SOAL BAHASA
INDONESIA KELAS XI
1. Bagian ini berisi tentang sasaran yang ingin
dicapai pada penelitian yang dilakukan sesuai permasalah yang diteliti.
Pernyataan
tersebut terdapat pada …
a. Latar belakang
b. Batasan masalah
c.
Tujuan penelitian
d. Rumusan masalah
e. Waktu kegiatan
2. Daftar berupa referensi buku dan web
yang digunakan dalam pembuatan proposal adalah …
a.
Daftar pustaka
b. Judul
c. Metodologi penelitian
d. Rumusan masalah
e. Tujuan penelitian
3. Kejadian, keadaan, atau hal yang
melatarbelakangi pentingnya dilaksanakan suatu kegiatan adalah …
a.
Latar belakang
b. Masalah dan tujuan
c. Manfaat
d. Tujuan
e. Daftar pustaka
4.
Bacalah teks berikut!
Demikian proposal ini kami ajukan,
mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana dan terealisasikan sesuai apa yang
diharapkan kami semua, memebrikan manfaat untuk sesame dan juga tentunya kami
mengharapkan adanya dukungan dan partisipasi dari semua pihak demi
terselenggaranya kegiatan ini.
Unsur yang dominan dalam kutipan proposal
tersebut adalah …
a. Pendahuluan
b. Latar belakang
c. Isi
d.
Penutup
e. penyelenggara
5. Berikut komponen-komponen yang
terdapat dalam proposal kegiatan, kecuali …
a. Waktu dan tempat pelaksanaan
b.
Proses pengolahan data
c. Panitia pelaksanaan
d. Biaya kegiatan
e. Jadwal kegiatan
6.
Bacalah penggalan latar belakang
proposal berikut!
Terkait dengan hal tersebut, untuk
mewujudkan guru yang kreatif dan professional MGMP Bahasa Indonesia SMA
bermaksud mengadakan Workshop lanjutan
pembuatan dan penggunaan media pembelajaran yang efektif. Disamping itu juga akan melaksanakan
pelatihan pembelajaran melalui/dengan media internet.
Berdasarkan penggalan latar belakang
proposal di atas, tujuan proposal tersebut adalah…
a. Membentuk persatuan guru melalui MGMP dengan
tujuan mengadakan workshop
b.
Meningkatkan kualitas guru Bahasa Indonesia SMA melalui
Workshop
c. Perlunya guru belajar internet dan membuat
media pembelajaran di SMA
d. Mewujudkan siswa yang kreatif dan professional
melalui pembelajaran di SMA
e. Mewujudkan persatuan dan kesatuan antara guru
dan siswa SMA
7.
Perhatikan urutan kerangka proposal berikut!
1. Pendahuluan
2. Profil perusahaan
3. Strategi kreatif
4. Deskripsi analisis kebutuhan
5. Implementasi proyek
6. Audiens sasaran
7. Anggaran biaya
Kerangka
proposal di atas apabila diurutkan secara benar adalah …
a. 1,2,3,4,5,6,7
b.
1,2,4,6,3,5,7
c. 7,6,5,4,3,2,1
d. 2,3,1,4,6,5,7
e. 1,5,3,2,7,6,4
8.
Bacalah teks berikut !
Perusahaan
kami bergerak dibidang budidaya kerang mutiara, yaitu secara umum teknis
budidaya kerang mutiara antara lain sebagai berikut.
Unsur yang paling dominan dalam kutipan
tersebut adalah …
a. Latar belakang
b. Profil perusahaan
c.
Jenis usaha
d. Struktur organisasi
e. Prospek usaha dan pemasaran
9.
Bacalah teks berikut !
Guna memberikan rasa optimisme kemerdekaan dalam jiwa santri serta
mengenang jiwa jiwa syuhada rakyat Indonesia yang mempertahankan negeri
nusantara yang penuh dengan keindahan surga dunia.
Kutipan tersebut termasuk …
a. Latar belakang
b.
Tujuan proposal
c. Tema kegiatan
d. Bentuk kegiatan
e. Waktu kegiatan
10. Cermati kutipan berikut !
Kegiatan ini berupa :
1. Upacara pembukaan
2. Lomba-lomba
3. Panjat pinang
4. Pentas kreasi santri
Kutipan teks tersebut termasuk bagian …
a. Latar belakang
b. Tujuan proposal
c. Tema kegiatan
d.
