KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan Pendidikan : 5.
Kurikulum Acuan : KURIKULUM
MERDEKA
2.
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA 6.
Alokasi Waktu : 60 Menit
3.
Jenis Ulangan : Penilaian Akhir Semester 7.
Jumlah Soal : 30 PG DAN 5 U
4.
Kelas/Semester : X/Gasal 8. Penyusun :
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.
NO |
Capaian
Pembelajaran (CP) |
CP Elemen: Menyimak |
Pokok materi |
Tujuan
Pembelajaran |
Indikator |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
1. 2. |
Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks
sosial, akademis, dan dunia kerja. Pelajar mampu memahami, mengolah,
menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang
topik yang beragam. Pelajar mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari
berbagai sumber. Pelajar mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat.
Pelajar mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan
mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis
dan etis. Capaian Pembelajaran
(CP) Pelajar memiliki kemampuan
berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks
sosial, akademis, dan dunia kerja. Pelajar mampu memahami, mengolah,
menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang
topik yang beragam. Pelajar mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari
berbagai sumber. Pelajar mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat.
Pelajar mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan
mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis
dan etis. |
Pelajar mampu mengevaluasi dan
mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi)
dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. CP Elemen: Menyimak Pelajar mampu mengevaluasi dan
mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi)
dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. |
*Akurasi informasi dalam laporan
hasil observasi * Struktur
laporan hasil observasi Pokok materi * Pesan tersurat dan tersirat * Struktur teks anekdot |
Mengevaluasi
informasi yang tidak akurat dan bisa
dalam monolog berupa paparan laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif. Tujuan
Pembelajaran Menyimak teks
anekdot aural agar dapat mengevaluasi gagasan dan pesan
yang disampaikan dalam teks monolog lawakan tunggal secara kritis dan
reflektif. |
1. Siswa mampu mengidentifikasi
tema dalam sebuah teks laporan hasil observasi 2. Siswa mampu mengidentifikasi
aspek dalam sebuah teks laporan hasil observasi 3. Siswa mampu mengidentifikasi jenis kalimat definisi 4. Siswa mampu mengidentifikasi cara
mempresentasikan teks laporan hasil observasi 5. Siswa mampu mengidentifikasi Struktur kutipan teks
laporan hasil observasi 6. Siswa mampu mengidentifikasi Informasi
dalam sebuah teks laporan hasil observasi 7. Siswa mampu mengidentifikasi
sebuah teks laporan hasil observasi 8. Siswa mampu mengidentifikasi
sebuah teks laporan hasil observasi 9. Siswa mampu mengidentifikasi kaidah
kebahasaan dalam sebuah teks laporan hasil observasi 10. Siswa mampu mengidentifikasi cara
melalukan observasi 11. Siswa mampu mengidentifikasi Kalimat
definisi dalam sebuah teks laporan hasil observasi 12. Siswa mampu mengidentifikasi
sebuah teks Wayang laporan hasil observasi 13. Siswa mampu mengidentifikasi
sebuah teks Wayang laporan hasil observasi 14. Siswa mampu mengidentifikasi
sebuah teks Wayang laporan hasil observasi 15. Siswa mampu mengidentifikasi
sebuah teks Wayang laporan hasil observasi Indikator 16. Siswa mampu mengidentifikasi Isi
teks dalam sebuah teks anekdot 17. Siswa mampu mengidentifikasi anekdot
18. Siswa mampu mengidentifikasi Pokok isi teks anekdot dalam sebuah teks anekdot
19. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah
teks anekdot 20. Siswa mampu mengidentifikasi sebuah
Komik anekdot 21. Siswa mampu mengidentifikasi kalimat
imperatif 22.
Siswa mampu mengidentifikasi struktur Teks Anekdot 23. Siswa mampu mengidentifikasi Makna tersirat pada teks anekdot 24.
Siswa mampu mengidentifikasi Unsur kelucuan yang terdapat pada teks
anekdot 25.
Siswa mampu mengidentifikasi struktur Teks Anekdot 26. Siswa mampu mengidentifikasi dasar
Isi
teks anekdot biasanya diangkat 27.
Siswa mampu mengidentifikasi Perbedaan antara humor dan anekdot 28.
