KISI-KISI SOAL
1.
Satuan Pendidikan : .................................. 6. Kurikulum Acuan :
Kurikulum 2013
2.
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA 7. Alokasi Waktu :
60 Menit
3.
Jenis Ulangan :
PENILAIAN AHIR SEMESTER 8. Jumlah Soal pilihan ganda : 30 PG
4.
Kelas/Semester : XI/GANJIL Jumlah Soal uraian : 5 U
NO |
KOMPENTENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
3.1 Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur. 3.2.
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur 3.3 Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis 3.4
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi 3.5 Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah 3.6 Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah |
· Teks Prosedur. Teks Prosedur: · struktur; · kebahasaan; · konjungsi ; · jenis kalimat; dan verba material dan verba tingkah laku. Teks Eksplanasi: · pengertian; · isi; dan kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas. Teks Eksplanasi: · Struktur; · Kebahasaan; dan · Konjungsi. Ceramah: · unsur-unsur; · kebahasaan; dan · isi. Teks ceramah: · isi; · struktur; · kebahasaan; dan · teknik orasi ceramah. |
1.
Siswa dapat mengidentfikasi teks
prosedur 2.
Siswa dapat mengidentfikasi ciri teks
prosedur 3.
Siswa dapat mengidentfikasi teks
prosedur 4. Siswa
dapat mengidentfikasi teks prosedur 5. Siswa
dapat mengidentfikasi teks prosedur 6. Siswa
dapat mengidentfikasi struktur teks prosedur 7. Siswa
dapat mengidentfikasi teks prosedur 8. Siswa
dapat mengidentfikasi teks prosedur 9. Siswa
dapat mengidentfikasi konjungsi
dalam teks prosedur 10. Siswa
dapat mengidentfikasi ciri teks prosedur 11. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 12. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 13. Siswa
dapat mengidentfikasi konjungsi dalam teks eksplanasi 14. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 15. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 16. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 17. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 18. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 19. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 20. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 21. Siswa
dapat mengidentfikasi topic pidato 22. Siswa
dapat mengidentfikasi teks eksplanasi 23. Siswa
dapat mengidentfikasi Tujuan penulisan teks ceramah 24. Siswa
dapat mengidentfikasi ceramah 25. Siswa
dapat mengidentfikasi ceramah 26. Siswa
dapat mengidentfikasi ceramah 27. Siswa
dapat mengidentfikasi ceramah 28. Siswa
dapat mengidentfikasi ceramah 29. Siswa
dapat mengidentfikasi sifat ceramah 30. Siswa
dapat mengidentfikasi struktur dalam ceramah 1. Siswa dapat
mengidentfikasi ciri teks prosedur 2. Siswa dapat
menyebutkan langkah-langkah menulis
teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaanya 3. Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah menyusun teks ceramah 4. Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur pembangun dalam cerita pendek 5. Siswa dapat membuat cerpen dengan tema “ PENDIDIKAN” |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG U U U U U |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 1 2 3 4 5 |
1. Bacalah
teks berikut!
(1) Canting (alat tulis lilin yang digunakan
untuk menutupi pola dan motif batik)
(2) Pensil bola
(3) Kain mori putih
(4) Lilin malam
(5) Kompor atau alat pemanas lilin malam
(6) Bahan warna kain
Penggalan teks tersebut termasuk bagian…
a. Tujuan
b. Alat
dan bahan
c. Judul
d. Langkah-langkah
e. Penutup
2.
Perhatikan Teks
Dibawah ini!
Bungkuslah adonan dengan rapat
Talikan Rafia dengan cara menyilang
Minum Cairan tanpa diaduk!
Teks Tersebut termasuk pada kalimat...
a.
Imperatif
b. Rujukan
c. Deklaratif
d. Kiasan
e. Interogatif
3.
Cermatilah teks
berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang
pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik
sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak
rusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau
disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan
tersebut merupakan bagian dari ….
a.
Cara memanen buah pisang
b. Cara
memanfaatkan buah pisang
c. Tanda-tanda
buah pisang siap panen
d. Buah pisang
sebagai bahan keripik pisang
e. Manfaat buah
pisang selain sebagai buah meja
4.
