1.
Buku yang berisi tentang pengembangan berdasarkan dari data-data yang autentik
yang didapatkan kemudian dikembangkan berdasarkan imajinasi disebut...
a.
nonfiksi kreatif
b.
nonfiksi murni
c.
fabel
d.
biografi
e.
autobiografi
Jawabannya
adalah A
2.
Berikut bentuk karangan nonfiksi, kecuali...
a.
fakta
b.
realita
c.
benar
d.
terjadi
e.
opini
Jawabannya
adalah E
3.
Berikut ini contoh karangan nonfiksi,kecuali
a.
laporan
b.
artikel
c.
feature
d.
fabel
e.
novel
Jawabnnya
adalah D
4.
Makalah termasuk buku...
a.
artikel
b.
nonfiksi
c.
fiksi
d.
fabel
e.
novel
Jawabannya
adalah B
5. Kekurangan milik manusia, kesempurnaan hanya
milik tuhan
Kalimat
tersebut sering terdapat peea bagian...
a.
Pendahuluan
b.
Isi
c.
Materi
d.
Salam pembuka
e.
Salam penutup
Gempa
es disebabkan oleh gletser. seseorang peneliti mempelajari bagaimana gletser
membuka gempa es tersebut disebabkan oleh grafitasi dan gelombang pasang surut.
Gaya gravitasi menyebabkan aliran es whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi
menimbulkan daratan es pecah dg lebar sekitar 96.5 km dan panjang sekitar 482
km kearah laut ross.
Gelombang dan pasang mendorong lempeng es
ross, menghantam gletser yg turun kemudian gleser terhenti. Saat gelombang
surut, es tiba-tiba maju dg gerakan yg satara dg gempa berkekuatan 7 peda skala
richter.
6. Teks di atas merupakan bagian dari struktur
a.
Peryataan umum
b.
Tujuan
c.
Orientasi
d.
Urutan sebab akibat
e.
evaluasi
Jawabanya
adalah D
7. Kekurangan milik manusia, kesempurnaan hanya
milik tuhan
Kalimat
tersebut sering terdapat peea bagian...
a.
Pendahuluan
b.
Isi
c.
Materi
d.
Salam pembuka
e.
Salam penutup
Jawabanya
adalah C
8.
Buku ini berjudul matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas
XII program studi ilmu alam,supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan
dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas.buku ini ditulis
oleh pesta E.S. dan cecep anwar H.F.S,yang dalam buku ini,siswa dapat belajar
aktif melalui ikon aktivitas di kelas,game math,dan siapa berani.
Kutipan
resensi di atas memaparkan tentang?
a.
Kekurangan
b.
Ikhtisar isi buku
c.
Identitas buku
d.
Kelebihan buku
e.
Simpulan
Jawabannya:
C.identitas buku
9.
Buku ini memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku
lain yakni, memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi
beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki
info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga
tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki
glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara
alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan
istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan
disajikan secara alfabetis.
Berdasarkan
kutipan resensi di atas, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah
...
a.
Memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta
penjelasannya yang dilengkapi nomor
halaman kemunculannya.
b.
Memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan
menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan
manfaatnya.
c.
Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan
sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi.
d.
Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun
secara alfabetis beserta penjelasannya.
e.
Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan
nomer halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
Jawabannya
adalah B
10.
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4
bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada
pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab
II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halaman
47, Bab IV berisi “Melejitkan Potensi Diri” tertulis pada halaman 73. Pada
pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai
kretivitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah”. Bab ini tertulis pada
halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”, Bab VIII
membahas tentang “Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog
ditulis pada sampul belakang.
Kutipan
resensi di atas memaparkan tentang ...
a.
Identitas buku
b.
Ikhtisar isi buku
c.
Kelebihan dan kekurangan buku
d.
Kesimpulan
e.
Epilog
Jawaban
adalah B
11.
Judul buku:pengantar filsafat pendidikan
Penulis
buku:Drs.uyoh sadulloh.M.pd
Penerbit
buku:Alblfabeta,CV
Cetakan:II
Tebal
buku:183 halaman
Tahun
terbit:2004
Teks
diatas merupakan struktur resensi bagian....
a.
pengantar
b.
kelebihan buku
c.
kekurangan buku
d.
prolog
e.
identitas buku
Jawaban adalah A
12.
berdasarkan informasi teks tersebut,buku tersebut termasuk kedalam jenis
karangan....
a.
nonfiksi kreatif
b.
nonfiksi murni
c.
fabel
d.
biografi
e.
autobiografi
Jawaban
adalah A
13.
