KISI KISI SEJARAH PEMINATAN 2019




KISI-KISI PENULISAN SOAL SEJARAH (PEMINATAN)
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
SMA AL MUNIROH UJUNGPANGKAH GRESIK
TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018

Mata Pelajaran               : Sejarah (Peminatan)                                                      
Penyusun Kisi-kisi         : UBAIDILLAH, S.Sos., M.Pd
Kelas / Program             : X / IIS                                                                                             
Jumlah / Bentuk Soal    : 25 PG
Kurikulu         : Kurikulum 2013                                                                                               
Alokasi Waktu              : 60  Menit

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi
Pokok
Indikator Soal
NO.
SOAL
1.     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (goton g royong, kerjasama, toleran, damai), san tun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbaga i permasalahan dalam berinteraksi secara efektif de ngan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose dural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya , dan humaniora dengan wawasan k emanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perada ban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang ka jian yang spesifik sesuai dengan bakat d an minatnya untuk memecahkan masalah.

4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait de ngan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu men ggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan .
·         3.1  Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

·         3.2  Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

·         3.3  Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini

·         3.4 Menganalisis ilmu  sejarah

·         3.5 Menganalisis cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa- peristiwa sejarah.

·         3.6 Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah

·         3.7 Menganalisis langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah

·         3.8 Menganalisis perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern

·         4.1  Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.

·         4.2  Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi.

·         4.3 Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.

·         4.4 Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa- peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi.

·         4.5 Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.

·         4.6 Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.

·         4.7 Melakukan  penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.

·         4.8 Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber yag ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.

·         Manusia dan Sejarah

·         Sejarah Sebagai Ilmu

·         Berpikir Sejarah

·         Sumber Sejarah

·         Penelitian dan Penulisan Sejarah

·         Historiografi


























·         Manusia dan Sejarah

·         Sejarah Sebagai Ilmu

·         Berpikir Sejarah

·         Sumber Sejarah

·         Penelitian dan Penulisan Sejarah

·         Historiografi











































·         Manusia dan Sejarah

·         Sejarah Sebagai Ilmu

·         Berpikir Sejarah

·         Sumber Sejarah

·         Penelitian dan Penulisan Sejarah

·         Historiografi
·         Siswa dapat mengidentifikasi Pengaruh perkembangan sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi peran manusia dalam sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi eksistensi sejarah dalam kemunculannya
·         Siswa dapat mengidentifikasi alasan banyaknya manusia selaku aktor dari sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi manfaat belajar sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengalaman manusia selaku pemeran sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi kegunaan instruktif sejarah

·         Siswa dapat mengidentifikasi fungsi dari inspiratif
·         Siswa dapat mengidentifikasi Fungsi dari rekreatif dalam sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah sebagai cerita

·         Siswa dapat mengidentifikasi sejarah berarti pertumbuhan, asal usul, keturunan, dan silsilah
·         Siswa dapat mengidentifikasi Maksud hikayat dalam sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi pendapat sejarah menurut Robert V. Daniels
·         Siswa dapat mengidentifikasi Sejarah sebagai peristiwa
·         Siswa dapat mengidentifikasi sejarah sebagai kisah
·         Siswa dapat mengidentifikasi Empiris berasal dari kata yunani
·         Siswa dapat mengidentifikasi contoh Sejarah sosial juga dapat mengambil fakta sosial yang negatif

·         Siswa dapat mengidentifikasi sejarah ekonomi
·         Siswa dapat mengidentifikasi sejarah politik kovesional
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian Artefack
·         Siswa dapat mengidentifikasi tahun mulainya sejarah intik
·         Siswa dapat mengidentifikasi disiplin sejarah yang mengkaji aspek kepribadian individu
·         Siswa dapat mengidentifikasi objek penelitian sejarah intelektual
·         Siswa dapat mengidentifikasi silsilah keluarga
·         Siswa dapat mengidentifikasi tahun berapa sejarah pendidikan telah berkembang di Amerika
1 (PG)




2 (PG)



3 (PG)



4 (PG)




5 (PG)



6 (PG)





7 (PG)




8 (PG)


9 (PG)



10 PG)



11(PG)




12(PG)



13(PG)




14(PG)



15(PG)

16(PG)



17(PG)





18(PG)


19(PG)



20(PG)


21(PG)



22(PG)




23(PG)




24(PG)

25(PG)

Gresik, 11 September 2017
Guru Mata Pelajaran Sejarah,

UBAIDILLAH, S.Sos., M.Pd

Post a Comment

0 Comments