SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan :
Kelas : X
Semester : GANJIL
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsive
dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
|
Laporan Hasil Observasi
·
Perrnyataan
umum
·
Hal
yang dilaporkan
·
Deskripsi
bagian
·
Deskripsi
manfaat
|
·
Mengamati
contoh teks laporan hasil observasi
·
Menjelaskan
struktur teks laporan hasil observasi
·
Melihat
kembali teks awal
·
Membagi
kelas menjadi beberapa kelompok, 3-4 orang
·
Mempresentasikan
|
Tugas
Observasi
· Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar
pengamatan
Portofolio
|
4 jp
|
|
3.2.Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan
hasil observasi
4.2.Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan
aspek kebahasaan.
|
Isi pokok teks laporan hasil
observasi:
·
pernyataan umum;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
· kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
|
·
Mengidentifikasi
isi,struktur, dan ciri kebahasaan.
·
isi, ciri kebahasaandalam teks
laporan hasil observasi.
·
Menyusun kembali teks laporan hasil
observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi,dan
merevisi teks laporan hasil
observasi yang telah disusun.
|
Tugas
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
|
8 JP
|
|
3.3 Menganalisis
struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
4.3 Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan / tulis.
|
Isi teks
eksposisi:
·
pernyataan tesis;
·
argumen;
·
pernyataan ulang; dan
·
kebahasaan.
Komentar terhadap:
Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
|
·
Menggalistruktur,
isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan
dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
·
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan
struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan
kebahasaan.
·
Mempresentasikan,me-ngomentari,
dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
Tugas
Portofolio
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
|
8 JP
|
|
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan.
|
Struktur teks eksposisi:
· pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
· argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan
tesis); dan
·
pernyataan ulang.*
Kebahasaan:
·
kalimat nominal dan
· kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·
deduksi dan
·
induksi
|
·
Menggali
struktur dan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
·
Menyusun
kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks eksposisi
yang telah disusun.
|
Tugas
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Tes tulis
|
8 JP
|
|
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna
tersirat.
4.5.Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
|
Isi teks
anekdot:
· peristiwa/
· sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur
anekdot:
·
peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
·
Menilai
isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
·
Menyusun
kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot
yang dibaca
·
Mempresentasikan,
mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
|
Tugas
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Testulis
|
6 JP
|
|
3.6.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
4.6.Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan
kebahasaan
|
·
Isi
anekdot
·
Peristiwa/
sosok yang berkaitan dengan
kepentingan publik.
·
Sindiran.
·
Unsur
humor.
·
Kata dan
Frasa idiomatis
|
·
Mengidentifikasi
struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
·
Menyusun
kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
|
Tugas
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Testulis
|
6.JP
|
|
3.7.Mengidentifikasi
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis
4.7.Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
·
Karakeristik
hikayat.
·
Isi
hikayat.
·
Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial,
agama, budaya, dan penddikan).
|
·
Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan
nilai-nilai dalam hikayat.
·
Menyusunteks
eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
|
Tugas
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Testulis
|
6 JP
|
|
3.8.Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
4.8.Mengembangkan cerita rakyat (hikayat)
ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
|
·
Nilai-nilai
dalam cerpen dan hikayat.
·
Gaya
bahasa.
·
Kata
arkais (kuno).
|
·
Menjelaskan
persamaan dan perbedaan isi dan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
·
Menyusun
kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
·
Mempresesntasikan,
menanggapi, dan merevisiteks cerpen
yang disusun.
|
Tugas
Observasi
Portofolio
|
8 JP
|
|
3.9.Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen.
4.9.Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan
ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
·
Ikhtisar
|
Laporan Hasil Membaca Buku
·
Melaporkan
isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang dilaporkan.
|
Tugas
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Testulis
|
6 JP
|
|
SILABUS MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Satuan
Pendidikan : .........................
Kelas : X
Semester :
GENAP
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.10.
Mengevaluasi
pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun
tertulis
4.10
Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara
lisan atau tulis.
|
Isi teks negosiasi:
·
permasalahan
·
pengajuan;
·
penawaran;
·
persetujuan/ kesepakatan yang
tercapai.
|
·
Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan,
penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
·
Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian
persetujuan dalam bernegosiasi.
·
Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara
lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data,
EYD, dan penggunaan kalimat).
|
Tugas
·
Mengevaluasi cara
penyampaian penawaran dalam negosiasi
·
Mengevaluasi cara
persetujuan dalam bernegosiasi
·
Menjelaskan cara
pengungkapkan penawaran dalam bernegosiasi
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Tes Lisan
·
Membuat contoh
kalimat penawaran dalam bernegosiasi
·
Membuat contoh
kalimat persetujuan dalam bernegosiasi
|
6 JP
|
|
3.11.
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
4.11.
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan
isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
|
Struktur teks negosiasi:
·
orientasi dan
·
permasalahan(pengajuan, penawaran,
dan persetujuan).
Kebahasaan
·
pasangan tuturan dalam teks negosisi
dan
·
bahasa yang santun.
|
·
Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan,
penawaran, dan persetujuan),
·
Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan)
dalam teks negosiasi.
