KISI-KISI SOAL HOTS
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA AL MUNIROH
KURIKULUM : 2013
MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI
PENYUSUN :
Drs. Kuderi Dardak
KELAS/SEMESTER : X IIS
TAPEL : 2018-2019
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
BOBOT SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
2
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
|
3.1. Mengenali dan mengidentifikasi realitas
individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat.
4.1. Mengolah realitas individu, kelompok
dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan
sosial di masyarakat
|
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
|
Ø
Menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan
Ø
Menyebutkan obyek ilmu sosiologi
Ø
Pengertian sosialisasi
Ø
Menjelaskan Tujuan menganalisa gejala social
Ø
Mengidentifikasi ciri-ciri ilmu sosiologi
Ø
Menyebutkan contoh gejala sosialdi masyarkat
Ø
Menyebutkan cara mengatasi disorganissi social
Ø
Menyebutkan gejala realita social
Ø
Menyebutkan manfaat mempelajari sosiologi
Ø
Mengidentifikasi contoh sosialisasi yang tidak sempurna
Ø
Menyebutkan contoh masalah social
Ø
Memberikan dampak masyarakat majemuk
Ø
Mengidentifikasi beberapa contoh gejala sosil
Ø
Mendefinikan perilaku menyimpang
Ø
Mengidentifikasi tanda-tanda masyarkat Indonesia yang majemuk
Ø
Menyebutkan sifat – sifat ilmu sosiologi
Ø
Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu sosiologi
Ø
Menyebutkan upaya mengatasi gejala kemiskinan
Ø
Menyebutkan klasifikasi sikap
seseorang
Ø
Menyebutkan dampak
komuniksi
Ø
Memahami arti assosiasi
Ø
Mengidentifikasi arti alkulturasi
Ø
Mendefinisikan arti kemiskinan
Ø
Mendiskripsikan arti penyimpangan
Ø
Mengidentifikasi cirri – cirri
ilmu sosiologi
Ø
Menyebutkan metode penelitian
Ø
Mendiskripsikan arti interaksi
sosial
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Mudah
Sedang
Mudah
Sulit
Sedang
Sulit
Sedang
Sedang
Sulit
Sedang Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sulit
Sedang
Sulit
Sedang
Sedang
Sulit
Sedang
|
1
2
3
4
5
6,7
8
9
10
11
12,13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28,29
30
|
KISI-KISI SOAL HOTS
SATUAN PENDIDIKAN :
SMA AL MUNIROH KURIKULUM : 2013
MATA PELAJARAN : SOAIOLOGI PENYUSUN : Drs. Kuderi Dardak
KELAS/SEMESTER : XI IIS TAPEL :
2018-2019
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
BOBOT SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
2
|
3. Memahami, mene-rapkan, mengana-lisis
pengetahuan faktual, konsep-tual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya ten-tang ilmu pengeta-huan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanu-siaan, kebangsa-an,
kenegaraan, dan peradaban ter-kait penyebab
feno-mena dan kejadi-an, serta menerap-kan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai de-ngan bakat dan mi-natnya untuk me-mecahkan
masalah
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak ter-kait dengan
pe- ngembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mam-pu menggunakan metode sesuai kai-dah keilmuan
|
3.1.
Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji pengelom-pokan sosial dalam
masyarakat
4.1 . Melakukan kajian, pengamatan dan dis-kusi
tentang penge-lompokan sosial de-ngan menggunakan
tinjauan Sosiologi
3.2 Mengidentifikasi ber-bagai permasalahan
sosial yang muncul dalam masyarakat
4.2. Melakukan
kajian, pengamatan dan dis-kusi mengenai per-masalahan sosial yang muncul di
masyarakat
3.3.
Memahami penerap-an
prinsip-prinsip ke-setaraan dalam me-nyikapi keberagaman untuk menciptakan
kehidupan harmonis dalam masyarakat
4.3 Merumuskan
strategi dalam menciptakan kehidupan yang har-monis dalam masya-rakat
berdasar prin-sip-prinsip kesetaraan
|
Kelompok sosial
|
Ø Mengidentifikasi pengertian kelompok
soaial
Ø Menyebutkan sifat kelompok Patembayan
Ø Menjelaskan Arti Integrasu
Ø Menjelaskan Pengertian Stratifikasi
terbuka
Ø Mendiskripsikan dasar diferensiasi
isosial
Ø Mengidentifikasi tanda diferensiasi
isosial
Ø Mengidentifikasi macam-macam profesi masyarakat
Ø Menjelaskan pengertian diferensiasi
Horizontal
Ø Menjelaskan istilah Stratifikasi dan
beberapa aspek
Ø Mengidentifikasi Pelapisan atas pada
tipe olagrakhis
Ø Mengidentifikasi Pelapisan pada
system kasta
Ø Mengidentifikasi masalaha soaial
Ø Menyebutkan pemicu masalah social
Ø Menyebutkan beberapa contoh masalaha
social
Ø Menyebutkan fungsi sosiologi
Ø Menyebutkan sifat orang miskin
Ø Menyebutkan perilaku menyimpang
Ø Menyebutkan factor penyebab
keniskinan
|
Uraian
|
Sedang
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
|
1
2
3
4
5
6
7
8- 12
13
14 – 18
19 – 20
21
22
23
24
25
26,27,28
29, 30
|
KISI-KISI SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
SMA AL MUNIROH UJUNGPANGKAH GRESIK
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata
Pelajaran : SOSIOLOGI Bentuk Soal : Pilihan
Ganda
Kelas/Semester : XII / Ganjil Penyusun : Drs.
Kuderi Dardak
Kompetensi Dasar
|
Ruang Lingkup Materi
|
Indikator/Spesifikasi
|
Nomor soal
|
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
|
Perubahan sosial
|
·
Mengidentifikasi
dampak perubahan sosial
·
Menyebutkan factor perubahan sosial
·
Mnengidentifikasi tindakan kriminalitas
·
Mendiskripsikan dampak perubahan sosial
·
Mendiskripsikan ciri-ciri perubahan sosial
·
Mengidentifikasi
perubahan progresif
·
Menyebutkan contoh tindakan criminal
·
Menyebutkan tindakan Konsumerisme dan
contohnya
·
Menyebutkan contoh etos kerja manusia modern
·
Mendiskrisikan kesenjangan ekonomi
·
Mendiskripsikan
arti Stratifikasi social dan beberapa aspeknya
·
Menyebutkan cirri-ciri orang modern
·
Menyebutkan factor kemiskinan
·
Menyebutkan dampak perubahan social
·
Menyebutkan sifat stratifikasi tertutup
·
Menyebutkan dasar pembentukan stratifikasi
social
|
1
2
3
4 - 6
7
8 -9
10
11 - 12
13
14 - 16
17 – 20
21
22
23
24, 25
26, 27
28,29.30
|
0 Comments