Baca dengan cermat
langkah-langkah pembibitan tanaman berikut ini!
1. memilih tempat
persemaian
2. membuat bedeng
persemaian
3. memberi atap
tempat persemaian
4. menyemai benih
5. pemeliharaan bibit
Bagian inti dari
langkah pembibitan tanaman adalah....
a. 1, 5, 2
b. 1,
4, 5
c. 2, 4,
5
d. 2, 3, 4
e. 2, 3, 5
Bacalah teks prosedur berikut untuk menjawab
soal nomor 5 dan 6!
Daun cincau disiapkan di ember, lalu
siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun
diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih
ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak
mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan sehingga mengurangi aroma
daun cincau.
5. Kutipan tersebut adalah bagian isi
yang menjelaskan tentang ....
a. pemilihan bahan pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c.
salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat ekonomis pembuatan cincau
6. Teks tersebut termasuk dalam
struktur bagian …
a. tujuan
b.
langkah
c. hasil
d. kesimpulan
e. penutup
7. Perhatikan kutipan teks berikut!
1)
Buka penutup
layar monitor, CPU, keyboard dan printer.
2)
Pastikan
sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan ke stabilizer atau CPU
computer
3)
Tekan tombol
power pada CPU dan tombol power monitor
4)
Komputer akan
boating, tunggu proses ini sampai selesai.
5)
Setelah selesai
boating, komputer siap untuk digunakan.
Kutipan teks
tersebut merupakan langkah-langkah untuk …
a.
mematikan
computer
b.
menghidupkan
televise
c.
menyalakan
kompor gas
d.
menyalakan
setrika
e.
menghidupkan
computer
8.
Bacalah teks prosedur
berikut!
(1) Menyiapkan air pada tempat khusus
untuk menyiram,
(2) Kemudian di sekitar
batang bawah pohon jeruk ditaburi pupuk
kandang,
(3)
Siramlah secara perlahan
bagian atas pohon jeruk.
Judul yang tepat untuk bagian teks prosedur
di atas adalah ....
a.
Perawatan Pohon Jeruk
b. Memanen
Jeruk yang Baik
c. Memilih Bibit Jeruk
d. Menyiram Pohon jeruk
e. Menanam pohon jeruk
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor
9-10!
Cara menanam tomat di pekarangan rumah
1. Bila bibit buah tomat yang berkualitas tinggi
dengan cara memastikan Kondisinya
sudah
matang
2. Lakukanlah penyemaian biji buah tomat dengan
cara yang baik
3. Letakkan media penyemaian tersebut di tempat
yang teduh akad benih dapat tumbuh
dengan
baik
4. Siramlah secara rutin hingga berumur 20 sampai
30 hari
5. Setelah itu siapkan pot berukuran sedang atau
Besar
6. Pindakan bening benih yang telah berumur 20
sampai 30 hari tadi ke pot yang sudah
disiapkan
7. Tempat-tempat tersebut di pekarangan rumah
yang cukup sinar matahari
8. Siramlah secara rutin yaitu pagi dan sore
9. Tunggulah hingga 3 sampai 6 bulan hingga
tanaman tomat sudah mulai berbuah
9. Berikut yang bukan konjungsi dalam teks prosedur
tersebut adalah …
a. dengan
b. akar
c. hingga
d.
yaitu
e. setelah itu
10. Kata imperatif yang terdapat dalam teks prosedur
tersebut adalah …
a. memastikan
b.
letakkan
c. penyemaian
d. setelah itu
e. di pekarangan
Gempa Bumi
Gempa
bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu
bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu
sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di
daerah yang dikelilingi lautan luas.
Gempa
bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang
dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu
hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran
gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan
bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
Berdasarkan
penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa
tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan kerak bumi
menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori “Tektonik
Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan
batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di
lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga
terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya
mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena
adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih
jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.
Gempa
dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi
gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat
Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya gunung
berapi.
11. Teks
tersebut di atas termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses
terjadinya fenomena ....
a.
Sosial
b.
Alam
c.
Budaya
d.
Ekonomi
e.
Agama
12.
Kalimat
di bawah ini yang merupakan bagian pernyataan umum teks eksplanasi di atas …
a.
