RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 1
Toleransi Antarumat Beragama
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit (3
minggu)
KOMPETENSI
INTI:
KD 1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KD 2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KD 3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KD 4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menghayati nilai-nilai
ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
|
1. Menerapkan nilai-nilai
ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
|
1.2 Menghayati isi dan
makna pasal 28E dan
29 ayat (2) Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1. Menerapkan isi dan makna pasal 28E dan 29 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
2.1 Menghayati nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
1. Mengamalkan pancasila
sebagai pedoman dalam berprilaku sehari-hari
2. Menunjukan sikap
toleran saling menghargai dan menghormati
|
2.3 Menghayati nilai-nilai
yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam).
|
1. Menghormati hak dan
kewajiban sebagai negara dan bangsa.
2. Mengamalkan nilai luhur
yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945
3. Mengamalkan nilai-nilai
yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam)
|
3.1 Mengamalkan
sikap toleransi antarumat beragama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara..
|
1. Menghormati keberagaman
2. Menghargai sesama tanpa
membeda-bedakan
3. Menunjukan toleransi antarumat beragama dan kepercayaan dalam hidup
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara..
|
3.2 Mengamalkan perilaku toleransi dan
harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
|
1. Mengaplikasikan perilaku toleransi dan
harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
|
3.3 Mengamalkan nilai dan budaya
demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari
dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
|
1. Mengaplikasikan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip
musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
|
3.4 Berinteraksi dengan
teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai
dalam keberagaman suku,agama, ras,budaya dan gender
|
PERTEMUAN I (HARI I ):
A. Tujuan
1)
Menganalisis persamaan kedudukan warga negara
2)
Membangun sikap
dan perilaku berdasarkan saling menghormati dan menghargai di tengah
keberagaman
3)
Menyadari makna
keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender.
B.
Materi Pembelajaran
Persamaan kedudukan warga negara
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
contextual teaching and learning
Metode :
discovery, diskusi
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d.
Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang persamaan kedudukan warga negara.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai persamaan
kedudukan warga negara.
-
Apa yang kamu ketahui tentang
keberagaman?
-
Apa yang kamu ketahui tentang
perbedaan?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini.
2.
Inti
a.
Membimbing siswa
secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Mengamati sikap
dan perilaku berdasarkan saling menghormati dan menghargai di tengah
keberagaman
2)
Membaca makna
keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender
Menanya(Questioning)
1)
Mempertanyakan
sikap dan perilaku berdasarkan saling menghormati dan menghargai di tengah
keberagaman di era sekarang.
2)
Mempertanyakan bagai mana sikap dan perilaku berdasarkan saling menghormati dan
menghargai di tengah keberagaman yang seharusnya dilakukan.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang persamaan kedudukan warga negara
2)
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang keberagaman suku, agama, ras,
budaya dan gender
Mengasosiasi(Associating)
1) Menganalisis hasil temuan
berupa sikap dan perilaku berdasarkan
saling menghormati dan menghargai di tengah keberagaman
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Mempersentasikan sikap dan perilaku berdasarkan saling
menghormati dan menghargai di tengah keberagaman
2) Menyimpulkan hasil diskusi tentang persamaan kedudukan
warga negara
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN II (HARI II):
A.
Tujuan
1. Membangun sikap saling menghormati antar sesama
2. Menciptakan sikap saling menghargai antar sesama
B.
Materi Pembelajaran
Saling menghormati dan menghargai antar sesama
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
Problem Solving
Metode :
diskusi,
observasi, literatur
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti saling menghormati dan menghargai antar sesama.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai saling
menghormati dan menghargai antar sesama.
-
Apa yang kamu ketahui tentang
saling menghormati?
-
Apa yang kamu ketahui tentang saling
menghargai?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini
2.
Inti
a. Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Mengamati
lingkungan sekitar tentang saling menghormati dan menghargai
2)
Mengamati
lingkungan sekolah tentang upaya menumbuhkan sikap saling menghormati dan
menghargai
Menanya(Questioning)
1)
Mempertanyakan pelaksanaan saling menghormati dan menghargai
antar sesama di masa kini
2)
Mempertanyakan pentingnya saling
menghormati dan menghargai antar sesama
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1)
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kehidupan yang saling
menghormati dan menghargai antar sesama.
Mengasosiasi(Associating)
1) Membandingkan sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama
di kehidupan sehari-hari baik itu di lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Membuat
kesimpulan tentang sikap saling menghormati dan menghargai antar
sesama.
2)
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang saling menghormati dan menghargai antar
sesama
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
2.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN III (HARI III):
A.
Tujuan
1. Menganalisis tentang toleransi dan harmoni keberagaman Indonesia
2. Mendeskripsikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan bermasyarakat
B.
Materi Pembelajaran
toleransi dan harmoni keberagaman Indonesia
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
Problem Solving
Metode : diskusi, observasi, literatur
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait toleransi dan harmoni
keberagaman Indonesia.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai toleransi
dan harmoni keberagaman Indonesia.
-
Apa yang kamu ketahui tentang toleransi?
-
Apa yang kamu ketahui tentang harmoni
keberagaman?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini
2.
Inti
a. Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Mengamati toleransi dan harmoni keberagaman Indonesia
2)
Membaca dari
berbagai sumber tentang nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam
kehidupan bermasyarakat
Menanya(Questioning)
1) Mempertanyakan
pelaksanaan toler.nsi dan harmoni keberagaman di
Indonesia
2) Mempertanyakan bagaimana
prosedur payaan dalam kehidupan
berenanaman nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan
bermasyarakat.
