CONTOH SOAL UJIAN ASWAJA LENGKAP DENGAN KUNCINYA KELAS X






1. Secara etimologi, kata Ahlusunnah Wal jamaah terbentuk dari tiga kata yaitu Ahlun, as sunnah dan Al Jamaah. Arti kata ahlun adalah … .
A. Jalan ( Thariqoh )
B. Keluarga
C. Kebiasaan ( Thabi`ah )
D. Golongan
E. Sejarah ( Sirah )

2. Segala sesuatu yang bersumber dari Nabi SAW berupa perkataan, perbuatan, penetapan, tabiat, budi pekerti / perjalanan hidup beliau baik sebelum diangkat menjadi Rasul maupun sesudahnya disebut … .
A. As Sunnah
B. Ahlun
C. Ijma`us Shahabah
D. Al Jamaah
E. Thabiat

3. Sesuatu yang dianjurkan dalam agama, tanpa diwajibkan dan tanpa difardlukan adalah pengertian Sunnah menurut… .
A. Ulama’ ahli Fiqih
B. Ulama’ ahli Hadist
C. Ulama’ Ushul Fiqih
D. Ulama ahli Tasawwuf
E. Ulama’ ahli ilmu Kalam

4. Para Ulama dan Pemikir Ahlusunnah Wal jamaah senantiasa berpegang pada prinsip taqdimun nash ‘alal ‘aql, yang artinya... .
A. Mendahulukan akal dari pada nash
B. Mendahulukan nash dari pada akal
C. Mendahulukan akal dari pada al Quran
D. Menyetarakan akal dan nash
E. Menyetarakan akal dan al Qura’an

5. Hadits Nabi :
عن انس بن مالك رض يقول، سَمِعْتُ رسولَ  اللهِ صلى الله عليه وسلّم يقول : إنَّ اُمَّتِي لاَ يَجْتَمِعُ على ضَلاَلَةٍ، فَإذا رَأيْتُمْ اِخْتِلافًا فَعَلَيْكُمْ بِالسَوَادِ الأعْظَمِ.
Kata bergaris bawah memiliki makna… .
A. Sepakat
B. Mayoritas kaum Muslimin
C. Mayoritas kaum Muwathin
D. Mayoritas kaum Sesat
E. Mayoritas kaum yang melihat

6. Pokok-pokok keyakinan yang berkaitan dengan tauhid dan lain-lain menurut Ahlusunnah wal Jamaah harus dilandasi oleh dalil dan argumentasi yang qoth’I dari?
A. Alqur’an, Hadis, urf, Maslahah Mursalah
B. Alqur’an, Hadis, urf, qiyas
C. Alqur’an, Hadis, ijma’, qiyas
D. Alqur’an, Hadis, ijma’, Maslahah Mursalah
E. Alqur’an, Hadis, ijma’, urf

7. Alhusunnah wal Jamaah adalah golongan yang selaras dan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya. Ciri-ciri mereka yang dikategorikan Ahlusunnah wal Jamaah adalah mereka yang dalam bidang fiqih mengikuti paham empat madzab, di bidang tasawuf mengikuti ajaran dari…
A. Imam Abu al Hasan al Asy’ari
B. Abu Mansur al Maturidi
C. Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Malik
D. Syekh Junaid al Baghdadi dan Imam al Ghazali
E. Imam Syafi’I dan Imam Malik bin Anas

8. Pemikiran kalam Al Maturidi dengnan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran kalam aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A. Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan kekal di neraka
B. Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
C. Orang beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
D. Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya dan akan kekal di neraka
E. Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi tidak kekal di neraka

9. Penggalan QS. Al Fath: 10
يَدُ اللهِ فَوْقَ أيْدِيْهِمْ
Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah diartikan dengan… .
A. Dzat Allah
B. Keridlaan Allah
C. Pengawasan Allah
D. Ketetapan Allah
E. Kekuasaan Allah
10. Penggalan QS. Ar Rahman: 27
وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّك
 Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah diartikan dengan… .
A. Keridlaan Allah
B. Kekuasaan Allah
C. Pengawasan Allah
D. Ketetapan Allah
E. Dzat Allah

11. Pemikiran kalam Al Maturidi dengan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran kalam aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A. Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan kekal di neraka
B. Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya dan akan kekal di neraka
C. Orang beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
D. Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi tidak kekal di neraka

12. Kaidah
المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلا
Salah satu cara untuk mempertahankan, melestarikan, meneguhkan, dan mengembangkan ajaran Ahlusunnah wal Jamaah hendaknya selalu berpedoman pada kaidah di atas. Maksud kaidah diatas adalah… .
A. Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan tidak mengambil hal-hal baru yang lebih baik
B. Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik
C. Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan mengambil hal-hal baru
D. Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan tidak mengambil hal-hal baru
E. Tidak mempertahankan pembendaharaan yang lama dan tidak mengambil hal-hal baru

