1.
Secara
garis besar periodesasi sejarah kebudayaan islam dibagi menjadi tiga garis
besar. Periode abad modern di awali pada tahun…
a.
650
M
b.
1250
M
c.
1703
M
d.
1800
M
e.
1907
M
2.
Puncak
kejayaan dunia islam di gambarkan pada masa periode klasik yang di tandai
dengan ciri…
a.
Ulama
pada periode ini menerima saja karya-karya ulama periode klasik
b.
Ilmu
dari dunia barat ke dunia islam tidak dikenali sebagai warisan umat islam
c.
Umat
islam mengembangkan ilmu agama dengan berijtihad dan mengembangkan sains
d.
Banyaknya
ulama yang bergantung kepada penguasa untuk menjadi pegawainya
e.
Pada
periode ini banyak ulama yang masih setia mengikuti (bertklid) pada ulama
klasik
3.
Salah
satu upaya untuk bangkit dari keterpurukan yang dialami oleh umat Islam
dilakukan dengan usaha yang dalam Bahasa arab dikenal dengan istilah…
a.
Jihad
b.
Ijtihad
c.
Taklid
d.
Tajdid
e.
Jadid
4.
Pada
abad ke-17 islam mengalami kemundurun sejak orang eropa berhasil menguasai
negara islam. Salah satu contoh berhasilnya orang eropa yang menguasai dunia
islam adalah…
a.
Napoleon
Bonaparte menguasai Mesir
b.
De
Rochefart menduduki Istambul
c.
Com
De Bonneval menaklukan Turki
d.
Vasco
Da Gama menjajah India
e.
Christoper
Columbus menjajah Amerika
5.
Berikut
salah satu pokok pemikiran Muhammad Abdul Wahab adalah…
a.
Memerangi
ajaran tauhid
b.
Mengurangi
gerakan-gerakan islam
c.
Menggempur
benteng lawan
d.
Menambah
pasukan perang
e.
Meminta
syafaat kepada selain Allah juga perbuatan musyrik
6.
Tokoh
yang mempunyai keyakinan bahwa manusia bebas berkehendak dan berbuat sesuai dengan
sunnatullah yang tidak berubah adalah…
a.
Sayyid
Ahmad Khan
b.
Muhammad
Iqbal
c.
Muhammad
Abdul Wahab
d.
Sultan
Mahmud II
e.
Toha
Husein
7.
Pemikiran
Namik Kemal banyak dipengaruhi oleh pemikiran satrawan yang pernah belajar di
Prancis, yaitu…
a.
Abdul
Aziz
b.
Ibrahim
Sinasi
c.
Umar
Kayam
d.
Ibnu
Khaldum
e.
Ibnu
Rusyd
8.
Kekuasaan
negara harus dibatasi oleh konstitusi yang telah dibuat oleh negara yang
bersangkutan. Merupakan ide pembaharuan dari…
a.
Muhammad
Abduh
b.
Muhammad
Ali
c.
Syah
Waliyullah
d.
Muhammad
Ali Pasya
e.
Jamaluddin
Al-Afghani
9.
Raja
yang menjadi pelopor pembaharuan islam di kerajaan Utsmani adalah…
a.
Sultan
Mahmud II
b.
Al-Tahtawi
c.
Muhammad
Ali Pasya
d.
Jamaluddin
Al-Afghani
e.
Syah
Waliyullah
10. The Development of Metaphyscs I Persia, merupakan sebuah penelitian oleh tokoh
muslim berupa…
a.
Terjemah
qur’ani
b.
Tafsir
alqur’an
c.
Kliping
d.
Tesis
e.
Kitab
hadis
11. Berikut merupakan pemikiran Muhammad
Iqbal, kecuali…
a.
Ijtihad
mempunyai kedudukan penting dalam pembaharuan islam
b.
Kemunduran
umat islam disebabkan oleh kebekuan dan kejumudan dalam berpikir
c.
Umat
islam perlu mengembangkan sikap dinamisme
d.
Hukum
islam tidak bersikap dinamis
e.
Hukum
islam tidak bersifat statis
12. The founding father of Pakistan adalah sebutan untuk…
a.
Sayid
Qutub
b.
Toha
Husein
c.
Yusuf
Al-Qardawi
d.
Muhammad
Iqbal
e.
Muhammad
Abduh
13. Tokoh pembaharu yang mendapatkan gelar
ph.D dalam bidang tassawuf adalah…
a.
Toha
Husein
b.
Bartholomeus
Diaz
c.
Muhammad
abdul wahab
d.
Laksamana
Cheng Ho
e.
Muhammad
Iqbal
14. Rasyid Ridla adalah murid…
a.
Toha
Husein
b.
Muhammad
bin Abdul Wahab
c.
Jamaluddin
Al-Afghani
d.
Namik
Kemal
e.
Muhammad
Iqbal
15. Dilihat dari jalur sanadnya, tokoh yang
berasal dari keturunan Husein, cucu Nabi Muhammad saw. Melalui Fatimah dan Ali
adalah…
a.
Toha
Husein
b.
Muhammad
bin Abdul Wahab
c.
