Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
K e l a s / Semester : XI-IPA/IPS/I
Tingkatan : SMA
I.
Soal Pilihan Ganda ( Bobot 60 % )
1
|
E
|
11
|
D
|
21
|
A
|
31
|
D
|
|||
2
|
A
|
12
|
D
|
22
|
A
|
32
|
E
|
|||
3
|
D
|
13
|
E
|
23
|
C
|
33
|
E
|
|||
4
|
A
|
14
|
A
|
24
|
B
|
34
|
C
|
|||
5
|
E
|
15
|
A
|
25
|
A
|
35
|
C
|
|||
6
|
A
|
16
|
E
|
26
|
A
|
36
|
||||
7
|
E
|
17
|
B
|
27
|
D
|
37
|
||||
8
|
B
|
18
|
C
|
28
|
D
|
38
|
||||
9
|
D
|
19
|
D
|
29
|
A
|
39
|
||||
10
|
C
|
20
|
E
|
30
|
A
|
40
|
|
II. Soal Uraian
SOAL NOMOR : 1
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Tahap-tahap penyusunan karangan ilmiah adalah:
1. Tahap persiapan, meliputi
pemilihan topik, penentuan judul, dan pem-
buatan kerangka karangan
2. Tahap pengumpulan data, meliputi
pencarian keterangan, dari bahan
bacaan dan pihak-pihak yang
mengetahui masalah yang akan digarap.
3. Tahap pengorganisasian dan
pengonsepan
4. Tahap penyajian
5. Tahap penyempurnaan
|
5
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
SOAL NOMOR : 2
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Penyusunan daftar pustaka yaitu:
Ahmad, suyono. 2003. Kedisiplinan dalam Hidup. Malang: Bayu
Media
Indrawan, Bagus. 1999. Cara Inovatif Mengelolah Sampah.
Bandung:
Ganeca Exact
Raharja. 2000. Sampah Rumah Tangga. Jakarta: Aksara
Setiawan, Budi. 2001. Sampah, Mengapa Bermasalah.?.Surakarta:
Indriana
|
6
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
SOAL NOMOR : 3
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Penyusunan catatan kaki yaitu:
1Bagus
Indrawan, Cara Inovatif Mengelolah
Sampah (Bandung: Ganeca Exact,
1999), hlm.18
2Suyono
Ahmad, Kedisiplinan dalam Hidup
(Malang: Bayu Media, 2003), hlm.12
3Budi
Setiawan, Sampah, Mengapa Bermasalah?
(Surakarta: Indriana, 2001),hlm.15
4Raharja,
Sampah Rumah Tangga (Jakarta:
Aksara, 2000), hlm. 41
|
6
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling
benar !
1.
Pewawancara : ’’Apa bahan-bahan yang digunakan
untuk
menjernihkan air sumur?’’
Narasumber : ’’Bahannya kerikil, ijuk, arang, sekam
dan batu bara.’’
Pewawancara : ’’Kemudian alat apa saja yang digu-
nakan?’’
Narasumber : ’’Drum untuk menampung dan me-
ngalirkan air
tingginya 50 cm seba-
nyak dua buah,
kran air dua buah,
dan slang
air.’’
Pewawancara : ....
Narasumber : ’’Drum pertama untuk menampung
air yang
dijernihkan dan drum kedua
untuk
menyaring.’’
Teks wawancara
rumpang di atas dapat dilengkapi
dengan kalimat
....
a. Di mana air itu ditampung?
b. Mengapa air ditampung dalam drum?
c. Siapa yang menampung air tersebut?
d. Kapan air tersebut dimasukkan ke dalam drum?
e. Mengapa harus menyiapkan dua buah drum, Pak?
2. Topik wawancara di atas adalah ....
a. cara-cara menjernihkan air
b. cara-cara
menggunakan air jernih
c. alat-alat untuk menjernihkan air
d. cara mendapatkan alat untuk menjernihkan air
e. air jernih sangat dibutuhkan
3. Karakteristik sebuah berita dapat dirumuskan
dengan
mengajukan
pertanyaan berikut....
a. 1 W + 5 H
b. 4 W + 2 H
c. 5 W + 2 H
d. 5 W + 1 H
e. 1 H +
4 W
4. Telah terjadi
perkelahian antarpelajar. Perkelahian
itu
menewaskan 2
orang pelaku. Kalimat berita tersebut
untuk menjawab
pertanyaan....