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1) Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak
dan elektronik) tentang toleransi dan harmoni
keberagaman Indonesia
Mengasosiasi(Associating)
1)
Membandingkan toleransi dan harmoni keberagaman Indonesia pada
eradulu dengan sekarang
2)
Menyelidiki
pelaksanaan penanaman nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam
kehidupan bermasyarakat
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Membuat
kesimpulan tentang nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam
kehidupan bermasyarakat .
2)
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang toleransi dan harmoni keberagaman Indonesia.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
2. Contoh Instrumen
a.
Lembar Pengamatan
Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukan
sikap toleransi dengan sesama teman
|
|
|
|
|
5
|
Menghargai
perbedaan dengan teman
|
|
|
|
|
b.
Lembar Tes Unjuk Kerja
PENILAIAN
PRESENTASI
(hasil pengumpulan
data/laporan penelitian/dll)
Tanggal
/bulan/tahun :
...............................................................................................
Nama/kelompok : ...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata Pelajaran : ...............................................................................................
Judul Presentasi :
……………………………………………………………
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a. Ide
pokok laporan
b. Keruntutan
berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c. Penggunaan
Bahasa Indonesia.
|
15%
|
|
|
2
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a. Kelancaran
penyampaian gagasan
b. Kejelasan
metode dan prosedur kerja
|
15%
|
|
|
3
|
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a. Bukti
empirik atas argumen
b. Konsistensi
argumentasi
|
15%
|
|
|
4
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a. Sifat
kebaruan hasil karya
b. Kesesuaian
antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
|
15%
|
|
|
5
|
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
|
20%
|
|
|
|
a. Kemampuan
berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b. Keruntutan
dalam penalaran
c. Ketepatan
dalam menjawab pertanyaan
d. Akurasi
uraian materi dengan kesimpulan
|
|
|
|
6
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
|
15%
|
|
|
|
a. Originalitas
atas keaslian karya
b. Keefektifan
atau pencapaian tujuan/prestasi
c. Dampak
atau manfaatnya
|
|
|
|
7
|
SIKAP DALAM PRESENTASI
|
5%
|
|
|
|
a. Kerapihan
b. Kesopanan
|
|
|
|
Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang,
2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
c.
Lembar Tes Tertulis
1. Jelaskan makna dari kata derajat.
2. Jelaskan makna dari kata martabat.
3. Deskripsikan perbedaan antara kewarganegaraan dengan
kebangsaan.
4. Apa saja yang menjadi cakupan prinsip keadilan.
5. Sebutkan sikap yang menunjukan toleransi beragama.
Kunci
Jawaban:
1. Derajat berarti tingkatan atau martabat
2. martabat sendiri dapat diartikan sebagai tingkatan
harga diri seseorang.
3. hak-hak untuk aktif dalam perpolitikan. Ada
kemungkinan untuk memiliki kebangsaan tanpa menjadi seorang warga negara
(contoh, warga negara secara hukum merupakan subjek suatu negara dan berhak
atas perlindungan tanpa memiliki hak berpartisipasi dalam politik). Warga
negara juga dimungkinkan untuk memiliki hak politik tanpa menjadi anggota
bangsa dari suatu negara.
4. bidang politik, sosial, ekonomi, budaya, hukum, dan
keamanan. Setiap warga negara mempunyai kedudukan dan peran yang sama tanpa
membedakan gender, berarti wanita mempunyai peran dan juga posisi yang sama
penting untuk menyokong pembangunan.
5. - menghormati
agama dan iman orang lain;
- menghormati ibadah yang dijalankan oleh orang lain;
- tidak merusak tempat ibadah;
- tidak menghina ajaran agama orang lain;
- memberi memberi kesempatan kepada pemeluk agama
menjalankan ibadahnya
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP.
|
.................,
...........................2013
Guru Mata Pelajaran PPKn
_______________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 2
Perlindungan dan Pemajuan HAM
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit (4 minggu)
KOMPETENSI
INTI:
KD 1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KD 2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KD 3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KD 4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM
dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan bermasyaraka, berbangsa, dan bernegara.
.
|
1. Menyebutkan hak
dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia
2. Mengidentifikasi
hak warga negara Indonesia
3. Mengemukakan
kewajiban warga negara Indonesia
4. Menganalisis
pelanggaran hak warga negara
5. Menganalisis perkembangan
kasus-kasus perlindungan HAM
6. Mendiskusikan perbedaan pelanggaran HAM yang bersifat
berat dan biasa
7. Mengemukakan upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakkan HAM
8. Menciptakan peran serta
dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia.
|
4.1 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam
rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan bermasyaraka, berbangsa, dan bernegara.
|
1. Menganalisis tentang hak asasi
manusia dalam berbagai kehidupan
2. Mendiskusikan latar belakan lahirnya Undang-Undang HAM
Nasional.
3. Mempolakan Peradilan
Internasional HAM
|
PERTEMUAN
I (HARI I ):
A. Tujuan
1)
Menyebutkan hak dan
kewajiban sebagai warga negara Indonesia
2)
Mengidentifikasi hak warga
negara Indonesia
3)
Mengemukakan kewajiban
warga negara Indonesia
4)
Menganalisis pelanggaran
hak warga negara
B.
Materi Pembelajaran
Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
contextual teaching and learning
Metode :
discovery, diskusi
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar yang menunjukan hak
warga negara
b. Gambar yang menunjukan
kewajiban warga negara
c. Gambar yang menunjukan
pelanggaran hak warga negara
d. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d.
Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang hak dan
kewajiban warga Negara Indonesia dengan menampilakan gambar-gambar yang
berkaitan dengan materi.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara
Indonesia.
-
Apa yang kamu ketahui tentang hak?
-
Apa yang kamu ketahui tentang kewajiban?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini.
2.
Inti
a.
Membimbing siswa
secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca buku teks
dengan materi hak dan kewajiban sebagai
warga negara Indonesia
2)
Mengamati berbagai gambar
yang ditampilkan dalam buku teks melalui
media PowerPoint tentang perbedaan hak dan
kewajiban warga negara
3)
Mendengar dan
menyimak berbagai kasus pelanggaran HAM
yang terjadi di Indonesia dari berbagai media elektronik.
Menanya(Questioning)
1)
Mempertanyakan landasan hukum dalam
menjamin hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia
2)
Mempertanyakan kasus-kasus apa saja yang termasuk ke dalam pelanggaran hak warga negara
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1) Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan
kasus-kasus pelanggaran hak warga negara
2) Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan
elektronik) tentang kasus pelanggaran hak warga negara
Mengasosiasi(Associating)
1) Mencari hubungan pelanggaran hak warga negara dengan aspek sosial–budaya dalam masyarakat Indonesia
2) Menganalisis hasil
temuannya berkaitan dengan kasus pelanggaran hak warga negara di Indonesia
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran hak warga negara di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di lapangan
2) Menyampaikan hasil temuan
tentang kasus pelanggaran hak warga negara dalam bentuk lisan, tulisan, gambar
atau media lainnya
3) Mendiskusikan bentuk pelanggaran hak warga negara di Indonesia
b. Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN II (HARI II):
A.
Tujuan
1. Menganalisis perkembangan
kasus-kasus perlindungan HAM
2. Mendiskusikan perbedaan pelanggaran HAM yang bersifat berat
dan biasa
3. Mengemukakan upaya pemajuan,
penghormatan, dan penegakkan HAM
4. Menciptakan peran serta dalam
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia.
B.
Materi Pembelajaran
Perkembangan kasus-kasus
perlindungan HAM
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
Contextual Teaching and Learning
Metode :
diskusi,
observasi, literatur
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar yang menunjukan
kasus pelanggaran HAM
b. Gambar yang menunjukan
perbedaan kasus pelanggaran HAM berat dan biasa
c. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang
perkembangan kasus-kasus perlindungan HAM dengan menampilakan contoh kasus yang
berkaitan dengan materi.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai peran serta dalam upaya penegakan HAM
di Indonesia.
-
Apa yang kamu ketahui tentang organisasi dan institusi HAM sebagai
pemberdaya gerakan HAM?
-
Apa yang kamu ketahui tentang konsep perencanaan terintegrasi?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini
2.
Inti
a. Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Mengamati perkembangan kasus
kasus perlindungan HAM di Indonesia
2)
Membaca dari
berbagai sumber tentang pemajuan,penghormatan dan penegakan
dan Pengadilan HAM di Indonesia
Menanya(Questioning)
1) Mempertanyakan
proses pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM di wilayahnya serta hambatan yang ditemukan
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1)
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia
Mengasosiasi(Associating)
1)
Mencari
hubungan upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
2)
Membandingkan peran serta dalam upaya pemajuan
penghormatan dan penegakan HAM di Indonesia
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Membuat
kesimpulan tentang pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM .
2)
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang penanganan beberapa kasus pelanggaran HAM di
Indonesia
3)
Menyampaikan beberapa tokoh, organisasi dan
lembaga yang bergerak dalam penegakan HAM
4)
Menyampaikan konsep
perencanaan terintegrasi penegakan HAM.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN III (HARI III):
A.
Tujuan
1. Menganalisis tentang hak asasi
manusia dalam berbagai kehidupan
2. Mendiskusikan latar belakan lahirnya Undang-Undang HAM
Nasional.
3. Mempolakan Peradilan
Internasional HAM
B.
Materi Pembelajaran
Hak asasi manusia di
Indonesia
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
Contextual Teaching and Learning
Metode : diskusi, observasi, literatur
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
b. Artikel tentang latar
belakan lahirnya UU HAM Nasional
c. Artikel tentang Peradilan
Internasional HAM
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3.
Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang hak asasi
manusia di Indonesia dengan menampilakan gambar-gambar yang berkaitan dengan
materi.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai hak asasi manusia di Indonesia.
-
Apa yang kamu ketahui tentang latar belakang lahirnya Undang-Undang HAM
Nasional?
-
Apa yang kamu ketahui tentang Peradilan Internasional HAM?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini
2.
Inti
a.
Membimbing siswa
secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Mengamati perkembangan HAM
dalam berbagai kehidupan
2)
Membaca dari
berbagai sumber tentang latar belakang lahirnya
Undang-Undang HAM.
3)
Membaca dari berbagai sumber
tentang Peradilan Internasional HAM.
Menanya(Questioning)
1) Mempertanyakan
proses lahirnya
Undang-Undang HAM.
2) Mempertanyakan bagaimana
prosedur dalam peradilan HAM Internasional
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1) Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak
dan elektronik) tentang hak asasi manusia dalam berbagai kehidupan.
2) Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang proses lahirnya Undang-Undang HAM Nasional
3) Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang Peradilan Internasional HAM.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Mencari
hubungan HAM dalam berbagai kehidupan
dengan lahirnya Undang-Undang HAM
2)
Membandingkan penegakan HAM
d Indonesia dengan negara lain.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Membuat
kesimpulan tentang Ham dalam berbagai kehidupan.
2)
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang HAM
di berbagai kehidupan, proses lahirnya UU HAM, dan peradilan internasional HAM.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
4.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
·
Portofolio
|
·
Panduan Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh Instrumen
a.
Lembar Pengamatan
Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukan
sikap menhormati hak orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Menjalankan
kewajiban yang harus dilakukan
|
|
|
|
|
b.
Lembar Tes Unjuk Kerja
PENILAIAN
PRESENTASI
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal
/bulan/tahun :
...............................................................................................
Nama/kelompok : ...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata Pelajaran : ...............................................................................................
Judul Presentasi :
……………………………………………………………
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a. Ide
pokok laporan
b. Keruntutan
berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c. Penggunaan
Bahasa Indonesia.
|
15%
|
|
|
2
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a. Kelancaran
penyampaian gagasan
b. Kejelasan
metode dan prosedur kerja
|
15%
|
|
|
3
|
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a. Bukti
empirik atas argumen
b. Konsistensi
argumentasi
|
15%
|
|
|
4
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a. Sifat
kebaruan hasil karya
b. Kesesuaian
antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
|
15%
|
|
|
5
|
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
|
20%
|
|
|
|
a. Kemampuan
berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b. Keruntutan
dalam penalaran
c. Ketepatan
dalam menjawab pertanyaan
d. Akurasi
uraian materi dengan kesimpulan
|
|
|
|
6
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
|
15%
|
|
|
|
a. Originalitas
atas keaslian karya
b. Keefektifan
atau pencapaian tujuan/prestasi
c. Dampak
atau manfaatnya
|
|
|
|
7
|
SIKAP DALAM PRESENTASI
|
5%
|
|
|
|
a. Kerapihan
b. Kesopanan
|
|
|
|
Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat
Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
c.
Lembar Tes Tertulis
Soal
1. Sebutkan minimal 5 contoh kewajiban warga negara.
2. Deskripsikanlah pelanggaran Yang
termasuk ke dalam pelanggaran hak warga negara menurut UU No. 39 tahun 1999.
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM.
4. Berikan contoh pelanggaran HAM di sekolah.
5. Kemukakanlah berbagai cara dalam pendidikan hak asasi
manusia.
Kunci Jawaban
1. - kewajiban warga
negara Indonesia adalah sebagai berikut.
-
Setiap
warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela,
mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh.
-
Setiap
warga negara wajib membayar pajak dan etribusi yang telah ditetapkan oleh
pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda).
-
Setiap
warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan
pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya.
-
Setiap
warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang
berlaku di wilayah negara indonesia.
-
Setiap
warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar
bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik
2.
- Penangkapan dan penahanan seseorang demi
menjaga stabilitas, tanpa berdasarkan hukum.
-
Penerapan
budaya kekerasan untuk menindak warga masyarakat yang dianggap ekstrim yang
dinilai oleh pemerintah mengganggu stabilitas keamanan yang akan membahayakan
kelangsungan pembangunan.
-
Pembungkaman
kebebasan pers dengan cara pencabutan SIUP, khususnya terhadap pers yang
dinilai mengkritisi kebijakan pemerintah, dengan dalih mengganggu stabilitas
keamanan.
-
Menimbulkan
rasa ketakutan masyarakat luas terhadap pemerintah, karena takut dicurigai
sebagai oknum pengganggu stabilitas atau oposan pemerintah (ekstrim), hilangnya
rasa aman demikian ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak asasi warga
negara.
-
Pembatasan
hak berserikat dan berkumpul serta menyatakan pendapat, karena dikhawatirkan
akan menjadi oposan terhadap pemerintah.
3.
Setiap
perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja
maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi,
membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang
yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak
akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme
hukum yang berlaku.
4.
- Guru membeda-bedakan siswanya di sekolah
(berdasarkan kepintaran, kekayaan, atau perilakunya).
-
Guru
memberikan sanksi atau hukuman kepada siswanya secara fisik (dijewer, dicubit,
ditendang, disetrap di depan kelas atau dijemur di tengah lapangan).
-
Siswa
mengejek/menghina siswa yang lain
-
Siswa
memalak atau menganiaya siswa yang lain.
-
Siswa
melakukan tawuran pelajar dengan teman sekolahnya ataupun dengan siswa dari
sekolah yang lain.
5.
Peranan
pers dan media massa pada umumnya penting dalam pendidikan membangun kesadaran
akan hak asasi manusia. Begitu pula kesadaran berdemokrasi dan melaksanakan
prinsip negara berdasarkan atas hukum. Berbagai lembaga sosial, baik lembaga
politik maupun lembaga nonpolitik sudah semestinya menjadi media pendidikan hak
asasi. Demikian pula lembaga-lembaga pendidikan sudah semestinya memberikan
perhatian yang mendalam mengenai pendidikan hak asasi manusia. Bersamaan dengan
pendidikan etik (moral) dan keagamaan, pendidikan hak asasi manusia akan
membantu mewujudkan tujuan pendidikan, yaitu membentuk manusia yang
berkarakter, terbuka, toleran, rendah hati, dan kesadaran akan tanggung jawab
sosial, penguasaan ilmu dan teknologi
d.
