CONTOH SOAL PTS 2021 TERBARU BAHASA INDONESIA KELAS KELAS X ( LENGKAP DENGAN KISI-KISI DAN KUNCI JAWABAN )

 


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

1.     Satuan Pendidikan           : SMA                                                                                                                                                                                  5.    Kurikulum Acuan        : K13

2.     Mata Pelajaran                  : BAHASA INDONESIA                                                                                                                                                   6.    Alokasi Waktu              : 60 Menit

3.     Jenis Ulangan                    : Penilaian Tengah Semester                                                                                                                                          7.    Jumlah Soal                   : 25 Pilihan Ganda

4.     Kelas/Semester                                : X/Gasal                                                                                                                                                                            8.    Penyusun                       : Miftakhul Ulum, S.Pd.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI PELAJARAN

INDIKATOR

JENIS SOAL

NOMOR SOAL

BOBOT SOAL

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

3.1  Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulisan

 

4.1  Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi, baik secara lisan maupun tulis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3 Mengidentifikasi (Permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

4.3 Mengembangkan isi (Permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan atau tulis

 

 

-   Mengidentifikasi isi teks laporan hasil observasi

Peserta didik dapat  mengidentifikasi ciri-ciri teks laporan hasil observasi

PG

1

4

-   Menyusun ringkasan isi teks laporan hasil observasi

Peserta didik dapat  mengidentifikasi langkah membuat ringkasan

PG

2

4

-   Menyimpulkan fungsi teks laporan hasil observasi

 

Peserta didik dapat  mengidentifikasi aspek teks laporan hasil observasi

Baca dan cermati contoh teks laporan hasil observasi “ BERUANG MADU “

PG

3

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi aspek teks laporan hasil observasi

Baca dan cermati contoh teks laporan hasil observasi “ BERUANG MADU “

PG

4

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi aspek teks laporan hasil observasi

Baca dan cermati contoh teks laporan hasil observasi “ BERUANG MADU “

PG

5

4

-   Merevisi isi teks laporan hasil observasi

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks laporan hasil observasi

PG

6

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks laporan hasil observasi

PG

7

4

Peserta didik dapat  mengidentifikasi teks laporan hasil observasi

PG

8

4

-   Menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi

Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

PG

9

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

PG

10

4

-   Melaporkan kegiatan membaca buku

Peserta didik dapat mengidentifikasi buku nonfiksi

PG

11

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi laporan kegiatan membaca buku nonfiksi

PG

12

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi laporan kegiatan membaca buku nonfiksi

PG

13

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi laporan kegiatan membaca buku nonfiksi

PG

14

4

-   Menginterpretasi makna dalam eksposisi

Peserta didik dapat mengidentifikasi tesis, argumentasi dan rekomendasi dalam teks eksposisi

PG

15

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri teks eksposisi

PG

16

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi Cara sederhana dalam menemukan fakta dan opini dalam sebuah tulisan

PG

17

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan dari teks eksposisi

PG

18

4

-   Mengembangkan Isi eksposisi

Peserta didik dapat mengidentifikasi argumentasi satu sisi

PG

19

4

-   Menelaah struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks eksposisi

PG

20

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks eksposisi

PG

21

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks eksposisi

PG

22

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks eksposisi

PG

23

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi

PG

24

4

Peserta didik dapat mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi

PG

25

4


SOAL BAHASA INDONESIA KELAS X

1.      Berikut yang tidak termasuk ciri-ciri teks laporan hasil observasi adalah …

a.      Bersifat objektif, global, dan universal

b.      Objek yang dibicarakan merupakan objek tunggal

c.       Ditulis berdasarkan fakta yang sesuai dengan pengamatan

d.      Informasi yang disampaikan merupakan hasil penelitian terkini

e.      Mengandung perkiraan atau dugaan sementara

2.      Langkah pertama membuat ringkasan adalah …

a.      Mencatat teks yang akan diringkas dengan teliti

b.      Mencatat pokok-pokok gagasan yang menjadi inti teks

c.       Merangkaikan kembali teks tersebut dengan kalimat sendiri secara ringkas berdasarkan pokok-pokok gagasan yang telah dicatat

d.      Menyunting ringkasan, baik dari segi isi maupun bahasa

e.      Merevisi ringkasan dengan cermat

 

Bacalah teks berikut !

