I. Pilihlah
salah satu jawaban yang paling benar !
1. Secara
etimologi, kata Ahlusunnah Wal jamaah terbentuk dari tiga kata yaitu
Ahlun, as sunnah dan Al Jamaah. Arti kata ahlun adalah … .
A. Jalan
( Thariqoh )
B. Keluarga
C. Kebiasaan
( Thabi`ah )
D. Golongan
E. Sejarah
( Sirah )
2. Segala
sesuatu yang bersumber dari Nabi SAW berupa perkataan, perbuatan, penetapan,
tabiat, budi pekerti / perjalanan hidup beliau baik sebelum diangkat menjadi
Rasul maupun sesudahnya disebut … .
A. As Sunnah
B. Ahlun
C. Ijma`us
Shahabah
D. Al
Jamaah
E. Thabiat
3. Sesuatu
yang dianjurkan dalam agama, tanpa diwajibkan dan tanpa difardlukan adalah
pengertian Sunnah menurut… .
A. Ulama’ ahli Fiqih
B. Ulama’
ahli Hadist
C. Ulama’
Ushul Fiqih
D. Ulama
ahli Tasawwuf
E. Ulama’
ahli ilmu Kalam
4. Para Ulama dan Pemikir Ahlusunnah Wal
jamaah senantiasa berpegang pada prinsip taqdimun nash ‘alal
‘aql, yang artinya... .
A. Mendahulukan akal dari pada nash
B. Mendahulukan nash dari pada akal
C. Mendahulukan akal dari pada al Quran
D. Menyetarakan akal dan nash
E. Menyetarakan akal dan al Qura’an
5. Hadits
Nabi :
عن انس بن مالك رض يقول، سَمِعْتُ رسولَ
اللهِ صلى الله عليه وسلّم يقول : إنَّ اُمَّتِي لاَ يَجْتَمِعُ على
ضَلاَلَةٍ، فَإذا رَأيْتُمْ اِخْتِلافًا فَعَلَيْكُمْ بِالسَوَادِ الأعْظَمِ.
Kata bergaris
bawah memiliki makna… .
A. Sepakat
B. Mayoritas kaum Muslimin
C. Mayoritas kaum Muwathin
D. Mayoritas
kaum Sesat
E.
Mayoritas kaum yang melihat
6. Pokok-pokok
keyakinan yang berkaitan dengan tauhid dan lain-lain menurut Ahlusunnah wal
Jamaah harus dilandasi oleh dalil dan argumentasi yang qoth’I dari?
A. Alqur’an,
Hadis, urf, Maslahah Mursalah
B. Alqur’an,
Hadis, urf, qiyas
C. Alqur’an, Hadis, ijma’, qiyas
D. Alqur’an,
Hadis, ijma’, Maslahah Mursalah
E. Alqur’an,
Hadis, ijma’, urf
7. Alhusunnah
wal Jamaah adalah golongan yang selaras dan sesuai dengan
ajaran Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya. Ciri-ciri mereka yang
dikategorikan Ahlusunnah wal Jamaah adalah mereka yang dalam bidang
fiqih mengikuti paham empat madzab, di bidang tasawuf mengikuti ajaran dari…
A. Imam
Abu al Hasan al Asy’ari
B. Abu
Mansur al Maturidi
C. Imam
Ahmad bin Hanbal dan Imam Malik
D. Syekh Junaid al Baghdadi dan Imam al Ghazali
E. Imam
Syafi’I dan Imam Malik bin Anas
8. Pemikiran
kalam Al Maturidi dengnan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran
kalam aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A. Orang
beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan
kekal di neraka
B. Orang
beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tidak
akan kekal di neraka
C. Orang
beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di
neraka
D. Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa
besarnya dan akan kekal di neraka
E. Orang
beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi
tidak kekal di neraka
9. Penggalan
QS. Al Fath: 10
يَدُ اللهِ فَوْقَ أيْدِيْهِمْ
Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah
diartikan dengan… .
A.
Dzat Allah
B.
Keridlaan Allah
C.
Pengawasan Allah
D.
Ketetapan Allah
E.
