CONTOH SOAL PTS 2021 TERBARU BAHASA INDONESIA KELAS KELAS XI ( LENGKAP DENGAN KISI-KISI DAN KUNCI JAWABAN )

 


KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

1.     Satuan Pendidikan           : SMA Al Muniroh                                                                                                                                                                            5.    Kurikulum Acuan        : K13

2.     Mata Pelajaran                  : BAHASA INDONESIA                                                                                                                                                                   6.    Alokasi Waktu              : 60 Menit

3.     Jenis Ulangan                    : Penilaian Tengah Semester                                                                                                                                                          7.    Jumlah Soal                   : 25 Pilihan Ganda

4.     Kelas/Semester                                : XI/Gasal                                                                                                                                                                                           8.    Penyusun                       : MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

BOBOT SOAL

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

3.1  Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

 

4.1  merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat  secara lisan dan tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian ) dalam teks eksplanasi lisan dan tulis

3.4 Mengonstruksi struktur dan kebahasaan teks eksplanasi 

Mengonstruksi informasi dalam teks prosedur

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks prosedur

PG

1

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks prosedur

PG

2

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks prosedur

PG

3

4

Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan

Peserta didik dapat  mengidentifikasi ciri-ciri teks prosedur

PG

4

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapanya

PG

5

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapanya

PG

6

4

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi struktur teks prosedur

PG

7

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi struktur teks prosedur

PG

8

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi unsur kebahasaan teks prosedur

PG

9

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi unsur kebahasaan teks prosedur

PG

10

4

Mengembangkan teks prosedur

Peserta didik dapat  mengidentifikasi rancangan garis besar suatu prosedur

PG

11

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kaidahnya.

PG

12

4

Melaporkan kegiatan membaca buku

Peserta didik dapat  mengidentifikasi butir-butir penting dalam teks nonfiksi

PG

13

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi jenis buku

PG

14

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi isi buku

PG

15

4

Mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi

PG

16

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi

PG

17

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi

PG

18

4

Mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi

PG

19

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi

PG

20

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi

PG

21

4

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

Peserta didik dapat  mengidentifikasi struktur teks eksplanasi

PG

22

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi struktur teks eksplanasi

PG

23

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi struktur teks eksplanasi

PG

24

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi struktur teks eksplanasi

PG

25

4

Gresik, 23 September 2021

 

Penyusun

 

 

 

 

MIFTAKHUL ULUM, S.Pd               

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                               

 

 

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS XI

1.      Perhatikan kutipan teks berikut!

1. Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer. 

2. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungkan dengan

    kabel power ke stabilizer atau CPU komputer
3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan

Kutipan teks tersebut merupakan langkah-langkah untuk…

a.      Mematikan computer

b.      Menghidupkan televise

c.       Menyalakan kompor gas

d.      Menyalakan setrika

e.      Menghidupkan Komputer

2.      Daun cincau perdu disiapkan di ember lalu disiram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan sehingga mengurangi aroma daun cincau.

Kutipan di atas adalah bagian isi yang menjelaskan tentang....

a. Pemilihan bahan pembuatan cincau

b. Bahan- bahan pembuatan cintau

c. Salah satu langkah pembuatan cincau

d. Perlengkapan untuk pembuatan cincau

e. Manfaat ekonomis pembuatan cincau

3.      Teks tersebut termasuk dalam struktur bagian…

a.      Tujuan

b.      Langkah

c.       Hasil

d.      Kesimpulan

e.      Penutup

4.      Perhatikan kalimat berikut!

Jangan menyalakan radio keras-keras!

