KISI-KISI PENULISAN SOAL
1.
Satuan
Pendidikan : SMA 5. Kurikulum
Acuan : K13
2.
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA 6. Alokasi Waktu : 60 Menit
3.
Jenis Ulangan : Penilaian Tengah Semester 7. Jumlah Soal : 25 Pilihan Ganda
4.
Kelas/Semester : X/Gasal 8. Penyusun : Miftakhul Ulum, S.Pd.
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
BOBOT SOAL |
1 2. |
3.1 Mengidentifikasi
laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulisan 4.1 Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi, baik secara lisan
maupun tulis. 3.3 Mengidentifikasi (Permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 4.3 Mengembangkan isi (Permasalahan, argumentasi, pengetahuan,
dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan atau tulis |
-
Mengidentifikasi isi teks laporan hasil
observasi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
ciri-ciri teks laporan hasil observasi |
PG |
1 |
4 |
-
Menyusun ringkasan isi teks laporan hasil
observasi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
langkah membuat ringkasan |
PG |
2 |
4 |
||
-
Menyimpulkan fungsi teks laporan hasil
observasi |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
aspek teks laporan hasil observasi Baca
dan cermati contoh teks laporan hasil observasi “ BERUANG MADU “ |
PG |
3 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
aspek teks laporan hasil observasi Baca
dan cermati contoh teks laporan hasil observasi “ BERUANG MADU “ |
PG |
4 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
aspek teks laporan hasil observasi Baca
dan cermati contoh teks laporan hasil observasi “ BERUANG MADU “ |
PG |
5 |
4 |
|||
-
Merevisi isi teks laporan hasil observasi
|
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi |
PG |
6 |
4 |
||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi |
PG |
7 |
4 |
|||
Peserta didik dapat
mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi |
PG |
8 |
4 |
|||
-
Menganalisis kebahasaan teks laporan
hasil observasi |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi |
PG |
9 |
4 |
||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi |
PG |
10 |
4 |
|||
-
Melaporkan kegiatan membaca buku |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi buku nonfiksi |
PG |
11 |
4 |
||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi laporan kegiatan membaca buku nonfiksi |
PG |
12 |
4 |
|||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi laporan kegiatan membaca buku nonfiksi |
PG |
13 |
4 |
|||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi laporan kegiatan membaca buku nonfiksi |
PG |
14 |
4 |
|||
-
Menginterpretasi makna dalam eksposisi |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi tesis, argumentasi dan rekomendasi dalam teks
eksposisi |
PG |
15 |
4 |
||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi ciri teks eksposisi |
PG |
16 |
4 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi Cara sederhana dalam
menemukan fakta dan opini dalam sebuah tulisan |
PG |
17 |
4 |
|||
Peserta
didik dapat mengidentifikasi tujuan dari teks eksposisi |
PG |
18 |
4 |
|||
-
Mengembangkan Isi eksposisi |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi argumentasi satu sisi |
PG |
19 |
4 |
||
-
Menelaah struktur dan kebahasaan teks
eksposisi. |
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
dan kebahasaan teks eksposisi |
PG |
20 |
4 |
||
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
dan kebahasaan teks eksposisi |
PG |
21 |
4 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
dan kebahasaan teks eksposisi |
PG |
22 |
4 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
dan kebahasaan teks eksposisi |
PG |
23 |
4 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks eksposisi |
PG |
24 |
4 |
|||
Peserta didik dapat mengidentifikasi bahasa
yang digunakan dalam teks eksposisi |
PG |
25 |
4 |
SOAL BAHASA INDONESIA KELAS X
1.
Berikut yang
tidak termasuk ciri-ciri teks laporan hasil observasi adalah …
a.
Bersifat
objektif, global, dan universal
b.
Objek yang
dibicarakan merupakan objek tunggal
c.
Ditulis
berdasarkan fakta yang sesuai dengan pengamatan
d.
Informasi yang
disampaikan merupakan hasil penelitian terkini
e. Mengandung
perkiraan atau dugaan sementara
2.
Langkah pertama
membuat ringkasan adalah …
a.
Mencatat teks yang akan diringkas dengan teliti
b.
Mencatat
pokok-pokok gagasan yang menjadi inti teks
c.
