KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN SEMESTER TAHUN PELAJARAN
2019/ 2020
Jenis Sekolah : SMA ALMUNIROH Ujungpangkah Alokasi : 90 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah Soal : 30 soal
Kelas/ Semester :
XII / Ganjil Bentuk soal : Tulis
Kurikulum : K-13 Penyususn : Masnukhan, S. Pd.
No.
|
Standar Kompetensi
|
Indikator
|
No. Soal
|
Soal
|
Kunci
|
1
|
3.1 Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Mengidentifikasi bahasa dan kalimat efektif
|
1
|
1. Cermati kalimat di
bawah ini!
Surat lamaran pekerjaan
tidak memiliki format yang resmi. ...., surat lamaran pekerjaan memiliki
aturan-aturan yang harus diperhatikan dalam penulisannya.
Konjungsi (kata sambung)
yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang (kosong) adalah ...
A. meskipun demikian
B. selanjutnya
C. akan tetapi
D. dengan demikian
E. oleh sebab itu
|
A
|
2
|
3.1 Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan
|
2
|
2. Cermati ilustrasi berikut!
Sebuah perusahaan
membutuhkan karyawan di bagian pemasaran. Bidang pekerjaan yang ditawarkan
adalah untuk memasarkan produk dari perusahaan tersebut. Pelamar yang
berminat dipersilakan untuk membuat surat lamaran yang disertai dengan
lampiran yang dibutuhkan bagi orang pemasaran.
Berikut ini adalah
lampiran yang disertakan oleh seorang pelamar:
(1) fotokopi
SIM
(2) fotokopi
KTP
(3) fotokopi
kartu pelajar
(4) fotokopi
ijazah terakhir
(5) fotokopi
kartu keluarga
Berdasarkan ilustrasi
tersebut, ada dua lampiran yang tidak sesuai untuk dilampirkan yang ditandai
dengan nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4
dan 5
|
D
|
3
|
3.1 Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Mengidentifikasi bahasa dan kalimat efektif
|
3
|
3. Cermati pengumuman
berikut dengan teliti!
PT PELITA JAYA
Jalan MT Haryono 10
Jakarta
No. 120-PK-08-2013
28 Oktober 2013
PENGUMUMAN
Dibutuhkan tenaga administrasi
minimal lulus SMK untuk ditempatkan di kantor cabang Depok dengan
persyaratan …
Kalimat pembuka surat
lamaran kerja sesuai dengan pengumuman tersebut yang tepat adalah ….
A. Sehubungan
dengan pengumuman Saudara pada tanggal 28 Oktober 2013…
B. Bersamaan
ini saya mengajukan lamaran kerja berdasarkan pengumuman…
C. Mengingat
surat Saudara nomor 120/PK/08/2013 pada 28 Oktober 2013…
D. Berdasarkan
pengumuman nomor 120/PK/08/2013 pada 28 Oktober 2013…
E. Saya
memberanikan diri mengajukan permohonan kerja kepada Bapak
|
D
|
4
|
3.1 Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Mengidentifikasi bahasa dan kalimat efektif
|
4
|
4. Bacalah ilustrasi
berikut!
Seorang calon pelamar
pekerjaan mengajukan sebuah surat lamaran pekerjaan yang ditujukan ke suatu
PT yang bergerak di bidang telekomunikasi. Karena lowongan tersebut sudah
terisi maka lamaran tersebut terpaksa ditolak.
Kalimat penolakan
lamaran pekerjaan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah…….
A. Bersama ini kami
beritahukan bahwa lamaran Saudara tidak dapat diterima.
B. Sesuai dengan surat
Saudara, dengan ini diberitahukan bahwa lamaran Saudara ditolak.
C. Lowongan pekerjaan
yang Saudara kehendaki tidak ada dan kebetulan belum dibutuhkan.
D. Berhubungan dengan
surat Saudara maka lamaran pekerjaan Saudara kami tolak sementara.
E. Dengan surat ini kami
memberitahukan bahwa lowongan jabatan yang yang Saudara inginkan sudah
terisi.
|
E
|
5
|
3.1 Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Mengidentifikasi bahasa dan kalimat efektif
|
5
|
5. Cermatilah kutipan
penutup surat berikut!
Atas perhatiannya,
diucapkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk
memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah ….
A. Atas perhatian Bapak,
saya ucapkan terima kasih banyak
B. Atas perhatian, saya
tak lupa mengucapkan terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak,
saya mengucapkan terima kasih.
D. Atas perhatiannya,
saya mengucapkan terima kasih .
E. Atas perhatian,
diucapkan terima kasih kepada Ibu.
|
C
|
6
|
3.1 Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Mengidentifikasi bahasa dan kalimat efektif
|
6
|
6. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sebuah surat akan dikirim ke alamat :
PT Astra Motor, jalan Kramat Raya nomor 132, Jakarta 10545
Cara penulisan alamat surat yang
benar adalah ....
