CONTOH KARTU SOAL ASWAJA KELAS X LENGKAP DENGAN KUNCI



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

SATUAN PENDIDIKAN                    : SMA / MA / SMK            
PENYUSUN                                          : ……………..
KELAS/SEMESTER                           : X / GANJIL                       
UNIT KERJA                                       : SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN                          : ASWAJA                            

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
1
B
1.      Ahlusunnah Wal jamaah atau yang disingkat Aswaja merupakan istilah yang terdiri dari tiga suku kata, yaitu Ahlun, as sunnah dan Al Jama’ah. Arti kata Al Jama’ah adalah … .
a.       Jalan
b.      Kebersamaan
c.       Keluarga
d.      Jejak
e.       Sejarah









KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
2
A
2.      Teori Gujarat berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A.    13
B.     14
C.     15
D.    16
E.     17


KARTU SOAL PILIHAN GANDA


KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
3
A
3.      Teori Gujarat berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A.    13
B.     14
C.     15
D.    16
E.     17


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
4
A

4.      Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah… .
A.    Kerajaan Samudera Pasai
B.     Kesultanan Demak
C.     Kesultanan Banten
D.    Kerajaan Gowa-Tallo
E.     Kerajaan Bone

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
5
D
5.      Dalam cerita Jimat Kalimasodo diungkapkan bahwa setiap orang yang memiliki jimat Kalimasodo niscaya akan selamat hidupya di dunia maupun di akhirat kelak. Jimat Kalimasodo merupakan ungkapan simbolis tentang... .
A.    Allah dan Nabi Muhammad
B.     Alquran dan Shuhuf
C.     Dua Malaikat Penjaga
D.    Dua kalimat syahadat
E.     Dua arah mata angin


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
6
C
6.      Seorang tokoh di bawah ini yang paling mahir dalam pertunjukan wayang adalah… .
A.    Sunan Gresik
B.     Sunan Ampel
C.     Sunan Kalijogo
D.    Sunan Kudus
E.     Sunan Giri



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
7
B
7.      Dalam bidang ekonomi, pada tahap awal yang digunakan dalam proses islamisasi di Indonesia adalah… .
A.    Membangun pondok pesantren
B.     Perdagangan
C.     Pekawinan
D.    Pertunjukan wayang
E.     Pendidikan




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
8
B
8.      Penyebaran agama Islam melalui ajaran tashawuf lebih mudah diterima bangsa Indonesia terutama bagi mereka yang sebelumnya telah memiliki dasar-dasar ajaran kebathinan, apalagi jika dilihat dari sifat dan watak para ahli tashawuf yang lebih kompromistis, telaten, ramah dan penuh kasih sayang. Pendekatan dakwah model ini diperkirakan mulai sejak... .
A.    Abad 12 M
B.     Abad 13 M
C.     Abad 14 M
D.    Abad 15 M
E.     Abad 16 M


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
9
C
9.      Para muballigh Ahlusunnah wal Jama’ah selalu berusaha agar bangsa Indonesia menjadi pemeluk Islam yang sejati tetapi juga tidak kehilangan identitas dan jati diri ke-Indonesia-annya. Sikap ini merupakan implementasi dari sikap… .
A.    Tabarukan
B.     Tawasul
C.     Tasamuh
D.    Tahayyul
E.     Tahilan



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menyebutkan faham keislaman yang berkembang di Indonesia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
10
D

10.  Amaliyah keagamaan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Islam Indonesia menurut madzhab Syafi’i, antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali… .
A.    Membaca doa Qunut pada sholat Subuh
B.     Bersalaman setelah selesai sholat
C.     Sholat Idul Fitri dan Idul Adha di Masjid
D.    Tidak membaca Basmalah dalam surat al Fatihah pada Sholat
E.     Mengeraskan bacaan basmalah pada sholat jahriyah



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menyebutkan faham keislaman yang berkembang di Indonesia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
11
D
11.  Hadist di bawah ini menjadi dasar hukum tentang... .
عن أنس ابن مالك قال : مَا زَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْنُتُ في الْفَجْرِ حَتّي فَارَقَ الدّنيا
A.    Bersalaman setelah selesai sholat
B.     Mengeraskan bacaan basmalah pada sholat jahriyah
C.     Bilal Jumat menyerahkan tongkat pada khotib
D.    Doa Qunut pada sholat subuh
E.     Sholat Id di masjid
F.      Tabarukan




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu membuktikan Ahlusunnah wal Jamaah sebagai faham keagamaan yang berkembang di Indonesia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
12
E

