Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI SMA lengkap dengan KUNCI




KUNCI JAWABAN
 

Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
K e l a s / Semester           : XI-IPA/IPS/I         
Tingkatan                        : SMA 
 

I.      Soal Pilihan Ganda ( Bobot 60 % )
1
E

11
D

21
A

31
D
2
A
12
D
22
A
32
E
3
D
13
E
23
C
33
E
4
A
14
A
24
B
34
C
5
E
15
A
25
A
35
C
6
A
16
E
26
A
36

7
E
17
B
27
D
37

8
B
18
C
28
D
38

9
D
19
D
29
A
39

10
C
20
E
30
A
40




Skor Maksimal : 70
 
 



II. Soal Uraian
SOAL NOMOR : 1
URAIAN JAWABAN

SKOR
Tahap-tahap penyusunan karangan ilmiah adalah:
1.  Tahap persiapan, meliputi pemilihan topik, penentuan judul, dan pem-
     buatan kerangka karangan
2.  Tahap pengumpulan data, meliputi pencarian keterangan, dari bahan
     bacaan dan pihak-pihak yang mengetahui masalah yang akan digarap.
3.  Tahap pengorganisasian dan pengonsepan
4.  Tahap penyajian
5.  Tahap penyempurnaan



5



JUMLAH SKOR MAKSIMAL



SOAL NOMOR : 2
URAIAN JAWABAN

SKOR

Penyusunan daftar pustaka yaitu:

Ahmad, suyono. 2003. Kedisiplinan dalam Hidup. Malang: Bayu
        Media   
Indrawan, Bagus. 1999. Cara Inovatif Mengelolah Sampah. Bandung:
        Ganeca Exact
Raharja. 2000. Sampah Rumah Tangga. Jakarta: Aksara
Setiawan, Budi. 2001. Sampah, Mengapa Bermasalah.?.Surakarta: Indriana







6

JUMLAH SKOR MAKSIMAL








SOAL NOMOR : 3
URAIAN JAWABAN
SKOR
Penyusunan catatan kaki yaitu:

1Bagus Indrawan, Cara Inovatif Mengelolah Sampah (Bandung: Ganeca Exact,         1999), hlm.18

2Suyono Ahmad, Kedisiplinan dalam Hidup (Malang: Bayu Media, 2003), hlm.12

3Budi Setiawan, Sampah, Mengapa Bermasalah? (Surakarta: Indriana, 2001),hlm.15

4Raharja, Sampah Rumah Tangga (Jakarta: Aksara, 2000), hlm. 41






6
JUMLAH SKOR MAKSIMAL





 
I.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !



1.  Pewawancara    :  ’’Apa bahan-bahan yang digunakan
                                 untuk menjernihkan air sumur?’’
     Narasumber       :  ’’Bahannya kerikil, ijuk, arang, sekam
                                 dan batu bara.’’
     Pewawancara    :  ’’Kemudian alat apa saja yang digu-
                                 nakan?’’
     Narasumber       :  ’’Drum untuk menampung dan me-
                                 ngalirkan air tingginya 50 cm seba-
                                 nyak dua buah, kran air dua buah,
                                 dan slang air.’’
     Pewawancara    :   ....
     Narasumber       :  ’’Drum pertama untuk menampung
                                 air yang dijernihkan dan drum kedua
                                 untuk menyaring.’’
     Teks wawancara rumpang di atas dapat dilengkapi
     dengan kalimat ....
     a.  Di mana air itu ditampung?
     b.  Mengapa air ditampung dalam drum?
     c.  Siapa yang menampung air tersebut?
     d.  Kapan air tersebut dimasukkan ke dalam drum?
     e.  Mengapa harus menyiapkan dua buah drum, Pak?
   
