Soal UAS Bahasa Indonesia kelas XI SMA semester Gasal lengkap dengan kunci



Bahasa Indonesia XI-IPA/IPS
1.      Komunikasi satu arah antara penceramah dengan pendengar tentang suatu tema adalah …
a.       Debat
b.      Talk show
c.       Ceramah
d.      Menasehati
e.       Workshop

2.      Struktur ceramah yang benar meliputi …
a.       Pembuka, masalah yang dibahas, solusi
b.      Pendahuluan, isi dan penutup
c.       Tema, topic dan simpulan
d.      Pengantar, materi dan penutup
e.       Salam pembuka, isi dan penutup

3.      Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta nikmat kepada kita semua sehingga kita bisa menghadiri kegiatan ini dengan keadaan sehat wal afiat.
Kalimat di atas merupakan ceramah bagian …
a.       Pembuka
b.      Isi
c.       Penutup
d.      Simpulan
e.       Pokok masalah

4.      Permasalahan yang sering dibahas banyak orang disebut …
a.       Musim
b.      Heboh
c.       Gossip
d.      Aktual
e.       Viral

5.      Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih topic atau tema dalam ceramah ialah …
a.       Topiknya harus membahas politik
b.      Tidak menarik perhatian ceramah
c.       Tidak menarik perhatian pendengar
d.      Sesuai dengan daya tangkap pendengar
e.       Tidak dapat diselesaikan dengan waktu yang disediakan

6.      Saudara-saudara sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi 5 tahun sekali, jangan sampai salah pilih, pilihlah dengan hati nurani, jangan mau suara kita dibeli dengan uang saudara-saudara, mari kita tunjukkan bahwa kita bisa jujur kita bisa bersih.
Pidato di atas berisi tentang …
a.       Sayembara
b.      Pidato politik
c.       Pemilu
d.      Pendidikan
e.       Budaya

7.      Berikut ini yang tidak termasuk beberapa permasalahan actual yang dapat menjadi tema ceramah tentang pendidikan remaja adalah …
a.       Narkoba
b.      Tawuran antar pelajar
c.       Budaya daerah betawi
d.      Depresi
e.       Broken home

8.    1. Menentukan cara pemahaman
2. Menentukan maksud dan tujuan
3. Menentukan tema atau topic
4. Mengumpulkan bahan ceramah
Urutan yang tepat dalam langkah menyusun sebuah ceramah adalah…
a.       4-3-2-1
b.      3-2-4-1
c.       2-4-1-3
d.      1-2-3-4
e.       4-3-1-2

9.      Dalam musibah Gempa bumi dan Tsunami di Palu menewaskan lebih dari seribu korban jiwa meninggal dunia, bukan hanya itu saja banyak sekali rumah-rumah yang hancur bahkan hilang ditelan bumi, jembatan yang berdiri kokoh langsung hancur diterjang ganasnya tsunami.
Penggalan pidato di atas merupakan penanda kebahasaan berbicara yang bertujuan untuk …
a.       Kekeluargaan
b.      Melaporkan
c.       Merundingkan
d.      Memerintah
e.       Meyakinkan

10.  Hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, akhirul kalam wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kutipan di atas merupakan struktur ceramah yang berupa …
a.       Pembuka
b.      Isi
c.       Kesimpulan
d.      Penutup
e.       Pengantar

11.  Karya yang berdasarkan fakta dan kenyataan disebut …
a.       Karya tulis
b.      Karya sastra
c.       Karya ilmiyah
d.      Nonfiksi
e.       Cerpen

12.  Kemampuan membaca memindai seringkali disebut …
a.       Screening
b.      Scanning
c.       Searching
d.      Search engine
e.       Shining

13.  Di bawah ini yang bukan termasuk sistematika laporan buku adalah …
a.       Pendahuluan
b.      Isi buku
c.       Penutup
d.      Komentar
e.       Kesimpulan

14.  Agar tujuan dalam memahami informasi dapat tercapai dengan cepat, apa yang harus kamu lakukan …
a.       Menemukan buku tentang informasi
b.      Menemukan kata kunci
c.       Menemukan ide
d.      Menemukan ulasan
e.       Menentukan tema

15.  Karya tulis tentang kehidupan orang lain disebut …
a.       Biografi
b.      Biologi
c.       Antropologi
d.      Geografi
e.       Autografi

16.  Berikut ini yang bukan merupakan judul buku nonfiksi adalah …
a.       Cara bercocok tanam
b.      Ketika tuhan jatuh cinta
c.       Cerdas dengan Kamus Bahasa Inggris
d.      Cara beternak kambing
e.       Budidaya lele dumbo

17.  1. Judul
2. Pendahuluan
3. Isi Buku
4. ……..
5. Kesimpulan
Nomor 4 pada sistematika penulisan laporan buku di atas adalah …
a.       Komentar
b.      Isi buku
c.       Ringkasan buku
d.      Ciri buku
e.       Kesimpulan