Beruang Madu

Beruang madu merupakan jenis beruang yang paling kecil di antara delapan jenis beruang yang ada di dunia. Tinggi tubuh beruang madu hanya mencapai 140 cm, dengan tinggi punggung sekitar 70 cm dan bobotnya antara 50 sampai 65 kg.

Description: https://caramenghitung.com/wp-content/uploads/2021/06/teks-laporan-tentang-alam.jpg

Bulu beruang madu cenderung lebih pendek namun berkilau dan terlihat menutupi seluruh bagian tubuhnya kecuali telapak kaki. Terdapat ciri yang sangat khas pada tubuh beruang ini, yaitu sebuah tanda berwarna jingga yang berada tepat di bagian bawah leher.

Beruang madu ini biasa hidup di pepohonan. Mereka mampu bergerak dengan kecepatan 48 km/jam dan mempunyai tenaga yang sangat kuat. Karena tergolong hewan mamalia, betina-betina beruang madu akan menyusui bayi mereka setelah beranak.

Hewan yang satu ini tergolong pemakan segala. Sesuai namanya, beruang madu ini biasa mengonsumsi madu. Selain itu, mereka juga mengonsumsi beragam buah dan tumbuhan dalam hutan hujan tropis termasuk tumbuhan palem.

Tidak hanya madu dan tanaman saja, beruang madu ini juga suka memakan serangga, burung, dan binatang-binatang kecil lainnya.

Meskipun mempunyai tenaga yang kuat, beruang madu tergolong hewan yang sangat mudah diserang. Saat ini mereka sudah terancam punah karena habitat asilnya telah hilang dan rusak.

3.      Aspek yang dilaporkan pada teks di atas berupa …

a.      Manfaat beruang madu

b.      Memelihara beruang madu

c.       Berburu beruang madu

d.      Deskripsi tentang beruang madu

e.      Hal yang harus dihindari dari beruang madu

4.      Disamping memiliki tenaga yang sangat kuat, beruang madu juga mampu bergerak dengan kecepatan…

a.      70 Km/jam

b.      68 Km/jam

c.       55 Km/jam

d.      50 Km/jam

e.      48 Km/jam

5.      Makanan khas beruang madu yakni madu itu sendiri. Disamping madu makanan lain yang menjadi favorit beruang madu adalah …

a.      Ubi dan sayur

b.      Kambing dan sapi

c.       Serangga, burung dan binatang kecil

d.      Padi dan sagu

e.      Keong dan kepiting

 

Perhatikan teks berikut !

Ternyata, dari berbagai jenis hewan yang bernama semut (ant), ada juga yang berbahaya. Meskipun bentuknya tidak seberapa besar, dampak yang diakibatkan dari gigitan semut ini sangat fatal, yaitu kulit melepuh. Semut ini bernama Coptotermes formosanus shiraki, yaitu sejenis semut perang yang merupakan hama tanaman. Bentuk semut ini besar, berbisa, dan bisa dijumpai di tanah pekuburan dan bukit yang berwarna kemerahan.

 

6.      Teks tersebut tergolong pada …

a.      Pernyataan umum

b.      Kalimat definisi

c.       Aspek yang dilaporkan

d.      Konjungsi

e.      Kalimat simpleks

7.      Simpulan penggalan teks tersebut adalah …

a.      Semut bermacam-macam

b.      Semut coptotermes formosanus shiraki merupakan semut perang yang sangat berbahaya

c.       Marilah berguru pada semut coptotermes formosanus shiraki

d.      Teks laporan hasil observasi adalah bagian dari semut coptotermes formosanus shiraki

