1.Secara etimologi, kata Ahlusunnah Wal jamaah terbentuk dari tiga kata yaitu Ahlun, as sunnah dan Al Jamaah. Arti kata ahlun adalah … .
A.Jalan ( Thariqoh )
B.Keluarga
C.Kebiasaan ( Thabi`ah )
D.Golongan
E.Sejarah ( Sirah )
2.Segala sesuatu yang bersumber dari Nabi SAW berupa perkataan, perbuatan, penetapan, tabiat, budi pekerti / perjalanan hidup beliau baik sebelum diangkat menjadi Rasul maupun sesudahnya disebut … .
A.As Sunnah
B.Ahlun
C.Ijma`us Shahabah
D.Al Jamaah
E.Thabiat
3.Sesuatu yang dianjurkan dalam agama, tanpa diwajibkan dan tanpa difardlukan adalah pengertian Sunnah menurut… .
A.Ulama’ ahli Fiqih
B.Ulama’ ahli Hadist
C.Ulama’ Ushul Fiqih
D.Ulama ahli Tasawwuf
E.Ulama’ ahli ilmu Kalam
4.Para Ulama dan Pemikir Ahlusunnah Wal jamaah senantiasa berpegang pada prinsip taqdimun nash ‘alal ‘aql, yang artinya... .
A.Mendahulukan akal dari pada nash
B.Mendahulukan nash dari pada akal
C.Mendahulukan akal dari pada al Quran
D.Menyetarakan akal dan nash
E.Menyetarakan akal dan al Qura’an
5.Hadits Nabi :
عن انس بن مالك رض يقول، سَمِعْتُ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلّم يقول : إنَّ اُمَّتِي لاَ يَجْتَمِعُ على ضَلاَلَةٍ، فَإذا رَأيْتُمْ اِخْتِلافًا فَعَلَيْكُمْ بِالسَوَادِ الأعْظَمِ.
Kata bergaris bawah memiliki makna… .
A.Sepakat
B.Mayoritas kaum Muslimin
C.Mayoritas kaum Muwathin
D.Mayoritas kaum Sesat
E.Mayoritas kaum yang melihat
6.Pokok-pokok keyakinan yang berkaitan dengan tauhid dan lain-lain menurut Ahlusunnah wal Jamaah harus dilandasi oleh dalil dan argumentasi yang qoth’I dari?
A.Alqur’an, Hadis, urf, Maslahah Mursalah
B.Alqur’an, Hadis, urf, qiyas
C.Alqur’an, Hadis, ijma’, qiyas
D.Alqur’an, Hadis, ijma’, Maslahah Mursalah
E.Alqur’an, Hadis, ijma’, urf
7.Alhusunnah wal Jamaah adalah golongan yang selaras dan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya. Ciri-ciri mereka yang dikategorikan Ahlusunnah wal Jamaah adalah mereka yang dalam bidang fiqih mengikuti paham empat madzab, di bidang tasawuf mengikuti ajaran dari…
A.Imam Abu al Hasan al Asy’ari
B.Abu Mansur al Maturidi
C.Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Malik
D.Syekh Junaid al Baghdadi dan Imam al Ghazali
E.Imam Syafi’I dan Imam Malik bin Anas
8.Pemikiran kalam Al Maturidi dengnan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran kalam aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A.Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan kekal di neraka
B.Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
C.Orang beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
D.Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya dan akan kekal di neraka
E.Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi tidak kekal di neraka
9.Penggalan QS. Al Fath: 10
يَدُ اللهِ فَوْقَ أيْدِيْهِمْ
Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah diartikan dengan… .
A.Dzat Allah
B.Keridlaan Allah
C.Pengawasan Allah
D.Ketetapan Allah
E.Kekuasaan Allah
10.Penggalan QS. Ar Rahman: 27
وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّك
Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah diartikan dengan… .
A.Keridlaan Allah
B.Kekuasaan Allah
C.Pengawasan Allah
D.Ketetapan Allah
E.Dzat Allah
11.Pemikiran kalam Al Maturidi dengan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran kalam aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A.Orang beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan kekal di neraka
B.Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya dan akan kekal di neraka
C.Orang beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di neraka
D.Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi tidak kekal di neraka
12.Kaidah
المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلا
Salah satu cara untuk mempertahankan, melestarikan, meneguhkan, dan mengembangkan ajaran Ahlusunnah wal Jamaah hendaknya selalu berpedoman pada kaidah di atas. Maksud kaidah diatas adalah… .