Materi yang terkandung dalam buku ini memberikan semangat pada pembaca untuk
dapat berkarya,yaitu dengan cara menulis dan mengarang.buku ini juga mampu
menyajikan ide ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar menulis dan
mengarang.
Teks diatas merupakan struktur resensi
bagian....
a.
pengantar.
b.
kelebihan buku.
c.
kekurangan buku.
d.
prolog
e.
identitas buku.
Jawaban
adalah B
14.
"jagung menjadi salah satu bahan pangan yang bisa menggantikan posisi
beras".
Kalimat
diatas termasuk kedalam jenis kalimat....
a.
deklaratif
b.
perintah larangan
c.
perintah biasa
d.
interogatif
e.
perintah permintaan
Jawaban
adalah E
15.
Berikut kalimat yang mengandung konjungsitemporal,yaitu....
a.
langkah langkah tersebut diantaranya sebagai berikut
b.
balik balik an adonan sampai tercampur rata.
c.
langkah kedua putar keran sampai batas putarnya.
d.
perhatikn perubahan yang terjadi selama pemanasan dilakukan.
e.
ambil bagian batang kayu tersebut kemudian rendam sampai semua bagian tertutup
air.
Jawaban
adalah E
16.
Buku ini bejudul matematika aplikasi yang diperuntukn untuk sma dan MA kelas
X11 program.studi ilmu alam,supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan
dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas.buku ini ditulis
oleh pesta E.S dan cecep anwar H.F.S,dimana dlam buku ini,siswa dapat belajar
aktif mellaui aktivitas di kelas,gamenath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang
materinya disajikn dg bahasa yang lugas dan ilustrasi,yang menarik .buku ini
berbalur ungkpn santun dg bahasa yg komunikatif sehingga mudah dipahami oleh
siswa.selain itu,buku ini didukung dengan tampiln tata letak yang baik,desain
dan ilustrasi yg menarik dg memerhatikn tingkat pemahaman siswa.
Kutipan
resesnsi diatas memaparkan tentang...
a.
identitas buku dan kekurangan buku.
b.
ikhtisar buku dan kekurangan buku.
c.
identitas buku dan kelebihan buku.
d.
ikhtisar isi buku dan kelebihan buku.
e.
kekurangan dan kelebihan buku.
Jawaban
adalah A
17.
Kalimat salam penutup yang tepat adalah....
a.
demikian saya akhiri,kurang lebihnya mohon maaf.
b.
Selesai semua saya mohon maaf.
c.
sudah saya akhiri semua ini.
d.
demikian saya awali,mohon maaf.
e.
terima kasih.
Jawaban
adalah A
18.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang
lugas dan ilustrasi yang menarik.buku ini berbalur ungkapan sopan santun dengan
bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.selain itu,buku ini
juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik,desain dan ilustrasi yang
menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan
resensi diatas memaparkan tentang...
a.
simpulan
b.
ikhtisar isi buku
c.
identitas buku
d.
kelebihan
e.
kekurangan
Jawabannya
adalah A
19.
Dengan membaca kartu katalog,kita dapat mengetahui dengan cepat dimana sebuah
buku non-fiksi berada karena,.....
a.
menghemat tenaga
b.
menghemat waktu
c.
dalam kartu dialog dituliskan nomor Klasifikasi buku yang dicari
d.
kita tidak perlu menghafal buku satu Persatu
e.
kita tidak perlu membuka buku satu Persatu
Jawabannya
adalah C
20.
Berikut pernyataan unsur-unsur yang ditulis dalam refrensi,kecuali
a.
memberi informasi tentang keunggulan buku
b.
menyajikan penilaian yang objektif
c.
menginformasikan Perlu tidaknya buku Tersebut dibaca
d.
mengungkapkan Identitas buku
e.
memberikan Kelemahan buku
Jawabannya
adalah C
21.
Perhatikan unsur karya ilmiah dalam buku non-fiksi berikut!
1.latar
belakang
2.pendahuluan
3.kesimpulan
4.pembahasan
5.penutup
Sistematika
yang tepat dari unsur unsur karya ilmiah diatas adalah
a.
1,2,3,4,5
b.
2,3,4,5,1
c.
3,4,5,1,2
d.
1,3,5,4,2
e.
2,1,4,5,3
Jawabannya
adalah A
22.
Jalan Dari Sebuah kisah cerita merupakan karya sastra disebut..
a.
tema
b.
penokohan
c.
amanat
d.
alur
e.
setting
Jawabannya
adalah D
23.
