KISI-KISI PENULISAN SOAL SEJARAH
(PEMINATAN)
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
SMA AL MUNIROH UJUNGPANGKAH GRESIK
TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018
Mata Pelajaran :
Sejarah (Peminatan)
Penyusun Kisi-kisi : UBAIDILLAH,
S.Sos., M.Pd
Kelas / Program : X /
IIS
Jumlah / Bentuk Soal : 25 PG
Kurikulu : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu : 60
Menit
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
NO.
SOAL
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (goton g royong,
kerjasama, toleran, damai), san tun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbaga i permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif de ngan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose dural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya , dan
humaniora dengan wawasan k emanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perada ban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang ka jian yang spesifik sesuai dengan bakat d an minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait de ngan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu men ggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan .
|
·
3.1 Menganalisis keterkaitan konsep
manusia hidup dalam ruang dan waktu
·
3.2 Menganalisis konsep manusia hidup
dalam perubahan dan keberlanjutan
·
3.3 Menganalisis keterkaitan peristiwa
sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini
·
3.4 Menganalisis
ilmu sejarah
·
3.5 Menganalisis cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa- peristiwa sejarah.
·
3.6 Menganalisis
berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
·
3.7 Menganalisis
langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah
·
3.8 Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern
·
4.1 Menyajikan hasil kajian tentang
konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.
·
4.2 Menyajikan hasil telaah tentang
konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai
bentuk komunikasi.
·
4.3 Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai
keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.
·
4.4 Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa- peristiwa yang dipelajarinya, dalam
berbagai bentuk presentasi.
·
4.5 Menyajikan
hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk
presentasi.
·
4.6 Menyajikan
hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk
presentasi.
·
4.7 Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan
menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.
·
4.8 Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber yag ditentukan guru, dalam
berbagai bentuk presentasi.
|
·
Manusia dan Sejarah
·
Sejarah Sebagai Ilmu
·
Berpikir Sejarah
·
Sumber Sejarah
·
Penelitian dan Penulisan Sejarah
·
Historiografi
·
Manusia dan Sejarah
·
Sejarah Sebagai Ilmu
·
Berpikir Sejarah
·
Sumber Sejarah
·
Penelitian dan Penulisan Sejarah
·
Historiografi
·
Manusia dan Sejarah
·
Sejarah Sebagai Ilmu
·
Berpikir Sejarah
·
Sumber Sejarah
·
Penelitian dan Penulisan Sejarah
·
Historiografi
|
·
Siswa dapat mengidentifikasi Pengaruh perkembangan
sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi peran manusia dalam
sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi eksistensi sejarah
dalam kemunculannya
·
Siswa dapat mengidentifikasi alasan banyaknya
manusia selaku aktor dari sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat belajar sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengalaman manusia
selaku pemeran sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan instruktif
sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi dari inspiratif
·
Siswa dapat mengidentifikasi Fungsi dari rekreatif
dalam sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah
sebagai cerita
·
Siswa dapat mengidentifikasi sejarah berarti
pertumbuhan, asal usul, keturunan, dan silsilah
·
Siswa dapat mengidentifikasi Maksud hikayat dalam
sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi pendapat sejarah
menurut Robert V. Daniels
·
Siswa dapat mengidentifikasi Sejarah sebagai
peristiwa
·
Siswa dapat mengidentifikasi sejarah sebagai kisah
·
Siswa dapat mengidentifikasi Empiris berasal dari
kata yunani
·
Siswa dapat mengidentifikasi contoh Sejarah sosial
juga dapat mengambil fakta sosial yang negatif
·
Siswa dapat mengidentifikasi sejarah ekonomi
·
Siswa dapat mengidentifikasi sejarah politik
kovesional
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian Artefack
·
Siswa dapat mengidentifikasi tahun mulainya sejarah
intik
·
Siswa dapat mengidentifikasi disiplin sejarah yang
mengkaji aspek kepribadian individu
·
Siswa dapat mengidentifikasi objek penelitian
sejarah intelektual
·
Siswa dapat mengidentifikasi silsilah keluarga
·
Siswa dapat mengidentifikasi tahun berapa sejarah
pendidikan telah berkembang di Amerika
|
1 (PG)
2 (PG)
3 (PG)
4 (PG)
5 (PG)
6 (PG)
7 (PG)
8 (PG)
9 (PG)
10 PG)
11(PG)
12(PG)
13(PG)
14(PG)
15(PG)
16(PG)
17(PG)
18(PG)
19(PG)
20(PG)
21(PG)
22(PG)
23(PG)
24(PG)
25(PG)
|
Gresik, 11 September 2017
Guru Mata Pelajaran Sejarah,
UBAIDILLAH, S.Sos., M.Pd
0 Comments