CONTOH SOAL PAS GASAL BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM MERDEKA DAN KUNCI JAWABAN SERTA KISI-KISI


 

KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

1.     Satuan Pendidikan               :                                                                                                                                                            5.    Kurikulum Acuan              : KURIKULUM MERDEKA

2.     Mata Pelajaran                    : BAHASA INDONESIA                                                                                                                                                         6.    Alokasi Waktu                  : 60 Menit

3.     Jenis Ulangan                      : Penilaian Akhir Semester                                                                                                                                                  7.    Jumlah Soal                     : 30 PG DAN 5 U

4.     Kelas/Semester                   : X/Gasal                                                                                                                                                                              8.    Penyusun                          : MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

NO

Capaian Pembelajaran (CP)

CP Elemen:

Menyimak

Pokok materi

Tujuan Pembelajaran

Indikator

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Pelajar mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Pelajar mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber. Pelajar mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat. Pelajar mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran (CP)

Pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Pelajar mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Pelajar mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber. Pelajar mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat. Pelajar mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelajar mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CP Elemen:

Menyimak

Pelajar mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

*Akurasi informasi dalam laporan hasil observasi

 

* Struktur laporan hasil observasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pokok materi

 

* Pesan tersurat dan tersirat

* Struktur teks anekdot

Mengevaluasi informasi yang tidak akurat dan bisa dalam monolog berupa paparan laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

Menyimak teks anekdot aural agar dapat mengevaluasi gagasan dan pesan yang disampaikan dalam teks monolog lawakan tunggal secara kritis dan reflektif.

 

1.     Siswa mampu mengidentifikasi tema dalam sebuah teks laporan hasil observasi

2.     Siswa mampu mengidentifikasi aspek dalam sebuah teks laporan hasil observasi

3.     Siswa mampu mengidentifikasi jenis kalimat definisi

4.     Siswa mampu mengidentifikasi cara mempresentasikan teks laporan hasil observasi

5.     Siswa mampu mengidentifikasi Struktur kutipan teks laporan hasil observasi

6.     Siswa mampu mengidentifikasi Informasi dalam sebuah teks laporan hasil observasi

7.     Siswa mampu mengidentifikasi sebuah teks laporan hasil observasi

8.     Siswa mampu mengidentifikasi sebuah teks laporan hasil observasi

9.     Siswa mampu mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam sebuah teks laporan hasil observasi

10. Siswa mampu mengidentifikasi cara melalukan observasi

11. Siswa mampu mengidentifikasi Kalimat definisi dalam sebuah teks laporan hasil observasi

12. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah teks Wayang laporan hasil observasi

13. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah teks Wayang laporan hasil observasi

14. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah teks Wayang laporan hasil observasi

15. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah teks Wayang laporan hasil observasi

 

Indikator

 

16. Siswa mampu mengidentifikasi Isi teks dalam sebuah teks anekdot

17. Siswa mampu mengidentifikasi anekdot

18. Siswa mampu mengidentifikasi Pokok isi teks anekdot dalam sebuah teks anekdot

19. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah teks anekdot

20. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah Komik anekdot

21. Siswa mampu mengidentifikasi kalimat imperatif

22. Siswa mampu mengidentifikasi struktur Teks Anekdot

23. Siswa mampu mengidentifikasi Makna tersirat pada teks anekdot

24. Siswa mampu mengidentifikasi Unsur kelucuan yang terdapat pada teks anekdot

25. Siswa mampu mengidentifikasi struktur Teks Anekdot

26. Siswa mampu mengidentifikasi dasar Isi teks anekdot biasanya diangkat

27. Siswa mampu mengidentifikasi Perbedaan antara humor dan anekdot

28. Siswa mampu mengidentifikasi struktur anekdot

29. Siswa mampu mengidentifikasi Gaya bahasa anekdot

30. Siswa mampu mengidentifikasi manfaat anekdot

 

1. Siswa mampu mengidentifikasi kalimat definisi dalam teks Bunga euphorbia

2. Siswa mampu mengidentifikasi kalimat deskripsi dalam teks Bunga euphorbia

3. Siswa mampu mengidentifikasi fungsi bunga euphorbia

 