Merangkaikan
kembali teks tersebut dengan kalimat sendiri secara ringkas berdasarkan
pokok-pokok gagasan yang telah dicatat
d.
Menyunting
ringkasan, baik dari segi isi maupun bahasa
e.
Merevisi
ringkasan dengan cermat
Bacalah
teks berikut !
Beruang Madu
Beruang madu merupakan jenis beruang yang paling kecil di
antara delapan jenis beruang yang ada di dunia. Tinggi tubuh beruang madu hanya
mencapai 140 cm, dengan tinggi punggung sekitar 70 cm dan bobotnya antara 50
sampai 65 kg.
Bulu
beruang madu cenderung lebih pendek namun berkilau dan terlihat menutupi
seluruh bagian tubuhnya kecuali telapak kaki. Terdapat ciri yang sangat khas
pada tubuh beruang ini, yaitu sebuah tanda berwarna jingga yang berada tepat di
bagian bawah leher.
Beruang
madu ini biasa hidup di pepohonan. Mereka mampu bergerak dengan kecepatan 48
km/jam dan mempunyai tenaga yang sangat kuat. Karena tergolong hewan mamalia,
betina-betina beruang madu akan menyusui bayi mereka setelah beranak.
Hewan
yang satu ini tergolong pemakan segala. Sesuai namanya, beruang madu ini biasa
mengonsumsi madu. Selain itu, mereka juga mengonsumsi beragam buah dan tumbuhan
dalam hutan hujan tropis termasuk tumbuhan palem.
Tidak
hanya madu dan tanaman saja, beruang madu ini juga suka memakan serangga,
burung, dan binatang-binatang kecil lainnya.
Meskipun
mempunyai tenaga yang kuat, beruang madu tergolong hewan yang sangat mudah
diserang. Saat ini mereka sudah terancam punah karena habitat asilnya telah
hilang dan rusak.
3.
Aspek yang
dilaporkan pada teks di atas berupa …
a.
Manfaat beruang
madu
b.
Memelihara
beruang madu
c.
Berburu beruang
madu
d.
Deskripsi tentang beruang madu
e.
Hal yang harus
dihindari dari beruang madu
4.
Disamping
memiliki tenaga yang sangat kuat, beruang madu juga mampu bergerak dengan
kecepatan…
a.
70 Km/jam
b.
68 Km/jam
c.
55 Km/jam
d.
50 Km/jam
e.
48 Km/jam
5.
Makanan khas
beruang madu yakni madu itu sendiri. Disamping madu makanan lain yang menjadi
favorit beruang madu adalah …
a.
Ubi dan sayur
b.
Kambing dan sapi
c.
Serangga, burung dan binatang kecil
d.
Padi dan sagu
e.
Keong dan kepiting
Perhatikan
teks berikut !
Ternyata, dari
berbagai jenis hewan yang bernama semut (ant), ada juga yang berbahaya. Meskipun bentuknya tidak seberapa
besar, dampak yang diakibatkan dari gigitan semut ini sangat fatal, yaitu kulit
melepuh. Semut ini bernama Coptotermes formosanus shiraki, yaitu sejenis semut perang yang merupakan hama tanaman. Bentuk semut
ini besar, berbisa, dan bisa dijumpai di tanah
pekuburan dan bukit yang berwarna kemerahan.
6.
Teks tersebut
tergolong pada …
a.
Pernyataan umum
b.
Kalimat definisi
c.
Aspek yang dilaporkan
d.
Konjungsi
e.
Kalimat simpleks
7.
Simpulan
penggalan teks tersebut adalah …
a.
Semut
bermacam-macam
b.
Semut coptotermes formosanus shiraki merupakan semut
perang yang sangat berbahaya
c.
Marilah berguru
pada semut coptotermes formosanus shiraki
d.
Teks laporan
hasil observasi adalah bagian dari semut coptotermes formosanus shiraki
e.
Semut bukan
binatang abstrak
8.
Mengacu pada
penggalan teks di atas yang termasuk kalimat deskripsi di bawah ini adalah …
a.
Ternyata,
dari berbagai jenis hewan yang bernama semut (ant), ada juga yang berbahaya
b.
Meskipun bentuknya tidak seberapa besar, dampak yang
diakibatkan dari gigitan semut ini sangat fatal
c.