 2.  Topik wawancara di atas adalah ....
      a.  cara-cara menjernihkan air
      b.  cara-cara  menggunakan air jernih
      c.  alat-alat untuk menjernihkan air
      d.  cara mendapatkan alat untuk menjernihkan air
      e.  air jernih sangat dibutuhkan 

3.  Karakteristik sebuah berita dapat dirumuskan dengan
     mengajukan pertanyaan berikut....
     a. 1  W + 5 H
     b.  4 W + 2 H
     c.  5 W + 2 H
     d.  5 W + 1 H
     e.  1 H +  4 W
   
4.  Telah terjadi perkelahian antarpelajar.  Perkelahian itu
     menewaskan 2 orang pelaku.  Kalimat berita tersebut
     untuk menjawab pertanyaan....
     a.  what
     b.  when
     c.  where
     d.  why
     e.  who
5.  Kriteria pembacaan naskah berita yang baik adalah....
     a.  lafal yang benar
     b.  tekanan kata dalam kalimat
     c.  pemenggalan kalimat
     d.  enunsiasi dan intonasi
     e.  ekspresi
     
6.  Pemberian tanda jeda pada kalimat berita yang tepat
     adalah....
     a.  untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan/
          kini/para tunanetra tidak perlu lagi membaca
          buku bercetakan huruf Braile di perpustakaan//
     b.  untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan
          kini/ para tunanetra tidak perlu lagi membaca buku
          bercetakan huruf Braile di perpustakaan//
     c.  untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan/
          kini/ para tunanetra tidak perlu lagi membaca buku
          bercetakan huruf Braile di perpustkaan/
 
     d.  untuk memperluas  wawasan /ilmu pengetahuan/
          kini para tunanetra tidak perlu lagi membaca buku
          bercetakan huruf Braile di perpustakan//
     e.  untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan/
          kini/ para tunanetra/ tidak perlu lagi membaca
          buku bercetakan huruf Braile di perpustakaan//
       
7.  Berdasarkan persyaratan pemilihan topik, berikut ini
     topik yang dapat dikembangkan menjadi karangan
     ilmiah adalah....
     a.  perpustakaan
     b.  lautan
     c.  kekayaan alam
     d.  kabut sutra ungu
     e.  perpustakaan sebagai sumber belajar

8.  1.  Bagaiman proses penyerangan hama ulat api
          pada kelapa sawit?
     2.  Bagaimana pengendalian hama ulat api pada
          kelapa sawit dengan virus?

     Dua kalimat pertanyaan di atas dalam karya ilmiah
     termasuk ke dalam bagian....
     a.  latar belakang
     b.  rumusan permasalahan
     c.  tujuan
     d.  manfaat penelitian
     e.  landasan teoritis  

9.   Untuk karya tulis bertema teknik bertanam tumbuhan
      tertentu, kerangka karya tulis yang baik adalah....
      a.  pemeliharaan tanaman; pengaturan jarak tanam;
           pemilihan bibit; pemberantasan hama/penyakit;
           pemanenan hasil
      b.  pengaturan jarak tanam; pemilihan bibit; pem-
           berantasan hama/penyakit; pekmeliharaan
           tanaman; pemanenan hasil
      c.  pemberantasan hama/penyakit; pemeliharaan
           tanaman; pemilihan bibit; pengaturan jarak tanam;
      d.  pemilihan bibit; pengaturan jarak tanam; peme-
           liharaan tanaman; pemberantasan hama/ penyakit;
           pemanenan hasil
      e.  pemilihan bibit; pemeliharaan tanaman; pembe-
           rantasan hama/penyakit; pengaturan jarak tanam;
           pemanenan hasil

10.  (1)  kata pengantar
       (2)  halaman judul
       (3)  daftar isi
       (4)  lembar pengesahan

       urutan bagian awal kerangka karangan yang benar
       adalah....
       a.  (1), (2), (3), (4)
       b.  (1), (2), (4). (3)
       c.  (2), (4), (1), (3)
       d.  (3), (4), (1), (2)
       e.  (4), (3). (1), (2)

