KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
SATUAN PENDIDIKAN : SMA / MA /
SMK
PENYUSUN :
……………..
KELAS/SEMESTER :
X / GANJIL
UNIT KERJA :
SMA AL MUNIROH
MATA PELAJARAN :
ASWAJA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan
penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
1
|
B
|
||
1. Ahlusunnah Wal jamaah atau yang disingkat Aswaja merupakan istilah yang
terdiri dari tiga suku kata, yaitu Ahlun, as sunnah dan Al Jama’ah. Arti kata
Al Jama’ah adalah … .
a.
Jalan
b.
Kebersamaan
c.
Keluarga
d.
Jejak
e.
Sejarah
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan
penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
2
|
A
|
||
2.
Teori Gujarat berpendapat bahwa agama Islam
masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A.
13
B.
14
C.
15
D.
16
E.
17
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan
penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
3
|
A
|
||
3.
Teori Gujarat berpendapat bahwa agama Islam
masuk ke Indonesia pada abad ke… .
A.
13
B.
14
C.
15
D.
16
E.
17
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan
penyebaran Agama Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
4
|
A
|
||
4.
Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah…
.
A.
Kerajaan Samudera Pasai
B.
Kesultanan Demak
C.
Kesultanan Banten
D.
Kerajaan Gowa-Tallo
E.
Kerajaan Bone
|
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan
strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
5
|
D
|
||
5.
Dalam cerita Jimat Kalimasodo diungkapkan bahwa setiap orang yang
memiliki jimat Kalimasodo niscaya akan selamat hidupya di dunia maupun di
akhirat kelak. Jimat Kalimasodo merupakan ungkapan simbolis tentang... .
A.
Allah dan Nabi Muhammad
B.
Alquran dan Shuhuf
C.
Dua Malaikat Penjaga
D. Dua kalimat syahadat
E.
Dua arah mata angin
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan
strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
6
|
C
|
||
6.
Seorang tokoh di bawah ini yang
paling mahir dalam pertunjukan wayang adalah… .
A.
Sunan Gresik
B.
Sunan Ampel
C.
Sunan Kalijogo
D.
Sunan Kudus
E.
Sunan Giri
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan
strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
7
|
B
|
||
7.
Dalam bidang ekonomi, pada tahap
awal yang digunakan dalam proses islamisasi di Indonesia adalah… .
A.
Membangun pondok pesantren
B.
Perdagangan
C.
Pekawinan
D.
Pertunjukan wayang
E.
Pendidikan
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan
strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
8
|
B
|
||
8.
Penyebaran agama Islam melalui ajaran tashawuf lebih mudah diterima
bangsa Indonesia terutama bagi mereka yang sebelumnya telah memiliki
dasar-dasar ajaran kebathinan, apalagi jika dilihat dari sifat dan watak para
ahli tashawuf yang lebih kompromistis, telaten, ramah dan penuh kasih sayang.
Pendekatan dakwah model ini diperkirakan mulai sejak... .
A.
Abad 12 M
B. Abad 13 M
C.
Abad 14 M
D.
Abad 15 M
E.
Abad 16 M
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikatr : Peserta didik mampu menjelaskan
strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
9
|
C
|
||
9.
Para muballigh Ahlusunnah wal
Jama’ah selalu berusaha agar bangsa Indonesia menjadi pemeluk Islam yang
sejati tetapi juga tidak kehilangan identitas dan jati diri
ke-Indonesia-annya. Sikap ini merupakan implementasi dari sikap… .
A.
Tabarukan
B.
Tawasul
C.
Tasamuh
D.
Tahayyul
E.
Tahilan
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menyebutkan
faham keislaman yang berkembang di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
10
|
D
|
||
10. Amaliyah
keagamaan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Islam Indonesia
menurut madzhab Syafi’i, antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut,
kecuali… .
A.
Membaca doa Qunut pada sholat
Subuh
B.
Bersalaman setelah selesai sholat
C.
Sholat Idul Fitri dan Idul Adha
di Masjid
D.
Tidak membaca Basmalah
dalam surat al Fatihah pada Sholat
E.