Lembar Portofolio
Buatlah lima kelompok belajar dalam
kelas Anda. Kemudian buatlah makalah beserta pengayaan dalam format Microsoft
PowerPoint. Masing-masing memilih 1 tema berikut.
1. Kasus Munir
2. Kasus Udin Bernas
3. Kasus Bom Bali
4. Kasus Ambon
5. Kasus TKI di Malaysia.
Hasil kegiatan ini bisa anda muat dalam
blog pribadi anda supaya siapapun dapat mengaksesnya dengan mudah.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP.
|
.................,
...........................2013
Guru Mata Pelajaran PPKn
_______________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 3
Kerangka Umum dan Isi Pokok UUD 1945
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Alokasi
Waktu : 6x 45 menit (3 minggu)
KOMPETENSI
INTI:
KD 1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KD 2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KD 3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KD 4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
2.2 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara.
|
1. Mengidentifikasi nilai dan moral yang terkandung
dalam Alinea keempat pembukaan UUD
2. Membiasakan nilai-nilai yang terkandung dalam
pembukaan UUD 1945
|
3.2 Memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1. Meninjau kerangka
umum dan isi pokok UUD 1945
2. Menjelaskan
pengertian konstitusi sebagai pengertian sosial politik dan hukum
3. Mengidentifikasi
konstitusi sebagai suatu peraturan hukum
4. Menerangkan
konstitusi di Indonesia
5. Menemukan
substansi konstitusi Negara
6. Menjabarkan
kedudukan konstitusi dalam susunan ketatanegaraan
7. Menjelaskan
fungsi konstitusi dalam Negara
8. Membandingkan
bentuk konstitusi suatu negara
|
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
3. Menganalisis perkembangan
kasus-kasus penyimpangan Pasal-Pasal UUD 1945 dari masa ke masa
4. Mengidentifikasi kasus penyimpangan
UUD 1945 pada masa demokrasi terpimpin sampai masa orde reformasi.
|
PERTEMUAN
I (HARI I ):
A.
Tujuan
1)
Meninjau kerangka umum dan
isi pokok UUD 1945
2)
Menjelaskan pengertian
konstitusi sebagai pengertian sosial politik dan hukum
3)
Mengidentifikasi
konstitusi sebagai suatu peraturan hukum
4)
Menerangkan konstitusi di
Indonesia
5)
Menemukan substansi
konstitusi Negara
6)
Menjabarkan kedudukan
konstitusi dalam susunan ketatanegaraan
7)
Menjelaskan fungsi
konstitusi dalam Negara
8)
Membandingkan bentuk
konstitusi suatu negara
B.
Materi Pembelajaran
Menelaah Kerangka Umum dan
Isi Pokok UUD 1945
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
induktif-deduktif
Metode :
discovery, diskusi
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
b. Artikel tentang bentuk
konstitusi tiap-tiap negara.
2. Alat
a.
Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d.
Whiteboard
e. Penghapus
3. Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang Kerangka
Umum dan Isi Pokok UUD 1945.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai pengertian konstitusi sebagai hukum
dasar.
-
Apa yang kamu ketahui tentang konstitusi sebagai pengertian sosial
politik dan hukum?
-
Apa yang kamu ketahui tentang konstitusi sebagai suatu peraturan hukum?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini.
2.
Inti
a.
Membimbing siswa
secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1) Membaca kerangka umum dan isi pokok UUD 1945
2) Menganalisa struktur UUD
1945
Menanya(Questioning)
1) Bertanya jawab tentang konstitusi sebagai pengertian
2) Bertanya tentang bagaimana
konstitusi di Indonesia
3) Bertanya tentang apa
substansi konstitusi negara
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1)
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang konstitusi sebagai
pengertian social politik dan hukum dan konstirusi sebagai peraturan
2)
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang sejarah konstitusi yang
digunakan si Indonesia
Mengasosiasi(Associating)
1)
Mencari substansi konstitusi
Negara
2)
Mengidentifikasi kedudukan konstitusi dalam sususnan ketatanegaraan
3)
Menelaah fungsi konstitusi dalam
Negara
4)
Mengkaji bentuk konstitusi suatu negara
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Mempresentasikan hasil diskusi tentang konstitusi sebagai
pengertian social politik dan hukum serta konstitusi sebagai suatu peraturan
hukum
2) Mendiskusikan tentang
konstitusi Indonesia
3) Mendiskusikan tentang
substansi konstitusi Negara
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN II (HARI II):
A.
Tujuan
1) Mengidentifikasi nilai dan
moral yang terkandung dalam Alinea keempat pembukaan UUD
2) Membiasakan nilai-nilai
yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945
B.
Materi Pembelajaran
Nilai dan Moral yang
Terkandung dalam Alinea Keempat Pembukaan UUD 1945
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
induktif - deduktif
Metode :
diskusi, litelatur
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3.
Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang Nilai dan
Moral yang Terkandung dalam Alinea Keempat
Pembukaan UUD 1945
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai peran serta dalam upaya penegakan HAM
di Indonesia.
-
Apa yang kamu ketahui tentang nilai dan moral?
-
Apa yang kamu ketahui tentang nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD
1945?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini
2.
Inti
a.
Membimbing siswa
secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1) Membaca dan menganalisa Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
2) Menyimak
makna pokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya(Questioning)
1) Bertanya jawab tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
2) Menanyakanmaknapokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Pengumpulan
Data (Experimenting)
1) Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak
dan elektronik) tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
2) Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak
dan elektronik) tentang maknapokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasi(Associating)
1)
Mencari hubungan alinea satu sampai alinea empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
2) Mencari hubungan makna pokok pikiran yang
terkandung dari alinea satu sampai
empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
2)
Mempreseantasikan
makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
b.
Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan keterkaitan.
3.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN III (HARI III):
a.
Tujuan
1. Menganalisis perkembangan
kasus-kasus penyimpangan Pasal-Pasal UUD 1945 dari masa ke masa
2. Mengidentifikasi kasus
penyimpangan UUD 1945 pada masa demokrasi terpimpin sampai masa orde reformasi.
b.
Materi Pembelajaran
Penyimpangan Pasal-Pasal UUD
1945 dari masa ke masa
c.
Metode Pembelajaran
Pendekatan umum :
Contextual Teaching and Learning
Metode :
diskusi,
observasi, literatur
d.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar yang menunjukan
kasus pelanggaran UUD 1945
b. PowerPoint Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
2. Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3.
Sumber Pembelajaran
a. Buku Teks Facil: Advanced Learning
Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo,
Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
e.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang
perkembangan kasus-kasus
penyimpangan Pasal-Pasal UUD 1945 dari masa ke masa
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai kasus penyimpangan UUD 1945
-
Apa yang kamu ketahui tentang penyimpangan UUD 1945?
-
Menurut kamu, penyimpangan seperti apa saja yang pernah dilakukan
terhadap UUD 1945 dari masa ke masa?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini
2.
Inti
a.
Membimbing siswa
secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Mengamati perkembangan
kasus-kasus penyimpangan terhadap pasal-pasal UUD 1945
2)
Membaca dari
berbagai sumber tentang kasus-kasus penyimpangan
terhadap pasal-pasal UUD 1945
Menanya(Questioning)
1) Mempertanyakan penyimpangan apa saja yang
terjadi pada:
a)
Masa Demokrasi
Terpimpin atau Orde Lama (5 Juli 1959 – 11 Maret 1966)
b)
Masa Orde Baru (Periode
1966 – 1998)
c)
Masa Demokrasi
Pancasila di Masa Orde Baru (Masa setelah 11 Maret 1996–21 Mei 1998)
d)
Masa Orde
Reformasi (21 Mei 1998–Sekarang).
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1) Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak
dan elektronik) tentang penyimpangan apa saja yang terjadi pada
a)
Masa Demokrasi
Terpimpin atau Orde Lama (5 Juli 1959 – 11 Maret 1966)
b)
Masa Orde Baru
(Periode 1966 – 1998)
c)
Masa Demokrasi
Pancasila di Masa Orde Baru (Masa setelah 11 Maret 1996–21 Mei 1998)
d)
Masa Orde
Reformasi (21 Mei 1998–Sekarang).
Mengasosiasi(Associating)
1)
Membandingkan jenis penyimpangan UUD 1945 pada masa ke
masa
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Membuat
kesimpulan tentang solusi mengatasi penyimpangan UUD 1945.
2)
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang penanganan
kasus-kasus penyimpangan terhadap pasal-pasal UUD 1945.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
4.
Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
2. Contoh Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
b.
LembarTes Unjuk Kerja
PENILAIAN
PRESENTASI
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal
/bulan/tahun :
...............................................................................................
Nama/kelompok : ...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata Pelajaran : ...............................................................................................
Judul Presentasi :
……………………………………………………………
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a. Ide
pokok laporan
b. Keruntutan
berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c. Penggunaan
Bahasa Indonesia.
|
15%
|
|
|
2
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a. Kelancaran
penyampaian gagasan
b. Kejelasan
metode dan prosedur kerja
|
15%
|
|
|
3
|
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a. Bukti
empirik atas argumen
b. Konsistensi
argumentasi
|
15%
|
|
|
4
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a. Sifat
kebaruan hasil karya
b. Kesesuaian
antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
|
15%
|
|
|
5
|
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
|
20%
|
|
|
|
a. Kemampuan
berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b. Keruntutan
dalam penalaran
c. Ketepatan
dalam menjawab pertanyaan
d. Akurasi
uraian materi dengan kesimpulan
|
|
|
|
6
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
|
15%
|
|
|
|
a. Originalitas
atas keaslian karya
b. Keefektifan
atau pencapaian tujuan/prestasi
c. Dampak
atau manfaatnya
|
|
|
|
7
|
SIKAP DALAM PRESENTASI
|
5%
|
|
|
|
a. Kerapihan
b. Kesopanan
|
|
|
|
Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang,
2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
c.
Lembar Tes Tertulis
Soal
1.
Jelaskan
Konstitusi sebagai Pengertian Sosial Politik.
2.
Deskripsikan
Konstitusi sebagai Suatu Peraturan Hukum.
3.
Apa makna dari
“hukum bersifat hierarkis”?
4.
Apakah Syarat dari eksistensi suatu undang-undang dasar?
Jelaskan.
5.
Deskripsikan,
mengapa mengubah Pembukaan UUD 1945 berarti
membubarkan Negara Republik Indonesia?
Kunci
Jawaban
1.
Konstitusi
dalam pengertian ini, mencerminkan keadaan sosial politik bangsa itu sendiri.
Pengertian hukum adalah political decision. Artinya, merupakan keputusan
masyarakat sendiri.
2.
suatu
peraturan hukum yang tertulis. Dengan demikian, undang-undang dasar adalah
salah satu bagian dari konstitusi dan bukan sebagai persamaan pengertian
menurut pengertian sebelumnya. Kesamaan pengertian adalah pendapat yang keliru
dan jika ada kesamaan pengertian, tidak lain akibat pengaruh dari aliran
kodifikasi (aliran modern).
