KISI-KISI PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMA 6. Kurikulum Acuan : K13
2. Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA 7. Alokasi Waktu : 60 Menit
3. Jenis Ulangan : Penilaian Akhir Semester 8. Jumlah Soal : 30 Pilihan Ganda
4. Kelas/Semester : X/Gasal
NO | KOMPETENSI DASAR | MATERI PELAJARAN | INDIKATOR | JENIS SOAL | NOMOR SOAL | BOBOT SOAL | |
1 2. | 3.5 Mengevaluasai teks anekdot dari aspek makna tersirat 4.5 Mengontruksi makna yang tersirat dalam sebuah teks anekdot 3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik ekspresi maupun tulis. 4.7 Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. | - Mengkritisi Teks anekdot dari aspek makna tersirat
- Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot
- Mengidentifikasi struktur teks anekdot
- Menenal berbagai pola penyajian anekdot - Menganalisis Kebahasaan teks anekdot
- Mengidentifikasi isi pokok cerita hikayat dengan bahasa sendiri - Mengidentifikasi karakteristik hikayat - Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat | Peserta didik dapat mengidentifikasi teks anekdot | PG | 1 | 4 | |
Peserta didik dapat mengidentifikasi pokok-pokok isi anekdot | PG | 2 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan anekdot | PG | 3 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot | PG | 4 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri teks anekdot | PG | 5 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi teks humor | PG | 6 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari humor | PG | 7 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi persamaan teks anekdot dan humor | PG | 8 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi kritik dalam anekdot | PG | 9 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi makna tersurat dalam anekdot | PG | 10 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks anekdot
| PG | 11 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi pola penyajian anekdot
| PG | 12 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi kebahasaan teks anekdot | PG | 13 | 4 | ||||
| |||||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi asal kata hikayat | PG | 14 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi dari hikayat | PG | 15 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik unik dari hikayat | PG | 16 | 4 | ||||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi isi hikayat | PG | 17 | 4 | ||||
Peserta didik dapat Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat | PG | 18 | 4 | ||||
|
| ||||||
3.8 Membandingkan nilai-nilai dankebahasaan cerita rakyat dan cerpen 4.8 Mengembangkan cerita rakyat(hikayat) ke dalam bentuk cerpendengan memerhatikan isi dan nilai-nilai | - Mengembangkan makna (isi dan nilai) - Membandingkan nilai dan kebahasaan hikayat dengan cerpen | Peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini | PG | 19 | 4 | ||
Peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini | PG | 20 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini | PG | 21 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini | PG | 22 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik bahasa dan hikayat | PG | 23 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi bahasa yang digunakan dalam hikayat | PG | 24 | 4 | ||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur intrinsik dalam hikayat dan cerpen | PG | 25 | 4 |
Gresik, 20 November 2020
Penyusun
MIFTAKHUL ULUM, S.Pd
SOAL BAHASA INDONESIA KELAS X
1. Teks yang berisi peristiwa-peristiwa yang membuat jengkel atau konyol bagi partisipan yang mengalaminya yaitu teks …
a. Eksposisi
b. Anekedot
c. Prosedur komplek
d. Negosiasi
e. Laporan
Jawabanya adalah B
2. Yang bukan termasuk pokok-pokok isi anekdot di bawah ini adalah …
a. Partisipan
b. Peristiwa
c. Latar
d. Hikmah
e. Biaya
Jawabanya adalah D
3. Tujuan penulisan teks anekdot adalah …
a. Memberi petunjuk
b. Memberi argumen
c. Menjelaskan
d. Menghibur
e. Menganalisis
Jawabanya adalah D
4. Arti dari sebuah bacaan yang tidak tertulis secara langsung di dalam bacaan adalah …
a. Biografi
b. Makna tersirat
c. Makna Buku
d. Makna tersurat
e. Makna sebuah Teks
Jawabanya adalah B
5. Perhatikan Ciri-ciri teks anekdot berikut.
1. Memiliki Tujuan tertentu
2. Bersifat Humor
3. Secara Umum menceritakan hewan dan manusia
4. Berdasarkan kejadian yang sebenarnya
5. Biasanya berkaitan dengan orang penting
6. Beberapa menyerupai dongeng
Urutan yang tepat ciri-ciri teks anekdot adalah..
