SOAL SEJARAH INDONESIA XI
1.
Pada masa pemerintahan colonial,
kekuasaan-kekuasaan kerajaan di Nusantara menurun karena adanya intervensi dari
pemerintahan colonial lewat …
a. Devide et impera
b.
Etis
c.
Rody
d.
Tanam paksa
e.
Peperangan
2.
Salah satu keberhasilan penguasa colonial
Belanda adalah “ Tiap prefektur dipimpin oleh prefek, yang merupakan orang eropa,
sedangkan tiap Regentchap dipimpin oleh bupati yang berasal dari orang pribumi
bangsawan. Arti Regentchap adalah …
a.
Kecamatan
b.
Kelurahan
c.
Kota
d. Kabupaten
e.
Propinsi
3.
Dengan datangnya bang Eropa, pada bidang ekonomi
masyarakat diperkenalkan mata uang dalam bentuk …
a.
Emas
b.
Barter
c. Kertas dan logam
d.
Giro
e.
Wesel
4.
Bank modern di Hindia-Belanda yang muncul
pertama kali dan didirikan di Batavia pada tahun …
a. 1828
b.
1829
c.
1830
d.
1831
e.
1832
5.
Salah satu dampak dalam bidang social adalah …
a.
Munculnya masyarakat yang menganut agama budha
b.
Munculnya masyarakat kaya raya
c.
Munculnya masyarakat yang kreatif
d.
Munculnya masyarakat yang menganut agama hindu
e. Munculnya masyarakat yang
menganut agama katolik dan protestan
6.
Kedatangan Portugis membawa semangat 3G.
Semangat 3G adalah …
a.
Gospel, girl, gold
b.
Gospel, good, glory
c. Gospel, gold, glory
d.
Gospel, goota, glory
e.
Gospel, gowork, gold
7.
Penyebaran agama Kristen protestan mulai terjadi
pada masa pemerintahan …
a. Gubernur jenderal Raffles
b.
Daendles
c.
Douwes dekker
d.
Janseens
e.
Napoleon
8.
Dampak dalam bidang budaya yang pertama adalah …
a. Adanya kata-kata serapan
b.
Adanya kata aneh
c.
Adanya kata rumit
d.
Adanya kata baku
e.
Adanya kata kerja
9.
Berikut dampak kedatangan bangsa eropa dalam bidang
budaya …
a. Berbagai music internasional
atau pun tarian seperti dansa
b.
Menjalankan sistem tanam paksa
c.
Membuat propaganda
d.
Mengetahui bagaimana bercocok tanam
e.
Mengenal adanya sistem dan tata bahasa
10.
Gaya arsitektur pada bangunan zaman belanda
menjadi dampak kedatangan bangsa eropa. Di bawah ini yang bukan termasuk
bangunan benteng yang didirikan oleh bangsa eropa adalah …
a.
Benteng fort de kock
b.
Benteng Marlborough
c.
Benteng spellwijk
d.
Benteng vredeburg
e. Benteng kedung cowek
11.
Penerapan kebijakan politik etis pada
pertengahan abad ke-19 mendorong pemerintah colonial belanda untuk …
a. Memberikan perhatian pada bidang
pendidikan
b.
Memiliki sistem pemerintahan yang baru
c.
Membuat sistem sendiri
d.
Menikmati kekuasaan
e.
Mengejar kekuasaan
12.
Berikut ini merupakan contoh perhatian colonial
belanda pada bidang pendidikan …
a.
Menginginkan sistem tanam paksa
b.
Membuat sistem terasering
c.
Menginginkan rempah-rempah
d.
Membuat arena bermain
e. Mendirikan sekolah
13.
Sekolah yang didirikan untuk anak Eropa yaitu …
a. ELS
b.
HIS
c.
MULO
d.
STOVIA
e.
THS
14.
Kepanjangan dari ELS yaitu
a. Europese Lagere School
b.
Holand inlandse School
c.
Europe Large Scoot
d.
Eropa Lis Sekolah
e.
Europe Sekolah Lag
15.
Berikut ini adalah sekolah teknik yang didirikan
oleh Belanda yaitu …
a.
OSVIA
b.
STOVIA
c. THS
d.
ITB
e.
MULO
16.
Politik colonial memasuki babak baru yaitu
politik etis yang muncul pada abad …
a.
Ke-16
b.
Ke-17
c.
Ke-18
d.
Ke-19
e. Ke-20
17.
Perhatikan program-program berikut ini !
1)
Irigasi
2)
Emigrasi
3)
Edukasi
4)
Transmigrasi
5)
Politisasi
6)
Akomodasi
Program dari politik etis yang benar adalah …
a.
1,2,4
b.
4,5,6
c.