18.  Sejumlah buku yang berisi penjelasan mengenai setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad adalah …
a.       Biografi
b.      Buku teks
c.       Ensiklopedia
d.      Buku materi
e.       Autobiografi

19.  Berikut ini yang bukan merupakan isi pendahuluan dalam sistematika laporan buku adalah …
a.       Judul kegiatan
b.      Pengarang
c.       Tahun terbit
d.      Penerbit
e.       Alasan pemilihan buku

20.  Di dalam buku ini terdapat banyak hal yang mengagumkan, terdapat berbagai macam cara menyembuhkan penyakit yang sedang sampai yang kronis, dijelaskan begitu detail cara-cara menangani penyakit yang sering diderita oleh masyarakat menengah ke bawah atau menengah ke atas. Buku ini juga menjelaskan sebab-sebab kenapa penyakit itu ada pada tubuh manusia.
Paragraf di atas memaparkan tentang …
a.       Kekurangan isi buku
b.      Kegunaan buku
c.       Nilai komersial buku
d.      Komentar terhadap buku yang rumit
e.       Kelebihan buku

21.  Fiksi pendek yang selesai dibaca dalam sekali duduk (sumardjo, 2007:202) adalah …
a.       Dongeng
b.      Cerpen
c.       Novel
d.      Nonfiksi
e.       Biografi

22.  Bung Tomo dalam membakar semangat arek-arek Surabaya untuk siap bertempur melawan tentara inggris. Pidatonya yang menggebu-gebu begitu syahdu terdengar dengan lantang dan penuh emosi perjuangan yang membara.
Dalam kutipan di atas terdapat nilai …
a.       Nilai hokum
b.      Nilai psikologis
c.       Nilai filosofis
d.      Nilai perjuangan
e.       Nilai budaya

23.  Di bawah ini yang bukan termasuk unsur intrinsic dalam cerpen adalah …
a.       Tema
b.      Latar
c.       Amanat
d.      Sudut pandang
e.       Kesimpulan

24.  Posisi pengarang dalam membawakan cerita adalah …
a.       Amanat
b.      Penokohan
c.       Tema
d.      Sudut pandang
e.       Gaya bahasa

25.  Pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat adalah
a.       Tema
b.      Alur
c.       Gaya bahasa
d.      Penokohan
e.       Amanat

Cermati teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 26,27 dan 28
Seorang kakek tua yang hidup sebatangkara, terlihat seperti orang gila mondar mandir kesana kemari mencari puntung rokok sisa orang-orang yang berlalu lalang lewat dipinggiran tambak, aku perhatikan dari jauh wajahnya yang begitu lusuh dan kumal karena jarang sekali berganti baju, pernah aku bertanya asal muasalnya dia malah bercerita tentang anak-anak serta istrinya yang tega meninggalkan dia sendirian, menelantarkanya karena ekonomi yang begitu sulit.
Kakek tua itu aku pandang hampir menangis mengingat masa masa indahnya bersama keluarga yang begitu dicintainya, ia merasa kehilangan harta yang begitu indah dalam hidupnya, sekarang dia tak tahu kemana anak-anaknya pergi, tak pernah ada kabar ataupun berita, pernah dia kembali mencari kekampung halamanya namun tetap saja tak pernah ditemuinya.
Jalanan dan kesepian menjadi teman sejatinya setiap hari, pekerjaanya menangkap ikan tidak cukup untuk memenuhi hidupnya, kadang tuhan masih berbelas kasih memberikan rizki lewat tangan orang lain.

26.  Konflik kutipan cerita tersebut adalah …
a.       Konflik kakek perokok berat
b.      Konflik antara penulis dan tokoh kakek
c.       Konflik tokoh kakek dan istrinya
d.      Konflik tokoh kakek yang ditinggal anak dan istrinya
e.       Konflik batin penulis

27.  Bagaimanakah sikap penulis terhadap tokoh kakek …
a.       Acuh tak acuh
b.      Sombong
c.       Sabar
d.      Sopan dan Prihatin
e.       Benci

28.  Amanat dalam penggalan cerpen di atas adalah …
a.       Berilah rokok kepada orang tua rentah
b.      Bantulah orangtua mencari anak istrinya
c.       Janganlah pernah meninggalkan orangtua kita, apapun kondisinya karena merekalah kita ada.
d.      Orangtua yang rentah harus dimasukkan ke panti jompo
e.       Perhatikan orangtua yang sedang mencari rokok