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena
pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi.
b. Berdasarkan penyebab terjadinya,
gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa
vulkanik
c. Lapisan ini bergerak sangat perlahan
sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah
sebabnya mengapa gempa bumi terjadi
d. Gempa dapat terjadi kapan saja,
tanpa mengenal musim.
e. Meskipun demikian, konsentrasi gempa
cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat
Pasifik.
13.
Perhatikan
kutipan teks berikut!
Peristiwa berebut air bersih sering
terjadi pada saat musim kemarau. …………….. hal ini terjadi semakin minimnya
jumlah air bersih yang ada di sumur-sumur atau tempat penampungan air.
Konjungsi yang tepat untuk
melengkapi teks tersebut adalah …
a.
Sebab
b. Tetapi
c. Mengakibatkan
d. Karena
e. Meskipun
14.
Gagasan
utama teks tersebut adalah ....
a.
peristiwa berebut air bersih
b. sulitnya mendapatkan air bersih
c. kemarau menghambat saluran air
sehingga terjadi kekeringan
d. tempat penampungan air sulit dicari
e. langkahnya air bersih
15.
Berikut
yang tidak termasuk contoh eksplanasi tentang fenomena alam adalah …
a. Banjir
b. Gelombang panas
c. Badai tropis
d.
Kemiskinan
e. Longsor
16. Bacalah teks berikut!
Peristiwa meluapnya air atau
disebut banjir kemudian masuk ke kawasan pemukiman sehingga dapat menimbulkan
kerugian besar bagi manusia. Banyak barang yang hanyut atau terendam banjir.
Sarana publik porak poranda bahkan tidak sedikit nyawa yang melayang sia-sia.
Paragraf tersebut
menggunakan pola penyajianya …
a.
Sebab
akibat
b.
Proses
c.
Induktif
d.
Kronologis
e.
Kausalitas
Perhatikan
kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 17-20!
Pertama, budaya
Indonesia adalahbudaya yang paling banyak di dunia mualai dari Sabang sampai Merauke.
Agar kita bisa mempertahankan budaya Indonesia, maka kita perlu untuk memahami
apa makna dari budaya tersebut.
Untuk menonjolkan budaya agar taklagi di klaim
negara lain, maka di sini kita perlu belajar tentang beberapa budaya. Cara
belajar ilmu pengetahuan mengenai budaya tersebut dan juga melestarikannya.
Terakhir, kita harus bangga dengan bangsa kita yang memiliki beragam suku dan budaya. Sianjurkan
pula kita untuk mempelajari budaya Indonesia dengan baik dan benar, tinggalkan
budaya-budaya yang negatif dari luar agar negara kita bisa untuk tetap menonjol
dengan kebudayannya.
17. Struktur kutipan teks
eksplanasi tersebut adalah....
a.
Deretan penjelas
b. Pernyataan
umum
c. Pernyataan
khusus
d. Pembukaan
e. Penutup
18. Cara yang tepat untuk melestarikan kebudayaan
kita adalah...
a. Malu mengakui kebudayaan
b. Acuh terhadap perkembangan budaya
c.
Mempelajari
budaya Indonesia dengan baik dan benar
d. Tidak bangga terhadap budaya
e. Meninggalkan budaya bangsa
19. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut
adalah...
a. Kita harus bangga dengan budaya yang memiliki
satu suku
b. Mengakui kebudayaan negara lain adalah wujud
cinta tanah air
c. Tidak ikut serta dalam pelestarian budaya
d. Budaya Indonesia hanya terdiri dari beberapa
jenis
e.
Budaya
Indonesia adalah budaya yang paling banyak di dunia
20. Informasi yang dapat kita peroleh dari teks tersebut
adalah...
a.
Kebudayaan
Indonesia sangat beragam
b. Bahasa kita adalah bahasa Indonesia
c. Bangga berbagai dan bertanah air Satu
d. Jenis tari dan musik daerah di Indonesia
e. Keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia
Bacalah
teks pidato berikut dengan saksama!
Hadirin yang saya hormati!
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera untuk kita semua,
puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat
dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati
Hari Sumpah Pemuda ke-73. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal
28 Oktober 1928, yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang
satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.
Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
21.
Topik
pidato tersebut adalah ....
a.
Peringatan Sumpah Pemuda.
b. Mengenang ikrar para pemuda tahun
lalu.
c. Merenungkan ikrar Sumpah Pemuda.
d. Penyataan ikrar pemuda terjadi pada
tahun 1928.
e. Bertanah air satu, berbangsa satu,
dan berbahasa satu.
22.
Tujuan
penulisan teks ceramah tersebut adalah …
a. Memberitahukan
b. Mempengaruhi
c.
Mengajak
d. Menghibur
e. Menginformasikan
Bacalah teks berikut untuk menjawab
soal nomor 23-26!
(1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita
ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu
teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta
di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu
karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya
terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai
harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada
generasi mendatang.
23. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...
a.
Pelestarian dan
mengembangkan pantai Senggigi.
b.
Pantai
Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
c.
Keaneragaman
terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.
d.
Prospek
pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.
e.
Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok
24. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukkan oleh
nomor …
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
25. Bagian pokok teks ceramah tersebut ditunjukkan oleh
nomor …
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
26. Dalam teks ceramah tersebut, yang tidak termasuk
bagian penjelas terdapat pada nomor …
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
27. Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai ketua
karang taruna adalah....
a.
Yang terhormat
Ibu, Bapak, dan Adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan Yang Maha
Pengasih.
b.
Saudara-saudara,
pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai
perayaan HUT RI.
c.
Teman-teman,
silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.
d.
Baiklah, akan
segera kita bahas permasalahan yang ada hubungannya dengan isu terkini.
e.
Bapak-bapak,
lbu-ibu, dan hadirin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera
dilaksanakan.
Bacalah teks berikut!
Segala
puji kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas segala nikmat-Nya yang telah
diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan
nikmat yang paling besar adalah nikmat iman dan islam. Salawat serta salam tak
lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad saw.
28.
Teks di atas termasuk pendahuluan yang
berupa ….
a. salam
pembuka
b.
ungkapan terimakasih
c. judul
d. tema
e.
pengenalan topic
29. Berikut sifat ceramah, kecuali ….
a.
Informatif
b.
Pemberi
informasi
c.
Menerangkan
d.
Menjelaskan
e.
Membohongi
30. Perhatikan kalimat berikut!
“Selamat pagi, audien yang saya hormati dan saya
cintai.”
Kalimat tersebut termasuk pada struktur bagian …
a.
Pendahuluan
b.
Isi
c.
Penutup
d.
Orientasi
e.
Abstrak
JAWABLAH
PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR!
1. Sebutkan ciri-ciri teks prosedur!
Jawab
:
a.
Adanya pola
kalimat perintah (imperatif)
b.
Adanya kata
kerja aktif
c.
Adanya kata
penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan
d.
Adanya kata
keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat
2. Sebutkan langkah-langkah menulis teks eksplanasi
berdasarkan struktur dan kebahasaanya!
Jawab
:
a.
Menentukan tema
teks yang tepat
b.
Mencari sumber
referensi untuk membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan
c.
Membuat
kerangka teks eksplanasi
d.
Mengembangkan
kerangka yang telah disusun
e.
Menyunting
kembali teks eksplanasi
3. Jelaskan langkah-langkah menyusun teks ceramah!
Jawab
:
a.
Mencari topik,
topik tersebut dapat berupa hobi dan keterampilan, pengalaman dalam pekerjaan,
masalah keagamaan dan lain-lain.
b.
Menyusun tujuan
ceramah, tujuan ceramah dapat berupa memberitahukan, memengaruhi dan menghibur
c.
Membuat
kerangka ceramah
d.
Menulis ceramah
4. Jelaskan unsur-unsur pembangun dalam cerita pendek!
Jawab
:
a.
Tema
b.
Amanat
c.
Alur atau plot
d.
Setting atau
latar
e.
Karakteristik
f.
Sudut pandang
g.
Gaya bahasa
5. Buatlah cerpen singkat dengan tema “ Pendidikan
“!
Jawab
:
Kebijakan guru
0 Comments