Mengeraskan bacaan basmalah pada
sholat jahriyah
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menyebutkan
faham keislaman yang berkembang di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
11
|
D
|
||
11. Hadist di bawah ini menjadi dasar hukum tentang... .
عن أنس ابن مالك قال : مَا زَالَ
رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْنُتُ في الْفَجْرِ حَتّي فَارَقَ الدّنيا
A. Bersalaman setelah selesai sholat
B. Mengeraskan bacaan basmalah pada sholat jahriyah
C. Bilal Jumat menyerahkan tongkat pada khotib
D. Doa Qunut pada sholat subuh
E. Sholat Id di masjid
F.
Tabarukan
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu membuktikan
Ahlusunnah wal Jamaah sebagai faham keagamaan yang berkembang di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
12
|
E
|
||
12. Di desa Leran Gresik terdapat makam tua yang panjang,
adalah makam... .
A.
Fatimah binti Marwan
B.
Fatimah binti Maimun
C.
Fatimah binti Maimun bin Hujatullah
D.
Fatimah binti Maimun bin Habibullah
E. Fatimah binti Maimun bin Haibatallah
|
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran
dan strategi dakwah Islam di Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam
Di Indonesia
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu membuktikan
Ahlusunnah wal Jamaah sebagai faham keagamaan yang berkembang di Indonesia
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
13
|
D
|
||
13. Setiap Mazhab memiliki kitab Fiqih sebagai pedoman dan
rujukan. Demikian pula Mazhab Imam Syafi’i. Berikut ini yang termasuk kitab
karya Imam Syafi’i adalah... .
A.
Ar Risalah dan Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah
B.
Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah
dan Al Umm
C.
Ar Risalah dan Ihya’ Ulumuddin
D. Ar Risalah dan Al Umm
E.
Al Umm dan Ihya’ Ulumuddin
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
peranan Ulama dalam dakwah Islam
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
14
|
A
|
||
14. Di Jawa, penyebaran Agama Islam dilakukan oleh para
muballigh profesional yang dikenal dengan...
A. Wali Songo
B.
Wali Pitu
C.
Wali Telu
D.
Wali Quthub
E.
Wali Abdal
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
peranan Ulama dalam dakwah Islam
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
15
|
B
|
||
15. Ayah Sunan Kalijaga adalah... .
A.
Raden Usman Haji
B. Raden Sahur Tumenggung Wilotikto
C.
Maulana Ishaq
D.
Sunan Ampel
E.
Sunan Muria
|
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
peranan Ulama dalam dakwah Islam
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
16
|
E
|
||
16. Sunan Muria adalah putera dari... .
A.
Sunan Ampel
B.
Sunan Kudus
C.
Sunan Giri
D.
Sunan Bonang
E. Sunan Kalijaga
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
peranan Ulama dalam dakwah Islam
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
17
|
C
|
||
17. Sunan Bonang dan Sunan Drajat adalah putera Sunan Ampel
dari perkawinannya dengan... .
A.
Nyai Ageng Pinatih
B.
Nyai Halimah
C. Nyai Ageng Manila
D.
Nyai Royyani
E.
Nyai Ageng Nuriyah
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
peranan Ulama dalam dakwah Islam
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
18
|
A
|
||
18. Hadrotus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari merupakan Santri
dari... .
A. Mbah Kholil Bangkalan
B.
Mbah Manab Lirboyo
C.
Mbah Basyir Jekulo Kudus
D.
Mbah Dalhar Watu Congol Gunung Pring Magelang
E.
Mbah Moen Zubair Rembang
|
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
peranan Ulama dalam dakwah Islam
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
19
|
D
|
||
19. Hari Santri Nasional diperingati pada tanggal... .
A.
19 Oktober
B.
20 Oktober
C.
21 Oktober
D. 22 Oktober
E.
23 Oktober
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan
metode dan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
20
|
E
|
||
20. Lembaga Pendidikan Islam tertua di Jawa dikenal dengan
nama... .
A.
Surau
B.
Dayah
C.
Meunasah
D.
Madrasah
E. Pesantren
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
||
3
|
3.1
|
|||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
||||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
||||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
||||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
|
||||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
||
21
|
E
|
|||
21. Salah satu di antara pelajaran yang diberikan para
Ulama dalam kegiatan berdakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah, yakni berdakwah bil
hikmah, artinya... .
