RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :...................
Mata pelajaran :BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester :X / 1
Alokasi Waktu :16 X 45 Menit
Tahun Pelajaran :............
A. Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran teks ekposisi pada RPP ini dibagi menjadi 4 pembelajaran. Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa dapat :
o Melatih sikap sosial dengan berani bertanya, berpedapat, mau mendengar orang lain, bekerja sama dalam diskusi, di kelompok, sehingga terbiasa berani bertanya, berpendapat, mau mendengar orang lain, dan bekerjama dalam kehidupan sehari-hari
o Menjukkan sikap ingin tahu selama mengikuti proses pembelajaran
o Bertanggjawab terhadap kelompok dalam menyelesaikan tugasnya.
o Mengidentifikasi struktur, isi dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang di dengar dan atau dibaca.
o Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
o Mempresentasikan,mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
o Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksposisi yang dibaca.
o Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi, struktur, dan kebahasaan.
o Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
1. Mengidentifikasi tesis, argumen, penegasan ulang (rekomendasi) dalam eksposisi
2. Membedakan fakta dan opini dalam teks eksposisi
3. Menganalisis pendapat dan argumen yang disampaikan penulis dalam teks eksposisi.
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
1. Membedakan gagasan pokok dan gagasan penjelas
2. Melengkapi tesis dengan argumen yang mendukung
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
1. Menganalisis tesis, argumen, penegasan ulang (rekomendasi) dalam eksposisi
2. Menentukan unsur kehasaan teks eksposisi
3. Membandingkan kebahasaan teks eksposisisi
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
1. Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalan teks eksposisi
2. Menyusun ulang gagasan ke dalam teks eksposisi
3. Menyusun teks eksposisi
|
C. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran dalam RPP ini meliputi materi Struktur teks Eksposisi dan Kebahasaan. Adapun rincian materi sebagai berikut.
a) Struktur teks eksposisi:
o pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
o argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
o pernyataan ulang (rekomendasi)
b) Kebahasaan:
o Istilah
o Adjektiva
o Afiksasi
o Pronomina
o kalimat verbal (aktif)
D. Metode Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan : Saintifik
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, ceramah, diskusi kelompok
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Project Based Learning (pembelajaran 4)
E. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat : EKsposisi Slide Power Point,LCD Proyektor, Laptop
2. Alat dan Bahan : Teks Eksposisi berjudul Bahaya Narkoba bagi Remaja,
Pembangunan dan Bencana Lingkungan, Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup
3. Sumber Belajar
· Keraf, Goris. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende: Nusa Dua
· kosasih. 2003.Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya
· Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Bahasa Indonesia Kelas X edisi revisi. Jakarta: Kemdikbud
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran pada RPP ini dibagi menjadi 4. Kegiatan tersbut sebagai berikut : Pembelajaran 1 Mengiterpretasi Makna Eksposisi, Pembelajaran 2 Mengembangkan Isi Teks eksposi, Pembelajaran 3 Menelaah struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi, Pembelajaran 4 Menyajikan gagasan ke dalam Teks Eksposisi
Adapun langkah pembelajaran sebagai berikut:
Pembelajaran 1 Mengiterpretasi Makna Eksposisi (4x45 menit)
NO
|
LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
o Salam pembuka
o Guru memulai pembelajaran dengan memberikan gambaran tentang manfaat teks eksposisi.
o Dalam kegiatan tersebut, pembicara harus mampu menyampaikan pendapatnya disertai data pendukung yang kuat agar pendengarnya percaya dengan apa yang disampaikannya
o Guru membentuk kelompok dengan cara membagikan permen, siswa yang mengambil permen sama bergabung dalam satu kelompok. Jumlah kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa dalam kelas
|
20 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Stimulasi
o Guru menyajikan menyajian contoh teks eksposisi yang akan dipelajari dalam bentuk teks pidato atau rekaman video atau tape recorder berisi seseorang sedang berpidato
o Sebelum siswa menyimak pembacaan pidato (baik rekaman video, tape recorder, maupun pembacaan langsung), guru melakukan hal-hal berikut.
1. Memberitahu judul pidato adalah bahaya narkoba.
2. Mengarahkan siswa untuk membuat pertanyaan-pertanyaan umum terkait isi teks pidato.
3. Membolehkan siswa mencatat informasi penting selama mendengarkan pembacaan pidato tersebut.
Identifikasi Masalah
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi mengenai struktur dan isi teks eksposisi yang meliputi:
1. Masalah apa yang dibahas dalam pidato tersebut?
2. Apa pendapat pembicara tentang bahaya narkoba?
3. Bagaimana cara pembicara memperkuat pendapatnya?
4. Argumen apa yang digunakan pembicara untuk menguatkan pendapatnya?
5. Apa sajakah struktur dari teks eksposisi?
6. Menentukan fakta dan opini!
7. Menganalisis pendapat dan argumen!
Pengumpulan data
Pengolahan data
Pembuktian data
Generalisasi/ penyimpulan
|
140 menit
|
Kegiatan Penutup
|
o Guru menutup aktivitas pembelajaran bagian ini dengan membimbing siswa membuat simpulan tentang batasan teks eksposisi.