a. what
b. when
c.
where
d. why
e. who
5. Kriteria pembacaan naskah berita yang baik
adalah....
a. lafal yang benar
b. tekanan kata dalam kalimat
c. pemenggalan kalimat
d. enunsiasi dan intonasi
e. ekspresi
6. Pemberian tanda
jeda pada kalimat berita yang tepat
adalah....
a. untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan/
kini/para
tunanetra tidak perlu lagi membaca
buku
bercetakan huruf Braile di perpustakaan//
b. untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan
kini/
para tunanetra tidak perlu lagi membaca buku
bercetakan huruf Braile di perpustakaan//
c. untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan/
kini/
para tunanetra tidak perlu lagi membaca buku
bercetakan
huruf Braile di perpustkaan/
d. untuk memperluas wawasan /ilmu pengetahuan/
kini para
tunanetra tidak perlu lagi membaca buku
bercetakan huruf Braile di perpustakan//
e. untuk memperluas wawasan ilmu pengetahuan/
kini/ para tunanetra/ tidak perlu lagi
membaca
buku
bercetakan huruf Braile di perpustakaan//
7. Berdasarkan
persyaratan pemilihan topik, berikut ini
topik yang
dapat dikembangkan menjadi karangan
ilmiah
adalah....
a. perpustakaan
b. lautan
c. kekayaan alam
d. kabut sutra ungu
e. perpustakaan sebagai sumber belajar
8. 1. Bagaiman proses penyerangan hama ulat api
pada
kelapa sawit?
2. Bagaimana pengendalian hama ulat api pada
kelapa
sawit dengan virus?
Dua kalimat
pertanyaan di atas dalam karya ilmiah
termasuk ke
dalam bagian....
a. latar belakang
b. rumusan permasalahan
c. tujuan
d. manfaat penelitian
e. landasan teoritis
9. Untuk karya
tulis bertema teknik bertanam tumbuhan
tertentu,
kerangka karya tulis yang baik adalah....
a. pemeliharaan tanaman; pengaturan jarak tanam;
pemilihan bibit; pemberantasan hama/penyakit;
pemanenan hasil
b.
pengaturan jarak tanam; pemilihan bibit; pem-
berantasan hama/penyakit; pekmeliharaan
tanaman;
pemanenan hasil
c. pemberantasan hama/penyakit; pemeliharaan
tanaman;
pemilihan bibit; pengaturan jarak tanam;
d.
pemilihan bibit; pengaturan jarak tanam; peme-
liharaan
tanaman; pemberantasan hama/ penyakit;
pemanenan hasil
e. pemilihan bibit; pemeliharaan tanaman; pembe-
rantasan
hama/penyakit; pengaturan jarak tanam;
pemanenan hasil
10. (1)
kata pengantar
(2)
halaman judul
(3)
daftar isi
(4)
lembar pengesahan
urutan bagian awal kerangka karangan
yang benar
adalah....
a.
(1), (2), (3), (4)
b.
(1), (2), (4). (3)
c.
(2), (4), (1), (3)
d.
(3), (4), (1), (2)
e.
(4), (3). (1), (2)
11. Jika dalam penyusunan karya tulis terdapat
kutipan
dari buku karangan Sahid Warsanto yang
berjudul
Bahasa
Bahasa, terbitan Aries Lima, Jakarta, tahun
1994, halaman 35. Penulisan catatan kaki yang
benar adalah....
a.
Warsanto, Sahid. 1994. Bahasa
Bahasa. Aries
Lima. Jakarta. hlm. 35.
b.
Warsanto, Sahid. Bahasa Bahasa.
Aries Lima
hlm. 35. Jakarta.
c.
Sahid Warsanto. 1994. Bahasa
Bahasa. Jakarta:
Aries Lima, hlm.35
d.
Sahid warsanto, Bahasa Bahasa
(Jakarta: Aries
Lima, 1994), hlm. 35
e.
Sahid Warsanto, Bahasa Bahasa,
(Aries Lima,
Jakarta
12.
Penulisan daftar pustaka berikut yang benar
adalah....
a.
Gorys Keraf. Diksi dan Gaya Bahasa.
Gramedia
pustaka utama. Jakarta. 1999
b.
Gorys Keraf. 1999. Diksi dan Gaya
Bahasa.
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
c.
Keraf, Gorys. 1999. Diksi dan Gaya
Bahasa.
Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
d.
