KISI-KISI PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMA 6. Kurikulum Acuan : K13
2. Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA 7. Alokasi Waktu : 60 Menit
3. Jenis Ulangan : Penilaian Tengah Semester 8. Jumlah Soal : 20 Pilihan Ganda
4. Kelas/Semester : X/Gasal
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI PELAJARAN | INDIKATOR | JENIS SOAL | NOMOR SOAL | BOBOT SOAL | |
1 | 3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulisan 4.1 Memodelkan dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan trigonometri
3.3 Mengidentifikasi (Permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 4.3 Mengembangkan isi (Permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan atau tulis
| - Menginterpretasi laporan hasil observasi - Merevisi laporan Hasil Observsi - Menganalisis Kebahasaan teks laporan hasil Observasi - Mengontruksi teks laporan hasil observasi - Melaporkan Kegiatanya membaca Buku
- Menginterpretasi makna dalam teks eksposisi | Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan teks laporan hasil observasi | PG | 1 | 5 | |
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri teks laporan hasil observasi | PG | 2 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi teks laporan dalam bahasa inggris | PG | 3 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi tema teks laporan hasil observasi | PG | 4 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi Aspek yang dilaporkan teks laporan hasil observasi | PG | 5 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi sifat teks laporan hasil observasi | PG | 6 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan Umum teks laporan hasil observasi | PG | 7 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek kebahasaan pada teks laporan hasil observasi | PG | 8 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan pada teks laporan hasil observasi | PG | 9 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan pada teks laporan hasil observasi | PG | 10 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi mengonstruksi teks laporan hasil observasi | PG | 11 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi mengonstruksi teks laporan hasil observasi | PG | 12 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi resensi buku | PG | 13 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi Karakteristik buku nonfiksi | PG | 14 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi buku laporan | PG | 15 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi buku laporan | PG | 16 | 5 | ||||
Peserta didik dapat Menginterpretasi makna dalam teks eksposisi | PG | 17 | 5 | ||||
Peserta didik dapat membedakan fakta dan opini dalam teks eksposisi | PG | 18 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi macam - macam teks eksposisi | PG | 19 | 5 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi macam - macam teks eksposisi | PG | 20 | 5 |
Gresik, 9 September 2020
Penyusun
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd
SOAL BAHASA INDONESIA KELAS X
1. Yang bukan termasuk tujuan Teks laporan hasil observasi di bawah ini adalah …
a. Untuk memperinci
b. Untuk mengklasifikasi
c. Untuk memberi informasi factual tentang orang
d. Untuk memberi informasi factual tentang hewan,objek atau fenomena
e. Untuk memberi tanggapan
Jawabanya adalah E
2. Perhatikan ciri-ciri teks laporan hasil observasi acak berikut ini.
1. Isi teks bersifat objektif dan tidak memihak
2. Disajikan dalam bentuk yang menarik, tata bahasa yang baik
3. Isi teks harus ditulis secara lengkap dan sempurna
4. Ditulis berdasarkan fakta yang terjadi pada saat pengamatan dilakukan
5. Isi teks tidak mengandung hal-hal yang bersifat penyimpangan
Urutan yang tepat ciri-ciri teks laporan hasil observasi adalah ..
a. 1-2-3-4-5
b. 2-3-4-5-1
c. 1-4-5-2-3
d. 4-5-1-2-3
e. 5-4-3-2-1
Jawabanya adalah C
3. Teks laporan dalam bahasa Inggris disebut …
a. Recount
b. Reabsorb
c. Reacted
d. Report
e. Readied
Jawabanya adalah D
4. Perhatikan teks laporan hasil observasi berikut.
Makhluk di dunia ini ini dibedakan menjadi dua jenis secara umum yakni ( 1 ) makhluk yang hanya bisa bergerak dan berperasaan an serta ( 2 ) makhluk yang bisa bergerak, berprasangka, dan berpikir. klasifikasi ini didasarkan atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia sebagai makhluk yang sempurna di antara makhluk ciptaan tuhan yang lainnya.
Tema teks laporan hasil observasi di atas adalah
a. Keagungan manusia
b. Makhluk ciptaan Tuhan
c. Kesempurnaan Tuhan
d. ciri-ciri manusia
e. makhluk yang berbeda
Jawabanya adalah B
5. Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut.