Bacalah penggalan kutipan cerpen berikut untuk mengerjakan soal nomor 29-31
Aku tetap saja tak memperdulikan perintah ayahku, aku diam karena ayahku tak menuruti keinginanku.
“Nak, makanlah sudah seharian engkau tidak makan, kasihan ibumu yang sudah susah payah memasak untukmu, hingga matahari mau terbenam kau tak jua mau makan.”
Dengan ketus aku menjawab
“sudah aku bilang, aku tidak suka masakan ibu, aku ingin dibelikan bakso, ayah dengar tidak.”
Perlahan ayah keluar rumah dengan tertunduk, ibuku hanya diam tidak berbicara sama sekali tak lama kemudian
“nak, ini bakso yang kau pinta sudah ayah belikan, makanlah nak”
Dengan kasar aku menjawab
“seandainya daritadi ayah membelikanku bakso pasti aku sudah makan, memang ayah egois tidak pernah mau mengerti perasaanku.”
Setelah selesai makan bakso, akupun mengembalikan mangkok kepada tukang bakso yang ada di depan rumah,
“Bang ini bang mangkoknya, sudah dibayar belum bang.”
“Bapakmu tidak punya uang nak, dia berhutang dulu kepadaku, demi kamu dia rela menahan malu, dia tidak membelikanmu bukan karena tak mau, tapi memang dia tidak punya.”.

29.  Perwatakan tokoh “aku” dalam kutipan cerpen di atas digambarkan …
a.       Baik hati
b.      Pengatur
c.       Egois
d.      Tegas
e.       Pemberani

30.  Perwatakan tokoh ayah dalam cerpen di atas digambarkan …
a.       Sabar
b.      Egois
c.       Sombong
d.      Acuh tak acuh
e.       Pendiam

31.  Latar waktu kutipan cerpen tersebut adalah …
a.       Malam hari
b.      Sore
c.       Pagi hari
d.      Menjelang malam
e.       Fajar

32.  Unsur-unsur yang berada diluar karya sastra disebut …
a.       Unsur intrinsic
b.      Unsur alur
c.       Unsur ekstrinsik
d.      Unsur amanat
e.       Unsur sudut pandang

33.  Suatu yang menjadi dasar cerita adalah…
a.       Alur
b.      Tema
c.       Sudut pandang
d.      Latar
e.       Amanat

34.  Tempat dan waktu berlangsungnya cerita adalah …
a.       Alur
b.      Tema
c.       Sudut pandang
d.      Latar
e.       Amanat

35.  Nama lain cerita fiksi adalah …
a.       Dongeng
b.      Rekaan
c.       Novel
d.      Mitos
e.       Fabel
























Kisi-kisi
1.      Siswa dapat mengidentifikasi Komunikasi satu arah antara penceramah dengan pendengar tentang suatu tema
2.      Siswa dapat mengidentifikasi Struktur ceramah yang benar
3.      Siswa dapat mengidentifikasi bagian ceramah dalam teks
4.      Siswa dapat mengidentifikasi Permasalahan yang sering dibahas banyak orang
5.      Siswa dapat mengidentifikasi Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih topic atau tema dalam ceramah
6.      Siswa dapat mengidentifikasi isi pidato
7.      Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan actual tentang pendidikan remaja
8.      Siswa dapat mengidentifikasi langkah menyusun sebuah ceramah
9.      Siswa dapat mengidentifikasi penanda kebahasaan ceramah
10.  Siswa dapat mengidentifikasi struktur ceramah
11.  Siswa dapat mengidentifikasi Karya yang berdasarkan fakta dan kenyataan
12.  Siswa dapat mengidentifikasi Kemampuan membaca memindai seringkali
13.  Siswa dapat mengidentifikasi sistematika laporan buku
14.  Siswa dapat mengidentifikasi tindakan yang harus dilakukan Agar tujuan dalam memahami informasi dapat tercapai dengan cepat
15.  Siswa dapat mengidentifikasi Karya tulis tentang kehidupan orang lain
16.  Siswa dapat mengidentifikasi judul buku nonfiksi
17.  Siswa dapat mengidentifikasi sistematika penulisan laporan buku
18.  Siswa dapat mengidentifikasi Sejumlah buku yang berisi penjelasan mengenai setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad
19.  Siswa dapat mengidentifikasi isi pendahuluan dalam sistematika laporan buku
20.  Siswa dapat mengidentifikasi pemaparan sebuah paragraf tentang buku
21.  Siswa dapat mengidentifikasi Fiksi pendek yang selesai dibaca dalam sekali duduk (sumardjo, 2007:202)
22.  Siswa dapat mengidentifikasi Nilai nilai kehidupan dalam cerpen
23.  Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
24.  Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
25.  Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
26.  Siswa dapat mengidentifikasi konflik dalam sebuah cerpen
27.  Siswa dapat mengidentifikasi sikap penulis dalam cerpen
28.  Siswa dapat mengidentifikasi amanat dalam cerpen
29.  Siswa dapat mengidentifikasi perwatakan tokoh aku dalam cerpen
30.  Siswa dapat mengidentifikasi perwatakan tokoh ayah dalam cerpen
31.  Siswa dapat mengidentifikasi latar waktu dalam cerpen
32.  Siswa dapat mengidentifikasi Unsur-unsur yang berada diluar karya sastra
33.  Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
34.  Siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsic dalam cerpen
35.  Siswa dapat mengidentifikasi Nama lain cerita fiksi




Post a Comment

0 Comments