11.   Jika dalam penyusunan karya tulis terdapat kutipan
        dari buku karangan Sahid Warsanto yang berjudul
        Bahasa Bahasa, terbitan Aries Lima, Jakarta, tahun
        1994, halaman 35.  Penulisan catatan kaki yang
         benar adalah....
         a.  Warsanto, Sahid. 1994. Bahasa Bahasa. Aries
              Lima. Jakarta. hlm. 35.
         b.  Warsanto, Sahid. Bahasa Bahasa. Aries Lima
              hlm. 35. Jakarta.
         c.  Sahid Warsanto. 1994. Bahasa Bahasa. Jakarta:
              Aries Lima, hlm.35
         d.  Sahid warsanto, Bahasa Bahasa (Jakarta: Aries
              Lima, 1994), hlm. 35
         e.  Sahid Warsanto, Bahasa Bahasa, (Aries Lima,
              Jakarta

   12.  Penulisan daftar pustaka berikut yang benar
          adalah....
          a.  Gorys Keraf. Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia
               pustaka utama. Jakarta. 1999
          b.  Gorys Keraf. 1999. Diksi dan Gaya Bahasa.
               Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
          c.  Keraf, Gorys. 1999. Diksi dan Gaya Bahasa.
               Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
          d.  Keraf, Gorys. 1999. Diksi dan Gaya Bahasa.
               Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
          e.  Gorys Keraf. 1999. Diksi dan Gaya Bahasa.
                 Jakarta Gramedia Pustaka Utama
    
     13.  Berikut ini yang bukan unsur penulisan daftar
            pustaka adalah....
            a.  nama pengarang
            b.  tahun terbit
            c.  judul buku
            d.  kota terbit dan penerbit
            e.  halaman
     
     14.  Berikut yang bukan merupakan unsur penulisan
            catatan kaki adalah....
            a.  nama pengarang dibalik
            b.  judul buku
            c.  kota terbit dan penerbit
            d.  tahun terbit
            e.  halaman
    
    15.  Melakukan  pemilihan peran sesuai dengan
           kemampuan akting pemain disebut....
           a.  casting
           b.  blocking
           c.  running
           d.  geladi bersih
           e.  reading

    16.  Membaca keseluruhan isi naskah sebelum pementasan disebut...
          a.  casting
          b.  blocking
           c.  running
          d.  geladih bersih
          e.  reading 
1     17.   Kegiatan perpindahan posisi pemain di atas pentas disebut...
   a.  casting
   b.  blocking                                                                                                      
   c.  running
   d.  geladih bersih
   e.  reading
      


        
      

             
               
   
        


      
        


18.  Pemain menjalani latihan secara lengkap mulai
       dari dialog sampai pengaturan pentas disebut....
       a.  casting
       b.  blocking
       c.  running
       d.  geladih bersih
       e.  reading

19.   Latihan terakhir sebelum pentas adalah... .
        a.  casting
        b.  blocking
        c.  running
        d.  geladi resik
       e.  reading
20.  Siswadi      :  Banyak yang perlu   dikhawatirkan
                                       (meletakkan seruling)         Selain
                           makanan,       apa       yang  lebih
                           mangkhawatirkan?
      Sandojo      :  Apa    yang     mengkhawatirkan?
                           (diam,            Sandjojo mengulangi
                                       pertanyaannya)
      Siswadi      :  Jiwa rokhanimu
      Sandjojo     :  (tertawa asing)
      Siswadi      :  Kau dibebani impian-impian sekitar
                           intan              yang        mencekam       dan
                           menghancurkan          kesadaranmu
                                       selama ini.
      Sandjojo     :  Tak  ada  sekelumit  apa  pun  mem-
                           bebani jiwa selama ini
      Siswadi      :  Kalau  tak  beruntung  budi  padamu.
                        :  Tak   sanggup   lagi   aku   mengikuti
                           perbuatanmu.
      Watak siswadi kutipan drama tersebut adalah...
      a.  baik
      b.  suka sombong
      c.  kasar
      d.  pengacau
      e.  pengkhawatir/cemas

