CONTOH SOAL DAN KISI-KISI BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA UJIAN PTS GENAP 2021-2022 LENGKAP DENGAN KUNCI JAWABAN


 

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS XI

1.      Bagian ini berisi tentang sasaran yang ingin dicapai pada penelitian yang dilakukan sesuai permasalah yang diteliti.

Pernyataan tersebut terdapat pada …

a.      Latar belakang

b.      Batasan masalah

c.       Tujuan penelitian

d.      Rumusan masalah

e.      Waktu kegiatan

2.      Daftar berupa referensi buku dan web yang digunakan dalam pembuatan proposal adalah …

a.      Daftar pustaka

b.      Judul

c.       Metodologi penelitian

d.      Rumusan masalah

e.      Tujuan penelitian

3.      Kejadian, keadaan, atau hal yang melatarbelakangi pentingnya dilaksanakan suatu kegiatan adalah …

a.      Latar belakang

b.      Masalah dan tujuan

c.       Manfaat

d.      Tujuan

e.      Daftar pustaka

4.      Bacalah teks berikut!

Demikian proposal ini kami ajukan, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana dan terealisasikan sesuai apa yang diharapkan kami semua, memebrikan manfaat untuk sesame dan juga tentunya kami mengharapkan adanya dukungan dan partisipasi dari semua pihak demi terselenggaranya kegiatan ini.

Unsur yang dominan dalam kutipan proposal tersebut adalah …

a.      Pendahuluan

b.      Latar belakang

c.       Isi

d.      Penutup

e.      penyelenggara

5.      Berikut komponen-komponen yang terdapat dalam proposal kegiatan, kecuali …

a.      Waktu dan tempat pelaksanaan

b.      Proses pengolahan data

c.       Panitia pelaksanaan

d.      Biaya kegiatan

e.      Jadwal kegiatan

6.      Bacalah penggalan latar belakang proposal berikut!

Terkait dengan hal tersebut, untuk mewujudkan guru yang kreatif dan professional MGMP Bahasa Indonesia SMA bermaksud mengadakan Workshop lanjutan pembuatan dan penggunaan media pembelajaran yang efektif.  Disamping itu juga akan melaksanakan pelatihan pembelajaran melalui/dengan media internet.

Berdasarkan penggalan latar belakang proposal di atas, tujuan proposal tersebut adalah…

a.      Membentuk persatuan guru melalui MGMP dengan tujuan mengadakan workshop

b.      Meningkatkan kualitas guru Bahasa Indonesia SMA melalui Workshop

c.       Perlunya guru belajar internet dan membuat media pembelajaran di SMA

d.      Mewujudkan siswa yang kreatif dan professional melalui pembelajaran di SMA

e.      Mewujudkan persatuan dan kesatuan antara guru dan siswa SMA

7.      Perhatikan urutan kerangka proposal berikut!

1.      Pendahuluan

2.      Profil perusahaan

3.      Strategi kreatif

4.      Deskripsi analisis kebutuhan

5.      Implementasi proyek

6.      Audiens sasaran

7.      Anggaran biaya

Kerangka proposal di atas apabila diurutkan secara benar adalah …

a.      1,2,3,4,5,6,7

b.      1,2,4,6,3,5,7

c.       7,6,5,4,3,2,1

d.      2,3,1,4,6,5,7

e.      1,5,3,2,7,6,4

8.      Bacalah teks berikut !

Perusahaan  kami bergerak dibidang budidaya kerang mutiara, yaitu secara umum teknis budidaya kerang mutiara antara lain sebagai berikut.

Unsur yang paling dominan dalam kutipan tersebut adalah …

a.      Latar belakang

b.      Profil perusahaan

c.       Jenis usaha

d.      Struktur organisasi

e.      Prospek usaha dan pemasaran

9.      Bacalah teks berikut !

Guna memberikan rasa optimisme kemerdekaan dalam jiwa santri serta mengenang jiwa jiwa syuhada rakyat Indonesia yang mempertahankan negeri nusantara yang penuh dengan keindahan surga dunia.