"Bahan yang digunakan adalah 100 g daun kemangi dan 200 ml air panas. caranya hancurkan daun kemangi, campur kan dengan air panas. dalam air panas, aduk-aduk kemangi sehingga Sarinya keluar. Lalu dinginkan.
Aspek yang dilaporkan pada paragraf diatas adalah..
a. deskripsi bahan dan cara pembuatan
b. deskripsi kemangi
c. Deskripsi bahan pembuatan
d. Deskripsi bahan dan daun kemangi
e. deskripsi daun kemangi dan air panas
Jawabanya adalah A
6. Teks laporan hasil observasi memiliki beberapa sifat. Sifat teks laporan hasil observasi yang benar di bawah ini adalah …
a. Objektif, subjektif, informatif
b. Subjektif, kondusif, persuasif
c. Komunikatif, persuasif, aktif
d. Objektif, informative dan komunikatif
e. Orisinil, aktif, komunikatif
Jawabanya adalah D
7. Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut !
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaanya. Dengan pengelompokkan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Adapun yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
Berikut pernyataan umum pada teks di atas yaitu…
a. Deskripsi tentang pengelompokkan dunia
b. Definisi tentang pengelompokkan benda di dunia
c. Definisi tentang benda hidup dan benda mati
d. Deskripsi tentang benda hidup dan benda mati
e. Deskripsi tentang benda hidup di dunia
Jawabanya adalah B
8. Di bawah ini yang bukan termsuk aspek kebahasaan pada teks laporan hasil observasi adalah…
a. Keefektifan kalimat
b. Menggunakan kata frasa verba dan nomina
c. Menggunakan afiksasi atau imbuhan
d. Menggunakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi
e. Menggunakan kalimat simpleks dan kompleks
Jawabanya adalah A
9. Harimau merupakan hewan pemangsa dan pemakan daging.
Kalimat di atas merupakan kalimat …
a. Simpleks
b. Kompleks
c. Simpleks dan definisi
d. Kompleks dan definisi
e. Komplek dan simpleks
Jawabanya adalah D
10. Sejauh ini samudera adalah bioma tersebar di bumi. Samudera menempati dua pertiga permukaan bumi dan menopang kira-kira 250.000 spesies organisme hidup.
Sinonim kata spesies yang tepat adalah …
a. Varietas
b. Kelas
c. Jenis
d. Suku
e. Klasifikasi
Jawabanya adalah C
11. Perhatikan artikel di bawah ini !
Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rata-rata jantung mempunyai ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. berat jantung sekitar 300 gram.
Dari pernyataan di atas merupakan struktur dari teks laporan yaitu …
a. Pernyataan umum
b. Aspek yang dilaporkan
c. Reaksi
d. Koda
e. Argument
Jawabanya adalah A
12. Perhatikan artikel di bawah ini !
Harimau (panther tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. Kucing besar itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
Dari pernyataan di atas merupakan struktur teks laporan yaitu …
a. Pernyataan umum
b. Aspek yang dilaporkan
c. Reaksi
d. Koda
e. Ejaan
Jawabanya adalah A
13. Identitas buku yang perlu ditulis dalam sebuah resensi adalah berikut ini, kecuali …
a. Jumlah halaman
b. Nama penerbit
c. Judul buku
d. Nama editor
e. Nama pengerang
Jawabanya adalah D
14. Berikut yang tidak termasuk karakteristik buku nonfiksi adalah …
a. Bersifat khayal
b. Bersifat kenyataan
c. Pengembangan tidak terkait dengan kerangka dasarnya
d. Penyampaian materi disajikan secara popular
e. Penyajian materi dapat berbentuk deskripsi
Jawabanya adalah A
15. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15 dan 16
Apakah anda tahu cabang-cabang olahraga yang termasuk atletik? Jika anda belum mengetahuinya, anda dapat membaca buku ini. Buku ini berisi tentang cabang-cabang olahraga yang termasuk atletik. Cabang-cabang atletik yang dibahas adalah lari, lompat jauh, lompat tinggi, lempar lembing, dan tolak peluru.
