KISI-KISI
Sataun
Pendidikan : SMA
Jumlah
Soal : PG 20 Butir & 5 Butir
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Jenis
Penilaian : Pilihan Ganda & Uraian
Kelas/Semester : X/Ganjil
Penyusun : Khasifatus Samsiyah,
S.S
Kurikulum
Acuan : K13
Instansi : SMA AL MUNIROH
KOMPETENSI INTI/
KOMPETENSI DASAR
|
RUANG LINGKUP MATERI
|
SPESIFIKASI /
INDIKATOR
|
Bentuk Soal
|
Nomor soal
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
Isi
pokok laporan hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
hal yang dilaporkan;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
maksud
isi teks (tersirat dan tersurat).
|
Siswa dapat mengidentifikasikan isi
teks laporan hasil observasi
|
PG
URAIAN
|
1, 2,4, 17, 19
1,
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari
minimal dua teks laporan hasil observasi
|
Isi
pokok teks laporan hasil observasi:
·
pernyataan
umum;
·
deskripsi
bagian;
·
deskripsi
manfaat; dan
·
kebahasaan
(kalimat definisi, kata sifat).
|
Siswa dapat menganalisis kebahasaan
teks laoran hasil observasi
|
PG
URAIAN
|
3, 18, 20
2
|
3.5
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
Isi teks anekdot:
·
peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·
peritiwa/tokoh yang perlu
dikritisi, sindiran, humor, dan
penyebab kelucuan
|
Siswa dapat mengetahui ciri,
struktur, dan makna teks anekdot
|
PG
Uraian
|
6,7,8,9,12,
13, 16
3,5
|
3.6 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks anekdot.
|
·
Isi anekdot
·
Peristiwa/sosok yang berkaitan
dengan kepentingan publik.
·
Sindiran.
·
Unsur humor.
·
Kata dan Frasa idiomatis
·
.
|
Siswa dapat mengetahui kebahasaan
dalam teks anekdot
|
PG
Uraian
|
14, 15,
4
|
Gresik, 17
september 2019
Penyusun,
.............................
1.
Observasi dapat dilakukan secara langsung yaitu
dengan cara….
a.
Melihat
b.
Membaca
c.
Mendengarkan informasi
d.
Membaca berita
e.
Mendapatkan berita
2.
Berikut ini yang merupakan struktur observasi
adalah….
a.
Abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda
b.
Pernyataan pendapat umum, argumentasi, dan
penegasan ulang pendapat.
c.
Pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan.
d.
Pernyataan definisis dan pernyataan umum.
e.
Tujuan, langkah-langkah dan penutup.
3.
Bacalah kutipan teks observasi berikut!
(1)
Setelah dingin, kembali peras-peras daun
kemangi. (2) Saring dan simpan air sari kemangi di dalam botol. (3) Agar lebih
awet simpan dalam kulkas. (4) Gunakan dengan bantuan kapas dan oleskan ke
seluruh wajah sebelum tidur. (5) biarkan
hingga keesok paginya.
Kalimat simplek yang terdapat pada paragraph di atas adalah….
a.
1 dan 2 d.
1,3, dan 5
b.
2 dan 3 e.
2 dan 4
c.
3,4, dan 5
4.
Perhatikan kutipan teks observasi berikut!
D’topeng
Museum Angkut
D’topeng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kota Batu, Jawa
Timur. Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena
kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama. Tempat wisata ini seringkali
disebut pula sebagai museum topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai
model dan bentuk. Namun, D’topeng tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi
pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik. Topeng, barang tradisional,
dan barang antik dalam museum ini dapat dikelompokkan menjadi lima jenis
berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu berbahan kayu, batu, logam, kain, dan
keramik.
Teks lapotran diatas merupakan pernyataan umum atau…
a.
Deskripsi d.
sebab-akibat
b.
Definisi e.
contoh
c.
Klasifikasi
5.
Kata yang tercetak tebal “barang antik” pada
teks di atas mempunyai makna…
a.
Lama d.
kolot
b.
Sacral e.
tua dan menarik
c.
Monumental
6.
Berikut adalah ciri-ciri anekdot, kecuali
a.
Cerita lucu yang mengandung sindiran.
b.
Menceritakan orang-orang terkenal
c.
Cerita yang tujuannya untuk menghibur
d.
Bersadarkan kejadian nyata
e.
Digunakan untuk menyampaikan kritik
7.
Berikut adalah struktur anekdot, kecuali….
a.
Abtraksi
b.
Koda
c.
Reinkarnasi
d.
Reaksi
e.
Orientasi
8.
Kelucuan yang timbul pada teks anekdot
disebabkan oleh….
a.
Tingkah tokoh-tokoh cerita
b.
Bahasa yang singkat tetapi mengena
c.
Ekpresi tokoh-tokoh cerita
d.
Ledekan dari dialog tokoh
e.
Guyonan dari tokoh-tokoh cerita
9.
Yang membedakan anekdot dengan humor yaitu…
a.
Unsur kelucuan
b.
Unsur hiburannya
c.
Anekdot mengandung makna tersirat
d.
Makna tersirat pada teks humor
e.
Sindirannya
10.
Bacalah kutipan anekdot berikut!
Dosen yang juga
menjadi Pejabat
Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa
sedang berbincang-bincang.