·
Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikanstruktur teks dan
aspek kebahasaan.
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiteks negosiasi yang telah disusun.
|
Tugas
·
Menentukan struktur
permasalahan penawaran dalam bernegosiasi
·
Menentukan struktur
persetujuan dalam bernegosiasi
·
Menyusun teks
negosiasi dengan struktur dan kebahasaan
Observasi
·
Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi
dengan lembar pengamatan
Portofolio
·
Membuat contoh
teks penawaran dan persetujuan
dalam bernegosiasi
|
8 JP
|
|
3.12.
Menghubungkan
permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk
menemukan esensi dari debat.
4.12
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
Debat:
·
esensi debat;
·
mosi (permasalahan yang didebatkan);
·
argumen untuk menguatkan pendapat
sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
·
tanggapan (mendukung dan menolak
pendapat disertai argumen).
|
·
Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan
topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang
diperankan oleh peserta didik.
·
Melaksanakan debat.
·
Mengevaluasi pelaksanaan
debat
|
Tugas
·
Mengidentifikasi
permasalahan dalam debat
·
Menjelaskan sikap
yang baik dalam berdebat
·
Mempraktikkan
simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
Testulis
·
Menyususun argumentasi atau
alasan yang baik dalam debat
|
6 JP
|
·
|
3.13.
Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan
4.13.
Mengembangkan
permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat
|
Isi
debat:
·
mosi/ topik permasalahan yang
diperdebatkan;
·
pernyataan sikap (mendukung atau
menolak);
·
argumenasi untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak
pelaksana debat:
·
pihak yang mengajukan mosi/topik
permasalahan yang diperdebat-kan;
·
tim afirmatif (yang setuju dengan
mosi);
·
tim oposisi yang tidak setuju dengan
mosi);
·
pemimpin/ wasit debat (yang menjaga
tata tertib)’
·
Penonton/ juri.
|
· Mengidentifikasi
isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
·
Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap
pihak-pihak pelaku debat.
·
Melaksanakan debat.
·
Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
Tugas
·
Mengidentifikasi isi
debat
·
Membandingkan argumen
beberapa pihak
·
Menanggapi kelebihan
dan kekurangan terhadap pihak pelaku debat
·
Mengevaluasi
pelaksanaan debat
Observasi
·
Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Tes Lisan
·
Menjelaskan
syarat-syarat debat yang baik
|
8 JP
|
|
3.14.
Menilai hal yang
dapat diteladani dari teks biografi
4.14.
Mengungkapkan
kembali hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
·
Pola penyajian cerita ulang (biografi).
|
·
Mengidentifikasiperistiwa (antara lain: perjalananpendidikan,
karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
·
Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari
peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi
·
Memberikan komentar
secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
|
Tugas
Observasi
· Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar
pengamatan
.
Portofolio
|
6 JP
|
|
3.15.
Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
4.15.
Menyusun teks
biografi tokoh
|
Unsur-unsur
biografi:
·
orientasi: (identitas singkat
tokoh);
·
rangkaian peristiwa dan masalah yang
dialami; dan
·
Reorientasi :
Kebahasaan biografi:
·
pronominal;
·
pengacu dan yang diacu; dan
konjungsi
|
·
Mendata pokok-pokok isi
biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
·
Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara
lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
·
Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi)
yang ditulis teman
|
Tugas
Observasi
· Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar
pengamatan
Portofolio
|
6 JP
|
|
3.16.
Mengidentifikasi suasana,
tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
4.16
.Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi
dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi
(tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
Puisi:
(semua jenis puisi)
·
isi;
·
tema;
·
makna;
·
amanat; dan
·
suasana.
|
·
Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan
atau dibaca.
·
Memusikalisasikan dan menanggapi
salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi
(tekanan dinamik dan tekanan tempo).
|
·
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Observasi
· Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar
pengamatan
Tes Lisan
|
8 JP
|
|
3.17.
Menganalisis unsur pembangun puisi.
4.17.
Menulis puisi
dengan memerhatikan unsur pembangunnya
|
Unsur-unsur pembangun puisi
·
diksi;
·
imaji;
·
kata konkret;
·
gaya bahasa;
·
rima/irama;
·
tipografi;
·
tema/makna (sense);
·
rasa (feeling);
·
nada (tone);dan
·
amanat/tujuan/ maksud (itention).
|
·
Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone),
dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi.
·
Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone),
dan amanat/tujuan/maksud (itention).
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis
|
Tugas
Observasi
· Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar
pengamatan
Tes Lisan
Portofolio
Menulis
puisi dengan memperhatikan unsur-unsur puisi
|
6 JP
|
|
3.18.
Menganalisis isi
dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
4.18.
Mereplikasi isi
buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
Resensi
buku
|
Membuat Resensi Buku yang Dibaca
·
Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
·
Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan
unsur-unsur resensi
·
Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis
|
Tugas
Observasi
· Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar
pengamatan
Tes Lisan
Portofolio
|
8 JP
|
|
0 Comments