Kutipan tersebut termasuk …

a.      Latar belakang

b.      Tujuan proposal

c.       Tema kegiatan

d.      Bentuk kegiatan

e.      Waktu kegiatan

10.  Cermati kutipan berikut !

Kegiatan ini berupa :

1.      Upacara pembukaan

2.      Lomba-lomba

3.      Panjat pinang

4.      Pentas kreasi santri

Kutipan teks tersebut termasuk bagian …

a.      Latar belakang

b.      Tujuan proposal

c.       Tema kegiatan

d.      Bentuk kegiatan

e.      Waktu kegiatan

11.  Unsur berikut yang tidak terdapat pada kata pengantar adalah …

a.      Alasan pemilihan judul

b.      Ucapan terimkasih

c.       Klarifikasi maksud penulisan

d.      Ucapan syukur kepada tuhan

e.      Cita-cita penulis karangan

12.  Hal-hal yang tidak perlu ditulis dalam penulisan daftar pustaka adalah …

a.      Nama pengarang

b.      Halaman buku

c.       Judul buku

d.      Nama penerbit

e.      Tahun penerbit

13.  Bacalah teks berikut !

Di Indonesia terdapat lebih dari 12.000 jenis kacang-kacangan, diantaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kapri, koro dan kedelai. Kacang merah adalah bahan makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol, kacang merah juga baik untuk mencegah tingginya gula darah karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Teks tersebut termasuk unsur karya ilmiah pada bagian …

a.      Latar belakang

b.      Rumusan masalah

c.       Tujuan masalah

d.      Pembahasan

e.      Penutup

14.  Tujuan penyusun karya ilmiah, kecuali …

a.      Memberikan penjelasan

b.      Penilaian serta saran

c.       Menyampaikan sanggahan

d.      Membuktikan opini

e.      Membuktikan hipotesa

15.  Bacalah kutipan karya tulis berikut!

Penulis mengakui bahwa masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan.

Kutipan tersebut berupa bagian karya tulis yang terdapat pada …

a.      Pendahuluan

b.      Kata pengantar

c.       Kesimpulan

d.      Isi karya tulis

e.      Latar belakang

16.  Penulisan judul karya tulis yang tepat adalah …

a.      Udara bersih Dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia

b.      Udara bersih Dan sehat sambaan sasyarakat di indonesia

c.       Udara Bersih dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia

d.      Udara Bersih Dan Sehat Dambaan Masyarakat Di Indonesia

e.      Udara bersih dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia

17.  Bacalah kutipan karya tulis berikut!

Kualitas anak-anak pemilik masa depan, sangat ditentukan oleh perlakuan kita terhadap mereka saat ini. Maju mundurnya suatu bangsa di masa depan sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik, mental, sosial, maupun intelektual generasi yang saat ini masih berada dalam fase kanak-kanak.

Dalam karya tulis, uraian tersebut merupakan bagian …

a.      Tujuan penulisan

b.      Latar belakang

c.       Permasalahan

d.      Kata pengantar

e.      Penutup

18.  Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!

Berdasarkan hasil penelitian daun seledri dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, sakit mata dan reumatik.

Saran yang sesuai sesuai dengan hasil simpulan karya ilmiah tersebut adalah …

a.      Mengonstruksi selederi secara teratur dapat mengakibatkan sakit mata

b.      Hendaknya penderita hipertensi mengonsumsi seledri

c.       Penderita reumatik dilarang mengonsumsi seledri

d.      Tanamlah seledri di halaman rumah jika anda sakit reumatik

e.      Marilah kita menanam seledri dan mengonsumsinya secara teratur

 

Bacalah kutipan karya ilmiah berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20 !

Pengangguran bisa menimbulkan dampak negative, bukan hanya bagi yang menganggur, namun juga bagi masyarakat di sekitarnya. Pengangguran membawa permasalahan ekonomi yang suatu keluarga, dan bisa menyebabkan terganggunya kondisi psikis seseorang.

 

Misalnya, terjadi kekerasan dalam rumahtangga, pencurian dan perampokan akibat masalah ekonomi, rendahnya tingkat kesehatan dan gizi masyarakat, kasus anak-anak terkena busung lapar, serta terjadinya kekacauan sosial dan politik seperti terjadinya demonstrasi dan perebutan kekuasaan.