4. Siswa mampu mengidentifikasi Makna yang terkandung dalam teks anekdot Baju dengan Harga Termahal

5. Siswa mampu mengidentifikasi Penyebab kelucuan teks anekdot Baju dengan Harga Termahal

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

PG

 

 

PG

 

 

 

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

 

PG

 

PG

 

PG

 

 

U

 

 

U

 

 

U

 

 

U

 

 

 

U

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

 

2

 

 

3

 

4

 

 

 

5

 

 

6

 

 

7

 

8

 

9

 

 

 

10

 

11

 

 

12

 

 

13

 

 

 

14

 

 

15

 

 

 

 

 

16

 

17

 

18

 

 

19

 

 

20

 

21

 

22

 

 

23

 

24

 

 

25

 

 

26

 

27

 

 

28

 

29

 

30

 

 

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

 

Soal PAS GASAL Bahasa Indonesia Kelas X 2022

1.      Perhatikan teks laporan hasil observasi berikut !

Makhluk di dunia ini dibedakan menjadi 2 jenis secara umum, yakni (1) makhluk yang hanya bisa bergerak dan berperasaan serta (2) makhluk yang bisa bergerak, berperasaan, dan berpikir (makhluk yang sempurna ). Klasifikasi ini didasarkan atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada Manusia sebagai makhluk yang sempurna di antara makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.

Berikut tema teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....

a.         Keagungan manusia

b.         Makhluk ciptaan Tuhan

c.         Kesempurnaan Tuhan

d.        Ciri-ciri manusia

e.         Dua makhluk yang berbeda

2.      Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut !


Dalam kemangi terdapat vitamin A, B, dan C serta kandungan bahan antiseptik yang menyembuhkan jerawat dengan cepat. Antiseptik di dalamnya akan membunuh bakteri serta memperlancar peredaran darah di kulit.


Aspek yang dilaporkan pada paragraf di atas adalah...
a. Berupa deskripsi tentang kandungan bahan antiseptik.
b. Berupa deskripsi tentang kemangi.
c. Berupa deskripsi tentang vitamin dan kandungan kemangi.
d. Berupa deskripsi tentang vitamain A dan B.
e. Berupa deskripsi tentang menyembuhkan bakteri.​

 

3.      Berikut yang merupakan jenis kalimat definisi adalah ... 

a.    Dulu, tari ini hanya boleh dipentaskan oleh orang-orang yang dipilih keraton. 

b.    Tari klasik sendiri mempunyai arti sebuah tarian yang telah mencapai kristalisasi keindahan. 

c.    Tari  serimpi mempunyai kemiripan dengan tari Pakarena dari Makassar. 

d.   Kebudayaan tari sudah banyak dipentaskan

e.    Aturan yang lazim diturut atau dilakukan sejak dahulu

 

4.      Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Gunakan suara lantang untuk menegaskan suatu hal yang penting dan harus diingat oleh audiensi.

(2) Gunakan tempo berbicara yang lambat untuk menyampaikan sebuah poin penting pada presentasi

Pernyataan tersebut merupakan langkah mengatur ….. laporan hasil observasi.

a.         Penyusunan

b.         Vidio gerak henti

c.         Infografik

d.        Emosi

e.         Intonasi presentasi

 

5.      Bacalah teks laporan hasil observasi berikut!

Tumbuhan rumput laut atau yang biasa disebut dengan tanaman gulma laut adalah  salah satu sumber daya hayati yang hidupnya tumbuh dan berkembang di wilayah pesisir dan didasar laut. Tumbuhan rumput atau gulma laut yang memiliki bahasa latin seaweed. Rumput laut merupakan anggota yang berasal dari kelompok vegetasi atau yang biasa dikenal sebagai ganggang atau alga.

Struktur kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah …

a.    Definisi umum

b.    Saran

c.    Deskripsi manfaat

d.   Kesimpulan

e.    Orientasi

 

6.      Perhatikan paragraf berikut ini dengan cermat!

     Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap diperhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadian pemiliknya. Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas.