Sultan
Mahmud II
d.
Sayyid
Akhmad Khan
e.
Muhammad
Iqbal
16. Aliran wahabiyah dicetuskan oleh…
a.
Syah
Waliyullah
b.
Muhammad
Ali Pasya
c.
Muhammad
bin Abdul Wahab
d.
Jamaluddin
Al-Afghani
e.
Al-Tahtawi
17. The founding father of Pakistan artinya…
a. Bapak pendiri Pakistan
b. Presiden Pakistan
c. Pemerintahan Pakistan
d. Gubernur pendiri Pakistan
e. Walikota pendiri Pakistan
18. Salah satu Universitas yang menjadi
tempat belajar para tokoh pembaharuan islam adalah…
a.
Al
Cairo Univercity
b.
Al
Azhar
c.
Universita
Indonesia
d.
Universitas
Bagdad
e.
Al
Azhar Syifa Budi
19. Salah satu tokoh pembaharu islam modern,
kecuali…
a.
Syah
Waliyullah
b.
Hidayat
nur Wakhid
c.
Muhammad
Ali Pasya
d.
Namik
Kemal
e.
Al-Tahtawi
20. Tokoh pembaharu islam yang lahir di Delhi
pada tanggal 21 Februari 1703 M adalah..
a.
Muhammad
Ali Pasya
b.
Muhammad
Iqbal
c.
Jamaluddin
Al-Afghani
d.
Syah
Waliyullah
e.
Muhammmad
Rasyid Rida
21. Pemikiran Muhammad Rasyid Ridha banyak
dipengaruhi oleh ide-ide dari…
a.
Jamaluddin
Al-Afghani
b.
Muhammad
Iqbal
c.
Muhammad
Abdul Whab
d.
Toha
Husein
e.
Yusuf
Al-Qardawi
22. Dibawah ini, ide pembaharuan Muhammad
Rasyid Ridha yang terangkum dalam majalah Al-Manar, kecuali…
a.
Pembaharuan
bidang agama
b.
Pengembangan
faham fatalisme
c.
Pembaharuan
bidang ekonomi
d.
Pembaharuan
bidang social
e.
Memurnikan
tauhid umat islam
23. Gagasan pembaharuan Muhammad Ali Pasya
yang inovatif dalam pendidikan adalah…
a.
Merombak
lembaga-lembaga tradisional
b.
Mengubah
struktur kurikulum lembaga tradisional
c.
Membangun
lembaga pendidikan modern sendiri
d.
Menerapkan
system menghafal Al-qur’an dan Al-hadis
e.
Bekerja
sama dengan pendidikan modern luar negeri
24. “syariat harus diartikan sesuai dengan
perkembangan modern” merupakan
salah satu pokok pemikiran…
a.
Jamaluddin
Al-Afghani
b.
Muhammad
Abduh
c.
Muhammad
Rasyid Rida
d.
Rifa’ah
Baidawi Rafi’ Al-tahtawi
e.
Muhammad
Ali Pasya
25. Inggris mampu menguasai india dengan
menaklukan kerajaan…
a.
Turki
Usmani
b.
Saljuk
c.
Delhi
d.
Agra
e.
Mughal
26. Irak merdeka secara formal dari
penjajahan inggris tahun 1932 M, tetapi sebenarnya baru benar-benar merdeka
tahu…
a.
1958
M
b.
1957
M
c.
1956
M
d.
1955
M
e.
1954
M
27. Syira dan Libanon merdeka dari penjajahan
Prancis tahun…
a.
1945
M
b.
1946
M
c.
1947
M
d.
1948
M
e.
1949
M
28. Salah satu negara islam yang berhasil
dikuasai negara Prancis adalah…
a.
Yaman
b.
Suriah
c.
Mesir
d.
Iran
e.
Afghanistan
29. Pada tahun 1720 M, Celebi mehmed diangkat
menjadi duta di negara…
a.
Yunani
b.
Kordova
c.
Prancis
d.
Irak
e.
Spanyol
30. Perilaku yang bukan mencerminkan penghayatan
perkembangan sejarah pembaharuan islam adalah……
a.
Memiliki
semangat untuk mengadakan pembaharuan agama sesuai kemampuan
b.
Bersikap
demokratis dalam penyelesaian urusan bersama
c.
Ikut andil
serta aktif dalam upaya menumbuhkan solidaritas
d.
Mencintai persatuan umat dan tidak ikut aktif dalam mengupayakan
terwujudnya persatuan umat
Berupaya
untuk meningkatkan diri dalam pengalaman ajaran islam sesuai pengetahuan yang
di miliki
31. Abad 17 Turki Usmani mengalami kemunduran
sedangkan Eropa mengalami kemajuan peristiwa tersebut diawali dengan…
a. Munculnya tokoh baru yaitu Muhammad bin Abdul
Wahab
b. Kesadaran bahwa di barat telah timbul
peradaban baru
c. Diangkatnya Celebi Mehmed sebagai duta Paris
d. Terpukul mundurnya tentara Usmani ketika
dikirim untuk menguasai Wina
e. Umat islam yang masih berpegang teguh pada
taqlid
32. Tokoh pembaharu islam yang menekankan
perbedaan modernisasi dan pembaratan adalah..
a.
