KARTU SOAL PILIHAN GANDA
SATUAN PENDIDIKAN : MA/SMA/SMK
KELAS/SEMESTER : XII (IPS) / GANJIL
PENYUSUN :
………..
MATA PELAJARAN : SEJARAH
TH. PELAJARAN : 2018/2019
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan
Pemerintah Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Penyusunan Teks Proklamasi
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Perumusan naskah
Teks Proklamasi Kemerdekaan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
1
|
C
|
||
Perumusan naskah Teks
Proklamasi Kemerdekaan dilakukan di rumah…
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan
Pemerintah Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Penyusunan Teks Proklamasi
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi perumusan Teks
Proklamasi Kemerdekaan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
2
|
A
|
||
Naskah proklamasi Kemerdekaan Indonesia dirumuskan oleh
....
a. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo b. Soekarno, Moh. Hatta, dan Radjiman Wedyoningrat c. Radjiman Wedyoningrat, Sukarni, dan Sudiro d. Soekarno, Ahmad Subardjo, dan Sukarni e. Moh. Hatta,, Winaka, dan A. G. Pringgodigdo |
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan
Pemerintah Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Pengesahan Teks Proklamasi
Kemerdekaan
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Pengesahan Teks
Proklamasi Kemerdekaan yang autentik
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
3
|
B
|
||
Naskah proklamasi yang autentik
adalah ....
a. ditulis tangan oleh Soekarno b. diketik oleh Sayuti Melik c. dibuat oleh Soekarno d. ditulis oleh Moh. Yamin e. disusun oleh Moh. Hatta |
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan
Pemerintah Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Pengesahan Teks Proklamasi
Kemerdekaan
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Keputusan penting
yang diambil oleh golongan pemuda dalam rapat tanggal 15 Agustus 1945
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
4
|
D
|
||
Keputusan penting yang diambil
oleh golongan pemuda dalam rapat tanggal 15 Agustus 1945 adalah ....
a. kemerdekaan harus dibicarakan dengan golongan tua b. golongan muda siap untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan c. kemerdekaan Indonesia harus dibicarakan dengan pihak Jepang d. kemerdekaan Indonesia adalah hak dan merupakan masalah rakyat Indonesia sendiri e. mendesak kepada Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan |
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan
Pemerintah Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Penyebaran Berita Tentang Proklamasi
Kemerdekaan dan Sikap Rakyat di Berbagai Daerah
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Tokoh pemuda yang
menyebarkan berita proklamasi melalui kantor berita Domei
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
5
|
A
|
||
Tokoh pemuda yang menyebarkan
berita proklamasi melalui kantor berita Domei adalah…
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan
Pemerintah Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Penyebaran Berita Tentang Proklamasi
Kemerdekaan dan Sikap Rakyat di Berbagai Daerah
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Tokoh yang
pertama menyatakan mendukung Soekarno-Hatta melalui telegram
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
6
|
B
|
||
Tokoh yang pertama menyatakan mendukung Soekarno-Hatta
melalui telegram adalah ....
a. Sutarjo Kartohadikusumo
b. Sri Sultan Hamengku Buwono IX
c. Sutan Sjahrir
d. Sukarjo Wirdjopranoto
e. R. A.A Wiranatakusuma
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan
Pemerintah Indonesia
|
|||
Materi Pembelajaran : Proses Terbentuknya Negara dan
Pemerintahan Republik Indonesia Beserta Kelengkapanya
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Syarat-syarat
berdirinya suatu negara
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
7
|
D
|
||
Di bawah yang bukan merupakan syarat untuk berdirinya
suatu negara yaitu ....
a. Memiliki Pemerintahan b. Adanya penduduk c. Memiliki kemerdekaan d. Memiliki SDA Melimpah e. Adanya Wilayah |
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Perkembangan ekonomi keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai
tahun 1950
|
|||
Materi Pembelajaran : Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam
Bidang Militer
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Terjadinya peristiwa bendera di Surabaya pada
tanggal 19 September 1945 karena ulah dari beberapa orang Belanda
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
8
|
E
|
||
Terjadinya peristiwa bendera di Surabaya
pada tanggal 19 September 1945 karena ulah dari beberapa orang Belanda.
Tindakan yang dilakukan oleh orang-orang Belanda tersebut adalah...
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Perkembangan ekonomi keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai
tahun 1950
|
|||
Materi Pembelajaran : Kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam
Bidang Politik
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Salah satu isi perjanjian Linggarjati
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
9
|
A
|
||
Salah satu isi perjanjian Linggarjati
adalah Belanda mengakui secara de facto wilayah RI atas....
a.
