KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan
Pendidikan : SMA Al Muniroh 5. Kurikulum
Acuan : K13
2.
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA 6. Alokasi Waktu : 60 Menit
3.
Jenis Ulangan : Penilaian Tengah Semester 7. Jumlah Soal : 25 Pilihan Ganda
4.
Kelas/Semester : XI/Gasal 8. Penyusun :
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
BOBOT SOAL |
1. 2. |
3.1 Mengorganisasikan
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur 4.1 merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis 3.3 Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian ) dalam teks eksplanasi lisan dan
tulis 3.4 Mengonstruksi struktur
dan kebahasaan teks eksplanasi |
Mengonstruksi informasi
dalam teks prosedur |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks prosedur |
PG |
1 |
4 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks prosedur |
PG |
2 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks prosedur |
PG |
3 |
4 |
|||
Merancang pernyataan
umum dan tahapan-tahapan |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
ciri-ciri teks prosedur |
PG |
4 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapanya |
PG |
5 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapanya |
PG |
6 |
4 |
|||
Menganalisis struktur
dan kebahasaan teks prosedur |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
struktur teks prosedur |
PG |
7 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
struktur teks prosedur |
PG |
8 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks prosedur |
PG |
9 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks prosedur |
PG |
10 |
4 |
|||
Mengembangkan teks
prosedur |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
rancangan garis besar suatu prosedur |
PG |
11 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan kaidahnya. |
PG |
12 |
4 |
|||
Melaporkan kegiatan
membaca buku |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
butir-butir penting dalam teks nonfiksi |
PG |
13 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
jenis buku |
PG |
14 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
isi buku |
PG |
15 |
4 |
|||
Mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi |
PG |
16 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi |
PG |
17 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
informasi dalam teks eksplanasi |
PG |
18 |
4 |
|||
Mengonstruksi
informasi dalam teks eksplanasi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian-bagian pokok teks eksplanasi |
PG |
19 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian-bagian pokok teks eksplanasi |
PG |
20 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
bagian-bagian pokok teks eksplanasi |
PG |
21 |
4 |
|||
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
struktur teks eksplanasi |
PG |
22 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
struktur teks eksplanasi |
PG |
23 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
struktur teks eksplanasi |
PG |
24 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
struktur teks eksplanasi |
PG |
25 |
4 |
Gresik, 23 September
2021
Penyusun
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd
SOAL BAHASA
INDONESIA KELAS XI
1. Perhatikan kutipan teks berikut!
1. Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.
2. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungkan dengan
kabel power ke stabilizer atau
CPU komputer
3. Tekan tombol power pada
CPU dan tombol power monitor.
4. Komputer akan booting,
tunggu proses ini sampai selesai.
5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan
Kutipan teks tersebut merupakan langkah-langkah untuk…
a. Mematikan computer
b.
Menghidupkan televise
c. Menyalakan kompor gas
d. Menyalakan setrika
e. Menghidupkan Komputer
2. Daun cincau perdu
disiapkan di ember lalu disiram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan
air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang
merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi
lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan sehingga
mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan di atas adalah bagian isi yang menjelaskan
tentang....
a. Pemilihan bahan pembuatan cincau
b. Bahan- bahan pembuatan cintau
c. Salah satu langkah
pembuatan cincau
d. Perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. Manfaat ekonomis pembuatan cincau
3. Teks tersebut termasuk dalam struktur
bagian…
a. Tujuan
b. Langkah
c. Hasil
d. Kesimpulan
e. Penutup
4. Perhatikan kalimat berikut!
Jangan menyalakan radio keras-keras!
Kalimat tersebut berisi tentang…
a.
Perintah
b. Tanya
c. Larangan
d. Berita
e. Simpati
5. (1) Menemukan kesimpulan dalam teks
prosedur
(2) Membaca teks prosedur secara keseluruhan
(3) Mencari ide pokok dalam teks prosedur
Urutan yang tepat langkah-langkah agar mudah mengungkapkan informasi
berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur adalah…
a. 1-2-3
b. 1-3-2
c.