Muhammad
Abduh
b.
Toha Husein
c.
Jamaluddin
Al Afghani
d.
Sir Muhammad
Iqbal
e.
Yusuf Al
Qardawi
33. Ibrahim Mutafarrika mencetuskan pemikiran dan
usaha pembaharuan di bidang……
a.
Nonmiliter
b.
Akademik
c.
Kemiliteran
modern
d.
Ilmiah
e.
Pertahanan
34. Sekolah teknik militer untuk pertama kalinya
di buka pada masa pemerintah Usmani tahun…..
a.
1734
b.
1735
c.
1735
d.
1736
e.
1737
35. Beberapa faham wahabiyah yang tidak selaras
dengan faham asy-ariyah berikut ini kecuali….
a.
Tidak
percaya qadla qadar adalah kekufuran
b.
Minta
syafaat kepada selain Allah adalah perbuatan syirik
c.
Memperoleh
pengetahuan selain al-qur’an, hadis dan qiyas merupakan kekufuran
d.
Menyebut
nama Nabi, Syekh, atau malaikat sebagai pengantar doa adalah kekufuran
e. Menafsirkan al qur’an dengan takwil bebas
termasuk kekufuran
II. Jawablah pertanyaan dibawah dengan singkat dan
tepat
1. Bagaimanakah
akibat jatuhnya mesir ke tangan Barat?
2. Apakah tujuan dalam pembaharuan islam yang
timbul pada periode sejarah islam?
3. Jelaskan pembaharuan islam pada masa periode
modern!
4. Sebutkan 3 gagasan pembaruan Muhammad Rasyid
Rida?
5. Apa arti Taklid, Jumud, dan Ijtihad?
I.
Soal Pilihan Ganda ( Bobot 60 % )
1
|
D
|
|
11
|
D
|
|
21
|
A
|
|
31
|
D
|
2
|
C
|
12
|
D
|
22
|
B
|
32
|
E
|
|||
3
|
D
|
13
|
E
|
23
|
C
|
33
|
A
|
|||
4
|
A
|
14
|
B
|
24
|
D
|
34
|
A
|
|||
5
|
E
|
15
|
D
|
25
|
E
|
35
|
A
|
|||
6
|
A
|
16
|
C
|
26
|
A
|
36
|
|
|||
7
|
B
|
17
|
A
|
27
|
B
|
37
|
|
|||
8
|
A
|
18
|
B
|
28
|
B
|
38
|
|
|||
9
|
A
|
19
|
B
|
29
|
C
|
39
|
|
|||
10
|
D
|
20
|
D
|
30
|
D
|
40
|
|
|
II. Soal Uraian
SOAL NOMOR : 1
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Jatuhnya mesir ke tangan
barat menyadarkan umat islam bahwa dibarat telah timbul peradaban barat yang lebih tinggi dan merupakan ancaman
bagi islam
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
8
|
SOAL NOMOR : 2
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Pembaruan islam yang timbul pada periode sejarah islam mempunyai tujuan
yakni membawa umat islam pada kemajuan baik dalam ilmu pengetahuan maupun
kebudayaan
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
8
|
SOAL NOMOR : 3
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Jatuhnya turki usmani disebabkan oleh kemajuan teknologi barat
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
8
|
SOAL NOMOR : 4
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
1. Sikap aktif dan dinamis dikalangan umat
islam harus ditumbuhkan
2. Umat islam harus meninggalkan sikap dan
pemikiran kaum jabariyah
3. Akal dapat dipergunakan untuk
menafsirkan ayat dan hadis tanpa meninggalkan prinsip umum
4. Umat islam menguasai sains dan
teknologi jika ingin maju
5. Kemunduran umat islam disebabkan
banyaknya unsur bid’ah dan khurafat yang masuk ke dalam ajaran islam
6. Kebahagiaan dunia akherat diperoleh
melalui hokum yang diciptakan allah swt
7. Perlu menghidupkan kembali system
pemerintahan khalifah
8. Khalifah adalah penguasa diseluruh
dunia islam yang mengurusi bidang agama dan politik
9. Khalifah haruslah seorang mujtahid
besar dengan bantuan para ulama dalam menerapkan prinsip hokum islam sesuai
dengan tuntutan zaman
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
8
|
SOAL NOMOR : 5
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Taklid adalah mengikuti pendapat
orang lain tanpa mengetahui sumber atau alasannya.
Jumud adalah sikap batin yang menjadikan pandangan terpaku pada
sesuatu disertai upaya keras mempertahankannya kendati perubahan dibutuhkan.
Ijtihad adalah sebuah usaha yang sungguh-sungguh, yang
sebenarnya bisa dilaksanakan oleh siapa saja yang sudah berusaha mencari ilmu
untuk memutuskan suatu perkara yang tidak dibahas dalam Al Quran maupun hadis
dengan syarat menggunakan akal sehat dan pertimbangan matang.
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
8
|
0 Comments