A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar
!
1.
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ لَا أَعْبُدُ lanjutan ayat tersebut yang benar adalah … .
a. مَا تَعْبُدُونَ
b. تَعْبُدُونَ
c. وَلَا أَنتُمْ
d. أَنتُمْ
e. عَبَدتُّمْ
2.
وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ arti ayat tersebut adalah … .
a. Katakanlah:
Hai orang-orang kafir
b. Aku tidak akan
menyembah apa yang kamu sembah
c. Dan kamu
bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
d. Dan aku tidak
pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e.
Untukmu
agamamu, dan untukkulah, agamaku
3.
لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ arti ayat tersebut adalah … .
a. Katakanlah:
Hai orang-orang kafir
b. Dan kamu bukan
penyembah Tuhan yang aku sembah
c. Aku tidak akan
menyembah apa yang kamu sembah
d. Dan aku tidak
pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
e. Dan kamu tidak
pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
4.
..... وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ lanjutan ayat tersebut adalah …
a.
بِالْمُفْسِدِينَ
b.
وَرَبُّكَ أَعْلَمُ
c.
مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
d.
مَنْ لَا يُؤْمِنُ
e.
يُؤْمِنُ بِهِ
5.
وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا …. وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ lanjutan ayat
tersebut adalah … .
a. وَلَكُمْ
b. تَعْمَلُونَ
c. فَقُلْ
d. أَعْمَلُ
e. أَعْلَمُ
6.
Dengan diturunkannya Surat Al kafirun keadaan orang-orang
kafir quraisy semakin kecewa bahkan ganas meneror rasulallah SAW baik secara
fisik maupun psikis. Oleh sebab itu, Rasulallah hijrah ke kota ...
a.
Mekkah
b.
Iran
c.
Madinah
d.
Irak
e.
Palestina
7.
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku
sembah. Ayat yang sesuai pada terjemahan di atas adalah … .
a. وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
b. قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ
c. لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ
d. وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ
e. وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ
8.
وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ kata yang bergaris bawah pada ayat tersebut adalah … .
a. Bagiku amal
perbuatanku
b. Bagiku amal
perbuatanku
c. Bagiku amal
perbuatanmu dan bagimu amal perbuatanku
d. Bagimu amal
perbuatanmu
e. Bagiku amal
perbuatanku dan bagimu amal-amal perbuatanmu
9.
Q.S. Yunus : 40 mengandung kebenaran absolut sehingga
orang-orang kafir quraisy terpecah menjadi dua golongan. Golongan yang beriman
kepada akurasi Al qur`an beserta keotentikannya sebagai kitab suci yang terkhir
disebut sebagai golongan … .
a. مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ
b. مَنْ لَا يُؤْمِنُ
c. وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ
d. مِمَّا أَعْمَلُ
e. مِمَّا تَعْمَلُونَ
10.
Al qur`an mengajarkan suatu sikap yang elegan dalam
menghadapi berbagai perbedaan pendapat, paham, maupun agama. Dalam bahasa arab
sikap tersebut dikenal dengan istilah ... .
a.
Tolong menolong
b.
Kepekaan agama
c.
Kepekaan sosial
d.
Toleransi
e.
Argumentasi
11.
أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ terjemahan bebas ayat tersebut yang salah adalah … .
a. Anda memilih
cara hidup menurut Al qur`an
b. Anda tidak
usah mengganggu hak kepentingan saya
c. Saya
memilih cara hidup menurut ajaran agama yang saya yakini benar
d. Saya
tidak mengganggu hak kepentingan anda
e. Anda
dan saya memiliki keyakinan yang benar maka saya dan anda jangan saling
menggangu
12.
وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ ayat tersebut memberikan semacam … agar nabi Muhammad SAW
tidak gundah atau memaksakan kehendak.
a. Landasan
besikap
b. Landasan
berfikir
c. Landasan
bermusyawarah
d. Landasan
berkeyakinan
e. Landasan
berdemokrasi
13.