Siswa mampu mengidentifikasi struktur anekdot 29. Siswa mampu mengidentifikasi Gaya bahasa
anekdot 30. Siswa mampu mengidentifikasi manfaat
anekdot 1. Siswa mampu mengidentifikasi kalimat
definisi dalam teks Bunga
euphorbia 2.
Siswa
mampu mengidentifikasi kalimat deskripsi dalam teks Bunga euphorbia 3. Siswa mampu mengidentifikasi fungsi
bunga euphorbia 4. Siswa mampu mengidentifikasi Makna
yang terkandung dalam teks anekdot Baju dengan Harga Termahal 5. Siswa mampu
mengidentifikasi Penyebab kelucuan teks anekdot Baju dengan Harga Termahal |
PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG PG U U U U U |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 1 2 3 4 5 |
Soal PAS GASAL Bahasa
Indonesia Kelas X 2022
1.
Perhatikan teks laporan
hasil observasi berikut !
Makhluk di dunia ini dibedakan menjadi 2 jenis secara umum, yakni (1)
makhluk yang hanya bisa bergerak dan berperasaan serta (2) makhluk yang bisa
bergerak, berperasaan, dan berpikir (makhluk yang sempurna ). Klasifikasi ini
didasarkan atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada Manusia sebagai makhluk
yang sempurna di antara makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya.
Berikut tema teks laporan hasil observasi tersebut adalah ....
a.
Keagungan manusia
b.
Makhluk ciptaan Tuhan
c.
Kesempurnaan Tuhan
d.
Ciri-ciri manusia
e.
Dua makhluk
yang berbeda
2.
Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut !
Dalam kemangi terdapat vitamin A, B, dan C serta kandungan
bahan antiseptik yang menyembuhkan jerawat dengan cepat. Antiseptik di dalamnya
akan membunuh bakteri serta memperlancar peredaran darah di kulit.
Aspek yang dilaporkan pada paragraf di atas adalah...
a. Berupa deskripsi tentang kandungan bahan antiseptik.
b. Berupa deskripsi tentang kemangi.
c. Berupa deskripsi tentang vitamin dan kandungan kemangi.
d. Berupa deskripsi tentang vitamain A dan B.
e. Berupa deskripsi tentang menyembuhkan bakteri.
3.
Berikut yang
merupakan jenis kalimat definisi adalah ...
a.
Dulu, tari
ini hanya boleh dipentaskan oleh orang-orang yang dipilih keraton.
b. Tari klasik sendiri mempunyai arti sebuah tarian yang telah mencapai
kristalisasi keindahan.
c. Tari serimpi
mempunyai kemiripan dengan tari Pakarena dari Makassar.
d. Kebudayaan
tari sudah banyak dipentaskan
e. Aturan
yang lazim diturut atau dilakukan sejak dahulu
4.
Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Gunakan suara lantang untuk menegaskan
suatu hal yang penting dan harus diingat oleh audiensi.
(2) Gunakan tempo berbicara yang lambat untuk
menyampaikan sebuah poin penting pada presentasi
Pernyataan tersebut merupakan langkah mengatur
….. laporan hasil observasi.
a.
Penyusunan
b.
Vidio gerak henti
c.
Infografik
d.
Emosi
e.
Intonasi presentasi
5.
Bacalah teks laporan hasil
observasi berikut!
Tumbuhan rumput laut atau yang biasa disebut dengan tanaman gulma laut
adalah salah satu sumber daya hayati
yang hidupnya tumbuh dan berkembang di wilayah pesisir dan didasar laut.
Tumbuhan rumput atau gulma laut yang memiliki bahasa latin seaweed. Rumput laut
merupakan anggota yang berasal dari kelompok vegetasi atau yang biasa dikenal sebagai
ganggang atau alga.
Struktur kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah …
a.
Definisi umum
b.
Saran
c.
Deskripsi manfaat
d.
Kesimpulan
e.
Orientasi
6. Perhatikan paragraf berikut ini dengan cermat!
Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat
status yang berkualitas di media sosial. Harap diperhatikan, isi status
seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadian pemiliknya. Hal yang menarik
saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial
sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga dapat mengetahui etos
kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang isi status
tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas.
Kutipan di atas menginformasikan tentang....
a. Status adalah gambaran pribadi pemiliknya.
b. Status adalah riwayat hidup pemiliknya.
c. Manfaat status di media sosial.
d. Cara
menjaga status di media sosial agar berkualitas
e. Status harus meningkatkan kualitas pemiliknya
7.
