Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan sehingga mengurangi aroma daun cincau.

5.      Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ....

a.    pemilihan bahan pembuatan cincau

b.    bahan-bahan pembuatan cincau

c.    salah satu langkah pembuatan cincau

d.   perlengkapan untuk pembuatan cincau

e.    manfaat ekonomis pembuatan cincau

6.      Teks tersebut termasuk dalam struktur bagian …

a.    tujuan

b.    langkah

c.    hasil

d.   kesimpulan

e.    penutup

7.      Perhatikan kutipan teks berikut!

1)   Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.

2)   Pastikan sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan ke stabilizer atau CPU computer

3)   Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor

4)   Komputer akan boating, tunggu proses ini sampai selesai.

5)   Setelah selesai boating, komputer siap untuk digunakan.

Kutipan teks tersebut merupakan langkah-langkah untuk …

a.    mematikan computer

b.    menghidupkan televise

c.    menyalakan kompor gas

d.   menyalakan setrika

e.    menghidupkan computer

8.      Bacalah teks prosedur berikut!

(1)      Menyiapkan air pada tempat khusus
untuk menyiram,

(2)      Kemudian di sekitar
batang bawah pohon jeruk ditaburi pupuk
kandang,

(3)      Siramlah secara perlahan
bagian atas pohon jeruk.

Judul yang tepat untuk bagian teks prosedur
di atas adalah ....
a. Perawatan Pohon Jeruk
b. Memanen Jeruk yang Baik
c. Memilih Bibit Jeruk
d. Menyiram Pohon jeruk

e. Menanam pohon jeruk​

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9-10!

Cara menanam tomat di pekarangan rumah

1. Bila bibit buah tomat yang berkualitas tinggi dengan cara memastikan Kondisinya

   sudah matang

2. Lakukanlah penyemaian biji buah tomat dengan cara yang baik

3. Letakkan media penyemaian tersebut di tempat yang teduh akad benih dapat tumbuh  

   dengan baik

4. Siramlah secara rutin hingga berumur 20 sampai 30 hari

5. Setelah itu siapkan pot berukuran sedang atau Besar

6. Pindakan bening benih yang telah berumur 20 sampai  30 hari tadi ke pot yang sudah

    disiapkan

7. Tempat-tempat tersebut di pekarangan rumah yang cukup sinar matahari

8. Siramlah secara rutin yaitu pagi dan sore

9. Tunggulah hingga 3 sampai 6 bulan hingga tanaman tomat sudah mulai berbuah

 

9.      Berikut yang bukan konjungsi dalam teks prosedur tersebut adalah …

a.    dengan

b.    akar

c.    hingga

d.   yaitu​

e.    setelah itu

10.  Kata imperatif yang terdapat dalam teks prosedur tersebut adalah …

a.    memastikan

b.    letakkan

c.    penyemaian

d.   setelah itu

e.    di pekarangan

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.

Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.

Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya gunung berapi.

11.  Teks tersebut di atas termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena ....

a.    Sosial

b.    Alam

c.    Budaya

d.   Ekonomi

e.    Agama

12.  Kalimat di bawah ini yang merupakan bagian pernyataan umum teks eksplanasi di atas …

a.    Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi.

b.    Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik

c.    Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi

d.   Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim.

e.    Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik.

13.  Perhatikan kutipan teks berikut!

Peristiwa berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau. …………….. hal ini terjadi semakin minimnya jumlah air bersih yang ada di sumur-sumur atau tempat penampungan air.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …

a.    Sebab

b.    Tetapi

c.    Mengakibatkan

d.   Karena

e.    Meskipun

14.  Gagasan utama teks tersebut adalah .... 

a.    peristiwa berebut air bersih

b.    sulitnya mendapatkan air bersih

c.    kemarau menghambat saluran air sehingga terjadi kekeringan

d.   tempat penampungan air sulit dicari

e.    langkahnya air bersih

15.  Berikut yang tidak termasuk contoh eksplanasi tentang fenomena alam adalah …

a.    Banjir

b.    Gelombang panas

c.    Badai tropis

d.   Kemiskinan

e.    Longsor

16.  Bacalah teks berikut!

Peristiwa meluapnya air atau disebut banjir kemudian masuk ke kawasan pemukiman sehingga dapat menimbulkan kerugian besar bagi manusia. Banyak barang yang hanyut atau terendam banjir. Sarana publik porak poranda bahkan tidak sedikit nyawa yang melayang sia-sia.

Paragraf tersebut menggunakan pola penyajianya …

a.    Sebab akibat

b.    Proses

c.    Induktif

d.   Kronologis

e.    Kausalitas

Perhatikan kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 17-20!

Pertama, budaya Indonesia adalahbudaya yang paling banyak di dunia mualai dari Sabang sampai Merauke. Agar kita bisa mempertahankan budaya Indonesia, maka kita perlu untuk memahami apa makna dari budaya tersebut.

 

Untuk menonjolkan budaya agar taklagi di klaim negara lain, maka di sini kita perlu belajar tentang beberapa budaya. Cara belajar ilmu pengetahuan mengenai budaya tersebut dan juga melestarikannya.