2-3-1
d. 2-1-3
e. 3-2-1
6. Pilih lokasi yang memperoleh cukup sinar matahari karena akan
memacu pertumbuhan & pembiakan lobster. Tetapi saat induk bertelur,
hindarkan dari sinar matahari langsung agar telur-telur tidak gampang rontok.
Buatlah kolam permanen, bagian dasar & tepi
kolam seharusnya diplester. Bak
pemeliharaan lobster harus khusus untuk lobster, tidak dicampur dengan jenis
ikan lainnya.
Kutipan tersebut
menginformasikan tentang …
a. Bak pemeliharaan
udang lobster
b. Bak penetasan
untuk induk lobster
c.
Pemilihan tempat
pembesaran lobster
d. Lokasi yang sesuai untuk tempat pembenihan
lobster
e. Kolam permanen
untuk pembenihan lobster air tawar
Bacalah teks berikut!
(1) Canting (alat tulis
lilin yang digunakan untuk menutupi pola dan motif batik)
(2) Pensil bola
(3) Kain mori putih
(4) Lilin malam
(5) Kompor atau alat pemanas lilin malam
(6) Bahan warna kain
7. Penggalan teks tersebut di atas
termasuk dalam bagian …
a. Tujuan
b.
Alat dan bahan
c. Judul
d. Langkah-langkah
e. Penutup
8. Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan
lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah
sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan.
Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari
tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.
Struktur teks prosedur
termasuk bagian …
a.
Tujuan
b. Langkah-langkah
c. Isi
d. Alat
e. Bahan
9.
Siapkan baskom yang sudah dibersihkan. Cuci
daun cincau hijau yang baru dipetik,
masukkan dalam waskom. Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih. Sambil
dilumatkan beri air matang sedikit demi sedikit,
terus diremas-remas sehingga terasa lekat di
tangan. Campurkan irisan daun pandan sewaktu
pelumatan. Setelah terbentuk gelatin (cairan
kental) disaring dan ditampung pada panci yang
telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan
diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.
Kata penghubung
yang ada dalam kutipantersebut adalah ...
a.
Kemudian, sehingga,
dan
b. Siapkan,
masukkan, campurkan
c. Kemudian, siapkan, disaring
d. Setelah, campurkan, ditampung
e. Campurkan, dan, disiapkan
10. Bungkuslah adonan dengan rapat. Talikan raffia dengan cara menyilang.
Minum cairan tanpa diaduk!
Teks tersebut termasuk pada kalimat …
a.
Imperatif
b. Deklaratif
c. Interogatif
d. Rujukan
e. Kiasan
11. Bacalah teks prosedur berikut !
(1) Menyiapkan air pada tempat khusus untuk menyiram,
(2) kemudian di sekitar batang bawah pohon jeruk ditaburi
pupuk kandang,
(3) siramlah secara perlahan bagian atas pohon jeruk.
Judul yang tepat untuk bagian teks prosedur
di atas adalah ....
a. Perawatan pohon
jeruk
b. Memanen jeruk yang baik
c. Memilih bibit jeruk
d. Menyiram pohon jeruk
e. Menanam pohon jeruk
12. Berikut
merupakan hal-hal yang harus diperhatikandalam membuat teks prosedur, kecuali...
a. Menggunakan kalimat dan kata-kata yang sesuai berdasarkan dengan karakteristik dari teks
prosedur tersebut
b. Bahasa yang digunakan harus disesuaikan dengan calon pembaca
c. Urutan-urutan instruksi atau urutan langkah teks pengarah dalam teks prosedur harus
sistematis
d. Menyusun
teks prosedur secara utuh
e.
Langkah-langkah atau instruksi yang anda berikan wajib anda pastikan sudah
lebih jelas dan
mudah untuk dipahami oleh orang lain
atau para pembaca
13. Berikut yang bukan termasuk
butir-butir penting dalam teks nonfiksi
adalah …
a. Judul buku
b. Pengarang buku
c. Isi buku
d. Biodata penulis
e.
Biodata pembeli
14. Buku dibagi menjadi dua jenis yaitu …
a. Buku tulis dan buku cerita
b. Buku realis dan buku dongeng
c.