13. Ruang lingkup ajaran Ahlusunnah Wal jamaah terdiri dari... .
A. dalam bidang Aqidah bermanhaj Asy’ariyah dan Maturidiyah, dalam bidang Fiqih mengikuti salah satu Madzhab Empat, dan dalam bidang akhlak/tasawuf menganut manhaj Imam Ghazali dan Imam Abul Qasim Al Junaid Al Baghdadi.
B. dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan al Khayyath, dalam bidang Fiqih mengikuti salah satu Madzhab Empat, dan dalam bidang akhlak/tasawuf menganut manhaj Imam Ghazali dan Imam Abul Qasim Al Junaid Al Baghdadi.
C. dalam bidang Aqidah bermanhaj Asy’ariyah dan Maturidiyah, menganut Ushulul Khomsah, dan mengandalkan akal secara penuh dalam masalah aqidah.
D. dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan al Khayyath, menganut Ushulul Khomsah, dan dalam bdang tasawuf menganut Muhammad bin Abdul Wahab
E. dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan al Khayyath, menganut Ushulul Khomsah, dan mengandalkan akal secara penuh dalam masalah aqidah.

14. Awal abad ke 20 M merupakan babak baru perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. Era baru itu ditandai dengan berdirinya beberapa organisasi. Salah satunya dibidang pendidikan adalah … .
A. Sarekat dagang Islam (SDI )
B. Jam`iyatul Khair
C. Muhammadiyah
D. Kopontren
E. GP Anshor

15. Tashwirul Afkar  adalah… .
A. Sebuah organisasi pendidikan
B. Organisasi kepemudaan
C. Organisasi perdagangan
D. forum diskusi pembahasan masalah-masalah umat
E. Organisasi untuk memperbaiki ekonomi

16. Untuk membahas masalah khilafah Islam Se dunia pada bulan Juni 1926, maka Raja Ibnu Saud menyelenggarakan… .
A. Muktamar Madzhabil Arba’ah
B. Muktamar Komite Khilafat
C. Muktamar ‘Al ‘Alam Al Islami
D. Muktamar Ibnu Saud
E. Muktamar Hijaz

17. Organisasai Nahdlatul Ulama’ didirikan para Ulama’ Pada tanggal… .
A. 16 Rajab 1344 H
B. 17 Rajab 1344 H
C. 18 Rajab 1344 H
D. 19 Rajab 1344 H
E. 20 Rajab 1344 H

18. Peringatan Harlah NU ke 93 menurut tahun Masehi, pada tanggal 18 Maret 2019 di laksanakan di... .
A. Wahana Ekspresi Pusponegoro
B. Gedung Ahmad Yani Semen Gresik
C. Gedung Nasional Indonesia Jl Pahlawan
D. Stadion Gelora Joko Samudro
E. Stadion Tridharma

19. NU lahir untuk membentengi umat Islam khususnya di Indonesia agar tetap teguh pada ajaran... .
A. Mu’tazilah
B. Syi’ah
C. Qodariyah
D. Ahlussunnah wal Jama’ah
E. Hisbut Tahrir Indonesia

20. Secara umum ada tiga motif atau alasan yang melatarbelakangi lahirnya NU 31 Januari 1926 antara lain... .
A. Agama, nasionalisme, dan anti penjajah
B. Nasionalis, sosial budaya, dan agama
C. Suku, agaa, dan kebangkitan ulama’ Nusantara
D. Ekonomi, budaya, dan mempertahankan faham Ahlusunnah Wal jamaah
E. Agama, nasionalisme, dan mempertahankan faham Ahlusunnah Wal jamaah

21. Kelahiran NU mendapatkan respon positif karena… .
A. Ciri sekte dan pengaruh kepemimpinan Raja
B. Ciri sekte dan pengaruh kepemimpinan Ulama’
C. Ciri diniyah dan pengaruh kepemimpinan Pejabat
D. Ciri diniyah dan pengaruh kepemimpinan Ulama’
E. Ciri diniyah dan pengaruh kepemimpinan Raja

22. NU telah diakui sebagai organisasi berbadan hukum yang kemudian dicatat dalam Besluit Rechts Persoon nomor… .
A. VII dalam jangka waktu 29 tahun
B. IX dalam jangka waktu 29 tahun
C. X dalam jangka waktu 29 tahun
D. XI dalam jangka waktu 29 tahun
E. XII dalam jangka waktu 29 tahun

23. Salah satu cara menentukan awal bulan Ramadhan adalah dengan Rukyatul Hilal, yaitu... .
A. melihat bulan sabit
B. memperkirakan bulan sabit
C. menyempurnakan bulan sabit
D. menyempurnakan bulan Sya’ban
E. menyempurnakan bulan Ramadhan

24. Sabda Rasulullah SAW
لاَ تَصُومُوا حتى تَرَوا الهلال ولا تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ
menerangkan tentang... .
A. Sholat Tarawih
B. Sholat Witir
C. Rukyatul Hilal
D. Hisab
E. Bacaan Bilal