Kekuasaan
Allah
10. Penggalan QS. Ar Rahman:
27
وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّك
Dasar pemaknaan metaforis kata bergaris bawah diartikan dengan… .
A.
Keridlaan Allah
B.
Kekuasaan
Allah
C.
Pengawasan Allah
D.
Ketetapan Allah
E.
Dzat Allah
11. Pemikiran
kalam Al Maturidi dengan Pemikiran Al Asyari sama- sama menolak pemikiran kalam
aliran Mu’tazilah yang menyatakan bahwa… .
A. Orang
beriman yang melakukan dosa besar tidak serta merta menjadi kafir dan tapi akan
kekal di neraka
B. Orang beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa
besarnya dan akan kekal di neraka
C. Orang
beriman yang tidak melakukan dosa besar menjadi kafir dan tidak akan kekal di
neraka
D. Orang
beriman yang melakukan dosa besar menjadi kafir lantaran dosa besarnya tapi
tidak kekal di neraka
12. Kaidah
المحافظة على
القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلا
Salah satu cara untuk mempertahankan,
melestarikan, meneguhkan, dan mengembangkan ajaran Ahlusunnah wal Jamaah hendaknya
selalu berpedoman pada kaidah di atas. Maksud kaidah diatas adalah… .
A. Mempertahankan
pembendaharaan yang lama yang baik dan tidak mengambil hal-hal baru yang lebih
baik
B. Mempertahankan pembendaharaan yang lama yang baik dan mengambil
hal-hal baru yang lebih baik
C. Mempertahankan
pembendaharaan yang lama yang baik dan mengambil hal-hal baru
D. Mempertahankan
pembendaharaan yang lama yang baik dan tidak mengambil hal-hal baru
E. Tidak
mempertahankan pembendaharaan yang lama dan tidak mengambil hal-hal baru
13. Ruang lingkup ajaran Ahlusunnah Wal
jamaah terdiri dari... .
A. dalam bidang Aqidah bermanhaj Asy’ariyah dan
Maturidiyah, dalam bidang Fiqih mengikuti salah satu Madzhab Empat, dan dalam
bidang akhlak/tasawuf menganut manhaj Imam Ghazali dan Imam Abul Qasim Al
Junaid Al Baghdadi.
B. dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan
al Khayyath, dalam bidang Fiqih mengikuti salah satu Madzhab Empat, dan dalam
bidang akhlak/tasawuf menganut manhaj Imam Ghazali dan Imam Abul Qasim Al
Junaid Al Baghdadi.
C. dalam bidang Aqidah bermanhaj Asy’ariyah dan Maturidiyah,
menganut Ushulul Khomsah, dan mengandalkan akal secara penuh dalam
masalah aqidah.
D. dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan
al Khayyath, menganut Ushulul Khomsah, dan dalam bdang tasawuf menganut
Muhammad bin Abdul Wahab
E. dalam bidang Aqidah mengikuti Ulama Mu’tazilah Abu Hasan
al Khayyath, menganut Ushulul Khomsah, dan mengandalkan akal secara
penuh dalam masalah aqidah.
14. Awal
abad ke 20 M merupakan babak baru perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah
Belanda. Era baru itu ditandai dengan berdirinya beberapa organisasi. Salah
satunya dibidang pendidikan adalah … .
A. Sarekat
dagang Islam (SDI )
B. Jam`iyatul Khair
C. Muhammadiyah
D. Kopontren
E. GP
Anshor
15. Tashwirul
Afkar adalah… .
A. Sebuah
organisasi pendidikan
B. Organisasi
kepemudaan
C. Organisasi
perdagangan
D. forum diskusi pembahasan masalah-masalah umat
E. Organisasi
untuk memperbaiki ekonomi
16. Untuk
membahas masalah khilafah Islam Se dunia pada bulan Juni 1926, maka Raja Ibnu
Saud menyelenggarakan… .
A. Muktamar
Madzhabil Arba’ah
B. Muktamar
Komite Khilafat
C. Muktamar ‘Al ‘Alam Al Islami
D. Muktamar
Ibnu Saud
E. Muktamar
Hijaz
17. Organisasai
Nahdlatul Ulama’ didirikan para Ulama’ Pada tanggal… .
