Soal UAS ALQUR`AN DAN HADIST Kelas XII SMA Lengkap KUNCI





A.   Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !






1.       قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ لَا أَعْبُدُ lanjutan ayat tersebut yang benar adalah … .
a.       مَا تَعْبُدُونَ
b.      تَعْبُدُونَ
c.       وَلَا أَنتُمْ
d.      أَنتُمْ
e.       عَبَدتُّمْ
2.       وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ arti ayat tersebut adalah … .
a.       Katakanlah: Hai orang-orang kafir
b.      Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
c.        Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
d.      Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e.       Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku
3.       لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ arti ayat tersebut adalah … .
a.       Katakanlah: Hai orang-orang kafir
b.      Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
c.       Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
d.      Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e.       Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
4.       ..... وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ lanjutan ayat tersebut adalah
a.       بِالْمُفْسِدِينَ
b.       وَرَبُّكَ أَعْلَمُ
c.       مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
d.       مَنْ لَا يُؤْمِنُ
e.       يُؤْمِنُ بِهِ
5.       وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا . وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ lanjutan ayat tersebut adalah … .
a.    وَلَكُمْ
b.    تَعْمَلُونَ
c.    فَقُلْ
d.    أَعْمَلُ
e.    أَعْلَمُ

6.       Dengan diturunkannya Surat Al kafirun keadaan orang-orang kafir quraisy semakin kecewa bahkan ganas meneror rasulallah SAW baik secara fisik maupun psikis. Oleh sebab itu, Rasulallah hijrah ke kota ...
a.       Mekkah
b.       Iran
c.       Madinah
d.       Irak
e.       Palestina
7.       Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Ayat yang sesuai pada terjemahan di atas adalah … .
a.       وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ 
b.      قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
c.       لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
d.      وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
e.       وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
8.       وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut adalah … .
a.    Bagiku amal perbuatanku
b.    Bagiku amal perbuatanku
c.    Bagiku amal perbuatanmu dan bagimu amal perbuatanku
d.    Bagimu amal perbuatanmu
e.    Bagiku amal perbuatanku dan bagimu amal-amal perbuatanmu
9.       Q.S. Yunus : 40 mengandung kebenaran absolut sehingga orang-orang kafir quraisy terpecah menjadi dua golongan. Golongan yang beriman kepada akurasi Al qur`an beserta keotentikannya sebagai kitab suci yang terkhir disebut sebagai golongan … .
a.    مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
b.     مَنْ لَا يُؤْمِنُ
c.    وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ
d.    مِمَّا أَعْمَلُ
e.    مِمَّا تَعْمَلُونَ
10.   Al qur`an mengajarkan suatu sikap yang elegan dalam menghadapi berbagai perbedaan pendapat, paham, maupun agama. Dalam bahasa arab sikap tersebut dikenal dengan istilah ... .
a.       Tolong menolong
b.       Kepekaan agama
c.       Kepekaan sosial
d.       Toleransi
e.       Argumentasi
11.   أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ terjemahan bebas ayat tersebut yang salah adalah .
a.    Anda memilih cara hidup menurut Al qur`an
b.    Anda tidak usah mengganggu hak kepentingan saya
c.    Saya memilih cara hidup menurut ajaran agama yang saya yakini benar
d.    Saya tidak mengganggu hak kepentingan anda
e.    Anda dan saya memiliki keyakinan yang benar maka saya dan anda jangan saling menggangu
12.   وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ ayat tersebut memberikan semacam … agar nabi Muhammad SAW tidak gundah atau memaksakan kehendak.
a.    Landasan besikap
b.    Landasan berfikir
c.    Landasan bermusyawarah
d.    Landasan berkeyakinan
e.    Landasan berdemokrasi