Buku ini dapat dijadikan sebagai tambahan selain buku pelajaran di sekolah. Pembaca yang ingin mendalami dan meningkatkan bakatnya dalam bidang olahraga atletik juga dapat menggunakan buku ini sebagai pedoman latihan.
Buku laporan di atas berisi …
a. Olahraga lari, lompat jauh, lompat tinggi
b. Olahraga kegemaranku
c. Cabang-cabang olahraga atletik
d. Macam-macam olahraga
e. Jenis olahraga
Jawabanya adalah C
16. Berikut manfaat yang diperoleh setelah membaca buku tersebut, kecuali…
a. Mengetahui cabang-cabang olahraga atletik
b. Mengetahui cara-cara bermain cabang-cabang olahraga atletik
c. Mengetahui teknik latihan olahraga atletik
d. Menjadi olahragawan cabang atletik
e. Mengetahui lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga
Jawabanya adalah D
17. Teks yang digunakan untuk memaparkan dan menjelaskan suatu informasi disebut…
a. Teks eksplanasi
b. Teks eksposisi
c. Teks prosedur
d. Teks cerita
e. Teks upacara
Jawabanya adalah B
18. Suatu informasi yang bersifat nyata atau benar-benar terjadi disebut…
a. Hayalan
b. Opini
c. Fakta
d. Argument
e. Ulasan
Jawabanya adalah C
19. Perhatikan teks berikut.
Coba bayangkan hidup seseorang yang tinggal di jalanan dan hidup di bawah jembatan, yang tinggal di tempat yang tidak layak dianggap tempat tinggal. Begitu pilu, jika kita diposisi tersebut.
Paragraf di atas merupakan kalimat paragraph eksposisi…
a. Laporan
b. Ilustrasi
c. Perbandingan
d. Definisi
e. Proses
Jawabanya adalah B
20. Bacalah penggalan teks eksposisi tersebut.
Energen, nutrisi empat sehat lima sempurna dapat disajikan dengan mudah. Tuangkan energen ke dalam gelas. Tambahkan 150 ml air hangat dan aduk hingga merata. Energen hangat siap dihidangkan.
Teks eksposisi di atas termasuk ke dalam jenis teks eksposisi …
a. Laporan
b. Ilustrasi
c. Perbandingan
d. Definisi
e. Proses
Jawabanya adalah E
SOAL BAHASA INDONESIA KELAS XI
1. Teks yang berisi tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan disebut…
a. Teks wawancara
b. Teks eksplanasi
c. Teks prosedur
d. Teks upacara
e. Teks pidato
Jawabanya adalah C
2. Membantu melakukan atau membuat sesuatu dengan cepat adalah ………. teks Prosedur.
a. Tujuan
b. Pengertian
c. Informasi
d. Maksud
e. Identitas
Jawabanya adalah A
3. Menurut artinya kalimat imperatif adalah kalimat…
a. Berisi pernyataan
b. Mengandung perintah
c. Berisi pertanyaan
d. Untuk meminta/melarang seseorang
e. Untuk memberikan informasi
Jawabanya adalah B
4. Apabila syarat-syarat atau langkah-langkah dalam teks prosedur diubah urutanya maka …
a. Tujuan tercapai
b. Hasil yang diinginkan terpenuhi
c. Tujuan yang ingin dicapai gagal
d. Tidak memengaruhi hasil akhir
e. Langkah-langkahnya berubah
Jawabanya adalah C
5. Cara mencapai tujuan dalam teks prosedur adalah ….
a. Mengikuti langkah-langkah secara berurutan
b. Mengubah urutan langkah-langkah
c. Mengikuti langkah tidak sampai selesai
d. Membuat langkah baru
e. Membuat tujuan baru
Jawabanya adalah A
6. Contoh kalimat deklaratif adalah …
a. Apakah anda mengenali petugas?
b. Siapakah yang menerima atau menolak tuduhan?
c. Pengendara menerima atau menolak tuduhan
d. Apa yang polisi lakukan?
e. Mengapa kupu-kupu bisa terbang ?