25. Jumhur Ulama mencukupkan bahwa hasil rukyat yang dilakukan seorang Muslim yang harus memenuhi syarat ketentuan sehingga dapat dijadikan landasan untuk memutuskannya... .
A. orang yang alim dalam bidang agama dan hafal hadis
B. dapat dipercaya dan Sarjana
C. hafal Al Qur’an dan Hadis
D. dapat dipercaya dan tidak cacat agamanya (adil)
E. hafal kitab Arrisalah Imam Syafi’i

26. Ketika para perukyat tidak berhasil melihat hilal pada tanggal 29 bulan Sya’ban baik keadaan langit berawan, mendung atau cerah, maka cara menentukan awal bulan Ramadhan dalam keadaan seperti ini adalah... .
A. Hisab
B. Rukyatul Hilal
C. Memperkirakan bulan Sabit
D. Hisab dan Rukyatul Hilal
E. Menyempurnakan bilangan bulan Sya’ban menjadi 30

27. Rasulullah bersabda :
لاَ تَصُومُوا حتى تَرَوا الهلال ولا تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ، فإن غم عليكم فاقروا له
Sebagian Ulama’ seperti Muthrif bin Abdullah, Abul Abbas bin Suraij dan Ibnu Qutaibah berpendapat bahwa maksud faqduru lah adalah...
A. perkiraian bulan sesuai dengan menzilahnya (posisi orbitnya)
B. perkirakan bulan sesuai dengan pendapat ulama’ salaf
C. perkirakan bulan sesuai dengaan cuaca
D. sempurnakan bulan Sya’ban menjadi 30 hari
E. sempurnakan bulan Ramadhan menjadi 30 hari

28. Menurut Madzhan Syafi’iyah bahkan Madzhab Ahlussunnah wal Jamaah sholat Tarawih berjumlah.... rakaat.
A. 4
B. 8
C. 12
D. 20
E. 23

29. Menurut Madzhab Syafi’iyah dan Hanabilah, hukum sholat Tarawih berjamaah adalah... .
A. Mubah
B. Sunnah
C. Sunnah ‘Ain
D. Makruh
E. Haram

30. Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Hamid dan At Thabrani dari Jalur Abi Syuaibah bin Usman dari Al Hakam dari Muqsid dari Abdullah bin Abbas Ra. yang menerangkan bahwa Rasulullah mengerjakan Sholat dalam bulan Ramadhan sebanyak dua puluh rakaat adalah... .
A.    ان رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلى في رمضان عشرين ركعة والوتر
B.    صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته
C.    أصحاب كالنجم بأيهم اقتديهم اهتدتهم
D.    لا تَصُومُوا حتى تَرَوا الهلال ولا تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ
E.    إنَّ اُمَّتِي لاَ يَجْتَمِعُ على ضَلاَلَةٍ

31. Witir artinya....
A. pembuka
B. penutup
C. ganda
D. genap
E. ganjil

32. Waktu sholat witir yang lebih utama adalah... .
A. melakukan sholat witir sebelum tidur
B. mengakhirkan sholat witir sebagai penutup sholat malam
C. di akhir malam bulan Ramadhan
D. sebaiknya sebelum dan sesudah tidur
E. di pertengahan malam yang tidak mendung

33. Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal... .
A. tanggal muda
B. tanggal 1 setelah bulan Sya’ban
C. tanggal 30 Ramadhan terakhir setelah puasa
D. tanggal 1 Syawal pada bulan Ramadhan
E. tanggal 1 Syawal setelah puasa Ramadhan

34. Tata cara Sholat Id secara tertib dan benar yang dijelaskan dalam kitab Fasholatan karya Syekh KHR Asnawi, salah satu pendiri NU asal Kudus, diawali dengan... .
A. takbiran
B. takbirotul ihrom
C. niat
D. membaca surat al fatihah
E. takbir lima kali

35. Pada Khuttbah pertama dalam Sholat Idul Fitri, Khatib disunnahkan memulainya dengan takbir hingga sembilan kali, sedangkan pada shuttbah kedua Khatib membukanya dengan takbir sebanyak...
A. Tiga Kali
B. Lima Kali
C. Tujuh Kali
D. Sembeilan Kali
E. Sebelas Kali

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas dan benar !
1. Jelaskan pengertian Ahlusunnah Wal Jama’ah!
2. Paham ahlusunnah wal jamaah didalam NU mencakup aspek aqidah, syariah dan akhlak. Ketiganya merupakan satu kesatuan ajaran yang mencakup seluruh aspek prinsip keagamaan islam, sebutkan 3 aspek tersebut !
3. Jelaskan perbedaan pemikiran Imam Abul hasan Al asy`ary dan Imam Al Maturidi tentang perbuatan manusia !
4. Tulislah Niat Sholat Tarawih !
5. Dalam Sholat Id, setelah doa Iftitah, disunnahkan takbir lagi hingga tujuh kali untuk Rakaat pertama, dan takbir lima kali untuk rakaat kedua, diantara takbir- takbir itu dianjurkan untuk membaca kalimat pujian kepada Allah, Tuliskan kalimat tersebut!



Post a Comment

0 Comments