Jln. Kramat Raya 132
Jakarta 10453
Jalan Kramat Raya
Jakarta 10453
PT
Astra Motor
Jln.
Kramat Raya 132
Jakarta
10545
Jalan Kramat Raya 132
Jakarta 10545
Jln. Kramat Raya 132
Jakarta 10545
|
D
|
7
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
· Mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
·
|
7
|
7. Cermatilah kutipan
surat lamaran pekerjaan teks berikut.
Saya yang bertanda
tangan di bawah ini
nama :
Zuhri, S.E.
tempat, tanggal
lahir : Sukoharjo, 20 Agustus 1983
jenis
kelamin :
laki-laki
agama
: Islam
pendidikan :
S-1 Akuntasi
alamat
: Jalan Wironanggan 15, Sukoharjo
nomor
telepon/HP : 081326446361
dengan ini menyampaikan
permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di
perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan jabatan sebagai staf keuangan,
Sebuah surat lamaran pekerjaan mengandung
bagian yang berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan
dilamar. Bagian tersebut merupakan ...
A. pernyataan ulang
B. argumentasi
C. tesis
D. tujuan
E. orientasi
|
C
|
8
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
· Mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
·
|
8
|
8. Cermatilah kutipan
surat lamaran pekerjaan teks berikut.
Sebagai bahan
pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan:
1. fotokopi ijazah
terakhir
2. Pasfoto ukuran 3x4
sebanyak empat lembar
3. Surat keterangan
kesehatan
4. surat keterangan
kelakuan baik
Demikian
permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu dapat
mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Bagian surat lamaran
pekerjaan tersebut adalah…
|
E
|
9
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
· Mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
·
|
9
|
. Perhatikan
kalimat di bawah ini!
Besar harapan saya untuk
bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak pimpin. Untuk itu, saya sangat
mengharapkan berita dari Bapak.
Kalimat di atas merupakan bagian dari ....
|
B
|
10
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan
|
10
|
10. Cermatilah struktur
surat lamaran kerja berikut!
1.
Lampiran :
……… 3.
Gresik, 21-7- 2019
2. Perihal : ……… 4. Yth. Bapak Direktur PT Jaya Abadi Jln. Pemuda, 123 Semarang
5. Dengan hormat,
6. Dengan ini …….. 7. Hormat saya,
…………………..
Struktur surat lamaran kerja di atas yang penulisannya salah adalah ….
|
D
|
11
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan
|
11
|
11. Cermatilah kutipan surat lamaran pekerjaan berikut!
Dengan hormat,
Saya, Maman Suherman, adalah Master Ekonomi Jurusan Manajemen
Pemasaran. Saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak untuk menjadi
direktur pemasaran cabang Majalengka.
Berdasarkan isinya, surat lamaran pekerjaan
di atas ditulis berdasarkan ....
|
A
|
12
|
3.1 Mengidentifikasi
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Mengidentifikasi bahasa dan kalimat efektif
|
12
|
12. Cermatilah teks
berikut!
Tantangan Karier
PT Garuda Nusantara
Membutuhkan tenaga
pembukuan
Syarat:
1. Sarjana Akuntansi
2. Pengalaman min. 2 thn
3. Domisili Jakarta
Lamaran ke PT Garuda
Nusantara
Jalan Garuda 85 Jakarta
Pusat
Pembuka surat lamaran kerja yang paling tepat berkaitan dengan
iklan di atas adalah ….
|
D
|
13
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
· Mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
·
|
13
|
13. Perhatikan data-data
berikut!
Nama : Endah
Mustaqimah, S.T.
Umur : 25 tahun
Pendidikan : S1 Teknik
Industri
Alamat
: Jalan Tentara
Pelajar, o6 Boyoali
Data di atas merupakan bagian dari surat
lamaran pekerjaan, yaitu bagian ....
|
B
|
14
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun
tulis
|
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan
|
14
|
14. Cermatilah penggalan surat lamaran pekerjaan
berikut!
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan perusahaan bapak yang
dimuat pada harian Suara
Merdeka, 19 Juli 2019, dengan ini saya
nama : Haryadi, S.Pd.
umur
: 25 tahun
pendidikan
: S1 Fakultas Bahasa
dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia
alamat : Jalan Jambu,
15 Boyolali
Kata yang penulisannya tidak sesuai Ejaan Bahasa indobnesia (EBI) pada penggalan surat lamaran pekerjaan di
atas adalah ....
|
A
|
15
|
4.1 Menyajikan
simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan
maupun tulis
|
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan
|
15
|
15. Cermatilah kalimat surat balasan lamaran berikut!
Anda ditunggu kehadirannya untuk tes tulis dan wawancara pada hari
Senin, 15 Juli 2019 jam 08.00 WIB.