21.  Watak Sanjdojo dalam kutipan drama  (soal nomor 20)
       adalah....
       a.  acuh tak acuh
       b.  penghayal
       c.  angkuh
       d.  pemberani
       e.  tabah

22.  konflik dalam kutipan drama (soal nomor 20)
       adalah....
       a.  adanya perasaan khawatir pada diri Siswadi
            terhadap jiwa Sanjdojo
       b.  persahabatan Siswadi dan Sanjdojo putus
            di tengah jalan
       c.  kegagalan Siswadi dan Sanjdojo dalam pencarian
            intan
       d.  Siswadi telah beruntung budi kepada sahabatnya
            Sanjdojo
       e.  hilangnya kepercayaan Sanjdojo kepada Siswadi
            temannya

23.  Dargo    :  ’’Mengapa kamu membiarkan aku terus
                      berdiri, Suliah?  Apakah aku boleh duduk?’’
                      (tanpa menunggu persetujuan Suliah, ia
                      pun duduk.  Kemudian, ia berdiri lagi me-
                      mandangi foto yang terpampang di dinding.
                      Ia mencoba menyentuhnya.
       Suliah   :  (berteriak keras) ’’jangan sentuh foto itu!’’
  
       Dialog tokoh Suliah adalah....
       a.  intonasi datar, mimik wajah tenang
       b.  intonasi meninggi, mimik wajah tenang
       c.  intonasi meninggi, mimik wajah marah cenderung
            emosional
       d.  intonasi datar, mimik wajah marah
       e.  intonasi meninggi

24.  Mardilah   :  Gerah, Pak?
       Maskun   :  Tidak (kaku dan tidak berperasaan)
       Mardilah   :  Dibuka ya, jendelanya, biar sedikit
                          sedikiit segar.
       Maskun    :  Tidak! Jangan! (tetap kaku)
       Mardilah   :   Terlalu sesak hawanya kalau ditutup
      Terhadap Maskun, tokoh Mardilah menunjukkan
        sikap....
        a.  penyayang
        b.  perhatian
        c.  penuntut
        d.  penolong
        e.  penurut

25.  Watak tokoh Maskun pada penggalan drama
       (soal nomor 24) adalah....
       a.  keras kepala
       b.  lunak
       c.  berperasaan
       d.  bandel
       e.  kaku

26. Dalam istilah drama, pemeran penentang segala tindak
      tanduk pelaku utama adalah....
      a.  protagonis
      b.  antagonis
      c.  figuran
      d.  penjahat
      e.  tokoh utama
27.  Perempuan:  (lunak kembali) ’’Mas, bukan maksudku
                          untuk membalas dendam.’’
       Lelaki       :  (mengangguk) ’’kutahu, dik, aku tahu baik
                          hatimu.  Semua ini salahku.  Harta benda
                          habis lenyap karena aku. (memandang
                          perempuan itu).  Kau yang selalu bekerja
                          aku yang menghabiskan uangmu....

        Watak tokoh perempuan dalam penggalan drama di
        atas adalah....
        a.  penyantun
        b.  periang
        c.  hormat pada suami
        d.  baik hati dan tidak pendendam
        e.  bijaksana

28.  Petualang  :   Sudah cukup pengalaman.  Sudah
                           bisa menafsirkan sendiri dengan tafsiran
                           yang setepat-tepatnya.
       Perempuan :  Hah, alangkah sayangnya bahwa tuan-
                           tuan yang mengaku manusia-manusia
                           terhormat, tidak tahu cara menilai kehor-
                           matan diri pribadi.
       Politikus     :  Cukup! Bicara Nona sudah kelewat batas
                          susila!

       Konflik yang dibangun di atas berupa konflik....
       a.  fisik
       b.  batin
       c.  budaya
       d.  pemikiran
       e.  internal

29.  Citra :  (menghampiri Rini) ’’Mengapa di tempat
                  gelap seperti ini kamu duduk sendirian?’’
       Rini  :  ’’Saya tidak bisa tidur, ingat kepada ibu
                  di rumah.’’

