SILABUS
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah
Atas/Madrasah Aliyah
Kelas : X
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Kompetensi Inti :
KD
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KD
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KD
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KD
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
3.4 Memahami hubungan struktural dan fungsional
pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
4.4 Menyaji hasil telaah hubungan struktural
dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
Unit
5
Pemerintahan
Pusat dan Pemerintah Daerah
A.
Hubungan
Struktural dan Fungsional Pemerintahan Pusat dan Daerah
1.
Hubungan
Pemerintahan Pusat dan Daerah
2.
Hubungan
Pusat-Daerah Bidang Kewenangan
3.
Hubungan
Pusat-Daerah Bidang Kelembagaan
4.
Hubungan
Keuangan Pusat Daerah
5.
Hubungan
Pusat-Daerah Bidang Pengawasan
|
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
buku teks tentang hubungan structural dan fungsional pemerintah pusat dan
daerah
2)
Menganalisa
hubungan pusat dan daerah
3)
Menandai
hubungan pusat dan daerah dalam bidang kewenangan, kelembagaan, keuangan dan
pengawasan
4)
Membaca
dan menganalisa pasal-pasal UUD 1945 yang berkaitan dengan pemerintah pusat
dan daerah
5)
Menyimak Hubungan
Pemerintah Pusat dan Daerah Berdasarkan Pasal 18 UUD 1945
6)
Mengamati hubungan
kewenangan pusat-daerah menurut UU No.32 Tahun 2004
7)
Membaca dari berbagai sumber tentang hubungan kewenangan
pusat-daerah menurut UU No.32 Tahun 2004
8)
Mengamati nilai
dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
9)
Membaca dari berbagai sumber tentang demokrasi Pancasila
Menanya(Questioning)
1)
mempertanyakan
tentang apa yang di maksud dengan hubungan structural dan fungsional
2)
mempertanyakan
hubungan pemerintah pusat-daerah dalam berbagai bidang.
3)
Bertanya
jawab tentang pasal-pasal UUD 1945 yang berkaitan dengan pemerintah pusat dan
daerah
4)
Menanyakan
Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah Berdasarkan Pasal 18 UUD 1945
5)
Mempertanyakan hubungan kewenangan pusat-daerah menurut UU
No.32 Tahun 2004
6)
Mempertanyakan nilai dan budaya demokrasi dengan
mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
7)
Menganalisis
tentang budaya demokrasi pancasila di Indonesia
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang hubungan structural dan
fungsional pemerintah pusat dan daerah
2) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang hubungan pemerintah pusat dan daerah dalam bidang kewenangan,
kelembagaan, keuangan dan pengawasan
3) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang hubungan pemerintah pusat dan
daerah berdasarkan Pasal 18 UUD 1945
4) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang hubungan kewenangan pusat-daerah
menurut UU No.32 Tahun 2004
5) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang nilai dan budaya demokrasi dengan
mengutamakan prinsip musyawarah mufakat.
6) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang demokrasi pancasila
Mengasosiasi(Associating)
1) Menelaah hubungan structural
dan fungsional pemerintah pusat dan daerah
2) Mengidentifikasi hubungan
pemerintah pusat dan daerah dalam bidang kewenangan, kelembagaan, keuangan
dan pengawasan
3) Mencari hubungan pemerintah
pusat dan daerah berdasarkan Pasal 18 UUD 1945
4) Membandingkan hubungan
kewenangan pusat-daerah menurut UU No.32 Tahun 2004 dengan UUD 1945 Pasal 18
5) Membandingkan Nilai dan budaya
demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dengan sistem
pengambilan keputusan yang lain.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Mempresentasikan hasil diskusi
tentang hubungan structural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah
2) Mendiskusikan tentang hubungan
pemerintah pusat dan daerah dalam bidang kewenangan, kelembagaan, keuangan
dan pengawasan
3) Mempresentasikan hasil diskusi
tentang hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah Berdasarkan Pasal 18 UUD 1945
4) Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang hubungan
kewenangan pusat-daerah menurut UU No.32 Tahun 2004 dengan UUD 1945 Pasal 18.
5) Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang nilai
dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
6) Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang demokrasi pancasila.
|
·
Tugas:
Cari dari
berbagai sumber tentang demokrasi pancasila di Indonesia setelah beberpa kali
pergantian presiden
·
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi
lapangan
·
Tes
tulis
1. Jelaskan apa yang di maksud
dengan Comprehensive Local Government Sistem.