Seorang muslim yang benar-benar memahami ajaran agamanya
dalam dimensi berbagai jenis budaya harus memiliki pola pikir selektif seperti
berikut, kecuali …
a. Berbagai jenis
budaya yang bertentangan dengan aqidah islam harus ditolak dengan memberikan
argument yang valid
b. Berbagai jenis
budaya yang bertentangan dengan syariat islam harus diluruskan sehingga menjadi
budaya islam
c. Berbagai jenis
budaya yang bertentangan dengan akhlakul karimah maka harus diluruskan dengan
budaya islam
d. Berbagai jenis
budaya yang tidak bertentangan dengan aqidah dan syari`ah islam tentu harus
dibiarkan dan dimodifikasi kan islam
e. Berbagai jenis
budaya yang bertentangan dengan adat istiadat bangsa Indonesia dengan adat
istiadat bangsa Indonesia harus diluruskan dengan budaya islam
14.
Meskipun secara tekstual Q.S. Al Kafirun hanya mendoktrin
penolakan secara tegas bagi setiap muslimat untuk tidak melakukan kompromi
dalam konteks aqidah beribadah, namun dalam surat tersebut tidak ditemukan …
terhadap siapapun yang berbeda ajaran dan keyakinan.
a. Sewenang-wenang
b. Sebebas-bebasnya
c. Anarkis
d. Permusuhan
e. Peperangan
15.
... وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
a.
مِن رَّبِّكُمْ
b.
وَمَن شَاء
c.
لِلظَّالِمِينَ
d.
وَإِن يَسْتَغِيثُوا
e.
إِنَّا أَعْتَدْنَا
16.
إِنَّا أَعْتَدْنَا …نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا lanjutan ayat tersebut adalah …
a. لِلظَّالِمِينَ
b. وَإِن يَسْتَغِيثُوا
c. مِن رَّبِّكُمْ
d. فَلْيَكْفُرْ
e. وَقُلِ الْحَقُّ
17.
وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ arti yang benar pada ayat yang bergaris bawah adalah …
a. Apabila di
hari kiamat
b. Orang-orang
yang zalim
c. Yang ada di
neraka
d. Kehausan yang
luar biasa
e. Pedihnya api
neraka jahanam
18. Kebenaran
datangnya dari Allah SWT. Ayat yang sesuai dengan terjemahan tersebut adalah …
a. فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن
b. وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ
c. إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ
d. يَشْوِي الْوُجُوهَ
e. وَسَاءتْ مُرْتَفَقًا
19. وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءتْ مُرْتَفَقً arti yang benar pada ayat yang bergaris adalalah …
a. Manusia yang
jelek
b. Minuman
seperti besi yang mendidih
c. Makanan daging
yang membahayakan
d. Manusia yang
baik
e. Tempat
istirahat yang jelek
20. Dalam tafsir
tansformatif Q.S. Al kahfi : 29 merupakan ayat tahdid bagi orang-orang kafir.
Tahdid artinya …
a. Balasan
b. Peringatan
c. Siksaan
d. Ancaman
e. Penderitaan
21. Dalam sebuah
hadist dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulallah SAW bersabda: “sesungguhnya
kamu nanti pasti akan mengikuti cara hidup orang-orang sebelum kamu”. Arti dari
Hadist tersebut menjelaskan kriteria pengaruh pola budaya barat (yahudi dan
nasrani) yang paling gencar mereka lakukan adalah penjajahan kultural yang
berarti penjajahan …
a. Pola pikir dan
budaya
b. Budaya dan
agama
c. Aqidah dan
akhlaq
d. Pola pikir dan
aqidah
e. Pola pikir dan
akhlak
22. Memberikan
petunjuk kepada mereka yang tetap kafir bukanlah kewenangan kita, bahkan bukan
pula kewenangan para Rasul, melainkan semata-mata merupakan … Allah yang Maha Pemberi Petunjuk.