A. 16 Rajab 1344 H
B. 17
Rajab 1344 H
C. 18
Rajab 1344 H
D. 19 Rajab 1344 H
E. 20 Rajab 1344 H
18. Peringatan Harlah NU ke 93 menurut tahun Masehi, pada
tanggal 18 Maret 2019 di laksanakan di... .
A. Wahana Ekspresi Pusponegoro
B. Gedung Ahmad Yani Semen Gresik
C. Gedung Nasional Indonesia Jl Pahlawan
D. Stadion Gelora Joko Samudro
E. Stadion Tridharma
19. NU lahir untuk membentengi umat Islam khususnya di
Indonesia agar tetap teguh pada ajaran... .
A. Mu’tazilah
B. Syi’ah
C. Qodariyah
D. Ahlussunnah wal Jama’ah
E. Hisbut Tahrir Indonesia
20. Secara umum ada tiga motif atau alasan yang melatarbelakangi
lahirnya NU 31 Januari 1926 antara lain... .
A. Agama, nasionalisme, dan anti penjajah
B. Nasionalis, sosial budaya, dan agama
C. Suku, agaa, dan kebangkitan ulama’ Nusantara
D. Ekonomi, budaya, dan mempertahankan faham Ahlusunnah
Wal jamaah
E. Agama, nasionalisme, dan mempertahankan faham Ahlusunnah Wal jamaah
21. Kelahiran
NU mendapatkan respon positif karena… .
A. Ciri
sekte dan pengaruh kepemimpinan Raja
B. Ciri
sekte dan pengaruh kepemimpinan Ulama’
C. Ciri
diniyah dan pengaruh kepemimpinan Pejabat
D. Ciri diniyah dan pengaruh kepemimpinan Ulama’
E. Ciri
diniyah dan pengaruh kepemimpinan Raja
22. NU
telah diakui sebagai organisasi berbadan hukum yang kemudian dicatat dalam Besluit
Rechts Persoon nomor… .
A. VII
dalam jangka waktu 29 tahun
B. IX dalam jangka waktu 29 tahun
C. X
dalam jangka waktu 29 tahun
D. XI
dalam jangka waktu 29 tahun
E. XII dalam jangka waktu 29 tahun
23. Salah satu cara menentukan awal bulan Ramadhan adalah
dengan Rukyatul Hilal, yaitu... .
A. melihat bulan sabit
B. memperkirakan bulan sabit
C. menyempurnakan bulan sabit
D. menyempurnakan bulan Sya’ban
E. menyempurnakan bulan Ramadhan
24. Sabda Rasulullah SAW
لاَ
تَصُومُوا حتى تَرَوا الهلال ولا تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ
menerangkan
tentang... .
A. Sholat
Tarawih
B. Sholat Witir
C. Rukyatul Hilal
D. Hisab
E. Bacaan
Bilal
25. Jumhur Ulama mencukupkan bahwa hasil rukyat yang
dilakukan seorang Muslim yang harus memenuhi syarat ketentuan sehingga dapat
dijadikan landasan untuk memutuskannya... .
A. orang yang alim dalam bidang agama dan hafal hadis
B. dapat dipercaya dan Sarjana
C. hafal Al Qur’an dan Hadis
D. dapat dipercaya dan tidak cacat agamanya (adil)
E. hafal kitab Arrisalah Imam Syafi’i
26. Ketika para perukyat tidak berhasil melihat hilal pada
tanggal 29 bulan Sya’ban baik keadaan langit berawan, mendung atau cerah, maka
cara menentukan awal bulan Ramadhan dalam keadaan seperti ini adalah... .
A. Hisab
B. Rukyatul Hilal
C. Memperkirakan bulan Sabit
D. Hisab dan Rukyatul Hilal
E. Menyempurnakan bilangan bulan Sya’ban menjadi
30
27. Rasulullah bersabda :
لاَ
تَصُومُوا حتى تَرَوا الهلال ولا تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ، فإن غم عليكم فاقروا
له
Sebagian Ulama’ seperti Muthrif bin Abdullah, Abul Abbas bin Suraij dan
Ibnu Qutaibah berpendapat bahwa maksud faqduru lah adalah...