2. Deskripsikan
dengan rinci apa yang anda ketahui tentang Integrated Administrative
Sistem.
3. Analisislah lebih jauh tentang
ajaran rumah tangga materiil.
4. Paparkan apa yang anda ketahui
tentang demokrasi Pancasila.
5. Apa yang dimaksud dengan Aspek normatif (kaidah) dalam demokrasi pancasila
|
8 x JP (4 Minggu)
|
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
b. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
c.
Sumber-sumber
lain yang menunjang
|
B.
Hubungan
Pemerintah Pusat dan Daerah Berdasarkan Pasal 18 UUD 1945
|
|||||
C.
Hubungan
Kewenangan Pusat-Daerah Menurut UU No.32 Tahun 2004
|
|||||
D.
Menghargai
Nilai dan Budaya Demokrasi dengan Mengutamakan Prinsip Musyawarah Mufakat
1.
Pengertian
Demokrasi Pancasila
2.
Demokrasi
Pancasila
|
|
||||
3.5 Memahami sistem hukum dan peradilan
nasional dalam lingkup NKRI.
4.5 Menyaji hasil telaah sistem hukum dan
peradilan nasional dalam lingkup NKRI.
|
Unit
6
Sistem
Hukum dan Peradilan Nasional Indonesia
A.
Sistem
Hukum dan Peradilan Nasional
1.
Sistem
Hukum Indonesia
2.
Penggolongan
Hukum
|
Mengamati
(Observing)
1) Membaca buku teks tentang
sistem hukum Indonesia
2) Menganalisa bagaimana sistem
hukum Indonesia
3) Menganalisis penggolongan hukum menurut isi, bentuk, tempat berlaku,
waktu berlakunya, caramempertahankannya, sumber, dan sifat.
4) Mengidentifikasi hukum publik dan hukum
privat
5)
Mengamati sistem
peradilan
nasional
6)
Membaca dari
berbagai sumber tentang peradilan negeri, agama, militer, dan tata usaha negara
Menanya(Questioning)
1) mempertanyakan tujuan memahami
tata hukum
2) mempertanyakan unsur unsur apa
saja yang terdapat dalam hukum
3) mempertanyakan apa saja
ciri-ciri hukum.
4) Bertanya jawab tentang penggolongan hukum menurut isi, bentuk, tempat berlaku, waktu
berlakunya, cara mempertahankannya, sumber, dan sifat.
5) Menanyakan perbedaan antara
hukum publik dan hukum privat
6)
Mempertanyakan bagaimana sistem peradilan yang ada di
Indonesia
7)
Mempertanyakan
bagaimana sistem peradilan di Indonesia berjalan sesuai peruntukannya.
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang tata hukum
Indonesia
2)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang unsur dan ciri-ciri hukum
3)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang penggolongan hukum menurut isi, bentuk, tempat berlaku, waktu
berlakunya, cara mempertahankannya, sumber, dan sifat.
4)
Mengumpulkan
dari berbagai sumber tentang contoh-contoh kasus hukum jika hukum dilihat
menurut isi, bentuk, tempat berlaku, waktu berlakunya, cara
mempertahankannya, sumber dan sifatnya.
5)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang pengadilan negeri, agama, militer, dan tata usaha negara
Mengasosiasi(Associating)
1)
Menelaah
manfaat mempelajari tata hukum Indonesia
2)
Mengidentifikasi
unsur-unsur yang terdapat dalam hukum
3)
Mengkaji
ciri-ciri hukum.
4)
Menguraikan
hukum berdasarkan penggolongan hukum menurut isi, bentuk, tempat
berlaku, waktu berlakunya, cara mempertahankannya, sumber, dan sifat
5)
Membandingkan
kewenangan antara pengadilan negeri, agama, militer, dan tata usaha Negara dilihat dari fungsinya.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang sistem hukum Indonesia
2) Mendiskusikan tentang unsur
hukum, ciri-ciri hukum dan manfaat mempelajari tata hukum
3) Mempresentasikan hasil diskusi
tentang penggolongan hukum menurut isi, bentuk, tempat berlaku, waktu berlakunya, cara
mempertahankannya, sumber, dan sifat
4) Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang pengadilan negeri, agama, militer, dan tata usaha negara
|
·
Tugas:
Civic Conection:
Diskusikan
dengan teman Anda, mengapa hukum negara bersifat memaksa.