Bentuk kegiatan
e. Waktu kegiatan
11. Unsur berikut yang tidak terdapat
pada kata pengantar adalah …
a.
Alasan pemilihan judul
b. Ucapan terimkasih
c. Klarifikasi maksud penulisan
d. Ucapan syukur kepada tuhan
e. Cita-cita penulis karangan
12. Hal-hal yang tidak perlu ditulis
dalam penulisan daftar pustaka adalah …
a. Nama pengarang
b.
Halaman buku
c. Judul buku
d. Nama penerbit
e. Tahun penerbit
13. Bacalah teks berikut !
Di Indonesia terdapat lebih dari
12.000 jenis kacang-kacangan, diantaranya adalah kacang tanah, kacang hijau,
kacang merah, kapri, koro dan kedelai. Kacang merah adalah bahan makanan yang
baik untuk menurunkan kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol, kacang
merah juga baik untuk mencegah tingginya gula darah karena memiliki kandungan
serat yang tinggi.
Teks tersebut termasuk unsur karya ilmiah pada bagian …
a. Latar belakang
b. Rumusan masalah
c. Tujuan masalah
d.
Pembahasan
e. Penutup
14. Tujuan penyusun karya ilmiah, kecuali …
a. Memberikan penjelasan
b. Penilaian serta saran
c. Menyampaikan sanggahan
d.
Membuktikan opini
e. Membuktikan hipotesa
15. Bacalah kutipan karya tulis berikut!
Penulis mengakui bahwa masih terdapat
kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan
menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih
atas kritik dan saran yang diberikan.
Kutipan tersebut berupa bagian karya
tulis yang terdapat pada …
a. Pendahuluan
b. Kata pengantar
c.
Kesimpulan
d. Isi karya tulis
e. Latar belakang
16. Penulisan judul karya tulis yang
tepat adalah …
a. Udara bersih Dan Sehat Dambaan
Masyarakat di Indonesia
b. Udara bersih Dan sehat sambaan
sasyarakat di indonesia
c.
Udara Bersih dan Sehat Dambaan
Masyarakat di Indonesia
d. Udara Bersih Dan Sehat Dambaan
Masyarakat Di Indonesia
e. Udara bersih dan Sehat Dambaan
Masyarakat di Indonesia
17. Bacalah kutipan karya tulis berikut!
Kualitas anak-anak pemilik masa
depan, sangat ditentukan oleh perlakuan kita terhadap mereka saat ini. Maju
mundurnya suatu bangsa di masa depan sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik,
mental, sosial, maupun intelektual generasi yang saat ini masih berada dalam
fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis, uraian tersebut
merupakan bagian …
a. Tujuan penulisan
b.
Latar belakang
c. Permasalahan
d. Kata pengantar
e. Penutup
18. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Berdasarkan hasil penelitian daun
seledri dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, sakit mata dan reumatik.
Saran yang sesuai sesuai dengan hasil simpulan karya ilmiah tersebut
adalah …
a. Mengonstruksi selederi secara teratur
dapat mengakibatkan sakit mata
b.
Hendaknya penderita hipertensi
mengonsumsi seledri
c. Penderita reumatik dilarang
mengonsumsi seledri
d. Tanamlah seledri di halaman rumah
jika anda sakit reumatik
e. Marilah kita menanam seledri dan
mengonsumsinya secara teratur
Bacalah kutipan karya ilmiah berikut untuk
menjawab soal nomor 19 dan 20 !
Pengangguran bisa menimbulkan dampak negative,
bukan hanya bagi yang menganggur, namun juga bagi masyarakat di sekitarnya.
Pengangguran membawa permasalahan ekonomi yang suatu keluarga, dan bisa
menyebabkan terganggunya kondisi psikis seseorang.
Misalnya, terjadi kekerasan dalam rumahtangga,
pencurian dan perampokan akibat masalah ekonomi, rendahnya tingkat kesehatan
dan gizi masyarakat, kasus anak-anak terkena busung lapar, serta terjadinya
kekacauan sosial dan politik seperti terjadinya demonstrasi dan perebutan
kekuasaan.