Jawa,
Madura dan Sumatera
b.
Seluruh wilayah bekas jajahan Hindia Belanda
c.
Jawa dan sumatera
d.
Seluruh wilayah bekas pendudukan Jepang
e.
Jawa, Madura Bali dan Lombok
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
Perkembangan ekonomi keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai
tahun 1950
|
|||
Materi Pembelajaran : Terbentuknya Republik Indonesia
Serikat (RIS)
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Perdana menteri dari kabinet RIS pertama
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
10
|
C
|
||
Perdana menteri dari kabinet RIS pertama
adalah...
a. Syarifuddin prawiranegara
b. Sutan Syahrir
c. Drs. Moh. Hatta
d. Ahmad Subarjo
e. Moh. Yamin
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.3
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
|
|||
Materi Pembelajaran : Pemberontakan DI/TII
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Pemberontakan DI/TII di daerah Jawa Barat
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
11
|
B
|
||
Pemberontakan DI/TII di daerah Jawa
Barat dipimpin oleh...
a. Daud Beureuh
b. S.M Kartosuwiryo
c. Kahar Muzakar
d. Amir fatah
e. Andi Aziz
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.3
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
|
|||
Materi Pembelajaran : Pemberontakan Yang Didalangi Belanda
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi pemberontakan RMS
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
12
|
C
|
||
Untuk mengatasi pemberontakan RMS semula
pemerintah berusaha menyelesaikan secara damai dengan mengirimkan misi di
bawah pimpinan...
a. Drs.Moh.Hatta
b. Kolonel Kawilarang
c. Dr. Leimena
d. Letkol Slamet Hariadi
e. Mr.Amir Syarifuddin
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.3
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
|
|||
Materi Pembelajaran : Pemberontakan Militer PRRI
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Operasi 17 Agustus pemberontakan PRRI
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
13
|
D
|
||
Operasi 17 Agustus merupakan upaya
pemberontakan PRRI di bawah pimpinan ....
a.
Slamet Hariyadi
b.
Soeharto
c.
Worang
d.
Achmad Yani
e.
A.F. Kawilarang
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.3
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
|
|||
Materi Pembelajaran : Pemberontakan Kaum Komunis PKI
Madiun
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi program komunis untuk merebut kekuasaan
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
14
|
C
|
||
Semua organisasi berhaluan
sosialis-komunis dipersatukan dalam PKI, untuk merebut kekuasaan, mereka
menyusun program komunis yang disebut...
a. Jalan terang
b. Jalan kehidupan
c. Jalan baru
d. Jalan raya
e. Jalan alam
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.3
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
|
|||
Materi Pembelajaran : Pemberontakan Kaum Komunis Gerakan
30 September 1965
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi enam perwira yang diculik disiksa dan dibunuh
dengan kejam di desa Lubang Buaya
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
15
|
C
|
||
Ada enam perwira yang diculik disiksa
dan dibunuh dengan kejam di desa Lubang Buaya, di bawah ini yang bukan
termasuk dalam perwira tersebut adalah....
a. Jenderal Ahmad Yani
b. Mayor Jenderal S. Parman
c. Letkol Untung
d. Jenderal M.T. Haryono
e. Jenderal R. Suprapto
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan
|
|||
Materi Pembelajaran : Sistem dan struktur politik pada
masa demokarasi liberal dan demokrasi terpimpin
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Salah satu sebab jatuhnya kabinet Wilopo
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
16
|
B
|
||
Salah satu sebab jatuhnya kabinet Wilopo
adalah....
a. Timbulnya gejala globalisasi
b. Timbulnya gerakan separatisme
c. Timbulnya gejala persatuan
d. Timbulnya gejolak otonomi daerah
e. Timbulnya gejala aneksasi
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan
|
|||
Materi Pembelajaran : Sistem dan struktur politik pada
masa demokarasi liberal dan demokrasi terpimpin
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Pemilihan umum 1955 dimenangkan oleh empat
partai besar
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
17
|
A
|
||
Pemilihan umum 1955 dimenangkan oleh
empat partai besar. Empat partai besar yang dimaksud adalah...