12.  Di desa Leran Gresik terdapat makam tua yang panjang, adalah makam... .
A.    Fatimah binti Marwan
B.     Fatimah binti Maimun
C.     Fatimah binti Maimun bin Hujatullah
D.    Fatimah binti Maimun bin Habibullah
E.     Fatimah binti Maimun bin Haibatallah

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu membuktikan Ahlusunnah wal Jamaah sebagai faham keagamaan yang berkembang di Indonesia

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
13
D
13.  Setiap Mazhab memiliki kitab Fiqih sebagai pedoman dan rujukan. Demikian pula Mazhab Imam Syafi’i. Berikut ini yang termasuk kitab karya Imam Syafi’i adalah... .
A.    Ar Risalah dan Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah
B.      Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Al Umm
C.     Ar Risalah dan Ihya’ Ulumuddin
D.    Ar Risalah dan Al Umm
E.     Al Umm dan Ihya’ Ulumuddin


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
14
A
14.  Di Jawa, penyebaran Agama Islam dilakukan oleh para muballigh profesional yang dikenal dengan...
A.    Wali Songo
B.     Wali Pitu
C.     Wali Telu
D.    Wali Quthub
E.     Wali Abdal


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
15
B
15.  Ayah Sunan Kalijaga adalah... .
A.    Raden Usman Haji
B.     Raden Sahur Tumenggung Wilotikto
C.     Maulana Ishaq
D.    Sunan Ampel
E.     Sunan Muria


KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
16
E
16.  Sunan Muria adalah putera dari... .
A.    Sunan Ampel
B.      Sunan Kudus
C.     Sunan Giri
D.    Sunan Bonang
E.     Sunan Kalijaga

KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
17
C
17.  Sunan Bonang dan Sunan Drajat adalah putera Sunan Ampel dari perkawinannya dengan... .
A.    Nyai Ageng Pinatih
B.     Nyai Halimah
C.     Nyai Ageng Manila
D.    Nyai Royyani
E.     Nyai Ageng Nuriyah





KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
18
A

18.  Hadrotus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan Santri dari... .
A.    Mbah Kholil Bangkalan
B.     Mbah Manab Lirboyo
C.     Mbah Basyir Jekulo Kudus
D.    Mbah Dalhar Watu Congol Gunung Pring Magelang
E.     Mbah Moen Zubair Rembang


KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan peranan Ulama dalam dakwah Islam
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
19
D
19.  Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal... .
A.    19 Oktober
B.     20 Oktober
C.     21 Oktober
D.    22 Oktober
E.     23 Oktober


KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan metode dan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
20
E
20.  Lembaga Pendidikan Islam tertua di Jawa dikenal dengan nama... .
A.    Surau
B.     Dayah
C.     Meunasah
D.    Madrasah
E.     Pesantren



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
21
E
21.  Salah satu di antara pelajaran yang diberikan para Ulama dalam kegiatan berdakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah, yakni berdakwah bil hikmah, artinya... .
A.    Dakwah dengan pitutur yang baik
B.     Dakwah dengan bertukar pikiran
C.     Dakwah dengan perbuatan
D.    Dakwah dengan berdiskusi
E.     Dakwah dengan memberikan keterangan yang tegas dan lugas





KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
22
E
22.  Dakwah yang dilakukan dengan kunjungan silaturrohim, menjenguk jamaah yang sakit, melayat, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, merupakan salah satu dakwah dengan cara... .
A.    Mauidhoh hasanah
B.     Jidal
C.     Dakwah bil Hikmah
D.    Dakwah bil Kitabah
E.     Dakwah bil Haal



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
23
A
23.  Dakwah yang dilakukan oleh pengikut Ahlussunnah Wal Jama’ah dewasa ini hendaknya lebih meningkatkan usaha-usaha sosial secara nyata dan tepat sasaran agar dapat mengatasi problema-problema sosial yang dihadapi oleh umat Islam, terutama dalam bidang... .
A.    Pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan
B.     Pementasan dan penayangan media audio-visual
C.     Pameran dan publikasi lukisan
D.    Ceramah di tempat strategis
Ceramah di media Sosial





KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
24
C

24.  Salah satu dakwah NU melalui penayangan mediia audio-visual adalah dengan cara membuat siaran TV, yakni... .
A.    INews
B.     MTV
C.     TV9
D.    NetTV
E.     JTV




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
25
B

25.  @nahdlatuloelama adalah akun Instagram resmi PBNU yang dikelola oleh Tim kesekjenan PBNU, website www.nu.or.id dan aplikasi NU Mobile, diciptakan dengan tujuan... .
A.    Menyebarkan Hoax
B.     Aktivitas dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah
C.     Menyemarakkan media sosial
D.    Mendukung parpol tertentu
E.     Menggalang dana korban Tsunami Palu