Kalimat tersebut berisi tentang…

a.      Perintah

b.      Tanya

c.       Larangan

d.      Berita

e.      Simpati

5.      (1) Menemukan kesimpulan dalam teks prosedur

(2) Membaca teks prosedur secara keseluruhan

(3) Mencari ide pokok dalam teks prosedur

Urutan yang tepat langkah-langkah agar mudah mengungkapkan informasi berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur adalah…

a.      1-2-3

b.      1-3-2

c.       2-3-1

d.      2-1-3

e.      3-2-1

6.      Pilih lokasi yang memperoleh cukup sinar matahari karena akan memacu pertumbuhan & pembiakan lobster. Tetapi saat induk bertelur, hindarkan dari sinar matahari langsung agar telur-telur tidak gampang rontok. Buatlah kolam permanen, bagian dasar & tepi kolam seharusnya diplester. Bak pemeliharaan lobster harus khusus untuk lobster, tidak dicampur dengan jenis ikan lainnya.

Kutipan tersebut menginformasikan tentang …

a.      Bak pemeliharaan udang lobster

b.      Bak penetasan untuk induk lobster

c.       Pemilihan tempat pembesaran lobster

d.       Lokasi yang sesuai untuk tempat pembenihan lobster

e.      Kolam permanen untuk pembenihan lobster air tawar

Bacalah teks berikut!

(1) Canting (alat tulis lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif batik)

(2) Pensil bola
(3) Kain mori putih
(4) Lilin malam
(5) Kompor atau alat pemanas lilin malam
(6) Bahan warna kain

7.      Penggalan teks tersebut di atas termasuk dalam bagian …

a.      Tujuan

b.      Alat dan bahan

c.       Judul

d.      Langkah-langkah

e.      Penutup

8.      Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.

Struktur teks prosedur termasuk bagian …

a.      Tujuan

b.      Langkah-langkah

c.       Isi

d.      Alat

e.      Bahan

9.      Siapkan baskom yang sudah dibersihkan. Cuci daun cincau hijau yang baru dipetik,
masukkan dalam waskom. Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih. Sambil
dilumatkan beri air matang sedikit demi sedikit, terus diremas-remas sehingga terasa lekat di
tangan. Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan. Setelah terbentuk gelatin (cairan
kental) disaring dan ditampung pada panci yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan
diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.

Kata penghubung yang ada dalam kutipantersebut adalah ...

a.      Kemudian, sehingga, dan

b.      Siapkan, masukkan, campurkan

c.       Kemudian, siapkan, disaring

d.      Setelah, campurkan, ditampung

e.      Campurkan, dan, disiapkan

10.  Bungkuslah adonan dengan rapat. Talikan raffia dengan cara menyilang. Minum cairan tanpa diaduk! 

Teks tersebut termasuk pada kalimat …

a.      Imperatif

b.      Deklaratif

c.       Interogatif

d.      Rujukan

e.      Kiasan

11.  Bacalah teks prosedur berikut !

(1) Menyiapkan air pada tempat khusus untuk menyiram,

(2) kemudian di sekitar batang bawah pohon jeruk ditaburi pupuk kandang,

(3) siramlah secara perlahan bagian atas pohon jeruk.
Judul yang tepat untuk bagian teks prosedur di atas adalah ....

a. Perawatan pohon jeruk

b. Memanen jeruk yang baik

c. Memilih bibit jeruk

d. Menyiram pohon jeruk

e. Menanam pohon jeruk

12. Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikandalam membuat teks prosedur, kecuali...
a. Menggunakan kalimat dan kata-kata yang sesuai berdasarkan dengan karakteristik dari teks

           prosedur tersebut
b. Bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan calon pembaca
c. Urutan-urutan instruksi atau urutan langkah teks pengarah dalam teks prosedur harus

           sistematis
d. Menyusun teks prosedur secara utuh​

      e. Langkah-langkah atau instruksi yang anda berikan wajib anda pastikan sudah lebih jelas dan