Keraf, Gorys. 1999. Diksi dan Gaya
Bahasa.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
e.
Gorys Keraf. 1999. Diksi dan Gaya Bahasa.
Jakarta Gramedia Pustaka Utama
13. Berikut ini yang bukan unsur penulisan daftar
pustaka adalah....
a. nama pengarang
b.
tahun terbit
c. judul buku
d. kota terbit dan penerbit
e. halaman
14. Berikut yang bukan merupakan unsur penulisan
catatan kaki adalah....
a. nama pengarang dibalik
b.
judul buku
c. kota terbit dan penerbit
d. tahun terbit
e. halaman
15. Melakukan pemilihan peran sesuai dengan
kemampuan akting pemain disebut....
a. casting
b. blocking
c. running
d. geladi bersih
e. reading
16. Membaca keseluruhan isi naskah sebelum
pementasan disebut...
a.
casting
b. blocking
c. running
d. geladih bersih
e. reading
1 17. Kegiatan perpindahan posisi pemain di atas pentas disebut...
a. casting
b. blocking
c. running
d. geladih bersih
e. reading
18.
Pemain menjalani latihan secara lengkap
mulai
dari dialog sampai pengaturan pentas
disebut....
a. casting
b. blocking
c. running
d. geladih bersih
e. reading
19. Latihan terakhir sebelum pentas adalah... .
a.
casting
b.
blocking
c.
running
d.
geladi resik
e.
reading
20. Siswadi : Banyak yang perlu dikhawatirkan
(meletakkan seruling) Selain
makanan, apa yang lebih
mangkhawatirkan?
Sandojo : Apa yang
mengkhawatirkan?
(diam, Sandjojo
mengulangi
pertanyaannya)
Siswadi : Jiwa rokhanimu
Sandjojo :
(tertawa asing)
Siswadi : Kau dibebani
impian-impian sekitar
intan yang
mencekam dan
menghancurkan kesadaranmu
selama ini.
Sandjojo : Tak
ada sekelumit apa
pun mem-
bebani jiwa selama ini
Siswadi : Kalau
tak beruntung budi
padamu.
:
Tak sanggup lagi
aku mengikuti
perbuatanmu.
Watak siswadi kutipan drama
tersebut adalah...
a. baik
b. suka sombong
c. kasar
d. pengacau
e. pengkhawatir/cemas
21. Watak Sanjdojo dalam kutipan
drama (soal nomor 20)
adalah....
a. acuh tak acuh
b. penghayal
c.
angkuh
d. pemberani
e. tabah
22. konflik dalam kutipan drama
(soal nomor 20)
adalah....
a. adanya perasaan khawatir pada diri Siswadi
terhadap jiwa Sanjdojo
b. persahabatan Siswadi dan Sanjdojo putus
di tengah jalan
c. kegagalan Siswadi dan Sanjdojo dalam
pencarian
intan
d. Siswadi telah beruntung budi kepada
sahabatnya
Sanjdojo
e. hilangnya kepercayaan Sanjdojo kepada Siswadi
temannya
23. Dargo : ’’Mengapa
kamu membiarkan aku terus
berdiri,
Suliah? Apakah aku boleh duduk?’’
(tanpa
menunggu persetujuan Suliah, ia
pun
duduk. Kemudian, ia berdiri lagi me-
mandangi foto yang
terpampang di dinding.
Ia mencoba
menyentuhnya.
Suliah :
(berteriak keras) ’’jangan sentuh foto itu!’’
Dialog tokoh Suliah
adalah....
a. intonasi datar, mimik wajah tenang
b. intonasi meninggi, mimik wajah tenang
c. intonasi meninggi, mimik wajah marah
cenderung
emosional
d. intonasi datar, mimik wajah marah
e. intonasi meninggi
24. Mardilah :
Gerah, Pak?
Maskun : Tidak (kaku dan tidak berperasaan)
Mardilah :
Dibuka ya, jendelanya, biar sedikit
sedikiit
segar.
Maskun :
Tidak! Jangan! (tetap kaku)
Mardilah :
Terlalu sesak hawanya kalau ditutup
Terhadap Maskun, tokoh
Mardilah menunjukkan
sikap....
a. penyayang
b. perhatian
c. penuntut
d. penolong
e. penurut
25. Watak tokoh Maskun pada
penggalan drama
(soal nomor 24) adalah....
a. keras kepala
b. lunak
c. berperasaan
d. bandel
e. kaku
26. Dalam istilah drama, pemeran penentang segala tindak
tanduk pelaku utama
adalah....
a. protagonis
b. antagonis
c. figuran
d. penjahat
e. tokoh utama
27. Perempuan: (lunak kembali) ’’Mas, bukan maksudku
untuk
membalas dendam.’’
