PERANGKAT PEMBELAJARAN K13 REVISI 2019 BAHASA INDONESIA X SILABUS




SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan           
Kelas                               : X
Semester                         : GANJIL
Kompetensi Inti                :

KI 1 :
Menghayati dan  mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



















Kompetensi Dasar


Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis




4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Laporan Hasil Observasi
·         Perrnyataan umum
·         Hal yang dilaporkan
·         Deskripsi bagian
·         Deskripsi manfaat

·         Mengamati contoh teks laporan hasil observasi
·         Menjelaskan struktur teks laporan hasil observasi
·         Melihat kembali teks awal
·         Membagi kelas menjadi beberapa kelompok, 3-4 orang
·         Mempresentasikan




Tugas
  • Menentukan struktur teks laporan hasil observasi

Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan

Portofolio
  • Membuat laporan hasil observasi
  4 jp
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Literatur lain

  • Lembar kerja

3.2.Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi


4.2.Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.




Isi pokok teks laporan hasil observasi:
·      pernyataan umum;
·      deskripsi bagian;
·      deskripsi manfaat; dan
·      kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).


·    Mengidentifikasi isi,struktur, dan ciri kebahasaan.
·    isi, ciri kebahasaandalam teks laporan hasil observasi.
·    Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan.
·    Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks laporan hasil observasi yang telah disusun.

Tugas
  • Menemukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
  • Membenahi kesalahan penulisan teks laporan hasil obsrvasi
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan

Portofolio
  • Membuat contoh teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaan
8 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Literatur lain

  • Lembar kerja


3.3  Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca




4.3  Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.

Isi teks eksposisi:
·      pernyataan tesis;
·      argumen;
·      pernyataan ulang; dan
·      kebahasaan.
Komentar terhadap:
Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).

·     Menggalistruktur, isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
·      Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
·    Mempresentasikan,me-ngomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.

Tugas
  • Menemukan struktur dan isi dalam teks eksposisi
  • Menemukan struktur kebahasaan teks eksposisi
Portofolio
  • Meyusun teks eksposisi dengan struktur dan isi
Observasi
·         Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan

8 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Gorys Keraf Tata Bahasa Indonesia
  • Literatur lain
  • Lembar kerja
  • Internet









3.4  Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.



4.4  Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
Struktur teks eksposisi:
·      pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·      argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
·      pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
·      kalimat nominal dan
·      kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)

Pola penalaran:
·      deduksi dan
·      induksi




·   Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
·    Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
·      Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi  teks eksposisi yang telah disusun.

Tugas
  • Mengidentifikasi struktur teks eksposisi
  • Mengidentifikasi aspek kebahasaan dalam teks eksposisi
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Tes tulis
  • Menyusun teks eksposisi berdasarkan struktur dan isi
8 JP




  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Literatur lain

  • Lembar kerja

  • Internet


3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.



4.5.Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
Isi teks anekdot:
·      peristiwa/
·      sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·      peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.

·     Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
·     Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
·     Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.

Tugas
  • Menganalisis makna yang tersirat dalam teks anekdot

Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan

Portofolio
Testulis
  • Menganalis kritik yang ada pada anekdot
6 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja


3.6.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.












4.6.Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan





·      Isi anekdot
·      Peristiwa/
sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
·      Sindiran.
·      Unsur humor.
·      Kata dan Frasa idiomatis


·    Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
·   Menyusun kembali teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
·   Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.

Tugas
  • Mengidentifikasi struktur teks anekdot

Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan

Portofolio
Testulis
  • Menyusun teks  anekdot  dengan memperhatikan makna yang tersirat
  • Merevisi teks anekdot yang telah disusun



6.JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.7.Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis



4.7.Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.


·      Karakeristik hikayat. 
·      Isi hikayat.
·      Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).



·     Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·    Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·    Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun



Tugas
  • Mengidentifikasi karakteristik hikayat
  • Mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Testulis
  • Menyusun sinopsis dari hikayat.
  • Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat




6 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Internet
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.8.Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen




4.8.Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
·      Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·      Gaya bahasa.
·      Kata arkais (kuno).

·    Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
·     Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
·     Mempresesntasikan, menanggapi, dan  merevisiteks cerpen yang disusun.


Tugas
  • Membedakan nilai-nilai cerpen dan cerita rakyat
  • Menjelaskan persamaan cerpen dan cerita rakyat

Observasi
  • Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan

Portofolio

  • Mengubah cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen


8 JP








  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Internet
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.9.Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.


4.9.Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
·      Ikhtisar



Laporan Hasil Membaca Buku

·    Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
·    Mempresentasikan,  mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang dilaporkan.


Tugas
  • Membaca wacana atau artikel dalam buku teks
  • Membuat ikhtisar dari wacana yang di baca
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Testulis
  • Menyusun ikhtisar sebuah bacaan
6 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia

  • Literatur lain

  • Lembar kerja


             

SILABUS  MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Satuan Pendidikan   : .........................
Kelas                        : X
Semester                   : GENAP
Kompetensi Inti               :

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan






















Kompetensi Dasar


Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.10.
Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis


4.10 
Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.

Isi teks negosiasi:
·      permasalahan
·      pengajuan;
·      penawaran;
·      persetujuan/ kesepakatan yang tercapai.

·     Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
·    Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
·    Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).




Tugas
·             Mengevaluasi cara penyampaian penawaran dalam negosiasi
·             Mengevaluasi cara persetujuan dalam bernegosiasi
·             Menjelaskan cara pengungkapkan penawaran dalam bernegosiasi
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Tes Lisan
·             Membuat contoh kalimat penawaran dalam bernegosiasi
·             Membuat contoh kalimat persetujuan dalam bernegosiasi
6 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.11.
Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.