1,3,5
d. 1,3,4
e.
2,4,6
18.
Perhatikan pernyataan berikut!
1)
Sarekat dagang islam
2)
Budi Utomo
3)
Jong java
4)
Jong kelebes
5)
Jong minahasa
6)
Jong Sumatranen Bond
Organisasi di atas memiliki konsep yaitu …
a.
Pemecah belah
b.
Pemanut belanda
c.
Dapat menghentikan kuasa
d. Nasionalisme
e.
Perusak bangsa
19.
Inti sumpah pemuda adalah …
a.
Satu Negara, satu budaya, dan satu bangsa
b. Satu nusa, satu bangsa dan satu
bahasa
c.
Satu bangsa, satu wilayah dan satu bahasa
d.
Satu bangsa, satu budaya, dan satu nusa
e.
Satu daerah, satu jiwa dan satu budaya
20.
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
adalah pengamalan isi sumpah pemuda yang …
a.
Pertama
b.
Kedua
c. Ketiga
d.
Keempat
e.
Kelima
21.
Sejarah sumpah pemuda diawali tepatnya pada
tanggal …
a. 28 Oktober 1928
b.
28 November 1928
c.
28 Desember 1928
d.
28 Januari 1928
e.
28 Februari 1928
22.
Yang menjadi ketua Kongres pemuda I adalah …
a.
Jamaluddin adinegoro
b.
Bahder Johan
c. M. Tabrani
d.
Sumarmo
e.
Suwarso
23.
Bahasa Persatuan Indonesia adalah …
a.
Bahasa melayu
b. Bahasa Indonesia
c.
Bahasa inggris
d.
Bahasa jawa
e.
Bahasa Sunda
24.
Perhatikan Pernyataan Berikut !
1)
Sugondo Joyopuspito
2)
Joko Marsaid
3)
Mohammad Yamin
4)
Amir Sarifuddin
5)
Ir. Soekarno
Nama tokoh di atas yang menjadi ketua Kongres Pemuda II adalah …
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
25.
Perhatikan pernyataan berikut !
1)
Persatuan dan kesatuan
2)
Berjuang dengan gigih
3)
Rela berkorban bagi bangsa dan Negara
4)
Mengusir penjajah yang masih ada
5)
Kesetiaan terhadap bangsa dan negara
Pernyataan di atas manakah yang termasuk ke dalam nilai-nilai penting
sumpah pemuda …
a.
1,2,3
b.
2,3,4
c.
3,4,5
d.
1,3,2
e. 1,3,5
1.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
BOBOT SOAL |
1 |
3.3
Menganalisis dampak politik, budaya,social, ekonomi, dan pendidikan pada masa
penjajahan bangsa eropa (portugis, spanyol, belanda, inggris) dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini 4.3
Menalar dampak politik,
budaya,social, ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa eropa
(portugis, spanyol, belanda, inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini dan menyajikanya dalam bentuk cerita sejarah |
-
Dampak dalam bidang politik dan Ekonomi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bidang politik dan struktur pemerintahan |
PG |
1 |
4 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Keberhasilan colonial belanda dalam membuat penguasa daerah tunduk |
PG |
2 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bidang ekonomi |
PG |
3 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bidang ekonomi |
PG |
4 |
4 |
|||
-
Dampak dalam bidang social-budaya dan pendidikan |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Dalam bidang social |
PG |
5 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Semangat 3G |
PG |
6 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Penyebaran agama Kristen protestan |
PG |
7 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bidang Budaya |
PG |
8 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bidang Budaya |
PG |
9 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bidang Budaya |
PG |
10 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bidang pendidikan |
PG |
11 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bidang pendidikan |
PG |
12 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bidang pendidikan |
PG |
13 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bidang pendidikan |
PG |
14 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bidang pendidikan |
PG |
15 |
4 |
|||
3.4 Menghargai nilai-nilai
sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa
kini 4.4 Menyajikan
langkah-langkah dalam penerapan nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi
kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan/media
lain |
-
Latar belakang Sumpah Pemuda |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
awal munculnya politik etis |
PG |
16 |
4 |
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
tiga program politik etis |
PG |
17 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bangkitnya nasionalisme |
PG |
18 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bangkitnya nasionalisme |
PG |
19 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bangkitnya nasionalisme |
PG |
20 |
4 |
|||
-
Sumpah pemuda Tonggak Persatuan dan Kesatuan |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Sejarah sumpah pemuda |
PG |
21 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Kongres Pemuda I |
PG |
22 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Bahasa Persatuan |
PG |
23 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Kongres Pemuda II |
PG |
24 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
Nilai-nilai penting sumpah pemuda |
PG |
25 |
4 |
0 Comments