e.      Semut bukan binatang abstrak

8.      Mengacu pada penggalan teks di atas yang termasuk kalimat deskripsi di bawah ini adalah …

a.      Ternyata, dari berbagai jenis hewan yang bernama semut (ant), ada juga yang berbahaya

b.      Meskipun bentuknya tidak seberapa besar, dampak yang diakibatkan dari gigitan semut ini sangat fatal

c.       Semut ini bernama Coptotermes formosanus shiraki

d.      Sejenis semut perang yang merupakan hama tanaman

e.      Bentuk semut ini besar, berbisa, dan bisa dijumpai di tanah pekuburan dan bukit yang berwarna kemerahan

9.      Perhatikan kalimat berikut !

Paruhnya yang meruncing panjangnya bias lebih dari 30 cm.

Jenis kalimat tersebut menggunakan ciri kebahasaan…

a.      Kompleks

b.      Deskripsi

c.       Definisi

d.      Imperatif

e.      Perbandingan

10.  Balita adalah rentang usia bayi mulai dua tahun hingga lima tahun.

Kalimat di atas menggunakan ciri kebahasaan …

a.      Kata dan frasa verba serta nomina

b.      Afiksasi

c.       Kalimat definisi

d.      Kalimat deskripsi

e.      Kalimat kompleks

11.  Berikut yang bukan termasuk contoh buku nonfiksi adalah …

a.      Biografi

b.      Buku pelajaran

c.       Esai

d.      Buku ensiklopedia

e.      Buku tulis

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 12-14

Judul buku                   : Zat Kimia Berbahaya dalam Makanan dan Minuman
Penulis                         : Choiril Azmiyawati
Penerbit                      : Sunda Kelapa Pustaka
Tahun terbit                : 2007
Tebal buku                  : iv + 44 halaman


Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin sudah saatnya untuk membaca
atau bagi siapa pun yang biasa membeli makanan atau pun minuman daripada membuatnya sendiri. Buku ini menyajikan topik-topik yang saat ini sering diperdebatkan konsumen, yaitu hubungan bahan tambahan pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti bahan pewarna pemanis, bahan pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa bahan tambahan lainnya.Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan dapat meningkatkan atau mempertahankan nilai dan kualitas daya simpan, dan mempermudah penyiapannya. Buku ini akan membahas satu persatu
bahan-bahan tersebut dan dampak negatifnya terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang bahan tambahan pangan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.

12.  Berdasarkan laporan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini adalah…

a.      Penjual makanan

b.      Pemilik took makanan

c.       Pembeli makanan atau minuman

d.      Pabrik makanan atau minuman

e.      Produksi makanan atau minuman

13.  Manfaat membaca buku tersebut adalah …

a.      Menambah pengetahuan tentang bahaya bahan tambahan yang melebihi takaran dan akan lebih selektif

b.      Membeli makanan dan minuman yang kandungan bahan pengawetnya tinggi

c.       Akan lebih memilih membuat makan dan minuman siap saji daripada membuatnya sendiri

d.      Membuat makanan dan minuman dengan memberikan berbagai bahan tambahan

e.      Mengonsumsi makanan akan baik untuk kesehatan

14.  Buku tersebut berisi tentang …

a.      Cara-cara memilih makanan yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya

b.      Bahan-bahan makanan yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan bahan tambahan lainya.

c.       Daftar bahan makanan yang boleh dikonsumsi oleh masyarakat

d.      Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam makanan dan hubunganya dengan kesehatan

e.      Bahan yang digunakan dalam memasak jajanan depan sekolah

15.  Perhatikan paragraph berikut!

Beberapa pohon tanaman di halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk. Apa sebabnya? Ternyata tanaman tidak mendapat sinar matahari, karena terhalang oleh pohon kayu besar yang ditanam di pinggir jalan.

 

Gagasan utama paragraph eksposisi di atas adalah …

a.      Beberapa pohon tanaman tidak mau berbunga

b.      Beberapa pohon tanaman halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain

c.       Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk

d.      Tanaman terhalang oleh kayu besar

e.      Tanaman tidak mendapat sinar matahari.