Gajah merupakan salah satu hewan mamalia memiliki tubuh yang besar.
Meskipun bertubuh besar, hewan ini memiliki banyak keunikan. Hewan ini sampai
saat ini masih banyak ditemukan di berbagai kebun binatang.Hewan
ini juga disebut sebagai hewan herbivor. Hewan herbivor merupakan hewan pemakan
tumbuh-tumbuhan. Hewan ini berkembang biak dengan melahirkan.
Gajah merupakan hewan bertubuh besar yang mampu berenang.
Meskipun memiliki tubuh yang besar gajah juga disebut sebagai perenang handal.
Hewan ini mampu berenang sama 50 kilometer. Hewan ini mampu berenang selama 5
jam lebih.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks laporan laporan
hasil observasi (LHO) tersebut adalah...
a. Gajah merupakan hewan mamalia yang berkembang biak
dengan melahirkan.
b. Gajah memiliki keunikan pada belalainya.
c. Gajah termasuk hewan herbivor yang masih mudah ditemukan
diberbagai kebun
binatang.
d. Gajah memiliki banyak keunikan meskipun badannya besar.
e. Gajah merupakan salah satu binatang herbivor yang
berkembang biak dengan cara
melahirkan
8.
Kebersihan
kelas banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun bagi siswa yang mengikuti
pembelajaran di kelas tersebut. Dengan kelas yang bersih tampak guru dan siswa
merasa betah melakukan pembelajara. Tidak ada lagi gangguan KBM akibat kelas
yang kotor. Di kelas yang bersih itu guru dan murid akan terhindar serangan
firus atau kuman penyakit yang suka di tempat-tempat yang kotor. dengan
demikian mereka akan mendapat rahmat dari Tuhan karena menjaga kebersihan itu
termasuk sebagian dari iman.
Teks laporan hasil observasi di
atas isnya tentang . . . .
a. Klasififikasi tentang akibat kelas yang bersih
b. Meyakinkan pembaca agar hidup bersih dibudayakan
c. Memberi argumentasi tentang pentingnya hidup bersih
d. Menjelaskan beberapa manfaat
kebersihan kelas
e. Pelukisan betapa indahnya kelas
yang bersih
9.
Bacalah teks berikut!
(1)
Harimau dapat mencapai tinggi 1, 5 meter, panjang 3, 3 meter, dan berat 300
kiligram. (2) Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan dengan belang atau
loreng berwarna hitam. (3) Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging.
(4) Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
(5) Harimau senang menyusui anaknya.
Pernyataan
deskripsi yang tidak tepat paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e.
5
10. Observasi
dapat dilakukan secara langsung dengan cara …
a. melihat
b. membaca
c. mendengarkan
d. membaca berita
e. mendapatkan berita
Bacalah
teks laporan hasil observasi berikut! Untuk nomor 11-15
Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan
budaya asli Indonesia . UNESCO , lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB ,
pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka
tersohor berasal dari Indonesia . Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang
tidak ternilai dalam seni bertutur ( Masterpiece of Oral and Intangible
Heritage of Humanity ) .
Para wali songo ,
penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga . Wayang kulit
di Timur , wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah , dan wayang golek atau
wayang boneka di Jawa Barat . Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan
bahan wayang .
Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak , misalnya
kulit kerbau , sapi , atau kambing . Wayang wong berarti wayang yang
ditampilkan atau diperankan oleh orang . Wayang golek adalah wayang yang
menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh . Selanjutnya , untuk
mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai , seniman mengembangkan wayang
dengan bahan - bahan lain , antara lain wayang suket dan wayang motekar .
Wayang kulit dilihat dari umur , dan gaya pertunjukannya
pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis . Jenis yang paling terkenal , karena
diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa . Purwa berasal dari
bahasa Jawa , yang berarti awal . Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang
ditatah , dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan , serta
diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan
nama cempurit yang terdiri atas tuding dan gapit .
Wayang wong ( bahasa Jawa yang berarti ' orang ' ) adalah
salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang . Wayang
orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung , sedangkan yang dikenal
di suku Jawa adalah wayang topeng . Wayang topeng dimainkan oleh orang yang
menggunakan topeng . Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari
- tarian . Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam , tidak hanya
digunakan dalam acara ritual , tetapi juga digunakan dalam acara
Yang Bersifat menghibur.