a. Masyumi, PNI, NU dan PKI
b. Masyumi,
PNI, NU dan Muhammadiyah
c. PNI,
Masyumi, PSII dan Muhammadiyah
d. PNI,
PSII dan PKI
e. PNI,PKI,
IPKI
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan
|
|||
Materi Pembelajaran : Sistem dan struktur politik pada
masa demokarasi liberal dan demokrasi terpimpin
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Salah satu isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 besar
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
18
|
B
|
||
Salah satu isi Dekrit Presiden 5 Juli
1959 adalah...
a. Dibentuknya Front nasional
b. Segera dibentuk MPRS dan DPAS
c. Dibentuknya kembali konstitusi RIS
d. Menjadikan Manipol sebagai GBHN
e. Bubarkan PKI
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan
|
|||
Materi Pembelajaran : Sistem dan struktur politik pada
masa demokarasi liberal dan demokrasi terpimpin
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Ciri-ciri Nefo Dalam masa Demokari Terpimpin
Indonesia
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
19
|
A
|
||
Dalam masa Demokari Terpimpin Indonesia
membagi kekuatan politik dunia menjadi dua yakni oldefo dan Nefo. Ciri-ciri
Nefo seperti dibawah ini, kecualai...
a. Negara yang cenderung pada Imperialis
b.
Negara
sedang berkembang
c.
Negara
antisosial
d.
Negara
antikomunis
e.
Negara
antiimperialis
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
1
|
1.4
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya
Orde Baru
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan
|
|||
Materi Pembelajaran : Hubungan kebijaksanaan ekonomi
pemerintah dengan kondisi ekonomi nasional dan daerah sampai tahun 1965
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi cara Pembangunan ekonomi baru didasarkan gagasan
Gerakan Benteng
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
20
|
D
|
||
Pembangunan ekonomi baru didasarkan
gagasan Gerakan Benteng dilakukan dengan cara ....
a. Meningkatkan ekspor nonmigas
b. Menasionalisasi perusahaan asing
c. Mendirikan perusahaan negara
d. Mengubah struktur ekonomi kolonial
menjadi ekonomi nasional
e. Menasionalisasi bank-bank milik
pemerintah Belanda
|
|||
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perkembangan pemerintahan Orde Baru
|
|||
Materi Pembelajaran : Proses peralihan kekuasaan politik
setelah peristiwa gerakan 30 September
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi pengambilan sumpah dan pelantikan Soeharto
sebagai Presiden
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
21
|
A
|
||
Pada tanggal berapa Presiden Soeharto
diambil sumpah dan dilantik sebagai Pejabat Republik Indonesia....
a. 12 Maret 1967
b. 13 Maret 1967
c. 14 Maret 1967
d. 15 Maret 1967
e. 16 Maret 1967
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perkembangan pemerintahan Orde Baru
|
|||
Materi Pembelajaran : Proses peralihan kekuasaan politik
setelah peristiwa gerakan 30 September
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Proses peralihan kekuasaan politik setelah
peristiwa Gerakan 30 September
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
22
|
D
|
||
Proses peralihan kekuasaan politik
setelah peristiwa Gerakan 30 September tidak terlepas dengan adanya surat
perintah 11 maret yang dikenal dengan ....
a. SUPERSERET
b. SUPERINLASRET
c. SPERSEMRET
d. SUPERSEMAR
e. SUPERSEBMAR
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perkembangan pemerintahan Orde Baru
|
|||
Materi Pembelajaran : Ciri-ciri kebijakan pemerintah Orde
Baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi program kabinet Ampera
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
23
|
E
|
||
Di bawah iniyang bukan termasuk program
kabinet Ampera adalah....
a. Memperbaiki perikehidupan rakyat
dibidang sandang pangan
b. Melaksanakan pemilihan umum
c. Melaksanakan politik luar negeri yang
bebas dan aktif
d. Melanjutkan perjuangan antiimperialisme
dan kolonialisme
e.