19.  Kutipan karya ilmiah tersebut berisi tentang …

a.      Definisi pengangguran

b.      Jenis pengangguran

c.       Dampak pengangguran

d.      Cara mengatasi pengangguran

e.      Penyebab pengangguran

20.  Struktur yang membangun teks tersebut adalah…

a.      Latar belakang

b.      Rumusan masalah

c.       Tujuan penelitian

d.      Kajian teori

e.      Kesimpulaan

Jawablah pertnyaan di bawah ini dengan benar!

1.      Apakah manfaat membaca proposal?

Jawab :  Manfaat membaca proposal yaitu menambah wawasan ilmu pengetahuan dan menjadi tahu tentang prosedur pelaksanaan suatu kegiatan.

2.      Sebutkan kata-kata yang menandai pendefinisian?

Jawab : yaitu, merupakan, ialah, yakni

3.      Jelaskan sistematika penulisan karya ilmiah secara umum!

Jawab : Secara umum sistematika penulisan karya ilmiah dapat dibagi dalam dua bagian utama yaitu tubuh dan pelengkap, bagian tubuh antara lain pendahuluan, isi/pembahasan, dan penutup. Bagian pelengkap antara lain judul, kata pengantar, daftar isi dan daftar pustaka.

4.      Tuliskan tiga bagian makalah !

Jawab : Makalah terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, pembahasan, dan simpulan

5.      Tuliskan langkah-langkah menulis karya ilmiah yang baik!

Jawab :

a.      Menentukan topiknya

b.      Buatlah kerangka tulisan karya ilmiah

c.       Kumpulan bahan dari berbagai sumber

d.      Pengembangan kerangka menjadi teks yang utuh dan lengkap


KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

1.     Satuan Pendidikan           : SMA Al Muniroh                                                                                                                                                                            5.    Kurikulum Acuan        : K13

2.     Mata Pelajaran                  : BAHASA INDONESIA                                                                                                                                                                   6.    Alokasi Waktu              : 60 Menit

3.     Jenis Ulangan                    : Penilaian Tengah Semester                                                                                                                                                          7.    Jumlah Soal                   : 20 PG & 5 U

4.     Kelas/Semester                                : XI/Genap                                                                                                                                                                                         8.    Penyusun                       : MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.12 Mengidentifikasi formasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca

 

4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif

 

 

 

 

 

Mengidentifikasi informasi penting dalam proposal kegiatan atau penelitian

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian-bagian penting proposal

PG

1

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian-bagian penting proposal

PG

2

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian-bagian penting proposal

PG

3

Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan

Peserta didik dapat  mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca

PG

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca

PG

5

Peserta didik dapat  mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca

PG

6

Peserta didik dapat  mengidentifikasi kerangka proposal

PG

7

Peserta didik dapat  mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca

PG

8

Peserta didik dapat  mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca

PG

9

Peserta didik dapat  mengidentifikasi isi proposal dari informasi yang dibaca

PG

10

 

 

 

2.

 

3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca

4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi unsur kata pengantar

PG

11

Peserta didik dapat  mengidentifikasi daftar pustaka

PG

12

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Unsur karya ilmiah

PG

13

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Tujuan penyusun karya ilmiah

PG

14

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Struktur karya ilmiah yang dibaca

PG

15

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi penulisan judul karya ilmiah

PG

16

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Struktur karya ilmiah yang dibaca

PG

17

Peserta didik dapat  mengungkapkan informasi berdasarkan isi karya ilmiah

PG

18

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berdasarkan isi karya ilmiah

PG

19

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi berdasarkan isi karya ilmiah

PG

20

Peserta didik dapat  mengidentifikasi manfaat membaca proposal

PG

1

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi kata-kata yang menandai pendefinisian

PG

2

Peserta didik dapat  mengidentifikasi sistematika penulisan karya ilmiah

PG

3

Peserta didik dapat  mengidentifikasi tiga bagian makalah

PG

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi langkah-langkah menulis karya ilmiah

PG

5

Gresik, 14 Maret 2022

 

Penyusun

 

 

 

 

MIFTAKHUL ULUM, S.Pd               

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                               

 

 

 

Post a Comment

0 Comments