Lelaki :
(mengangguk) ’’kutahu, dik, aku tahu baik
hatimu. Semua ini salahku. Harta benda
habis
lenyap karena aku. (memandang
perempuan
itu). Kau yang selalu bekerja
aku yang
menghabiskan uangmu....
Watak tokoh perempuan dalam
penggalan drama di
atas adalah....
a. penyantun
b. periang
c. hormat pada suami
d. baik hati dan tidak pendendam
e. bijaksana
28. Petualang :
Sudah cukup pengalaman. Sudah
bisa
menafsirkan sendiri dengan tafsiran
yang
setepat-tepatnya.
Perempuan : Hah, alangkah sayangnya bahwa tuan-
tuan
yang mengaku manusia-manusia
terhormat, tidak tahu cara menilai kehor-
matan
diri pribadi.
Politikus :
Cukup! Bicara Nona sudah kelewat batas
susila!
Konflik yang dibangun di
atas berupa konflik....
a. fisik
b. batin
c. budaya
d.
pemikiran
e. internal
29. Citra : (menghampiri Rini) ’’Mengapa di tempat
gelap seperti ini
kamu duduk sendirian?’’
Rini :
’’Saya tidak bisa tidur, ingat kepada ibu
di rumah.’’
Latar waktu yang tergambar dalam cuplikan drama
di atas adalah....
a. malam hari
b. pagi hari
c. sore hari
d. siang hari
e. kamar gelap
30. Cecep : ’’Terserah. yang jelas, aku punya uang.
Kapan waktu aku bisa makan enak, merokok,
dan (tertawa
mengejek) mengapa akun harus
melabuhkan diri
hanya pada istri di kampung
(membuang
puntung, menginjak kemudian
berjalan sambil
bersiul).
Penggalan drama di atas
menggambarkan karakter
tokoh yang....
a. sombong
b. egois
c. materialistis
d. sempit hati
e. pemarah
31. Untuk pergi bersama-sama ke rimba tempat
mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan kampung Jernih, yang
terletak di tepi danau Bantau. Air
jernih juga terletak di tepi sungai air putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak kampung
mereka. Mereka menuju hutan dengan
menyusuri tepi sungai, memudikinya, memasuki hutan dan mendaki
gunung-gunung. Sungai tak dapat dilalui
dengan perahu karena penuh dengan batu besar dan karena sungai mengalir dengan
derasnya turun ke gunung-gunung.
Tapi....
(Harimau-Harimau,
Mochtar Lubis)
Unsur intrinsik yang
terdapat dalam penggalan novel di atas adalah....
a. alur dan sudut pandang
b. tema dan sudut pandang
c. karakter dan latar
d. alur dan latar
e. alur dan amanat
32. Pak
Balam kemudian terdengar berkata dengan suara seperti orang mengigau, ’’Awas,
harimau itu dikirim oleh Tuhan untuk menghukum kita yang berdosa- Awas harimau
dikirim Allah-awas harimau-akuilah dosa-dosa kalian-akuilah dosa-dosa
kalian-akuilah dosa-dosa kalian.’’
( Harimau-Harimau, Mochtar Lubis)
Amanat yang tersirat dalam
kutipan penggalan novel tersebut adalah....
a. setiap orang pastimempunyai dosa, mulai dari
dosa
kecil sampai dosa besar
b. dosa yang telaqh dilakukan oleh seseorang
tidak
akan dapat
disembunyikan, pasti akan ketahuan
c. akui dan minta ampunlah atas dosa yang telah
diperbuat karena Tuhan
pasti akan membalasnya
d. tidak baik menutup-nutupi dosa orang yang
telah
dilakukan karena suatu
saat dosa itu pasti akan
diakui juga
e. hindarilah dirimu dari segala dosa karena
Tuhan
akan menghukum dosa
tersebut
33. ’’Boleh Bunda, ya? ’’
rayu Tita.
’’Nggak. Pokoknya sekali nggak, tetap nggak’’
’’Tita kan nggak pernah
keluar rumah, lagi pula ada
acara kembang api, kan Cuma
ada setahun sekali.