Pagi ini,Cuqca begitu cerah hingga dapat mengubah suasana jiwaku yang penat
karna setuumpuk tugas yang terbengkelai menjadi teringankan. Namun, sekarang
aku harus mulau bangkit dari tidurku dan bergegas untuk mandi karna pagi ini
aku harus bekerja keras.
Tokoh
"aku" merupakan sudut pandang...
a.
orang pertama prlaju utama
b.
orang pertqma pelaku sampingan
c.
orang ketiga serba tahu
d.
orang ketiga pengamat
e.
orang Kedua
Jawabnnya
adalah A
24.
Salah satu jenis Karya sastra yang mrmaparkan kisah atau cerita mengenai
manusia beserta seluk beluknya lewat tulisan pendek dan singkat disebut...
a.
cerita pendek
b.
eksposisi
c.
eksplanasi
d.
deskripsi
e.
prosedur
Jwabannya
adalah A
25.
Teks prosedur yang langkah - langkahnya tidak terlalu ketat / rumit dan mudah
di pahami adalah jenis teks prosedur...
a.
Sederhana
b.
Kompleks
c.
Protokol
d.
Mudah
e.
Rumit
Jawabanya
Adalah C
(1)
ikat dua tongkat menjadi satu
(2)
ikat kertas atau pita pada sudut sudut layang - layang untuk membantuk ekor.
(3)
siapkan selembar kertas untuk membentuk badan layang - layang anda.
(4)
untuk memotong kertas menjadi bentuk layang - layang, potong saja keempat
sudutnya.
(5)
terbangkan layang - layang anda
(6)
carilah angin sepoi - sepoi atau angin ringan
(7)
ikat benang ke sisi kanan dan kiri tongkat horizontal
(8)
buat 4 lubang pada kertas berbentuk layang - layang pada setiap sudutnya
26.
Urutan yang sesuai agar teks tersebut menjadi padu, yaitu....
a.
(3)-(1)-(4)-(8)-(7)-(2)-(5)-(6)
b.
(3)-(4)-(1)-(8)-(7)-(2)-(6)-(5)
c.
(3)-(4)-(2)-(8)-(7)-(1)-(5)-(6)
d.
(3)-(4)-(2)-(8)-(1)-(2)-(6)-(5)
e.
(3)-(1)-(4)-(2)-(8)-(7)-(5)-(6)
Jawabanya
adalah A
27.
Teks di atas merupakan salah satu jenis teks..
a.
Prosedur
b.
Eksplanasi
c.
Ceramah
d.
Narasi
e.
Pidato
Jawabanya
adalah A
28.
Teks tersebut berisi mengenai cara....
a.
Membuat tongkat
b.
Mengikat benang
c.
Memotong kertas
d.
Membuat layang - layang
e.
Membuat lampion
Jawabanya
adalah D
”
Materi yang terkandung dalam buku ini memberikan semangat pada pembaca untuk
dapat berkarya, yaitu dengan cara menulis dan mengarang. Buku ini juga mampu
menyajikan ide ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar menulis dan mengarang
"
29.
Isi dari kutipan di atas, yaitu mengenai...
a.
Menyajikan ide kreatif dalam tulisan
b.
Menulis dan mengarang
c.
Belajar menulis dan mengarang
d.
Cara belajar menulis
e.
Cara belajar mengarang
Jawaban adalah C
30.
Berdasarkan teks di atas buku tersebut ditujukan untuk...
a.
Orang tua
b.
Umum
c.
Dewasa
d.
Anak anak
e.
Pelajar
Jawaban
adalah B
"
Masih terdapat kata kata yang mungkin sulit dimengerti oleh kalangan pelajar.
Gambar ilustrasi pada buku ini masih kurang jelas sehingga akan menimbulkan
kebosanan bagi para pembacanya. Motivasi dalam buku ini harus dianalisis lebih
dalam lagi. Hal ini karena minimnya pemaparan bagi para pembacanya "
31.
Teks di atas merupakan struktur resensi bagian...
a.
Pengantar
b.
Kelebihan buku
c.
Kekurangan buku
d.
Prolog
e.
Identitas buku
Jawaban
adalah C
32.
Berdasarkan teks di atas buku tersebut ditujukan untuk...
a.
Orang tua
b.
Umum
c.
Dewasa
d.
Anak anak
e.
Pelajar
Jawabanya
adalah C
33.
Pernyataan berikut merupakan ciri karya nonfiksi,kecuali..
a.
Menggunakan pola pikir ilmiah
b.
Disusun secara sistematis
c.
Berdasarkan fakta hasil pengamatan
d.
Bersifat subjektif
e.
Menggunakan bahasa indonesia baku ragam ilmiah
Jawabannya adalah D
0 Comments