A.Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan tidak mengambil hal-hal baru yang lebih baik
B.Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik
C.Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan mengambil hal-hal baru
D.Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan tidak mengambil hal-hal baru
E.Tidak mempertahankan pembendaharaan yang lama dan tidak mengambil hal-hal baru
13.Ruang lingkup ajaran Ahlusunnah Wal jamaah terdiri dari... .
A.dalam bidang Aqidah bermanhaj Asy’ariyah dan Maturidiyah, dalam bidang Fiqih mengikuti salah satu Madzhab Empat, dan dalam bidang akhlak/tasawuf menganut manhaj Imam Ghazali dan Imam Abul Qasim Al Junaid Al Baghdadi.
B.dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan al Khayyath, dalam bidang Fiqih mengikuti salah satu Madzhab Empat, dan dalam bidang akhlak/tasawuf menganut manhaj Imam Ghazali dan Imam Abul Qasim Al Junaid Al Baghdadi.
C.dalam bidang Aqidah bermanhaj Asy’ariyah dan Maturidiyah, menganut Ushulul Khomsah, dan mengandalkan akal secara penuh dalam masalah aqidah.
D.dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan al Khayyath, menganut Ushulul Khomsah, dan dalam bdang tasawuf menganut Muhammad bin Abdul Wahab
E.dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan al Khayyath, menganut Ushulul Khomsah, dan mengandalkan akal secara penuh dalam masalah aqidah.
14.Awal abad ke 20 M merupakan babak baru perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah Belanda. Era baru itu ditandai dengan berdirinya beberapa organisasi. Salah satunya dibidang pendidikan adalah … .
A.Sarekat dagang Islam (SDI )
B.Jam`iyatul Khair
C.Muhammadiyah
D.Kopontren
E.GP Anshor
15.Tashwirul Afkar adalah… .
A.Sebuah organisasi pendidikan
B.Organisasi kepemudaan
C.Organisasi perdagangan
D.forum diskusi pembahasan masalah-masalah umat
E.Organisasi untuk memperbaiki ekonomi
16.Untuk membahas masalah khilafah Islam Se dunia pada bulan Juni 1926, maka Raja Ibnu Saud menyelenggarakan… .
A.Muktamar Madzhabil Arba’ah
B.Muktamar Komite Khilafat
C.Muktamar ‘Al ‘Alam Al Islami
D.Muktamar Ibnu Saud
E.Muktamar Hijaz
17.Organisasai Nahdlatul Ulama’ didirikan para Ulama’ Pada tanggal… .
A.16 Rajab 1344 H
B.17 Rajab 1344 H
C.18 Rajab 1344 H
D.19 Rajab 1344 H
E.20 Rajab 1344 H
18.Peringatan Harlah NU ke 93 menurut tahun Masehi, pada tanggal 18 Maret 2019 di laksanakan di... .
A.Wahana Ekspresi Pusponegoro
B.Gedung Ahmad Yani Semen Gresik
C.Gedung Nasional Indonesia Jl Pahlawan
D.Stadion Gelora Joko Samudro
E.Stadion Tridharma
19.NU lahir untuk membentengi umat Islam khususnya di Indonesia agar tetap teguh pada ajaran... .
A.Mu’tazilah
B.Syi’ah
C.Qodariyah
D.Ahlussunnah wal Jama’ah
E.Hisbut Tahrir Indonesia
20.Secara umum ada tiga motif atau alasan yang melatarbelakangi lahirnya NU 31 Januari 1926 antara lain... .
A.Agama, nasionalisme, dan anti penjajah
B.Nasionalis, sosial budaya, dan agama
C.Suku, agaa, dan kebangkitan ulama’ Nusantara
D.Ekonomi, budaya, dan mempertahankan faham Ahlusunnah Wal jamaah
E.Agama, nasionalisme, dan mempertahankan faham Ahlusunnah Wal jamaah
21.Kelahiran NU mendapatkan respon positif karena… .