 

Kutipan di atas menginformasikan tentang....

a.    Status adalah gambaran pribadi pemiliknya.

b.    Status adalah riwayat hidup pemiliknya.

c.    Manfaat status di media sosial.

d.   Cara menjaga status di media sosial agar berkualitas

e.    Status harus meningkatkan kualitas pemiliknya

    

7.      Gajah merupakan salah satu hewan mamalia memiliki tubuh yang besar. Meskipun bertubuh besar, hewan ini memiliki banyak keunikan. Hewan ini sampai saat ini masih banyak ditemukan di berbagai kebun binatang.Hewan ini juga disebut sebagai hewan herbivor. Hewan herbivor merupakan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Hewan ini berkembang biak dengan melahirkan.


Gajah merupakan hewan bertubuh besar yang mampu berenang. Meskipun memiliki tubuh yang besar gajah juga disebut sebagai perenang handal. Hewan ini mampu berenang sama 50 kilometer. Hewan ini mampu berenang selama 5 jam lebih.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks laporan laporan hasil observasi (LHO) tersebut adalah...

a. Gajah merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan melahirkan.
b. Gajah memiliki keunikan pada belalainya.
c. Gajah termasuk hewan herbivor yang masih mudah ditemukan diberbagai kebun    

    binatang.
d. Gajah memiliki banyak keunikan meskipun badannya besar.
e. Gajah merupakan salah satu binatang herbivor yang berkembang biak dengan cara

    melahirkan

8.      Kebersihan kelas banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun bagi siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas tersebut. Dengan kelas yang bersih tampak guru dan siswa merasa betah melakukan pembelajara. Tidak ada lagi gangguan KBM akibat kelas yang kotor. Di kelas yang bersih itu guru dan murid akan terhindar serangan firus atau kuman penyakit yang suka di tempat-tempat yang kotor. dengan demikian mereka akan mendapat rahmat dari Tuhan karena menjaga kebersihan itu termasuk sebagian dari iman.

 

Teks laporan hasil observasi di atas isnya tentang . . . .
a. Klasififikasi tentang akibat kelas yang bersih
b. Meyakinkan pembaca agar hidup bersih dibudayakan
c. Memberi argumentasi tentang pentingnya hidup bersih
d. Menjelaskan beberapa manfaat kebersihan kelas

e. Pelukisan betapa indahnya kelas yang bersih

 

9.      Bacalah teks berikut!

(1) Harimau dapat mencapai tinggi 1, 5 meter, panjang 3, 3 meter, dan berat 300 kiligram. (2) Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. (3) Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. (4) Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. (5) Harimau senang menyusui anaknya.

Pernyataan deskripsi yang tidak tepat paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor …

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5

 

10.  Observasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara …

     a. melihat

     b. membaca

     c. mendengarkan

     d. membaca berita

     e. mendapatkan berita

 

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut! Untuk nomor 11-15

Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia . UNESCO , lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB , pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia . Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur ( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ) .

 

Para wali songo , penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga . Wayang kulit di Timur , wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah , dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat . Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang .

Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak , misalnya kulit kerbau , sapi , atau kambing . Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang . Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh . Selanjutnya , untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai , seniman mengembangkan wayang dengan bahan - bahan lain , antara lain wayang suket dan wayang motekar .

Wayang kulit dilihat dari umur , dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis . Jenis yang paling terkenal , karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa . Purwa berasal dari bahasa Jawa , yang berarti awal . Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah , dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan , serta diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri atas tuding dan gapit .

Wayang wong ( bahasa Jawa yang berarti ' orang ' ) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang . Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung , sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng . Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng . Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari - tarian . Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam , tidak hanya digunakan dalam acara ritual , tetapi juga digunakan dalam acara

Yang Bersifat menghibur.

