Bahasa Indonesia
XI-IPA/IPS
1. Komunikasi satu arah
antara penceramah dengan pendengar tentang suatu tema adalah …
a. Debat
b. Talk show
c. Ceramah
d. Menasehati
e. Workshop
2. Struktur ceramah yang
benar meliputi …
a. Pembuka, masalah yang
dibahas, solusi
b. Pendahuluan,
isi dan penutup
c. Tema, topic dan
simpulan
d. Pengantar, materi dan
penutup
e. Salam pembuka, isi
dan penutup
3. Marilah kita
panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
nikmat kepada kita semua sehingga kita bisa menghadiri kegiatan ini dengan
keadaan sehat wal afiat.
Kalimat di atas
merupakan ceramah bagian …
a. Pembuka
b. Isi
c. Penutup
d. Simpulan
e. Pokok masalah
4. Permasalahan yang
sering dibahas banyak orang disebut …
a. Musim
b. Heboh
c. Gossip
d. Aktual
e. Viral
5. Hal yang perlu
diperhatikan dalam memilih topic atau tema dalam ceramah ialah …
a. Topiknya harus
membahas politik
b. Tidak menarik
perhatian ceramah
c. Tidak menarik
perhatian pendengar
d. Sesuai
dengan daya tangkap pendengar
e. Tidak dapat
diselesaikan dengan waktu yang disediakan
6. Saudara-saudara
sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi 5 tahun sekali, jangan
sampai salah pilih, pilihlah dengan hati nurani, jangan mau suara kita dibeli
dengan uang saudara-saudara, mari kita tunjukkan bahwa kita bisa jujur kita
bisa bersih.
Pidato di atas berisi
tentang …
a. Sayembara
b. Pidato politik
c. Pemilu
d. Pendidikan
e. Budaya
7. Berikut ini yang
tidak termasuk beberapa permasalahan actual yang dapat menjadi tema ceramah
tentang pendidikan remaja adalah …
a. Narkoba
b. Tawuran antar pelajar
c. Budaya
daerah betawi
d. Depresi
e. Broken home
8. 1. Menentukan cara pemahaman
2. Menentukan maksud
dan tujuan
3. Menentukan tema
atau topic
4. Mengumpulkan bahan
ceramah
Urutan yang tepat
dalam langkah menyusun sebuah ceramah adalah…
a. 4-3-2-1
b. 3-2-4-1
c. 2-4-1-3
d. 1-2-3-4
e. 4-3-1-2
9. Dalam musibah Gempa
bumi dan Tsunami di Palu menewaskan lebih dari seribu korban jiwa meninggal
dunia, bukan hanya itu saja banyak sekali rumah-rumah yang hancur bahkan hilang
ditelan bumi, jembatan yang berdiri kokoh langsung hancur diterjang ganasnya
tsunami.
Penggalan pidato di
atas merupakan penanda kebahasaan berbicara yang bertujuan untuk …
a. Kekeluargaan
b. Melaporkan
c. Merundingkan
d. Memerintah
e. Meyakinkan
10. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya
mohon maaf yang sebesar-besarnya, akhirul kalam wassalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh.
Kutipan di atas
merupakan struktur ceramah yang berupa …
a. Pembuka
b. Isi
c. Kesimpulan
d. Penutup
e. Pengantar
11. Karya yang berdasarkan fakta dan kenyataan disebut …
a. Karya tulis
b. Karya sastra
c. Karya ilmiyah
d. Nonfiksi
e. Cerpen
12. Kemampuan membaca memindai seringkali disebut …
a. Screening
b. Scanning
c. Searching
d. Search engine
e. Shining
13. Di bawah ini yang bukan termasuk sistematika laporan buku
adalah …
a. Pendahuluan
b. Isi buku
c. Penutup
d. Komentar
e. Kesimpulan
14. Agar tujuan dalam memahami informasi dapat tercapai dengan
cepat, apa yang harus kamu lakukan …
a. Menemukan buku
tentang informasi
b. Menemukan
kata kunci
c. Menemukan ide
d. Menemukan ulasan
e. Menentukan tema
15. Karya tulis tentang kehidupan orang lain disebut …
a. Biografi
b. Biologi
c. Antropologi
d. Geografi
e. Autografi
16. Berikut ini yang bukan merupakan judul buku nonfiksi adalah
…
a. Cara bercocok tanam
b. Ketika tuhan jatuh
cinta
c. Cerdas
dengan Kamus Bahasa Inggris
d. Cara beternak kambing
e. Budidaya lele dumbo
17. 1. Judul
2. Pendahuluan
3. Isi Buku
4. ……..