Melakukan
paham imperialisme
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perkembangan pemerintahan Orde Baru
|
|||
Materi Pembelajaran : Ciri-ciri kebijakan pemerintah Orde
Baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi jumlah kontestan
pada Pemilu I
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
24
|
A
|
||
Pemilu I dilaksanakan pada tanggal 3
Juli1971 yang diikuti oleh....
a. 10 kontestan partai
b. 11 kontestan partai
c. 12 kontestan partai
d. 13 kontestan partai
e. 14 kontestan partai
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.1
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis
perkembangan pemerintahan Orde Baru
|
|||
Materi Pembelajaran : Menguatnya peran Negara pada masa
orde baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Pemerintah Orde Baru berlangsung
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
25
|
B
|
||
Pemerintah Orde Baru berlangsung selama
kurang lebih ....
a. 23 tahun
b. 32 tahun
c. 42 tahun
d. 36 tahun
e. 39 tahun
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Kronologi jatuhnya pemerintahan orde
baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Tuntutan
reformasi mahasiswa Trisakti
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
26
|
C
|
||
Tuntutan reformasi membawa
korban tertembaknya empat mahasiswa Trisakti pada tanggal ....
a. 10 Mei 1998 b. 11 Mei 1998 c. 12 Mei 1998 d. 13 Mei 1998 e. 14 Mei 1998 |
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Kronologi jatuhnya pemerintahan orde
baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi pemberhentian
Soeharto sebagai Presiden
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
27
|
E
|
||
Presiden Soeharto mengumumkan
pemberhentian dirinya pada ....
a. 13 Mei 1998 b. 14 Mei 1998 c. 17 Mei 1998 d. 18 Mei 1998 e. 21 Mei 1998 |
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
Reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Kronologi jatuhnya pemerintahan orde
baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Usaha Presiden
Soeharto membentuk Kabinet Reformasi
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
28
|
C
|
||
Usaha Presiden Soeharto membentuk Kabinet Reformasi tidak
berhasil. Hal ini terjadi karena ....
a. tidak sesuai dengan keinginan mahasiswa b. pemebentukan Kabinet Reformasi waktunya tidak tepat c. tokoh-tokoh yang akan ditunjuk menjadi anggota banyak yang menolak d. program Kabinet Reformasi kurang jelas e. masyarakat sudah terlanjur tidak percaya |
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
Reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Kronologi jatuhnya pemerintahan orde
baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Sebab runtuhnya
Orde Baru
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
29
|
A
|
||
Sebab runtuhnya Orde Baru
adalah seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
a. kehidupan ekonomi rakyat semakin membaik b. krisis ekonomi yang melanda masyarakat c. meningkatnya angka pengangguran d. terkuaknya praktik KKN di kalangan pejabat pemerintah e. terjadinya krisis kepercayaan |
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
Reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Krisis politik, ekonomi, dan social
yang melatarbelakangi jatuhnya pemerintah Orde Baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Krisis ekonomi
Indonesia
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
30
|
D
|
||
Krisis ekonomi Indonesia didahului dengan terjadinya
krisis ....
a. kepercayaan b. kekuasaan c. utang d. moneter/keuangan e. pemerintah |
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Krisis politik, ekonomi, dan social
yang melatarbelakangi jatuhnya pemerintah Orde Baru
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi dampak negatif di
bidang sosial pada masa akhir pemerintahan Orde Baru
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
31
|
A
|
||
Di bawah ini merupakan dampak
negatif di bidang sosial pada masa akhir pemerintahan Orde Baru, kecuali ....
a. kebaktian sosial b. kesenjangan sosial c. kecemburuan sosial d. disintegrasi sosial e. penjarahan sosial |
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan politik setelah 21 Mei
1998
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi B.J. Habibie dilantik menjadi presiden
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
32
|
E
|
||
Pada Tanggal berapa B.J. Habibie dilantik menjadi presiden...
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan politik setelah 21 Mei
1998
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi peserta pemilu 1999
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
33
|
C
|
||
Pada pemilihan Umum tahun 1999, partai
peserta pemilu berjumlah....
a. 12 partai
b. 84 partai
c. 48 partai
d. 3 partai
e. 68 partai
|
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
Reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan politik setelah 21 Mei
1998
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi kurun waktu B.J Habibie memerintah
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
34
|
C
|
||
B. J.
Habibie memerintah pada kurun waktu ....
a. 20 Mei 1998-19 Oktober 1999
b. 21 Mei
1998-19 Oktober 1999
c. 21 Mei
1998-20 Oktober 1999
d. 21 Mei
1998-21 Oktober 1999
e. 19
Oktober 1998-19 Oktober 1999
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
No. SK
|
No. KD
|
Buku Sumber : Sejarah XII Progam IPS Mitra Pustaka
|
|
2
|
2.2
|
||
Standar Kompetisi : Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai
dengan masa reformasi
|
|||
Kompetisi Dasar : Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya
Reformasi
|
|||
Materi Pembelajaran : Perkembangan politik setelah 21 Mei
1998
|
|||
Indikator : Siswa dapat mengidentifikasi Tap MPR yang berisi penyelenggaraan Negara yang
bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme Masa Presiden Habibie
|
|||
No Soal
|
RUMUSAN SOAL
|
Kunci Jawaban
|
|
35
|
D
|
||
Pada masa presiden B.J. Habibie, dalam
sidang istimewa MPR menghasilkan 12 ketetapan. Tap MPR yang berisi
penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme
adalah ....