 

11.  Kalimat definisi yang tepat sesuai teks di atas adalah …

                 a. Wayang adalah mainan anak-anak pada zaman dulu

     b. Wayang ini terbuat dari kertas dan campuran plastic

     c. Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli

         Indonesia

     d. Wayang sangat bagus ditampilkan ketika ada acara PHBN

     e. Wayang saat ini mulai tergerus oleh modernisasi

                       

12.  Jenis wayang telah di bagi Wali songo menjadi 3 yaitu ….

     a. Wayang kulit, wayang besi, wayang golek

     b. Wayang golek, wayang music, wayang kuno

     c. Wayang kulit, wayang Ramayana, wayang golek

     d. Wayang kulit, wayang golek, wayang wong

     e. Wayang asli, wayang kulit, wayang ndeso

13.  Wayang yang memiliki umur paling tua adalah …

     a. Wayang purwa

     b. Wayang golek

     c. Wayang ramayana

     d. Wayang topeng

     e. Wayang modif

14.  Kapan UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor

      berasal dari Indonesia …

     a. 10 November 2003

     b. 9 November 2003

     c. 8 November 2003

     d. 7 November 2003

     e. 6 November 2003

15.  Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang …………. , sedangkan yang

     dikenal di suku Jawa adalah wayang …………..

     Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …

     a. Golek dan topeng

     b. Gung dan topeng

     c. Kulit dan topeng

     d. Orang dan kulit

     e. Golek dan Orang

 

16.  Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi. Di tengah malam,  Holmes terbangun dan membangunkan Watson. "Watson, lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat." "Saya lihat jutaan bintang, Holmes," kata Watson. "Dan apa kesimpulanmu, Watson?" Watson berpikir sejenak, "Baik," katanya, "berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati tigas seperempat pagi, menurut meteorologi, saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya lihatbaha Tuhan Mahakuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes? “Watson, tenda kita dicuri orang!”

 

Isi teks anekdot di atas adalah ….

     a. Holmes dan Watson sedang berkemah 

     b. Holmes membangunkan Watson dan menanyakan sesuatu

         kepadanya

c. Watson menjawab pertanyaan Holmes dengan terperinci

d. Watson menguasai beberapa ilmu

e. Watson tidak menyadari tenda mereka dicuri

 

17.  Cerita yang lucu dan mengesankan serta singkat dan menarik, biasanya mengenai orang

      penting berdasarkan kejadian sebenarnya, merupakan pengertian dari ...

     a. Prosedur

     b. Anekdot

     c. Negosiasi

     d. Eksposisi

     e. Argumen

 

Bacalah untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!

Seorang turis datang baru pertama kali datang ke jakarta sedang berkeliling untuk mengenal jalan-jalan yang ada. saat istirahat, turis bule itu bertanya kepada teman pemandunya. (setelah diterjemahkan dialognya begini…)

“saya heran dengan orang indonesia, apakah bisa menghafal nama jalan yang begitu panjang?” keluh turis bule itu.

“nama jalan mana, sir?”

“nama jalan, jalan pelan-pelan, banyak anak menyeberang”.

 

18.  Pokok isi teks anekdot tersebut adalah….

a. Seorang turis ingin pulang ke negara asalnya
b. Seorang turis yang tidak mengerti jalan di
    Indonesia
c. Seorang turis yang tidak mengetahui
    bahwa tulisan itu peringatan bukan nama
    jalan
d. Seorang turis yang berpura-pura tidak tahu
    jalan-jalan di Indonesia
e. Seorang turis yang datang Indonesia tanpa
   didampingi oleh pemandu wisata

 

19.  Penyebab kelucuan teks anekdot tersebut adalah ...


a. "Nama jalan yang mana, Sir?"
b. "Nama jalan, "Jalan Pelan-Pelan, Banyak
    Anak Menyeberang"
c. Seorang turis bule datang yang baru pertama
    kali datang ke Jakarta sedang berkeliling
    untuk mengenal jalan-jalan yang ada.
d. Saat istirahat, turis bule itu bertanya kepada
    seorang teman pemandunya.
e. "Saya heran dengan orang Indonesia,
    apakah bisa menghafal nama jalan yang
    begitu panjang?" keluh turis bule itu.​