A.Ciri sekte dan pengaruh kepemimpinan Raja
B.Ciri sekte dan pengaruh kepemimpinan Ulama’
C.Ciri diniyah dan pengaruh kepemimpinan Pejabat
D.Ciri diniyah dan pengaruh kepemimpinan Ulama’
E.Ciri diniyah dan pengaruh kepemimpinan Raja
22.NU telah diakui sebagai organisasi berbadan hukum yang kemudian dicatat dalam Besluit Rechts Persoon nomor… .
A.VII dalam jangka waktu 29 tahun
B.IX dalam jangka waktu 29 tahun
C.X dalam jangka waktu 29 tahun
D.XI dalam jangka waktu 29 tahun
E.XII dalam jangka waktu 29 tahun
23.Salah satu cara menentukan awal bulan Ramadhan adalah dengan Rukyatul Hilal, yaitu... .
A.melihat bulan sabit
B.memperkirakan bulan sabit
C.menyempurnakan bulan sabit
D.menyempurnakan bulan Sya’ban
E.menyempurnakan bulan Ramadhan
24.Sabda Rasulullah SAW
لاَ تَصُومُوا حتى تَرَوا الهلال ولا تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ
menerangkan tentang... .
A.Sholat Tarawih
B.Sholat Witir
C.Rukyatul Hilal
D.Hisab
E.Bacaan Bilal
25.Jumhur Ulama mencukupkan bahwa hasil rukyat yang dilakukan seorang Muslim yang harus memenuhi syarat ketentuan sehingga dapat dijadikan landasan untuk memutuskannya... .
A.orang yang alim dalam bidang agama dan hafal hadis
B.dapat dipercaya dan Sarjana
C.hafal Al Qur’an dan Hadis
D.dapat dipercaya dan tidak cacat agamanya (adil)
E.hafal kitab Arrisalah Imam Syafi’i
LEMBAR KUNCI JAWABAN
Mata Pelajaran : Aswaja
K e l a s / Semester : X / Genap
Tingkatan : SMA/ MA / SMK
I.Soal Pilihan Ganda ( Bobot 70 % )
1 B 11 C 21 D 31 E
2 A 12 B 22 B 32 B
3 A 13 A 23 A 33 E
4 B 14 B 24 C 34 C
5 B 15 D 25 D 35 C
6 C 16 C 26 E 36
7 D 17 A 27 A 37
8 D 18 D 28 D 38
9 E 19 E 29 C 39
10 E 20 E 30 A 40
II. Soal Uraian
SOAL NOMOR : 1
URAIAN JAWABAN
SKOR
Golongan yang mempunyai keyakinan teguh dalam menganut ajaran Nabi Muhammad serta para sahabatnya
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 2
SOAL NOMOR : 2
URAIAN JAWABAN
SKOR
1.Manhaj (pola pemikiran) Asy`ariyah dan maturidi dalam bidang Aqidah
2.Empat imam madzhab besar dalam bidang fiqih ( hanafi, Maliki, syafi`i dan hambali )
3.Dalam bidang akhlak/tasawuf menganut manhaj Imam Al Ghazali dan Imam abul Qasim Al Junaid al Baghdadi
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 6
SOAL NOMOR : 3
URAIAN JAWABAN SKOR
Menurut Imam abul Hasan Al Asy`ari “ perbuatan manusia bukanlah diwujudkan oleh manusia sendiri, tetapi diciptakan oleh Tuhan. Sedangkan bersamaan dengan wujud perbuatan itu manusia memiliki andil yang disebut dengan Kasb (usaha).
Menurut Imam al Maturidi “kekuasaan dan kehendak Tuhan adalah absolute, sehingga manusia tidak memiliki kemampuan untuk memilih dan menciptakan perbuatannya”.
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 8
SOAL NOMOR : 4
URAIAN JAWABAN SKOR
اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Atau
اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Atau
اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 6
SOAL NOMOR : 5
URAIAN JAWABAN SKOR
الله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا
Atau
سبحان الله والحمد لله ولا إله الا الله والله أكبر
JUMLAH SKOR MAKSIMAL 8
0 Comments