Semut ini bernama Coptotermes formosanus shiraki
d.
Sejenis semut perang yang merupakan hama tanaman
e.
Bentuk semut ini besar, berbisa, dan bisa dijumpai di tanah pekuburan dan bukit yang berwarna
kemerahan
9.
Perhatikan
kalimat berikut !
Paruhnya yang meruncing panjangnya bias lebih dari 30
cm.
Jenis kalimat tersebut
menggunakan ciri kebahasaan…
a.
Kompleks
b.
Deskripsi
c.
Definisi
d.
Imperatif
e.
Perbandingan
10. Balita adalah
rentang usia bayi mulai dua tahun hingga lima tahun.
Kalimat di atas
menggunakan ciri kebahasaan …
a.
Kata dan frasa
verba serta nomina
b.
Afiksasi
c.
Kalimat definisi
d.
Kalimat deskripsi
e.
Kalimat kompleks
11.
Berikut yang bukan
termasuk contoh buku nonfiksi adalah …
a.
Biografi
b.
Buku pelajaran
c.
Esai
d.
Buku ensiklopedia
e.
Buku tulis
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 12-14
Judul buku : Zat Kimia Berbahaya dalam
Makanan dan Minuman
Penulis :
Choiril Azmiyawati
Penerbit :
Sunda Kelapa Pustaka
Tahun terbit :
2007
Tebal buku :
iv + 44 halaman
Bagi Anda yang sering jajan sembarangan, mungkin
sudah saatnya untuk membaca
atau bagi siapa pun yang biasa membeli makanan
atau pun minuman daripada membuatnya sendiri. Buku ini menyajikan topik-topik
yang saat ini sering diperdebatkan konsumen, yaitu hubungan bahan tambahan
pangan dengan kesehatan. Bahan-bahan tambahan tersebut, seperti bahan pewarna
pemanis, bahan pengawet, penyedap rasa, antioksidan, dan beberapa bahan
tambahan lainnya.Tujuan penggunaan bahan tambahan pangan dapat meningkatkan
atau mempertahankan nilai dan kualitas daya simpan, dan mempermudah
penyiapannya. Buku ini akan membahas satu persatu
bahan-bahan tersebut dan dampak negatifnya
terhadap kesehatan. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui tentang bahan
tambahan pangan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.
12.
Berdasarkan
laporan buku tersebut, sasaran pembaca buku ini adalah…
a.
Penjual makanan
b.
Pemilik took
makanan
c.
Pembeli makanan atau minuman
d.
Pabrik makanan
atau minuman
e.
Produksi makanan
atau minuman
13.
Manfaat membaca
buku tersebut adalah …
a.
Menambah pengetahuan tentang bahaya bahan tambahan yang
melebihi takaran dan akan lebih selektif
b.
Membeli makanan
dan minuman yang kandungan bahan pengawetnya tinggi
c.
Akan lebih
memilih membuat makan dan minuman siap saji daripada membuatnya sendiri
d.
Membuat makanan
dan minuman dengan memberikan berbagai bahan tambahan
e.
Mengonsumsi
makanan akan baik untuk kesehatan
14.
Buku tersebut
berisi tentang …
a.
Cara-cara memilih
makanan yang sehat dan bebas dari bahan-bahan tambahan yang berbahaya
b.
Bahan-bahan
makanan yang terbebas dari bahan-bahan pengawet, pewarna, dan bahan tambahan
lainya.
c.
Daftar bahan
makanan yang boleh dikonsumsi oleh masyarakat
d.
Bahan-bahan tambahan yang terdapat dalam makanan dan
hubunganya dengan kesehatan
e.
Bahan yang
digunakan dalam memasak jajanan depan sekolah
15.
Perhatikan
paragraph berikut!
Beberapa
pohon tanaman di halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang
lain. Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk. Apa
sebabnya? Ternyata tanaman tidak mendapat sinar matahari, karena terhalang oleh
pohon kayu besar yang ditanam di pinggir jalan.
Gagasan
utama paragraph eksposisi di atas adalah …
a. Beberapa pohon tanaman tidak mau
berbunga
b.
Beberapa pohon tanaman halaman rumah tidak mau
berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain
c.
Tanaman tersebut tiap hari disiram dan tak
terlewatkan diberi pupuk
d.