5. Kesimpulan
Nomor 4 pada
sistematika penulisan laporan buku di atas adalah …
a. Komentar
b. Isi buku
c. Ringkasan buku
d. Ciri buku
e. Kesimpulan
18. Sejumlah buku yang berisi penjelasan mengenai setiap cabang
ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad adalah …
a. Biografi
b. Buku teks
c. Ensiklopedia
d. Buku materi
e. Autobiografi
19. Berikut ini yang bukan merupakan isi pendahuluan dalam
sistematika laporan buku adalah …
a. Judul kegiatan
b. Pengarang
c. Tahun terbit
d. Penerbit
e. Alasan pemilihan buku
20. Di dalam buku ini terdapat banyak hal yang mengagumkan,
terdapat berbagai macam cara menyembuhkan penyakit yang sedang sampai yang
kronis, dijelaskan begitu detail cara-cara menangani penyakit yang sering
diderita oleh masyarakat menengah ke bawah atau menengah ke atas. Buku ini juga
menjelaskan sebab-sebab kenapa penyakit itu ada pada tubuh manusia.
Paragraf di atas
memaparkan tentang …
a. Kekurangan isi buku
b. Kegunaan buku
c. Nilai komersial buku
d. Komentar terhadap
buku yang rumit
e. Kelebihan
buku
21. Fiksi pendek yang selesai dibaca dalam sekali duduk
(sumardjo, 2007:202) adalah …
a. Dongeng
b. Cerpen
c. Novel
d. Nonfiksi
e. Biografi
22. Bung Tomo dalam membakar semangat arek-arek Surabaya untuk
siap bertempur melawan tentara inggris. Pidatonya yang menggebu-gebu begitu
syahdu terdengar dengan lantang dan penuh emosi perjuangan yang membara.
Dalam kutipan di atas
terdapat nilai …
a. Nilai hokum
b. Nilai psikologis
c. Nilai filosofis
d. Nilai
perjuangan
e. Nilai budaya
23. Di bawah ini yang bukan termasuk unsur intrinsic dalam
cerpen adalah …
a. Tema
b. Latar
c. Amanat
d. Sudut pandang
e. Kesimpulan
24. Posisi pengarang dalam membawakan cerita adalah …
a. Amanat
b. Penokohan
c. Tema
d. Sudut
pandang
e. Gaya bahasa
25. Pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab
akibat adalah
a. Tema
b. Alur
c. Gaya bahasa
d. Penokohan
e. Amanat
Cermati teks berikut
untuk mengerjakan soal nomor 26,27 dan 28
Seorang kakek tua
yang hidup sebatangkara, terlihat seperti orang gila mondar mandir kesana
kemari mencari puntung rokok sisa orang-orang yang berlalu lalang lewat
dipinggiran tambak, aku perhatikan dari jauh wajahnya yang begitu lusuh dan
kumal karena jarang sekali berganti baju, pernah aku bertanya asal muasalnya
dia malah bercerita tentang anak-anak serta istrinya yang tega meninggalkan dia
sendirian, menelantarkanya karena ekonomi yang begitu sulit.
Kakek tua itu aku
pandang hampir menangis mengingat masa masa indahnya bersama keluarga yang
begitu dicintainya, ia merasa kehilangan harta yang begitu indah dalam
hidupnya, sekarang dia tak tahu kemana anak-anaknya pergi, tak pernah ada kabar
ataupun berita, pernah dia kembali mencari kekampung halamanya namun tetap saja
tak pernah ditemuinya.
Jalanan dan kesepian
menjadi teman sejatinya setiap hari, pekerjaanya menangkap ikan tidak cukup
untuk memenuhi hidupnya, kadang tuhan masih berbelas kasih memberikan rizki
lewat tangan orang lain.
26. Konflik kutipan cerita tersebut adalah …
a. Konflik kakek perokok
berat
b. Konflik antara
penulis dan tokoh kakek
c. Konflik tokoh kakek
dan istrinya
d. Konflik
tokoh kakek yang ditinggal anak dan istrinya
e. Konflik batin penulis
27. Bagaimanakah sikap penulis terhadap tokoh kakek …
a. Acuh tak acuh
b. Sombong
c. Sabar
d. Sopan
dan Prihatin
e. Benci
28. Amanat dalam penggalan cerpen di atas adalah …
a. Berilah rokok kepada
orang tua rentah
b. Bantulah orangtua
mencari anak istrinya
c. Janganlah
pernah meninggalkan orangtua kita, apapun kondisinya karena merekalah kita ada.
d. Orangtua yang rentah
harus dimasukkan ke panti jompo
e. Perhatikan orangtua
yang sedang mencari rokok
Bacalah penggalan
kutipan cerpen berikut untuk mengerjakan soal nomor 29-31
Aku tetap saja tak
memperdulikan perintah ayahku, aku diam karena ayahku tak menuruti keinginanku.
“Nak, makanlah sudah
seharian engkau tidak makan, kasihan ibumu yang sudah susah payah memasak
untukmu, hingga matahari mau terbenam kau tak jua mau makan.”
Dengan ketus aku
menjawab
“sudah aku bilang,
aku tidak suka masakan ibu, aku ingin dibelikan bakso, ayah dengar tidak.”