Boleh ya Bunda?’’
Berikut ini penjelasan yang tepat mengenai
unsur
ekstrinsik penggalan novel
tersebut adalah....
a. menggambarkan budaya kebebasan bagi anak dan
orang tua
b. mengambarkan budaya matrealistis keluarga
kaya
c. menggambarkan budaya mengekang kebebasan
anak
d. menggambarkan budaya keakraban antara orang
tua dengan anak
e. menggambarkan budaya masyarakat
metripolis
merayakan pergantian
tahun dengan menggelar
acara kembang api
34. Watak bunda dalam penggalan
novel di atas adala....
a. muda dirayu
b. tidak konsisten
c. tegas tidak mudah dirayu
d. pemarah
e. otoriter
35. Danila melangkah limbung
menelusuri lorong yang
akan membawanya ke dunia bebas. Di belakang
sana, tertinggal masa
lalunya yang kelam di balik
jeruji besi. Sekali lagi dia menoleh ke belakang. Ke
pintu besi berterali kokoh
yang telah lima tahun me-
misahkannya dari dunia
luar.
Sudut pandang yang
digunakan pengarang dalam
kutipan novel di atas
adalah orang....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. pertama dan ketiga
e. pertama tokoh utama
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Jelaskan tahap-tahap penyusunan
karangan
ilmiah!
2. Susunlah judul buku-buku
berikut ini menjadi susunan
daftar pustaka yang benar!
a. Buku berjudul Cara Inovatif Mengelolah Sampah
karya Bagus Indrawan yang
diterbitkan oleh penerbit
Ganeca Exact di Bandung tahun 1999
b. Buku berjudul Kedisiplinan dalam Hidup karya
Suyono Ahmad yang
diterbitkan oleh penerbit
Bayu Media di Malang pada
tahun 2003
c. Buku berjudul Sampah, mengapa Bermasalah?
karya Budi Setiawan yang
diterbitkan oleh penerbit
Idriana di Surakarta pada tahun 2001
d. buku berjudul Sampah Rumah Tangga karya
Raharja yang diterbitkan
oleh penerbit Aksara
di Jakarta pada tahun
2000
3. Susunlah judul buku-buku pada
soal nomor 2 menjadi
catatan kaki, halaman yang
dikutip tentuksn sendiri!
4. Jelaskan langkah-langkah
pementasan drama!
5. Perhatikan penggalan novel
berikut!
Tuti dan Maria dua kakak
beradik. Keduanya
putri R. Wiraatmaja, mantan wedana di daerah
Banten. Meskipun Tuti dan Maria dua bersaudara,
sifat keduanya sangat
berbeda. Tuti seorang pendiam
dan selalu hati-hati dalam menuturkan
kata-kata. Ia
lebih banyak mengguankan akal
dan pikiran daripada
perasan. Sebaliknya Maria seorang gadis yang lincah
dan periang. Tetapi juga sering murung. Gadis ini lebih
banyak menuturkan perasaannya.
Sebutkan dan beri alasan unsur
intrinsik yang menonjol
pada penggalan novel di
atas!
’
.
SOAL NOMOR : 4
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Langkah langkah
pementasan drama:
1. Menyusun naskah
2. Melakukan pembedahan isi naskah yang akan
dipentaskan agar calon
pemain memahami naskahnya.
3. Membaca keseluruhan isi naskah (reading)
4. Casting, yaitu melakukan pemilihan peran
sesuai dengan kemampuan acting
pemain.
5. Mendalami peran yang dimainkan
6. Blokcing (perpindahan posisi pemain)
7. Running, yaitu pemain menjalani latihan
secara lengkap mulai dari dialog
sampai pengaturan pentas
8. Geladi bersih (latihan terakhir sebelum
pentas)
9. Pementasan(pemain sudah siap dengan kostum,
perlengkapan pentas, dan
dekorasi panggung
|
9
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
SOAL NOMOR : 5
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Unsur intrinsik yang paling menonjol pada
kutipan novel tersebut adalah:
perwatakan (karakter)
alasannya: kedua tokoh tersebut dua bersaudara
tetapi memiliki perbedaan
karakter antara keduanya.
Tokoh Tuti seorang yang pendiam yang selalu ber-
hati-hati dalam menuturkan
kata-kata. Sedangkan tokoh Maria
seorang yang
lincah dan periang, tetapi
sering murung dan banyak berperasaan.
|
4
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
30
|
0 Comments