Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
1. Pengaruh perkembangan sejarah...
a. Mempengaruhi kehidupan zaman purba
b. Merubah mahluk hidup zaman sekarang
dan zaman lalu
c. Mempengaruhi perkembangan masyarakat
masa kini dan masa yang akan datang
d. Adanya tulisan di gua – gua
e. Menjadi sebuah pelajaran pada
masayarakat sekarang
2. Apa yang terjadi bila sejarah tidak
ada manusia sebagai pemerannya...
a. Sejarah menjadi kosong, hampa
b. Sejarah menjadi lebih baik
c. Sejarah akan tetap ada karena ada
mahluk lain sebagai pemerannya
d. Tidak kenapa - kenapa karena manusia
bukan pemeran utamanya
e. Sejarah menjadi aman dan tentram
karena tidak ada kerusakan
3. Bagaimanakah eksistensi sejarah
muncul...
a. Muncul karena manusia dan
kehidupannya telah beranjak menuju hari esok sehingga meninggalkan hari
kemarin.
b. Muncul berdasarkan contoh yang ada
c. Karena adanya peninggalan sejarah
d. Muncul dari bayi saat lahir
e. Berdasarkan ilmu pengetahuan yang
telah ia dapatkan
4. Karena manusia merupakan aktor
utama, manusia cenderung menginginkan...
a. Dunia yang luas
b. b.
Ingin bangunan – bangunan besar
c. c.
Cenderung menginginkan perubahan warna – warna hidup
d. d.
Kekayaan yang melimpah
e. e.
Perdamaian di bagian belah dunia
5. Yang termasuk manfaat belajar
sejarah...
a. Dapat mengenal kehidupan masyarakat
atau bangsa terdahulu juga dapat menjadi pedoman bagi suatau bangsa untuk
melangkah pada kehidupan dimasa kini dan kehidupan dimasa yang akan datang
b. Dapat belajar dari kesalahan yang
pernah terjadi dimasalalu
c. Sebagai pedoman hidup
d. Pelajaran untuk hidup yang lebih
baik
e. Sebagai cara untuk merubah kehidupan
kita, serta menambah wawasan pemikiran kita, agar dapat lebih pandai
6. Pengalaman tidak hanya terbatas pada
pengalaman yang dialami sendiri, tetapi...
a. Pengalaman juga dapat dari generasi
sebelumnya
b. Pengalaman yang dilakukan bersama
orang lain
c. Dari kesalahan
d. Dari hal hal yang pernah dilakukan
e. Dari dalam hati dan jiwa kita yang
merasakannya
7. Kegunaan instruktif sejarah
adalah...
a. Memberikan sebuah pelajaran yang
dapat dipetik dari diri kita
b. Memberikan sebuah harapan untuk masa
depan yang lebih cerah
c. Memberikan pengetahuan yang bermakna
d. Membangun sebuah karakter
e. Menjadikan karakter itu lebih baik
dari sebelumnya
8. Fungsi dari inspiratif...
a. Berperan dalam pembentukan karakter
bangsa (nation building)
b. Sebagai penumbuh rasa inspirasi
terhadap pembangunan diri
c. Membentuk setiap inspirasi diri
seseorang
d. Lebih berkarya
e. Menjadi semangat yang dapat
menginspirasi seseorang
9. Fungsi dari rekreatif dalam
sejarah...
a. Sebagai sarana rekreasi pembelajaran
b. Sebagai sarana hiburan karena karya
sejaraah juga berfungsi sebagai karya sastra.
c. Refreshing pikiran
d. Sebagai penumbuh rasa inspirasi
terhadap pembangunan diri
e. Berperan dalam pembentuka karakter
bangsa
10. Sejarah adalah cerita yang...
a. Didasakan pada fakta – fata dan
disusun dengan metode yang khusus yang bermula dari pencarian dan penemuan
jejak – jejak sejarah, menguji jejak – jejak tersebut dengan metode kritik yang
ketat dan diteruskan dengan interprestasi fakta- fakta
b. Cerita panjang yang dikarang
berdasarkan pengalaman
c. Cerita yang didasarkan dengan asas
penting yang bersangkutan dengan masalalu
d. Didasarkan sebuah landasan, yang
memacu seseorang atau memotivasi seseorang
e. Cerita panjang yang terdiri dari
beberapa paragraph
11. Maksud dari sejarah berarti
pertumbuhan, asal usul, keturunan, dan silsilah...
a. Bahwa sejarah itu ibarat sebuah
pohon yang terus menerus berkembang dari akar sampai ranting.