           mudah untuk dipahami oleh orang lain atau para pembaca

13.  Berikut yang bukan termasuk butir-butir penting  dalam teks nonfiksi adalah …

a.      Judul buku

b.      Pengarang buku

c.       Isi buku

d.      Biodata penulis

e.      Biodata pembeli

14.  Buku dibagi menjadi dua jenis yaitu …

a.      Buku tulis dan buku cerita

b.      Buku realis dan buku dongeng

c.       Buku fiksi dan buku nonfiksi

d.      Buku karangan dan buku gambar

e.      Buku fiksi dan buku petunjuk

15.  (1) kata pengantar

(2) lampiran, dapat berupa gambar dan tabel

(3) biodata penulis

(4) daftar pustaka

(5) jabaran isi

(6) glosarium

(7) daftar isi

Urutan yang tepat dalam menyusun isi buku adalah …

a.      1-2-3-4-5-6-7

b.      7-1-6-5-4-3-2

c.       7-6-3-4-5-1-2

d.      7-6-5-4-3-2-1

e.      6-7-5-4-3-2-1

16.  Banjir merupakan fenomena alam yang berdampak negative. Banjir disebabkan oleh factor alam dan manusia. Agar tidak terjadi banjir kembali mestinya sebagai manusia kita dapat memperlakukan alam dengan baik dan menjauhi segala penyebab terjadinya banjir. Agar alam tidak marah pada manusia.

Kutipan teks tersebut tergolong dalam teks …

a.      Eksplanasi

b.      Prosedur

c.       Ceramah

d.      Cerpen

e.      Fiksi

17.  Masyarakat merupakan sekumpulan orang dalam suatu daerah. Masyarakat terbentuk karena adanya interaksi social dan kontak social. Hubungan antara beberapa orang yang saling bergantung dan menimbulkan simbiosis mutualisme. Tabiat atau kebiasaan masyarakat di masing-masing daerah berbeda-beda tergantung dimana mereka tinggal dan adat istiadat yang berkembang di daerah tersebut.

Teks tersebut termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena …

a.      Sosial

b.      Budaya

c.       Alam

d.      Ekonomi

e.      Politik

18.  Topik yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah proses terjadinya …

a.      Kebersamaan

b.      Rukun tetangga

c.       Terbentuknya masyarakat

d.      Rukun warga

e.      Bermasyarakat

19.  Banjir merupakan fenomena alam yang berdampak negative. Banjir disebabkan oleh factor alam dan manusia. Agar tidak terjadi banjir kembali mestinya sebagai manusia kita dapat memperlakukan alam dengan baik dan menjauhi segala penyebab terjadinya banjir. Agar alam tidak marah pada manusia.

Teks tersebut tentang …

a.      Gempa bumi

b.      Tsunami

c.       Hujan

d.      Banjir

e.      Tanah longsor

20.  Jutipan teks tersebut terdapat dalam …………… teks eksplanasi.

a.      Penutup

b.      Deretan penjelas

c.       Pernyataan umum

d.      Isi

e.      Interpretasi

21.  Solusi untuk mencegah banjir adalah …

a.      Menebang pohon sembarangan

b.      Tidak peduli lingkungan

c.       Membuang sampah dimanapun

d.      Membiarkan selokan tersumbat

e.      Membuang sampah pada tempatnya

22.  Bacalah kalimat berikut!

Peristiwa berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau. ( …………….. ) hal ini terjadi semakin minimnya jumlah air bersih yang ada di sumur-sumur.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …

a.      Sebab

b.      Tetapi

c.       Mengakibatkan

d.      Karena

e.      Meskipun

23.  Hujan adalah salah satu peristiwa alam. Anda pernah bermain air hujan bukan? Hujan tidak dating begitu saja, tetapi mulai proses. Ketika langit mulai gelap dan awan bertumpuk-tumpuk, maka di antara awan gelap itu akan turun hujan.

Struktur yang membangun teks tersebut adalah …

a.      Identifikasi fenomena

b.      Proses kejadian

c.       Kesimpulan

d.      Interpretasi

e.      Ulasan

24.  Kata yang bukan termasuk konjungsi dalam teks tersebut adalah …

a.      Peristiwa alam

b.      Tetapi

c.       Ketika

d.      Dan

e.      Akan

25.  Di bawah ini yang bukan termasuk proses terjadinya hujan adalah …

a.      Awan mendung

b.      Langit gelap

c.       Petir

d.      Awan bertumpuk-tumpuk

e.      Burung bersuara

 


Post a Comment

0 Comments