3.
hukum
tidak bertentangan dengan ketentuan yang lebih atas derajatnya.
4.
mencakup
bentuk dan isi dari undang-undang dasar (rechtsverfassung). Dalam kenyataannya,
undang-undang dasar yang berlaku dalam suatu negara bentuknya adalah selalu
tertulis, sedangkan isinya merupakan peraturan yang bersifat fundamental.
Artinya, tidak seluruh masalah yang dianggap penting dalam suatu negara
dimasukkan dalam undang-undang dasar. Hal-hal atau masalah-masalah yang
dimasukkan dalam undang-undang dasar adalah mencakup segi-segi yang bersifat
pokok, mendasar, atau asas-asasnya saja.
5.
- sumber dari motivasi dan aspirasi
perjuangan dan tekad bangsa Indonesia,
- sumber dari cita-cita hukum dan
cita-cita moral yang ingin ditegakkan dalam lingkungan nasional dan
internasional
- mengandung nilai-nilai universal dan lestari.
Universal, artinya bahwa nilai-nilai tersebut dijunjung tinggi oleh
bangsa-bangsa yang beradab. Adapun lestari, artinya bahwa ia mampu menampung
dinamika masyarakat.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP.
|
.................,
...........................2013
Guru Mata Pelajaran PPKn
_______________________
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 4
Pemerintahan NKRI
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit (3 minggu)
KOMPETENSI
INTI:
KD 1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KD 2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KD 3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KD 4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.3 Memahami bentuk dan kedaulatan Negara sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1. Menganalisis
bentuk Negara
2. Mendeskripsikan
hakikat bentuk Negara
3. Membandingkan
sistem Negara kesatuan
4. Menganalisis hakikat
kedaulatan negara
5. Mengidentifikasi macam-macam
kedaulatan
|
4.3 Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan
negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
|
1. Menganalisis tentang
perbandingansistem pemerintahan presidensial dan parlementer
2. Mendiskusikan sistem pemerintahan negara Indonesia
3.
Mendeskripsikan proses pemilu yang pernah ada di Indonesia
|
PERTEMUAN
I (HARI I ):
A.
Tujuan
1)
Menganalisis bentuk Negara
2)
Mendeskripsikan hakikat
bentuk Negara
3)
Membandingkan sistem
Negara kesatuan
B. Materi
Pembelajaran
Bentuk Negara
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
contextual teaching and learning
Metode :
discovery, diskusi
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
a.
PowerPoint Facil: Advanced
Learning Pancasila and Civic Education
1, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.
Alat
a. Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d.
Whiteboard
e. Penghapus
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran tentang bentuk
negara.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai bentuk negara.
-
Apa yang kamu ketahui bentuk negara?
-
Apa yang kamu ketahui sistem negara kesatuan?
c. Menyampaikan inti tujuan
pembelajaran hari ini.
2. Inti
a. Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Mengamati
bentuk-bentuk negara di dunia
2)
Membaca mengenai
sistem negara kesatuan
3)
Membaca dari
berbagai sumber
tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD 1945
Menanya(Questioning)
1)
Mempertanyakan apa hakikat bentuk Negara
2)
Mempertanyakan bagai mana sistem
negara kesatuan di lihat dari keuntungan dan kerugian yang didapatkan.
3)
Menanya tentang bentuk negara dan pemerintahan
yang sesuai dengan UUD 1945
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1)
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang bentuk Negara
2)
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber (media cetak dan elektronik) tentang sistem negara kesatuan
Mengasosiasi(Associating)
1) Menganalisis hasil temuan
berupa keuntungan dan kerugian sistem sentralisasi dan desentralisasi dalam
sistem negara kesatuan.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1)
Menyimpulkan hasil
diskusi tentang bentuk Negara dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD 1945
2)
Meyajikan hasil diskusi tentang
bentuk Negara dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD 1945 Mendiskusikan hasil
laporan dan menyimpulkan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN
II (HARI II):
A. Tujuan
1. Menganalisis hakikat
kedaulatan negara
2. Mengidentifikasi macam-macam
kedaulatan
B. Materi
Pembelajaran
Lingkup Kedaulatan Negara
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
Problem Solving
Metode : diskusi, observasi, literatur
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
a.
PowerPoint Facil: Advanced
Learning Pancasila and Civic Education
1, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
2.
Alat
a.
Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait materi inti pembelajaran macam-macam
kedaulatan.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai kedaulatan.
-
Apa yang kamu ketahui tentang kedaulatan?
-
Apa yang kamu ketahui tentang kedaulatan Tuhan, raja, negara, hukum dan
rakyat?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini
2. Inti
a. Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1) Membaca dari berbagai sumber tentang kedaulatan.
2) Membaca dari buku tek tentang macam-macam
kedaulatan
Menanya(Questioning)
1)
Mempertanyakan hakikat kedaulatan
2)
Mempertanyakan apayang dimaksud dengan kedaulatan Tuhan,raja, negara,
hukum dan rakyat.
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1)
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kedaulatan di berbagai
negara.
Mengasosiasi(Associating)
1)
Membandingkan kedaulatan Tuhan, kedaulatan raja,
kedaulatan negara, kedaulatan hukum dan kedaulatan rakyat.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Membuat kesimpulan tentang hakikat kedaulatan.
2) Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang macam-macam kedaulatan
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
keterkaitan.
3. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PERTEMUAN
III (HARI III):
A. Tujuan
1. Menganalisis tentang perbandingan
sistem pemerintahan presidensial dan parlementer
2. Mendiskusikan sistem pemerintahan negara Indonesia
3.
Mendeskripsikan proses pemilu yang pernah ada di Indonesia
B. Materi
Pembelajaran
Hak asasi manusia di
Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum :
Problem Solving
Metode : diskusi, observasi, literatur
D. Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
a.
PowerPoint Facil: Advanced
Learning Pancasila and Civic Education
1, Tim
Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2013.
b.
Artikel tentang pemilu di Indonesia
2.
Alat
a.
Komputer
b. Infokus
c. Spidol
d. Whiteboard
e. Penghapus
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku Teks Facil: Advanced Learning Pancasila and Civic Education 1, Tim Penulis Grafindo, Penerbit Grafindo Media
Pratama, 2013.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Mengkondisikan siswa untuk
belajar dan memotifasi siswa terkait sistem pemerintahan negara.
b. Apersepsi: bertanya
tentang apa yang siswa ketahui mengenai sistem pemerintahan negara.
-
Apa yang kamu ketahui tentang sistem pemerintahan presidensial?
-
Apa yang kamu ketahui tentang sistem pemerintahan parlementer?
-
Apa yang kamu ketahui tentang pemilu?
c.
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini
2. Inti
a. Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1) Mengamati sistem pemerintahan negara Indonesia
2) Membaca dari berbagai sumber sistem pemerintahan presidensial dan
parlementer
3) Membaca dari berbagai sumber tentang
pelaksanaan pemilu.
Menanya(Questioning)
1)
Mempertanyakan perbedaan sistem pemerintahan presidensial dan
parlementer.
2)
Mempertanyakan bagaimana prosedur dalam pelaksanaan pemilu yang pernah
ada di Indonesia
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1)
Mengumpulkan data
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang sistem pemerintahan di
seluruh dunia.
2)
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang proses pemilihan umum
yang pernah ada di Indonesia
Mengasosiasi(Associating)
1)
Membandingkan sistem
pemerintahan presidensial dengan sistem pemerintahan parlementer
2)
Membandingkan pelaksanaan
pemilu di Indonesia dari tahun ke tahun.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Membuat kesimpulan sistem pemerintahan presidensial dan parlementer.
2) Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang pemilu yang pernah ada di Indonesia.
b. Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan.
4. Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
PENILAIAN
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
2. Contoh Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
3
|
menunjukkan
ketekunan dan tanggungjawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
b.
LembarTes Unjuk Kerja
PENILAIAN
PRESENTASI
(hasil pengumpulan
data/laporan penelitian/dll)
Tanggal
/bulan/tahun :
...............................................................................................
Nama/kelompok : ...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata Pelajaran : ...............................................................................................
Judul Presentasi :
……………………………………………………………
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a. Ide
pokok laporan
b. Keruntutan
berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c. Penggunaan
Bahasa Indonesia.
|
15%
|
|
|
2
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a. Kelancaran
penyampaian gagasan
b. Kejelasan
metode dan prosedur kerja
|
15%
|
|
|
3
|
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a. Bukti
empirik atas argumen
b. Konsistensi
argumentasi
|
15%
|
|
|
4
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a. Sifat
kebaruan hasil karya
b. Kesesuaian
antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
|
15%
|
|
|
5
|
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
|
20%
|
|
|
|
a. Kemampuan
berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b. Keruntutan
dalam penalaran
c. Ketepatan
dalam menjawab pertanyaan
d. Akurasi
uraian materi dengan kesimpulan
|
|
|
|
6
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
|
15%
|
|
|
|
a. Originalitas
atas keaslian karya
b. Keefektifan
atau pencapaian tujuan/prestasi
c. Dampak
atau manfaatnya
|
|
|
|
7
|
SIKAP DALAM PRESENTASI
|
5%
|
|
|
|
a. Kerapihan
b. Kesopanan
|
|
|
|
Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang,
2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
.
c.
LembarTesTertulis
Soal
1.
Menurut anda, apa
Negara Kesatuan Republik Indonesia?
2.
Apa saja yang
menjadi empat pilar utama yang menjadi nilai dan
konsensus dasar yang selama ini menopang tegaknya Republik Indonesia
3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan negara kesatuan.
4.
Apakah
yang menjadi ciri utama bagi negara kesatuan?
5.
Deskripsikan
makna dari kedaulatan negara.
Kunci
Jawaban
1. negara kepulauan yang berciri Nusantara
dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang.
2. Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945,
Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3. negara bersusunan tunggal, yakni
kekuasaan untuk mengatur seluruh daerahnya ada di tangan pemerintah pusat.
Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik ke dalam maupun ke luar
4. supremasi parlemen pusat dan tiadanya
badan-badan lain yang berdaulat.
5. kekuasaan tertinggi yang harus dimiliki
oleh negara. Memiliki kekuasaan tertinggi berarti negara harus dapat menentukan
kehendaknya sendiri serta mampu melaksanakannya. Kehendak negara tersebut dapat
diwujudkan dalam bentuk hukum. Kemampuan untuk melaksanakan sistem hukum dapat
dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan cara paksaan. Oleh sebab itu,
dalam kedaulatan terkandung makna kekuatan
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
_______________________
NIP.
|
.................,
...........................2013
Guru Mata Pelajaran PPKn
_______________________
NIP.
|
0 Comments