13.   Seorang muslim yang benar-benar memahami ajaran agamanya dalam dimensi berbagai jenis budaya harus memiliki pola pikir selektif seperti berikut, kecuali …
a.    Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan aqidah islam harus ditolak dengan memberikan argument yang valid
b.    Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan syariat islam harus diluruskan sehingga menjadi budaya islam
c.    Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan akhlakul karimah maka harus diluruskan dengan budaya islam
d.    Berbagai jenis budaya yang tidak bertentangan dengan aqidah dan syari`ah islam tentu harus dibiarkan dan dimodifikasi kan islam
e.    Berbagai jenis budaya yang bertentangan dengan adat istiadat bangsa Indonesia dengan adat istiadat bangsa Indonesia harus diluruskan dengan budaya islam
14.   Meskipun secara tekstual Q.S. Al Kafirun hanya mendoktrin penolakan secara tegas bagi setiap muslimat untuk tidak melakukan kompromi dalam konteks aqidah beribadah, namun dalam surat tersebut tidak ditemukan … terhadap siapapun yang berbeda ajaran dan keyakinan.
a.    Sewenang-wenang
b.    Sebebas-bebasnya
c.    Anarkis
d.    Permusuhan
e.    Peperangan
15.   ...  وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
a.        مِن رَّبِّكُمْ
b.       وَمَن شَاء
c.       لِلظَّالِمِينَ
d.       وَإِن يَسْتَغِيثُوا 
e.        إِنَّا أَعْتَدْنَا
16.   إِنَّا أَعْتَدْنَا  نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا lanjutan ayat tersebut adalah
a.    لِلظَّالِمِينَ 
b.    وَإِن يَسْتَغِيثُوا 
c.    مِن رَّبِّكُمْ
d.    فَلْيَكْفُرْ
e.    وَقُلِ الْحَقُّ
17.   وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ arti yang benar pada ayat yang bergaris bawah adalah …
a.    Apabila di hari kiamat
b.    Orang-orang yang zalim
c.    Yang ada di neraka
d.    Kehausan yang luar biasa
e.    Pedihnya api neraka jahanam
18.   Kebenaran datangnya dari Allah SWT. Ayat yang sesuai dengan terjemahan tersebut adalah …
a.       فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
b.       وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ
c.       إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ
d.       يَشْوِي الْوُجُوهَ
e.       وَسَاءتْ مُرْتَفَقًا
19.   وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءتْ مُرْتَفَقً  arti yang benar pada ayat yang bergaris adalalah …
a.       Manusia yang jelek
b.       Minuman seperti besi yang mendidih
c.       Makanan daging yang membahayakan
d.       Manusia yang baik
e.       Tempat istirahat yang jelek
20.   Dalam tafsir tansformatif Q.S. Al kahfi : 29 merupakan ayat tahdid bagi orang-orang kafir. Tahdid artinya …
a.       Balasan
b.       Peringatan
c.       Siksaan
d.       Ancaman
e.       Penderitaan
21.   Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulallah SAW bersabda: “sesungguhnya kamu nanti pasti akan mengikuti cara hidup orang-orang sebelum kamu”. Arti dari Hadist tersebut menjelaskan kriteria pengaruh pola budaya barat (yahudi dan nasrani) yang paling gencar mereka lakukan adalah penjajahan kultural yang berarti penjajahan …
a.       Pola pikir dan budaya
b.       Budaya dan agama
c.       Aqidah dan akhlaq
d.       Pola pikir dan aqidah
e.       Pola pikir dan akhlak
22.   Memberikan petunjuk kepada mereka yang tetap kafir bukanlah kewenangan kita, bahkan bukan pula kewenangan para Rasul, melainkan semata-mata merupakan  … Allah yang Maha Pemberi Petunjuk.
a.       Pertolongan
b.       Hak prerogatif
c.       Hak dan kewajiban
d.       Hidayah
e.       Tuntunan
23.   Pola pikir dan budaya barat harus kita pilah secara selektif agar tidak terpengaruh pola pokir mereka, kecuali …
a.       Liberalism
b.       Kapitalisme
c.       Materialisme
d.       Sekuleralisme
e.       Humanisme
24.   Pengaruh yang ngetren saat ini adalah …
·         Perempuan tidak segan-segan berpakaian press body
·         Pergaulan bebas
·         Hubungan tambah mesra tanpa norma-norma agama laki-laki dan perempuan paska tukar cincin/tunangan
·         Merayakan valentine day setiap tanggal 14 februari
·         Saling boncengan laki-laki dan perempuan bukan mahram