Perlahan ayah keluar
rumah dengan tertunduk, ibuku hanya diam tidak berbicara sama sekali tak lama
kemudian
“nak, ini bakso yang
kau pinta sudah ayah belikan, makanlah nak”
Dengan kasar aku
menjawab
“seandainya daritadi
ayah membelikanku bakso pasti aku sudah makan, memang ayah egois tidak pernah
mau mengerti perasaanku.”
Setelah selesai makan
bakso, akupun mengembalikan mangkok kepada tukang bakso yang ada di depan
rumah,
“Bang ini bang
mangkoknya, sudah dibayar belum bang.”
“Bapakmu tidak punya
uang nak, dia berhutang dulu kepadaku, demi kamu dia rela menahan malu, dia
tidak membelikanmu bukan karena tak mau, tapi memang dia tidak punya.”.
29. Perwatakan tokoh “aku” dalam kutipan cerpen di atas
digambarkan …
a. Baik hati
b. Pengatur
c. Egois
d. Tegas
e. Pemberani
30. Perwatakan tokoh ayah dalam cerpen di atas digambarkan …
a. Sabar
b. Egois
c. Sombong
d. Acuh tak acuh
e. Pendiam
31. Latar waktu kutipan cerpen tersebut adalah …
a. Malam hari
b. Sore
c. Pagi hari
d. Menjelang malam
e. Fajar
32. Unsur-unsur yang berada diluar karya sastra disebut …
a. Unsur intrinsic
b. Unsur alur
c. Unsur
ekstrinsik
d. Unsur amanat
e. Unsur sudut pandang
33. Suatu yang menjadi dasar cerita adalah…
a. Alur
b. Tema
c. Sudut pandang
d. Latar
e. Amanat
34. Tempat dan waktu berlangsungnya cerita adalah …
a. Alur
b. Tema
c. Sudut pandang
d. Latar
e. Amanat
35. Nama lain cerita fiksi adalah …
a. Dongeng
b. Rekaan
c. Novel
d. Mitos
e. Fabel
Kisi-kisi
1. Siswa dapat
mengidentifikasi Komunikasi satu arah antara penceramah dengan pendengar
tentang suatu tema
2. Siswa dapat
mengidentifikasi Struktur ceramah yang benar
3. Siswa dapat
mengidentifikasi bagian ceramah dalam teks
4. Siswa dapat mengidentifikasi
Permasalahan yang sering dibahas banyak orang
5. Siswa dapat
mengidentifikasi Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih topic atau tema
dalam ceramah
6. Siswa dapat
mengidentifikasi isi pidato
7. Siswa dapat
mengidentifikasi permasalahan actual tentang pendidikan remaja
8. Siswa dapat
mengidentifikasi langkah menyusun sebuah ceramah
9. Siswa dapat
mengidentifikasi penanda kebahasaan ceramah
10. Siswa dapat mengidentifikasi struktur ceramah
11. Siswa dapat mengidentifikasi Karya yang berdasarkan fakta
dan kenyataan
12. Siswa dapat mengidentifikasi Kemampuan membaca memindai
seringkali
13. Siswa dapat mengidentifikasi sistematika laporan buku
14. Siswa dapat mengidentifikasi tindakan yang harus dilakukan
Agar tujuan dalam memahami informasi dapat tercapai dengan cepat
15. Siswa dapat mengidentifikasi Karya tulis tentang kehidupan
orang lain
16. Siswa dapat mengidentifikasi judul buku nonfiksi
17. Siswa dapat mengidentifikasi sistematika penulisan laporan
buku
18. Siswa dapat mengidentifikasi Sejumlah buku yang berisi
penjelasan mengenai setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad
19. Siswa dapat mengidentifikasi isi pendahuluan dalam
sistematika laporan buku
20. Siswa dapat mengidentifikasi pemaparan sebuah paragraf
tentang buku
21. Siswa dapat mengidentifikasi Fiksi pendek yang selesai
dibaca dalam sekali duduk (sumardjo, 2007:202)
22. Siswa dapat mengidentifikasi Nilai nilai kehidupan dalam
cerpen
23. Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
24. Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
25. Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
26. Siswa dapat mengidentifikasi konflik dalam sebuah cerpen
27. Siswa dapat mengidentifikasi sikap penulis dalam cerpen
28. Siswa dapat mengidentifikasi amanat dalam cerpen
29. Siswa dapat mengidentifikasi perwatakan tokoh aku dalam
cerpen
30. Siswa dapat mengidentifikasi perwatakan tokoh ayah dalam
cerpen
31. Siswa dapat mengidentifikasi latar waktu dalam cerpen
32. Siswa dapat mengidentifikasi Unsur-unsur yang berada diluar
karya sastra
33. Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
34. Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
35. Siswa dapat mengidentifikasi Nama lain cerita fiksi
0 Comments