a. 1-2-3-4-5-6
b. 6-5-4-3-2-1
c. 1-2-3-6-5-4
d. 1-3-5-2-4-6
e. 2-3-4-6-5-1
Jawabanya adalah E
6. Teks yang berisi rangsangan yang cenderung secara spontan memancing tawa atau senyum para pembaca atau pendengar adalah …
a. Teks prosedur
b. Teks cerita
c. Teks drama
d. Teks humor
e. Teks film
Jawabanya adalah D
7. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri dari humor adalah
a. Cerita lucu tapi fakta
b. Menggunakan bahasa lucu
c. Cerita binatang
d. Cerita dongeng
e. Cerita ngawur
Jawabanya adalah B
8. Persamaan teks anekdot dan humor adalah…
a. Keduanya memiliki tujuan untuk menghibur dengan isi bacaan yang lucu
b. Keduanya sama-sama golongan deskripsi
c. Sama-sama memakai keterangan masa lampau
d. Sama-sama teks karangan khusus
e. Sama-sama memiliki struktur kalimat aktif
Jawabanya adalah A
9. Kritik dalam anekdot diungkapkan dalam bentuk …
a. Langsung
b. Peringatan
c. Opini
d. Sindiran
e. Nyata
Jawabanya adalah D
10. Makna yang tertulis langsung dalam sebuah teks adalah …
a. Makna cerita
b. Makna tersirat
c. Makna tersurat
d. Makna teks
e. Makna pokok
Jawabanya adalah C
11. Struktur teks anekdot yang benar adalah …
a. Abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda
b. Abtraksi-klimaks-orientasi-koda
c. Abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-konjungsi
d. Abstraksi-orientasi-klimaks-reaksi-koda
e. Abstraksi-orientasi-krisis-klimaks-koda
Jawabanya adalah A
12. Teks anekdot dapat disajikan dalam berbagai bentuk pola penyajian yaitu…
a. Cerita dan percakapan
b. Cerita dan dongeng
c. Cerita dan monolog
d. Cerita dan film
e. Cerita dan teks
Jawabanya adalah A
13. Teks anekdot menggunakan kalimat retoris, yaitu …
a. Kalimat yang menggunakan bahasa baku
b. Kalimat yang memberi petunjuk
c. Kalimat tanya yang membutuhkan jawaban langsung
d. Kalimat tanya yang sebenarnya tidak membutuhkan respon jawaban langsung
e. Kalimat menyatakan masa sekarang
Jawabanya adalah D
14. Hikayat merupakan istilah yang berasal dari bahasa arab yakni …
a. Haka
b. Haku
c. Haki
d. Haha
e. Hahaka
Jawabanya adalah A
15. Yang bukan termasuk fungsi dari hikayat adalah…
a. Pembangkit semangat
b. Penghibur
c. Tokohnya tidak jelas
d. Pelipur lara
e. Meramaikan suatu pesta
Jawabanya adalah C
16. Bacalah dengan cermat!
Sebermula ada sebulan selangnya, maka pada suatu hari raja semayam dibalairung diadap oleh segala
Menteri hulubalang dan rakyat sekalian. Maka barang siapa bercakap mengobati raja itu, jikalau
Sembuh penyakitnya, diambil raja akan menantu.
Berikut karakteristik yang menggambarkan bahwa naskah tersebut hikayat adalah…
a. Istanasentris dan kesaktian
b. Istanasentris dan struktur kalimat
c. Struktur kalimat rancu dan kemustahilan
d. Kemustahilan tokohnya binatang
e. Tokohnya binatang, kesaktian seseorang
Jawabanya adalah B
17. Hikayat umumnya berisi tentang …
a. Kisah-kisah cinta
b. Kisah para nabi
c. Kisah kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kekuatan/kesaktian
d. Perjuangan para pahlawan
e. Kisah kasih sayang seorang ibu
Jawabanya adalah C
18. Di bawah ini yang bukan termasuk nilai-nilai kehidupan yang terdapat pada hikayat …
a. Religius
b. Moral
c. Harga diri
d. Estetika
e. Edukasi
Jawabanya adalah C
19. Nilai yang berkaitan dengan hal-hal yang menarik/menyenangkan disebut …
a. Nilai moral
b. Nilai estetika
c. Nilai religius
d. Nilai kebudayaan
e. Nilai sosial
Jawabanya adalah B
20. Bacalah penggalan hikayat “indra Bangsawan” berikut …
Maka anakanda baginda yang duaorang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi
Mengaji kepada mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih
Hinggasaraf, tafsir sekalianya diketahuinya.
Nilai yang terkandung pada penggalan hikayat di atas yaitu nilai…
a. Nilai moral
b. Nilai agama
c. Nilai moral
d. Nilai sosial
e. Nilai Budaya
Jawabanya adalah B
21. Bacalah kutipan hikayat beriku
Tersebutlah perkataan seorang raja keinderaan yang kena sumpah batara Indera. Adapun raja itu
Hidup laki bini sebagai si Miskin di negeri Antah Berantah yang dimpimpin oleh Maharaja Indera
Dewa. Adapunpekerjaan si Miskin mengelilingi negeri mencari rejeki setiap hari adanya. Tetapi
Kemana mereka pergi, mereka selalu dilempari orang dengan batu dan kayu. Terpaksalah mereka
Makan ketupat dan buku tebu yang didapatinya dan timbunan-timbunan sampah. Hatta beberapa
Bininya si raja pun hamillah dan ingin makan mempelan dari raja. Raja antah beranta dengan
Sukacita memberikan mempelan itu. Beberapa lama kemudian, bini si Miskin ingin makan nangka
Yang ada di dalam istana pula dan nangka itupun diberikan pula oleh raja,,,
Nilai sosial yang terkandung dalam penggalan cerita tersebut adalah…
a. Kebaikan raja yang hanya berderma untuk orang miskin
b. Permohonan orang misikin kepada raja
c. Kurang adanya kepedulian kepada orang miskin
d. Orang miskin yang selalu menyerah dengan keadaan
e. Orang miskin mempunyai hubungan baik dengan sang raja
Jawabanya adalah A
22. Nilai yang berkaitan dengan pengubahan tingkah laku dari baik ke buruk adalah nilai…
a. Nilai keindahan
b. Nilai pendidikan
c. Nilai sosial
d. Nilai agama
e. Nilai moral
Jawabanya adalah B
23. Hikayat dan cerpen merupakan jenis teks …
a. Argumentatif
b. Anekdot
c. Deskripsi
d. Narasi
e. Eksposisi
Jawabanya adalah D
24. Bahasa yang digunakan dalam hikayat adalah bahasa…
a. Melayu
b. Indonesia
c. Melayu klasik
d. Inggris
e. Sangsekerta
Jawabanya adalah C
25. Di bawah ini yang bukan termasuk unsur intrinsik dalam hikayat dan cerpen adalah …
a. Tema
b. Tokoh
c. Sudut pandang
d. Seting
e. Pakaian
Jawabanya adalah E
0 Comments