·         Laki-laki bertindik dan bertato, perempuan yang rambutnya disemir dan membuka auratnya
Hal tersebut diatas adalah bukti nyata hadist Rasulallah yang menjelaskan pengaruh yang merusak dekadensi moral yang berupa …
a.       Pola pikir dan budaya
b.       Budaya dan agama
c.       Aqidah dan akhlaq
d.       Pola pikir dan aqidah
e.       Pola pikir dan akhlak
25.   Upaya untuk menjaga generasi muda mudi kita pengaruh negative dari budaya dan pola perilaku barat adalah dengan cara berikut, kecuali …
a.       Tegakkan sholat
b.       Rutin baca Alqur`an
c.       Menjalankan perintah Allah dan Rasulnya
d.       Sayangi orang tua dan guru kita
e.       Sayangi orang yang selalu menyayangi kita
26.    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang paling benar dari kata yang bergaris bawah adalah …
a.       Diserukan untuk menunaikan sholat jum`at
b.       Dimuliakan untukmu hari jum`at
c.       Dilipat gandakan pahala di hari jum`at
d.       Diampuni dosa-dosamu di hari jum`at
e.       Diajak beramal sholeh di hari jum`at
27.   يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang benar dari ayat yang bergaris bawah adalah …
a.       Meninggalkan aktifitas ketika khutbah jum`at
b.       Menyegerakan dan penuh perhatian menuju masjid guna mendengarkan khutbah dan sholat jum`at
c.       Jalan pelan dan tenang pergi ke masjid di hari jum`at
d.       Meninggalkan dosa dan maksiat dihari jum`at
e.       Bersodaqoh pada hari jum`at agar selamat dunia akhirat
28.  
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا  ….وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
a.       مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
b.       إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ
c.       مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ
d.       إِنْ كُنْتُمْ 
e.       وَذَرُوا الْبَيْعَ
29.   يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ Q.S l Mujadalah ayat 11 menjelaskan tentang etika …
a.       Berkumpul dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
b.       Bermusyawarah dalah suatu majelis (tempat pertemuan)
c.       Berdiskusi dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
d.       Berlapang-lapang dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
e.       Berwasiat taqwallah dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
30.   وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ arti ayat yang bergaris bawah adalah …
a.       Duduklah kamu, maka duduklah
b.       Diamlah kamu, maka diamlah
c.       Berdirilah kamu, maka berdirilah
d.       Berlapang-lapanglah dalam majelis
e.       Meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu
31.   Idgham Mutamatsilain adalah apabila ada dua huruf yang sama bertemu, sedang huruf yang pertama … dan yang kedua adalah …
a.       Mati-hidup
b.       Sukun-mati
c.       Mati-mati
d.       Hidup-hidup
e.       Mati-sukun
32.   Idgham Mutamatsilain adalah bertemunya dua huruf yang sama selain huruf dibawah ini …
a.       Nun dan nun
b.       Alif lam
c.       Wawu dan wawu
d.       Ta` dan ta`
e.       Mim dan mim
33.   Huruf-huruf idgham mutaqoribain yang benar adalah …
a.       بم
b.       بق
c.       قن
d.       لر
e.       د - ظ
34.   وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ayat yang bergaris bawah bacaan tajwidnya adalah …
a.       Ikhfa` dan idghom safawi
b.      Gunnah dan ikhfa`
c.       Ikhfa` dan idzhar safawi
d.      Idghom bigunnah dan ikhfa`
e.       Idghom bilagunnah dan mat thobi`i
35.   يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ayat yang bergaris bawah bacaan tajwidnya adalah …
a.    Idghom bilagunnah
b.    Idghom bigunnah
c.    Ikhfa`
d.    Idzhar
e.    Mat thobi`i
B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.                                                                                                  إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا 
    Siapakah yang dimaksud dalam ungkapan yang bergaris bawah tersebut ? dan bagaimana nasibnya kelak di akhirat!
2. Sebutkan isi kandungan surat Al Kahfi ayat 29 !