A.
Dakwah dengan pitutur yang baik
B.
Dakwah dengan bertukar pikiran
C.
Dakwah dengan perbuatan
D.
Dakwah dengan berdiskusi
E. Dakwah dengan memberikan keterangan yang
tegas dan lugas
|
||||
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
22
|
E
|
||
22. Dakwah yang dilakukan dengan kunjungan silaturrohim,
menjenguk jamaah yang sakit, melayat, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan,
merupakan salah satu dakwah dengan cara... .
A.
Mauidhoh hasanah
B.
Jidal
C.
Dakwah bil Hikmah
D.
Dakwah bil Kitabah
E. Dakwah bil Haal
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
23
|
A
|
||
23. Dakwah yang dilakukan oleh pengikut Ahlussunnah Wal
Jama’ah dewasa ini hendaknya lebih meningkatkan usaha-usaha sosial secara
nyata dan tepat sasaran agar dapat mengatasi problema-problema sosial yang
dihadapi oleh umat Islam, terutama dalam bidang... .
A. Pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan
B.
Pementasan dan penayangan media audio-visual
C.
Pameran dan publikasi lukisan
D.
Ceramah di tempat strategis
Ceramah di media Sosial
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
24
|
C
|
||
24. Salah satu dakwah NU melalui penayangan mediia
audio-visual adalah dengan cara membuat siaran TV, yakni... .
A.
INews
B.
MTV
C. TV9
D.
NetTV
E.
JTV
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
|
|||
Materi Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
pola pikir dan perilaku Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam berdakwah
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
25
|
B
|
||
25. @nahdlatuloelama adalah akun Instagram resmi PBNU yang
dikelola oleh Tim kesekjenan PBNU, website www.nu.or.id dan aplikasi NU
Mobile, diciptakan dengan tujuan... .
A.
Menyebarkan Hoax
B. Aktivitas dakwah Ahlussunnah Wal Jama’ah
C.
Menyemarakkan media sosial
D.
Mendukung parpol tertentu
E.
Menggalang dana korban Tsunami Palu
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
pengertian Maulid Nabi
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
26
|
B
|
||
26. Kata Maulid atau Milad dalam Bahasa Arab berarti... .
A.
Hari baik
B. Hari lahir
C.
Hari raya
D.
Hari duka
E.
Hari gembira
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
pengertian Maulid Nabi
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
27
|
E
|
||
27. Nabi SAW lahir pada tanggal... .
A.
08 Rabiul Awal
B.
09 Rabiul Awal
C.
10 Rabiul Awal
D.
11 Rabiul Awal
E. 12 Rabiul Awal
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan
sejarah dan keabsahan peringatan Maulid Nabi
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
28
|
C
|
||
28. Dalam kitab Imam Ibnu Katsir dalam kitab Tarikh Al
Bidayah wan Nihayah diterangkan bahwa seorang Gubernur Kepala Daerah Ibril
mengadakan perayaan maulid nabi besar-besaran. Siapakah nama Gubernur
tersebut... .
A.
Husnul Maqoshid
B.
Ibn Khallikan
C. Muzhaffaruddin Al Kukburi
D.
Sibt Ibnu Jauzi
E.
Imam Al Hafizh Ibnu Dihyah
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menguraikan
sejarah dan keabsahan peringatan Maulid Nabi
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
29
|
D
|
||
29. Karya
Imam Suyuthi yang khusus membahas Maulid berjudul… .
A.
Su’ul Maqoshid Fi ‘Amali Maulid
B.
Su’ul Khotimah Fi ‘Amali Maulid
C.
Husnul Khotimah Fi ‘Amali Maulid
D.
Husnul Maqashid Fi
‘Amali Maulid
E.
Husnul Maqashid Fi ‘Amali Bid’ah
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
dalil-dalil peringatan maulid Nabi Muhammad saw.
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
30
|
E
|
||
30. Memperingti
Maulid Nabi Muhammad saw. merupakan ungkapan rasa senang dan bahagia atas
nikmat Allah saw. hal itu merupakan bentuk aplikasi terhadap firman Allah … .