       Latar waktu  yang tergambar dalam cuplikan drama
       di atas adalah....
       a.  malam hari
       b.  pagi hari
       c.  sore hari
       d.  siang hari
       e.  kamar gelap

30.  Cecep :  ’’Terserah. yang jelas,  aku punya uang.   
                     Kapan waktu aku bisa makan enak, merokok,
                    dan (tertawa mengejek) mengapa akun harus
                    melabuhkan diri hanya pada istri di kampung
                    (membuang puntung, menginjak kemudian
                    berjalan sambil bersiul).

        Penggalan drama di atas menggambarkan karakter
        tokoh yang....
        a.  sombong
        b.  egois
        c.  materialistis
        d.  sempit hati
        e.  pemarah

31.       Untuk pergi bersama-sama ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan kampung Jernih, yang terletak di tepi danau Bantau.  Air jernih juga terletak di tepi sungai air putih yang bermuara ke danau.  Di pinggir muara sungailah terletak kampung mereka.  Mereka menuju hutan dengan menyusuri tepi sungai, memudikinya, memasuki hutan dan mendaki gunung-gunung.  Sungai tak dapat dilalui dengan perahu karena penuh dengan batu besar dan karena sungai mengalir dengan derasnya turun ke gunung-gunung.  Tapi....
        
                                      (Harimau-Harimau, Mochtar Lubis) 

       Unsur intrinsik yang terdapat dalam penggalan novel di atas adalah....
       a.  alur dan sudut pandang
       b.  tema dan sudut pandang
       c.  karakter dan latar
       d.  alur dan latar
       e.  alur dan amanat

32.        Pak Balam kemudian terdengar berkata dengan suara seperti orang mengigau, ’’Awas, harimau itu dikirim oleh Tuhan untuk menghukum kita yang berdosa- Awas harimau dikirim Allah-awas harimau-akuilah dosa-dosa kalian-akuilah dosa-dosa kalian-akuilah dosa-dosa kalian.’’

                                     ( Harimau-Harimau, Mochtar Lubis)

       Amanat yang tersirat dalam kutipan penggalan novel tersebut adalah....
       a.  setiap orang pastimempunyai dosa, mulai dari dosa 
            kecil sampai dosa besar
       b.  dosa yang telaqh dilakukan oleh seseorang tidak
            akan dapat disembunyikan, pasti akan ketahuan
       c.  akui dan minta ampunlah atas dosa yang telah
            diperbuat karena Tuhan pasti akan membalasnya
       d.  tidak baik menutup-nutupi dosa orang yang telah
            dilakukan karena suatu saat dosa itu pasti akan
            diakui juga
       e.  hindarilah dirimu dari segala dosa karena Tuhan
            akan menghukum dosa tersebut

33.       ’’Boleh Bunda, ya? ’’ rayu Tita.
      ’’Nggak.  Pokoknya sekali nggak, tetap nggak’’
      ’’Tita kan nggak pernah keluar rumah, lagi pula ada
      acara kembang api, kan Cuma ada setahun sekali.
      Boleh ya Bunda?’’

      Berikut ini penjelasan yang tepat mengenai unsur
      ekstrinsik penggalan novel tersebut adalah....
      a.  menggambarkan budaya kebebasan bagi anak dan
           orang tua
      b.  mengambarkan budaya matrealistis keluarga kaya
      c.  menggambarkan budaya mengekang kebebasan
           anak
      d.  menggambarkan budaya keakraban antara orang
           tua dengan anak
      e.  menggambarkan budaya masyarakat metripolis 
           merayakan pergantian tahun dengan menggelar
           acara kembang api

34.  Watak bunda dalam penggalan novel di atas adala....
       a.  muda dirayu
       b.  tidak konsisten
       c.  tegas tidak mudah dirayu
       d.  pemarah
       e.  otoriter

