KISI-KISI PENULISAN SOAL SEJARAH INDONESIA
UJIAN TENGAH
SEMESTER (UTS) GANJIL
SMA AL MUNIROH
UJUNGPANGKAH GRESIK
TAHUN PELAJARAN
2017 - 2018
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Penyusun Kisi-kisi : UBAIDILLAH,
S.Sos., M.Pd
Kelas / Program :X(MIPA&IIS)
Jumlah / Bentuk Soal : 25 PG
KurikulumAcuan :Kurikulum2013
Alokasi Waktu : 60
Menit
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
NO.
SOAL
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (goton g royong,
kerjasama, toleran, damai), san tun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbaga i permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif de ngan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose dural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya , dan
humaniora dengan wawasan k emanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perada ban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang ka jian yang spesifik sesuai dengan bakat d an minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait de ngan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu men ggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (goton g royong,
kerjasama, toleran, damai), san tun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbaga i permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif de ngan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prose dural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya , dan
humaniora dengan wawasan k emanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan perada ban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang ka jian yang spesifik sesuai dengan bakat d an minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait de ngan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu men ggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
·
3.1 Memahami dan menerapkan konsep
berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
·
3.2 Memahami corak kehidupan
masyarakat pada zaman Praaksara
·
3.3 Menganalisis asal usul nenek
moyang Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan Melanesoid)
·
3.4 Menganalisis
berdasarkan tipologi hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di
lingkungan terdekat
·
4.1 Menyajikan informasi mengenai keterkaitan
antara konsep berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
·
4.2 Menyajikan hasil penalaran
mengenai corak kehidupan masyarakat Indonesia zaman Praaksara dalam bentuk
tulisan
·
4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi
mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan
Melanesoid) dalam bentuk tulisan
·
4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya praaksara
Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam
bentuk tertulis
·
3.1 Memahami dan menerapkan konsep
berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
·
3.2 Memahami corak kehidupan
masyarakat pada zaman Praaksara
·
3.3 Menganalisis asal usul nenek
moyang Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan Melanesoid)
·
3.4 Menganalisis
berdasarkan tipologi hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di
lingkungan terdekat
·
4.1 Menyajikan informasi mengenai
keterkaitan antara konsep berfikir kronologis, singkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
·
4.2 Menyajikan hasil penalaran
mengenai corak kehidupan masyarakat Indonesia zaman Praaksara dalam bentuk
tulisan
·
4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi
mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero, Melayu dan
Melanesoid) dalam bentuk tulisan
·
4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya praaksara Indonesia
termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam bentuk
tertulis
|
·
Cara
berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah
·
Konsep
ruang dan waktu
·
Indonesia
zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia
·
Kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Asal
usul nenek moyang bangsa Indonesia
·
Kebudayaan
zaman praaksara
·
Cara
berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah
·
Konsep
ruang dan waktu
·
Indonesia
zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia
·
Kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Asal
usul nenek moyang bangsa Indonesia
·
Kebudayaan
zaman praaksara
·
Cara
berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah
·
Konsep
ruang dan waktu
·
Indonesia
zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia
·
Kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Asal
usul nenek moyang bangsa Indonesia
·
Kebudayaan
zaman praaksara
·
Cara
berfikir kronologis dan singkronik cara mempelajari sejarah
·
Konsep
ruang dan waktu
·
Indonesia
zaman praaksara : awal kehidupan masyarakat Indonesia
·
Kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Asal
usul nenek moyang bangsa Indonesia
·
Kebudayaan
zaman praaksara
|
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian istilah
sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah
menurut para pakar / ahli
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah
secara umum
·
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat sejarah
bersifat rekreatif
·
Siswa dapat mengidentifikasi penyusunan sejarah
secara kronologis
·
Siswa dapat mengidentifikasi obyek sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi defenisi dari zaman
prasejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi zaman sejarah di
Indonesia
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian estimologi
dari kronologi
·
Siswa dapat mengidentifikasi kisah perjalanan
Fa-hien seorang musafir Cina sampai ke tarumanegara
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian peninggalan-peninggalan
atau jejak dari suatu peristiwa masa lampau
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah
sebagai suatu karya seni
·
Siswa dapat mengidentifikasi Salah satu contoh
sumber tertulis dari sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi Guna sejarah menurut
Louis Gotscahlk
·
Siswa dapat mengidentifikasi contoh periodesasi
sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi alasan Sejarah tidak
bisa dilepaskan oleh manusia
·
Siswa dapat mengidentifikasi cabang ilmu yang
mempelajari peninggalan-peninggalan benda-benda kuno
·
Siswa dapat mengidentifikasi istilah sejarah secara
etimologi
·
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian sejarah
sebagai sebuah peritiwa
·
Siswa dapat mengidentifikasi alasan Peristiwa
sejarah merupakan peristiwa yang abadi
·
Siswa dapat mengidentifikasi padanan sejarah secara
etimologi
·
Siswa dapat mengidentifikasi Seorang
filosof dan sejarahwan yang telah berjasa besar dalam mentransformasi tradisi
sejarah lisan menjadi tradisi sejarah tulis sebagai karya sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi Proklamasi
kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 dapat dikatakan sebagai peristiwa
sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk
perubahan yang terjadi secara cepat, radikal dan mendasar dalam sejarah
·
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari sejarah
|
1 (PG)
2 (PG)
3 (PG)
4 (PG)
5 (PG)
6 (PG)
7 (PG)
8 (PG)
9 (PG)
10 PG)
11(PG)
12(PG)
13(PG)
14(PG)
15(PG)
16(PG)
17(PG)
18(PG)
19(PG)
20(PG)
21(PG)
22(PG)
23(PG)
24(PG)
25(PG)
|
Gresik, 11 September 2017
Guru Mata Pelajaran Sejarah,
UBAIDILLAH, S.Sos., M.Pd
NIG. 161 620 10087
0 Comments