Soal Sejarah peminatan kelas X semester 1 SMA


Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !

1.      Pengaruh perkembangan sejarah...
a.       Mempengaruhi kehidupan zaman purba
b.      Merubah mahluk hidup zaman sekarang dan zaman lalu
c.       Mempengaruhi perkembangan masyarakat masa kini dan masa yang akan datang
d.      Adanya tulisan di gua – gua
e.       Menjadi sebuah pelajaran pada masayarakat sekarang
2.      Apa yang terjadi bila sejarah tidak ada manusia sebagai pemerannya...
a.       Sejarah menjadi kosong, hampa
b.      Sejarah menjadi lebih baik
c.       Sejarah akan tetap ada karena ada mahluk lain sebagai pemerannya
d.      Tidak kenapa - kenapa karena manusia bukan pemeran utamanya
e.       Sejarah menjadi aman dan tentram karena tidak ada kerusakan
3.      Bagaimanakah eksistensi sejarah muncul...
a.       Muncul karena manusia dan kehidupannya telah beranjak menuju hari esok sehingga meninggalkan hari kemarin.
b.      Muncul berdasarkan contoh yang ada
c.       Karena adanya peninggalan sejarah
d.      Muncul dari bayi saat lahir
e.       Berdasarkan ilmu pengetahuan yang telah ia dapatkan
4.      Karena manusia merupakan aktor utama, manusia cenderung menginginkan...
a.       Dunia yang luas
b.      b.      Ingin bangunan – bangunan besar
c.       c.       Cenderung menginginkan perubahan warna – warna hidup
d.      d.      Kekayaan yang melimpah
e.       e.      Perdamaian di bagian belah dunia
5.      Yang termasuk manfaat belajar sejarah...
a.       Dapat mengenal kehidupan masyarakat atau bangsa terdahulu juga dapat menjadi pedoman bagi suatau bangsa untuk melangkah pada kehidupan dimasa kini dan kehidupan dimasa yang akan datang
b.      Dapat belajar dari kesalahan yang pernah terjadi dimasalalu
c.       Sebagai pedoman hidup
d.      Pelajaran untuk hidup yang lebih baik
e.       Sebagai cara untuk merubah kehidupan kita, serta menambah wawasan pemikiran kita, agar dapat lebih pandai
6.      Pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialami sendiri, tetapi...
a.       Pengalaman juga dapat dari generasi sebelumnya
b.      Pengalaman yang dilakukan bersama orang lain
c.       Dari kesalahan
d.      Dari hal hal yang pernah dilakukan
e.       Dari dalam hati dan jiwa kita yang merasakannya
7.      Kegunaan instruktif sejarah adalah...
a.       Memberikan sebuah pelajaran yang dapat dipetik dari diri kita
b.      Memberikan sebuah harapan untuk masa depan yang lebih cerah
c.       Memberikan pengetahuan yang bermakna
d.      Membangun sebuah karakter
e.       Menjadikan karakter itu lebih baik dari sebelumnya
8.      Fungsi dari inspiratif...
a.       Berperan dalam pembentukan karakter bangsa (nation building)
b.      Sebagai penumbuh rasa inspirasi terhadap pembangunan diri
c.       Membentuk setiap inspirasi diri seseorang
d.      Lebih berkarya
e.       Menjadi semangat yang dapat menginspirasi seseorang
9.      Fungsi dari rekreatif dalam sejarah...
a.       Sebagai sarana rekreasi pembelajaran
b.      Sebagai sarana hiburan karena karya sejaraah juga berfungsi sebagai karya sastra.
c.       Refreshing pikiran
d.      Sebagai penumbuh rasa inspirasi terhadap pembangunan diri
e.       Berperan dalam pembentuka karakter bangsa
10.  Sejarah adalah cerita yang...
a.       Didasakan pada fakta – fata dan disusun dengan metode yang khusus yang bermula dari pencarian dan penemuan jejak – jejak sejarah, menguji jejak – jejak tersebut dengan metode kritik yang ketat dan diteruskan dengan interprestasi fakta- fakta
b.      Cerita panjang yang dikarang berdasarkan pengalaman
c.       Cerita yang didasarkan dengan asas penting yang bersangkutan dengan masalalu
d.      Didasarkan sebuah landasan, yang memacu seseorang atau memotivasi seseorang
e.       Cerita panjang yang terdiri dari beberapa paragraph
11.  Maksud dari sejarah berarti pertumbuhan, asal usul, keturunan, dan silsilah...
a.       Bahwa sejarah itu ibarat sebuah pohon yang terus menerus berkembang dari akar sampai ranting.
b.      Didasakan pada fakta – fata dan disusun dengan metode yang khusus yang bermula dari pencarian dan penemuan jejak – jejak sejarah, menguji jejak – jejak tersebut dengan metode kritik yang ketat dan diteruskan dengan interprestasi fakta- fakta
c.       Seperti mahluk hidup yang tumbuh dan berkembang