16.  Bacalah teks berikut !

Tahukah anda yogurt sangat bagus untuk kesehatan kulis ? yoghurt bisa dimanfaatkan untuk masker kulit .caranya sangat mudah. anda hanya tinggal menyediakan beberapa sendok yoghurt kemudian oleskan pada kulit. lakukan secara rutin seminggu 2 kali. kulit akan menjadi sehat dan halus.

 

Ciri teks eksposisi yang tidak ada dalam teks adalah …

a.      Mengajak membaca

b.      Logis dan sesuai nalar

c.       Runtut

d.      Ilmiah dan bias dibuktikan

e.      Sesuai fakta

17.  Cara sederhana dalam menemukan fakta dan opini dalam sebuah tulisan adalah …

a.      Melihat ciri-ciri eksplisit kalimat tersebut

b.      Melihat di media social

c.       Mendengar dari mulut ke mulut

d.      Membaca dari Koran atau majalah

e.      Mencari kebenaran berita hoax

18.  Tujuan dari teks eksposisi  adalah …

a.      Meyakinkan kebenaran pendapatnya

b.      Memaparkan suatu informasi, pendapat, atau ide

c.       Mengajak pembaca melakukan sesuatu

d.      Menggambarkan sesuatu

e.      Memengaruhi pembaca

19.  Maksud argumentasi satu sisi adalah …

a.      Penulis memiliki satu argumen

b.      Penulis tidak berat sebelah

c.       Penulis memihak pada satu sisi, mendukung atau menolak

d.      Penulis mendukung apa yang dibicarakan dalam tulisan

e.      Penulis tidak memihak siapapun

20.  Berikut merupakan struktur teks eksposisi, kecuali …

a.      Pembukaan

b.      Pendapat

c.       Argumen

d.      Rangkuman

e.      Koda

21.  Perhatikan teks berikut !

MANFAAT BEROLAHRAGA

Dari sebagian orang mungkin beranggapan olahraga adalah sebuah pekerjaan yang sangat berat. Dikarenakan mereka dipaksa untuk bergerak yang akan membuat mereka cepat lelah dan mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Namun saat mereka mengetahui manfaat dari olahraga, mereka tidak akan mengeluh dan semangat saat melakukan kegiatan ini.

 

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Olahraga juga dapat meningkatkan fungsi otak. Jika anda merasa sters saya sarankan untuk berolahraga, karena salah satu manfaat olahraga adalah mengurangi stress. Olahraga dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol. Meningkatkan kinerja jantung.

 

Masing – masing individu wajib menjaga kesehatan tubuh. Adapun salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Meskipun kegiatan ini terlihat seperti mudah, akan tetapi manfaat yang dirasakan dari kegiatan itu tidaklah sedikit. Maka, dengan adanya tulisan ini kami mengharapkan bisa menambah antusias kalian terhadap kegiatan olahraga ini.

 

Pada teks di atas, paragraf pertama mengungkapkan struktur teks eksposisi…

a.      Verba

b.      Tesis

c.       Argumentasi

d.      Nomina

e.      Penegasan ulang

22.  Pada Paragraf kedua, teks di atas mengungkapkan struktur teks eksposisi…

a.      Argumentasi

b.      Tesis

c.       Konjungsi

d.      Penegasan ulang

e.      Adverb

23.  Pada paragraf ketiga, teks di atas mengungkapkan struktur teks eksposisi…

a.      Tesis

b.      Pronomina

c.       Penegasan ulang

d.      Adjektif

e.      Argumentasi

24.  Berikut merupakan kaidah kebahasaan teks eksposisi, kecuali …

a.      Pronominal

b.      Verba

c.       Konjungsi

d.      Adjektif

e.      Argumentasi

25.  Secara umum bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi adalah …

a.      berbelit-belit

b.      berisi opini

c.       apa adanya

d.      sesuai fakta

e.      nonilmiah 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Post a Comment

0 Comments