Tono : “Saya heran dosen ilmu politik, kalau
mengajar selalu duduk,
tidak pernah mau
berdiri.”
Udin : “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.”
Tono : “Ya, Udin tahu sebabnya.”
Udin : “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya
tidak kuat berdiri.”
Tono : “Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia juga
seorang pejabat.”
Udin : “Loh, apa hubungannya.”
Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya
diduduki orang lain.”
Udin : “???”
Kata yang ditulis miring berikut merupakan struktur anekdot berupa!
Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa
sedang berbincang-bincang.
a.
Abtraksi c.
Reaks
b.
Orientasi e.
koda
c.
Krisis
11.
Kutipan dialog berikut merupakan struktur
anekdot berupa……
Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya
diduduki orang lain.”
Udin : “???”
a.
Abtraksi c.
Reaksi
b.
Orientasi e.
koda
c.
Krisis
12.
Tono
: “Bukan itu sebabnya, Din.
Sebab dia juga seorang pejabat.”
Dialog tersebut di atas merupakan srtuktur anekdot berpa….
a.
Abtraksi c.
Reaksi
b.
Orientasi e.
koda
c.
Krisis
13.
Sindiran yang ingin dikemukanan dari anekdot di
atas adalah…
a.
Pejabat yang ketakutan dilengserkan dari
jabatannya.
b.
Ketakutan orang kehilangan kursinya.
c.
Ketakutan pejabat turun pangkat.
d.
Dosen yang suka mengajar dengan gaya duduk.
e.
Dosen yang mengajar dengan duduk karena sakit.
14.
Berikut kalimat yang menyatakan perintah adalah…
a.
“Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa.”
b.
Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa
penuntut umum menyerang saksi.
c.
Akhirnya, hakim berkata,
d.
Saksi menatapkeluar jendela seolah-olah tidak mendengarpertanyaan.
e.
“Oh, maaf.”
15.
Kalimat yang menyatakan hubungan waktu adalah…
a.
Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa.”
b.
Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa
penuntut umum menyerang saksi.
c.
Akhirnya, hakim berkata, “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa.”
d.
Saksi menatapkeluar jendela seolah-olah tidak mendengarpertanyaan.
e.
“Oh, maaf.”
16.
Berikut citi-ciri kebahasaan teks anekdot kecuali….
a.
menggunakan kalimat yang menyatakan masa lalu;
b.
menggunakan kalimat retoris;
c.
Menggunakan peribahasa
d.
menggunakan kata kerja aksi; dan
e.
menggunakan kalimat seru.
17.
Teks anekdot dapat sajikan dalam bentuk-bentuk berikut,
kecuali….
a.
Dialog d.
puisi
b.
Drama e.
lisan
c.
Narasi
18.
Ada beragam jenis topeng di museum ini.
Topeng-topeng tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan bahan
dasarnya, yaitu yang berbahan dasar kayu dan batu. Topeng berbahan kayu.
Kalimat di atas merupakan kalimat….
a.
Kalimat aktif d.
kalimat deskripsi
b.
Kalimat pasif e.
kalimat sederhana
c.
Kalimat definisi
19.
Berikut yang merupakan kalimat definisi adalah….
a.
Wayang golek adalah wayang yang menggunakan
boneka kayu sebagai pemeran tokoh.
b.
Wayang ini terbuatdari kulit kerbau yang
ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan.
c.
Wayang purwa terdiriatas beberapa gaya.
d.
Wayang topeng dimainkanoleh orang yang
menggunakan topeng.
e.
Selain wayang golek Sunda yang terbuatdari kayu
ada juga wayang menak
20.
Berikut adalah kaidah kebahasaan teks laporan
hasil observasi, kecuali….
a.
Penggunaan kata / frasa
b.
Pembentukan nomina dan verba
c.
Penggunaan kalimat definisisi dan deskripsi
d.
Kaliamat simplek dan kalimat kompleks
e.
Kalimat perlawanan.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
|
1.
Kemukakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi
dari teks di atas!
2.
Kemukakan kalimat simplek dan kalimat kompleks
dari teks di atas!
3.
Kemukakan perbedaan humor dan anekdot!
4.
Sebutkan kebahasaan yang sering kali digunakan
dalam anekdot!
5.
Kemukakan fungsi anekdot!
Jawaban soal pilihan ganda
|
JAWABAN
|
|
JAWABAN
|
1.
|
A
|
11
|
E
|
2.
|
C
|
12
|
C
|
3.
|
D
|
13
|
A
|
4
|
B
|
14
|
A
|
5
|
A
|
15
|
B
|
6
|
C
|
16
|
C
|
7
|
C
|
17
|
E
|
8
|
B
|
18
|
D
|
9
|
E
|
19
|
A
|
10
|
A
|
20
|
E
|
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-revisi-2019_77.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_61.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/perangkat-pembelajaran-k13-2019-rpp_38.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-x-2019.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-qurdist-xi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sd-2019-plh-vi.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sma-2019-sosiologi-x.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-sekolah-sma-2019-pjok.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-pts-ekonomi-kelas-x-semester-ii.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/soal-ujian-pts-kimia-x-semester-gasal.html
https://bangsoal86.blogspot.com/2019/10/kisi-kisi-pts-2019-matematika-xi.html
.
.
0 Comments