o Guru mengajak siswa merefleksikan pembelajaran hari ini.
|
20 menit
|
Pembelajaran 2 Mengembangkan Isi Teks eksposi (4x45 menit)
NO
|
LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
|
15 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Stimulasi
Identifikasi masalah
- Gagasan pokok dan gagasan penjelas
- Tesis dan argumen yang mendukung
Pengumpulan data
a) Datalah rekomendasi yang disampaikan penulis dalam teks tersebut.
b) Temukan permasalahan kerusakan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitarmu.
c) Buatlah rekomendasi unuk memecahkan permasalahan tersebut!
d) Lengkapi rekomendasimu dengan argumen yang mendukung.
Pengolahan Data
Verifikasi data
Penyimpulan
|
150 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
o Guru dan siswa menyimpulkan hasil kerja hari ini
o Guru merefleksikan hasil kerja hari ini.
|
15 menit
|
Pembelajaran 3 Menelaah struktur dan Kebahasaan Teks Eksposisi (4x45)
NO
|
LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
o Guru mengajak siswa bergabung dengan anggota kelompoknya.
o Guru mengajak siswa bermain tebak kata dalam struktur eksposisi
o Masing-masing kelompok diberi 1 teks eksposisi
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Stimulasi
Guru mengajak siswa mengingat kembali pembelajaran hari sebelumya dengan cara memberi beberapa pertanyaan berkaitan dengan teks eksposisi
Identifikasi masalah
o Siswa membaca teks eksposisi yang berjudul Pembangunan dan Bencana Lingkungan.
o Siswa mengidentifikasi
-struktur teks eksposisi.
-unsur kebahasaan dari teks eksposisi.
-konfiks dan simulfiks.
-kalimat transitif, intransitif, semitransitif, dan dwitransitif.
Pengumpulan data
o Siswa mencatat kata yang mengandung afiks gabungan dan konfiks, serta kalimat transitif,intransitif, semitransitif, dan dwitransitif.
o Siswa menganalisis struktur teks
o Siswa menentukan kebahasaan dari teks eksposisi
Verifikasi data
o Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok untuk membahas hasil catatannya
o Siswa membandingkan kerjanya dengan kelompok lain
Penyimpulan
o Siswa menyimpulkan hasil kerja kelompok tentang kebahasaan teks eksposisi
|
160 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
o Guru dan siswa membuat simpulan pembelajaran hari ini
o Siswa merefleksikan pembalajaran hari ini.
|
10 menit
|
Pembelajaran 4 Menyajikan gagasan ke dalam Teks Eksposisi (4x45menit)
NO
|
LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
URAIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
1. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam , kemudian menyapa peserta didik, meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin doa
2. Guru memerhatikan kesiapan dan semangat peserta dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian .
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai dari materi pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
|
Stimulasi
o Guru mengigatkan siswa pada pembelajaran sebelumnya tentang struktur teks eksposisi melalui permainan kuis.
o Guru membagikan teks eksposisi
Identifikasi masalah
o Siswa membaca teks eksposisi
o Siswa mencari gagasan utama dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi yang bacanya
o Siswa berdiskusi tentang ciri gagasan utama dan gagasan penjelas
o Siswa mendata topik-topik yang dapat ditulis mejadi teks eksposisi
Pengumpulan data
o Mengembangkan topik menjadi gagasan utama dan gagasan penjelas
o Siswa membuat kerangka karangan berdasarkan gagasan utama dan gagasan penjelas
o Siswa menulis teks eksposisi berdasarkan kerangkan yang dibuat.
Verifikasi data
o Siswa menukarkan hasil kerja dengan teman lain
Penyimpulan
o Siswa memperbaiki teks eksposisi berdasarkan masukan temannya.
|
160 menit
|
3
|
Kegiatan Penutup
|
o Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
o Siswa merefleksikan hasil pembelajaran
o Guru memberikan umpan balik/ refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai peserta didik
o Pembelajaran ditutup dengan doa bersama, kemudian guru memberi salam.
|
10 menit
|
G. Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
Pembelajaran
|
Teknik Penilaian
| |
Pengetahuan
|
Keterampilan
| |
Pembelajaran 1
|
Tes tulis
|
-
|
Pembelajaran 2
|
Tugas
|
Pengamatan
|
Pembelajaran 3
|
Tugas
|
Produk
|
Pembelajaran 4
|
-
|
Produk
|
Mengetahui, .........................
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
........................ .....................
2. Instrumen Rubrik Penilaian
Pembelajaran 1
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR PEROLEHAN PADA ASPEK/NO SOAL
|
SKOR PEROLEHAN
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||
Kriteria penilaian
NO SAL
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
SKOR MAKS
|
1
|
Identifikasi tesis tepat.
Identifikasi kurang tepat.