11.
Kalimat
definisi yang tepat sesuai teks di atas adalah …
a.
Wayang adalah mainan anak-anak pada zaman dulu
b.
Wayang ini terbuat dari kertas dan campuran plastic
c. Wayang adalah seni pertunjukan yang
telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli
Indonesia
d.
Wayang sangat bagus ditampilkan ketika ada acara PHBN
e.
Wayang saat ini mulai tergerus oleh modernisasi
12.
Jenis wayang telah di bagi Wali songo menjadi
3 yaitu ….
a.
Wayang kulit, wayang besi, wayang golek
b.
Wayang golek, wayang music, wayang kuno
c.
Wayang kulit, wayang Ramayana, wayang golek
d. Wayang kulit, wayang golek, wayang wong
e.
Wayang asli, wayang kulit, wayang ndeso
13.
Wayang yang memiliki umur paling tua adalah …
a. Wayang
purwa
b. Wayang
golek
c. Wayang
ramayana
d. Wayang
topeng
e. Wayang
modif
14. Kapan UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor
berasal dari Indonesia …
a. 10 November 2003
b. 9 November 2003
c. 8 November 2003
d. 7 November 2003
e. 6 November 2003
15. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang …………. ,
sedangkan yang
dikenal di suku Jawa adalah wayang …………..
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
tersebut adalah …
a. Golek dan topeng
b. Gung dan topeng
c. Kulit dan topeng
d. Orang dan kulit
e. Golek dan Orang
16. Holmes dan
Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi. Di tengah malam, Holmes terbangun dan membangunkan Watson.
"Watson, lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat." "Saya
lihat jutaan bintang, Holmes," kata Watson. "Dan apa kesimpulanmu,
Watson?" Watson berpikir sejenak, "Baik," katanya,
"berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet.
Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut
horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati tigas seperempat pagi,
menurut meteorologi, saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya
lihatbaha Tuhan Mahakuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri
apa, Holmes? “Watson, tenda kita dicuri orang!”
Isi teks anekdot di atas adalah ….
a.
Holmes dan Watson sedang berkemah
b.
Holmes membangunkan Watson dan menanyakan sesuatu
kepadanya
c.
Watson menjawab pertanyaan Holmes dengan terperinci
d.
Watson menguasai beberapa ilmu
e. Watson tidak menyadari tenda mereka dicuri
17. Cerita yang lucu dan
mengesankan serta singkat dan menarik, biasanya mengenai orang
penting berdasarkan
kejadian sebenarnya, merupakan pengertian dari ...
a. Prosedur
b. Anekdot
c. Negosiasi
d. Eksposisi
e. Argumen
Bacalah untuk menjawab
soal nomor 18 dan 19!
Seorang turis datang baru pertama kali datang ke
jakarta sedang berkeliling untuk mengenal jalan-jalan yang ada. saat istirahat,
turis bule itu bertanya kepada teman pemandunya. (setelah diterjemahkan
dialognya begini…)
“saya heran dengan orang indonesia, apakah bisa
menghafal nama jalan yang begitu panjang?” keluh turis bule itu.
“nama jalan mana, sir?”
“nama jalan, jalan pelan-pelan, banyak anak menyeberang”.
18.
Pokok isi teks anekdot tersebut adalah….
a. Seorang turis ingin pulang ke negara asalnya
b. Seorang turis yang tidak mengerti jalan di
Indonesia
c. Seorang turis yang tidak mengetahui
bahwa
tulisan itu peringatan bukan nama
jalan
d. Seorang turis yang berpura-pura tidak tahu
jalan-jalan
di Indonesia
e. Seorang turis yang datang Indonesia tanpa
didampingi
oleh pemandu wisata
19. Penyebab kelucuan teks anekdot tersebut adalah ...
a. "Nama jalan yang mana, Sir?"
b. "Nama jalan, "Jalan Pelan-Pelan,
Banyak
Anak
Menyeberang"
c. Seorang turis bule datang yang baru pertama
kali
datang ke Jakarta sedang berkeliling
untuk
mengenal jalan-jalan yang ada.
d. Saat istirahat, turis bule itu bertanya
kepada
seorang teman pemandunya.
e. "Saya heran dengan orang Indonesia,
apakah
bisa menghafal nama jalan yang
begitu
panjang?" keluh turis bule itu.
20. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas merupakan
contoh komik ….
a. Promosi
b. Edukasi
c. Wayang
d. Silat
e. Mainan
21. Kalimat dalam teks
anekdot berikut yang merupakan kalimat perintah adalah ...
a. Si pejabat ini
tergelincir dan terperosok ke sungai.
b. Seorang kawan
Nasrudin membungkuk ke tepi sungai dan mengulurkan tangannya.
c. Namun, si pejabat
tersebut hanya diam.
d. "Berikan
tanganmu," kata si kawan Nasrudin.
e. "Kau
keliru," ujar Nasrudin kepada kawannya ini.
22. Bacalah !
“Akhirnya, Ia berjanji, setelah peristiwa ini, Ia akan menjadi
sosok yang lebih baik.”
Kutipan Teks Anekdot di atas merupakan struktur Teks Anekdot
bagian…
a. Orientasi
b. Abstraksi
c. Reaksi
d. Koda
e. Tema
Bacalah teks anekdot berikut untuk menjawab soal nomor 23-25!
Seorang
dosen fakultas hokum suatu universitas sedang memberikan kuliah hokum
Pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja. Saat sesi Tanya-jawab tiba,
Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak
menjawab sendiri, melainkan melemparkanya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba
dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad
menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
Mahasiswa lain tentu
tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya
menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu
jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas,
“Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik, Pak …!” Semua
mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka
tertawa terbahak-bahak.
23. Makna tersirat pada teks
anekdot di atas adalah …
a. Menyindir kepada
oknum penegak hokum yang mau disuap
b. Mengkritik Bapak
dosen sedang memberikan kuliah hokum pidana
c. Peribahasa Inggris
mengatakan pengalaman adalah guru terbaik
d. Menjelaskan
kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana
e. Menyindir Ali yang
bertanya kepanjangan KUHP.
24. Unsur kelucuan yang
terdapat pada teks anekdot di atas adalah …
a. Mahasiswa hukum yang
tidak tahu singkatan dari KUHP
b. Dosen yang
geleng-geleng kepala karena mendengarkan jawaban mahasiswanya
c. Peribahasa bahasa
inggris yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik
d. Mahasiswa satu kelas
yang tertawa terbahak-bahak secara bersamaan
e. Mahasiswa yang
memlesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara
25. Bagian kalimat “Mahasiswa
lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya
menggeleng- gelengkan kepala seraya menambahkan
pertanyaan kepada Ahmad”
dalam teks anekdot di atas disebut …
a. Koda
b. Orientasi
c. Abstraksi
d. Reaksi
e. Aksi
26. Cerita dalam teks
anekdot biasanya diangkat berdasarkan …
a. Imajinasi bebas pengarangnya
b. Perenungan mendalam tentang kehidupan
c. Inspirasi yang datang dari hati
d. Kejadian nyata atau kisah tokoh penting
e. Pemikiran yang dangkal dan sembarangan
27. Perbedaan antara humor dan
anekdot dari aspek isi adalah …
a. Humor isinya penuh candaan yang menggelitik, sedangakn
ankedot lebih serius dari itu
b. Humor isinya hanya menghibur dengan kata-kata, sedangkan
anekdot kurang
menghibur
c. Humor lebih singkat dalam penceritaanya, sedangkan anekdot
lebuh panjang dari
humor biasa
d. Humor membahas kejadian fiksi yang imajinatif, sedangkan
anekdot kejadian fakta
yang ilmiah
e. Humor membahas masalah sehari-hari,
sedangkan anekdot tentang tokoh publik yang
bermasalah
28. Bagian yang
menggambarkan suasana dalam struktur anekdot disebut …
a. Koda
b. Krisis
c. Abstraksi
d. Orientasi
e. Reaksi
29. Gaya bahasa yang
melukiskan suatu maksud dengan mengatakan kebalikan dari keadaan
Yang sebenarnya dengan
maksud menyindir disebut …
a. Sinisme
b. Ironi
c. Sarkasme
d. Hiperbola
e. Personifikasi
30. Kita dapat memahami teks
anekdot dan dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk …
a. Menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi di dunia
nyata
b. Mempertahankan bangsa agar berpegang teguh terhadap Pancasila
c. Sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks
sosial-budaya akademis
d. Menyampaikan kritik terhadap
persoalan-persoalan pada bidang-bidang layanan
tersebut
e. memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 1-3
Bunga
euphorbia
Bunga
euphorbia adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri pada
bagian batangnya. Nama latin bunga euphorbia adalah Euphorbia millii. Bunga
euphorbia berasal dari Madgaskar. Nama bunga euphorbia diambil dari salah
seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus.
Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga
penghias di kerajaannya.
Ciri
bunga euphorbia ini memiliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna
bunga euphorbia ada berbagai macam jenis warna dari merah, pink, putih dan
lain-lain. Memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm.
Bunga
euphorbia ini termasuk tanaman yang tidak menyukai banyak air dan menyukai
sinar matahari penuh. Perawatan bunga euphorbia ini adalah media tanamnya
jangan banyak berair contohnya sepeti serbuk kulit kelapa (cocopeat), sekam
bakar, kotoran kambing dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar.
Penyiramannya sebaiknya sekali sehari pada waktu sore atau pagi.
Fungsi
bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita,
kadang juga ditaruh di dalam pot yang diletakkan di depan rumah. Tidak hanya
digunakan sebagai hiasan saja, namun bisa juga digunakan sebagai obat herbal,
tetapi harus diperhatikan juga dosis penggunaannya karena tanaman ini juga
beracun.
1. Tuliskan kalimat
definisi yang terdapat dalam teks tersebut!
Jawab :
Bunga
euphorbia adalah bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri pada
bagian batangnya
2. Tuliskan kalimat
deskripsi yang terdapat dalam teks tersebut!
Jawab :
Ciri
bunga euphorbia ini memiliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna
bunga euphorbia ada berbagai macam jenis warna dari merah, pink, putih dan
lain-lain. Memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm.
3. Jelaskan fungsi bunga
euphorbia dalam tesk tersebut!
Jawab :
Fungsi
bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita,
kadang juga ditaruh di dalam pot yang diletakkan di depan ruma
Bacalah teks anekdot berikut!
Baju dengan Harga Termahal
Seorang siswa sedang mengobrol di depan ruang kelas
dimana mereka sedang menunggu jam istirahat selesai. Mereka mengobrol dengan
pembahasan yang sangat seru tentang baju paling mahal yang pernah ditemukan.
Dinda : “Kamu tahu tidak sih di Indonesia ini ada baju yang mahal sekali lho
harganya.”
Sisi : “Iya, aku
tahu, pasti baju yang bermerk, seperti Gucci, YSL, atau apa itu? Channel kan?”
Dinda
: “Iya benar sih, tidak salah. Cuma
yang aku maksud itu baju termahal yang
digunakan oleh pejabat tinggi negara kita.”
Sisi : “Iya, kan
pastinya pejabat tinggi negara kita juga bisa membeli pakaian atau
merk baju
yang termahal itu, Din.”
Dinda : “Wah, kamu
belum tahu juga ya ternyata. Baju yang mahal sekali harganya yang
bisa
digunakan oleh pejabat tinggi negara itu ya baju tahanan KPK, Si.”
Sisi : (Bertanya dengan kebingungan) “Kok
baju tahanan KPK yang mahal?”
Dinda : “Iya
dong, kan kalau ingin menggunakan baju tahanan KPK mereka harus
mengambil
uang negara yang jumlahnya milyaran dahulu, Si.”
Sisi : ” Hahaha, iya ya, aku baru paham
Din.”
Mereka
berdua tertawa tidak ada habisnya sampai bel jam pelajaran berbunyi, barulah
mereka berhenti tertawa dan masuk kelas untuk kembali belajar.
4. Makna apa yang
terkandung dalam teks anekdot tersebut!
Jawab : Bagi koruptor menjadi tahanan KPK seolah-olah menjadi prestasi
tersendiri karena
Dapat membuktikan
jumlah uang yang mereka korupsi, yakni setidaknya 1 miliar, bukti
kecakapan mereka dalam
mencuri uang rakyat dan berbohong
5. Penyebab kelucuan
teks tersebut adalah ?
Jawab :
Iya dong, kan kalau ingin menggunakan baju tahanan KPK
mereka harus
mengambil uang negara yang jumlahnya milyaran dahulu,
Si.”
0 Comments