19. Kutipan karya ilmiah tersebut berisi
tentang …
a. Definisi pengangguran
b. Jenis pengangguran
c.
Dampak pengangguran
d. Cara mengatasi pengangguran
e. Penyebab pengangguran
20. Struktur yang membangun teks tersebut
adalah…
a. Latar belakang
b. Rumusan masalah
c. Tujuan penelitian
d.
Kajian teori
e. Kesimpulaan
Jawablah pertnyaan di bawah ini dengan
benar!
1. Apakah manfaat membaca proposal?
Jawab
: Manfaat membaca proposal yaitu
menambah wawasan ilmu pengetahuan dan menjadi tahu tentang prosedur pelaksanaan
suatu kegiatan.
2. Sebutkan kata-kata yang menandai
pendefinisian?
Jawab
: yaitu, merupakan, ialah, yakni
3. Jelaskan sistematika penulisan karya ilmiah
secara umum!
Jawab
: Secara umum sistematika penulisan karya ilmiah dapat dibagi dalam dua bagian
utama yaitu tubuh dan pelengkap, bagian tubuh antara lain pendahuluan,
isi/pembahasan, dan penutup. Bagian pelengkap antara lain judul, kata
pengantar, daftar isi dan daftar pustaka.
4. Tuliskan tiga bagian makalah !
Jawab
: Makalah terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, pembahasan, dan simpulan
5. Tuliskan langkah-langkah menulis karya ilmiah
yang baik!
Jawab
:
a. Menentukan topiknya
b. Buatlah kerangka tulisan karya ilmiah
c. Kumpulan bahan dari berbagai sumber
d. Pengembangan kerangka menjadi teks yang utuh
dan lengkap
KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan
Pendidikan : SMA Al Muniroh 5. Kurikulum
Acuan : K13
2.
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA 6. Alokasi Waktu : 60 Menit
3.
Jenis Ulangan : Penilaian Tengah Semester 7. Jumlah Soal : 20 PG & 5 U
4.
Kelas/Semester : XI/Genap 8. Penyusun :
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
1.
|
3.12 Mengidentifikasi formasi penting
yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya
lebih efektif
|
Mengidentifikasi
informasi penting dalam proposal kegiatan atau penelitian |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian-bagian penting proposal |
PG |
1 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian-bagian penting proposal |
PG |
2 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian-bagian penting proposal |
PG |
3 |
|||
Melengkapi informasi
dalam proposal secara lisan |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
isi proposal dari informasi yang dibaca |
PG |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
isi proposal dari informasi yang dibaca |
PG |
5 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
isi proposal dari informasi yang dibaca |
PG |
6 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
kerangka proposal |
PG |
7 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
isi proposal dari informasi yang dibaca |
PG |
8 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
isi proposal dari informasi yang dibaca |
PG |
9 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
isi proposal dari informasi yang dibaca |
PG |
10 |
|||
2. |
3.14 Mengidentifikasi
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca 4.14 Merancang informasi, tujuan, dan
esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah |
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
unsur kata pengantar |
PG |
11 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
daftar pustaka |
PG |
12 |
|||
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Unsur karya ilmiah |
PG |
13 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Tujuan penyusun karya ilmiah |
PG |
14 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Struktur karya ilmiah yang dibaca |
PG |
15 |
|||
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
penulisan judul karya ilmiah |
PG |
16 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Struktur karya ilmiah yang dibaca |
PG |
17 |
|||
Peserta didik dapat
mengungkapkan
informasi berdasarkan isi karya ilmiah |
PG |
18 |
|||
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
informasi berdasarkan isi karya ilmiah |
PG |
19 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
informasi berdasarkan isi karya ilmiah |
PG |
20 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
manfaat membaca proposal |
PG |
1 |
|||
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi kata-kata yang
menandai pendefinisian |
PG |
2 |
||
Peserta didik dapat mengidentifikasi sistematika
penulisan karya ilmiah |
PG |
3 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga bagian makalah |
PG |
4 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi langkah-langkah
menulis karya ilmiah |
PG |
5 |
Gresik, 14 Maret
2022
Penyusun
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd
0 Comments