CONTOH SOAL DAN KISI-KISI PAS SEJARAH INDONESIA KELAS XI LENGKAP DENGAN KUNCI TAHUN PELAJARAN 2021-2022


 

SOAL SEJARAH INDONESIA XI

1.       Pada masa pemerintahan colonial, kekuasaan-kekuasaan kerajaan di Nusantara menurun karena adanya intervensi dari pemerintahan colonial lewat …

a.       Devide et impera

b.      Etis

c.       Rody

d.      Tanam paksa

e.      Peperangan

2.       Salah satu keberhasilan penguasa colonial Belanda adalah “ Tiap prefektur dipimpin oleh prefek, yang merupakan orang eropa, sedangkan tiap Regentchap dipimpin oleh bupati yang berasal dari orang pribumi bangsawan. Arti Regentchap adalah …

a.       Kecamatan

b.      Kelurahan

c.       Kota

d.      Kabupaten

e.      Propinsi

3.       Dengan datangnya bang Eropa, pada bidang ekonomi masyarakat diperkenalkan mata uang dalam bentuk …

a.       Emas

b.      Barter

c.       Kertas dan logam

d.      Giro

e.      Wesel

4.       Bank modern di Hindia-Belanda yang muncul pertama kali dan didirikan di Batavia pada tahun …

a.       1828

b.      1829

c.       1830

d.      1831

e.      1832

5.       Salah satu dampak dalam bidang social adalah …

a.       Munculnya masyarakat yang menganut agama budha

b.      Munculnya masyarakat kaya raya

c.       Munculnya masyarakat yang kreatif

d.      Munculnya masyarakat yang menganut agama hindu

e.      Munculnya masyarakat yang menganut agama katolik dan protestan

6.       Kedatangan Portugis membawa semangat 3G. Semangat 3G adalah …

a.       Gospel, girl, gold

b.      Gospel, good, glory

c.       Gospel, gold, glory

d.      Gospel, goota, glory

e.      Gospel, gowork, gold

7.       Penyebaran agama Kristen protestan mulai terjadi pada masa pemerintahan …

a.       Gubernur jenderal Raffles

b.      Daendles

c.       Douwes dekker

d.      Janseens

e.      Napoleon

8.       Dampak dalam bidang budaya yang pertama adalah …

a.       Adanya kata-kata serapan

b.      Adanya kata aneh

c.       Adanya kata rumit

d.      Adanya kata baku

e.      Adanya kata kerja

9.       Berikut dampak kedatangan bangsa eropa dalam bidang budaya …

a.       Berbagai music internasional atau pun tarian seperti dansa

b.      Menjalankan sistem tanam paksa

c.       Membuat propaganda

d.      Mengetahui bagaimana bercocok tanam

e.      Mengenal adanya sistem dan tata bahasa

10.   Gaya arsitektur pada bangunan zaman belanda menjadi dampak kedatangan bangsa eropa. Di bawah ini yang bukan termasuk bangunan benteng yang didirikan oleh bangsa eropa adalah …