d.      Seperti tumbuhan
e.       Sejarah mempunyai sebuah arti kekeluargaan
12.  Maksud hikayat dalam sejarah...
a.       Karya sastra lama melayu berbentuk prosa yang berisi ceita, undang – undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat- sifat itu.
b.      Karya sastra lama melayu berbentuk puisi yang berisi ceita, undang – undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat- sifat itu.
c.       Karya sastra lama melayu berbentuk pantun yang berisi ceita, undang – undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat- sifat itu.
d.      Sebuah karangan yang berisi tentang peninggalan masa lalu
e.       Sebuah isi yang tersirat
13.  Robert V. Daniels menyatakan bahwa...
a.       History a continuous, process of interaction between the historian and his facts, and unending dialogue between the present and the past
b.      All past event is history
c.       Sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia yang berisi perubahan – perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu
d.      History is a human pas ecperience (sejarah adalah pengalaman umat manusia dimasa lampau)
e.       History is the memory of human group experience
14.  Sejarah sebagai peristiwa disebut juga...
a.       Res gestae (sejarah serba objek)
b.      Einmalig
c.       Pengalaman
d.      Waktu yang berlalu
e.       Continuity
15.  Sejarah sebagai kisah dapat dikisahkan atau...
a.       Diceritakan kembali dengan berbentuk sebuah kisah
b.      Ditulis kembali lagi oleh siapa saja dan kapan saja sehingga mempunyai sifat bekelanjutan
c.       Di kenang atau di ceritakan kembali
d.      Dijadikan sebuah sejarah yang menceritakan masa lampau
e.       Dijadikan sebuah pelajaran
16.  Empiris berasal dari kata yunani, emperia artinya...
a.       Pengalaman
b.      Percobaan
c.       Penemuan
d.      Pengamatan yang dilakukan]
e.       Semuanya betul a,b,c,d
17.  Sejarah sosial juga dapat mengambil fakta sosial yang negatif seperti...
a.       Menjalin hubungan intern terhadap orang lain
b.      Saling berinteraksi dengan sesama
c.       Kekerasan, dan kriminalitas
d.      Gotong royong
e.       Menjaga kerukunan
18.  Sejarah ekonomi adalah...
a.       Sejarah yang sesuai dengan teknik – teknik kuantitatif sehingga dianggap sebagai sains atau ilmu sosial
b.      Sejarah yang berhubungan denga perekonomian masyarakat
c.       Sejarah yang mempelajari tentang perdagangan
d.      Sejarah yang mempelajari cara jual beli
e.       Sejarah yang mempelajari ilmu - ilmu ekonomi pada masa lampau
19.  Sejarah politik kovesional cenderung dekskriptif naratif karena...
a.       Hanya memaparkan tentang perang, dilomasi, dan peranan para pahlawan serta ilte politik
b.      Hanya memaparkan tentang perang, kerukunan, kerja sama, keadilan
c.       Karena sejarah politik mengalami perkembangan
d.      Karena mengandung sebuah unsur cerita tentang politik
e.       Memaparkan keadilan yang terjadi pada politik masa lampau dan masa kini
20.  Artefack adalah...
a.       Fakta benda – benda peninggalan
b.      Fakta mental kejiwaan
c.       Fakta sosial
d.      Orang zaman dulu
e.       Fosil
21.  Sejarah intik mulai digunakan para pakar antropologi, arkeolog dan sejarawan pada tahun...
a.       1945
b.      1989
c.       1885
d.      1968
e.       1940
22.  Disiplin sejarah yang mengkaji aspek kepribadian individu disebut...
a.       Folkbelief
b.      Ideas
c.       Psychhistory
d.      History
e.       Oral tradition
23.  Objek penelitian sejarah intelektual adalah...
a.       Segala sesuatu yang berhasil diacapai oleh akal budi manusia pada masa lampau
b.      Penelitian yang ditemukan hasil penelitian pada masa kini
c.       Segala sesuatu yang tidak dapat dicapai akal budi manusia tapi dapat ditemukan atau diketahuin pada masa lampau hingga sekarang
d.      Sebuah tempat peninggalan sejarah
e.       Sebuah benda – benda bersejarah
24.  Silsilah keluarga disebut juga...
a.       Kinship
b.      Family tree
c.       Family clan
d.      A dan B benar
e.       Family awards
25.  Di negara eropa dan amerika perhatian terhadap sejarah pendidikan telah berkembang sejak...
a.       Abad 9 SM
b.      Abad ke- 19 SM
c.       Abad ke 19
d.      Abad ke 5
e.       Abad ke 9

































Post a Comment

0 Comments