Perbaikan surat balasan lamaran pekerjaan
tersebut yang santun adalah ...
|
C
|
16
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah
|
16
|
16. Bacalah teks
berikut!
Sebelum terbentuknya
ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah melakukan berbagai
upaya untuk membentuk kerja sama regional di kawasan ini.
Yang
merupakan frase verbal pada kalimat di atas adalah ...
A.
beberapa negara di Asia Tenggara
B.
telah melakukan
C.
kerja sama regional
D.
berbagai upaya
E.
di kawasan ini
|
B
|
17
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah
|
17
|
17. Bacalah teks berikut!
ECAFE dibentuk pada 28
Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic and Social Commission
for Asia and the Pacific), yaitu badan khusus PBB yang banyak
memberikan inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di Asia
Tenggara.
Kata
yang mengalami nominalisasi dalam kalimat di atas adalah kata ...
A.
dibentuk
B.
inspirasi
C.
kemudian
D.
pertumbuhan
E.
regional
|
D
|
18
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
Mengidentifikasi isi teks cerita sejarah
|
18
|
18. Bacalah teks
berikut!
Colombo Plan, yang terbentuk pada 1950
dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di Asia Selatan dan Asia
Tenggara. Akan tetapi, keanggotaannya tidak berasal dari suatu kawasan
tertentu dan operasinya bersifat bilatelaral, sehingga tidak sepenuhnya
mencerminkan kerja sama regional. Walaupun demikian, keberadaannya bermanfaat
untuk memberikan dorongan pentingnya kerja sama regional Asia Tenggara dalam
pertemuan konsultatif The Asia Union di Baguio, Filipina. Pertemuan
dimaksudkan agar suara Asia lebih didengar di PBB dan mendorong kerja sama di
bidang ekonomi dan sosial antarnegara di Asia. Namun, gagasan tersebut tidak
berlanjut.
Ide pokok pada paragraf
teks cerita sejarah di atas adalah ….
A. terbentuknya
Colombo Plan
B. Manfaat
Colombo Plan
C. Maksud
terbentuknya Colombo Plan
D. Kerja
sana dalam Colombo Plan
E. Peningkatan
kerjasama dengan Colombo Plan.
|
C
|
19
|
4.3 Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
Menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks
eksplanasi
|
19
|
19. Bacalah
kalimat-kalimat berikut.
(1) Hampir 100 kepala negara
menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung
di bawah guyuran
hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel, 10 Desember 2013.
(2) Dua
pemimpin negara yang bermusuhan sejak era Perang Dingin itu
bersalaman kemudian bersapa
sambil tersenyum.
(3) Para
pemimpin yang selama ini berbeda pendapat, berseberangan, atau bahkan
telah bermusuhan
selama puluhan tahun berada di panggung
yang sama untuk memberikan penghormatan kepada
Mandela.
(4) Tidak terkecuali
Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Kuba, Raul Castro.
Urutan kalimat yang
tepat sehingga membentuk teks cerita sejarah yang runtut adalah ... .
A.1-2-3-4
C.2-4-3-1
B.2-3-4-1
D 1-3-4-2
E. 3-4-1-2
|
D
|
20
|
4.3 Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita
(novel) sejarah.
|
20
|
20. Cermati penggalan teks novel sejarah berikut!
Kala itu tahun 1309, Segenap rakyat
berkumpul di alun-alun Kerajaan Majapahit. Semua berdoa, apapun warna
agamanya, apakah Siwa, Buddha, maupun Hindu. Semua arah perhatian ditujukan
dalam satu pandang, ke Purawaktra yang tidak dijaga terlampau ketat.
Kutipan tersebut termasuk bagian struktur …
|
A
|
21
|
4.3 Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita
(novel) sejarah.
|
21
|
21. Penggalan teks novel sejarah di atas mengandung nilai ….
|
A
|
22
|
4.3 Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita
(novel) sejarah.
|
22
|
22. Perhatikanlah kutipan berikut!
Di antara para Ibu Ratu yang terpukul
hatinya, hanya ibu ratu Rajapatni Biksuni Gayatri yang bisa berpikir
sangat tenang.
Makna kata kias yang digunakan penulis
untuk membangkitkan imajinasi pembaca dalam teks novel sejarah di atas adalah
…
|
D
|
23
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah
|
23
|
23. Cermati kalimat berikut!
Prajurit-prajurit yang telah diperintahkan membersihkan gedung
bekas asrama telah menyelesaikan tugasnya.
Kata yang menunjukkan bahwa kalimat di atas
bermakna lampau adalah …
A. telah
B. bekas
C. prajurit
D. gedung
|
A
|
24
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah
|
24
|
24. Cermati
teks berikut!