I.       Soal Pilihan Ganda ( Bobot 70 % )
1
A

11
A

21
A

31
A
2
D
12
A
22
B
32
B
3
C
13
E
23
E
33
A
4
C
14
C
24
A
34
C
5
D
15
B
25
E
35
B
6
C
16
A
26
A
36

7
A
17
E
27
B
37

8
E
18
B
28
A
38

9
A
19
E
29
B
39

10
D
20
D
30
C
40




Skor Maksimal : 30
 
 



II. Soal Uraian
SOAL NOMOR : 1
URAIAN JAWABAN

SKOR
Orang yang menganiaya diri sendiri, enggan menerima kebenaran dan tidak beriman kepada ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW maka kelak nasibnya di akhirat disediakan api neraka yang kelak gejolaknya meliputi mereka dari berbagai sudut laksana sebuah kemah yang meliputi penghuninya, sehingga tidak ada tempat berlindung maupun tempat untuk menyelamatkan diri


6

JUMLAH SKOR MAKSIMAL
6


SOAL NOMOR : 2
URAIAN JAWABAN

SKOR
1) ajaran yg dibawa Nabi Muhammad adalah ajaran yg benar yang datangnya dari Allah
2) Allah memberi kebebasan pada manusia , mau beriman atau mau kafir
3) namun meskipun Allah memberi kebebasan , Allah juga mengancam bagi yg memili kafir , dengan ancaman neraka 
4) minuman yang paling buruk adalah minuman yang disuguhkan Allah kepada penghuni neraka jahannam 

2

2

2

2


JUMLAH SKOR MAKSIMAL
8
















SOAL NOMOR : 3
URAIAN JAWABAN
SKOR
Karena QS Al Jumu`ah 9 merupakan ayat hokum tentang kewajiban :
-          Meninggalkan semua aktifitas keseharian demi memenuhi seruan adzan jum`ah
-          Melakukan kembali aktifitas keseharian sebubar dari jum`atan
الْبَيْعَ dalam QS Al Jumu`ah :9 tidak hanya bermakna jual beli melainkan juga mencakup berbagai macam aktifitas keseharian yang dilakukan oleh manusia pada umumnya. Ayat tersebut selain merupakan ayat hokum tentang kewajiban shalat jum`at sebagaimana dipahami oleh para ulama ahli tafsir transformative, tentu saja masih bias diterima jika tafsir kontemporer menempatkan ayat tersebut sebagai dalil agama tentang pentingnya etos kerja bagi umat Islam demi kejayaan mereka dan agamanya ke depan.



6
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
6





SOAL NOMOR : 4
URAIAN JAWABAN
SKOR
Pada masa Khalifah Usman bin Affan wilayah Islam semakin luas jumlah umat islam semakin bertambah dan berpencar jauh-jauh. Karena itu agar seluruh kaum laki-laki mukallaf dapat segera berkumpul di Masjid Nabawi maka beliau mengambil kebijakan ijtihad bahwa beberapa saat sebelum adzan jum`at yang dipratikkan pada masa beliau itu hendaknya dikumandangkan pula adzan serupa sebagai tanda akan dimulainya prosesi jum`atan. Kebijakan Khalifah Usman inilah yang banyak dipratikkan di Indonesia, terutama dikalangan warga Nahdhiyin mengamalkan hasil ijtihat seorang sahabat yang sekaligus tergolong Khulafaur rasyidin justru mendapatkan restu dari Nabi Muhammad SAW.



6
JUMLAH SKOR MAKSIMAL



SOAL NOMOR : 5
URAIAN JAWABAN
SKOR
1.      Mad wajib muttasil adalah wajib dibaca panjang sampai 3 alif (6 ketukan) itu terjadi pada huruf mad yang bertemu dengan hamzah dalam satu kata
        Contoh : جَآءَ

2.      Mad jaiz munfasil adalah boleh dibaca panjang 2-3 alif (4-6 ketukan) itu huruf mad dibelakang suatu kata bertemu dengan hamzah di depan kata berikutnya.
Contoh : إِنَّا أَعْتَدْنَا 

2




2
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
4

Post a Comment

0 Comments