a. Pertolongan
b. Hak prerogatif
c. Hak dan
kewajiban
d. Hidayah
e. Tuntunan
23. Pola pikir dan
budaya barat harus kita pilah secara selektif agar tidak terpengaruh pola pokir
mereka, kecuali …
a. Liberalism
b. Kapitalisme
c. Materialisme
d. Sekuleralisme
e. Humanisme
24. Pengaruh yang
ngetren saat ini adalah …
·
Perempuan tidak segan-segan berpakaian press body
·
Pergaulan bebas
·
Hubungan tambah mesra tanpa norma-norma agama laki-laki dan
perempuan paska tukar cincin/tunangan
·
Merayakan valentine day setiap tanggal 14 februari
·
Saling boncengan laki-laki dan perempuan bukan mahram
·
Laki-laki bertindik dan bertato, perempuan yang rambutnya
disemir dan membuka auratnya
Hal tersebut diatas adalah bukti nyata hadist Rasulallah yang
menjelaskan pengaruh yang merusak dekadensi moral yang berupa …
a. Pola pikir dan
budaya
b. Budaya dan
agama
c. Aqidah dan
akhlaq
d. Pola pikir dan
aqidah
e. Pola pikir dan
akhlak
25. Upaya untuk
menjaga generasi muda mudi kita pengaruh negative dari budaya dan pola perilaku
barat adalah dengan cara berikut, kecuali …
a. Tegakkan
sholat
b. Rutin baca
Alqur`an
c. Menjalankan
perintah Allah dan Rasulnya
d. Sayangi orang
tua dan guru kita
e. Sayangi orang
yang selalu menyayangi kita
26. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang paling benar dari kata yang bergaris bawah adalah
…
a. Diserukan
untuk menunaikan sholat jum`at
b. Dimuliakan
untukmu hari jum`at
c. Dilipat
gandakan pahala di hari jum`at
d. Diampuni
dosa-dosamu di hari jum`at
e. Diajak beramal
sholeh di hari jum`at
27. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ arti yang
benar dari ayat yang bergaris bawah adalah …
a. Meninggalkan
aktifitas ketika khutbah jum`at
b. Menyegerakan
dan penuh perhatian menuju masjid guna mendengarkan khutbah dan sholat jum`at
c. Jalan pelan
dan tenang pergi ke masjid di hari jum`at
d. Meninggalkan
dosa dan maksiat dihari jum`at
e. Bersodaqoh
pada hari jum`at agar selamat dunia akhirat
28.
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا ….وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا ….وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
a. مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
b. إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ
c. مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ
d. إِنْ كُنْتُمْ
e. وَذَرُوا الْبَيْعَ
29. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ Q.S l Mujadalah ayat 11 menjelaskan
tentang etika …
a. Berkumpul dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
b. Bermusyawarah dalah suatu majelis (tempat pertemuan)
c. Berdiskusi dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
d. Berlapang-lapang dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
e. Berwasiat taqwallah dalam suatu majelis (tempat pertemuan)
30. وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ arti ayat yang bergaris bawah adalah …
a. Duduklah kamu, maka duduklah
b. Diamlah kamu, maka diamlah
c. Berdirilah kamu, maka berdirilah
d. Berlapang-lapanglah dalam majelis
e. Meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu
31. Idgham
Mutamatsilain adalah apabila ada dua huruf yang sama bertemu, sedang huruf yang
pertama … dan yang kedua adalah …
a. Mati-hidup
b. Sukun-mati
c. Mati-mati
d. Hidup-hidup
e. Mati-sukun
32. Idgham
Mutamatsilain adalah bertemunya dua huruf yang sama selain huruf dibawah ini …
a. Nun dan nun
b. Alif lam
c. Wawu dan wawu
d. Ta` dan ta`
e. Mim dan mim
33. Huruf-huruf
idgham mutaqoribain yang benar adalah …
a. ب – م
b. ب – ق
c. ق – ن
d. ل – ر
e. د - ظ
34. وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ayat yang
bergaris bawah bacaan tajwidnya adalah …
a. Ikhfa` dan idghom safawi
b. Gunnah dan ikhfa`
c. Ikhfa` dan idzhar safawi
d. Idghom bigunnah dan ikhfa`
e. Idghom bilagunnah dan mat thobi`i
35. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ayat yang
bergaris bawah bacaan tajwidnya adalah …
a.
Idghom bilagunnah
b.
Idghom bigunnah
c.
Ikhfa`
d.
Idzhar
e.
Mat thobi`i
B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.
إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا
Siapakah yang dimaksud dalam ungkapan yang
bergaris bawah tersebut ? dan bagaimana nasibnya kelak di akhirat!
2. Sebutkan
isi kandungan surat Al Kahfi ayat 29 !