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Maulid Nabi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
26
B
26.  Kata Maulid atau Milad dalam Bahasa Arab berarti... .
A.    Hari baik
B.     Hari lahir
C.     Hari raya
D.    Hari duka
E.     Hari gembira



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan pengertian Maulid Nabi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
27
E
27.  Nabi SAW lahir pada tanggal... .
A.    08 Rabiul Awal
B.     09 Rabiul Awal
C.     10 Rabiul Awal
D.    11 Rabiul Awal
E.     12 Rabiul Awal






KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menguraikan sejarah dan keabsahan peringatan Maulid Nabi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
28
C
28.  Dalam kitab Imam Ibnu Katsir dalam kitab Tarikh Al Bidayah wan Nihayah diterangkan bahwa seorang Gubernur Kepala Daerah Ibril mengadakan perayaan maulid nabi besar-besaran. Siapakah nama Gubernur tersebut... .
A.    Husnul Maqoshid
B.     Ibn Khallikan
C.     Muzhaffaruddin Al Kukburi
D.    Sibt Ibnu Jauzi
E.     Imam Al Hafizh Ibnu Dihyah



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menguraikan sejarah dan keabsahan peringatan Maulid Nabi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
29
D
29.  Karya Imam Suyuthi yang khusus membahas Maulid berjudul… .
A.    Su’ul Maqoshid Fi ‘Amali Maulid
B.     Su’ul Khotimah Fi ‘Amali Maulid
C.     Husnul Khotimah Fi ‘Amali Maulid
D.    Husnul Maqashid Fi ‘Amali Maulid
E.     Husnul Maqashid Fi ‘Amali Bid’ah






KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan dalil-dalil peringatan maulid Nabi Muhammad saw.
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
30
E

30.  Memperingti Maulid Nabi Muhammad saw. merupakan ungkapan rasa senang dan bahagia atas nikmat Allah saw. hal itu merupakan bentuk aplikasi terhadap firman Allah … .
A.    Ali Imron : 12
B.     Muhammad : 17
C.     Hud : 10
D.    Yusuf : 15
E.     Yunus : 58



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan dalil-dalil peringatan maulid Nabi Muhammad saw.
No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
31
D

31.  Peringatan Maulid Nabi adalah sesuatu yang dianggap baik oleh para ulama dan kaum muslimin di seluruh negeri muslim dan telah dilakukan di seluruh pelosok desa dan kota. Istilah dari kalimat bergaris bawah adalah… .
A.    Istiqomah
B.     Istidraj
C.     Istinbath
D.    Istihsan
E.     Istikmal






KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menganalisis hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
32
B
32.  Hikmah peringatan Maulid Nabi telah Allah sampaikan dalam QS. Hud ayat 120. Yang menyatakan bahwa tujuannya tersebut di bawah ini, kecuali… .
A.    Untuk meneguhkan keimanan dan keyakinan dalam hati
B.     Untuk mencapai derajat keluhuran
C.     Agar dapat mengetahui mana yang haq dan mana yang bathil
D.    Untuk memberikan pengajaran kearah peningkatan amal-amal kebajikan
E.     Sebagai pengingat bagi orang-orang mukmin atas jasa-jasa perjuangan Nabi Muhammad saw.



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Nabi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
33
C
33.  Mencintai Nabi SAW secara total, bukan setengah-setengah, sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah :
النبي اولى بالمؤمنين من انفسهم

tersebut dalam Surat... .
A.    QS Ali Imron 31
B.     QS Ali Imron 32
C.     QS Al Ahdzab 6
D.    QS Al Ahdzab 7
E.     QS Al Ahdzab 8




KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Sahabat Nabi

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
34
A

34.   Menurut Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah, orang yang berkumpul atau bertemu dengan Rasulullah SAW dalam keadaan beriman, dan ketika mati tetap dalam keadaan beriman disebut... .
A.    Sahabat
B.     Tabi’in
C.     Tabi’it Tabi’iin
D.    Murtadin
E.     Munafiqun



KARTU SOAL PILIHAN GANDA

KI
KD
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
3
3.1
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

Indikator : Peserta didik mampu menjabarkan sikap menghormati Ulama

No Soal
RUMUSAN SOAL
Kunci Jawaban
35
A
35.  HR Ahmad, At Tirmidzi dan Abu Dawud berikut ini
انّ العلماء ورثة الأنبياء

menjelaskan bahwa... .
A.    Para Ulama adalah perwaris para Nabi
B.     Para Ulama adalah pengikut para Nabi
C.     Para Ulama adalah pembimbing para Nabi
D.    Para Ulama adalah pembenar para nabi
E.     Para Ulama adalah umat para Nabi





PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti            : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar         : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran   : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator                     : Peserta didik mampu menyebutkan strategi dan upaya pendekatan dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Butir Soal                     : Sebutkan 6 strategi dan upaya pendekatan yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan misi dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah di Indonesia!
Pedoman Penyekoran

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR


1.      Pendekatan perdagangan
2.      Pendekatan Seni dan Budaya
3.      Pendekatan politik/pemerintahan
4.      Pendekatan perkawinan
5.      Pendekatan pendidikan
6.      Pendekatan Tashawuf

1
1
1
1
1
1

JUMLAH SKOR MAKSIMAL
6



PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti            : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar         : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran   : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator                     : Peserta didik mampu menjelaskan sebuah kaidah yang dijadikan penguat strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Butir Soal                     : Jelaskan maksud dari kaidah di bawah ini!
المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلاح
Pedoman Penyekoran

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR


Para Muballigh senantiasa bertekad memelihara nilai lama yang baik dan mencari nilai baru yang lebih baik.


JUMLAH SKOR MAKSIMAL
5




PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti            : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar         : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di Indonesia
Materi Pembelajaran   : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator                      :  Peserta didik mampu menjelaskan strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia di bidang pemerintahan
Butir Soal                     : Jelaskan alasan mengapa para Muballigh meyebarkan agama Islam di kalangan kerajaan!


Pedoman Penyekoran

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

          
Seorang raja memiliki kekuasaan dan pengaruh yang besar dan memegang peranan penting dalam proses penyebaran agama Islam. Jika raja sebuah kerajaan memeluk Islam, maka rakyatnya kan memeluk Islam juga. Alasannya karena rakyat memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap rajanya. Demi kepentingan politik maka raja akan mengadakan perluasan wilayah kerajaan, yang diikuti dengan penyebaran  agama Islam.







JUMLAH SKOR MAKSIMAL
5





PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti            : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar         : Memahami Peranan Ulama dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi Pembelajaran   : Peranan Ulama’ dalam dakwah Islam
Indikator                     : Peserta didik mampu menyebutkan dan menjelaskan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ahdi bidang pendidikan
Butir Soal                     : Jelaskan 5 elemen dasar pesantren!

Pedoman Penyekoran

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR

  1. Pondok,
Sebuah pondok pada dasarnya merupakan sebuah asrama pendidikan Islam tradisional di mana para siswanya (santri) tinggal bersama di bawah bimbingan seorang atau lebih guru yang lebih dikenal dengan Kyai
  1. Masjid,
Masjid merupakan elemen yang tak dapat dipisahkan dengan pesantren dan dianggap sebagai tempat yang paling tepat untuk mendidik para santri, terutama dalam praktik ibadah lima waktu, khotbah dan salat Jumat dan pengajaran kitab-kitab Islam klasik.
  1. Kitab Kuning,
Sejak tumbuhnya pesantren, pengajaran kitab-kitab klasik diberikan sebagai upaya untuk meneruskan tujuan utama pesantren yaitu mendidik calon-calon ulama yang setia terhadap paham Islam tradisional. Karena itu kitab-kitab Islam klasik merupakan bagian integral dari nilai dan paham pesantren yang tidak dapat dipisah-pisahkan.
  1. Santri,
Santri merupakan sebutan bagi para siswa yang belajar mendalami agama di pesantren
  1. Kiyai,
Kyai berkedudukan sebagai tokoh sentral dalam tata kehidupan pesantren, sekaligus sebagai pemimpin pesantren

2



2



2





2



2



JUMLAH SKOR MAKSIMAL
10




PIMPINAN CABANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK


KARTU SOAL URAIAN

Kompetisi Inti            : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
Kompetensi Dasar      : Memahami Amaliyah Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw.
Materi Pembelajaran   : Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.
Indikator                     : Peserta didik mampu menyebutkan hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
Butir Soal                    : Sebutkan 4 hikmah peringatan Maulid Nabi!



Pedoman Penyekoran

Langkah
KUNCI JAWABAN
SKOR


1.       Untuk meneguhkan keimanan dan keyakinan dalam hati
2.       Agar dapat mengetahui mana yang haq dan mana yang bathil
3.       Untuk memberikan pengajaran kea rah peningkatan amal-amal kebajikan
4.       Sebagai pengingat bagi orang-orang mukmin atas jasa-jasa perjuangan Nabi Muhammad saw.

1
1
1
1


JUMLAH SKOR MAKSIMAL
4


Post a Comment

0 Comments