·
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi
lapangan
·
Tes
tulis
1. .Jelaskan apa yang dimaksud
dengan tata hukum nasional.
2. Apa saja yang
menjadi unsur dalam hukum nasional?
3. Deskripsikanlah
apa yang anda ketahui tentang Ius constitutum.
4. Paparkan apa yang anda ketahui
tentang hukum formal.
5. Analisilah apa yang anda
ketahui tentang hukum internasional.
|
6 x JP (3 Minggu)
|
a.
Buku
Teks Facil: Advanced Learning Pancasila
and Civic Education 1, Tim Penulis
Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
b.
PowerPoint Facil: Advanced
Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
c.
Sumber-sumber
lain yang menunjang
|
B.
Peradilan
Nasional
|
|||||
3.6 Menganalisis indikator ancaman terhadap
negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai BhinnekaTunggal Ika.
4.6 Menyaji hasil analisis tentang indikator
ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan bingkai
Bhinneka Tunggal Ika.
4.9 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.
|
Unit
7
Integrasi
Nasional dalam Bingkai BhinnekaTunggal Ika
A.
Ancaman,
Tantangan, Hambatan, dan Gangguan dalam Membangun Integrasi Nasional dalam
Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Mengamati
(Observing)
1)
Mencari
tahu penjelasan integrasi nasional
2)
Menganalisa
ancaman, tantangan, hambatan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
3)
Membaca
dan menganalisa gangguan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai
bhinneka tunggal ika
4)
Menyimak gangguan
dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pada
era sekarang
5)
Mengamati
ancaman,
tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun integrasi nasional
6)
Membaca cara
mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan dan
gangguan dalam membangun integrasi nasional
Menanya(Questioning)
1)
Bertanya
jawab tentang integrasi nasional
2)
Bertanya
tentang apa saja ancaman, tantangan, hambatan dalam membangun integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3)
Bertanya
jawab tentang gangguan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai
bhinneka tunggal ika
4)
Menanyakan
gangguan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal
ika dalam berbagai aspek kehidupan
5)
Mempertanyakan
cara mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun
integrasi nasional
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang ancaman,
tantangan, hambatan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
2)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang integrasi nasional
3)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang gangguan dalam
membangun integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika
4)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang gangguan dalam
pembangunan dilihat dari berbagai aspek seperti geografi, demografi, kekayaan
alam, ideologi, politik, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan.
5)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang cara mengantisipasi
ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun integrasi nasional
Mengasosiasi(Associating)
1)
Mencari
masalah ancaman, tantangan, hambatan dalam membangun integrasi nasional dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2)
Mengidentifikasi
ancaman, tantangan, hambatan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
3)
Mencari jenis gangguan dalam
pembangunan dilihat dari berbagai aspek seperti geografi, demografi, kekayaan
alam, ideologi, politik, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan.
4)
Membandingkan bagaimana
cara mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan dan
gangguan dalam membangun integrasi nasional
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang ancaman, tantangan,
hambatan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika
2)
Mendiskusikan
tentang ancaman, tantangan,
hambatan dalam membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika.
3)
Mempresentasikan hasil diskusi tentang gangguan dalam pembangunan
dilihat dari berbagai aspek seperti geografi, demografi, kekayaan alam,
ideologi, politik, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan.
4)
Membuat kesimpulan tentang solusi mengantisipasi
ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam membangun integrasi nasional
|
·
Tugas:
Civic Conection:
Diskusikanlah
dengan kelompok belajar Anda. Gangguan dan hambatan apa yang biasanya dialami
saat membangun integrasi nasional dalam kehidupan sehari-hari Anda.
·
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi
lapangan
·
Tes
tulis
1. Apa yang anda ketahui tentang
ancaman?
2. Apa saja tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan integrasi
nasional?
3. Apa yang anda
ketahui tentang “hambatan”?
4. Deskripsikan Gangguan dalam integrasi
nasional dapat dilihat dari aspek ideology.
5. Kebijakan apa
saja yang dapat dilakukan guna memperkukuh upaya integrasi nasional?
|
6 x JP (3 Minggu)
|
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo
Media Pratama, 2013.
b. PowerPoint
Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
c.