a. Tap. No XII/MPR/1998
b. Tap. No XIII/MPR/1998
c. Tap. No XIV/MPR/1998
d. Tap. No XI/MPR/1998
e. Tap. No XVII/MPR/1998
|
PIMPINAN CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga
lahirnya Orde Baru
Kompetisi Dasar : Menganalisis Peristiwa sekitar
Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
Pembentukan Pemerintah Indonesia
Materi
Pembelajaran : Penyusunan Teks
Proklamasi
Indikator :
Siswa dapat menyebutkan Konsep
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,
yang dirumuskan oleh Soekarno, Hatta dan
Ahmad Subarjo
Butir Soal :
Sebutkan Konsep Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia, yang dirumuskan
Oleh Soekarno, Hatta dan Ahmad Subarjo!
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terdiri atas dua kalimat yaitu
:
1.
Kalimat pertama, merupakan pernyataan keinginan
bangsa Indonesia untuk menentukan nasibnya sendiri
2.
Kalimat kedua, merupakan pernyataan mengenai
kekuasaan
|
8
|
|
Skor Maksimum
|
8
|
PIMPINAN CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga
lahirnya Orde Baru
Kompetisi Dasar :
Menganalisis perkembangan ekonomi keuangan dan politik pada masa awal
Kemerdekaan sampai tahun 1950
Materi Pembelajaran : Kebijakan
pemerintah Indonesia dalam bidang politik
Indikator :
Siswa dapat menjelaskan isi perundingan Linggarjati
Butir Soal : Jelaskan isi perundingan Linggarjati !
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
|
8
|
|
Skor Maksimum
|
8
|
PIMPINAN CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga
lahirnya Orde Baru
Kompetisi Dasar :
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan
Kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa
terutama dalam bentuk
Pergolakan dan pemberontakan
Materi Pembelajaran : Pemberontakan
Kaum Komunis
Indikator :
Siswa dapat menjelaskan latar
belakang terjadinya Pemberontakan DI/TII di
Aceh
Butir Soal : Jelaskan latar belakang terjadinya Pemberontakan
DI/TII di
Aceh!
!
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
Rasa
kekhawatiran akan hilangnya kedudukan dan perasaan kecewa karena
diturunkannya kedudukan Aceh dari daerah Istimewa menjadi keresidenan di
bawah Provinsi Sumatera Utara yang ditetapkan pemerintah tahun 1950.
|
8
|
|
Skor
Maksimum
|
8
|
PIMPINAN CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga
lahirnya Orde Baru
Kompetisi Dasar :
Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan
Masyarakat di Indonesia dalam usaha mengisi
kemerdekaan.
Materi Pembelajaran :
Sistem dan struktur politik pada masa demokrasi liberal dan demokrasi
terpimpin
Indikator :
Siswa dapat menyebutkan isi Dekrit presiden tanggal 5 Juli 1959
Butir Soal : Sebutkan isi Dekrit presiden tanggal 5
Juli 1959 !
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
a.
Bubarkan konstitusi
b.
Berlakunya kembali UUD 1945
c.
Segera dibentuk MPRS dan DPAS
|
8
|
|
Skor Maksimum
|
8
|
PIMPINAN CABANG
LEMBAGA
PENDIDIKAN MA’ARIF NU
GRESIK
KARTU
SOAL URAIAN
Standar Kompetisi :
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga
lahirnya Orde Baru
Kompetisi Dasar :
Menganalisis perkembangan pemerintahan Orde baru
Materi
Pembelajaran : Ciri-ciri kebijakan
pemerintahan orde baru
Indikator :
Siswa dapat menjelaskan tugas pokok
kabinet Ampera yang disebut juga
Dwi Dharma
Butir Soal : Jelaskan
tugas pokok kabinet Ampera yang disebut juga Dwi Dharma!
Pedoman
Penyekoran
Langkah
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
|
-
Menciptakan stabilitas politik
-
Menciptakan stabilitas ekonomi
|
8
|
|
Skor Maksimum
|
8
|
0 Comments