I. Soal Pilihan Ganda ( Bobot 70 % )
1
|
A
|
11
|
A
|
21
|
A
|
31
|
A
|
|||
2
|
D
|
12
|
A
|
22
|
B
|
32
|
B
|
|||
3
|
C
|
13
|
E
|
23
|
E
|
33
|
A
|
|||
4
|
C
|
14
|
C
|
24
|
A
|
34
|
C
|
|||
5
|
D
|
15
|
B
|
25
|
E
|
35
|
B
|
|||
6
|
C
|
16
|
A
|
26
|
A
|
36
|
||||
7
|
A
|
17
|
E
|
27
|
B
|
37
|
||||
8
|
E
|
18
|
B
|
28
|
A
|
38
|
||||
9
|
A
|
19
|
E
|
29
|
B
|
39
|
||||
10
|
D
|
20
|
D
|
30
|
C
|
40
|
|
II. Soal
Uraian
SOAL NOMOR : 1
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Orang yang
menganiaya diri sendiri, enggan menerima kebenaran dan tidak beriman kepada
ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW maka kelak nasibnya di akhirat
disediakan api neraka yang kelak gejolaknya meliputi mereka dari berbagai
sudut laksana sebuah kemah yang meliputi penghuninya, sehingga tidak ada
tempat berlindung maupun tempat untuk menyelamatkan diri
|
6
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
6
|
SOAL NOMOR : 2
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
1) ajaran yg dibawa Nabi Muhammad adalah
ajaran yg benar yang datangnya dari Allah
2) Allah memberi kebebasan pada manusia , mau beriman atau mau kafir 3) namun meskipun Allah memberi kebebasan , Allah juga mengancam bagi yg memili kafir , dengan ancaman neraka 4) minuman yang paling buruk adalah minuman yang disuguhkan Allah kepada penghuni neraka jahannam |
2
2
2
2
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
8
|
SOAL NOMOR : 3
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Karena
QS Al Jumu`ah 9 merupakan ayat hokum tentang kewajiban :
-
Meninggalkan semua aktifitas keseharian demi
memenuhi seruan adzan jum`ah
-
Melakukan kembali aktifitas keseharian sebubar dari
jum`atan
الْبَيْعَ dalam QS Al Jumu`ah :9 tidak
hanya bermakna jual beli melainkan juga mencakup berbagai macam aktifitas
keseharian yang dilakukan oleh manusia pada umumnya. Ayat tersebut selain
merupakan ayat hokum tentang kewajiban shalat jum`at sebagaimana dipahami
oleh para ulama ahli tafsir transformative, tentu saja masih bias diterima
jika tafsir kontemporer menempatkan ayat tersebut sebagai dalil agama tentang
pentingnya etos kerja bagi umat Islam demi kejayaan mereka dan agamanya ke
depan.
|
6
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
6
|
SOAL NOMOR : 4
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
Pada masa Khalifah
Usman bin Affan wilayah Islam semakin luas jumlah umat islam semakin
bertambah dan berpencar jauh-jauh. Karena itu agar seluruh kaum laki-laki
mukallaf dapat segera berkumpul di Masjid Nabawi maka beliau mengambil
kebijakan ijtihad bahwa beberapa saat sebelum adzan jum`at yang dipratikkan
pada masa beliau itu hendaknya dikumandangkan pula adzan serupa sebagai tanda
akan dimulainya prosesi jum`atan. Kebijakan Khalifah Usman inilah yang banyak
dipratikkan di Indonesia, terutama dikalangan warga Nahdhiyin mengamalkan
hasil ijtihat seorang sahabat yang sekaligus tergolong Khulafaur rasyidin
justru mendapatkan restu dari Nabi Muhammad SAW.
|
6
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
SOAL NOMOR : 5
|
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR
|
1.
Mad wajib muttasil adalah wajib dibaca panjang
sampai 3 alif (6 ketukan) itu terjadi pada huruf mad yang bertemu dengan
hamzah dalam satu kata
Contoh : جَآءَ
2.
Mad jaiz munfasil adalah boleh dibaca panjang 2-3
alif (4-6 ketukan) itu huruf mad dibelakang suatu kata bertemu dengan hamzah
di depan kata berikutnya.
Contoh : إِنَّا أَعْتَدْنَا
|
2
2
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
|
4
|
0 Comments