Tanaman terhalang oleh kayu besar
e.
Tanaman tidak mendapat sinar matahari.
16.
Bacalah teks
berikut !
Tahukah
anda yogurt sangat bagus untuk kesehatan kulis ? yoghurt bisa dimanfaatkan
untuk masker kulit .caranya sangat mudah. anda hanya tinggal menyediakan
beberapa sendok yoghurt kemudian oleskan pada kulit. lakukan secara rutin
seminggu 2 kali. kulit akan menjadi sehat dan halus.
Ciri teks
eksposisi yang tidak ada dalam teks adalah …
a.
Mengajak membaca
b.
Logis dan sesuai nalar
c.
Runtut
d.
Ilmiah dan bias dibuktikan
e.
Sesuai fakta
17.
Cara sederhana
dalam menemukan fakta dan opini dalam sebuah tulisan adalah …
a.
Melihat ciri-ciri eksplisit kalimat tersebut
b.
Melihat di media
social
c.
Mendengar dari
mulut ke mulut
d.
Membaca dari
Koran atau majalah
e.
Mencari kebenaran
berita hoax
18.
Tujuan dari teks
eksposisi adalah …
a.
Meyakinkan
kebenaran pendapatnya
b.
Memaparkan suatu informasi, pendapat, atau ide
c.
Mengajak pembaca
melakukan sesuatu
d.
Menggambarkan
sesuatu
e.
Memengaruhi
pembaca
19.
Maksud
argumentasi satu sisi adalah …
a.
Penulis memiliki
satu argumen
b.
Penulis tidak
berat sebelah
c.
Penulis memihak pada satu sisi, mendukung atau menolak
d.
Penulis mendukung
apa yang dibicarakan dalam tulisan
e.
Penulis tidak
memihak siapapun
20.
Berikut merupakan
struktur teks eksposisi, kecuali …
a.
Pembukaan
b.
Pendapat
c.
Argumen
d.
Rangkuman
e.
Koda
21.
Perhatikan teks
berikut !
MANFAAT BEROLAHRAGA
Dari sebagian orang mungkin beranggapan olahraga
adalah sebuah pekerjaan yang sangat berat. Dikarenakan mereka dipaksa untuk
bergerak yang akan membuat mereka cepat lelah dan mengeluarkan keringat yang
cukup banyak. Namun saat mereka mengetahui manfaat dari olahraga, mereka tidak
akan mengeluh dan semangat saat melakukan kegiatan ini.
Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat
meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
Olahraga juga dapat meningkatkan fungsi otak. Jika
anda merasa sters saya sarankan untuk berolahraga, karena salah satu manfaat
olahraga adalah mengurangi stress. Olahraga dapat menurunkan berat badan dan
menurunkan kolesterol. Meningkatkan kinerja jantung.
Masing – masing individu wajib menjaga kesehatan
tubuh. Adapun salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh
adalah dengan berolahraga. Meskipun kegiatan ini terlihat seperti mudah, akan
tetapi manfaat yang dirasakan dari kegiatan itu tidaklah sedikit. Maka, dengan
adanya tulisan ini kami mengharapkan bisa menambah antusias kalian terhadap
kegiatan olahraga ini.
Pada teks di atas,
paragraf pertama mengungkapkan struktur teks eksposisi…
a.
Verba
b.
Tesis
c.
Argumentasi
d.
Nomina
e.
Penegasan ulang
22.
Pada Paragraf
kedua, teks di atas mengungkapkan struktur teks eksposisi…
a.
Argumentasi
b.
Tesis
c.
Konjungsi
d.
Penegasan ulang
e.
Adverb
23.
Pada paragraf
ketiga, teks di atas mengungkapkan struktur teks eksposisi…
a.
Tesis
b.
Pronomina
c.
Penegasan ulang
d.
Adjektif
e.
Argumentasi
24.
Berikut merupakan
kaidah kebahasaan teks eksposisi, kecuali …
a.
Pronominal
b.
Verba
c.
Konjungsi
d.
Adjektif
e.
Argumentasi
25.
Secara umum
bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi adalah …
a.
berbelit-belit
b.
berisi opini
c.
apa adanya
d.
sesuai fakta
e. nonilmiah
0 Comments