b. Didasakan pada fakta – fata dan
disusun dengan metode yang khusus yang bermula dari pencarian dan penemuan
jejak – jejak sejarah, menguji jejak – jejak tersebut dengan metode kritik yang
ketat dan diteruskan dengan interprestasi fakta- fakta
c. Seperti mahluk hidup yang tumbuh dan
berkembang
d. Seperti tumbuhan
e. Sejarah mempunyai sebuah arti
kekeluargaan
12. Maksud hikayat dalam sejarah...
a. Karya sastra lama melayu berbentuk
prosa yang berisi ceita, undang – undang, dan silsilah bersifat rekaan,
keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat- sifat itu.
b. Karya sastra lama melayu berbentuk
puisi yang berisi ceita, undang – undang, dan silsilah bersifat rekaan,
keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat- sifat itu.
c. Karya sastra lama melayu berbentuk
pantun yang berisi ceita, undang – undang, dan silsilah bersifat rekaan,
keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat- sifat itu.
d. Sebuah karangan yang berisi tentang
peninggalan masa lalu
e. Sebuah isi yang tersirat
13. Robert V. Daniels menyatakan
bahwa...
a. History a continuous, process of
interaction between the historian and his facts, and unending dialogue between
the present and the past
b. All past event is history
c. Sejarah sebagai catatan tentang
masyarakat umat manusia atau peradaban dunia yang berisi perubahan – perubahan
yang terjadi pada watak masyarakat itu
d. History is a human pas ecperience (sejarah adalah pengalaman umat
manusia dimasa lampau)
e. History is the memory of human group
experience
14. Sejarah sebagai peristiwa disebut
juga...
a. Res gestae (sejarah serba objek)
b. Einmalig
c. Pengalaman
d. Waktu yang berlalu
e. Continuity
15. Sejarah sebagai kisah dapat
dikisahkan atau...
a. Diceritakan kembali dengan berbentuk
sebuah kisah
b. Ditulis kembali lagi oleh siapa saja
dan kapan saja sehingga mempunyai sifat bekelanjutan
c. Di kenang atau di ceritakan kembali
d. Dijadikan sebuah sejarah yang
menceritakan masa lampau
e. Dijadikan sebuah pelajaran
16. Empiris berasal dari kata yunani,
emperia artinya...
a. Pengalaman
b. Percobaan
c. Penemuan
d. Pengamatan yang dilakukan]
e. Semuanya betul a,b,c,d
17. Sejarah sosial juga dapat mengambil
fakta sosial yang negatif seperti...
a. Menjalin hubungan intern terhadap
orang lain
b. Saling berinteraksi dengan sesama
c. Kekerasan, dan kriminalitas
d. Gotong royong
e. Menjaga kerukunan
18. Sejarah ekonomi adalah...
a. Sejarah yang sesuai dengan teknik –
teknik kuantitatif sehingga dianggap sebagai sains atau ilmu sosial
b. Sejarah yang berhubungan denga
perekonomian masyarakat
c. Sejarah yang mempelajari tentang
perdagangan
d. Sejarah yang mempelajari cara jual
beli
e. Sejarah yang mempelajari ilmu - ilmu
ekonomi pada masa lampau
19. Sejarah politik kovesional cenderung
dekskriptif naratif karena...
a. Hanya memaparkan tentang perang,
dilomasi, dan peranan para pahlawan serta ilte politik
b. Hanya memaparkan tentang perang,
kerukunan, kerja sama, keadilan
c. Karena sejarah politik mengalami
perkembangan
d. Karena mengandung sebuah unsur
cerita tentang politik
e. Memaparkan keadilan yang terjadi
pada politik masa lampau dan masa kini
20. Artefack adalah...
a. Fakta benda – benda peninggalan
b. Fakta mental kejiwaan
c. Fakta sosial
d. Orang zaman dulu
e. Fosil
21. Sejarah intik mulai digunakan para
pakar antropologi, arkeolog dan sejarawan pada tahun...
a. 1945
b. 1989
c. 1885
d. 1968
e. 1940
22. Disiplin sejarah yang mengkaji aspek
kepribadian individu disebut...
a. Folkbelief
b. Ideas
c. Psychhistory
d. History
e. Oral tradition
23. Objek penelitian sejarah intelektual
adalah...
a. Segala sesuatu yang berhasil
diacapai oleh akal budi manusia pada masa lampau
b. Penelitian yang ditemukan hasil
penelitian pada masa kini
c. Segala sesuatu yang tidak dapat
dicapai akal budi manusia tapi dapat ditemukan atau diketahuin pada masa lampau
hingga sekarang
d. Sebuah tempat peninggalan sejarah
e. Sebuah benda – benda bersejarah
24. Silsilah keluarga disebut juga...
a. Kinship
b. Family tree
c. Family clan
d. A dan B benar
e. Family awards
25. Di negara eropa dan amerika
perhatian terhadap sejarah pendidikan telah berkembang sejak...
a. Abad 9 SM
b. Abad ke- 19 SM
c. Abad ke 19
d. Abad ke 5
e. Abad ke 9
0 Comments