35.   Danila melangkah limbung menelusuri lorong yang
       akan membawanya ke dunia bebas.  Di belakang
       sana, tertinggal masa lalunya yang kelam di balik
       jeruji besi.  Sekali lagi dia menoleh ke belakang.  Ke
       pintu besi berterali kokoh yang telah lima tahun me-
          misahkannya dari dunia luar.
           Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam
           kutipan novel di atas adalah orang....
           a.  pertama
           b.  kedua
           c.  ketiga
           d.  pertama dan ketiga
           e.  pertama tokoh utama    


II.  Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 

1.  Jelaskan tahap-tahap penyusunan karangan
     ilmiah!
2.  Susunlah judul buku-buku berikut ini menjadi susunan
     daftar pustaka yang benar!
     a.  Buku berjudul Cara Inovatif Mengelolah Sampah
          karya Bagus Indrawan yang diterbitkan oleh penerbit
          Ganeca Exact  di Bandung tahun 1999
     b.  Buku berjudul Kedisiplinan dalam Hidup karya
          Suyono Ahmad yang diterbitkan oleh penerbit
          Bayu Media di Malang pada tahun 2003
     c.  Buku berjudul Sampah, mengapa Bermasalah?
          karya Budi Setiawan yang diterbitkan oleh penerbit
          Idriana  di Surakarta pada tahun 2001
     d.  buku berjudul Sampah Rumah Tangga karya
          Raharja yang diterbitkan oleh penerbit Aksara
          di Jakarta pada tahun 2000
3.  Susunlah judul buku-buku pada soal nomor 2 menjadi
     catatan kaki, halaman yang dikutip tentuksn sendiri!
4.  Jelaskan langkah-langkah pementasan drama!
5.  Perhatikan penggalan novel berikut!
          Tuti dan Maria dua kakak beradik.  Keduanya
     putri R.  Wiraatmaja, mantan wedana di daerah
     Banten.  Meskipun Tuti dan Maria dua bersaudara,
     sifat keduanya sangat berbeda.  Tuti seorang pendiam
     dan selalu hati-hati dalam menuturkan kata-kata.  Ia
     lebih banyak mengguankan akal dan pikiran daripada
     perasan.  Sebaliknya Maria seorang gadis yang lincah
     dan periang.  Tetapi juga sering murung.  Gadis ini lebih
     banyak menuturkan perasaannya.
    
     Sebutkan dan beri alasan unsur intrinsik yang menonjol
     pada penggalan novel di atas!           
      


                              





               







 
                      .                 
                          





SOAL NOMOR : 4
URAIAN JAWABAN
SKOR
Langkah langkah pementasan drama:
1.  Menyusun naskah
2.  Melakukan pembedahan isi naskah yang akan dipentaskan agar calon 
     pemain memahami naskahnya.
3.  Membaca keseluruhan isi naskah (reading)
4.  Casting, yaitu melakukan pemilihan peran sesuai dengan kemampuan acting
     pemain.
5.  Mendalami peran yang dimainkan
6.  Blokcing (perpindahan posisi pemain)
7.  Running, yaitu pemain menjalani latihan secara lengkap mulai dari dialog
      sampai pengaturan pentas
8.  Geladi bersih (latihan terakhir sebelum pentas)
9.  Pementasan(pemain sudah siap dengan kostum, perlengkapan pentas, dan
     dekorasi panggung







9
JUMLAH SKOR MAKSIMAL



SOAL NOMOR : 5
URAIAN JAWABAN
SKOR
      Unsur intrinsik yang paling menonjol pada kutipan novel tersebut adalah:
       perwatakan (karakter)
     alasannya: kedua tokoh tersebut dua bersaudara tetapi memiliki perbedaan
       karakter antara keduanya. Tokoh Tuti seorang yang pendiam yang selalu ber-
       hati-hati dalam menuturkan kata-kata.  Sedangkan tokoh Maria seorang yang
       lincah dan periang, tetapi sering murung dan banyak berperasaan.






4
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
30


Post a Comment

0 Comments