a.       Benteng fort de kock

b.      Benteng Marlborough

c.       Benteng spellwijk

d.      Benteng vredeburg

e.      Benteng kedung cowek

11.   Penerapan kebijakan politik etis pada pertengahan abad ke-19 mendorong pemerintah colonial belanda untuk …

a.       Memberikan perhatian pada bidang pendidikan

b.      Memiliki sistem pemerintahan yang baru

c.       Membuat sistem sendiri

d.      Menikmati kekuasaan

e.      Mengejar kekuasaan

12.   Berikut ini merupakan contoh perhatian colonial belanda pada bidang pendidikan …

a.       Menginginkan sistem tanam paksa

b.      Membuat sistem terasering

c.       Menginginkan rempah-rempah

d.      Membuat arena bermain

e.      Mendirikan sekolah

13.   Sekolah yang didirikan untuk anak Eropa yaitu …

a.       ELS

b.      HIS

c.       MULO

d.      STOVIA

e.      THS

14.   Kepanjangan dari ELS yaitu

a.       Europese Lagere School

b.      Holand inlandse School

c.       Europe Large Scoot

d.      Eropa Lis Sekolah

e.      Europe Sekolah Lag

15.   Berikut ini adalah sekolah teknik yang didirikan oleh Belanda yaitu …

a.       OSVIA

b.      STOVIA

c.       THS

d.      ITB

e.      MULO

16.   Politik colonial memasuki babak baru yaitu politik etis yang muncul pada abad …

a.       Ke-16

b.      Ke-17

c.       Ke-18

d.      Ke-19

e.      Ke-20

17.   Perhatikan program-program berikut ini !

1)      Irigasi

2)      Emigrasi

3)      Edukasi

4)      Transmigrasi

5)      Politisasi

6)      Akomodasi

Program dari politik etis yang benar adalah …

a.       1,2,4

b.      4,5,6

c.       1,3,5

d.      1,3,4

e.      2,4,6

18.   Perhatikan pernyataan berikut!

1)      Sarekat dagang islam

2)      Budi Utomo

3)      Jong java

4)      Jong kelebes

5)      Jong minahasa

6)      Jong Sumatranen Bond

Organisasi di atas memiliki konsep yaitu …

a.       Pemecah belah

b.      Pemanut belanda

c.       Dapat menghentikan kuasa

d.      Nasionalisme

e.      Perusak bangsa

19.   Inti sumpah pemuda adalah …

a.       Satu Negara, satu budaya, dan satu bangsa

b.      Satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

c.       Satu bangsa, satu wilayah dan satu bahasa

d.      Satu bangsa, satu budaya, dan satu nusa

e.      Satu daerah, satu jiwa dan satu budaya

20.   Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah pengamalan isi sumpah pemuda yang …

a.       Pertama

b.      Kedua

c.       Ketiga

d.      Keempat

e.      Kelima

21.   Sejarah sumpah pemuda diawali tepatnya pada tanggal …

a.       28 Oktober 1928

b.      28 November 1928

c.       28 Desember 1928

d.      28 Januari 1928

e.      28 Februari 1928

22.   Yang menjadi ketua Kongres pemuda I adalah …

a.       Jamaluddin adinegoro

b.      Bahder Johan

c.       M. Tabrani

d.      Sumarmo

e.      Suwarso

23.   Bahasa Persatuan Indonesia adalah …

a.       Bahasa melayu

b.      Bahasa Indonesia

c.       Bahasa inggris

d.      Bahasa jawa

e.      Bahasa Sunda

24.   Perhatikan Pernyataan Berikut !

1)      Sugondo Joyopuspito

2)      Joko Marsaid

3)      Mohammad Yamin

4)      Amir Sarifuddin

5)      Ir. Soekarno

Nama tokoh di atas yang menjadi ketua Kongres Pemuda II adalah …

a.       1

b.      2

c.       3

d.      4

e.      5

25.   Perhatikan pernyataan berikut !

1)      Persatuan dan kesatuan

2)      Berjuang dengan gigih

3)      Rela berkorban bagi bangsa dan Negara

4)      Mengusir penjajah yang masih ada

5)      Kesetiaan terhadap bangsa dan negara

Pernyataan di atas manakah yang termasuk ke dalam nilai-nilai penting sumpah pemuda …

a.       1,2,3

b.      2,3,4

c.       3,4,5

d.      1,3,2

e.      1,3,5

1.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

BOBOT SOAL

1

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Menganalisis dampak politik, budaya,social, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini

4.3 Menalar  dampak politik, budaya,social, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah

 

 

-   Dampak dalam bidang politik dan Ekonomi

 

 

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bidang politik dan struktur pemerintahan

PG

1

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Keberhasilan colonial belanda dalam membuat penguasa daerah tunduk

PG

2

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bidang ekonomi

PG

3

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bidang ekonomi

PG

4

4

- Dampak dalam bidang social-budaya dan pendidikan

 

 

 

 

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Dalam bidang social

PG

5

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Semangat 3G

PG

6

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Penyebaran agama Kristen protestan

PG

7

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bidang Budaya

PG

8

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bidang Budaya

PG

9

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bidang Budaya

PG

10

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bidang pendidikan

PG

11

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bidang pendidikan

PG

12

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bidang pendidikan

PG

13

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bidang pendidikan

PG

14

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bidang pendidikan

PG

15

4

3.4 Menghargai nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini

4.4 Menyajikan langkah-langkah dalam penerapan nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan/media lain

 

-   Latar belakang Sumpah Pemuda

 

 

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi awal munculnya politik etis

PG

16

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi tiga program politik etis

PG

17

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bangkitnya nasionalisme

PG

18

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bangkitnya nasionalisme

PG

19

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bangkitnya nasionalisme

PG

20

4

 

- Sumpah pemuda Tonggak Persatuan dan Kesatuan

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Sejarah sumpah pemuda

PG

21

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Kongres Pemuda I

PG

22

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Bahasa Persatuan

PG

23

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Kongres Pemuda II

PG

24

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi Nilai-nilai penting sumpah pemuda

PG

25

4

 


Post a Comment

0 Comments