A.
perkiraian bulan sesuai dengan menzilahnya (posisi orbitnya)
B.
perkirakan
bulan sesuai dengan pendapat ulama’ salaf
C.
perkirakan
bulan sesuai dengaan cuaca
D.
sempurnakan
bulan Sya’ban menjadi 30 hari
E.
sempurnakan
bulan Ramadhan menjadi 30 hari
28. Menurut Madzhan Syafi’iyah bahkan Madzhab Ahlussunnah wal
Jamaah sholat Tarawih berjumlah.... rakaat.
A. 4
B. 8
C. 12
D. 20
E. 23
29. Menurut Madzhab Syafi’iyah dan Hanabilah, hukum sholat
Tarawih berjamaah adalah... .
A. Mubah
B. Sunnah
C. Sunnah ‘Ain
D. Makruh
E. Haram
30. Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Hamid dan At Thabrani
dari Jalur Abi Syuaibah bin Usman dari Al Hakam dari Muqsid dari Abdullah bin
Abbas Ra. yang menerangkan bahwa Rasulullah mengerjakan Sholat dalam bulan
Ramadhan sebanyak dua puluh rakaat adalah... .
A. ان رسول
الله صلى الله عليه وسلم كان يصلى في رمضان عشرين ركعة والوتر
B. صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته
C. أصحاب كالنجم بأيهم اقتديهم اهتدتهم
D. لا تَصُومُوا حتى تَرَوا الهلال ولا تُفْطِرُوا حتى
تَرَوْهُ
E. إنَّ اُمَّتِي لاَ يَجْتَمِعُ على ضَلاَلَةٍ
31. Witir artinya....
A. pembuka
B. penutup
C. ganda
D. genap
E. ganjil
32. Waktu sholat witir yang lebih utama adalah... .
A. melakukan sholat witir sebelum tidur
B. mengakhirkan sholat witir sebagai penutup
sholat malam
C. di akhir malam bulan Ramadhan
D. sebaiknya sebelum dan sesudah tidur
E. di pertengahan malam yang tidak mendung
33. Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal... .
A. tanggal muda
B. tanggal 1 setelah bulan Sya’ban
C. tanggal 30 Ramadhan terakhir setelah puasa
D. tanggal 1 Syawal pada bulan Ramadhan
E. tanggal 1 Syawal setelah puasa Ramadhan
34. Tata cara Sholat Id secara tertib dan benar yang
dijelaskan dalam kitab Fasholatan karya Syekh KHR Asnawi, salah satu pendiri NU
asal Kudus, diawali dengan... .
A. takbiran
B. takbirotul ihrom
C. niat
D. membaca surat al fatihah
E. takbir lima kali
35. Pada Khuttbah pertama dalam Sholat Idul Fitri, Khatib
disunnahkan memulainya dengan takbir hingga sembilan kali, sedangkan pada
shuttbah kedua Khatib membukanya dengan takbir sebanyak...
A. Tiga Kali
B. Lima Kali
C. Tujuh Kali
D. Sembeilan Kali
E. Sebelas Kali
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan jelas dan benar !
1. Jelaskan
pengertian Ahlusunnah Wal Jama’ah!
2. Paham
ahlusunnah wal jamaah didalam NU mencakup aspek aqidah, syariah dan akhlak.
Ketiganya merupakan satu kesatuan ajaran yang mencakup seluruh aspek prinsip
keagamaan islam, sebutkan 3 aspek tersebut !
3. Jelaskan
perbedaan pemikiran Imam Abul hasan Al asy`ary dan Imam Al Maturidi tentang
perbuatan manusia !
4. Tulislah Niat Sholat Tarawih
!
5.
Dalam
Sholat Id, setelah doa Iftitah, disunnahkan takbir lagi hingga tujuh kali untuk
Rakaat pertama, dan takbir lima kali untuk rakaat kedua, diantara takbir-
takbir itu dianjurkan untuk membaca kalimat pujian kepada Allah, Tuliskan
kalimat tersebut!
0 Comments