 

20.  Perhatikan gambar berikut!

Description: C:\Users\acer\Music\komik.jpg

     Gambar di atas merupakan contoh komik ….

     a. Promosi

     b. Edukasi

     c. Wayang

     d. Silat

     e. Mainan

 

21.  Kalimat dalam teks anekdot berikut yang merupakan kalimat perintah adalah ...

a. Si pejabat ini tergelincir dan terperosok ke sungai.

b. Seorang kawan Nasrudin membungkuk ke tepi sungai dan mengulurkan tangannya.

c. Namun, si pejabat tersebut hanya diam.

d. "Berikan tanganmu," kata si kawan Nasrudin.

e. "Kau keliru," ujar Nasrudin kepada kawannya ini.

 

 

 

 

 

22.  Bacalah !

“Akhirnya, Ia berjanji, setelah peristiwa ini, Ia akan menjadi sosok yang lebih baik.”

Kutipan Teks Anekdot di atas merupakan struktur Teks Anekdot bagian…

a. Orientasi

b. Abstraksi

c. Reaksi

d. Koda

e. Tema

 

     Bacalah teks anekdot berikut untuk menjawab soal nomor 23-25!

     Seorang dosen fakultas hokum suatu universitas sedang memberikan kuliah hokum

     Pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja. Saat sesi Tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkanya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”

     Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.

 

23.  Makna tersirat pada teks anekdot di atas adalah …

     a. Menyindir kepada oknum penegak hokum yang mau disuap

     b. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hokum pidana

     c. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik

     d. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana

     e. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.

24.  Unsur kelucuan yang terdapat pada teks anekdot di atas adalah …

     a. Mahasiswa hukum yang tidak tahu singkatan dari KUHP

     b. Dosen yang geleng-geleng kepala karena mendengarkan jawaban mahasiswanya

     c. Peribahasa bahasa inggris yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik

     d. Mahasiswa satu kelas yang tertawa terbahak-bahak secara bersamaan

     e. Mahasiswa yang memlesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara

25.  Bagian kalimat “Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya

      menggeleng- gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad” 

     dalam teks anekdot di atas disebut …

     a. Koda

     b. Orientasi

     c. Abstraksi

     d. Reaksi

     e. Aksi

 

26.  Cerita dalam teks anekdot biasanya diangkat berdasarkan …

     a. Imajinasi bebas pengarangnya

     b. Perenungan mendalam tentang kehidupan

     c. Inspirasi yang datang dari hati

     d. Kejadian nyata atau kisah tokoh penting

     e. Pemikiran yang dangkal dan sembarangan

 

27.  Perbedaan antara humor dan anekdot dari aspek isi adalah …

     a. Humor isinya penuh candaan yang menggelitik, sedangakn ankedot lebih serius dari itu

     b. Humor isinya hanya menghibur dengan kata-kata, sedangkan anekdot kurang

         menghibur

     c. Humor lebih singkat dalam penceritaanya, sedangkan anekdot lebuh panjang dari

         humor biasa

     d. Humor membahas kejadian fiksi yang imajinatif, sedangkan anekdot kejadian fakta

         yang ilmiah

     e. Humor membahas masalah sehari-hari, sedangkan anekdot tentang tokoh publik yang

        bermasalah

 

28.  Bagian yang menggambarkan suasana dalam struktur anekdot disebut …

     a. Koda

     b. Krisis

     c. Abstraksi

     d. Orientasi

     e. Reaksi

 

29.  Gaya bahasa yang melukiskan suatu maksud dengan mengatakan kebalikan dari keadaan

      Yang sebenarnya dengan maksud menyindir disebut …

     a. Sinisme

     b. Ironi

     c. Sarkasme

     d. Hiperbola

     e. Personifikasi

 

30.  Kita dapat memahami teks anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk …

     a. Menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia nyata

     b. Mempertahankan bangsa agar berpegang teguh terhadap Pancasila

     c. Sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis

     d. Menyampaikan kritik terhadap persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan

         tersebut

     e. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 1-3

 

Bunga euphorbia

 

Bunga euphorbia adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri pada bagian batangnya. Nama latin bunga euphorbia adalah Euphorbia millii. Bunga euphorbia berasal dari Madgaskar. Nama bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga penghias di kerajaannya.

