KISI-KISI PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMA AL MUNIROH 5. Kurikulum Acuan : K13
2. Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia 6. Alokasi Waktu : 60 Menit
3. Jenis Ulangan : Penilaian Akhir Semester 7. Jumlah Soal : 25 Pilihan Ganda
4. Kelas/Semester : X/Gasal
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI PELAJARAN | INDIKATOR | JENIS SOAL | NOMOR SOAL | BOBOT SOAL |
1 | 3.5 Menganalisis bebagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan hindu dan budha ke Indonesia
4.5 Mengolah informasi tentang proses masuknya agama dan kebudayaan hindu dan budha ke Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan hindu dan budha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. 4.6 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan hindu dan budha yang masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini | -Pengaruh Budaya India
-Teori masuknya kebudayaan hindu - budha
-Pengaruh kebudayaan hindu-budha di Indonesia
-Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha
-Terbentuknya jaringan Nusantara melalui perdagangan - Akulturasi kebudayaan nusantara dan Hindu-Budha | Peserta didik dapat Mengidentifikasi Pengaruh Budaya India | PG | 1 | 4 |
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Pengaruh Budaya India | PG | 2 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Teori masuknya kebudayaan hindu - budha (teori brahmana) | PG | 3 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Teori masuknya kebudayaan hindu - budha (Teori ksatria ) | PG | 4 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Teori masuknya kebudayaan hindu - budha ( teori waisya) | PG | 5 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Teori masuknya kebudayaan hindu - budha (teori sudra) | PG | 6 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Pengaruh kebudayaan hindu-budha di Indonesia | PG | 7 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Pengaruh kebudayaan hindu-budha di Indonesia terhadap sistem kepercayaan | PG | 8 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Pengaruh kebudayaan hindu-budha di Indonesia terhadap sistem pemerintahan | PG | 9 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (kutai) | PG | 10 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (tarumanegara) | PG | 11 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (Kalingga) | PG | 12 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (sriwijaya) | PG | 13 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (mataram Kuno) | PG | 14 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (Kediri) | PG | 15 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (singosari) | PG | 16 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (majapahit) | PG | 17 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (buleleng) | PG | 18 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (tulang bawang) | PG | 19 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Kerajaan-kerajaan masa Hindu-Budha (kota kapur) | PG | 20 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Terbentuknya jaringan Nusantara melalui perdagangan | PG | 21 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Terbentuknya jaringan Nusantara melalui perdagangan | PG | 22 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Akulturasi kebudayaan nusantara dan Hindu-Budha (seni Bangunan) | PG | 23 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Akulturasi kebudayaan nusantara dan Hindu-Budha (Senirupa dan Ukir) | PG | 24 | 4 | |||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi Akulturasi kebudayaan nusantara dan Hindu-Budha (Sistem kepercayaan) | PG | 25 | 4 | |||
Gresik, 20 November 2020
Penyusun
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.
SEJARAH INDONESIA KELAS X
1. Kedatangan bangsa India membawa berbagai pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia, terutama pada masalah perdagangan. Komoditas yang menjadi primadona perdagangan meraka adalah…
a. Gaharu dan kapur barus
b. Kopi dan rempah-rempah
c. Emas dan rempah-rempah
d. Kapur barus dan rempah-rempah
e. Kopra dan kopi
Jawabanya adalah A
2. Pada awal hubungan yang dilakukan Indonesia dengan India dalam bentuk hubungan dagang. Hubungan tersebut kemudian berkembang menjadi hubungan…
a. Persaudaraan
b. Kerjasama dalam bertani
c. Agama dan dagang
d. Agama dan budaya
e. Agama dan kelautan
Jawabanya adalah D
3. Tokoh yang mengemukakan teori brahmana adalah …
a. N.J Krom
b. Von Van Faber
c. F.D K bosch
d. Eugene Dubois
e. J.C van leur
Jawabanya adalah E
4. Menurut teori ksatria zaman dulu di India sering terjadi …
a. Banjir
b. Gempa
c. Wabah
d. Perang
e. Tsunami
Jawabanya adalah D
5. Hubungan yang terjalin pertama kali dengan tiongkok dan India adalah …
a. Dagang
b. Tukar ilmu pengetahuan
c. Senjata perang
d. Strategi perang
e. Pelayaran
Jawabanya adalah A
6. Menurut teori ini kebudayaan Hindu masuk ke Nusantara dibawa oleh …
a. Para saudagar
b. Kau brahmana
c. Kaum ksatria
d. Para kaum sudra
e. Para pemuka agama
Jawabanya adalah D
7. Paham atau aliran baru yang merupakan perpaduan dari beberapa paham untuk mencari keserasian dan keseimbangan adalah …
a. Sinkretisme
b. Animisme
c. Dinamisme
d. Monoteisme
e. Imperialisme
Jawabanya adalah A
8. Sebelum adanya pengaruh Hindu-Budha masuk ke Nusantara, masyarakat lokal telah menganut kepercayaan …
a. Sihir
b. Raja
c. Nenek moyang
d. Zaman azoikum
e. Menyembah matahari
Jawabanya adalah C
9. Pada saat nusanatara belum mengenal kebudayaan hindu-budha, masyarakat lokal telah membentuk sebuah kelompok masyarakat yang dipimpin oleh …