Sumber-sumber lain yang menunjang
|
B.
Mengantisipasi
Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan dalam Membangun Integrasi Nasional
|
|||||
3.7 Memahami pentingnya kesadaran berbangsa dan
bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik Indonesia.
4.7 Menyaji analisis tentang pentingnya
kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan geopolitik
Indonesia.
|
Unit
8
Kesadaran
Berbangsa dan Bernegara
A.
Wawasan
Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia
|
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
wawasan nusantara
2)
Menganalisa
geopolitik Indonesia
3)
Membaca
dan menganalisa latar belakang konsepsi wawasan nusantara
4)
Menyimak aspek-aspek
dalam konsepsi wawasan nusantara
5)
Mengamati
Indonesia sebagai negara kepulauan
6)
Membaca dari
berbagai sumber tentang Indonesia sebagai negara kepulauan
7)
Mengamati
semangat kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme di
era perjuangan merebut kemerdekaan
8)
Mengamati semangat kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme di
era sekarang
Menanya(Questioning)
1) Bertanya jawab tentang wawasan
nusantara
2)
Bertanya
tentang bagaimana wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia
3)
Bertanya
jawab tentang latar belakang konsepsi wawasan nusantara
4)
Menanyakan
aspek-aspek apa saja yang termasuk ke dalam latar belakang konsepsi wawasan
nusantara
5)
Mempertanyakan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar
di dunia
6)
Mempertanyakan
bagaimana mempersatukan Indonesia sebagai negara kepulauan
7)
Mempertanyakan bagaimana semangat kebangsaan,
patriotisme dan nasionalisme di era perjuangan merebut kemerdekaan
8)
Mempertanyakan
bagaimana semangat kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme di
era sekarang
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang wawasan nusantara sebagai
geopolitik Indonesia
2) Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang konsepsi wawasan nusantara dari
aspek historis, geografis dan sosial budaya, dan geopolitis dan kepentingan
nasional.
3)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang Indonesia
sebagai negara kepulauan
4)
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang semangat
kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme
Mengasosiasi(Associating)
1) Menelaah wawasan nusantara
sebagai geopolitik Indonesia
2)
Mengkaji
makna wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia.
3)
Mencari hubungan konsepsi wawasan nusantara dari aspek historis,
geografis dan sosial budaya, dan geopolitis dan kepentingan nasional.Mencari hubungan makna pokok pikiran yang
terkandung
dari alinea satu sampai empat dalam Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945
4)
Membandingkan
Indonesia sebagai negara kepulauan dengan negara lain
5)
Membandingkan semangat kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme di
eraperjuangan merebut kemerdekaan dengan era sekarang
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Mempresentasikan hasil diskusi
tentang wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia
2)
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang konsepsi wawasan nusantara dari aspek historis,
geografis dan sosial budaya, dan geopolitis dan kepentingan nasional.
3)
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang Indonesia sebagai negara
kepulauan
4)
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang semangat
kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme
|
·
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi
lapangan
·
Tes
tulis
1. Deskripsikanlah makna dari
wawasan nusantara.
2. Sebutkan Keunikan wilayah dan heterogenitas Indonesia.
3. Jelaskan apa yang di maksud
dengan tujuan wawasan nusantara ke dalam.
4. Deskripsikan tujuan dipahaminya
makna patriotism sesuai dengan tujuan Pendidikan
Pendahuluan Bela Negara.
5. Kemukakanlah dengan rinci apa
yang anda fahami tentang nasionalisme Indonesia.
|
8 x JP (3 Minggu)
|
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
b. PowerPoint
Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit
Grafindo Media Pratama, 2013.
c.
Sumber-sumber
lain yang menunjang
|
B.
Latar
Belakang Konsepsi Wawasan Nusantara
1.
Aspek
Historis
2.
Aspek
Geografis dan Sosial Budaya
3.
Aspek
Geopolitis dan Kepentingan Nasional
|
|||||
C.
Indonesia
sebagai Negara Kepulauan
|
|||||
D.
Semangat
Kebangsaan, Patriotisme dan Nasionalisme
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah .................
(
_______________________ )
NIP/ NIK .................................
|
|
......,
........................... 20...
Guru Mapel
PKKN
(
_______________________ )
NIP/ NIK ..................................
|
0 Comments