Jawabanya adalah C
7. Syarat-syarat dan pilihan-pilihan pada teks prosedur diungkapkan dengan konjungsi yang sama yaitu …
a. Jika, apabila, dan seandainya
b. Jika, walaupun, dan apabila
c. Jika, walaupun, dan meskipun
d. Walaupun, meskipun, dan misal
e. Walaupun, meskipun dan jikalau
Jawaban adalah A
8. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya…
a. Verba material
b. Konjungsi
c. Verba tindakan
d. Verba herbal
e. Verba tingkah laku
Jawabanya adalah C
9. Cermati teks berikut!
Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan,
pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau
remukan es.
Pernyataan di atas adalah tahap kegiatan yang disebut…
a. Pembersihan
b. Pengelompokan
c. Pengemasan
d. Penyimpanan
e. Pemasaran
Jawabanya adalah D
10. Bacalah Teks berikut!
Tanaman terung memerlukan air cukup banyak. Namun demikian, tanaman ini tidak suka dengan
tanah yang becek. Jika menanam terung dalam pot harus diperhatikan agar media yang tinggi.
sebaiknya media tanam dicampur pasir atau sekam.
Kutipan tersebut membahas tentang…
a. Tanaman terung
b. Manfaat pasir dan sekam
c. Media tanam terung dalam pot
d. Media tanah yang disukai tanaman terung
e. Tanaman terung banyak menyerap air
Jawabanya adalah C
11. Perhatikan paragraf berikut dengan cermat!
Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap diperhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadian pemiliknya. Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas.
Kutipan di atas menginformasikan tentang…
a. Manfaat status di media sosial
b. Status adalah gambaran pribadi pemiliknya
c. Status adalah riwayat hidup pemiliknya
d. Cara menjaga status di media sosial agar berkualitas
e. Status harus meningkatkan kualitas pemiliknya
Jawabanya adalah A
12. Buku yang berisikan kejadian sebenarnya yang disampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulis
adalah…
a. Buku tulis
b. Buku harian
c. Pembukuan
d. Buku nonfiksi
e. Buku fiksi
Jawabanya adala D
13. Di bawah ini yang bukan termasuk contoh buku nonfiksi adalah …
a. Buku gambar
b. Buku paket
c. Buku pelajaran
d. Biografi
e. Laporan ilmiah
Jawabanya adalah A
14. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan..
a. Opini
b. Pendapat
c. Pandangan seseorang
d. Kehidupan seorang tokoh
e. Sehari-hari
Jawabanya adalah E
15. Setiap pembaca diberi kebebasan untuk menikmati setiap karya, baik buku fiksi maupun nonfiksi yang disesuaikan dengan …
a. Hobi dan kebutuhan
b. Kebutuhan
c. Hobi
d. Peluang
e. Kenyataan
Jawabanya adalah A
16. Teks yang berisi penjelasan-penjelasan tentang proses dari suatu topik disebut…
a. Teks prosedur
b. Teks eksplanasi
c. Teks prosedur kompleks
d. Teks berita
e. Teks naskah
Jawabanya adalah B
17. Perbedaan teks eksplanasi dengan teks lain terletak pada…
a. Membantu seseorag menemukan proses
b. Setidaknya ada proses yang jelas
c. Mempunyai struktur yang semuanya beda
d. Banyaknya proses dan banyak kata
e. Menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa
Jawabaya adalah C
18. Karakteristik atau ciri dari teka eksplanasi adalah…
a. Isi memuat fakta
b. Muatanya didasarkan pada penadapat/opini
c. Adanya langkah prosedur
d. Memuat unsur kekonyolan
e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya
Jawabanya adalah B
19. Di dalam teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena sebagai berikut, kecuali fenomena…
a. Alam
b. Sosial
c. Ekonomi
d. Kekayaan artis
e. Pendidikn
Jawabanya adalah D
20. Berikut yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah…
a. Kesimpulan/intisari dari gagasan yang dibahas
b. Konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
c. Pernyataan tentang topik yang sedang dibahas
d. Informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik
e. Generalisasi tentang topik yang sedang dibahas
Jawabanya adalah A
1 Comments
sangat membantu ada kisi-kisi dan kartu soal bahasa inggris kelas X dan XI
ReplyDelete