4.11.
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan
Struktur teks negosiasi:
·      orientasi dan
·      permasalahan(pengajuan, penawaran, dan persetujuan).

Kebahasaan
·      pasangan tuturan dalam teks negosisi dan
·      bahasa yang santun.

·     Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
·     Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
·    Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikanstruktur teks dan aspek kebahasaan.
·    Mempresentasikan, mengomentari, dan  merevisiteks negosiasi yang telah disusun.


Tugas
·             Menentukan struktur permasalahan penawaran dalam bernegosiasi
·             Menentukan struktur persetujuan dalam bernegosiasi
·             Menyusun teks negosiasi dengan struktur dan kebahasaan
Observasi
·      Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
·             Membuat contoh teks      penawaran dan persetujuan dalam bernegosiasi
8  JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.12.
Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.

4.12
Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
Debat:
·      esensi debat;
·      mosi (permasalahan yang didebatkan);
·      argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
·      tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen).




·    Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
·    Melaksanakan debat.
·         Mengevaluasi pelaksanaan debat

Tugas
·       Mengidentifikasi permasalahan dalam debat
·             Menjelaskan sikap yang baik dalam berdebat
·             Mempraktikkan simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan





Portofolio
Testulis
·             Menyususun argumentasi atau alasan yang baik dalam debat
6 JP
·                                       
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.13.
Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan

4.13.
Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat
Isi debat:
·      mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
·      pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
·      argumenasi untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak pelaksana debat:
·      pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
·      tim afirmatif (yang setuju dengan mosi);
·      tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
·      pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
·      Penonton/ juri.
·  Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).
·   Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat.
·    Melaksanakan debat.
·    Mengevaluasi pelaksanaan debat.


Tugas
·       Mengidentifikasi isi debat
·       Membandingkan argumen beberapa pihak
·       Menanggapi kelebihan dan kekurangan terhadap pihak pelaku debat
·       Mengevaluasi pelaksanaan debat
Observasi
·       Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Tes Lisan
·       Menjelaskan syarat-syarat debat yang baik

8 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.14.
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi

4.14.
Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.

·      Pola penyajian  cerita ulang (biografi).
  • Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi
·     Mengidentifikasiperistiwa (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
·    Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi 
·         Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.

Tugas
  • Mengidentifikasi peristiwa dalam biografi tokoh
  • Menemukan hal-hal yang menarik dari tokoh
  • Menyampaikan intisari biografi tokoh
  • Memberikan tanggapan terhadap biografi yang disampaikan oarang lain
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
.
Portofolio
  • Menulis intisari biografi dari seorang tokoh ternama di Indonesia

6 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia

  • Literatur lain

  • Lembar kerja

3.15.
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.

4.15.
Menyusun teks biografi tokoh



Unsur-unsur  biografi:
·      orientasi: (identitas singkat tokoh);
·      rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan
·      Reorientasi :

Kebahasaan biografi:
·      pronominal;
·      pengacu dan yang diacu; dan
konjungsi
·     Mendata  pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
·    Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
·    Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman



Tugas
  • Mengidentifikasi pokok-pokok isi biografi
  • Menulis intisari teks biografi
  • Memberikan tanggapan terhadap biografi yang disampaikan oarang lain
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
  • Menulis biografi tokoh ternama di Indonesia
6 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia

  • Literatur lain

  • Lembar kerja

3.16.
Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca

4.16
.Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)


Puisi:
(semua jenis puisi)
·      isi;
·      tema;
·      makna;
·      amanat; dan
·      suasana.

·      Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
·      Memusikalisasikan dan menanggapi  salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).



·         Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
  • Membacakan puisi dengan memperhatikan vokal,intonasi dan ekspresi
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Tes Lisan
  • Menjelaskan unsur intrinsik puisi
8 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja

3.17.
Menganalisis  unsur pembangun puisi.





4.17.
Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya
Unsur-unsur pembangun puisi
·        diksi;
·        imaji;
·        kata konkret;
·        gaya bahasa;
·        rima/irama;
·        tipografi; 
·        tema/makna (sense);
·        rasa (feeling);
·        nada (tone);dan
·        amanat/tujuan/ maksud (itention).  

·     Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).  dalam puisi. 
·     Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).  
·         Mempresentasikan,  menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis
Tugas
  • Membaca puisi yang tersedia di buku
  • Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Tes Lisan
  • Membacakan puisi
  • Menanggapi pembacaan puisi




Portofolio
Menulis puisi dengan memperhatikan unsur-unsur puisi
6  JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia
  • Rekaman video
  • Literatur lain
  • Lembar kerja
3.18.
Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.

4.18.
Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
Resensi buku
Membuat Resensi Buku yang Dibaca
·     Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
·     Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
·     Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis


Tugas
  • Membaca contoh resensi
  • Mengidentifikasi unsur-unsur resensi
  • Menyusun sebuah resensi buku nonfiksi
  • .Mempresentasikan resensi buku
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan

Tes Lisan
  • Menjelaskan unsur-unsur resensi
  • Menanggapi resensi yang disampaikan orang lain.


Portofolio
  • Menulis resensi sebuah buku nonfiksi
8 JP
  • Buku Teks Bahasa Indonesia

  • Literatur lain

  • Lembar kerja




              


Post a Comment

0 Comments