 

Ciri bunga euphorbia ini memiliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna bunga euphorbia ada berbagai macam jenis warna dari merah, pink, putih dan lain-lain. Memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm.

 

Bunga euphorbia ini termasuk tanaman yang tidak menyukai banyak air dan menyukai sinar matahari penuh. Perawatan bunga euphorbia ini adalah media tanamnya jangan banyak berair contohnya sepeti serbuk kulit kelapa (cocopeat), sekam bakar, kotoran kambing dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar. Penyiramannya sebaiknya sekali sehari pada waktu sore atau pagi.

 

Fungsi bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita, kadang juga ditaruh di dalam pot yang diletakkan di depan rumah. Tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja, namun bisa juga digunakan sebagai obat herbal, tetapi harus diperhatikan juga dosis penggunaannya karena tanaman ini juga beracun.

 

1. Tuliskan kalimat definisi yang terdapat dalam teks tersebut!

Jawab :

Bunga euphorbia adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri pada bagian batangnya

2. Tuliskan kalimat deskripsi yang terdapat dalam teks tersebut!

Jawab :

Ciri bunga euphorbia ini memiliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna bunga euphorbia ada berbagai macam jenis warna dari merah, pink, putih dan lain-lain. Memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm.

 

3. Jelaskan fungsi bunga euphorbia dalam tesk tersebut!

Jawab :

Fungsi bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita, kadang juga ditaruh di dalam pot yang diletakkan di depan ruma

 

Bacalah teks anekdot berikut!

 

Baju dengan Harga Termahal

Seorang siswa sedang mengobrol di depan ruang kelas dimana mereka sedang menunggu jam istirahat selesai. Mereka mengobrol dengan pembahasan yang sangat seru tentang baju paling mahal yang pernah ditemukan. Dinda : “Kamu tahu tidak sih di Indonesia ini ada baju yang mahal sekali lho harganya.”

Sisi           : “Iya, aku tahu, pasti baju yang bermerk, seperti Gucci, YSL, atau apa itu? Channel kan?”

Dinda       : “Iya benar sih, tidak salah. Cuma yang aku maksud itu baju termahal yang

digunakan oleh pejabat tinggi negara kita.”

Sisi           : “Iya, kan pastinya pejabat tinggi negara kita juga bisa membeli pakaian atau

                 merk baju yang termahal itu, Din.”

Dinda       : “Wah, kamu belum tahu juga ya ternyata. Baju yang mahal sekali harganya yang

                 bisa digunakan oleh pejabat tinggi negara itu ya baju tahanan KPK, Si.”

Sisi           : (Bertanya dengan kebingungan) “Kok baju tahanan KPK yang mahal?”

Dinda       : “Iya dong, kan kalau ingin menggunakan baju tahanan KPK mereka harus

                 mengambil uang negara yang jumlahnya milyaran dahulu, Si.”

Sisi           : ” Hahaha, iya ya, aku baru paham Din.”

 

Mereka berdua tertawa tidak ada habisnya sampai bel jam pelajaran berbunyi, barulah mereka berhenti tertawa dan masuk kelas untuk kembali belajar.

 

4. Makna apa yang terkandung dalam teks anekdot tersebut!

Jawab : Bagi koruptor menjadi tahanan KPK seolah-olah menjadi prestasi tersendiri karena

Dapat membuktikan jumlah uang yang mereka korupsi, yakni setidaknya 1 miliar, bukti

kecakapan mereka dalam mencuri uang rakyat dan berbohong

 

5. Penyebab kelucuan teks tersebut adalah ?

Jawab :

Iya dong, kan kalau ingin menggunakan baju tahanan KPK mereka harus

mengambil uang negara yang jumlahnya milyaran dahulu, Si.”

 

 

 

Post a Comment

0 Comments