Buku fiksi dan buku nonfiksi
d. Buku karangan dan buku gambar
e. Buku fiksi dan buku petunjuk
15. (1) kata pengantar
(2) lampiran, dapat berupa gambar dan tabel
(3) biodata penulis
(4) daftar pustaka
(5) jabaran isi
(6) glosarium
(7) daftar isi
Urutan yang tepat dalam menyusun isi buku adalah …
a. 1-2-3-4-5-6-7
b.
7-1-6-5-4-3-2
c. 7-6-3-4-5-1-2
d. 7-6-5-4-3-2-1
e. 6-7-5-4-3-2-1
16. Banjir merupakan fenomena alam yang berdampak negative. Banjir disebabkan
oleh factor alam dan manusia. Agar tidak terjadi banjir kembali mestinya
sebagai manusia kita dapat memperlakukan alam dengan baik dan menjauhi segala
penyebab terjadinya banjir. Agar alam tidak marah pada manusia.
Kutipan teks tersebut tergolong dalam teks …
a.
Eksplanasi
b. Prosedur
c. Ceramah
d. Cerpen
e. Fiksi
17. Masyarakat merupakan sekumpulan orang dalam suatu daerah. Masyarakat
terbentuk karena adanya interaksi social dan kontak social. Hubungan antara
beberapa orang yang saling bergantung dan menimbulkan simbiosis mutualisme.
Tabiat atau kebiasaan masyarakat di masing-masing daerah berbeda-beda
tergantung dimana mereka tinggal dan adat istiadat yang berkembang di daerah
tersebut.
Teks tersebut termasuk jenis teks
eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena …
a.
Sosial
b. Budaya
c. Alam
d. Ekonomi
e. Politik
18. Topik yang dibahas dalam kutipan teks
tersebut adalah proses terjadinya …
a. Kebersamaan
b. Rukun tetangga
c.
Terbentuknya masyarakat
d. Rukun warga
e. Bermasyarakat
19. Banjir merupakan fenomena alam yang berdampak negative. Banjir disebabkan
oleh factor alam dan manusia. Agar tidak terjadi banjir kembali mestinya
sebagai manusia kita dapat memperlakukan alam dengan baik dan menjauhi segala
penyebab terjadinya banjir. Agar alam tidak marah pada manusia.
Teks tersebut tentang …
a. Gempa bumi
b. Tsunami
c. Hujan
d.
Banjir
e. Tanah longsor
20. Jutipan teks tersebut terdapat dalam
…………… teks eksplanasi.
a. Penutup
b. Deretan penjelas
c.
Pernyataan umum
d. Isi
e. Interpretasi
21. Solusi untuk mencegah banjir adalah …
a. Menebang pohon sembarangan
b. Tidak peduli lingkungan
c. Membuang sampah dimanapun
d. Membiarkan selokan tersumbat
e.
Membuang sampah pada tempatnya
22. Bacalah kalimat berikut!
Peristiwa berebut air bersih sering
terjadi pada saat musim kemarau. ( …………….. ) hal ini terjadi semakin minimnya
jumlah air bersih yang ada di sumur-sumur.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
a. Sebab
b. Tetapi
c. Mengakibatkan
d.
Karena
e. Meskipun
23. Hujan adalah salah satu peristiwa alam. Anda pernah bermain air hujan
bukan? Hujan tidak dating begitu saja, tetapi mulai proses. Ketika langit mulai
gelap dan awan bertumpuk-tumpuk, maka di antara awan gelap itu akan turun
hujan.
Struktur yang membangun teks tersebut adalah …
a.
Identifikasi fenomena
b. Proses kejadian
c. Kesimpulan
d. Interpretasi
e. Ulasan
24. Kata yang bukan termasuk konjungsi
dalam teks tersebut adalah …
a.
Peristiwa alam
b. Tetapi
c. Ketika
d. Dan
e. Akan
25. Di bawah ini yang bukan termasuk
proses terjadinya hujan adalah …
a. Awan mendung
b. Langit gelap
c. Petir
d. Awan bertumpuk-tumpuk
e.
Burung bersuara
0 Comments