a. Seorang RT
b. Seorang kepala suku
c. Seorang prabu
d. Seorang raja
e. Seorang sultan
Jawabanya adalah B
10. Kerajaan kutai merupakan kerajaan pertama yang ada di …
a. Dunia
b. India
c. Nusantara
d. Jawa
e. Kalimantan
Jawabanya adalah C
11. Kerajaan tarumanegara terletak di …… …jawa barat.
a. cirebon
b. Bandung
c. Bogor
d. Depok
e. bekasi
Jawabanya adalah C
12. Nama lain kerajaan kalingga adalah …
a. Kerajaan sriwijaya
b. Kerajaan holing
c. Kerajaan kutai
d. Kerajaan hindu
e. Kerajaan budha
Jawabanya adalah B
13. Sriwijaya mengadakan ekspansi ke daerah sekitar melayu pada tahun …
a. 697 masehi
b. 696 masehi
c. 694 masehi
d. 693 Masehi
e. 692 Masehi
Jawabanya adalah E
14. Dinasti atau wangsa yang pernah memegang kekuasaan di kerajaan mataram kuno yaitu …
a. wangsa kalingga, wangsa sudra,wangsa wisnu
b. Wangsa sanjaya, wangsa mahabarata, wangsa sudra
c. Wangsa giri, wangsa sudra,wangsa isyana
d. Wangsa Sanjaya, wangsa syailendra, wangsa isyana
e. Wangsa syailendra, wangsa wisnu, wangsa giri
Jawabanya adalah D
15. Nama kota lama yang sudah ditinggalkan airlangga dan kemudian menjadi ibu kota Janggala adalah …
a. Tumapel
b. Balitung
c. Mataram
d. Ganter
e. kahuripan
Jawabanya adalah E
16. Kerajaan singasari didirikan sekitar tahun …
a. 1225
b. 1224
c. 1223
d. 1222
e. 1221
Jawabanya adalah D
17. Dalam catatan sejarah Indonesia kerajaan majapahit merupakan kerajaan ……….. di Nusantara.
a. Terkecil
b. Tertua
c. Terbesar
d. Termuda
e. ternama
Jawabanya adalah C
18. Kerajaan buleleng meruapakan suatu kerajaan yang berada di Bali Utara yang didirikan sekitar pertengahan abad ke …
a. 19
b. 18
c. 17
d. 16
e. 15
Jawabanya adalah C
19. Kerajaan tulang bawang merupakan kerajaan ……….. di nusantara
a. Budha tertua
b. Hindu tertua
c. Islam tertua
d. Nusantara tertua
e. Komunis tertua
Jawabanya adalah B
20. Kerajaan kota kapur merupakan kerajaan pertama yang ada di pulau bangka, terletak di desa …
a. Kota bangka
b. Kota kapur
c. Kota belitung
d. Kota kuno
e. Kota kerajaan
Jawabanya adalah B
21. Pembentukan jaringan Nusantara dipengaruhi oleh …
a. Perdagangan Laut
b. Perdagangan darat
c. Peperangan laut
d. Peperangan antar raja
e. Perdagangan belanda
Jawabanya adalah A
22. Dua kekuatan peradaban besar pada masa perkembangan Hindhu-Budha di nusantara adalah …
a. India-belanda
b. Tiongkok dan India
c. Tiongkok dan portugis
d. Tiongkok dan belanda
e. Belanda dan portugis
Jawabanya adalah B
23. Akulturasi kebudayaan hindu-budha dalam bidang seni bangunan dapat dilihat dari bentuk bangunan …
a. Patung pahlawan
b. Candi
c. Masjid
d. Tugu
e. Makam
Jawabanya adalah B
24. Seni rupa Nusantara yang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan hindu-budha dari India adalah …
a. Seni lukis dan seni musik
b. Seni pahat dan seni patung
c. Seni beladiri dan seni patung
d. Seni tari dan seni pahat
e. Seni tari dan seni musik
Jawabanya adalah B
25. Pada saat budaya Hindu-budha masuk ke Indonesia, masyarakat masih menganut kepercayaan asli yakni …
a. Menyembah matahari
b. Menyembah langit
c. Animisme dan dinamika
d. Animisme dan dinamisme
e. Sihir dan menyembah binatang
Jawabanya adalah D
0 Comments