Terakhir, kita harus bangga dengan bangsa kita yang memiliki beragam suku dan budaya. Sianjurkan pula kita untuk mempelajari budaya Indonesia dengan baik dan benar, tinggalkan budaya-budaya yang negatif dari luar agar negara kita bisa untuk tetap menonjol dengan kebudayannya.

 

17.  Struktur kutipan teks eksplanasi tersebut adalah....

a.    Deretan penjelas

b.    Pernyataan umum

c.    Pernyataan khusus

d.   Pembukaan

e.    Penutup

18.  Cara yang tepat untuk melestarikan kebudayaan kita adalah...

a.    Malu mengakui kebudayaan

b.    Acuh terhadap perkembangan budaya

c.    Mempelajari budaya Indonesia dengan baik dan benar

d.   Tidak bangga terhadap budaya

e.    Meninggalkan budaya bangsa

19.  Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah...

a.    Kita harus bangga dengan budaya yang memiliki satu suku

b.    Mengakui kebudayaan negara lain adalah wujud cinta tanah air

c.    Tidak ikut serta dalam pelestarian budaya

d.   Budaya Indonesia hanya terdiri dari beberapa jenis

e.    Budaya Indonesia adalah budaya yang paling banyak di dunia

20.  Informasi yang dapat kita peroleh dari teks tersebut adalah...

a.    Kebudayaan Indonesia sangat beragam

b.    Bahasa kita adalah bahasa Indonesia

c.    Bangga berbagai dan bertanah air Satu

d.   Jenis tari dan musik daerah di Indonesia

e.    Keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia

Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!

Hadirin yang saya hormati!

Assalamualaikum wr.wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-73. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.

21.  Topik pidato tersebut adalah .... 

a.    Peringatan Sumpah Pemuda.

b.    Mengenang ikrar para pemuda tahun lalu.

c.    Merenungkan ikrar Sumpah Pemuda.

d.   Penyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928.

e.    Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

22.  Tujuan penulisan teks ceramah tersebut adalah …

a.       Memberitahukan

b.      Mempengaruhi

c.       Mengajak

d.      Menghibur

e.       Menginformasikan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 23-26!

(1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.

23.  Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...

a.    Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi.

b.    Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.

c.    Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.

d.   Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.

e.    Pantai  Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok

24.  Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukkan oleh nomor …

a.    1

b.    2

c.    3

d.   4

e.    5

25.  Bagian pokok teks ceramah tersebut ditunjukkan oleh nomor …

a.    1

b.    2

c.    3

d.   4

e.    5

26.  Dalam teks ceramah tersebut, yang tidak termasuk bagian penjelas terdapat pada nomor …

a.    1

b.    2

c.    3

d.   4

e.    5

27.  Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai ketua karang taruna adalah....

a.    Yang terhormat Ibu, Bapak, dan Adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan Yang Maha Pengasih.

b.    Saudara-saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai perayaan HUT RI.

c.    Teman-teman, silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.

d.   Baiklah, akan segera kita bahas permasalahan yang ada hubungannya dengan isu terkini.

e.    Bapak-bapak, lbu-ibu, dan hadirin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera dilaksanakan.

Bacalah teks berikut!

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat iman dan islam. Salawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad saw.

28.  Teks di atas termasuk pendahuluan yang berupa ….

a.    salam pembuka

b.    ungkapan terimakasih

c.    judul

d.   tema

e.    pengenalan topic

29.  Berikut sifat ceramah, kecuali ….

a.    Informatif

b.    Pemberi informasi

c.    Menerangkan

d.   Menjelaskan

e.    Membohongi

30.  Perhatikan kalimat berikut!

“Selamat pagi, audien yang saya hormati dan saya cintai.”

Kalimat tersebut termasuk pada struktur bagian …

a.    Pendahuluan

b.    Isi

c.    Penutup

d.   Orientasi

e.    Abstrak

JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR!

1.      Sebutkan ciri-ciri teks prosedur!

Jawab :

a.       Adanya pola kalimat perintah (imperatif)

b.      Adanya kata kerja aktif

c.       Adanya kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan

d.      Adanya kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat

2.      Sebutkan langkah-langkah menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaanya!

Jawab :

a.       Menentukan tema teks yang tepat

b.      Mencari sumber referensi untuk membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan

c.       Membuat kerangka teks eksplanasi

d.      Mengembangkan kerangka yang telah disusun

e.       Menyunting kembali teks eksplanasi

3.      Jelaskan langkah-langkah menyusun teks ceramah!

Jawab :

a.       Mencari topik, topik tersebut dapat berupa hobi dan keterampilan, pengalaman dalam pekerjaan, masalah keagamaan dan lain-lain.

b.      Menyusun tujuan ceramah, tujuan ceramah dapat berupa memberitahukan, memengaruhi dan menghibur

c.       Membuat kerangka ceramah

d.      Menulis ceramah

4.      Jelaskan unsur-unsur pembangun dalam cerita pendek!

Jawab :

a.       Tema

b.      Amanat

c.       Alur atau plot

d.      Setting atau latar

e.       Karakteristik

f.       Sudut pandang

g.      Gaya bahasa

5.      Buatlah cerpen singkat dengan tema “ Pendidikan “!

Jawab :

Kebijakan guru

 

 

 

                                                                                                                                                           

 

                                                                                                                                                           

Post a Comment

0 Comments