Hari Buruh, yang dikenal
juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di
beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari
usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan
sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas
pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang
menuntut pemberlakuan delapan jam kerja. Frederation of Organized
Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh
yang diperingati momen tuntutan delapan jam kerja
sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang
mencapai titik masif di era tersebut.
Kalimat bermasa lampau pada penggalan teks cerita sejarah di atas adalah….
A.
Hari
Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati
setiap 1 Mei.
B.
Di
beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari
usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial
para buruh.
C.
Pada
1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut
pemberlakuan delapan jam kerja.
D.
Frederation
of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang
diperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan
semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era
tersebut.
E.
Hari
Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja
|
C
|
25
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
nilai-nilai cerita (novel) sejarah
·
|
25
|
25. Penggalan teks berikut!
Dan bila orang mendarat dari pelayanan entah dari jauh entahlah
dekat, ia akan berhenti di suatu tempat beberapa puluh langkah dari dermaga.
Ia akan mengangkat sembah di hadapannya berdiri Sela Baginda, sebuah tugu
batu berpahat dengan prasasti peninggalan Sri Airlangga. Bila ia meneruskan
langkahnya, semua saja jalanan besar yang dilaluinya, jalanan ekonomi
sekaligus militer. Ia akan selalu berpapasan dengan pribumi yang berjalan
tenang tanpa gegas, sekalipun di bawah matari terik.
(Pramudya
Ananta Toor, Mangir)
Nilai yang terkandung dalam penggalan teks novel
sejarah tersebut adalah …
|
B
|
26
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah
|
26
|
26. Kalimat
yang menggunakan konjungsi temporal adalah….
A.
Hampir
100 kepala negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung di
bawah guyuran hujan deras di Stadion FNB, Soweto, Afsel.
B.
Mandela
dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di Desa Qunu, tempat Ia
menghabiskan masa kecilnya.
C.
Nelson
Mandela wafat dalam usia 95 tahun.
D.
Sebelumnya,
jenazah disemayamkan selama tiga hari di Union Buildings di Prectoria, tempat
Dia dilantik menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan.
E.
Pemakaman
terletak di tanah luas keluarga yang dibangun Mandela tahun 1990.
|
D
|
27
|
4.3 Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
· Mendata struktur
(orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
·
|
27
|
27. Cermati teks sejarah berikut!
Ultimatum agar Tentara Republik Indonesia
(TRI) meninggalkan kota dan rakyat, melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat
tidak rela Kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh. Mereka mengungsi ke arah
selatan bersama para pejuang. Kolonel Abdul Haris Nasution selaku Komandan
Divisi III, mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan rakyat
untuk meninggalkan Kota Bandung. Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat
dengan maksud agar Sekutu tidak dapat menggunakannya lagi.
Inggris mulai menyerang sehingga
pertempuran sengit terjadi. Api masih membubung membakar kota. Bandung pun
berubah menjadi lautan api.
Bukti kutipan tersebut bagian
dari rangkaian peristiwa adalah…
A. mendeskripsikan suasana Kota Bandung
B. memaparkan peristiwa Bandung Lautan Api
C. berisi pemaparan alur, tokoh, dan latar
yang akan disampaikan dalam peristiwa Bandung Lautan Api
D. menggambarkan peristiwa sebelum terjadinya
peristiwa Bandung Lautan ApiL
E. berisi penjelasan berupa tanda-tanda akan munculnya peristiwa Bandung
Lautan Api
|
E
|
28
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi isi
teks cerita sejarah
·
|
28
|
28. Bacalah teks berikut1
Pak Dirman memerintahkan agar istrinya menjual perhiasan untuk modal perjuangan. Pak Dirman dalam keadaan sakit parah digerogoti TBC dan paru-paru tinggal satu memimpin perang gerilya dari atas tandu. Bersama para gerilyawan yang beliau pimpin, berjuang keluar masuk hutan naik turun gunung demi memerdekakan kita anak cucu mereka. Berjuang dengan persenjataan seadanya, melawan musuh yang memiliki persenjataan modern didukung kekuatan laut dan udara. Gerilya berdasar pada taktik hit and run, ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.
Latar waktu yang tampak pada penggalan teks
cerita sejarah tersebut adalah …
|
A
|
29
|
4.3 Mengonstruksi
nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
· Mendata struktur
(orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
·
|
29
|
29. Peristiwa
pada penggalan teks di atas adalah …
|
C
|
30
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
· Mengidentifikasi
kebahasaan teks cerita sejarah
|
30
|
30. Kalimat
yang perlu disunting karena ejaannya salah adalah ...
|
D
|
Ujungpangkah,17 September 2019
Penyusun,
Masnukhan, S. Pd.
NIP. 19641224 198512 1002
0 Comments