A.
Ali Imron : 12
B.
Muhammad : 17
C.
Hud : 10
D.
Yusuf : 15
E.
Yunus : 58
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
dalil-dalil peringatan maulid Nabi Muhammad saw.
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
31
|
D
|
||
31. Peringatan
Maulid Nabi adalah sesuatu yang dianggap baik oleh para ulama dan kaum
muslimin di seluruh negeri muslim dan telah dilakukan di seluruh pelosok desa
dan kota. Istilah dari kalimat bergaris bawah adalah… .
A.
Istiqomah
B.
Istidraj
C.
Istinbath
D.
Istihsan
E.
Istikmal
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menganalisis
hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
32
|
B
|
||
32. Hikmah
peringatan Maulid Nabi telah Allah sampaikan dalam QS. Hud ayat 120. Yang
menyatakan bahwa tujuannya tersebut di bawah ini, kecuali… .
A.
Untuk meneguhkan keimanan dan
keyakinan dalam hati
B.
Untuk mencapai derajat
keluhuran
C.
Agar dapat mengetahui mana yang
haq dan mana yang bathil
D.
Untuk memberikan pengajaran
kearah peningkatan amal-amal kebajikan
E.
Sebagai pengingat bagi
orang-orang mukmin atas jasa-jasa perjuangan Nabi Muhammad saw.
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjabarkan
sikap menghormati Nabi
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
33
|
C
|
||
33. Mencintai Nabi SAW secara total, bukan
setengah-setengah, sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah :
النبي اولى بالمؤمنين من انفسهم
tersebut
dalam Surat... .
A.
QS Ali Imron 31
B.
QS Ali Imron 32
C. QS Al Ahdzab 6
D.
QS Al Ahdzab 7
E.
QS Al Ahdzab 8
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjabarkan
sikap menghormati Sahabat Nabi
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
34
|
A
|
||
34. Menurut Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah, orang yang
berkumpul atau bertemu dengan Rasulullah SAW dalam keadaan beriman, dan
ketika mati tetap dalam keadaan beriman disebut... .
A. Sahabat
B.
Tabi’in
C.
Tabi’it Tabi’iin
D.
Murtadin
E.
Munafiqun
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
KI
|
KD
|
Buku Sumber : Pimpinan Wilayah Lembaga
Pendidikan Maarif NU Jawa Timur, Lembar Kerja Pendidikan KeNUan
|
|
3
|
3.1
|
||
KI. 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
dalam prespektif Ahlussunnah Wal Jama’ah
|
|||
Kompetisi Dasar : Memahami Amaliyah
Nahdliyah Maulid Nabi Muhammad saw
|
|||
Materi Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
|
|||
Indikator : Peserta didik mampu menjabarkan
sikap menghormati Ulama
|
|||
No
Soal
|
RUMUSAN
SOAL
|
Kunci
Jawaban
|
|
35
|
A
|
||
35. HR Ahmad, At Tirmidzi dan Abu Dawud berikut ini
انّ العلماء ورثة الأنبياء
menjelaskan
bahwa... .
A.
Para Ulama adalah
perwaris para Nabi
B.
Para Ulama adalah pengikut para
Nabi
C.
Para Ulama adalah pembimbing para
Nabi
D.
Para Ulama adalah pembenar para
nabi
E.
Para Ulama adalah umat para Nabi
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Kompetisi
Inti : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah
Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di
Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator :
Peserta didik mampu menyebutkan strategi dan upaya pendekatan dakwah Islam
Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Butir Soal : Sebutkan
6 strategi dan upaya pendekatan yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan misi
dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah di Indonesia!
Pedoman Penyekoran
Langkah
|
KUNCI
JAWABAN
|
SKOR
|
|
1.
Pendekatan perdagangan
2.
Pendekatan Seni dan Budaya
3.
Pendekatan politik/pemerintahan
4.
Pendekatan perkawinan
5.
Pendekatan pendidikan
6.
Pendekatan Tashawuf
|
1
1
1
1
1
1
|
|
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL
|
6
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Kompetisi
Inti : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah
Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di
Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator :
Peserta didik mampu menjelaskan sebuah kaidah yang dijadikan penguat strategi
dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia
Butir Soal : Jelaskan
maksud dari kaidah di bawah ini!
المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلاح
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI
JAWABAN
|
SKOR
|
|
Para Muballigh senantiasa bertekad
memelihara nilai lama yang baik dan mencari nilai baru yang lebih baik.
|
|
|
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL
|
5
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Kompetisi
Inti : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah
Wal Jama’ah
Kompetisi Dasar : Memahami Proses Penyebaran dan strategi dakwah Islam di
Indonesia
Materi Pembelajaran : Strategi Dakwah Islam Di Indonesia
Indikator : Peserta didik mampu menjelaskan
strategi dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah di Indonesia di bidang
pemerintahan
Butir Soal : Jelaskan
alasan mengapa para Muballigh meyebarkan agama Islam di kalangan kerajaan!
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI
JAWABAN
|
SKOR
|
|
Seorang raja memiliki kekuasaan dan pengaruh yang besar
dan memegang peranan penting dalam proses penyebaran agama Islam. Jika raja
sebuah kerajaan memeluk Islam, maka rakyatnya kan memeluk Islam juga.
Alasannya karena rakyat memiliki kepatuhan yang tinggi terhadap rajanya. Demi
kepentingan politik maka raja akan mengadakan perluasan wilayah kerajaan,
yang diikuti dengan penyebaran agama
Islam.
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
5
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Kompetisi
Inti : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah
Wal Jama’ah
Kompetisi
Dasar : Memahami Peranan Ulama
dalam Dakwah Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah
Materi
Pembelajaran : Peranan Ulama’ dalam
dakwah Islam
Indikator : Peserta didik mampu
menyebutkan dan menjelaskan sarana Ulama dalam dakwah Islam Ahlussunnah Wal
Jama’ahdi bidang pendidikan
Butir Soal : Jelaskan 5 elemen dasar
pesantren!
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI
JAWABAN
|
SKOR
|
|
Sebuah pondok pada dasarnya merupakan sebuah asrama
pendidikan Islam tradisional di mana para siswanya (santri) tinggal bersama
di bawah bimbingan seorang atau lebih guru yang lebih dikenal dengan Kyai
Masjid merupakan elemen yang tak dapat dipisahkan dengan
pesantren dan dianggap sebagai tempat yang paling tepat untuk mendidik para
santri, terutama dalam praktik ibadah lima waktu, khotbah dan salat Jumat dan
pengajaran kitab-kitab Islam klasik.
Sejak tumbuhnya pesantren, pengajaran kitab-kitab klasik
diberikan sebagai upaya untuk meneruskan tujuan utama pesantren yaitu
mendidik calon-calon ulama yang setia terhadap paham Islam tradisional.
Karena itu kitab-kitab Islam klasik merupakan bagian integral dari nilai dan
paham pesantren yang tidak dapat dipisah-pisahkan.
Santri merupakan sebutan bagi para siswa yang belajar
mendalami agama di pesantren
Kyai berkedudukan sebagai tokoh sentral dalam tata
kehidupan pesantren, sekaligus sebagai pemimpin pesantren
|
2
2
2
2
2
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
10
|
PIMPINAN
CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Kompetisi
Inti : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah dalam prespektif Ahlussunnah
Wal Jama’ah
Kompetensi
Dasar : Memahami Amaliyah Nahdliyah
Maulid Nabi Muhammad saw.
Materi
Pembelajaran : Peringatan Maulid Nabi
Muhammad saw.
Indikator : Peserta didik mampu menyebutkan
hikmah peringatan maulid nabi Muhammad saw.
Butir
Soal : Sebutkan
4 hikmah peringatan Maulid Nabi!
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI
JAWABAN
|
SKOR
|
|
1.
Untuk meneguhkan keimanan dan keyakinan dalam
hati
2.
Agar dapat mengetahui mana yang haq dan mana
yang bathil
3.
Untuk memberikan pengajaran kea rah
peningkatan amal-amal kebajikan
4.
Sebagai pengingat bagi orang-orang mukmin atas
jasa-jasa perjuangan Nabi Muhammad saw.
|
1
1
1
1
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
4
|
0 Comments