KISI KISI SEJARAH INDONESIA 2019



KISI-KISI PENULISAN SOAL SEJARAH INDONESIA
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
SMA AL MUNIROH UJUNGPANGKAH GRESIK
TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018

Mata Pelajaran               : Sejarah Indonesia                                                      
Penyusun Kisi-kisi         : UBAIDILLAH, S.Sos., M.Pd
Kelas / Program          :X(MIPA&IIS)                                                                                             
Jumlah / Bentuk Soal    : 25 PG
KurikulumAcuan    :Kurikulum2013                                                                                              
Alokasi Waktu              : 60  Menit

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi
Pokok
Indikator Soal
NO.
SOAL
1.     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (goton g royong, kerjasama, toleran, damai), san tun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbaga i permasalahan dalam berinteraksi secara efektif de ngan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose dural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya , dan humaniora dengan wawasan k emanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perada ban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang ka jian yang spesifik sesuai dengan bakat d an minatnya untuk memecahkan masalah.

4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait de ngan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu men ggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan




















1.     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (goton g royong, kerjasama, toleran, damai), san tun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbaga i permasalahan dalam berinteraksi secara efektif de ngan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose dural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya , dan humaniora dengan wawasan k emanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perada ban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang ka jian yang spesifik sesuai dengan bakat d an minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait de ngan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu men ggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
·         3.1  Memahami dan menerapkan konsep berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

·         3.2  Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman Praaksara

·         3.3  Menganalisis asal usul nenek moyang Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan Melanesoid)

·         3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat

·         4.1  Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

·         4.2  Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat Indonesia zaman Praaksara dalam bentuk tulisan

·         4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan

·         4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam bentuk tertulis























·         3.1  Memahami dan menerapkan konsep berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

·         3.2  Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman Praaksara

·         3.3  Menganalisis asal usul nenek moyang Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan Melanesoid)

·         3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat

·         4.1  Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

·         4.2  Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat Indonesia zaman Praaksara dalam bentuk tulisan

·         4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan

·         4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam bentuk tertulis

·         Cara berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah

·         Konsep ruang dan waktu

·         Indonesia zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia

·         Kehidupan masyarakat Indonesia

·         Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

·         Kebudayaan zaman praaksara











·         Cara berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah

·         Konsep ruang dan waktu

·         Indonesia zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia

·         Kehidupan masyarakat Indonesia

·         Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

·         Kebudayaan zaman praaksara



























·         Cara berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah

·         Konsep ruang dan waktu

·         Indonesia zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia

·         Kehidupan masyarakat Indonesia

·         Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

·         Kebudayaan zaman praaksara



























·         Cara berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah

·         Konsep ruang dan waktu

·         Indonesia zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia

·         Kehidupan masyarakat Indonesia

·         Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

·         Kebudayaan zaman praaksara

·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian istilah sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah menurut para pakar / ahli
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah secara umum
·         Siswa dapat mengidentifikasi manfaat sejarah bersifat rekreatif
·         Siswa dapat mengidentifikasi penyusunan sejarah secara kronologis
·         Siswa dapat mengidentifikasi obyek sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi defenisi dari zaman prasejarah


·         Siswa dapat mengidentifikasi zaman sejarah di Indonesia
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian estimologi dari kronologi
·         Siswa dapat mengidentifikasi kisah perjalanan Fa-hien seorang musafir Cina sampai ke tarumanegara

·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian peninggalan-peninggalan atau jejak dari suatu peristiwa masa lampau
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah sebagai suatu karya seni
·         Siswa dapat mengidentifikasi Salah satu contoh sumber tertulis dari sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi Guna sejarah menurut Louis Gotscahlk
·         Siswa dapat mengidentifikasi contoh periodesasi sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi alasan Sejarah tidak bisa dilepaskan oleh manusia
·         Siswa dapat mengidentifikasi cabang ilmu yang mempelajari peninggalan-peninggalan benda-benda kuno
·         Siswa dapat mengidentifikasi istilah sejarah secara etimologi
·         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah sebagai sebuah peritiwa
·         Siswa dapat mengidentifikasi alasan Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi
·         Siswa dapat mengidentifikasi padanan sejarah secara etimologi
·         Siswa dapat mengidentifikasi Seorang filosof dan sejarahwan yang telah berjasa besar dalam mentransformasi tradisi sejarah lisan menjadi tradisi sejarah tulis sebagai karya sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi bentuk perubahan yang terjadi secara cepat, radikal dan mendasar dalam sejarah
·         Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari sejarah
1 (PG)




2 (PG)



3 (PG)



4 (PG)




5 (PG)



6 (PG)


7 (PG)




8 (PG)



9 (PG)




10 PG)






11(PG)






12(PG)




13(PG)




14(PG)




15(PG)


16(PG)




17(PG)






18(PG)



19(PG)




20(PG)





21(PG)



22(PG)










23(PG)







24(PG)






25(PG)


Gresik, 11 September 2017
Guru Mata Pelajaran Sejarah,




UBAIDILLAH, S.Sos., M.Pd
NIG. 161 620 10087


Post a Comment

0 Comments