Identifikasi tesis salah
|
20
15
10
|
20
|
2
|
Identifikasi argumen tepat dan lengkap.
Identifikasi argumen sebagian besar benar.
Identifikasi argumen hanya separoh benar.
Identifikasi argumen hanya sedikit yang benar
|
20
15
15
10
|
20
|
3
|
Identifikasi penegasan ulang tepat.
Identifikasi penegasan ulang kurang tepat.
Identifikasi penegasan salah
|
20
15
10
|
20
|
4
|
Argumen tepat dan lengkap.
Argumen tepat tapi kurang lengkap.
Argumen kurang mendukung tesis
|
20
15
10
|
20
|
5
|
Teks eksposisi mengandung struktur lengkap dan tepat.
Teks eksposisi mengandung struktur lengkap dan tepat.
Teks eksposisi mengandung struktur lengkap dan tepat.
Teks eksposisi mengandung struktur lengkap dan tepat
|
20
15
15
10
|
20
|
Pembelajaran 2 dan 3
Intrumen Pesentasi
Pembelajaran 4
Intrumen Penialain
Tulislah teks ekposisi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. Perhatikan petunjuk berikut ini.
Rubrik penilaian teks eksposisi
Dimensi
Penilaian
|
Sangat Baik
(100-90)
|
Baik
(89-70)
|
Cukup Baik
(69-60)
|
Kurang Baik
(59-50)
|
Isi/Content Tulisan
|
• Memiliki 1 gagasan utama yang utuh dan orisinil
• Disertai gagasan-gagasan penjelas yang mendukung gagasan utama sehingga menghasilkan tulisan yang padu
• Tulisan memperlihatkan kedalaman pemikiran, wawasan baru atau pemikiran yang kreatif
|
• Memiliki 1 gagasan utama yang utuh dan orisinil
• Gagasan-gagasan penjelas mendukung gagasan utama tetapi kurang lengkap
• Tulisan memberikan wawasan baru, memperlihatkan kedalaman pemikiran tetapi tidak kreatif
|
• Memiliki 1 gagasan yang utuh tetapi sudah banyak dibahas
• Gagasan-gagasan penjelas yang mendukung gagasan utama kurang akurat dan kurang lengkap
• Tulisan tidak memberikan wawasan baru dan tidak memperlihatkan kedalaman pemikiran sehingga hanya seperti sekilas informasi
|
• Memiliki 1 gagasan yang tidak utuh
• Gagasan-gagasan penjelas tidak akurat dan tidak lengkap
• Tulisan tidak memberikan wawasan baru dan tidak memperlihatkan kedalaman pemikiran
|
Jenis dan Struktur Tulisan
|
· Tulisan sesuai dengan jenis tulisan yang diminta
· Tulisan memiliki struktur, model dan sesuai jenis tulisan yang diminta
|
· Tulisan sesuai dengan jenis tulisan yang diminta.
· Tulisan memiliki struktur yang baik tetapi tidak sesuai dengan jenis
|
· Tulisan sesuai dengan jenis tulisan yang diminta
· Tulisan kurang terstruktur dengan baik dan tidak sesuai dengan jenis yang diminta
|
· Tulisan sesuai dengan jenis tulisan yang diminta
· Tulisan tidak memiliki struktur dan tidak sesuai dengan jenis yang diminta
|
Aspek Kebahasaan
|
· Kalimat dalam tulisan merupakan kalimat yang lengkap dan efektif sehingga gagasan dalam tulisan jelas, dapat dipahamidan tidak ambigu
· Menggunakan pilihan kata yang tepat, kaya dan beragam
· Menggunakan ejaan yang baik dan benar secara konsisten di sepanjang tulisan
· Menggunakan tanda baca yang tepat secara konsisten di sepanjang tulisan
|
· Kalimat dalam tulisan merupakan kalimat yang lengkap dan efektif sehingga gagasan dalam tulisan jelas, dapat dipahamidan tidak ambigu
· Menggunakan pilihan kata yang tepat, kaya dan beragam
· Tidak menggunakan ejaan yang baik dan benar secara konsisten di sepanjang tulisan
· Tidak menggunakan tanda baca yang baik dan benar secara konsisten di sepanjang tulisan
|
· Kalimat dalam tulisan merupakan kalimat yang lengkap dan efektif sehingga gagasan dalam tulisan jelas, dapat dipahamidan tidak ambigu
· Menggunakan pilihan kata yang tepat tetapi tidak beragam
· Tidak menggunakan ejaan yang baik dan benar secara konsisten di sepanjang tulisan
· Tidak menggunakan tanda baca yang baik dan benar secara konsisten di sepanjang tulisan
|
· Kalimat dalam tulisan merupakan kalimat yang lengkap tetapi tidak efektif
· Menggunakan pilihan kata yang kurang tepat
· Tidak menggunakan ejaan yang baik dan benar di sepanjang tulisan
· Tidak menggunakan tanda baca yang tepat di sepanjang tulisan
|
0 Comments